STAPIN 2024 - PELAYANAN REMAJA PEMUDA

PELAYANAN REMAJA DAN PEMUDA

Baca dan Renungkan: 1 Korintus 13:11; 1 Korintus 15:33 ; 1 Korintus 6:19 ; 1 Korintus 3:16; Mazmur 119:9; Roma 12:2. 1 Korintus 15:58, Kisah Para Rasul 2:41,47; Yosua 24:14-28; 1 Korintus 9:27; 2 Korintus 5:17, Amsal 23:18; Kolose 3:23

Masa remaja/pemuda adalah masa yang paling indah karena memiliki banyak kesempatan untuk bertumbuh dan beraktivitas. Namun, juga membawa banyak persoalan bagi pembentukan identitas diri seseorang.

Oleh karena itu remaja/pemuda membutuhkan pendampingan, pengajaran dan bimbingan iman supaya mampu bertahan menghadapi tantangan dan berbagai persoalan hidup. 

Pergaulan masa kini banyak yang telah menyimpang dari kehidupan yang tidak sesuai nilai-nilai Kristiani, remaja/pemuda Kristen perlu memiliki pondasi yang kuat dari firman Tuhan agar tidak ikut terjebak dengan pergaulan yang kurang baik. Untuk itu remaja perlu memiliki konsep diri yang positif tentang dirinya sendiri, agar tidak mudah terpengaruh oleh kehidupan yang menjurus pada pelanggaran akan firman Allah. 

Bertumbuh menjadi seorang remaja/pemuda di dalam perubahan zaman seperti saat ini adalah sesuatu yang cukup sulit. Mengingat ada hal-hal baik dan buruk bercampur menjadi satu. Perubahan zaman yang dimaksudkan adalah adanya pergeseran atau perubahan dari apa yang terjadi pada zaman/masa dahulu dengan apa yang terjadi pada masa sekarang. Terutama menyangkut perubahan yang terjadi dalam masyarakat. 

Perubahan ini dikenal sebagai perubahan sosial.

1. Gaya Hidup Konsumtif

2. Gaya Hidup Materialisme

3. Gaya hidup Permisif (Serba boleh)

Setiap orang perlu melakukan perubahan dalam hidupnya seiring dengan perubahan yang terus berlangsung, karena apabila manusia tidak melakukan perubahan dalam hidupnya, maka besar kemungkinan dia tidak akan mampu bertahan menjalani hidup ke arah yang lebih baik. (menjadi berkat)

Mengenai hal-hal bodoh yang pernah remaja/pemuda lakukan, tidak ada nasihat selain segera perbaiki, bangkit dari kejatuhan dan jadi lebih baik di masa mendatang. 

Mengenai hal-hal baik yang remaja/pemuda lakukan, gali dan kembangkan. Sebab segala sesuatu yang baik yang dilakukan di dalam Tuhan akan menjadi dampak luar biasa bagi banyak orang jika ditekuni. 

Mengubah kebiasaan-kebiasaan yang salah. Dimulai perubahan hidup dengan cara mengubah apa yang didengar dan dilihat. Pastikan banyak mendengar dan melihat hal-hal yang berhubungan dengan kebenaran firman Tuhan. Hanya tinggal di dalam kebenaran yang dapat mengubah hidup ini. 

Peranan gereja amat penting sebagai sarana pendidikan iman dan pembentukan karakter kristiani dalam diri remaja/pemuda. Oleh karena itu, remaja/pemuda tidak boleh menjauhkan diri dari persekutuan jemaat, dari ibadah dan berbagai kegiatan positif yang ada dalam gereja. Melalui berbagai aktivitas dalam gereja, remaja/pemuda memperluas jaringan pertemanan dan memperoleh dukungan dan topangan doa dari persekutuan jemaat.

Aktivitas dalam gereja juga membuka akses komunikasi yang lebih luas bagi remaja/pemuda. Gereja hadir di dunia untuk memberitakan kabar baik oleh karena itu mendekatkan diri pada gereja dan pelayanannnya, ikut serta dalam berbagai bentuk pelayanan memberi kesempatan pada remaja/pemuda untuk terus bertumbuh menjadi pribadi yang dewasa dalam segala aspek.

Ibadah, berdoa, dan membaca Alkitab merupakan napas hidup orang beriman. Sebagai napas hidup, tiga hal itu merupakan penopang utama bagi kehidupan orang beriman. 

Melayani di gereja berarti melayani semua orang yang percaya kepada Kristus. Melayani di gereja dapat kita lakukan dengan berbagai cara yaitu mempersembahkan talenta kita, misalnya ikut aktif menyanyi dalam kelompok paduan suara, bermain drama, mendoakan teman, rajin ke gereja, saling memperhatikan dan menjaga kesatuan dalam jemaat. Yang paling penting, melayani di gereja haruslah dilakukan dengan sukacita dan hati tulus. 

Pelayanan merupakan suatu kegiatan untuk mengekspresikan cinta kasih kepada Allah dan sesama. Sebagai bentuk cinta kasih kepada Allah dan sesama, maka kita perlu mengekspresikan dan meresponnya dengan mengambil bagian dalam pelayanan

Pelayanan yang sesungguhnya ialah dimana remaja/pemuda dapat sesuatu hal yang baru dalam setiap pertemuan dan tugas mereka bukan hanya sekedar pendengar, melainkan melalui pemuridan dan pengajaran yang telah diajar mengenai Firman Tuhan, mereka dapat belajar menyampaikan kabar baik serta menjadi pelaku Firman tersebut.

Peran remaja/pemuda dalam gereja.

1. Mengambil bagian dalam kegiatan pelayanan gereja Remaja/Pemuda dapat dilibatkan dalam pelayanan gereja sebagai pemain musik, petugas kolekte, singer/pemimpin nyanyian jemaat, dan lain sebagainya. Selain itu, dapat dilibatkan sebagai pemimpin pujian di ibadah sekolah minggu serta dapat didorong untuk mengikuti persekutuan dan memimpin persekutuan yang dilakukan di rumah-rumah jemaat. 

2. Sebagai agen penggerak tubuh Kristus yang bertumbuh Sebagai remaja/pemuda yang telah dibina dan bertumbuh dengan baik, maka akan menghasilkan remaja/pemuda yang dewasa secara rohani. Diberi tempat untuk ikut memberi masukan bagi perkembangan gereja, misalnya ikut diundang dalam rapat-rapat gereja untuk memberikan ide-ide yang baik bagi kemajuan gereja.

3. Sebagai generasi penerus masa depan gereja Masa remaja/pemuda dikatakan sebagai masa-masa emas di mana remaja/pemuda akan menjadi pemimpin dan memberi pengaruh kepada gereja, terutama menjadi teladan bagi yang lain.

4. Menjadi saksi Kristus Remaja/Pemuda yang terbentuk atau terbimbing dengan baik dapat diutus menjadi saksi Kristus di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk bertemu dengan yang lainnya, terutama dalam kemajuan teknologi yang memungkinkan mereka terhubung lebih cepat dengan banyak orang

Masa depan fondasi gereja ada pada remaja/pemuda. Untuk menghasilkan remaja yang kuat dan teguh, maka remaja/pemuda akan diperhadapkan dalam berbagai tantangan baik dari luar maupun dalam.

Berikut dibawah ini diuraikan kedua tantangan tersebut.

1. Tantangan dari Luar

a. Teknologi 

Sebagai remaja/pemuda yang terkena dampak dari teknologi yang semakin canggih, tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi akan memberi manfaat yang positif dan dampak yang negatif. Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, gereja harus memiliki strategi pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan seperti membuat renungan online yang melalui media sosial, melakukan ibadah PA bersama melalui aplikasi online terutama bagi remaja/pemuda yang tinggal jauh dari gereja.

b. Lingkungan 

Lingkungan sosial memegang peranan besar dalam membentuk karakter dan pola hidup remaja. Dalam lingkungan gereja yang nyaman, dapat memiliki komunitas yang berani tampil beda dengan menunjukkan moral, sikap, dan relasi sosial yang mencerminkan nilai-nilai kebenaran firman Tuhan.

2. Tantangan dari Dalam

a. Gereja tidak lagi menjunjung tinggi otoritas Alkitab 

Dalam perkembangan waktu yang ada, fungsi gereja perlahan-lahan mengalami perubahan, terlihat dari setiap program kegiatan yang lebih banyak melakukan kegiatan sosial dan khotbah yang hanya sekedar menyenangkan telinga jemaat. Karena itu remaja tidak mengalami pengajaran yang berbobot. Gereja perlu mengajar remaja melalui pemuridan untuk memiliki hidup dalam firman Tuhan dan meneladani Kristus.

b. Gereja tidak tanggap terhadap kemajuan teknologi. 

Di tengah kemajuan teknologi yang semakin canggih, gereja sering merasa bahwa kemajuan teknologi tidak perlu diadopsi sehingga hal tersebut berdampak pada ketidaktertarikan remaja untuk bersekutu.

Sebagai generasi yang melek teknologi, teknologi merupakan salah satu cara yang sangat cocok untuk melibatkan remaja dalam pelayanan gereja seperti menggunakan media sosial atau aplikasi online untuk PA, adanya program membaca Alkitab melalui Alkitab audio, serta membuat tampilan animasi, klip atau video ilustrasi melalui aplikasi online. 

Gereja perlu menciptakan hal-hal yang membuat remaja/pemuda tidak merasa bosan dan jenuh. Melalui system pendekatan yang kontekstual, maka gereja memiliki peluang yang besar untuk menjangkau setiap remaja/pemuda untuk melakukan kontekstualisasi dalam pelayanan, seperti musik, dan multimedia, olahraga, komunitas dan kelompok kecil dalam gereja dan masyarakat.

Pemuridan merupakan suatu proses. Proses ini secara sengaja dilakukan oleh orang percaya dalam jangka waktu yang cukup lama. Pemuridan dapat dilakukan secara pribadi dengan cara membagikan pengalaman-pengalaman rohani yang pernah dialami oleh satu individu. Pemuridan kontekstual merupakan satu produk pemuridan yang disebut Kelompok Sel (Komsel) pemuridan kontekstual merupakan pemuridan dengan mengedepankan pertimbangan konteks sebagai kajian utama.   

Konteks yang dimaksudkan adalah baik konteks Alkitab maupun konteks pemuridannya. Gol utama dari Komsel adalah membawa setiap mereka yang dimuridkan untuk tumbuh hingga kedewasaan sampai serupa Yesus. Komsel memiliki andil untuk mendorong dan melengkapi orang percaya dengan pemahaman Alkitab secara kontekstual. Pemuridan ini juga dapat menjadi pengawas bagi kehidupan orang percaya untuk dapat hidup dalam ketaatan yang sepenuhnya hidup dalam kebenaran firman Tuhan. 

Komunitas untuk bertumbuh. Komunitas, tempat remaja/pemuda menghabiskan waktu, sangat menentukan akan menjadi orang-orang seperti apa di masa mendatang. Pilihlah komunitas dan pergaulan yang benar.

Komunitas yang merupakan kumpulan dari para anggotanya yang memiliki rasa saling memiliki, terikat diantara satu dan lainnya dan percaya bahwa kebutuhan para anggota akan terpenuhi selama para anggota berkomitmen untuk terus bersama-sama.

Remaja/Pemuda membutuhkan komunitas dimana mereka merasa nyaman dan senang disetiap kegiatan yang diadakan di dalam komunitas tersebut.

Remaja/Pemuda dalam tiga kelompok:

1. Tipe pengembara

Mereka meninggalkan gereja tetapi masih menganggap dirinya orang Kristen. Tidak datang ke gereja juga tidak beribadah di gereja. Mereka merasa bahwa gereja tidak mampu merespons kebutuhan dan persoalan mereka.

2. Tipe Anak yang hilang.

Mereka yang benar-benar meninggalkan gereja, menghilang dari gereja dan kehilangan iman. Mereka menggambarkan diri sebagai "bukan lagi Kristen." Mereka adalah anak terhilang yang merasa jenuh dengan birokrasi gereja dan berbagai aturan konvensional.

3. Tipe orang buangan.

Mereka yang menjadi orang buangan masih menanamkan keyakinan dalam iman Kristen tetapi merasa terjebak (atau tersesat) antara budaya dan gereja. Mereka keluar dari bentuk komunitas Kristen konvensional namun tidak menolak agama Kristen. 

Mereka terus memupuk iman namun tidak bergereja. Kelompok ini menghilang dari gereja dan kelak akan kembali (Ketika menikah?). Bercermin dari hasil penelitian ini, meskipun konteksnya di Amerika, namun ada tipikal yang mirip dengan sikap kaum muda diberbagai tempat. Hal itu cukup mengkhawatirkan. 

Fakta ini menunjukkan bahwa perubahan tengah terjadi dan gereja harus mengubah model pendekatan terhadap kaum muda termasuk kaum milenial. Bahkan sekarang dikenal dengan istilah “digital Native” artinya generasi digital yang lahir pada tahun 1990-an. Hidup mereka amat bergantung pada alat-alat digital dan hal itu mempengaruhi cara berpikir mereka

Disiplin merupakan sikap hidup yang harus dijadikan sebagai kebiasaan hidup dan bukan hanya menyangkut ketaatan. Jika dijadikan pembiasaan hidup, maka akan dilakukan secara konsisten kapan dan dimana pun kamu berada. Penerapan disiplin membutuhkan didikan dan latihan supaya disiplin dapat menjadi pembiasaan hidup. 

Disiplin merupakan aspek penting dalam kehidupan. Melalui disiplin remaja/pemuda membangun karakter dan kepribadiannya. Hidup disiplin merupakan salah satu wujud ketaatan pada Tuhan. 

Remaja/pemuda yang menerapkan hidup disiplin adalah yang menghargai waktu dan kehidupan yang Allah anugerahkan padanya. Hidup disiplin menyenangkan diri sendiri dan orang lain yang memiliki relasi atau hubungan dengan sesama. Dibutuhkan keteguhan hati untuk terus menjadikan disiplin sebagai kebiasaan hidup. 

Orang yang disiplin memiliki kemampuan untuk berkonsentarsi, fokus pada tujuan hidupnya serta konsisten dalam mencapai tujuan hidupnya.

Fungsi Disiplin:

1. Untuk menata kehidupan bersama

Demi terwujudnya proses belajar baik dan berkualitas, sehingga tiap orang paham apa hak dan kewajibannya dan bagaimana melaksanakannya.

2. Membangun kepribadian

Kepribadian (menyangkut sikap, tingkah laku, dan perkataan) seseorang turut ditentukan oleh lingkungan di mana ia hidup dan bertumbuh, membawa pengaruh positif bagi pembentukan kepribadian seseorang.

3. Melatih kepribadian

Kepribadian terbentuk melalui latihan dan disiplin dan itu tidak dapat terbentuk dalam 1 atau 2 tahun melainkan bertahun-tahun, karena itu dibutuhkan waktu yang lama untuk menanamkan disiplin bagi pembentukan kepribadian seseorang.

4. Unsur paksaan

Faktor yang mendorong terbentuknya disiplin adalah dorongan dari dalam diri, namun dalam rangka mewujudkan disiplin ada juga dorongan dari luar diri, yaitu paksaan karena sesuatu merupakan aturan, mau tidak mau harus dijalani, jika tidak maka seseorang akan berhadapan dengan sanksi dan hukuman. Jadi, salah satu fungi disiplin adalah memaksa seseorang untuk hidup menurut aturan yang berlaku.

5. Hukuman

Aturan  jika tidak dijalankan atau ditaati ada sanksi atau hukuman yang harus diterima. Peran hukuman atau sanksi amat penting sebagai pendorong agar peserta didik mau melaksanakan tata tertib dan aturan yang berlaku.

6. Menciptakan lingkungan yang kondusif

Disiplin menyebabkan kehidupan menjadi tertib dan pada akhirnya tercipta lingkungan yang kondusif di tiap lembaga. Dapat tercipta situasi yang kondusif bagi semua penghuni karena tata tetib dan peraturan dijalankan dengan baik.

Tujuan Disiplin adalah: Mendidik anak supaya anak dengan mudah:

1. Mengetahui pengetahuan dan pengertian sosial mengenai hak milik orang lain.

2. Mengerti larangan-larangan dan segera menurut untuk menjalankan kewajibannya.

3. Mengerti tingkah laku yang baik dan yang buruk.

4. Belajar mengendalikan keinginan dan berbuat sesuatu tanpa merasa terancam oleh hukuman.

Tri Pusat Pendidikan:

a. Pendidikan dalam konteks keluarga (Hubungan)

b. Pendidikan dalam konteks gereja (Pelayanan)

c. Pendidikan dalam konteks sekolah (Kehidupan)

Komentar

  1. Harapan saya di pelajaran ini, untuk saya bisa ada perubahan dari dalam diri saya melalui materi yg akan saya pelajari, sehingga saya memiliki upgrade diri dan terus menjadi lebih baik.

    BalasHapus
  2. Harapan saya didalam materi ini adalah, Menjadi pelayan didalam Tuhan dan menjadi pemuda untuk memenangkan jiwa² yang belum mengenal kebenaran Firman Tuhan dan Tujuan saya untuk melayani Tuhan dengan keadaan apapun saya tetap bersiap dan tetap bertahan didalam pelayanan {GOD IS GOOD}๐Ÿ™๐Ÿป✝️✝️

    BalasHapus
  3. harapan saya dengan belajar dengan pelajaran ini adalah saya semakin mendapatkan banyak perubahan lewat setiap tahapan pelajaran yang saya pelajari

    BalasHapus
  4. Semoga dengan mempelajari ini saya bisa memberi diri sepenuhnya di dalam Tuhan, tetap setia dalam melayani tuhan.

    BalasHapus
  5. harapan saya di pelajaran ini adalah bisa tambah banyak wawasan yang saya dapat

    BalasHapus
  6. harapan saya dengan pembelajaran ini adalah saya ingin menjadi lebih dewasa dalam segala hal

    BalasHapus
  7. Harapan saya biar la hati melayani ada pada kita sehingga orang yang kita layani terberkati.Amen

    BalasHapus
  8. Harapan saya kedepan ini agar saya lebih luar biasa lagi dalam melayani Tuhan

    BalasHapus
  9. Harapan saya semoga lebih meningkatkan nilai nilai yang dapat membangun kami Mahasiswa/i stapin majalengka khususnya tingkat 1

    BalasHapus
  10. Harapan saya adalah semoga banyak para remaja jama sekarang yang berkumpul di gerja dan menjadi pelayan tuhan suapaya tidak trrpengaruh oleh pergaulan yang tidak baik

    BalasHapus
  11. Harapan saya di dalam materi ini adalah melayani anak-anak muda dengan belajar mengenal karakter anak-anak muda.

    BalasHapus
  12. Harapan saya dalam materi ini mungkin kita sebagai pemuda sulit untuk mengimplementasikan dalam diri kita tetapi bersama Tuhan kita dapat melakukannya.

    Buat pemuda Tetap semangat๐Ÿ”ฅ๐Ÿ’ช

    BalasHapus
  13. Peranan gereja amat penting sebagai sarana pendidikan iman dan pembentukan karakter kristiani dalam diri remaja.

    BalasHapus
  14. Harapn saya semoga dgn blog berkat Tuhan yg selalu di bagikan bisa dapat membangun setiap iman percaya kita kepada Tuhan

    BalasHapus
  15. Syalom...
    - Mengapa masih ada orang yang banyak orang yg hidup dengan kekuatiran, padahalkan hidup kita diberikan pilihan?

    - Bagaimana cara kita mengatasi rasa kekuatiran?

    - Langkah seperti apa yg harus kita lakukan untuk tidak tetap terus tinggal di zona kekuatiran?

    - bagaimana saya harus memacu firi saya untuk konsisten hidup dekat dengan Tuhan?

    -Pesan Tuhan untuk saya di hari valentine ini?

    BalasHapus
  16. Ada 5 pertanyaan saya sebagai seorang pelajar yaitu;

    1.Apa yang digunakan Tuhan untuk menulis sepuluh perintah di atas loh batu?

    2.Orang benar itu hidup dengan apa?
    a. kerja keras
    b. iman
    c. berkat
    d. hukum

    3.Apa yang dimaksud dengan nubuat menurut Alkitab?

    4.Siapakah nama malaikat yang membawa kabar tentang kelahiran Yesus?

    5.kenpa kita harus berdo, berpuasa,dan baca Alkitab?

    Sekianlah pertanyaan dari saya,Semoga bermanfaat buat kita semua, supaya kita lebih dalam untuk mengetahui isi Alkitab dan lebih paham tujuan dari Firman Tuhan. Syalom ๐Ÿ™๐Ÿป
    {GOD IS GOOD}❤️✝️๐Ÿ™๐Ÿป

    BalasHapus
  17. ada 5 pertanyaan saya

    1.kapan,kenapa dan bagaimana allah menghajar kita ketika kita berdosa?

    2.bagaimanakah saya bisa belajar mempercayai allah?

    3.seperti apakah penyembahan yang benar itu?

    4.bagaimana saya mengetahui jika janji allah di maksudkan untuk saya?

    5.bagaimana saya dapat mengetahui kehendak allah bagi hidup saya?

    sekian pertanyaan dari saya semoga bermanfaat ,tuhan yesus memberkati๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. maka kita harus percaya kepada allah dan mengenal allah agar kita tau

      Hapus
  18. Syhalom
    - Apakah salah kahwatir akan hal wajar?
    Seperti keluarga dan hel' wajar lainya

    -Pesan Tuhan untuk saya kedepanya?

    -Bagaimana cara kita untuk merangkul orang yang hari"nya selalu down?

    -Apakah salah merindukan seseorang dengan berlebihan?

    -seperti apa pertumbuhan Rohani?

    BalasHapus
  19. Shalom...
    1.Bagaimana cara seorang anak muda untuk bisa tumbuh bersama dengan Tuhan?

    2.Cara agar tidak lari dari komitmen?

    3.Melayani dengan benar itu seperti apa?

    4.Mengapa orang selalu berpikir negatif tentang teknologi?

    5.Apa itu gaya hidup konsumtif,metarialisme,dan permisif?

    BalasHapus
  20. Karna di dalam kehidupan yg sekarang banyak sekali anak-anak muda yg kehilangan arah kehidupan mereka.
    Karna kurang nya perhatian dari orang tua . Itu mengapa manusia di sebut mhkl sosial karna kita tdk bisa hidup tanpa orang lain. Jadi peran orang tua sangat penting dalam kehidupan setiap anak. Jdi apa yg di lakukan orang tua itu mendatangkan kebaikan. Tpi kita bisa memilih mana baik nya dan mna buruk nya. Kalo kita miliki orang tua yg hidup dalam Tuhan maka kita akan di bimbing ke jalan yg benar. Jadi lah pemuda yg takut akan Tuhan
    GOD BLESSS YOU๐Ÿ˜‡๐Ÿ™

    BalasHapus
  21. 1.Bagai mana cara nya kita sebagi anak muda membangun pondasi yang kuta dan kokoh dengan TUHAN ?

    2.Bagaimana caranya kita sebgai remaja /anak muda supaya tidak menumpuk iman nya dan mau pergi ke gereja ?

    3.Tahapn tahapan apa atau langkah apa sebagai kita anak muda dan remaja supaya kita tidak menjdai
    Gaya Hidup Konsumtif
    Gaya Hidup Materialisme
    Gaya hidup Permisif (Serba boleh)
    ?
    4.bagai mana cara nya kita mrncegah sebagai anak remaja suapya kita tidak terjebak di lingkungan yang tidak baik ?

    5.point penting apa saya yang kita harus lakukan untuk memba gun kepribadian dan menjalin hubungan dengan Tuhan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban pertanyaan nomer 5.1.tuhan yesus baik
      2.darah yesus mensucikan dosa kita
      3.berdamai dengan diri sendiri
      4.bersyukur

      Hapus
  22. Ada 5 pertanyaan:
    1. Bagaimana mengatasi pemuda yang mudah bosan pada saat mendengar dan membaca Firman Tuhan?
    2.bagaimana caranya gereja itu diminati oleh banyak pemuda?
    3.Mengapa pemuda malas datang ke gereja?
    4.langkah apa yang kita lakukan ketika pemuda kuat makan tapi tidak mau kerja!
    5.apa yang membuat pemuda malas dan lebih banyak tiduran dirumah!

    BalasHapus
  23. Shalom
    -ketika kita mengkhawatirkan sesuatu,apa itu selalu buruk?

    -Bagaimana cara kita menerima kenyataan yang tidak bisa kita ubah?

    -Ketika mengalami kegagalan dalam melakukan sesuatu bagaimana cara kita mengatasi kekhawatiran supaya tetap bisa bersyukur?

    -Bagaimana cara kita mengatasi kekhawatiran,kelemahan, ketakutan yang kita hadapi menjadi kekuatan?

    -Bagaimana cara kita mengontrol emosi dalam menghadapi masalah?

    BalasHapus
  24. Shallom pak
    1. Kenapa masih banyak orang kuatir akan hidupnya?
    2. Bagaimana mengatasi kekuatiran dalam hidup ini?
    3. Kenapa anak mudah sulit di nasehat?
    4. Pesan Tuhan untuk hari ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Orang kuatir itu merasa tidak bisa di berbuat apa-apa dalam hidup.

      Hapus
  25. shalom pak saya mau bertanya

    • bagaimana cara mengayomi anak remaja yang memiliki kepribadian introvert dan susah untuk di ajak bicara dan sulit untuk terbuka dengan orang lain
    • bagaimana cara menyikapi anak.
    remaja yang susah di atur
    • bagaimana cara kita mengayomi anak muda di luar sana yang sudah terlanjur jatuh sehingga terjebak dalam pergaulan yang buruk dan sulit untuk terlepas dari zona itu
    • bagaimana cara menciptakan suasana gereja / youth yang seru sehingga tidak terkesan membosankan bagi anak remaja sekarang
    • mengapa remaja / pemuda lebih nyaman dengan lingkungan yang toxic dari pada berada dalam lingkungan yang dapat membuat pertumbuhan karakternya menjadi lebih baik

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. syalom pak
    1. bagaimana cara membawa seorang remaja yang sudah melakukan pergaulan bebas ke jalan yang benar

    2. apa yang kita lakukan ketika orang yang omongan nya ingin selalu di dengar

    3. etika seperti apa yang harus kita lakukan kepada lawan bicara kita

    4. doa yang layak itu seperti apa?

    5. bagaimana cara mengatasi sifat seseorang yang gampang tersinggung

    BalasHapus
  28. Kalau peranan gereja penting,mengapa banyak anak muda yang sudah terlibat dalam kegiatan gereja pelayanan ,tetapi masih saja jatuh ke dalam doa ?
    - Komunitas yang tepat /sehat

    BalasHapus
  29. Disiplin merupakan aspek penting dalam kehidupan. Melalui disiplin remaja/pemuda membangun karakter dan kepribadiannya. Hidup disiplin merupakan salah satu wujud ketaatan pada Tuhan.

    BalasHapus
  30. Disiplin menyebabkan kehidupan menjadi tertib dan pada akhirnya tercipta lingkungan yang kondusif di tiap lembaga. Dapat tercipta situasi yang kondusif bagi semua penghuni karena tata tetib dan peraturan dijalankan dengan baik.

    BalasHapus
  31. Menjadi saksi Kristus Remaja/Pemuda yang terbentuk atau terbimbing dengan baik dapat diutus menjadi saksi Kristus di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk bertemu dengan yang lainnya, terutama dalam kemajuan teknologi yang memungkinkan mereka terhubung lebih cepat dengan banyak orang

    BalasHapus
  32. Bertumbuh menjadi seorang remaja/pemuda di dalam perubahan zaman seperti saat ini adalah sesuatu yang cukup sulit

    BalasHapus
  33. Sebagai generasi penerus masa depan gereja Masa remaja/pemuda dikatakan sebagai masa-masa emas di mana remaja/pemuda akan menjadi pemimpin dan memberi pengaruh kepada gereja, terutama menjadi teladan bagi yang lain.

    BalasHapus
  34. Ibadah, berdoa, dan membaca Alkitab merupakan napas hidup orang beriman. Sebagai napas hidup, tiga hal itu merupakan penopang utama bagi kehidupan orang beriman.

    BalasHapus
  35. Pendidikan dalam konteks sekolah (Kehidupan)

    BalasHapus
  36. Tri Pusat Pendidikan:

    a. Pendidikan dalam konteks keluarga (Hubungan)

    b. Pendidikan dalam konteks gereja (Pelayanan)

    c. Pendidikan dalam konteks sekolah (Kehidupan)

    BalasHapus
  37. Orang yang disiplin memiliki kemampuan untuk berkonsentarsi, fokus pada tujuan hidupnya serta konsisten dalam mencapai tujuan hidupnya.

    BalasHapus
  38. Remaja/Pemuda membutuhkan komunitas dimana mereka merasa nyaman dan senang disetiap kegiatan yang diadakan di dalam komunitas tersebut.

    BalasHapus
  39. PELAYANAN REMAJA DAN PEMUDA STAPIN MAJALENGKA

    BalasHapus
  40. Mereka yang menjadi orang buangan masih menanamkan keyakinan dalam iman Kristen tetapi merasa terjebak (atau tersesat) antara budaya dan gereja. Mereka keluar dari bentuk komunitas Kristen konvensional namun tidak menolak agama Kristen.

    BalasHapus
  41. Remaja/Pemuda membutuhkan komunitas dimana mereka merasa nyaman dan senang disetiap kegiatan yang diadakan di dalam komunitas

    BalasHapus
  42. Dibutuhkan keteguhan hati untuk terus menjadikan disiplin sebagai kebiasaan hidup.

    BalasHapus
  43. Hidup disiplin merupakan salah satu wujud ketaatan pada Tuhan.

    BalasHapus
  44. Stapin Majalengka yang sangat memberkati kita semua

    BalasHapus
  45. Fakta ini menunjukkan bahwa perubahan tengah terjadi dan gereja harus mengubah model pendekatan terhadap kaum muda termasuk kaum milenial. Bahkan sekarang dikenal dengan istilah “digital Native” artinya generasi digital yang lahir pada tahun 1990-an. Hidup mereka amat bergantung pada alat-alat digital dan hal itu mempengaruhi cara berpikir mereka

    BalasHapus
  46. Peranan gereja amat penting sebagai sarana pendidikan iman dan pembentukan karakter kristiani dalam diri remaja/pemuda

    BalasHapus
  47. Komunitas yang merupakan kumpulan dari para anggotanya yang memiliki rasa saling memiliki, terikat diantara satu dan lainnya dan percaya bahwa kebutuhan para anggota akan terpenuhi selama para anggota berkomitmen untuk terus bersama-sama.

    BalasHapus
  48. Perubahan ini dikenal sebagai perubahan sosial.

    1. Gaya Hidup Konsumtif

    2. Gaya Hidup Materialisme

    3. Gaya hidup Permisif (Serba boleh)

    BalasHapus
  49. Selain itu, dapat dilibatkan sebagai pemimpin pujian di ibadah sekolah minggu serta dapat didorong untuk mengikuti persekutuan dan memimpin persekutuan yang dilakukan di rumah-rumah jemaat.

    BalasHapus
  50. Pemuridan dapat dilakukan secara pribadi dengan cara membagikan pengalaman-pengalaman rohani yang pernah dialami oleh satu individu.

    BalasHapus
  51. Karena itu remaja tidak mengalami pengajaran yang berbobot. Gereja perlu mengajar remaja melalui pemuridan untuk memiliki hidup dalam firman Tuhan dan meneladani Kristus.

    BalasHapus
  52. Di tengah kemajuan teknologi yang semakin canggih, gereja sering merasa bahwa kemajuan teknologi tidak perlu diadopsi sehingga hal tersebut berdampak pada ketidaktertarikan remaja untuk bersekutu.

    BalasHapus
  53. Konteks yang dimaksudkan adalah baik konteks Alkitab maupun konteks pemuridannya. Gol utama dari Komsel adalah membawa setiap mereka yang dimuridkan untuk tumbuh hingga kedewasaan sampai serupa Yesus.

    BalasHapus
  54. Pemuridan merupakan suatu proses. Proses ini secara sengaja dilakukan oleh orang percaya dalam jangka waktu yang cukup lama.

    BalasHapus
  55. Pilihlah komunitas dan pergaulan yang benar.

    BalasHapus
  56. Tuhan Yesus memberkati Stapin Majalengka

    BalasHapus
  57. Bertumbuh menjadi seorang remaja/pemuda di dalam perubahan zaman seperti saat ini adalah sesuatu yang cukup sulit.

    BalasHapus
  58. Oleh karena itu remaja/pemuda membutuhkan pendampingan, pengajaran dan bimbingan iman supaya mampu bertahan menghadapi tantangan dan berbagai persoalan hidup.

    BalasHapus
  59. Peranan gereja amat penting sebagai sarana pendidikan iman dan pembentukan karakter kristiani dalam diri remaja/pemuda. O

    BalasHapus
  60. Disiplin merupakan aspek penting dalam kehidupan. Melalui disiplin remaja/pemuda membangun karakter dan kepribadiannya.

    BalasHapus
  61. Peranan gereja amat penting sebagai sarana pendidikan iman dan pembentukan karakter kristiani dalam diri remaja/pemuda.

    BalasHapus
  62. Dalam perkembangan waktu yang ada, fungsi gereja perlahan-lahan mengalami perubahan, terlihat dari setiap program kegiatan yang lebih banyak melakukan kegiatan sosial dan khotbah yang hanya sekedar menyenangkan telinga jemaat.

    BalasHapus
  63. Shalom, apa kabar semuanya, disayang Tuhan, disayang Tuhan, disayang Tuhan.

    BalasHapus
  64. Shalom, apa kabar STAPIN, disayang Tuhan, disayang Tuhan, disayang Tuhan.

    BalasHapus
  65. MANTAP STAPIN 2024 - PELAYANAN REMAJA PEMUDA

    BalasHapus
  66. Hanya tinggal di dalam kebenaran yang dapat mengubah hidup ini.

    BalasHapus
  67. Apabila manusia tidak melakukan perubahan dalam hidupnya, maka besar kemungkinan dia tidak akan mampu bertahan menjalani hidup ke arah yang lebih baik

    BalasHapus
  68. Gereja perlu menciptakan hal-hal yang membuat remaja/pemuda tidak merasa bosan dan jenuh.

    BalasHapus
  69. ebab segala sesuatu yang baik yang dilakukan di dalam Tuhan akan menjadi dampak luar biasa bagi banyak orang jika ditekuni.

    BalasHapus
  70. Perubahan zaman yang dimaksudkan adalah adanya pergeseran atau perubahan dari apa yang terjadi pada zaman/masa dahulu dengan apa yang terjadi pada masa sekarang.

    BalasHapus
  71. Dimulai perubahan hidup dengan cara mengubah apa yang didengar dan dilihat.

    BalasHapus
  72. Tuhan Yesus memberkati, diberkati, diberkati, diberkati Tuhan.

    BalasHapus
  73. Pastikan banyak mendengar dan melihat hal-hal yang berhubungan dengan kebenaran firman Tuhan.

    BalasHapus
  74. Melayani di gereja berarti melayani semua orang yang percaya kepada Kristus.

    BalasHapus
  75. Pemuridan merupakan suatu proses. Proses ini secara sengaja dilakukan oleh orang percaya dalam jangka waktu yang cukup lama

    BalasHapus
  76. Harapan Natalia dalam materi ini mungkin kita sebagai pemuda sulit untuk mengimplementasikan dalam diri kita tetapi bersama Tuhan kita dapat melakukannya.

    BalasHapus
  77. Melalui berbagai aktivitas dalam gereja, remaja/pemuda memperluas jaringan pertemanan dan memperoleh dukungan dan topangan doa dari persekutuan jemaat.

    BalasHapus
  78. Tuhan Yesus memberkati kampus seapin majalengka๐Ÿ™๐Ÿป

    BalasHapus
  79. Mengingat ada hal-hal baik dan buruk bercampur menjadi satu.

    BalasHapus
  80. a. Pendidikan dalam konteks keluarga (Hubungan)

    b. Pendidikan dalam konteks gereja (Pelayanan)

    c. Pendidikan dalam konteks sekolah (Kehidupan)

    BalasHapus
  81. Pesan Tuhan buat saya hari ini : BERSUKACITALA

    BalasHapus
  82. bagaimana cara mengatasi ketidakpercayaan diri kita?

    jawaban:selalu melatih diri untuk bisa dan tidak merendahkan diri sendiri

    BalasHapus
  83. Puasa panjang dan Buka sore bisa berapa hari?
    Pp:10 hari
    Bs:100 hari
    Masa muda harus sering berpuasa

    BalasHapus
  84. Bagaimana cara menerima seseorang yang tidak sefrekuensi dengan kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shalom di sini saya akan menjelaskan sedikit pertanyaan ibuk lorensia Sedangkan dalam konteks bahasa pergaulan, sefrekuensi adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan kecocokan, kesamaan, atau keserasian yang dimiliki seseorang dengan orang lain. Dalam hal ini kecocokan bisa dalam banyak hal, seperti hobi, pemikiran, prinsip, selera sesuatu, dan lainnya Good Bless.๐Ÿ™๐Ÿ˜‡

      Hapus
  85. Menjadi orang dewasa itu seperti apa?
    Jwb:
    Menjadi orang dewasa itu memiliki integritas, apa yang di perkatakan sesuai dengan perbuatan

    BalasHapus
  86. bagaimana menggapai karunia?
    jawaban : dengan iman, kita harus beriman untuk berkarunia dan berkomunikasi dengan orang orang yang berkarunia supaya bisa terimpertasi karunia nya dengan kita,

    BalasHapus
  87. Bagaimana kita dapat bertahan dalam kehidupan dan situasi yg membuat kita tidak mampu lagi..?

    Jawaban : Tetap bertahan dan andalkan Tuhan๐Ÿ™❤️

    BalasHapus
  88. Pesan Tuhan untuk saya hari ini ?
    CARILAH !!! Mazmur 105:4

    BalasHapus
  89. Shalom Di sini saya mau bertanya Bagaimana menjadi orang yang panjang sabar .
    Jawabannya:Harus memiliki montor yaitu ada 3 mentor:
    1.Di bina
    2.Di bentuk
    3.Di latih

    BalasHapus
  90. Bagaimana cara kita melatih kefokusan dalam berdoa yaitu

    jawaban : jika kita kurang fokus dalam berdoa maka temukan orang yang tepat dan minta tolong untuk di doakan dengan orang tersebut agar kita menjadi lebih fokus

    BalasHapus
  91. bagaimana cara memenangkan remaja yang salah pergaulan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadikan dia teman terbaik, dan bawa kepada Tuhan, tegur dosanya, kasihi orangnya

      Hapus
  92. Cara mengubah karakter anak remaja yang memiliki karakter tidak baik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.Memberikan nasihat secara tegas dengan nada yang tenang
      2.Lakukan pendekatan dari hati ke hati dengan berdiskusi
      3.Tanyakan apa yang mereka butuhkan

      Hapus
  93. Bentuk pergaulan yang baik, yang bagus yg harus ada di komunitas HT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Milikilah pergaulan yang baik di setiap komunitas, di dalam komunitas hamba Tuhan milikilah hati yang selalu rindu akan Tuhan.
      -Melakukan doa bersama
      -mentor dan pembinaan
      -mengembangkan bakat dan minat

      Hapus
  94. Pertanyaan:kenpa orang yahudi masih menunggu mesias dan mereka ingin mesias yang datang iyu yang perkasa dan kuat

    Jawaban:karena orang yahufi masih memegang kuat hukum taurat karna bagi mereka tidak ads yang bisa melebihi taurat itu dan mau nya mereka kalo mesias itu mau nya dari sebuah kerajaan

    BalasHapus
  95. contoh dari perubahan gaya hidup konsumtif itu seperti apa pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contohnya adalah membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan dan menabung

      Hapus
    2. Ketika seseorang maju ke posisi yang lebih tinggi

      Hapus
  96. bagaimana caranya agar kita dapat memiliki hati yang mau berkorban bagi jiwa jiwa khususnya kepada anak anak muda di luar sana yang banyak terjebak di dalam pergaulan yang buruk dan bagaimana cafa kita menjaga juga agak pemuda remaja yang di percayakan dalam pelayanan kita tidak ikut jatuh di dalam pergaulan yang buruk tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar dari karakter Yesus atau teladan Yesus

      Hapus
    2. 1.Punya hati yg mau mengasihi sesamamu.
      2.Jadilah teladan, dan hidup dalam komunitas yg sehat.

      Hapus
  97. Bagaimana cara kita menghadapi anak remaja yang memiliki kenyamanan dalam sikap buruk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukan suatu kenyaman tapi suata keburukan yang blom bisa di hilangkan gak ada orang yang nyaman dengan ke burukan nya gimana cara nya menghilangkan ke burukan itu di dasari dengan melakukan nya bukan hanyan perkataan yang ingin beribah tapi priaku nya harus ada berubah

      Hapus
    2. Bawalah dia ke kawasan yang rohani
      Bisa juga dengan membawa dia bergaul dengan komunitas rohani

      Hapus
    3. cara kita mengahadapi anak remaja yang nyaman dalam kebiasaan yang buruk adalam lakukan pendekatan terhadap anak tersebut
      ajak dia bicara secara baik dari hati ke hati memberikan nasihat secara tegas namun dengan nada yang tenang hindari kekerasan yang dapat menimbulkan trauma yang mendalam ceritakan beberapa pengalaman hidup yang membuat pikirannya menjadi terbuka setelah itu berikan pandangan bagaimana kemungkinan resiko yang akan terjadi dan doakan dia terus agar hatinya di jamah Tuhan

      Hapus
  98. Ada 3 pertanyaan yg ingin saya tanyakan.
    1.apa yang terjadi jika anak muda gampang marah..
    2.mengapa anak muda itu gampang memberontak terhadap orang tua.
    3.apa yang terjadi ketika kita sebagai anak mida tidak bisa menerima diri kita sendiri lantaran kita ngak percaya diri karna perkataan orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadilah anak muda yg dewasa dalam rohani dan juga jasamani.

      Hapus
  99. Bagaimana cara teknologi bisa menarik pemuda untuk datang kepada Tuhan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadilah pemuda yg kreatif sehingga bisa memanfaatkan teknologi yg berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga memiliki dampak yg positif bagi anak muda, buatlah sesuatu yg menarik dengan hikmat dan pengetahuan yg sudah Tuhan berikan, maka teknologi dapat memikat hati anak muda untuk bisa mengenal Tuhan.

      Hapus
    2. Jadikan Teknologi sarana yang positif dan hindari hal-hal yang negatif

      Hapus
  100. Bagaimana cara kita sebagai remaja/pemuda untuk dapat membuat perubahan dilingkungan dimana kita berada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terutama buatlah dirimu sendiri jadi figur yang bagus

      Hapus
    2. Jadilah contoh dan teladan, dalam bertingkah laku, bertutur kata dan dalam bersosial.

      Hapus
  101. Mengapa banyak anak muda yang sudah masuk dalam pelayanan di gereja dan mengikuti segala kegiatan kerohanian ,dan juga komunitas2 Kristen tetapi masih saja melakukan hal2 buruk dan masih saja terpengaruh dengan dunia luar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama,kita tidak boleh menilai sesorng dari sisi pelayanan nya karena hanya Tuhan yang tahu hati nya(sungguh"/tidak )dalam melayani.Kedua,komunitas nya bukan hanya di gereja tetapi ad juga sekolah,rumah,dan lingkungan sekelilingnya.

      Hapus
    2. Pentingnya untuk mengalami dan merasakan betul "Kasih kemurahan Tuhan". Tidak ada manusia yg tidak berdosa, tetapi apakah dirimu mau tetap hidup dalam kubangan dosa? Tergantung pilihanmu
      Namun orang yang hidup dalam kebenaran, pasti hidupnya dipimpin oleh Roh kudus.

      Hapus
    3. 1. iman yang belum kuat atau masi goyah sehingga tidak ada pendirian dalam hidupnya untuk tidak melakukan hal hal yang buruk
      2. gampang dipengaruhi teman atau sekitarnyaa

      Hapus
    4. Pengaruh Lingkungan
      Lingkungan sekitar, seperti teman-teman, media sosial, dan budaya, dapat mempengaruhi perilaku.
      Pencarian identitas
      mencari tahu siapa dirinya dan di mana ia berdiri dalam keyakinan.

      Hapus
  102. Bagaimana cara mengatasi seseorang yang bebal saat mengembalakan tidak ada perubahan buat seseorang itu malah makin parah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua berasal dari hati. Ketika kita ingin di ubahkan. Kita harus bisa merendahlan hati kita karna . Keterbukaan adalah awal dari pemulihat. Jangan keraskan hati๐Ÿ™❤️

      Hapus
  103. Melangkahlah bersama tuhan agar hidup menjadi penerang bagi setiap orang

    BalasHapus
  104. Pondasi apa yang harus kita lakukan sebagai remaja/pemuda yang mengenal TUHAN supaya kita tidak terpengaruh hal negatif ?

    Bagaiman cara nya membuat emosional menjadi emosional positif?

    BalasHapus
  105. Rut adalah gambaran bagaimana Tuhan dapat mengubah sebuah kehidupan yang terpuruk menjadi kehidupan yang dahsyat dan membawa berkat.

    BalasHapus
  106. Bertumbuh menjadi seorang remaja/pemuda di dalam perubahan zaman seperti saat ini adalah sesuatu yang cukup sulit. Mengingat ada hal-hal baik dan buruk bercampur menjadi satu.

    BalasHapus
  107. saya ada di stapin karena panggilan tuhan dan ingin menjadi seorang gembala

    BalasHapus
  108. Saya ada di stapin suapaya saya bisa berguna bagi Tuhan,orang tua,saudar saudara saya,teman teman saya dan orang kain.kelak

    BalasHapus
  109. Kenapa saya ada di STAPIN?

    Karena saya mau di bentuk menjadi pribadi yang lebih baik sehingga benih benih kebenaran itu saya mampu berikan kepada orang" yang ada diluar sana

    BalasHapus
  110. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  111. Kenapa saya berada di setapin Majalengka? Karena saya merasa bahwa ini panggilan saya. Panggilan untuk jadikan alat nya tuhan yang luar biasa.๐Ÿ˜Š

    BalasHapus

Posting Komentar