PAK KELAS 7 - 2024 | Allah Memperbarui Hidup Manusia - Bab 1

Allah Memperbarui Hidup Manusia
(Ketika Hidup Tidak Berjalan Seperti Apa yang Saya Impikan)

 

Bacalah Alkitab sebelum belajar: Kisah Para Rasul 9: 1-31, Yeremia 29:11

Bahwa hidup manusia tidak selalu berjalan sebagaimana apa yang direncanakannya. Ketika banyak kejadian dalam hidup kita tidak sesuai dengan harapan, rencana dan impian, apakah itu pertanda Allah meninggalkan kita? 

Banyak orang yang bersikap pragmatis dan cepat mengambil kesimpulan dalam kekecewaan dan putus asa. Oleh karena itu pembelajaran ini akan memberikan penguatan pada kamu untuk memahami bahwa hidup tidak selalu berjalan menurut apa yang direncanakan ataupun diharapkan.

Manusia membutuhkan pembaharuan hidup supaya dapat menikmati persekutuan yang benar dengan Allah dan sesama. Untuk itu, orang beriman harus tetap memiliki pengharapan dalam hidup, bahwa kasih Allah bagi manusia tak terbatas, menjadikan manusia memiliki pengharapan untuk hidup baru dalam harmoni dengan Tuhan, sesama dan alam ciptaan-Nya.

Bagaimana seorang manusia yang telah diubah hidup di hadapan Allah? Antara lain, mengubah cara berpikir negatif menjadi berpikir positif, mengubah semua sifat buruk yang ada dalam diri kita menjadi sifat baik dan bertanggung jawab.  Mengubah orang yang tidak percaya menjadi percaya kepada kasih dan kekuasaan Allah.

Tindakan Allah sebagai pembaharu berarti Ia yang mengambil inisiatif untuk mendatangi manusia dan memperbaruinya. Oleh karena itu, orang beriman hendaknya memiliki keyakinan bahwa selalu ada kesempatan untuk berubah dan menjadi baik. Bahwa masa depan selalu ada dan diberikan pada orang yang percaya, yang bekerja keras dan setia dalam iman kepada-Nya.

Ada lima langkah utama yang dapat dilakukan dalam rangka menuju masa depan yang penuh pengharapan.

1. Berani Menghadapi Hidup

2. Bersikap jujur

3. Bersikap terbuka

4. Bersikaplah lembut dan baik hati terhadap diri sendiri

5. Percaya bahwa perubahan pasti terjadi

 

Contoh Perubahan Hidup:

- Hal-hal yang perlu diubah dalam hidup saya termasuk sikap (Sikap malas)

- Hal-hal yang perlu saya miliki dalam hidup saya termasuk sikap (Menjadi anak rajin)

- Tindakan dalam rangka perubahan Mengubah sikap malas. (Melaksanakan tanggungjawab di rumah dan disekolah)

- Masa depan yang saya harapkan (Kelak saya ingin menjadi Insinyur yang membangun daerah saya)

 

Tugas hari ini:

Coba kamu tuliskan apa yang semula menjadi rencana dan impianmu waktu di TK dan SD, lalu bandingkan setelah kamu masuk ke SMP! Apakah semua yang kamu harapkan dan impikan terjadi seperti harapan dan mimpmu? Jika tidak, coba tulis alasannya, mengapa? Lalu bagaimana kalian menghadapinya? Atau, adakah peristiwa hidup tak terduga yang kamu alami? Bagaimana kamu menghadapinya?

Ini yang saya harapkan ......................

Tercapai? .....

Tidak tercapai? .....

Mengapa? ............................................

Bagaimana saya menghadapinya? ..............................................................

Tindakan saya ke depan? ................

Peristiwa tak terduga yang terjadi? .............................................................

Komentar

  1. Ini yang saya harapkan :menjadi atlet voli

    Tercapai? Belum

    Tidak tercapai?


    Mengapa? Karena saya masih di dalam proses untuk mencapai hal tersebut

    Bagaimana saya menghadapinya? Mendalami latihan



    Tindakan saya ke depan? menjadi lebih percaya diri dan rajin latihan

    Peristiwa tak terduga yang terjadi? -

    BalasHapus
  2. Ini yang saya harapkan : membuka usaha sendiri

    Tercapai? Belum

    Tidak tercapai?

    Mengapa? Karena saya perlu memerlukan proses yang baik & tepat.

    Bagaimana saya menghadapinya? Terus berusaha, mempelajari hal² baru, menabung.

    Tindakan saya ke depan? Menjadi lebih semangat dan pantang menyerah dalam mencapainya

    Peristiwa tak terduga yang terjadi?-

    BalasHapus
  3. Ini yang saya harapkan : menjadi orang sukses

    Tercapai? belum

    Tidak tercapai?

    Mengapa? Karena saya perlu memerlukan proses yang baik & tepat.

    Bagaimana saya menghadapinya? Terus berusaha, mempelajari hal² baru, menabung.


    Tindakan saya ke depan? menjadi lebih bersemangat dan jangan pantang menyerah

    Peristiwa tak terduga yang terjadi?-

    BalasHapus
  4. Ini yang saya harapkan : menjadi orang mandiri / orang sukses
    Tercapai: belum

    Tidak tercapai?

    Mengapa? Karna saya harus membutuhkan proses agar bisa menjadi orang sukses

    Bagaimana saya menghadapinya? Saya harus giat belajar dan terus berusaha agar bisa dan juga berdoa

    Tindakan saya kedepan? Jangan putus asa jangan pantang menyerah

    Peristiwa yang tak terduga terjadi?

    BalasHapus
  5. Itu yang alexsa lupa di namain👆

    BalasHapus

Posting Komentar