STAPIN 2024 | TEOLOGI PASTORAL

 TEOLOGI PASTORAL


TEOLOGI PASTORAL merupakan salah satu disiplin teologi yang secara prinsip memfokuskan perhatiannya pada hal-hal yang “pastoral.” Yang dimaksud dengan hal-hal yang “pastoral,” menurut Hommes, mengacu pada dua hal, yaitu praksis pelayanan Kristen dan dirinya sendiri atau teologi pastoral itu sendiri. Teologi Pastoral muncul pada abad ke-18, di Jerman (1830) oleh Klaus Harms, Amerika (1847)

ISTILAH PASTORAL berasal dari kata pastor dalam bahasa Latin atau dalam Bahasa Yunani disebut poimen yang artinya gembala, seorang yang mempunyai sifat gembala, yang bersedia memberi perhatian, peduli, merawat, memelihara, melindungi dan menolong orang lain khususnya anggota jemaatnya.

PASTORAL dalam arti khusus bahwa salah satu dari tri tugas Gereja adalah:memimpin/mengatur/menata dan membimbing sebagaimana dilakukan Kristus sebagai raja. Itulah yang secara khusus disebut pastoral atau penggembalaan.

KEPEMIMPINAN PASTORAL adalah kepemimpinan dari seorang gembala yang di pilih untuk membimbing menggerakkan orang sesuai dengan rancangan dan tujuan Allah yakni menjadi berkat bagi dunia dan lingkungan. Kepemimpinan yang melakukan pelayanan yang berorientasi pada karunia kerohanian.

KEHIDUPAN GEMBALA memberitahu apa yang orang lain tidak tahu, dan menjelaskan apa yang orang lain tidak jelas untuk melayani dan mau berkorban artinya pastoral dibutuhkan semua orang

PRIBADI GEMBALA hendaknya memiliki motivasi, watak dan kerelaan yang kuat sehingga seluruh tindakan yang diperbuatnya tidak terlepas dari sikap penuh perhatian dan kasih sayang kepada seseorang atau sekelompok orang yang dihadapinya.

KEKUATAN GEMBALA: LEMAH LEMBUT DAN RENDAH HATI, pembelajaran setiap hari bukan sesekali.

PELAYANAN PASTORAL adalah pelayanan yang tidak saja memperhatikan relasi antara sesama manusia tetapi juga relasi manusia dengan Allah, serta menempatkan Allah dalam relasi manusia dengan sesamanya. Mempunyai fungsi menyembuhkan, menopang, membimbing, memperbaiki hubungan, dan mengasuh/memelihara. Pelayanan yang dilakukan oleh setiap orang terhadap orang lain tentu saja dilandasi oleh sebuah motivasi

PEMDAMPINGAN PASTORAL (CARE) adalah proses perjumpaan timbal balik antara kedua belah pihak, pendamping dan yang didampingi yaitui sebuah pelayanan paripurna, yang artinya bukan saja pelayanan dalam hal kerohanian tetapi juga pelayanan beberapa aspek dalam kehidupan yakni masalah kerohanian, ekonomi, kesehatan fisik dan psikis dan sosial yang dihadapi.

PERAWATAN PASTORAL merupakan misi bagi seluruh jemaat dan oleh karena itu juga bagi individu, artinya semua harus ada untuk satu dan bukan satu untuk semua. Ini juga berarti pertolongan praktis dalam kehidupan, yang merupakan tawaran sidang jemaat yang penting: “… Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku,” demikian Tuhan berfirman menurut Matius 25:35–36.

PERAWATAN PASTORAL bekerja dalam dua cara: di satu sisi, itu adalah tuntunan rohani dalam perjalanan kita kepada Allah, di sisi lain, itu adalah dukungan dan bimbingan dalam situasi-situasi kehidupan sehari-hari 

PASTORAL KONSELING, adalah: (1) mengubah suatu sikap atau tingkah laku yang merugikan dan menolong sesama untuk mengentri nilai-nilai kehidupan yang ada. (2) meningkatkan kualitas kehidupan seseorang. (3) mendampingi, membimbing, dan menemukan solusi. (4) membantu seseorang untuk mengekspresikan perasaan.

DOA adalah alat pelayanan pastoral, sebagaimana yang sudah dijelaskan, Doa juga dapat diajarkan sebagai keterampilan yang perlu dimiliki dan dipraktikan oleh orang-orang yang dilayani secara pastoral.

GEMBALA YANG BAIK adalah konsisten baiknya dalam keadaan tidak ada bahaya maupun dalam keadaan berbahaya. Dalam keadaan buruk/berbahaya, Gembala yang baik tidak meninggalkan domba-domba-Nya, berjuang membela mereka, dan bahkan bila perlu Ia rela mati demi untuk domba-dombanya.

YESUS memberikan teladan bagaimana menjadi seorang gembala yang baik di mana gembala yang baik adalah gembala yang merawat atau memelihara kawanan domba dengan sepenuh hati bahkan rela mengorbankan nyawanya demi domba-dombanya (Yohanes 10:11). 

GEMBALA bertanggung jawab untuk mengajar (dodaskalous), menuntun (piomenas) dan memimpin (episkopos). Sedangkan 5 tugas Gereja dalam pastoral adalah pewartaan (Kerygma), kesaksian hidup (Martyria) persekutuan (Koinonia), pengudusan (Liturgia), dan pelayanan (Diakonia).

PENGGEMBALAAN adalah mencari dan mengunjungi jemaat satu persatu, supaya mereka dibimbing menjadi pengikut Kristus, mengabarkan kabar baik yaitu firman Tuhan, menjaga, memelihara dan membangun seluruh anggota jemaat dalam iman dan kelakuan yang benar sesuai dengan firman Tuhan.

SURAT-SURAT PASTORAL, surat-surat ini ditujukan kepada Timotius dan titus (1 dan 2 Timotius, Titus) dituliskan sebagai petunjuk mengenai bagaimana jemaat digembalakan dan untuk menjalankan tugas sebagai seorang gembala. Secara garis besar surat ini berisi petunjuk-petunjuk untuk menjalani hidup sekaligus untuk menanggulangi ajaran sesat.

PENDETA merupakan jabatan gerejawi, yang diberikan gereja dalam bentuk pengutusan kepada seseorang yang menerima panggilan Tuhan dan diteguhkan melalui petahbisan oleh Sinode.

JAM KERJA PENDETA, bekerja 7 hari dalam seminggu, 24 jam dalam sehari secara prinsipil dijalani dengan penuh kesungguhan

KARAKTERISTISK PEMIMPIN sebagai gembala ialah kepedulian, keberanian dan tuntutan. Bagi pemimpin-gembala perhatian dan produk bukan pada hasil dan keuntungan melainkan para pengikut/anggota

AYAT ALKITAB PENGGEMBALAAN: 1 Petrus 5:4, Mazmur 23:1-3, Mazmur 80:1, Kidung Agung 1:7-8, Yesaya 40:11, Yehezkiel 34:11-16, Yehezkiel 34:23-24, Zakharia 13:7, Yohanes 10:11-16, Ibrani 13:20

RENUNGAN:

TUGAS SEORANG GEMBALA

Yohanes 10:9-10 Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

KARAKTER GEMBALA

Yohanes 10:1-2 “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok; tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba.”

SUARA GEMBALA 

Yohanes 10:14 Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku

KARAKTER DOMBA

Yohanes 10:3-4 Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar. Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya.

 

 


Komentar

  1. Saya gembala yang bertanggung jawab dan menjadikan jemaat sebagai keluarga Allah

    BalasHapus
  2. Bagaimana menjadi seorang gembala yang benar.
    1.Mampu mengayomi
    2.Mengarahkan
    3.Penuh Kasih
    4.bertanggung jawab

    BalasHapus
  3. Saya sebagai gembala harus mengayomi terhadap jemaat dengan cara mengasihi, melayani, menasehati, tanpa memandang satu dengan yang lain,,
    God Bless YouπŸ™

    BalasHapus
  4. Kriteria saya sebagai gembala yaitu dapat Membimbing, mendidik, serta mengembalakan setiap jemaat dengan penuh rasa tanggung jawab,, dan selalu berupaya memastikan jemaat agar slalu mengalami pertumbuhan rohani.

    BalasHapus
  5. Seorang gembala yang mampu menguasai diri

    BalasHapus
  6. Saya sebagai gembala yang baik, dan bisa mengayomi, mendidik/mengajar, dan menuntun jemaat agar bisa tertanam, bertumbuh dan berbuah di dalam Tuhan

    BalasHapus
  7. Saya seorang gembala yang baik saya bisa membangun gereja supaya bisa membangun jiwa supaya mereka bisa paham siapa itu Kristus

    BalasHapus
  8. Saya Gembala yang rela berkorban bagi Jiwa- jiwa
    Dan bertanggung Jawab

    BalasHapus
  9. saya seorang gembala yang baik saya bisa membangun gereja supaya bisa membangun jiwa jiwa supaya mereka bisa paham siapa itu kristus

    BalasHapus
  10. Saya seorang gembala yang baik, yang suka menjaga ,
    Melindungi, dan mengayomi jemaat Tuhan. Untuk membangun
    Kerohanian jemaat Tuhan.

    BalasHapus
  11. Saya seorang gembala yang bisa merangkul jemaat ,kreatif, mampus memenangkan hati jemaat.

    BalasHapus
  12. Sebagai Gembala harus meneladani kasih Kristus.
    Benar2 memberi hati didalam pelayanan, mengayomi jemaat, merangkul, sabar didalam segala hal.....
    #GBUπŸ₯°πŸ™

    BalasHapus
  13. Saya sekarang gembala yang memberikan sebuah Cinta yang sesungguhnya.

    BalasHapus
  14. Kriteria saya sebagai seorang gembala:
    menuntun, membimbing, mengasihi, memelihara, dan melindungi jiwa

    BalasHapus
  15. Saya sebagai gembala akan bertanggung jawab dan mengayomi jemaat" yang saya pimpin TymπŸ€—

    BalasHapus
  16. Saya seorang gembala yang menerima semua bentuk karakter jemaat. Mengenalkan mereka pada pada Tuhan sebagai satu satunya penyelamat

    BalasHapus
  17. Menjadi gembala saya harus belajar seperti KristusπŸ˜‡πŸ˜‡

    BalasHapus
  18. Berkat Tuhan selalu Baru.. Belajar Berkorban.. Di bumi dan di sorga..

    BalasHapus
  19. Pastoral

    1. Hati yang baik menemukan sesuatu yang baru
    2. Pelayanan, mengalami level up
    3. Pengorbanan dibumi seperti di sorga


    Tuhan Yesus Memberkati πŸ˜‡ shalom

    BalasHapus
  20. Pastoral
    1. Hati yang baik
    2. Pelayanan mengalami level up
    3. Pengorbanan seperti di sorga

    BalasHapus
  21. - Hati yang baik manjadi hati yang baru
    - pelayanan mengalami level
    - pengorbanan di bumi seperti di surga

    BalasHapus
  22. Tiga hal dalam pastoral yaitu:
    1. Hati yang baik=menemukan sesuatu yang baik
    2. pelayanan=mengalami Level Up
    3. Pengorbanan= Di bumi seperti di sorga

    BalasHapus
  23. 3 hal yang dimiliki seorang pastoral:
    1.Hati yang baik menemukan sesuatu hal yang baru
    2.Pelayanan mengalami level up
    3.Pengorbanan dibumi seperti disurga

    BalasHapus
  24. Pastoral
    1.Hati yang baik akan mendapatkan sesuatu yg baru
    2.Pelayanan mengalami level up
    3.Pengorbanan : dibumi seperti disurga

    BalasHapus
  25. Pelayanan:
    1.hati yang baik, menemukan sesuatu yang baru.
    2.pelayanan, mengalami level up
    3.pengorbanan, di bumi seperti di sorga.

    BalasHapus
  26. 1:apa yang harus kita lakukan,jika seseorang menganggap kita itu tidak baik.

    2.bagaimana cara untuk melupakan sesuatu yang bukan milik kita?
    3. Hal apa yang kita lakukan untuk memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan.
    4. Bagaimana cara untuk menghindari hal hal yang tdk baik yg kita lakukan.
    5. Cara menerima orang yg menyakiti kita.
    6.bagaimana caranya untuk bertahan dalam menghadapi suatu pencobaan/tantangan.
    7. Mengapa kita perlu belajar tentang pastoral konseling.
    8. Apa tindakan kita sebagai seorang pemimpin ketika anggota lebih ngatur atasannya?
    9. Bagaimana caranya agar tetap rendah hati.
    10. Gimana Caranya untuk mengampuni orang lain.

    God Bless You πŸ™

    BalasHapus
  27. Pertanyaan saya:
    1.Bagaimana cara menghilangkan Egois?
    2.Cara mengubah pola pikir yang salah.
    3.bagaimana cara supaya tetap bertahan dalam komitmen
    4.bagaimana cara mengembangkan potensi?
    5. Bagaimana cara menjadi seorang berjiwa pemimpi.
    6.dalam penyembahan pak.mengapa seseorang kadang tidak mersakan hal yang berbeda dlm penyembahan?
    7.kalau kita kadang teringat terus dengan pergumulan kita pak apakah itu pekerjaan si iblis atau kita orang nya yang gak menguasai diri
    8.bagaimana cara kita tetap bertaham di dlam janji Tuhan?
    9.mengapa saat kadang menyembah pak.dan setelah selesai menyembah ada hal perasaan kita jadi sedih?
    10.boleh rindu berat gak pak?

    BalasHapus
  28. 10 pertanyaan ku:
    1.Bagaimana caranya mengatasi orang yang tidak menyukai kita?
    2.cara untuk melupakan trauma?
    3.apakh diperbolehkan menjadi pribadi yg
    Masa bodoh?
    4.bagaimna cara meresponi orang yg sensitif?
    5.bgaimn carax bergaul dengan orang yg tertutup?
    6.Bagaimna carax untuk mennggpi orng yg selalu berpikir negatif tntng kita?
    7.bagmna carx untuk meresponi orng yg tdk suka dinsehati?
    8.bagaimna carax mengembalikan rasa kpercyaan kepada Ong yg sdh melukai?
    9.ketika kita setia,trus orng itu TdK setia apakah wajr kita tetap setia dengan Luka yg ada?
    10.tugas kita adalah menasehati ketika kita mndpt hal yg tdk baik,lalu bgmna respon kita ketika kita menshti namun orng itu TK mau mnrimx?malah menjauhi kita stlh dinsehti

    BalasHapus
  29. 1. Mengapa orang selalu sulit untuk bersyukur
    2. Apa yg di maksdkan cepat mendengar namun lambat untuk berkata-kata
    3. Bagaimana melati pkiran ini agar selalu berfikir positif
    4. Bagaimana melati hati kita agar tetap setia kepada Tuhan
    5. Apa yg membuat manusia itu selalu menyakiti orang lain
    6. Tips dan cara untuk selalu terbuka kepada semua orang walaupun ada yg menyakiti tapi Kita tetap mau welcome
    7. Bagaimana cara untuk Tetap bersemangat
    8. Bagaimna cara Untuk tidak pernah bersungut-sungut
    9. Bagaimna kita tau bahwa Tuhan sedang memperbaharui hidup kita
    10. Apakah salah bagi kita untuk menyalahkan sesorang

    BalasHapus
  30. Pertanyaan Saya :
    1. Apa yang membuat kita sukses?
    2. Apa yang membuat kita senang?
    3. Kenapa kita harus berbuat baik?
    4. Kenapa kita harus mengasihi?
    5. Kenapa kita harus menghormati ayah dan ibumu?
    6. Setiap kehidupan kita mengapa kita sebagai hamba Tuhan harus sabar dan ikhlas?
    7. Kenapa kita harus mengingat masa depan kita?
    8. Kenapa kita harus sikap sopan terhadap orang lain?
    9. Apa yang Kita lakukan disaat kita hidup sulit?
    10. Bagaimana cara menghilangkan masa buruk?

    BalasHapus
  31. PERTANYAAN SAYA :
    1.bagimana kita harus bertobat ?
    2.bagimana kita harus ibadah ?,
    3.bagimana kita harus mengenal kristus ?
    4.bagimana kita harus mati?
    5.bagimana kita harus ada teman?
    6.bagimana kita belajar memberi sama teman?
    7.bagimana kita harus beli mobil?
    8.bagimana kita bisa terangkat ke sorga?
    9.bagimana kita harus menjadi pendeta?
    kita seorang hamba Tuhan harus memberi yang terbaik ke pada jemat jemat atau jiwa jiwa

    BalasHapus
  32. 1. Hal apa yang harus dilakukan agar kita tetap konsisten.
    2. Apa saja yang harus dilakukan agar kita tetap setia.
    3. Cara apa yang paling manjur agar hati kita tetap tenang.
    4. Bagaimana hidup yang dipimpin Oleh Roh.
    5. Sikap apa yang perlu kita lakukan agar kita tetap setia menunggu janji Tuhan dalam hidup kita.
    6. Berikan satu Contoh hidup yang berkemenangan.
    7. Tips apa yang kita lakukan agar hidup kita jadi berkat.
    8. Apa yang harus dilakukan agar dalam hidup kita memiliki hati seorang Bapa yang penuh kasih.
    9. Apakah yang harus dilakukan dari seorang gembala dalam mengatasi goncangan ekonomi.
    10. Ciri ciri seorang gembala yang Baik.
    Tuhan Yesus Memberkati πŸ™πŸ™πŸ™
    SHALOM.

    BalasHapus
  33. 1.Bagaimana cara terbaik bapak dalam menggambarkan gaya kepemimpinan bapak?
    2.Apa itu keunikan dari seorang pastoral?
    3.Dengan segala kesibukan bapak,bagaimana cara bapak dalam mengatur waktub bapak?
    4.menurut bapak,disiplin gereja itu apa?
    5.Seorang gembala yang baik?
    6.Tantangan?pelayanan pak nem?
    7.Tidak bertindak?
    8.Menerima seseorang ?
    9.Berdamai dgn pikiran?
    10. Komitmen ?

    BalasHapus
  34. 1. Apa yang dimaksud dengan menyatakan kesalahan ?
    2. Apa definisi dari mengajar ?
    3. Bagaimana cara mendidik orang dalam kebenaran ?
    4. Apa yang di maksud dengan memperbaiki kelakuan ?
    5. Makna dari doa bapa kami ?
    6. Bagaimana mengaplikasikan teologi pastoral dalam kehidupan sehari hari ?
    7. Apa yang harus kita lakukan jika kelak kita menjadi pemimpin gereja ?
    8. Mengapa gereja gereja terjadi perpecahan ?
    9. Apa yang membuat gereja tidak berkembang ?
    10. Tujuan utama teologi pastoral ?

    BalasHapus





  35. 1. Apakah kita bisa memasukan pengajaran lain ke dalam gereja?
    2. Apa yang harus kita lakukan apabila ada jemaat yang memberontak?
    3. Bagaimana cara kita menangani seorang hamba Tuhan yang mengajarkan pengajaran yang sesat kepada Jemaat kita?
    4. Kenapa ada seorang hamba Tuhan yang malah membuat jemaat ingin memberontak? Padahal dia sudah menjadi Hamba Tuhan
    5. Pemuridan seperti apa yang harus kita lakukan agar jemaat tertanam?
    6. Bagaimana jika seorang gembala yang tidak memiliki penerus karena anak2nya tidak mau melanjutkan penggembalan orang tuanya, apa yang harus di lakukan?
    7. Bagaimana cara kita sebagai seorang gembala membuat jemaatnya mau menjangkau jiwa dan melakukan amanat agung?
    8. Bagaimana kita sebagai hamba Tuhan membuat keluarga kita mengenal Tuhan dan membuat hidup mereka berubah?
    9. Dalam hal berkarunia, bagaimana cara kita membangkitkan karunia di dalam gereja kita?
    10. Sebagai seorang pastoral yang baik bagaimana cara kita menanggapi orang yang selalu memaksakan kehendaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba simak dan baca materi berikut: https://berkattuhannehemia.blogspot.com/2022/11/pemimpin-yang-melayani-nehemia-pasaribu.html

      Hapus
    2. Makasih pak πŸ™

      Hapus
  36. 1.bagamana agar tetap sukacita?
    2.bagamna agar kita tetap semangat.?
    3.apakah punya iman cukup menyelamatkan saya.?
    4.apa kesombongan yang menganggu iman?
    5.mengapa mengucap syukur kepada Tuhan itu penting.?
    6.kenapa kita harus mengampuni orang yang selalu berbuat salah .?
    7.bagamna cara mengatasi rasa minder.?
    8.mengapa saya harus dibaptis.?
    9.apa artinya mengasihi seperti Yesus.?
    10.bagamna cara mengatasi orang yang selalu buat jengkel.?

    BalasHapus
  37. 1.Bagaimana bapak dapat memberikan pengaruh positif terhadap budaya?
    2.bagaima bapak mengelola konflik?
    3.bagaimana cara bapak untuk menghadapi jemaat Tuhan yang
    Mengganggu kebaktian?
    4 . bagaimana bapak menghadapi tuntutan pribadi?
    5.bagaimana bapak menjelaskan peran Teknologi dalam gereja?


    Bagaimana bapak menghadapi tuntutan pribadi?

    BalasHapus
  38. 6.bagaimana cara bapak mempengaruhi orang yang masih terikat dengan ajaran nenek moyang agar dia dapat menerima Yesus sebagai Tuhan?

    BalasHapus
  39. 10.jelaskan situasi atau waktu anda membantu seorang untuk melewati tantangan?

    BalasHapus
  40. Pertanyaan
    1.Seperti apasih hati yg berkelimpahan itu?
    2.Bagaimana menjadi berkat bagi orang yang tidak suka terhadap kita!
    3.Apa yang kita lakukan, ketika didalam intimidasi!
    4.Gaya kepemimpinan yg mudah diterima itu seperti apa!
    5.Motivasi melayani yg baik itu!
    6.Cara untuk mengerti situasi orang disekitar kita?!
    7.Rasa segan sering kali menjadi penghalang komunikasi kita dengan orang lain, yg harus diperbaiki dari pribadi saya!
    8.Cara jadi teman yg baik!

    BalasHapus
  41. KARAKTERISTISK PEMIMPIN sebagai gembala ialah kepedulian, keberanian dan tuntutan. Bagi pemimpin-gembala perhatian dan produk bukan pada hasil dan keuntungan melainkan para pengikut/anggota

    BalasHapus
  42. Saya akan selalu menghargai, mencintaimu, dan membelamu selamanya

    BalasHapus
  43. Saya akan selalu menghargai mu, mengasihimu, mencintaimu, dan membelamu Selama-lamanya πŸ˜‡

    BalasHapus
  44. 1.Aspek kehidupan apa yang membuat manusia merasa puas?

    2. Mengapa manusia membutuhkan pembelaan?

    3. Nilai apa yang paling tertinggi dalam diri seseorang?

    4. Bagaimana cara untuk melalui hambatan dalam menjalani konsisten hidup ini?

    5. Kemampuan apa yang perlu saya tingkatkan?

    BalasHapus
  45. -.Menghargai
    - Mengasihi
    - Mencintai

    Karna manusia mau merasa puas

    Harus butuh mentor untuk mengingatkan pribadi sendiri

    BalasHapus
  46. Saya akan selalu menghargai mu, Mengasihimu, Mencintaimu dan Membelamu selama lamanya πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    BalasHapus
  47. Saya akan selalu menghargaimu, mengasihimu, mencintaimu dan membelamu selama lamanya.

    BalasHapus
  48. Yohanes 10:9-10 Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

    BalasHapus
  49. SUARA GEMBALA

    Yohanes 10:14 Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku

    BalasHapus
  50. Yohanes 10:14 Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku

    BalasHapus
  51. Pak Gilbret ingin bertanya
    ¹ ketika kita di pilih jadi pemimpin bagai mana kita jadi penengah
    ² bagaimana kita jadi penengah jika rekan kerja kita berbuat yang kurang tepat di depan orang yang kita pimpin dan kita ada di tengah² kejadian itu
    ³ bagaimana cara kita merangkul
    ⁴ cara menegur yang benar dan sopan kepada orang yang lebih tua atau lebih tinggi
    ⁵ bagaimana kita menjadi teladan di tengah² orang percaya
    ⁶ kenapa di kitab Markus di katakan boleh membawa tongkat TPI di kitab Matius tidak boleh
    ⁷ cara memimpin yang seperti apa yang harus di miliki oleh hamba Tuhan
    ⁸ motifasi yang benar ketikan melayani
    ⁹ jika ada teman yang setiap ada aturan dia selalu mengeluh bagaiman menghadapi yang seperti itu
    ¹⁰ apa itu kebenaran adikodrati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca https://berkattuhannehemia.blogspot.com/2022/11/pemimpin-yang-melayani-nehemia-pasaribu.html

      Hapus
  52. Pelayanan yang dilakukan oleh setiap orang terhadap orang lain tentu saja dilandasi oleh sebuah motivasi

    BalasHapus
  53. ENDETA merupakan jabatan gerejawi, yang diberikan gereja dalam bentuk pengutusan kepada seseorang yang menerima panggilan Tuhan dan diteguhkan melalui petahbisan oleh Sinode.

    BalasHapus
  54. Stapin Majalengka yang sangat memberkati kita semua

    BalasHapus
  55. Spirit memimpin harus ada dalam diri saya dan saudara

    BalasHapus
  56. Ciri-ciri orang baik yaitu ;
    1.Senyum
    2.senyum lagi
    3.senyum terus

    BalasHapus
  57. Ciri-ciri orang baik
    1. Senyum
    2. Senyum lagi
    3. Senyum terus

    BalasHapus
  58. Balasan
    1. Ciri ciri orang baik: senyum, senyum lagi, senyum terus

      Hapus
  59. Ciri ciri orang baik:
    1.senyum
    2.senyum lagi
    3.senyum truss

    BalasHapus
  60. Ciri-ciri orang baik
    1.SENYUM
    2.SENYUM LAGI
    3.SENYUM TERUSSS

    BalasHapus
  61. Ciri-ciri orang baik:
    1.Senyum
    2.Senyum lagi
    3.Senyum terus
    SENYUMMMMMMMM😊

    BalasHapus
  62. Ciri-ciri orang baik:
    1. SenyumπŸ™‚
    2. Senyum lagi😊
    3. Senyum terus πŸ˜‡

    BalasHapus
  63. Ciri ciri orang Baik?
    1.Senyum
    2. Senyum Lagi
    3.Senyum Terus.

    BalasHapus
  64. ciri ciri orang baik :
    1.Senyum
    2.Senyum Lagi
    3.Senyum Terus

    BalasHapus
  65. Ciri- ciri orang baik:
    1. Senyum
    2. Senyum lagi
    3. Senyum terus

    BalasHapus
  66. Ciri - ciri orang baik
    ¹ senyum
    ² senyum lagi
    ³ senyum terus

    BalasHapus
  67. Ciri² orang baik
    1. Senyum
    2. Senyum lagib
    3. Senyum terus

    BalasHapus
  68. Ciri" orang baik
    1.senyum
    2.senyum lagi
    3.senyum terus

    BalasHapus
  69. Ciri-ciri orang baik:
    1.Senyum
    2.Senyum lagi
    3.Senyum terus

    BalasHapus
  70. Ciri ciri orang baik:
    1.senyum
    2.senyum lagi
    3.senyum teruss

    BalasHapus
  71. Ciri - ciri orang baik : senyum, senyum lagi, senyum terus

    BalasHapus
  72. Ciri-ciri orang baik yaitu:
    1. Senyum
    2. Tetap senyum
    3. Senyum terus

    BalasHapus
  73. Ciri ciri orang senyum
    Senyum, tetap senyum, senyum truss

    BalasHapus
  74. Ciri-ciri khas orang tersenyum
    1. Tersenyum
    2. Tersenyum lagi
    3. Tersenyum terus
    4. Tersenyum selamanya

    BalasHapus
  75. Ciri-ciri orang baik
    1.Senyum
    2.Senyum lagi
    3.Senyum Terus

    BalasHapus
  76. 1. Menghormati anggota keluarga.
    Menunjukkan kepedulian dan perhatian terhadap anggota keluarga.
    Membantu orang tua dalam tugas-tugas rumah tangga.
    Berbagi tanggung jawab dalam merawat dan mengurus saudara-saudara.
    Menjaga kebersihan dan kerapihan rumah.
    Menghargai dan menghormati privasi setiap anggota keluarga.
    Menyampaikan ungkapan terima kasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan.
    Membantu merencanakan dan mengatur kegiatan keluarga.
    Mendengarkan dan menghargai pendapat anggota keluarga.
    Menjaga komunikasi yang baik dengan anggota keluarga.
    Menghargai waktu bersama keluarga dan menghormati jadwal makan bersama.
    Membantu adik/adik angkat dengan tugas sekolah atau kegiatan ekstrakurikuler.
    Menunjukkan kepedulian terhadap kebutuhan emosional anggota keluarga.
    Menghormati dan menghargai aturan yang ditetapkan di rumah.
    Menunjukkan kesetiaan dan dukungan terhadap anggota keluarga dalam segala situasi.
    Bersikap sabar dan pengertian terhadap anggota keluarga yang sedang menghadapi masalah.
    Menunjukkan rasa sayang dan kasih sayang kepada anggota keluarga.
    Menjaga kerukunan dan harmoni di antara saudara-saudara.
    Memberikan dukungan dan dorongan dalam mencapai tujuan dan impian anggota keluarga.
    Menghargai keunikan dan perbedaan setiap anggota keluarga.
    Menyediakan waktu untuk berbicara dan berinteraksi dengan anggota keluarga.
    Membantu mengasuh atau merawat adik/adik angkat.
    Mengajarkan dan mempraktikkan nilai-nilai moral yang baik di rumah.
    Menunjukkan rasa hormat dan sopan santun terhadap anggota keluarga.
    Bersedia membantu dalam mempersiapkan makanan atau hidangan keluarga.
    Menghargai dan menjaga properti keluarga.
    Menjaga keamanan dan keselamatan di rumah.
    Memberikan dukungan emosional saat anggota keluarga mengalami kegagalan atau kesulitan.
    Membantu meringankan beban tugas atau pekerjaan orang tua.
    Menghargai waktu dan ruang pribadi setiap anggota keluarga.

    BalasHapus
  77. 30 kebaikan saya:
    Sayang diri sendiri
    Sayang Tuhan
    Sayang pak NEHEMIA
    Sayang mata kuliah pastoral
    Sayang Allah
    Sayang Yesus
    Sayang Michael
    Sayang Jhufan
    Sayang Yoel
    Sayang Heri
    Sayang Yakob
    Sayang Kornelis
    Sayang Edison
    Sayang Mike
    Sayang Efraim
    Sayang Dervan
    Sayang Nixson
    Sayang Gilbret
    Sayang Ibu
    Sayang Ayah
    Sayang Adek
    Sayang Abang
    Sayang Kakak
    Sayang Keluarga Rayon C
    Sayang Alkitab
    Sayang dia? Siapa tu
    Sayang keluarga kelas tingkat 2
    Sayang sama hp ku
    Sayang sama mahasiswa Stapin
    Sayang Keluarga Besar Sembiring Depari

    BalasHapus
  78. Ciri-ciri orang baik:
    1. Senyum
    2. Senyum lagi
    3. Senyum terusss

    BalasHapus
  79. 30 kebaikanku:
    1.cinta bapak
    2.cinta mamak
    3.cinta adek
    4.cinta sahabat
    5.cinta tulang
    6.cinta nan tulang
    7.cinta oppung boru
    8.cinta oppung doli
    9.cinta amang boru
    10.cinta bou
    11.cinta lae
    12.cinta ito
    13.cinta uda
    14.cunta nanguda
    15.cinta edis
    16.cinta nikson
    18.cinta mike
    19.cinta yoel
    20.cintaheri
    21.cintaefraim
    22.cuntakorneliss
    23.cinta yakin
    24.cinta tingkat 2
    25.cinta asrama.
    26.cinta seapin.
    27.cinta majalengka
    28.cinta perawang
    29.cinta bukit kesuma
    30.cinta semuanya

    BalasHapus
  80. 30 kebaikan ku:
    1.aku Sayang Tuhan
    2.aku Sayang Bapakku
    3.aku Sayang Mamaku
    4.aku sayang kakaku
    5.aku sayang adekku
    6.aku sayang abangku
    7.aku sayang pak Nehemia
    8.aku Sayang siska
    9.aku sayang ka ana
    10.aku sayang ka fatimah
    11.aku sayang ka marni
    12.aku sayang ka Yemna
    13.Ku sayang ka marni
    14.aku sayang trides
    15.aku Sayang worship generation
    16.aku sayang Rayon B
    17.aku Sayang meta
    18.aku Sayang lore
    19.aku Sayang ekllesia
    20.aku sayang jesika
    21.aku sayang giska
    22.aku sayang sote
    23.aku Sayang zipora
    24.aku sayang Ruteee
    25.aku Sayang Reka
    26.aku Sayang ka rut zendrato
    27.aku Sayang ka rina
    28.aku Sayang ka heni
    29.aku sayang ka tasya
    30.aku Sayang ka niken

    BalasHapus
  81. 100 kebaikan saya:
    Sayang Papi
    Sayang Mami
    Sayang Kak Tina
    Sayang Kak Mima
    Sayang diri sendiri
    Sayang Adek Beni
    Sayang Pak Nehemia
    Sayang Keluarga level Two
    Sayang keluarga Rayon B
    Sayang Pudan
    Sayang Nantulang
    Sayang Tulang
    Sayang Keluarga Sianturi
    Sayang Keluarga Purba.

    BalasHapus
  82. 30 kebaikan ku:
    1.sayang Yesus
    2.sayang Bapak
    3.sayang Mama
    4.sayang Abang
    5.sayang kakak
    6.sayang keponakan
    7.sayang oppung
    8.sayang Bou
    9.sayang Tulang
    10.sayang maktua
    11. Sayang pak tua
    12.sayang papa whitemore
    13.sayang miss
    14.sayang saudaraku di kampus
    15. Sayang pak nehemia
    16. Sayang pak markus
    17.sayang pak ayub
    18 sayang pak frenki
    19.sayang pak robert
    20.sayang pak eben
    21.sayang pak rapi
    22.sayang pak apri
    23sayang mami yani
    24.sayang mami lidya
    25.sayang madam
    26.Sayang kk juli
    27.sayang kk christin
    28.sayang mami
    29. sayang kk tina
    30 sayang mima


    BalasHapus
  83. 30. Kebaikan:
    1. Aku mengasihi "M"
    2. Aku mencintai firman Tuhan
    3.aku menghidupi apa yang ku doakan
    4.aku menerima seseorang dengan apa adanya
    5.aku sayang mamakku
    6.aku sayang bapak N
    7.aku sayang saudara
    8.aku sayang keluarga
    9.aku s



    ayang keluarga rayon A
    10. Aku keluarga stapin

    BalasHapus
  84. 30 kebaikan saya

    1. Mengucapkan Terima Kasih
    2. Memberikan Tempat Duduk Kepada Orang yang Membutuhkan
    3. Membuang Sampah Pada Tempatnya
    4. Membantu Pekerjaan Rumah
    5. Bersedekah Kepada Orang yang Membutuhkan
    6. Memberi Makan Hewan dan Menyirami Tumbuhan
    7. Bertegur Sapa dengan Orang yang Dikenal
    8.menolong teman yang mengalami kesulitan
    9. Berbagi dengan teman sesama
    10. Merawat lingkungan
    11.Berempati terhadap Orang Lain
    12. Sayang mama
    13. Sayang papa
    14. Sayang Oma
    15. Sayang opa
    16. Sayang pak (NEHEMIA PASARIBU)
    17. Sayng pak Rapi Gultom
    18. Sayang pak Keluarga Rayon D yang lama
    19.sayang rayon A yang sekarang
    20. Sayang Kampus seapin
    21. Keluarga
    22. Sayang pak Markus
    23. Sayang Bunda Helena
    24.sayang seluruh tingkat 2
    25. Sayang Mikael
    26. Sayang Efraim
    27. Sayang pak Edison
    28. Sayang Edis Nababan
    29. Sayang firdaus
    30. Sayang yakob

    BalasHapus
  85. 30 kebaikan
    Pak Nehemia, Balda, Ira, Lady, Kornelius, Haeri nduru, Yakob, Nixon, Yoel, Edis, Dervan, Firdaus, Smith, Nahor, Andro, Gabe, Yopi, Henny, Afrina, Audrey, Sandrinna, Johandra, Aditya, Miracle, Sendy, Nathan, Justin, Ucok, Ricarlo, dan Zhu Yan.

    BalasHapus
  86. 30 kebaikan ku :
    1.sayang mama
    2.sayang papa
    3.sayang saudraku :Wiwin,Nita,Apen ,Mita,Samuel,fanina,joni
    4.sayang Pak NEHEMIA
    5.sayang Marni
    6.sayang Adhy
    7.sayang awi
    8.sayang worship generation
    9.sayang Kampus seapin stapin
    10.sayang nenek
    11.sayang kakek
    12.sayang mantan
    13.sayang keponakan
    14.sayang staf kampus
    15.sayang Kk Sali
    16.Sayang kk Risna
    17.sayang kk Elsa
    18.sayang kk Risma
    19 sayang kka Reka
    20.sayang kk Jeane,
    20.sayang rayon Anugrah Tuhan
    21.sayang rayon Christ enought for me
    22 sayang rayon abba choice
    23.sayan rayon alvocado
    24.sayang Keluarga Ponto
    25.sayang Kaka ipar
    26.sayang papa angkat
    27.sayang sayang mama angkat
    28.sayang ortua angkat
    29.sayang kka rendy
    30sayang semua orang






    BalasHapus
  87. 30 Kebaikan Heri
    1.Sayang Tuhan
    2.Sayang Bapak
    3.Sayang Mama
    4.Sayang Herawani
    5.Sayang Firman
    6.Sayang Febrian
    7.Sayang Bpk. Nehemia Pasaribu
    8.Sayang Ibu Neta Ambanaga
    9.Sayang Bpk. Pdt. Simron Silaban
    10.Sayang Ibu Verla Timbuleng
    11.Sayang Op. Farel
    12.Sayang semua kluarga Bpk
    13.Sayang semua kluarga Mama
    14.Sayang Efraim
    15.Sayang Edison
    16.Sayang Kornelis
    17.Sayang Yakob
    18.Syang Dervan
    19.Syang Firdaus
    20.Syang Yoel
    21.Syang Edis
    22.Syang Worship Generation
    23.Syang Bpk. Markus & Ibu Yani
    24.Syang Keluarga Bpk. Ayub
    25.Syang Jemaat GPI Eben Haezer
    26.Syang seluruh Mahasiswa STAPIN Majalengka
    27.Sayang Dosen STAPIN
    28. Syang seluruh tmn FB
    29.Syang jemaat GPI Imanuel Kediri
    30.Syang Bunda Heli Herliana

    BalasHapus
  88. Sayang firdaus, sayang Efraim, sayang nelis, sayang Yakob, sayang Gilbert, sayang Nikson, sayang Mikael, sayang edis, sayang Ken, sayang Heri, sayang dervan

    BalasHapus
  89. Trides SAYANG MAMA
    Trides SAYANG BAPAK
    Trides SAYANG KAK NIKEN NOVITA SARI SIMATUPANG
    Trides SAYANG KELUARGA BESAR DARI MAMA&BAPAK
    Trides SAYANG BUNDA HELENA
    Trides SAYANG PAK NEHEMIA
    Trides SAYANG IBU DAMARIS
    Trides SAYANG PAK AYUB
    Trides SAYANG semua PENGHUNI KAMPUS
    Trides SAYANG BPK&IBU GEMBALA GEREJA ELIM KAIROS BESERTA KELUARGA DAN JEMAAT
    Trides SAYANG BAPAK&IBU GEMBALA GEREJA GPI API KEMULIAAN CILINCING BESERTA KELUARGA DAN JEMAAT
    Trides SAYANG ANA
    Trides SAYANG MARNI
    Trides SAYANG SISKA
    Trides SAYANG LADY
    Trides SAYANG YEMNA
    Trides SAYANG YOEL
    Trides SAYANG MIKAEL
    Trides SAYANG FIRDAUS
    Trides SAYANG JUFANDRI
    Trides SAYANG GILBERT
    Trides SAYANG FATIMA
    Trides SAYANG NIKSON
    Trides SAYANG HENDRA
    Trides SAYANG EDIS
    Trides SAYANG HERI
    Trides SAYANG YAKOB
    Trides SAYANG DERFAN
    Trides SAYANG NELIS
    Trides SAYANG EDISON
    Trides SAYANG SEMUA ORANG YANG TRIDES PERNAH JUMPAI DAN GURU², TEMAN² SEMUANYA

    LOVE YOU SO MUCH♥️

    BalasHapus
  90. Agenda trides:
    - akan mahir bermain musik
    - rendah hati
    - mengembangkan bakat yang telah Tuhan berikan
    - menghargai semua orang
    - melayani sesuai yang Tuhan mau♥️

    BalasHapus
  91. Agenda Edis nbbn
    # lebih berdampak bagi sekeliling
    # lebih antusias lagi melayani Tuhan
    # mengembangkan Kualitas lagi dlm melayani Tuhan
    Gbu ❤️

    BalasHapus
  92. Agenda Mike Quantine
    1. Mahir main drum
    2. Rendah hati
    3. Hargailah orang lain
    4. Cinta Tuhan

    BalasHapus
  93. Agenda saya :
    1.Menjadi berkat untuk orng2 disekeliling
    2.Punya Toko campuran untuk jadi saluran berkat
    3.ketika lulus harus melayani
    4.punya Gereja
    5.membawa orang tua dan keluarga liburan
    6.punya Rumah sendiri
    7.Punya pasangan hidup ditahun 2026
    8.mengangkat keponakan menjadi anak dan menyeolahkannya
    9.Jadi saluran berkat lewat konten
    10. YERUSALEM

    Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan
    #Tuhanmemberkati


    BalasHapus
  94. Agenda Yakob :
    Menjadi Gembala
    Membahagiakan Keluarga
    Multitalent
    Selalu Senyum
    Menua Bersamamu

    Kendala??
    Masih Dalam proses πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

    BalasHapus
  95. Mengapa ada tangisan sementara Tuhan sudah berikan kemenangan
    # Karna kita masih hidup dalam kedagingan
    # Karna di sorga nanti ga ada tangisan,yaitu nanti menjadi Tubuh kemuliaan

    BalasHapus
  96. Agenda efraim
    1. Mahir main gitar bas
    2 . Rendah hati
    3.cinta yesus

    BalasHapus
  97. Agendaku:
    1.suka membuat orang bahagia
    2. Suka membantu orang
    3.suka mendengar cerita orang
    4.suka rayon dapurπŸ€—
    5.suka cerita, dan makan😬
    6.dan suka main musik.dll thanks. you

    BalasHapus
  98. Agenda saya :)
    1.Membaca 20 buku dalam kurun waktu 2 bulan
    2.Tetap setia melayani keluarga yang belum percaya Tuhan
    3.selesai S1 lanjut pelayanan 2 tahun lanjut lagi S2

    Kendala?
    Kurang dalam memanajemen waktu:)

    Realisasi? I believe,For God is nothing imposibble

    BalasHapus
  99. Agenda Michael Sianturi.
    1. Takut Tuhan
    2. Cinta Tuhan
    3. Hidup Harus berkualitas
    4. Hidup Harus Jadi Berkat
    5.Belajar Menyukai Orang
    6.Cinta Keluarga
    7. Hidup Mengandalkan Tuhan
    8. Hidup Percaya dan Mengandalkan Tuhan.

    BalasHapus
  100. AGENDA MARNI:
    1.Menjadi seorang WORSHIPPER yang di Urapi Tuhan
    2.Menjadi Evangelist yang di Urapi Tuhan
    3.serving in various countries
    (Melayani di berbagai Negara)
    4.family loves God
    5.has a foundation for children
    6.have a soul mate who loves God
    Love jesusπŸ™ŒπŸ˜‡

    BalasHapus
  101. Agenda Kornelis:Menjadi pribadi yang membangun hubungan yg intim dengan Tuhan dengan cara berdoa, baca firman, dan penyembahan,

    Setia Sampai Akhir😍✝️

    BalasHapus
  102. Agenda siska :
    1. Menjadi Seorang gembala yang di urapi Tuhan
    2. Rendah hati
    3. Melayani keluarga
    4. Memiliki banyak kapasitas
    5. Setia melayani Tuhan sesuai talenta yang Tuhan beri
    GbuπŸ˜‡

    BalasHapus
  103. Agenda Heri
    1.Setiap Doa pastikan tidak tertidur
    2.Mempunyai jam Doa yg rutin
    3.Setiap Pelayanan pagi, kerja dengan inisiatif
    4.Bisa masak sayur, dll

    BalasHapus
  104. Hati yg berkelimpahan itu seperti apa?
    Hati yang mau menerima org lain,bersukacita,semangat, dan segala yg baik

    BalasHapus
  105. 10. Hal kegagalan seorang gembala:
    1.k


    urang komunikasi dengan jemaat Tuhan.
    2.kurangnya menciptakan organisasi antara jemaat Tuhan.

    BalasHapus
  106. Agenda Fatima:
    1. Belajar
    2. Konsisten dengan jam doa
    3. Senyum
    4. Rendah hati
    5. Sayang keluarga dan orang 2 sekeliling ❤❤

    BalasHapus
  107. 10 Kegagalan seorang gembala:
    1. Kurangnya perhatian dari gembala kepada jemaatnya
    2. Kurangnya jam berdoa
    3. kurangnya menyisikan waktu untuk Tuhan
    4. Mendiami atau tidak menegor jemaat kalau ada yg salah karena takut jemaatnya Mundur
    5. Kurangnya dukungan dari gembala kepada jemaat
    6. Lebih mengutamakan kepentingan pribadi dari pada kepentingan jemaat
    7. Suka membicarakan kekurangan jemaat kpda orang lain : bisa jadi jemaat/non jemaat
    8. Pilih-pilih kasih
    9. Kurangnya kunjungan keluarga jemaat
    10. Kompromi dngan kesalahan

    BalasHapus
  108. 10 kegagalan Gembala :
    1. Jam Doa tidak teratur
    2.tidak dapat menerima semua karakter jemaat
    3.kurangnya kunjungan
    4.sibuk dengan urusan pribadi
    5.fokus gembala menguntungan diri sendiri
    6.kurangnya relasi gembala
    7. Gembala yang tidak mengajar pengerja sehingga menjadi batu sandungan kepada jemaat
    8.Hilangnya jiwa menginjil
    9.Jemaat pindah Gerlok
    10. khotbah tidak sesuai dengan realita

    BalasHapus
  109. 10 kegagalan gembala
    ¹ tidak terbuka dengan jemaat
    ² hanya berkhotbah tidak pergi ngujungi jemaat
    ³ kurang berelasi
    ⁴ tidak ada kesatuan hati dalam kepemimpinan
    ⁵ mengambil keputusan sendiri tanpa ada musyawarah
    ⁶ tertutup akan hal yang baru
    ⁷ tidak mengikuti jaman
    ⁸ mengabaikan kaum muda
    ⁹ kurang berpendidikan
    ¹⁰ tidak ada hubungan yg karib dengan Tuhan

    BalasHapus
  110. hal kegagalan
    1. Penyembahan berkurang
    2. Kesenangan berkurang
    3. Bahagia berkurang
    4. Mengasihi berkurang
    5. Masih kurang

    BalasHapus
  111. 10 kegagalan Gembala
    1. Kurang mengerti keadaan jemaat
    2.jarang berkunjung kepada jemaat
    3.kurangnya pembuktian dengan apa yang di katakan
    4.kurangnya kesepakatan dengan jemaat dalam berorganisasi
    5.memperhatikan jemaat² tertentu
    6.adanya rasa masa bodoh
    7.kurang senyum
    8.kurang menegur
    9.lebih ke pribadi sendiri dari pada jemaat
    10.adanya batasan

    BalasHapus
  112. 3. Kurangnya bekerja sama.
    4. Tidak tahan dalam proses
    5. Kurangnya berdoa pribadi
    6. Tidak komitmen
    7. Tidak puasa
    8. Lebih mengutamakan Dunia
    9. Kurangnya pengetahuan
    10. Kurangnya belens dalam mengambil komitmen

    BalasHapus
  113. 10 kegagalan seorang gembala:
    1. Kurang nya tindakan
    2. Tidak konsisten dengan aturan
    3. Perkataan yang kurang membangun
    4. Kurang nya pemahaman
    5. Egois
    6. Cinta uang
    7. Cinta jabatan
    8. Berkeputusan sendiri
    9. Miskin pergaulan
    1. Banyak menuntut

    BalasHapus
  114. 10 Kegagalan seorang gembala
    1.Menyimpan sakit hati
    2.Kurang Peduli
    3.Tidak Rendah Hati
    4.Kurang Relasi
    5.Tidak Menghidupi Firman
    6.Mengandalkan Kekuatan sendiri
    7.Tidak Punya Kasih agape
    8.Tidak Mempunyai kepekaan
    9.Kurang Jam doa pribadi
    10.Banyak Menuntut Jemaat.

    BalasHapus
  115. 10 Kegagalan seorang Gembala
    1.Kurang memperhatikan
    2.Khotbah bersifat menghakimi
    3.Sibuk dengan urusan pribadi
    4.Gagal menjadi teladan
    5.Program Gembala yg minim
    6.Kendor dlm ketepatan waktu
    7.Pengajaran yg tidak terstruktur
    8.Kurang menguasai materi yg disampaikan
    9.Seringkali peduli kpd jemaat hanya diawal saja
    10.Interaksi yg kurang kepada jemaat yg digembalakan

    BalasHapus






  116. Kegagalan seorang gembala
    1. Hanya melayani di depan altar saja, tapi nggak menjadi pemimpin yang menghormati pelayan lainnya atau jemaatnya
    2. Gagal dalam berbagi kasih Tuhan kepada gereja
    3. Gembala gagal membentuk pemimpin baru dalam pengembalaannya
    4. Gembala yg terlalu sibuk tapi nggak efektif
    5. Cenderung spiritual terhadap orang lain tapi mengabaikan pertumbuhan diri sendiri
    6. Lebih cenderung perhatian kepada jemaat tanpa mempedulikan keluarganya
    7. Gembala yang lebih mementingkan kepentingan pribadinya dari pada jemaatnya
    8. Gembala yang suka menghakimi
    9. Gembala yang tidak mempedulikan pertumbuhan jemaat
    10. Gembala yang tidak pernah menjadikan jemaat, menjadi jemaat yang rindu menjangkau jiwa

    BalasHapus
  117. Kegagalan gembala
    1.kurangnya komunitas
    2.kurangnya pemahaman
    3.terlalu memikirkan diri sendiri
    4.kurangnya visi misi
    5.kurangnya mengatasi masalah
    6.hubungan rentan
    7.kurangnya finansial
    8.krisis dengan kepercayaan
    9ketidak mampuan dalam mengembalakan dengan baik
    10.kurang perhatian dengan domba

    BalasHapus
  118. 10 Hal kegagalan dari seorang Gembala :
    1. Kurangnya interaksi yang baik terhadap jemaat
    2. Kurang memperhatikan keadaan jemaat
    3. Melihat keburukan jemaat
    4. Kurang dalam hal memberi
    5. Mudah terpengaruh dengan gembala"yang lain
    6. Merasa Jemaatnya lebih buruk dari pada jemaat Gereja yang lain
    7. Pilih kasih terhadap jemaat yang satu dengan yang lain nya
    8. Sering membandingkan bandingkan
    9. Kurang merangkul jemaat
    10. Terkadang merasa sudah paling sempurna

    BalasHapus
  119. Kegagalan seorang gembala:
    1.Terlalu sibuk
    2.Kurang bersosialisasi dengan gembala-gembala lain
    3.kurang dalam memberi
    4.Bocor urapan
    5.kurang dalam memberi kasih secara adil
    6.Terkadang egois
    7.Terkadang tidak bertanggung jawab
    8.Terkadang tidak menghidupi perkataan sendiri
    9.membanding-bandingkan jemaat
    10.sering sekali merasa sempurna:)


    BalasHapus
  120. Hal kegagalan lagi
    1. Baca Alkitab pun kurang
    2. Senyum masih kurang
    3. Masih pikiran kemana-mana
    4. Kurang lancar
    5. Kurang fokus

    BalasHapus
  121. 10 kegagalan seorang gembala :
    1.mementingkan diri sendiri
    2.kurang bertanggung jawab dengan keputusan yg dibuat
    3.tidak mau bekerja Sama
    4.egois
    5.kurang berinteraksi dengan lingkungan
    6.pilih kasih/tidak adil secara menyeluruh
    7.tidak memiliki target dan tujuan yg jelas untuk kedepannya
    8.kurang peka dalam memahami jemaat /lingkungan
    9.tindakan dan tingkah laku tidak sesuai dengan identitas
    10.tidak ada kemajuan dalam Gereja

    BalasHapus
  122. 10 hal kegagalan seorang gembala
    1 gembala suka menghakimi
    2. Gembala kurang komunikasi jemaat
    3. Gembala jarang doa
    4 . Gembala mementingkan diri sendiri
    5. Gembala memikiri keluarga
    6.gembaka gx akrab dengan jemaat
    7.gembala jenguk rumah jemaat
    8 Melihat keburukan jemaat
    9.Kurang dalam hal memberi
    10. Mudah terpengaruh dengan gembala"yang lain


    BalasHapus
  123. 1. Menggunakan posisinya untuk keuntungan pribadi.

    2. Tidak memberikan perhatian yang cukup terhadap kebutuhan jemaat.

    3. Kurangnya kejujuran dan integritas dalam kehidupan pribadi.

    4.Mengabaikan tugas pastoral seperti konseling dan dukungan spiritual.

    5. Tidak mempersiapkan dan memberikan khotbah dengan baik.

    6. Memperlakukan jemaat dengan tidak adil atau berprasangka.

    7. Kurang menjaga kesehatan

    BalasHapus
  124. 1.jaga batasan dengan jemaat
    2.hanya mementingkan keluarga
    3.jarang berkomunikasi dengan jemaat
    4.jarang berkunjung ke rumah jemaat
    5.hanya mementingkan diri
    6.sibuk
    7.jarang tersenyum
    8.hanya mementingkan usaha nya
    9.jarang doa
    10. Suka karlota😁

    BalasHapus
  125. Tuhan Yesus memberkati kita semua dan Stapin semakin mantap

    BalasHapus
  126. Shalom, apa kabar semuanya, disayang Tuhan, disayang Tuhan, disayang Tuhan.

    BalasHapus
  127. Ciri Ciri Marni
    1. Baik
    2. Ahli masak
    3. Perfeksionis
    4. Jiwa Ibu gembala
    5. Jiwa Pemimpin

    BalasHapus
  128. Ciri-ciri saya
    1. Suka berdoa
    2. Suka menyapa
    3. Suka mengasihi
    4. Suka membantu
    5. Suka menyendiri

    BalasHapus
  129. Ciri-ciri Jufandri Tagupia:

    1. Baik
    2. Plin-plan
    3. Rendah Hati
    4. Memiliki Hati bapa
    5. Suka menolong
    6. Suka memperhatikan
    7. Bisa main musik
    8. Tidak setia
    9. Rama
    10. Suka menghibur

    BalasHapus
  130. Ciri-ciri Yoel menurut teman-teman
    1. Baik ☺️
    2. Ceria πŸ˜„
    3. Murah senyum 😌
    4. Banyak makan 🀣
    5. Polos πŸ˜‡

    BalasHapus
    Balasan
    1. 6. Suka nyapa
      7. Bisa menyanyi
      8. Tidak milih2 teman
      9. Pendek
      10. Suka menganggu orang lain
      11. Rajin
      Dan lain sebagainya

      Hapus
  131. Ciri ku Menurut Teman teman.
    1.Ganteng
    2.Baik
    3.suka Memberi
    4.suka Makan
    5.Rendah Hati.

    BalasHapus
  132. Ciri-ciri khusus marni:
    1.cantik
    2. Baik hati
    3.suka menegur orang
    4.suka menyapa
    5.berjiwa yang berintegritas

    BalasHapus
  133. Ciri-ciri Fatima menurut teman-teman:
    1. Rendah hati
    2. Murah senyum
    3. Merangkul
    4.Rajin
    5. Bertanggung jawab
    6. Inisiatif
    7. Gampang naik darahπŸ™„
    8. Agak cengeng
    9. Peduli
    10. Agak minder 🀭

    BalasHapus
  134. Ciri ciri Hendra menurut teman
    1.suka membaca
    2.puitis
    3.menyendiri
    4.nunduk
    5.pendiam

    BalasHapus
  135. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  136. Ciri-cirikuπŸ˜„
    1.Bodoh
    2.soft
    3.perhatian
    4.jiwa ibugembala
    5.Suka memberi
    6.selalu ada untuk orang lain
    7.Perfectsionis
    8.bisa hidup dengan situasi apa saja
    9.Peka
    10.lembut
    11.orangnya fine-fine aja
    12.selalu oke
    13.suka main gitar
    14.ga bisa marah
    15.jiwa merangkulnya oke

    BalasHapus
  137. ciri-ciri orang
    1.baik
    2.suka menolong
    3.rendah hati.
    4.suka tersenyum
    5.suka mengasihi
    6.insiatif
    7.tidak sombong
    8.suka mengayomi
    9.sopan
    10.suka menyendiri

    BalasHapus
  138. Ciri ciri :
    1. Baik
    2. Rajin
    3. Taat
    4. Kasih
    5. Sukacita

    BalasHapus
  139. Ciri- ciri Edis menurut Teman
    . Ganteng
    .baik
    .ramah
    .punya komitmen
    .punya visi misi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kualitas dari seorang pastoral ( Edis nbbn)
      1. Intim dengan Tuhan
      2. Sehat jasmani dan rohani
      3.rendah hati dan lemah lembut
      4. Bertumbuh
      5.berdampak


      Hapus
  140. Ciri-ciri menurut temanku
    1.baik
    2.suka menolong
    3.memiliki sifat keibuan☺️
    4.suka memberi
    5.tidak memilih teman-teman
    6.suka makan
    7.cerewet
    8.suka marah-marahπŸ˜…
    9.suka membalut
    10.pendiam/memperhatikan😁

    BalasHapus
  141. Ciri ciri saya:
    1. Baik
    2. Suka memberi
    3. Mudah menangis
    4. Cantik
    5. Suka sama anak anak
    6. Suka di dapur
    7. Rendah hati
    8. Merangkul
    9. Ceria
    10. Tidak mudah menyerah

    BalasHapus
  142. Ciri menurut teman
    1. Baik
    2. Saling mengasihi
    3.suka berteman sma orang lain
    4. Tolong menolong
    5.lucu
    6. Ganteng
    7. Suka bergaul


    BalasHapus
  143. Ciri-ciri Heri saputra Nduru, menurut teman-teman WG
    1.Ganteng
    2.Rendah hati
    3.Baik
    4.Berintegritas
    5.Pintar
    6.Tegas
    7.Rajin
    8.Suka bentak
    9.Mengasihi
    10.Mengayomi
    11.Ramah pada org yg udah dikenl
    12.Suka becanda
    13.Tidak peduli dengan hal yg tidak penting
    14.Perhatian
    15.Susah ditebak😁

    BalasHapus
  144. Ciri-ciri Marni dari teman² Level two
    1.suka Menyanyi
    2.mudah bergaul dengan teman²
    3.Hati ibu Gembala
    4. Suka memasak
    5. Cantik
    6. Pintar
    7. Inisiatif
    8. Bertanggung jawab dengan Tugas atau kepercayaan yang di berikan
    9.rendah Hati
    10.suka memotifasi orang di sekeliling
    11.akrab dengan banyak orang
    12.tidak pilih² teman
    13. Berkharisma
    14.suka Memberi
    15.pekerja keras

    BalasHapus
  145. Ciri - ciri Gilbret menurut teman²
    ¹ tampan
    ² banyak makan
    ³ suka buly
    ⁴ suka ngejek
    ⁵ suka marah²
    ⁶ manja gak jelas
    ⁷ pendiam
    ⁸ suka menasehati
    ⁹ pintar musik
    ¹⁰ suka ngopi

    BalasHapus
  146. Ciri ciri Yakob
    Genteng
    Dewasa
    Pintar
    Memaksakan diri untuk asyik
    Jiwa Gembala
    Merangkul
    Asam urat
    Perhatian
    Baik
    Pendek
    Suka berbagi
    setia
    Mood2an
    Suka main gitar
    Harus rendah Hatilah pokoknya πŸ”₯πŸ”₯

    BalasHapus
  147. Ciri-ciri saya menurut teman-teman:
    Rasa ingin tahu yang tinggi
    Mood-mood an
    Sering tidur ketika doa
    Suka makan
    Kurang bersosialisasi
    Cantik
    Tinggi
    Putih
    Panggaron
    Ketika di ajarin malah mengajarin
    Suka marah-marah
    Ketika presentasi terlalu cepat berbicara
    Suka bertanya dan berargumentasi
    Baik
    Suka memberi
    Rajin
    Inisiatif
    Suka menyapa dari tingkat 1 sampai sekarang
    Ceria
    Rendah hati
    Semangat belajar
    Suka bermain musik
    Suka baca alkitab
    Suka menyendiri

    BalasHapus
  148. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  149. Ciri ciri firdaus menurut teman
    1.Ganteng
    2.Keren
    3.Cool
    4.Hati Gembala
    5.. Pandai Membaur dengan orang lain
    6. Pandai berolahraga
    7. Berhikmat
    8. Murah Hati
    9. Baik
    10. Sok Cool

    BalasHapus
  150. My characteristics:
    1. Ganteng
    2.suka belajar
    3. Aktif bertanya dalam kelas
    4.rajin merenungkan firman
    5.rapi
    6. Bersih
    7.suka bercanda
    8.pintar
    9.suka berbagi
    10. Terkadang suka menyendiri

    BalasHapus
  151. Mengapa kebanyakan orang menyendiri?

    BalasHapus
  152. ciri ciri dervan
    1suka pendiam
    2 kurang sopan
    3 suka minum kopi
    4 suka memberi satu sama lain
    5 suka emosi saka marah
    6 suka cerita
    7suka ketawa
    8 suka seyum
    9 suka tidur lama
    10 suka belajar ALKITAB


    6

    BalasHapus
  153. Ciri ciri saya yang saya dapatkan dari Teman2 kelas:
    Keibuan,ceria,baik,suka memberi,rajin bernyanyi,suka nangis,dewasa,penasehat,suka merangkul,sok imut,cantik,pendek,setia,sabar,suka menghibur, bermasyarakat,bertanggung jawab, inisiatif,suka menyapah,ramah,suka menolong dan peka

    BalasHapus
  154. ciri ciri dervan
    1suka pendiam
    2 kurang sopan
    3 suka minum kopi
    4 suka memberi satu sama lain
    5 suka emosi dan marah
    6 suka cerita
    7suka ketawa
    8 suka seyum
    9 suka tidur lama
    10 suka belajar ALKITAB

    BalasHapus
  155. Kualitas seorang pastoral (Siska):
    1. Intim dengan Tuhan
    2. Sehat jasmani dan Rohani
    3. Bertumbuh
    4. Rendah hati dan lemah lembut
    5. Berdampak

    BalasHapus
  156. Kualitas seorang pastoral (Heri Nduru)
    1.Intim dengan Tuhan
    2.Sehat jasmani dan rohani
    3.Bertumbuh
    4.Rendah hati dan lemah lembut
    5.Berdampak

    BalasHapus
  157. Kualitas dari seorang pastoral (Ana Maria Ponto):
    1.intim dengan Tuhan
    2.Sehat jasmani dan rohani
    3.bertumbuh
    4.Rendah hati dan lemah lembut
    5.Berdampak

    BalasHapus
  158. My quality:
    1.intim dengan Tuhan
    2.sehat jasmani dan rohani
    3. Bertumbuh dengan iman
    4.Rendah hati dan lemah lembut 5.impect, berdampak

    BalasHapus
  159. Kualitas seorang pastoral(Yakob)
    1.Intim dengan Tuhan
    2.Sehat jasmani Dan rohani
    3.Grow up
    4.Rendah Hati dan Lemah Lembut
    5. Impact

    BalasHapus
  160. Kualitas seorang pastoral (lady)
    1.Intim dengan Tuhan
    2.Sehat jasmani dan rohani
    3.Bertumbuh
    4.Rendah hati dan lemah lembut
    5.Berdampak

    BalasHapus
  161. Kualitas menjadi seorang pastoral marni
    1.Intim dengan Tuhan
    2. Sehat Jasmani dan Rohani
    3.Bertumbuh
    4.Rendah Hati dan lemah lembut
    5.impact

    BalasHapus
  162. kualitas seorang pastoral(dervan )
    1.intim dengan Tuhan
    2.sehat jasmani dan rohani
    3 .bertumbuh
    4 rendah hati dan lema lembut
    5 berdampak

    BalasHapus
  163. Kualitas dari seorang pastoral (Yoel Winowoda)
    1. Intim dengan Tuhan
    2. Sehat secara jasmani dan rohani
    3. Bertumbuh
    4. Rendah hati dan lemah lembut
    5. Berdampak

    BalasHapus
  164. Kualitas menjadi seorang pastoral marni
    1.Intim dengan Tuhan
    2. Sehat Jasmani dan Rohani
    3.Bertumbuh
    4.Rendah Hati dan lemah lembut
    5.impact ( berdampak)
    Lakukan dan terapkan 5 hal iniπŸ˜‡

    BalasHapus
  165. Kualitas dari seorang pastoral (Mike Quantine):
    1.intim dengan Tuhan
    2.Sehat jasmani dan rohani
    3.bertumbuh
    4.Rendah hati dan lemah lembut
    5.Berdampak

    BalasHapus
  166. Kualitas dari seorang pastoral (Kornelis Kiruka)
    1.intim dengan Tuhan.
    2.Sehat jasmani dan rohani.
    3.Bertumbuh.
    4.Rendah hati dan lemah lembut.
    5.Berdampak.

    BalasHapus
  167. Kualitas seorang dari pastoral (efraim aritonang)
    1. Intim dengan tuhan
    2. Sehat jasmani dan rohani
    3. Bertumbuh
    4. Rendah hati dan lemah lembut
    5. Berdampak

    BalasHapus
  168. Kualitas kualitas dari seorang pastoral (Tri Desla):
    1. Intim dengan Tuhan
    2. Sehat jasmani dan rohani
    3. Bertumbuh adalah iman
    4. Rendah hati dan lemah lembut
    5. Impek/berdampak

    BalasHapus

Posting Komentar