PAK Kelas 7 - 2024 | Meneladani Yesus dalam Mengampuni - Bab 3

 Meneladani Yesus dalam Mengampuni


Bacalah Alkitab sebelum belajar: Kejadian 22:10-13; Imamat 4:35; 5:10; Matius 18:22-35

Allah telah terlebih dahulu mengampuni kita, Dia mengirimkan Yesus Kristus untuk menyelamatkan kita. Yesus adalah teladan bagi kita dalam mengampuni sesama. Cara kita menjawab pengampunan

Tuhan adalah dengan mengampuni orang lain yang bersalah kepada kita ataupun rela meminta pengampunan pada seseorang yang kita rugikan dan sakiti. Banyak orang masih merasa sulit untuk mengampuni orang lain maupun meminta pengampunan atas kesalahannya karena mereka selalu berpikir kalau dirinya benar.

Memang, jika mengandalkan kemampuan diri sendiri, sulit untuk mengampuni orang lain begitu saja. Tetapi orang beriman dapat mengandalkan karunia Roh Kudus untuk membantu menggerakkan hatinya dalam mengampuni orang lain

Apa arti mengampuni? Mengampuni artinya memaakan seseorang dengan tulus hati, membebaskan seseorang dari beban rasa bersalah serta tidak mengungkit-ungkit lagi kesalahannya. Akan tetapi pengampunan itu tidak dengan sendirinya menghilangkan kewaspadaan diri, sehingga tidak menjadi korban untuk hal yang sama lagi. Dengan demikian, pengampunan yang diberikan itu menjadi sesuatu yang tepat dan efektif.

Pengampunan yang tulus dan lahir dari kebaikan hati adalah pengampunan yang bersifat “memperbaiki” dan “merekatkan” kembali hubungan-hubungan yang pernah rusak. Allah mengampuni manusia melalui Yesus Kristus dan memperbaiki hubungan yang rusak antara manusia dengan Allah sejak manusia jatuh ke dalam dosa

Mengampuni artinya kita memaakan seseorang atas kesalahan yang dilakukannya dan tidak mengungkit kesalahan itu lagi. Pada kenyataannya cukup sulit untuk melakukannya. Mengapa? Karena tiap orang memiliki sifat egois atau keakuan yang cenderung menempatkan dirinya sebagai orang yang paling benar sedangkan orang lain selalu menjadi pihak yang salah. Mengapa demikian? Karena kita selalu tergoda untuk hanya melihat ke dalam diri kita saja, kita berpikir dari sudut diri sendiri, dan lupa untuk berpikir dari sudut orang lain.

Dengan mengampuni, kita melepaskan diri kita dari amarah dan dendam, bukan melepaskan orang lain dari pikiran kita. Namun seberapa dalam pun luka yang telah terjadi, kita tidak akan sembuh dari luka itu sampai kita mengampuni kesalahan orang yang bersangkutan. Pengampunan adalah sebuah keputusan dari hati dan mengampuni tidaklah mengubah masa lalu, melainkan mencerahkan masa depan. Artinya, pengampunan yang diberikan tidak berarti menghapus masa lalu karena semua sudah terjadi.

Dengan mengampuni, seseorang dibebaskan dari beban kebencian, dan hati terasa damai. Dengan begitu, langkah ke depan menjadi cerah.

Yesus Kristus telah menjadi teladan dalam mengampuni. Ia rela menderita, memikul segala beban dosa manusia, demi keselamatan manusia. Ia melakukannya dengan tulus dan ikhlas tanpa menuntut imbalan. Ia taat pada perintah Bapa, bahkan taat sampai mati di kayu salib. Yesus rela menanggung penderitaan yang luar biasa demi cinta-Nya pada umat manusia.

Tugas hari ini:

1. Apa arti mengampuni?

2. Mengapa manusia membutuhkan pengampunan Allah?

3. Mengapa manusia diminta untuk mengampuni sesamanya?

Komentar

  1. 1.memaafkan dengan tulus
    2.karena manusia butuh pengampunan
    3.karena kita sudah diampuni tuhan

    BalasHapus
  2. 1. Apa arti mengampuni? ( Memaafkan orang yg bersalah kepada kita dengan sepenuh hati/tulus, & tidak mengungkit-ungkit masalah tsb lagi ).

    2. Mengapa manusia membutuhkan pengampunan Allah? ( Karena manusia telah berdosa dan Yesus Kristus telah menjadi teladan dalam mengampuni ).

    3. Mengapa manusia diminta untuk mengampuni sesamanya? ( Karena dengan mengampuni, seseorang dibebaskan dari beban kebencian, dan hati terasa damai. Dan mengampuni sesama manusia dapat memungkinkan kita utk mengatasi perasaan marah, kebencian dll ).

    BalasHapus
  3. 1.Mengampuni adalah pengampunan dari kita untuk mengampuni kesalahan orang lain kita harus mengampuni kepada sesama maupun dia sengaja atau pun tidak sengaja
    2.semua manusia sering berbuat dosa,tuhan memberi kesempatan kepada kita untuk bernafas,berjalan,dan lain lain nya tuhan sangat baik tuhan sering mengampuni dosa kita tuhan rela mati di kayu salib ,dan darah nya yang suci.
    3. Kita harus saling mengampuni sesama karna tidak ada kata terlambat untuk mengucapkan kata maaf karna kita mengucap kata maaf tanda nya kita berbuat salah,karna itu kita saling memaaf kan supaya kita tidak dapat membebani pikiran kita dan kita akan lega

    BalasHapus
  4. 1 apa arti menhampuni?
    Melepas atau membebaskan seseorang dari kesalahan atau dosa.
    2 mengapa manusia membutuhkan pengampunan allah? Bisa menambah kekuatan seperti sabar iklas bersyukur yg kita miliki tidak setimbang dengan musibah yg akan kita hadapi.
    3 mengapa manusia di minta untuk mengampuni sesama? Agar dapat menerima pengampknan atas dosa² kita

    BalasHapus
  5. 1.kita telah memaafkan seseorang atas kesalahan yang dilakukannya dan tidak mengungkit kesalahan itu lagi.
    2.karena ia mengasihi kita dan Ia melakukannya dengan tulus dan ikhlas tanpa menuntut imbalan
    3.karena Dengan mengampuni, seseorang dibebaskan dari beban kebencian, dan hati terasa damai. Dengan begitu, langkah ke depan menjadi cerah.

    BalasHapus
  6. 1. Memaafkan seseorang dari kesalahan nya yang telah diperbuat atau pun menghapus dendam kita pda seseorang
    2. Karna semua manusia telah berdosa. pengampunan Allah dapat menyelamatkan manusia dari kegelapan dan kesesakan.
    3. Agar dapat menerima pengampunan atas dosa dosa kita.

    BalasHapus
  7. 1.membebaskan seseorang dari kesalahan atau dosa.
    2.karena setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa.
    3.dengan mengampuni dapat membebaskan kita dari kebencian, perasaan marah, dan balas dendam.

    BalasHapus
  8. 1 maaf dengan tulus hati
    2 karena kita adalah anaknya
    3 karena kita sudah diampuni tuhan

    BalasHapus
  9. 1) memaafkan dangan tulus
    2)karena kita semua manusia ber dosa dan yesus sudah manjadi teladan bagi kita
    3) karna tuhan sendiri sudah mangampuni kita jadi kita harus mangampuni sesamanya

    Alexsa oktaviani najeges b

    BalasHapus

Posting Komentar