STAPIN 2024 - KITAB PUISI

KITAB PUISI


Alkitab merupakan salah satu buku yang paling berpengaruh di dunia. Menjelaskan pertanyaan-pertanyaan besar mengenai kehidupan. Buku ini menginspirasi banyak orang untuk melakukan hal-hal yang besar 

Semua kitab dan ayat di ALKITAB (Kejadian – Wahyu) adalah sederajat. Ayat-ayat tersebut disusun dengan cara yang sangat ajaib dan tentu saja jika bukan campur tangan Tuhan, ALKITAB tidak akan pernah sampai ke tangan kita hari ini. Karena Firman Tuhan merupakan Tuhan sendiri (Yohanes 1:1), maka ayat-ayat, pasal-pasal, dan kitab-kitab di dalam ALKITAB tidak mungkin saling bertentangan satu sama lain. 

Disebut puisi karena memang isinya puitis. Dalam bahasa aslinya indah sekali, bahkan banyak yang berima karena ditulis sebagai lagu. Kitab ini berisi tentang pengalaman para penulis. Di mana kitab ini memaparkan pengalaman nyata manusia yang mengutak-atik masalah-masalah pelik dan mengungkapkan realita secara merata. Khususnya pengalaman rohani kaum saleh dan beragam cara mengatasi hidup yang berubah-rubah di bawah matahari. 

Hikmat dari kata dasar bahasa Ibrani hakam tersebar disetiap kitab puisi sebagai ciri khas yang saling melengkapi. 

Kitab Ayub mengajarkan hikmat, bawasanya Allah adalah Hakim yang adil, sekalipun yang dialami manusia seperti Ayub seakan akan tidak adil. 

Kitab  Mazmur mengajarkan hikmat untuk senantiasa taat kepada semua perintah sesuai petunjuk hukum-hukumNya. 

Kitab Amsal mengajarkan hikmat bahwa orang benar akan diberkati, sedangkan orang fasik pasti dihukum. 

Kitab Pengkhotbah mengajarkan hikmat bahwa pada akhirnya akan ada penghakiman Allah. 

Kitab Kidung Agung mengajarkan hikmat, bawasanya Tuhan adalah Hikmat kasih sumber segala kasih 

Kitab Puisi Ibrani: Melalui puji-pujian kepada Tuhan Pencipta dan Penebus, Melalui pengajaran hidup penulis-penulis Amsal, Melalui pengalaman kebahagiaan dan penderitaan. 

 

1. AYUB 

Judul kitab ini diambil dari tokoh utama yang diceritakan oleh kitab ini yaitu Ayub. Nama Ayub berasal dari kata Ibrani IYOB dari akar kata AYAB yang artinya ‘memusuhi’ (to be hostile to), ‘menjadi musuh’ (to be an enemy), ‘aku ingin menjerit’ (I will exclaim), ‘membenci’ (hatred), ‘celaka’ (the cry of woe). Arti sesungguhnya sulit dipastikan karena kurangnya bukti-bukti otentik. Namun yang pasti nama Ayub mengingatkan kita akan aib yang harus ditanggung Ayub yang saleh dan berintegritas tinggi, sehingga ia disangka orang terkena tulah dari Allah. 

Kisah Ayub terjadi kira-kira pada zaman Abraham, sekitar 1900 SM. Mengisahkan tentang seorang saleh bernama Ayub yang diizinkan Tuhan untuk kehilangan segala harta benda & kesehatannya supaya imannya dimurnikan. Ketiga temannya (Zofar, Bildad, Elifas) menuduh Ayub telah berdosa besar sehingga ia dihukum Tuhan. Elihu, teman Ayuub yang lain mengatakan bahwa hal-hal yang terjadi itu terlalu tinggi untuk dimengerti. 

Akhirnya, Tuhan sendiri menjawab keluhan-keluhan Ayub; Ia mengingatkan Ayub bahwa Ia tidak mempunyai kewajiban untuk menjawab Ayub & bahwa hikmat Tuhan itu terlalu tinggi untuk dimengerti manusia. Pada akhir kisah, Tuhan memulihkan seluruh harta, anak & kesehatan Ayub. 

Kristus dalam Tipologi dalam kitab Ayub adalah  Kristus digambarkan dalam beberapa cara di dalam kitab Ayub. Ayub mengakui adanya seorang Penebus (19:25-27) dan berdoa untuk meminta seorang Penengah (9:33; 33:23). Dia tahu bahwa dirinya membutuhkan seseorang yang dapat menjelaskan misteri “penderitaan,” yang hanya dapat dijawab di dalam Kristus, yang memperkenalkan kepada kita penderitaan dan jawaban terhadap dakwaan-dakwaan setan, yang menentang Allah, dan mengalahkannya (Ibrani 2:14- 18; 4:15; Roma 8:32-34). 

Kisah tentang Ayub telah banyak membuat banyak orang Kristen berpikir bahwa Tuhan berteman dengan iblis, dalam kitab Ayub 1:6-12 di mana Tuhan berbicara dengan iblis, seolah mendiskusikan perihal mengenai Ayub, beberapa orang mengatakan iblis adalah pesuruh Tuhan yang ditugaskan untuk mencobai kita. Sungguh pemahaman yang keliru. peristiwa di dalam Ayub 1:6-12 ditafsirkan bahwa Tuhan bekerja sama atau mengijinkan iblis untuk mencelakai Ayub. Kita percaya bahwa Tuhan yang kita sembah tidak berubah dulu, sekarang, dan selamanya (Ibrani 13:8). Dan sampai selamanya TUHAN adalah sumber segala yang baik, iblis adalah sumber segala yang jahat, dan mereka tidak bersabahat satu dengan yang lain 

Kalau bukan TUHAN yang mengijinkan Ayub menderita, lalu apa atau siapa yang menyebabkan dia menderita begitu hebat? 

Kita perlu tahu bahwa Tuhan atau pun iblis tidak dapat bekerja di dalam hidup kita jika kita tidak mengijinkannya? Firman Tuhan katakan di dalam Titus 2:11, “Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.” Tentu Anda setuju dengan saya bahwa YESUS telah datang ke dunia 2000 tahun lalu untuk menebus dosa seluruh dunia (Yohanes 1:29) dan membawa pendamaian antara Bapa dengan manusia (2 Korintus 5:19, Kolose 1:20). Melalui YESUS, Bapa telah memberikan keselamatan bagi semua orang. 

Mari kita lihat dasar ketakutan Ayub. Ayub 1:4-5 

Kita tahu Ayub takut terhadap siapa? Ya benar, Ayub takut terhadap Tuhan. Ayub berpikir bahwa jika dia tidak menguduskan anak-anaknya setiap hari, maka Tuhan akan menghukum mereka. Sejujurnya, ini yang terjadi dengan kebanyakan orang Kristen. Mereka takut kepada TUHAN. Takut dalam konteks jangan-jangan Tuhan akan memberikan yang buruk, bagaimana jika nanti TUHAN menghalangi kita dari berkat, atau Tuhan bisa saja tidak memberikan kesembuhan kepada kita. Sungguh, kita mengesampingkan Pribadi TUHAN yang adalah kasih jika kita berpikir seperti ini. 

Ayub 3:25 Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku. 

Mari kita sedikit melintas waktu ke zaman Ayub. Menurut perkiraan para ahli, kitab Ayub ditulis sekitar 600 tahun Sebelum Masehi. Ada juga yang mengatakan 1500 tahun Sebelum Masehi. Sungguh waktu yang jauh sebelum Yesus datang ke dunia dan sangat jauh sebelum Alkitab ada. 

Kisah Ayub menggambarkan keintiman seorang manusia dan Tuhan. Di mana di tengah tekanan yang besar, dengan terbukanya mengatakan apa saja kepada Tuhan seperti tanpa ada pembatas. Mulai dari mengeluh, mengasihi diri sendiri, berprasangka buruk, menuduh, sampai mengutuk Tuhan. Namun sisi lain, Tuhan setia ada di sana, tetap menyatakan kasih-Nya, dan sabar menantikannya percaya kepada-Nya. 

Kita bisa membacanya dengan jelas, bagaimana selama berpuluh-puluh pasal Ayub terus menerus mempertanyakan, menyalahkan, bahkan menantang Tuhan. Ayub marah dan kecewa kepada Tuhan. Ayub “salah alamat”. Ayub berpikir Tuhan yang menyebabkan semuanya itu. Siapa yang paling diuntungkan dalam situasi ini? Sudah jelas iblis. Iblis yang menyebabkan penderitaan Ayub, tetapi Ayub menyalahkan Tuhan. 

Tidakkah kita mulai melihat gejala ini mirip dengan sebagian orang Kristen di zaman sekarang? Mereka menganggap Tuhan yang bertanggung jawab untuk segala sesuatu yang buruk yang terjadi di dalam hidup mereka? Padahal Yakobus 1:17 dengan jelas mengatakan, “Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.” 

Tapi, inilah yang sesungguhnya iblis inginkan terjadi. Iblis begitu ingin anak-anak Tuhan memiliki gambaran yang salah mengenai Bapa Sorgawi. Di sinilah celahnya. Ketika kita ketakutan akan sesuatu, pada dasarnya kita sedang mengharapkan yang buruk yang kita pikirkan itu terjadi. 

Ayub membuka opininya tentang Tuhan di Ayub 1:21, “Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil, terpujilah nama Tuhan!” Lalu di tengah kesesakannya, Ayub mulai mengasihani diri (Ayub 7:19-21), “Bilakah Engkau mengalihkan pandangan-Mu dari padaku, dan membiarkan aku, sehingga aku sempat menelan ludahku? Kalau aku berbuat dosa, apakah yang telah kulakukan terhadap Engkau, ya Penjaga manusia? Mengapa Engkau menjadikan aku sasaran-Mu, sehingga aku menjadi beban bagi diriku? Dan mengapa Engkau tidak mengampuni pelanggaranku, dan tidak menghapuskan kesalahanku? Karena sekarang aku terbaring dalam debu, lalu Engkau akan mencari aku, tetapi aku tidak akan ada lagi.” 

Apa alasan Ayub mengungkapkan semua keluh kesahnya? Dari mana Ayub memiliki opini seperti itu mengenai Tuhan? Ayub menjawabnya, “Dari kata orang …” 

Sama seperti kita. Mungkin kita hanya mendengar tentang Tuhan dari apa kata orang lain, dari hamba Tuhan, dari radio, televisi, buku, atau lainnya. Tidak ada yang salah dengan hal itu, selama sesuai dengan yang tertulis di dalam Firman Tuhan. Namun jangan berhenti di situ. Ayub pun tidak berhenti dari mendengar kata orang, dia melanjutkan, “tetapi sekarang mataku sendiri memandang engkau.” 

Pernyataan di atas menunjukkan bahwa Ayub membangun hubungan pribadinya dengan Tuhan dan dengan cara itu Ayub mendapatkan opini tentang Tuhan yang jauh lebih baik. Ayub menyadari bahwa Tuhan tidak seperti yang pernah dia dengar dari orang lain dan tidak seperti yang pernah dia ucapkan. Itu sebabnya di ayat 6 Ayub mengatakan, “Aku mencabut perkataanku dan menyesal …” 

Kita belajar dari kisah Ayub di atas. Milikilah waktu pribadi bersama Tuhan, meluangkan waktu untuk merenungkan kebenaran-Nya, dan mendengar suara-Nya, agar kita mengenal-Nya secara pribadi, bukan sekadar dari kata orang. 


2. MAZMUR 

Dalam Bahasa Ibrani, kitab Mazmur berjudul Tehilim atau Sefer Tehilim (Kitab-kitab Tahlil) atau disingkat Tilim (Kidung pujian). Septuaginta memberi nama Psalmoi (Mazmur) yaitu lagu-lagu atau puisi-puisi yang dinyanyikan dengan iringan musik. Kata Psalmos berasal dari psallein artinya ‘memetik senar’ pengiring lagu. 

Sekalipun sebagian besar teks Mazmur tidak menunjukkan siapa penulisnya, namun judulnya sering memberi petunjuk tentang penulisnya. Para penulis itu diantaranya : Ethan menulis 1 Mazmur yaitu psl. 89; Musa menulis 1 Mazmur yaitu psl. 90; Salomo menulis 2 Mazmur yaitu psl. 72 dan 127; Korah menulis 12 Mazmur yaitu psl. 42, 44-49, 84-85, 87-88;  Asaf menulis 12 Mazmur yaitu psl. 50, 73-83 dan Daud menulis 73 Mazmur. 

Mazmur dibagi menjadi 5 bagian: 

1. Hubungan manusia & ciptaan dengan Tuhan (pasal 1-41) 

2. Hubungan Bangsa Israel dengan Tuhan (pasal 42-72) 

3. Bait Allah & takhta Tuhan (pasal 73-89) 

4. Perjalanan iman manusia dalam hidup di dunia (pasal 90-106) 

5. Ucapan syukur kepada Tuhan atas firman-Nya pada manusia (pasal 107-150) 

Tipologi Kristsus dalam kitab Mazmur adalah: Banyak dari ayat-ayat Mazmur menceritakan tentang Mesias dan berbicara tentang kemanusiaan dan pekerjaan Kristus. 

Di tengah melandanya ketakutan dan kekuatiran, Tuhan berbicara secara spesifik di dalam hati saya mengenai dua pasal di atas, Mazmur 23 dan Mazmur 91. Supaya setiap kita membaca, merenungkan, dan menghafalkannya. Perhatikan, bukan hanya membaca saja, tetapi MENGHAFALKANNYA. 

Dua pasal di atas menuliskan mengenai janji Tuhan yang sangat luar biasa bagi setiap orang percaya. Mazmur 23 bercerita mengenai Gembala Yang Baik, yang menjaga, memelihara, dan menuntun kita, domba-domba-Nya. Sementara, Mazmur 91 menceritakan mengenai penjagaan dan penyertaan Tuhan bagi kita di tengah bahaya dan kegelapan. 

Tuhan ingin kita tidak takut dan gentar, karena Dia senantiasa bersama-sama dengan kita. Di tengah masalah, Tuhan ingin kita memandang kepada-Nya. Jadikan dua pasal ini doa kita setiap hari, pagi saat bangun tidur (Mazmur 23) dan malam sebelum tidur (Mazmur 91). Membaca dua pasal ini tidak lama, hanya memakan waktu sekitar 3-5 menit saja.

Jika kita sudah berkeluarga, bacalah dua pasal ini bersama keluarga kita. Kalau anak kita masih terlalu kecil untuk membaca, bacakanlah untuk mereka setiap hari. Saat kita membacanya, kita dapat mengganti kata “aku”, “engkau”, atau “kamu” pada setiap ayat dengan nama kita atau anggota keluarga kita. 

Melalui pembacaan dua pasal di atas, Tuhan ingin kita juga mengingat bahwa kita tidak sendiri. Ada Tuhan yang tidak pernah meninggalkan kita. 

Jangan isi pikiran kita dengan hal-hal negatif. Isilah dengan kebenaran Firman Tuhan yang memerdekakan. Sementara kita membaca, merenungkan, menghafal, dan mempercayai dua pasal di atas, saya percaya terobosan besar terjadi dalam kehidupan kita. Terobosan karir, bisnis, finansial, keluarga, studi, pelayanan, kesehatan, dan lain sebagainya  


3.AMSAL

Artinya “peribahasa”. Sebagian besar kitab ini ditulis Salomo. Kitab ini banyak berisi tentang peribahasa-peribahasa bijak yang dikisahkan sebagai nasihat seorang bapak kepada anaknya. 

Amsal memperoleh namanya dari isinya yaitu pepatah atau peribahasa yang menyampaikan kebenaran dengan cara yang ringkas dan tajam. Kata Ibrani Mashal (terjemahan Indonesia : misal atau perumpamaan) yang juga berarti ‘paralel’ , ‘serupa’, ‘perbandingan’. Amsal merujuk pada suatu perbandingan atau tamsil yang menggaris bawahi peribahasa moral. Sebagai pepatah ringkas, sebuah Amsal merujuk pada suatu antitesis. Judul ini berasal dari fakta bahwa tulisan ini adalah ringkasan pengajaran moral dan spiritual yang dirancang untuk memungkinkan seseorang dapat hidup bijaksana 

Menurut 1 Raja-raja 4:32, Salomo menggubah 3000 amsal dan 1005 lagu. Sekalipun dia memang menulis sebagaian besar dari kitab Amsal ini, paruh terakhir menunjukkan bahwa dia bukan satu-satunya penulis kitab ini. Rinciannya yaitu Salomo menulis psl. 1-24, koleksi Hizkia psl. 25-29, koleksi Agur psl. 30 dan koleksi Lemuel psl. 31. 

Kitab ini terdiri dari 3 bagian: 

1. Nasihat untuk orang muda (pasal 1-9) 

2. Nasihat untuk umum (pasal 10-24)

3. Nasihat untuk pemimpin (pasal 25-31) 

Tipologi Kristus dalam kitab Amsal. Di mana kebajikan digambarkan sebagai seseorang dan ditampilkan dengan sempurna. Itulah Allah (8:22-31), yang merupakan sumber kehidupan biologi dan rohani (3:18; 8:35-36), yaitu kebenaran dan morall (8:8-9) dan diberikan bagi semua yang mau menerimanya (8:1-6, 32-35). Kebajikan ini hadir dalam daging di dalam pribadi Kristus “di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan” (Kolose 2:3). “Tetapi oleh Dia, kamu berada di dalam Kristus Yesus, yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi kita. Ia membenarkan dan menguduskan dan menebus kita.” (1 Korintus 1:30 cf. 1 Korintus 1:22-24) 

Amsal 8:13 Takut akan Tuhan ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat:  

Ketika kita takut akan Tuhan, Firman Tuhan mengatakan kita akan membenci kejahatan. Sangat masuk akal. Ibaratnya, jika kita menyelam ke dalam sebuah kolam, kita dapat pastikan seluruh tubuh kita pasti basah. Sama halnya dengan hadirat Tuhan. Kita tidak mungkin “menyelam” ke dalam hadirat Tuhan, tetapi tidak menjadi semakin serupa dengan Tuhan. Benar? 

Logikanya, jika kita mengenal Tuhan, kita pasti mencintai apa yang Tuhan cintai dan membenci apa yang Tuhan benci. Jika kita mencintai yang Tuhan benci dan membenci yang Tuhan cintai, saya meragukan kita mengenal Dia dengan benar. 

Kehidupan Yesus sendiri membuktikan hal di atas. Yesus mendeklarasikan bahwa Dia dan Bapa adalah satu. Yohanes 5:19 mengatakan, “Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.” 

Renungan hari ini dapat menjadi bahan refleksi bagi kita. Melihat lagi bagaimana kita menjalani kehidupan kita selama ini. Apakah kita sedang menjalani kehidupan yang takut akan Tuhan atau kita sedang semakin menjauh dari Tuhan? 

 

4. PENGKOTBAH 

Diberi nama “pengkhotbah” karena memang berisi tentang pemikiran seseorang yang berkhotbah di hadapan orang banyak, yaitu Salomo (pengarangnya). “Sia-sia” adalah kata favorit sang pengkhotbah (30 kali). Kitab ini mengisahkan bahwa segala hal (hikmat, kerja keras, kenikmatan dunia, harta kekayaan)itu sia-sia di luar Tuhan. 

Nama Pengkhotbah berasal dari judul yang diberikan oleh Septuaginta. Istilah Yunani: ecclesiastes, berarti ‘perhimpunan’ yang berasal dari kata ekklesia yaitu yang dipanggil keluar untuk berhimpun bersama (kaum beriman). Judul Ibrani Qoheleth berarti ‘seseorang yang berbicara dalam suatu qahalayak ramai’ yang biasanya disebut ‘pengkhotbah’. 

Tipologi Kristus dalam Pengkhotbah adalah Karena Kristus sendiri penghubung manusia kepada Tuhan, di mana manusia menemui keutuhan dan kepuasan, atau hidup dan hidup yang berkelimpahan (Yohanes 10:10; 7:37-38), kekosongan yang dialami dalam hidup ini hanya dapat diisi melalui hubungan pribadi dengan Tuhan Yesus. Aspirasi manusia untuk mendapatkan kepuasan dan hidup yang berarti, hanya ditemui di dalam Juruselamat. 

Tuhan Ada di Setiap Musim Kehidupan (Pengkhotbah 3:1-14) 

Ada begitu banyak perkara yang sudah kita lewati dalam hidup kita. Mungkin ada perkara-perkara bodoh yang kita lakukan dan ada juga perkara-perkara baik yang memberikan dampak bagi banyak orang. 

Mengenai hal-hal bodoh yang pernah kita lakukan, saya tidak ada nasihat selain segera perbaiki, bangkit dari kejatuhan kita, dan jadi lebih baik di masa mendatang. Saya percaya Tuhan ingin agar kehidupan kita selalu naik, bukan turun. 

Mengenai hal-hal baik yang kita lakukan, gali dan kembangkan. Saya percaya segala sesuatu yang baik yang kita lakukan di dalam Tuhan akan menjadi dampak luar biasa bagi banyak orang jika kita tekuni 

Allah ada di setiap musim kehidupan. Ia ada bersama kita ketika kita sehat maupun sakit, ketika kenyang maupun lapar, ketika sedih mau mau pun senang, ketika memperoleh maupun kehilangan, ketika berkarya maupun tidak. Oleh karena itu, mari kita berterima kasih kepada Allah, bersyukur kepada-Nya 

Segala sesuatu ada waktunya, dan itu berarti tidak ada yang permanen, tetap dan abadi. Mungkin kita pernah marah atau benci, tetapi perasan itu harus segera diganti dengan mengasihi. Tak boleh ada kebencian permanen pada seseorang. Tak boleh ada kemarahan abadi pada sesama. Tak boleh ada dendam kesumat sepanjang waktu terhadap orang lain. Perasaan-perasaan negatif itu harus diganti dengan perasaan-perasaan positif seperti mengasihi, memaafkan, mengampuni, melepaskan. Hal-hal yang negatif tidak boleh menetap dalam hati kita dan menjadi racun dalam diri kita. Juga, tak boleh hanya menyimpan, mengumpulkan, menumpuk untuk diri, dan lupa berbagi, memberi pada sesama dan peduli pada orang lain. Tak boleh terus menangis, bersedih, tetapi harus digantikan dengan bergembira. Tak boleh kita hanya mau bicara, dan tak mau berdiam diri untuk mendengar orang lain. Segala perasaan kita, pikiran kita, pendapat kita, sikap kita, pendirian kita, mesti cair, fleksibel, longgar untuk mengalami perubahan dan pembaharuan. Karena tanpa kerelaan untuk mau berubah, tak akan ada pembahauan dalam hidup kita. Cukup Allah saja yang bersifat tetap, kekal, permanen, abadi, sedangkan hati kita, diri kita harus mau mengalami perubahan agar menjadi semakin baik dan benar. 

Ada yang  pernah menangis, ada yang pernah tertawa, ada yang pernah terluka, ada yang pernah sembuh, ada yang pernah berhasil, ada yang gagal, ada yang pernah kenyang, ada yang pernah lapar. Mungkin kita pernah berkuasa, dan lalu kita kehilangan kekuasaan itu. dst. Apa pun itu, kalau kita masih ada hingga kini, itu bukti bahwa Allah sangat mengasihi kita. Ia setia menyertai kita hingga kini. 

Hidup sia-sia adalah kalau kita tidak mengenal isi hati Tuhan, dan tidak melakukan misi kasih-Nya dalam kehidupan.

 

5. KIDUNG AGUNG 

Berkaitan dengan judul kitab ini Ryrie menulis: kitab ini diberi judul dengan beberapa cara: Judul Ibraninya diayat 1, Kidung dari segala Kidung yang artinya ‘paling indah atau kidung terindah’. Judul Inggrisnya juga diambil dari ayat 1, idung Salomo yang menunjuk sang penulis dan canticles (Latin) yang artinya ‘kidung pujian’. 

Merupakan sebuah lagu cinta pernikahan. Singkatnya, buku ini mengisahkan tentang cinta Salomo pada istri-istri yang dinikahinya (700 istri & 300 selir). Kitab ini merupakan gambaran murninya cinta Kristus pada gereja-Nya. 

Tema kitab ini yaitu cinta kasih. Hal ini nyata dari isi kitab Kidung Agung yang adalah kidung cinta yang penuh dengan beragam metafora dan ibarat yang dirancang untuk melukiskan cara pandang Allah tentang kasih dan pernikahan: keindahan cinta suami-istri. 

Kitab ini juga menunjukkan bahwa Tuhan menghargai pernikahan sebagai sesuatu yang suci di hadapan-Nya, sebagai gambaran kasih-Nya pada jemaat-Nya. 

Tipologi Kristus dalam Kitab kidung Agung adalah Kidung ini menggambarkan kasih Kristus kepada Orang-Orang Percaya. 

Banyak orang berkata bahwa Kidung Agung adalah kitab yang tidak senonoh. Tentu saja itu pemikiran yang salah. Kidung Agung merupakan salah satu kitab paling jujur dan romantis yang pernah ditulis oleh seorang pria kepada wanita yang dicintainya. Kidung Agung merupakan tulisan-tulisan yang dibuat oleh Salomo di masa kejayaannya ketika dia sedang jatuh cinta. Dan kitab ini juga merupakan gambaran tentang kasih YESUS kepada mempelai-NYA, yaitu kita. Itu sebabnya ALKITAB sering menggambarkan bahwa YESUS adalah mempelai pria dan gereja (kita) adalah mempelai wanitanya (Matius 25:1-13). Banyak hal tentang cinta yang dapat kita pelajari melalui kitab ini: JATUH CINTA ITU KEPUTUSAN 

Kidung Agung 8:4b Mengapa kamu membangkitkan dan menggerakkan cinta sebelum diingininya? 

Kidung Agung 8:6 Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN! 

Jangan bangkitkan cinta sebelum waktunya, karena cinta kuat seperti maut. Teman, sama seperti emosi lainnya, perasaan jatuh cinta merupakan keputusan. Perasaan sakit hati dan jatuh cinta tidak hadir di dalam hati Anda tanpa kerjasama dari Anda. Anda yang memutuskan untuk jatuh cinta atau sakit hati. Perasaan tersebut muncul di hati Anda karena Anda terus menerus memikirkannya. Jadi Anda yang bertanggungjawab atas perasaan tersebut. Banyak orang berkata “Saya sebenarnya tidak menginginkan jatuh cinta, tapi ya apa boleh buat, cinta datang tiba-tiba” Teman, ini adalah pernyataan yang sama sekali tidak bertanggungjawab. Cinta dan benci/sakit hati dan perasaan lainnya adalah hal yang kita bangkitkan. Jadi kita bisa memilih untuk tidak jatuh cinta atau sakit hati. 

Bagi  yang masih muda, pertimbangkan ini sematang mungkin. Semua kisah percintaan di dalam Alkitab terjadi di antara usia 25-35 tahun dan lebih. Alkitab tidak pernah salah. Usia 25-35 tahun adalah usia matang bagi pria ataupun wanita untuk memiliki cinta. Pisau berguna untuk memotong buah, kertas, atau daging, tapi di tangan anak kecil, pisau itu menjadi alat yang sangat membahayakan bagi si anak tersebut ataupun orang lain di sekitarnya. Cinta di saat yang tepat dapat membuat hidup seseorang jadi lebih baik, sebaliknya, cinta di tangan anak kecil, hanya akan membawa sakit hati, kepahitan, dan kekecewaan. 

Kidung Agung 6:9 Tetapi dialah satu-satunya merpatiku, idam-idamanku, satu-satunya anak ibunya, anak kesayangan bagi yang melahirkannya; puteri-puteri melihatnya dan menyebutnya bahagia, permaisuri-permaisuri dan selir-selir memujinya. 

Salomo merupakan raja Israel yang memiliki istri dan selir paling banyak. Bahkan ayahnya, Raja Daud, dikalahkan oleh Salomo dalam hal ini. Namun tahukah Anda bahwa sekalipun Salomo memiliki banyak wanita di dalam hidupnya, namun dia hanya jatuh cinta kepada satu wanita saja? Mungkin Anda berpikir dan berkata kepada saya, “Memangnya Salomo tidak mencintai istri atau selirnya yang lain?” 

Manusia hanya bisa jatuh cinta kepada satu orang saja. Jika Anda bertemu dengan orang yang mengatakan dia jatuh cinta kepada dua atau tiga orang atau lebih, itu artinya dia tidak sedang jatuh cinta kepada pasangan-pasangannya. Dia sedang jatuh cinta kepada dirinya sendiri. Ya, sekali lagi saya katakan, manusia hanya bisa jatuh cinta kepada satu orang saja. Entah itu kepada dirinya sendiri atau pun kepada orang lain. 

Bagi yang sudah memiliki pasangan atau sedang mencari pasangan hari ini. Mari kita untuk setia hanya kepada satu orang saja. Berikan cinta kita kepada orang yang tepat dan di saat yang tepat. Jika mencintai seseorang, berikanlah cinta sepenuhnya kepada orang tersebut, sampai tidak ada lagi yang tersisa yang bisa kita berikan untuk orang lain. 

Sebagai contoh: Kita tahu alasan paling dasar kenapa orang selingkuh? Karena orang tersebut tidak mencintai pasangannya sepenuh hati. Masih ada cinta yang bisa dia sisakan untuk diberikan bagi orang lain, dalam hal ini adalah selingkuhannya. Dan pada dasarnya orang tersebut tidak sedang mencintai pasangannya atau pun selingkuhannya, melainkan dia sedang mencintai dirinya sendiri. Akhir kata saya ingin katakan, tidak ada yang salah dengan jatuh cinta di saat kita sudah dewasa dan sudah saatnya memiliki pasangan, hanya saja jangan sampai cinta itu menjatuhkan kita dari TUHAN 

Firman Tuhan katakan dalam Kidung Agung 2:5 untuk tidak membangkitkan cinta pada waktunya. Kenapa? Alasannya sederhana, Kidung Agung 8:6 menjelaskan, ” … karena cinta kuat seperti maut.” 

Sebagian anak TUHAN mungkin kuat ketika diperhadapkan dengan urusan menyontek, korupsi, mencuri, atau membunuh, namun jika sudah bicara urusan cinta, biasanya cenderung “terjun bebas” alias tidak ada rem-nya. Tidak sedikit yang berpikir, “Kesempatan tidak datang dua kali.” 

Jatuh cinta bisa membuat seseorang kehilangan akal sehatnya. Tidak sedikit orang yang meninggalkan TUHAN, entah dengan cara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi, hanya karena jatuh cinta. Bahkan, media massa pun melaporkan kisah-kisah di mana orang bunuh diri hanya karena cinta. Oh, sungguh bodoh! 

“Saya tahu saya salah, tapi saya sudah terlajur jatuh cinta, bagaimana cara meredamnya?” Sama seperti orang obesitas (kelebihan berat badan yang tidak wajar). Tidak ada orang yang dilahirkan obesitas. Obesitas adalah pilihan. Yang artinya, Anda bisa memilih untuk menjadi kurus. Begitu juga jatuh cinta. Kita tidak tiba-tiba jatuh cinta. Faktanya adalah kita memilih untuk jatuh cinta (JATUH CINTA ITU PILIHAN). Dengan kata lain, kita bisa memilih untuk tidak jatuh cinta. 

Jangan terburu-buru jatuh cinta (SABAR MENCARI PASANGAN), apalagi jatuh cinta hanya karena ada kesempatan atau pun karena merasa memiliki banyak kesamaan. Percayalah, bukan hal-hal itu yang membuat hubungan suami-istri bertahan sampai maut memisahkan. 

Pastikan ketika kita mencintai seseorang, kita memilihnya berdasarkan Firman Tuhan. Artinya, kita memilihnya sesuai standar Tuhan (SEPADAN DAN SEIMAN), kita mencintainya dengan cara TUHAN (PASANGAN YANG MENCINTAI TUHAN), dan mendapatkannya dengan cara TUHAN (JATUH CINTA HANYA KE SATU ORANG). 

Jangan menjadi bodoh dan mengorbankan TUHAN hanya karena kita sedang jatuh cinta. Sebaliknya, jadikan Firman Tuhan sebagai dasar kita jatuh cinta. Ketika kita jatuh cinta kepada ORANG yang tepat, di WAKTU yang tepat, dan dengan CARA yang tepat, dijamin kita akan sangat menikmati masa-masa jatuh cinta kita dalam damai dan sukacita, bukan dengan ketakutan dan perasaan tertuduh



SHARE KITAB PUISI:

 1. Kitab Ayub:

Kitab Ayub berbicara tentang seorang tokoh bernama Ayub yang hidup saleh namun mengalami penderitaan yang berat, sebelum akhirnya dipulihkan oleh Tuhan.

 Share Bertahan Dalam Penderitaan:

a.  Mengenal

b. Menawarkan bantuan

c.   Mendampingi

d. Libatkan Tuhan

e.  Percaya Tuhan buka jalan

 

2. Kitab Mazmur

Kitab Mazmur adalah kitab yang berisi tentang banyak nyanyian dan doa. Nyanyian ini berasal dari berbagai tokoh Alkitab. Kitab Mazmur ditulis oleh banyak penulis dari berbagai latar belakang dan lintas generasi, sekalipun mungkin mempunyai seorang penyunting. Penulis-penulis kitab Mazmur yang disebut antara lain adalah: Musa, Daud, Salomo, Asaf, Heman, dan bani Korah (kelompok).

 Share Hati Nurani:

a.  Terbuka

b.  Komitmen

c.   Respon

d.  Perubahan

e.  Hikmat

 

3. Kitab Amsal

Kitab Amsal merupakan kitab yang berisi tentang nasihat-nasihat atau pengajaran tentang hidup yang benar dan sepatutnya. Kitab ini ditulis oleh banyak penulis dari berbagai etnis dan latar belakang profesi, tetapi Salomo adalah penulis utamanya.

 Share Pedoman Hidup:

a.  Hidup benar

b.  Hidup yang diberkati

c.   Hidup Bijaksana

d.  Hidup dalam Roh Kudus

e.  Hidup Kudus

 

4. Kitab Pengkhotbah

Kitab Pengkhotbah adalah sebuah kitab yang membahas tentang pengajaran-pengajaran dari seseorang yang menyebut dirinya sebagai “pengkhotbah”. Secara tradisional diakui bahwa Salomo adalah penulis dari kitab pengkhotbah dan bahwa dialah yang disebut sebagai “pengkhotbah” di kitab tersebut.

 Share Training Berulang-Ulang Sampai Yang Sia-Sia Menjadi Indah:

a.  Jangan Menyerah

b.  Berbeda

c.   Semangat

d.  Penguasaan Diri

e.  Sadar (Jangan Menunda Waktu)

 

5. Kitab Kidung Agung

Kidung Agung adalah kitab yang berisi tentang kisah dua sejoli yang sedang memadu kasih. Ini adalah kitab percintaan yang ditulis dalam bentuk syair. Kisah dalam kitab Kidung Agung ini adalah Salomo sendiri dengan kekasihnya, yakni gadis Sulam.

 Share Melayani Dengan Rasa Cinta:

a.  Mati

b.  Setia sampai akhir

c.   Dahsyat

d.  Pengampunan

e.  Pernikahan


Komentar

  1. Disebut puisi karena memang isinya puitis.

    BalasHapus
  2. Hikmat dari kata dasar bahasa Ibrani hakam tersebar disetiap kitab puisi sebagai ciri khas yang saling melengkapi.

    BalasHapus
  3. Nama;rut novia zendrato saya secara pribadi diberkati sekali setalah saya membaca berkat Tuhan untuk menjalan kan hidup ini hars

    BalasHapus
  4. Kelompok saya : Putri Kezia Nopita M dan Jeane Angelia Hutasoit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lirik lagu Mazmur 51
      Kasihanilah aku, ya Tuhan
      Menurut kasih setiamu
      Hapuskanlah segala pelanggaranku
      Dengan Rahmat Mu yang besar.

      Bersihkanlah, sucikanlah aku dari seluruh kesalahan ku.

      Sebab aku sendiri...
      Sadar.. akan pelanggaranku
      Pelanggaran yang Kauanggap jahat
      Sebab engkau Bapa berkenan akan kebenaran batin
      Bersihkanlah aku dari dosaku. GBU 😇

      Hapus
  5. Syalom, kelompok kitab puisi, Niken dengan Meta Noia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun Yang Terjadi

      Apapun yang terjadi di dalam hidupku


      Slalu ku berkata Tuhan Yesus baik


      Dalam segala hal yang terjadi


      Tetap ku berkata Tuhan Yesus baik





      Ku sembah Kau, ku sembah Kau


      Tak dapat ku membalas kasihMu


      Ku sembah Kau, ku sembah Kau Bapa


      Ku rindu slalu menyenangkanMu

      Hapus
  6. Sayang hanya sendiri mau mandiri Gabriel panggabean

    BalasHapus
  7. Nama-Nama Kelompok:
    Jeremia
    Yosua
    Smith

    BalasHapus
  8. Kelompok Nada Damai.
    1.Nahor tagubore.
    2.Andronius wedo
    3.Ferwigles mumulati.

    BalasHapus
  9. Kitab Pengkhotbah mengajarkan hikmat bahwa pada akhirnya akan ada penghakiman Allah.

    BalasHapus
  10. Nama kelompok
    Afrina wati purba
    Sally haurisa
    Sineta teri

    BalasHapus
  11. Nama kelompok :
    Jeremia
    Smith
    Yosua

    BalasHapus
  12. Materi yang baik hari ini yaitu menjadikan firman adalah sebuah kesukaan

    BalasHapus
  13. Nama Kelompok : -Simon
    -Doni
    -Johandra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya pahami dari materi kita Kidng agun tersebut yang dimana sebuah kumpulan syair-syair cinta yang dianggap sebagai dialog antara seorang pengantin laki-laki (dikenal sebagai "Raja Salomo") dan seorang pengantin perempuan. Kidung Agung secara simbolis sering diinterpretasikan sebagai gambaran cinta yang penuh kasih antara Allah dan umat-Nya, meskipun ada juga interpretasi yang lebih literal tentang hubungan antara seorang pria dan seorang wanita

      Hapus
  14. Yang saya dapatkan dari sering sering kami bersama pak Nhem adalah bahwa kita harus sering memuji nama Tuhan🙏

    BalasHapus
  15. Hal yang saya dapatkan dari pelajaran tersebut ialah... Bagaimana manjadi seorang pribadi yang lebi bernyanyi dan memuji Tuhan

    BalasHapus
  16. Yang saya dapat keluarga Ayub di pulihkan,

    BalasHapus
  17. Jadilah seperti Ayub yang bisa mengubah istrinya karena ketekunan dia mempercayai Tuhan,,,

    BalasHapus
  18. Kitab puisi berisi pujian pengagungan kepada sang pencipta yang mulia, yang terdiri dari berbagai penulis dengan satu histori, akan keagungan Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Group kitab puisi Niken +Meta= Noi group
      Di usakan Minggu ini 🥰🥰

      Hapus
  19. Pelajaran hari ini membuat saya semakin bersemangat kembali untuk membuat lagu-lagu baru dalam hidup saya. GBU 😇❤️

    BalasHapus
  20. Yang saya dapat dari pelajaran kitab puisi ini adalah bagaimana kita para pelayan Tuhan,tetap memberi puji pujian yang terbaik dari hati kita untuk Tuhan,bahwa kita semua dipakai Tuhan untuk memuliakan y selama lamanya
    God bless

    BalasHapus
  21. Menjadi orang yang suka bermazmur bagi Tuhan....

    BalasHapus
  22. Yang Smith dapatkan setelah belajar Kitab Puisi:
    Setiap hari kita harus selalu bersyukur kepada Tuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amsal 31:29
      Judul lagu: WANITA TERHEBAT.

      DI ANTARA BERIBU BINTANG
      HANYA KAULAH YANG PALING TERANG
      DIANTARA BANYAKNYA WANITA
      PILIHANKU HANYA KAU SAYANG
      MUNGKIN BANYAK YANG LEBIH BAIK
      TAPI TIDAK SEPERTI KAMU
      CUMA KAMU DAN HANYA KAMU YANG S'LALU ADA UNTUKKU.

      #Cipt: Jeremia, Yopi, Smith.

      Hapus
    2. Kita memang berbeda: Tapi kita harus "BERTAHAN" dalam perbedaan itu.

      Hapus
    3. Dari 5 kitab Puisi yang saya sukai adalah: Kitab Pengkhotbah, Karena di dunia ini tidak ada yang baru.

      Hapus
    4. Yang saya latih adalah jangan menyerah, karena kita tahu bahwasanya kita sering kali kita menyerah dalam melakukan segala sesuatu.

      Hapus
    5. Aku semakin mencintaimu (Kezia, Jean❣️Yere)dari Alfa sampai Omega, selalu Always tak pernah never.

      Hapus
  23. Yang saya dapatkan dari materi yang bpk Nem sampaikan yaitu bahwa jadikanlah diri kita untuk terrus memuji Tuhan dan jagan pernah lelah dan berhenti untuk setia kepada Tuhan

    BalasHapus
  24. Nama rut 5 hal yg saya dpt dr kitab puisi 1.cintai firman
    2.jadi lah pribadi seperti daud yg selalu menaikan pujian nya
    3 cintai lah setiap puji_pujian
    4,jdi lah pribadi yg kuat seperti salomo
    5.segalah sesuatu nya ada waktunya seperti kitab pengkhotbah

    BalasHapus
  25. Yg saya dpt dri pmblajaran hri ini bhwasannya memuji dan memuliakan Tuhan adalah bagian dari kewajiban Qt sebagai ciptaan Allah dan mengagungkan Dia yg berkuasa atas hdp kita...Dan perkatakanlah hal2yang dpt membangun sesama..Gbu

    BalasHapus
  26. Yang Saya dari Plajaran kitab Puisi adalah, kita harus gunakan Hidup kita sebagai Ciptaan Allah,, Untuk Bezmazmur dan Memuji Allah

    BalasHapus
  27. trimksih pk sngt membrkti

    BalasHapus
  28. Rut nofia alkitab merupakan isi alkitab yg awal dan akhir belajar dr kehidup ayub yg selalu berharap kepada Tuhan di balik banyaknya pencobaan

    BalasHapus
  29. Syalom pak ini judul lagu Rut Novia dan Misel rawung Dr pengkhotbah 12:1 dan Mzr 133:1

    BalasHapus


  30. Tuhan Ada di Setiap Musim Kehidupan (Pengkhotbah 3:1-14)

    BalasHapus
  31. Jangan menjadi bodoh dan mengorbankan TUHAN hanya karena kita sedang jatuh cinta. Sebaliknya, jadikan Firman Tuhan sebagai dasar kita jatuh cinta. Ketika kita jatuh cinta kepada ORANG yang tepat, di WAKTU yang tepat, dan dengan CARA yang tepat, dijamin kita akan sangat menikmati masa-masa jatuh cinta kita dalam damai dan sukacita, bukan dengan ketakutan dan perasaan tertuduh

    BalasHapus
  32. Ada yang pernah menangis, ada yang pernah tertawa, ada yang pernah terluka, ada yang pernah sembuh, ada yang pernah berhasil, ada yang gagal, ada yang pernah kenyang, ada yang pernah lapar. Mungkin kita pernah berkuasa, dan lalu kita kehilangan kekuasaan itu. dst. Apa pun itu, kalau kita masih ada hingga kini, itu bukti bahwa Allah sangat mengasihi kita. Ia setia menyertai kita hingga kini.

    BalasHapus
  33. Kitab Kidung Agung mengajarkan hikmat, bawasanya Tuhan adalah Hikmat kasih sumber segala kasih

    BalasHapus
  34. Kitab Amsal mengajarkan hikmat bahwa orang benar akan diberkati, sedangkan orang fasik pasti dihukum.

    BalasHapus
  35. Kita bisa membacanya dengan jelas, bagaimana selama berpuluh-puluh pasal Ayub terus menerus mempertanyakan, menyalahkan, bahkan menantang Tuhan. Ayub marah dan kecewa kepada Tuhan. Ayub “salah alamat”.

    BalasHapus
  36. Kalau bukan TUHAN yang mengijinkan Ayub menderita, lalu apa atau siapa yang menyebabkan dia menderita begitu hebat?

    BalasHapus
  37. Hal-hal yang negatif tidak boleh menetap dalam hati kita dan menjadi racun dalam diri kita

    BalasHapus
  38. Kidung Agung 6:9 Tetapi dialah satu-satunya merpatiku, idam-idamanku

    BalasHapus
  39. Khususnya pengalaman rohani kaum saleh dan beragam cara mengatasi hidup yang berubah-rubah di bawah matahari.

    BalasHapus
  40. Disebut puisi karena memang isinya puitis. Dalam bahasa aslinya indah sekali, bahkan banyak yang berima karena ditulis sebagai lagu

    BalasHapus
  41. Kita percaya bahwa Tuhan yang kita sembah tidak berubah dulu, sekarang, dan selamanya (Ibrani 13:8). Dan sampai selamanya TUHAN adalah sumber segala yang baik, iblis adalah sumber segala yang jahat, dan mereka tidak bersabahat satu dengan yang lain

    BalasHapus
  42. Tak boleh ada dendam kesumat sepanjang waktu terhadap orang lain

    BalasHapus
  43. Ayub menyadari bahwa Tuhan tidak seperti yang pernah dia dengar dari orang lain dan tidak seperti yang pernah dia ucapkan. Itu sebabnya di ayat 6 Ayub mengatakan, “Aku mencabut perkataanku dan menyesal …”

    BalasHapus
  44. Dan sampai selamanya TUHAN adalah sumber segala yang baik, iblis adalah sumber segala yang jahat, dan mereka tidak bersabahat satu dengan yang lain

    BalasHapus
  45. Tapi, inilah yang sesungguhnya iblis inginkan terjadi. Iblis begitu ingin anak-anak Tuhan memiliki gambaran yang salah mengenai Bapa Sorgawi

    BalasHapus
  46. Ketika kita ketakutan akan sesuatu, pada dasarnya kita sedang mengharapkan yang buruk yang kita pikirkan itu terjadi.

    BalasHapus
  47. Sungguh, kita mengesampingkan Pribadi TUHAN yang adalah kasih jika kita berpikir seperti ini.

    BalasHapus
  48. Kitab Ayub mengajarkan hikmat, bawasanya Allah adalah Hakim yang adil, sekalipun yang dialami manusia seperti Ayub seakan akan tidak adil.

    BalasHapus
  49. “Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.”

    BalasHapus
  50. Mazmur 23 bercerita mengenai Gembala Yang Baik, yang menjaga, memelihara, dan menuntun kita, domba-domba-Nya. Sementara, Mazmur 91 menceritakan mengenai penjagaan dan penyertaan Tuhan bagi kita di tengah bahaya dan kegelapan.

    BalasHapus
  51. Jatuh cinta bisa membuat seseorang kehilangan akal sehatnya. Tidak sedikit orang yang meninggalkan TUHAN, entah dengan cara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi, hanya karena jatuh cinta. Bahkan, media massa pun melaporkan kisah-kisah di mana orang bunuh diri hanya karena cinta. Oh, sungguh bodoh!

    BalasHapus
  52. tdak sedikit orang yang meninggalkan TUHAN, entah dengan cara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi, hanya karena jatuh cinta

    BalasHapus
  53. Jika kita sudah berkeluarga, bacalah dua pasal ini bersama keluarga kita. Kalau anak kita masih terlalu kecil untuk membaca, bacakanlah untuk mereka setiap hari. Saat kita membacanya, kita dapat mengganti kata “aku”, “engkau”, atau “kamu” pada setiap ayat dengan nama kita atau anggota keluarga kita.

    BalasHapus
  54. Tuhan ingin kita memandang kepada-Nya.

    BalasHapus
  55. Kitab Pengkhotbah adalah sebuah kitab yang membahas tentang pengajaran-pengajaran dari seseorang yang menyebut dirinya sebagai “pengkhotbah”. Secara tradisional diakui bahwa Salomo adalah penulis dari kitab pengkhotbah dan bahwa dialah yang disebut sebagai “pengkhotbah” di kitab tersebut.

    BalasHapus
  56. “Tetapi oleh Dia, kamu berada di dalam Kristus Yesus, yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi kita. Ia membenarkan dan menguduskan dan menebus kita.” (1 Korintus 1:30 cf. 1 Korintus 1:22-24)

    BalasHapus
  57. Apa yang membuat kita tidak sinkron karena kita berbeda. Dan solusinya adalah bertahan.

    BalasHapus
  58. Apa yg membuat kita tidak sinkron? Karna kita berbeda!

    BalasHapus
  59. Untuk menerima perbedaan ya itu Bertahan

    BalasHapus
  60. Bagaimana menerima perbedaan?
    Yaitu:bertahan
    Dan memang kita berbeda

    BalasHapus
  61. dalam hal berbeda pribadi hidup kita harus bertahan dan juga mempunyai Cinta dari DONI Tarigan

    BalasHapus
  62. Agar kita bisa tetap sinkron bertahanlah dengan perbedaan yg ada🤍🙌

    BalasHapus
  63. Mengapa kita tidak sinkron, karena kita berbeda, tapi ada solusinya yaitu: bertahan💪🙏🙏

    BalasHapus
  64. Rut novia z cara menerima orang yang berbeda yg pertama.sabar yg kedua bertahan

    BalasHapus
  65. Tentang perasaan dlm hubungan ! Bgmna menghadapi tentang perasaan yg telah dikecewakan?

    BalasHapus
  66. Dari ke5 kitab puisi yang sangat saya sukai yaitu kitab MAZMUR
    Karena didalam kitab Maz ada yat emas saya yang saya pegang dan itulah yang menjadi penguat dalam hidul saya sampai sekarang

    BalasHapus
  67. Kitab Kidung Agung adalah salah satu kitab dalam Alkitab yang terdiri dari puisi-puisi cinta antara seorang pria dan seorang wanita. Kitab ini dianggap sangat indah dan menggambarkan hubungan antara Allah dengan umat-Nya. Alasan penjelasan ini adalah untuk memberikan gambaran umum tentang isi kitab tersebut tanpa harus membatasi pada poin-poin tertentu yang bisa menghilangkan keindahan dan kedalaman pesannya. By DONI TARIGAN

    BalasHapus
  68. Dari 5 kitab puisi yang paling saya sukai adalah kitab Amsal, alasannya: kitab Amsal memuat kata kata bijak yang menarik dan memiliki makna yang dalam. 🙏

    BalasHapus
  69. Dari 5 kitab puisi yang saya suka kitab Amsal karena terdapat banyak nasihat yang menegur dan menguatkan saya serta membuat saya jadi pribadi yg lebih berhikmat😇

    BalasHapus
  70. Dari 5 kitab puisi saya suka kitab Amsal
    Alasannya karena selain membuat kita bijaksana membuat kita sadar bagaimana kita juga mendapat hikmat ,yang membuat kita semakin berhati-hati bertindak,dan berkata kata dengan cara y Tuhan

    BalasHapus
  71. Saya suka dengan kitab puisi ya itu kitab Mazmur alasannya karena dari kitab itulah kita bisa melihat ungkapan-ungkapan dari salah satu seorang raja ya itu Daud,, sehingga ungkapannya membuat saya kuat hingga sampai hari ini....

    BalasHapus
  72. Dari 5 kitab puisi kitab yang paling saya suka yaitu kitab Amsal. Karena kitab Amsal yang membuat karakter saya berubah. Contohnya dulu saya moodyan, tetapi setelah saya membaca kitab Amsal, setiap hari ada perubahan dalam diri saya.

    BalasHapus
  73. Dari 5 kitab puisi paling saya sukai adalah kitab AMSAL. Karena banyak perkataan yang menuntun saya untuk bertindak hati hati sesuai dengan apa yang dikehendaki Tuhan...Dan karena menuntun kepada kehidupan yg berHikmat.

    BalasHapus
  74. Dari ke 5 kitab puisi salah satu kitab yang paling saya suka yaitu kitab Ayub. Karena, banyak pelajaran penting yg saya dapat pahami didalamnya dan membuat saya mengerti tentang kehidupan.
    God Bless

    BalasHapus
  75. Dari 5 kitab puisi saya paling suka itu kitab Amsal, karna didalam kitab Amsal terdapat banyak sekali hikmat dan didikan

    BalasHapus
  76. kitab kidung agung Rasa Cinta ku pada Tuhan dan semua orang....

    BalasHapus
  77. " Kitab Mazmur that's my fovourite scripture in Bible,, cause there are so many lesson that i can learn from this screapture,, tetaptnya tentang Hoe to praise and Worship.. God with all of our Hearth

    BalasHapus
  78. Dari 5 kitan puisi, yang saya sukai adalah kitab amsal, karena setiap ayat demi ayat yg tertulis di dalam kitab amsal itu suatu hal yg realistis dan terjadi dalam kehidupan manusia 😇😇

    BalasHapus
  79. Di mana kebajikan digambarkan sebagai seseorang dan ditampilkan dengan sempurna.

    BalasHapus
  80. Shalom, apa kabar semuanya, disayang Tuhan, disayang Tuhan, disayang Tuhan.

    BalasHapus
  81. Masa depan mu ditentukan oleh suaramu dan tindakan mu,dan orang hebat tidak memikirkan yang sia2,tetapi langsung melakukan tindakan
    Orang hebat selalu bertindak

    BalasHapus
  82. Agar membuat sesuatu hal yang sia- sia menjadi indah yang harus saya lakukan adalah menguasai diri seperti emosi, amarah dan lainnya didalam setiap situasi dan kondisi

    BalasHapus
  83. Untuk dapat sadar dan tidak dapat menunda waktu, hal yang utama di latih adalah bagaimana mengoreksi diri sendiri itu adalah langkah awal untuk menjadi sadar. Agar hal yang sia2 menjadi indah. Koreksi diri artinya melihat diri sendri terlbih dahulu tanpa harus melihat kepribadian orang lain

    BalasHapus
  84. Saya mau latih diriku untuk sadar akan karya Tuhan dalam hidup saya bahwa segalanya adalah anugerah atau pemberian Tuhan bagi saya
    🙏🙏🙏

    BalasHapus
  85. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  86. Yang harus saya latih dari kitab Pengkhotbah adalah Saya harus menjadi orang yang semangat dalam hal apapun dan keadaan, bahkan kondisi apapun untuk melayani Tuhan. Amin. GBU ❤️😇

    BalasHapus
  87. Didalam diri seseorang harus menguasai dirinya, supaya dirinya

    BalasHapus
  88. Yang mau saya latih dam diri saya ya itu penguasaan diri,karena yang saya ingin menjadi orang bijak,dan mau dibentuk untuk menjadi indah

    BalasHapus
  89. Yang harus saya lakukan yaitu menguasai diri, karna didalam penguasaan diri maka ksaya akan lebiih berhati-hati lagi dalam melakukan segala sesuatunya

    BalasHapus
  90. Semua akan indah ketika kita dapat menguasai diri, penguasaan diri memang tidak mudah. Seperti contohnya
    Sabar dalam menghadapi semua hal yang terjadi twtapi ketika kita dapat mengendalikan diri maka kita pun pasti dapat sabar, maupun orang menyakiti kita sekalipun tapi karna kita dapat menguasai diri maka sabar pun dapat kita praktekan dalam diri kita 🙏

    BalasHapus
  91. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  92. Perlunya latihan yang saya lakukan..adalah tunduk dan menguasai diri,ini adalah sikap yang harus kita miliki bersama bagi orang yang cinta Tuhan.

    BalasHapus
  93. Seorang pengkhotbah harus:

    a. Jangan Menyerah

    b. Berbeda

    c. Semangat

    d. Penguasaan Diri

    e. Sadar (Jangan Menunda Waktu)

    BalasHapus
  94. " To get the Better life is "
    1. Never give Up, maybe you have a problem in your life but still believe that's God Always Help you and Love's you. So never give up, keep on fire to do the bets things's in your life .

    BalasHapus
  95. " Sadar"
    Don't Waste your time doing nothing! Make sure use your time To works and pursue your goals.

    BalasHapus
  96. 1.penguasaan diri
    2.mengenal
    3.jangan menyerah
    4. berbeda
    5.terbuka

    BalasHapus
  97. Perlu di perhatikan setiaap seseorang menguasai dirinya sendiri di dalam hidup ini, tidak melenceng....

    BalasHapus
  98. Bagaimana cara kita mengucapkan perkataan kita itulah masa depan kita. Banyak lah kita mengucapkan perkataan berkat agar masa depan kita penuh dengan berkat. Dan setiap orang hebat tidak memikirkan perkara yang sia², melainkan terus berjuang dan tidak menunda-nunda. GBU 😇. Maaf telat pak - 12 Maret 2024

    BalasHapus
  99. Shalom STAPIN, apa kabar semuanya, disayang Tuhan, disayang Tuhan, disayang Tuhan.

    BalasHapus
  100. Tuhan Yesus memberkati Stapin Majalengka

    BalasHapus
  101. Mazmur dibagi menjadi 5 bagian:

    1. Hubungan manusia & ciptaan dengan Tuhan (pasal 1-41)

    2. Hubungan Bangsa Israel dengan Tuhan (pasal 42-72)

    3. Bait Allah & takhta Tuhan (pasal 73-89)

    4. Perjalanan iman manusia dalam hidup di dunia (pasal 90-106)

    5. Ucapan syukur kepada Tuhan atas firman-Nya pada manusia (pasal 107-150)

    BalasHapus
  102. STAPIN Majalengka selalu di hati kami

    BalasHapus
  103. MANTAP STAPIN 2024 - KITAB PUISI

    BalasHapus
  104. Kita perlu tahu bahwa Tuhan atau pun iblis tidak dapat bekerja di dalam hidup kita jika kita tidak mengijinkannya? Firman Tuhan katakan di dalam Titus 2:11, “Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.”

    BalasHapus
  105. Tuhan Yesus memberkati STAPIN Majalengka, diberkati, diberkati, diberkati Tuhan.

    BalasHapus
  106. Yakobus 1:17 dengan jelas mengatakan, “Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran

    BalasHapus
  107. ini lagu favoritku
    "MENGENAL-MU"
    Bila kubuka mataku dan lihat wajahMu
    Kuterkagum
    Bila kulihat hidupku dan karya tanganMu
    Kutersanjung

    Karena semua yang baik dalam hidupku
    Itulah karyaMu
    Kau beri kesempatan yang baru

    Dan ku ingin mengenalMu Tuhan
    Lebih dalam dari semua yang kukenal
    Tiada kasih yang melebihiMu
    Ku ada untuk menjadi penyembahMu
    Bila kubuka mataku dan lihat wajahMu

    BalasHapus
  108. Lagu kesukaan itu Pertolongan mu

    Liriknya Hatiku tenang berada dekat mu kau lah Jawaban hatiku
    Hatiku tenang berada dekat mu kau lah peliharan hidupku
    Pertolongan mu begitu ajaib kau telah memikat hati ku
    Disaat aku tak sanggup lagi disitu tangan mu bekarja

    Pertolongan mu bergitu ajaib kau telah memikat hati ku
    Kini mata ku tertuju pada mu
    Kurasakan kasih mu Tuhan

    BalasHapus
  109. Lagu favorite saya:
    *Tiada yang lain*
    Selain Kau tiada yang lain
    Hanya Kau milikku di Surga
    Sekalipun dagingku lenyap
    Hatiku lelah tak berdaya

    Kusembah Engkau Allah yang perkasa
    Kusanjung tinggi namaMu di hidupku
    Tuhan tiada yang lain
    Hanya Kau satu di hatiku

    Tuhan memberkati😇

    BalasHapus
  110. AnugerahMu mempesona ku

    Verse: Tuhan Kau sungguh besar KaryaMu sungguh ajaib Tiada hentinya ku mengagumi Sungguh Kau ajaib

    Chorus: Ku mau s'lalu bersyukur kepada-Mu Tuhan Anug'rah-Mu mempesonaku Selalu dan selalu Kau angkat hatiku Kau membuatku berharga di mata-Mu
    Bridge Ku berharga di mata-Mu Tuhan Anug'rah-Mu cukup bagiku

    BalasHapus
  111. Ini lagi Favorit saya.
    BAPA SENTUH HATIKU
    Betapa kumencintai
    Segala yang tlah terjadi
    Tak pernah sendiri jalani hidup ini
    Selalu menyertai
    Betapa kumenyadari
    Di dalam hidupku ini
    Kau slalu memberi rancangan terbaik
    Oleh karena kasih
    Bapa sentuh hatiku
    Ubah hidupku menjadi yang baru
    Bagai emas yang murni
    Kau membentuk bejana hatiku
    Bapa ajarku mengerti
    Sebuah kasih yang selalu memberi
    Bagai air mengalir
    Yang tiada pernah berhenti

    BalasHapus
  112. Ini lagu favoritku
    "KUASA SALIBMU"
    Ada tempat yang mulia
    Anugrah-Mu tercurah
    Kau berikan hidupMu
    S'bagai ganti dosaku
    Lebih dari yang kukira
    Pengampunan yang kutrima
    Kasih Yesus yang abadi
    Mengalir di kalvari
    Oleh karna salib-Mu
    Seluruh hidupku milik-Mu, Tuhan
    Darah-Mu sucikanku
    Kuasa salib-Mu pulihkanku
    Lebih dari yang kukira
    Pengampunan yang kutrima
    Kasih Yesus yang abadi
    Mengalir, mengalir di kalvari
    Oleh karna salib-Mu
    Seluruh hidupku milik-Mu, Tuhan (Seluruh hidupku, Tuhan)
    Darah-Mu sucikanku (Darahmu)
    Kuasa salib-Mu pulihkanku
    Oleh karna salib-Mu
    Seluruh hidupku milik-Mu, Tuhan (Seluruh hidupku)
    Darah-Mu sucikanku (Darahmu)
    Kuasa salib-Mu pulihkanku
    Oleh karna salib-Mu (SalibMu, Tuhan)
    Seluruh hidupku milik-Mu, Tuhan (MilikMu, Tuhan)
    Darah-Mu sucikanku
    Kuasa salib-Mu pulihkanku
    Kuasa salib-Mu (Kuasa salibMu)
    Pulihkanku

    BalasHapus
  113. Ini adalah pujian yang selalu saya nyanyikan dan mengingatkan saya setiap waktu sehingga menjadi lagu favorit saya
    Judul: Tuhan punya cara (Angel Pieters)

    Takkan kuragu Tuhan
    JanjiMu yang menghidupkanku
    Hanya padaMu Tuhan
    Ku berseru
    Dan mataku
    Tertuju padaMu
    Kau slalu punya cara untuk menolongku
    Kau slalu punya jalan keajaibanMu
    Kau dahsyat dalam segala perbuatanMu
    Dan ku tenang di dalam caraMu

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbedaan kudus dan suci:
      kudus = dipisahkan
      suci= dibersihkan

      Hapus
  114. Lagu kesukaan Smith:
    Ku diberi kuasa dari Raja mulia
    Menaklukkan musuh di bawah kakiku
    Kupakai kuasa dari Raja mulia
    Bila Allah ada bersamaku siapa jadi lawanku
    Sungguh besar Kau Tuhanku
    Engkau perisai hidupku
    Ku berdiri dengan iman
    Iman dalam Yesus Tuhan
    Kau yang memb'ri kemenangan
    Ku bersorak merayakan
    Terpujilah Engkau Raja s'gala raja
    Ku diberi kuasa dari Raja mulia
    Menaklukkan musuh di bawah kakiku
    Kupakai kuasa dari Raja mulia
    Bila Allah ada bersamaku siapa jadi lawanku
    Bila Allah ada bersamaku siapa jadi lawanku
    Bila Allah ada bersamaku siapa jadi lawanku
    Sungguh besar Kau Tuhanku
    Engkau perisai hidupku
    Ku berdiri dengan iman
    Iman dalam Yesus Tuhan
    Kau yang memb'ri kemenangan
    Kubersorak merayakan
    Terpujilah Engkau Raja s'gala raja
    Sungguh besar Kau Tuhanku
    Engkau perisai hidupku
    Ku berdiri dengan iman
    Iman dalam Yesus Tuhan
    Kau yang memb'ri kemenangan
    Kubersorak merayakan
    Terpujilah Engkau Raja s'gala raja
    Sungguh besar Kau Tuhanku
    Engkau perisai hidupku
    Ku berdiri dengan iman
    Iman dalam Yesus Tuhan
    Kau yang memb'ri kemenangan
    Kubersorak merayakan
    Terpujilah Engkau Raja s'gala raja
    Terpujilah Engkau Raja s'gala raja
    Terpujilah Engkau Raja s'gala raja

    BalasHapus
  115. Lagu kesukaan saya adalah marolop-olop tondikki
    lagu ini memiliki makna yaitu,bahwa roh kita harus menyala-nyala dalam melayani Tuhan,bahwa hidup kita sudah ditebus Tuhan,dan kit kan senang ketika tibasaatnya kita suatu saat nanti berjumpa dengan Tuhan

    Marolopolop tondingki, ai naung ditobus Jesus i
    Hamu sude bege ma i, sail as rohangku mandok i
    Sonang ni tingki i, dung jumping Jesus Tuhanki
    Tondina mangajari au, tarbaen marlas ni roha au
    Sonang ni tingki i, dung jumping Jesus Tuhanki

    Dihaol holongna rohangki, tung na so boi be mago i
    Matana do manatap au, pinggolna tumangihon au
    Sonang ni tingki i, dung jumping jesus Tuhanki
    Tondina mangajari au, tarbaen marlas ni roha au
    Sonang ni tingki i, dung jumping Jesus Tuhanki

    Tu Jesus sahat ngolungki, saleleng ni leleng na i
    Rap dohot au endehon ma, endekku na imbaru da
    Sonang ni tingki i, dung jumping Jesus Tuhanki
    Tondina mangajari au, tarbaen marlas ni roha au
    Sonang ni tingki i, dung jumping Jesus Tuhanki

    O rohangki sai tahan ma, sitobus ho ihuthon ma
    Ima tutu nang mate ho, tu surgo do ditogu ho
    Sonang ni tingki i, dung jumping Jesus Tuhanki
    Tondina mangajari au, tarbaen marlas ni roha au
    Sonang ni tingki i, dung jumping Jesus Tuhanki
    Dung jumpang Jesus Tuhanki
    Dung jumpang Jesus Tuhanki
    Dung Jumpang Jesus Tuhank
    ................................................................................................................
    Tuhan Yesus memberkati....................shalom.................

    BalasHapus
  116. Lagu faforitkuku:

    Bila ku buka mataku dan lihat wajahMu kuterkagum
    Bila kulihat hidupku dan karya tanganMu kutersanjung
    Karena semua yang baik dalam hidupku, itulah karyaMu
    Kau b'ri kesempatan yang baru
    Dan ku ingin mengenalMu
    Tuhan lebih dalam dari s'mua
    yang kenal
    Tiada kasih yang melebihiMu
    Kuasa untuk menjadi
    penyembahMu

    BalasHapus
  117. Ini lagu favorit saya😇
    Mahkota Kehidupan 👑
    Tak akan pernah kusesali
    Mengiring Yesus sepanjang hidupku
    Lewati lembah air mata
    Kusaksikan kemuliaanMu dinyatakan
    Berapapun harga yang harus kubayar
    Kukan tetap setia
    Tak akan pernah kusesali
    Mengiring Yesus sepanjang hidupku
    Lewati lembah air mata
    Kusaksikan kemuliaanMu dinyatakan
    Berapapun harga yang harus kubayar
    Kukan tetap setia

    BalasHapus
  118. Lagu favorit Johandra Duney :AnugrahMu kepadaku tak pernah berubah


    PerbuatanMu terlukiskan di dalam hatiku


    Tercengangku dibuatMu, kagum padaMu


    Tak ada hal di hidupku terluput dariMu


    Kau indah, Kau mulia, tiada sepertiMu


    Ku ingin hidupku menyenangkanMu





    Verse 2


    Kau terawal dan terakhir, pencipta sgalanya


    Sluruh bintang pun bersinar oleh ucapanMu


    Engkau pun mengasihiku, penulis hidupku


    Tak henti segnap nafasku menyembahMu slalu


    Kau indah, Kau mulia, tiada sepertiMu


    Ku ingin hidupku menyenangkanMu





    Chorus


    Sgala puji, sgala hormat


    Segnap hatiku menyembahMu


    Terimalah segnap hidupku

    Sbagai persembahan yang hidup

    BalasHapus
  119. lagu favorite saya:

    ENGKAULAH KEKUATANKU

    ENGKAULAH KEKUATANKU
    TEMPAT PERLINDUNGANKU
    SAAT BADAI MENERPA
    AKU TAK AKAN GOYAH
    AKU TAK AKAN GOYAH
    S'BAB KAU SERTAKU

    REFF:
    SEJAUH LANGIT DARI BUMI
    BEGITU BESARNYA KASIH-MU
    PENUHI HATI KAMI YANG RINDU
    MENYEMBAHMU, YESUS

    SEJAUH LANGIT DARI BUMI
    BEGITU BESARNYA KASIH-MU
    KAULAH TUHAN, KEKUATANKU
    SUKACITAKU

    BalasHapus
  120. Tiada pernah kuragukan
    Kasih setia-Mu ya Tuhan
    Setiap waktu dalam hidupku
    Tak pernah Kau tinggalkan
    Meski langit tampak suram
    Awan gelap pun menghadang
    Hadapi badai lewati gelombang
    Tak pernah Kau tinggalkan diriku
    Walau seribu rebah di sisiku
    Kau tetaplah Allah penolongku
    Walau sepuluh ribu rebah di kananku
    Takkan kugoyah sebab Yesus sertaku

    BalasHapus
  121. Aku mencintai mu Yeremia dan IGe dari Alfa sampai Omega selalu tak pernah never❤️ by DN

    BalasHapus
  122. "Semakin mencintaimu Smith dan Yopi dari alfa sampai omega, selalu always dan tak pernah never"

    BalasHapus
  123. Semakin mencintai Grace Bawole & Jefry Rawung dari Alfa-Omega selalu always tak pernah never🤍

    BalasHapus
  124. Semakin mencintaimu Ayah dan Ibu dari Alfa sampai omega selalu always dan tak pernah never🙏🙏

    BalasHapus
  125. Semakin mencitaimu dari alfa sampai omega selalu always dan tak pernah never ☺️
    Pp. Martinus haurissa
    Mm.Pertrosina haurissa
    Bpk.Nehemia pasaribu

    BalasHapus
  126. Semakin mencintaimu dari Alfa dan omega selalu always tak perna never:bapak Nehemia Henny,Niken,Rina,meta,micel.sally,rut,Jeane,tasya

    BalasHapus
  127. semakin mencintaimu dari alfa dan omega selalu always dan tak pernah never

    BalasHapus
  128. Semakin mencintai mu Smith Mumulati, Jeane Angelia Hutasoit, Michelle Rawung, Stars Generation dari Alfa sampai Omega, selalu always tak pernah never.

    BalasHapus
  129. Semakin mencintaimu Yesus, Rajaku dari Alfa sampai omega, selalu always tak pernah never

    BalasHapus
  130. Semakin mencintaumu sari alfa sampai omega selalu always dan tak pernah never ❤️
    Pp. Martinus haurissa
    Mm. Petrosina haurissa
    Bpk. Nehemia pasaribu

    BalasHapus
  131. Semakin mencintaimu dadyy nehemia, semua tingkat 3, keluargaku, dan Dia YESUSKU❤️

    BalasHapus
  132. aku mengasihi dan mencintai saudara-saudara ku tingkat 3
    1,pak nehemia
    2.ibu reka
    3.ibu misel
    4,ibu saly
    5.ibu meta
    6,ibu niken

    BalasHapus
  133. Semakin mencintaimu nehemia pasaribu, my family and stars generation dari alfa sampai omega
    Selalu always dan tak pernah never

    BalasHapus
  134. Semakin mencintaimu Dari Alfa sampai omega selalu always dan tak pernah never.

    Metanoia
    Dan satu kelas

    BalasHapus
  135. Tentu Anda setuju dengan saya bahwa YESUS telah datang ke dunia 2000 tahun lalu untuk menebus dosa seluruh dunia (Yohanes 1:29) dan membawa pendamaian antara Bapa dengan manusia (2 Korintus 5:19, Kolose 1:20). Melalui YESUS, Bapa telah memberikan keselamatan bagi semua orang.

    BalasHapus
  136. Tipologi Kristus dalam kitab Amsal. Di mana kebajikan digambarkan sebagai seseorang dan ditampilkan dengan sempurna.

    BalasHapus
  137. Bila suatu hari nanti aku berhasil aku akan memberikan Pak Nem Tiket ke Israel🤍

    BalasHapus
  138. bila suatu hari nnti aku akan memberikan yang spesial untuk pak nem

    BalasHapus
  139. Bila suatu hari nanti aku berhasil, aku akan memberi hatiku kepada Pak Nem. By Doni

    BalasHapus
  140. Bila suatu hari nanti aku berhasil, maka aku akan memberikan bapak Nehemia pajero dan tiket pesawat datang ke Sumba

    BalasHapus
  141. Bila suatu hari nanti aku berhasil, aku akan memberikan Nehemia Pasaribu M.Th kopi yang paling enak dari hasil kafe pertamaku

    BalasHapus
  142. Bila suatu hari nanti aku berhasil .aku akan memberikan suatu cerita yang nyata kepada keluargaku.(Dosen terbaik)

    BalasHapus
  143. Bila suatu hari nanti aku berhasil aku akan memberikan Bapak Nehemia liburan bersama suamiku

    BalasHapus
  144. Bila suatu hari nanti aku berhasil aku akan memberikan Nehemia uang Rp. 2 000 000.

    BalasHapus
  145. Bila suatu hari nanti aku berhasil aku akan memberikan Pak Nehemia Pasaribu Hadiah spesial yang sedang trend di masa itu. GBU ❤️😇

    BalasHapus
  146. Bila suatu hari nanti kalau aku sukses aku agak mengajak bapak Nehemia makan ke restoran yang paling mewah

    BalasHapus
  147. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar