PAK Kelas 12 - 2024 | ALLAH PENGASIH MEMULIHKAN KEHIDUPAN BERGEREJA - Bab 4

 ALLAH PENGASIH MEMULIHKAN KEHIDUPAN BERGEREJA

Bacalah Alkitab sebelum belajar: Amos 5:22-24; Matius 22:37-40; Roma 8:28 

1. Reformasi

Adalah sebuah peristiwa yang dimulai pada abad ke XVI ketika Martin Luther memakukan 95 dalilnnya yang berisi kritik terhadap ajaran Gereja pada waktu itu. Luther mengkritik pemahaman bahwa orang bisa membeli keselamatanya dengan memberi surat keselamatannya atau membeli relikui-relikui orang kudus 

2. Reformasi Radikal

Reformasi yang lebih radikal lagi dilakukan oleh Menno Simons (1496 – 1561), seorang imam di Friesland, kini bagian dari Belanda. Simmons memimpin gerakan yang disebut Anabaptis artimya “baptis ulang”. Sebutan ini diberikan kepada kelompok ini mereka menolak baptisan yang diberikan kepada anak-anak karena menurut Simmons anak-anak tidak memahami apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Karena itu Simmons menyatakan, siapa yang mau ikut dalam kelompoknya harus dibaptiskan kembali dengan cara diselam, bukan hanya dipercikkan air seperti yang biasa dilakukan oleh banyak aliran gereja lainnya. 

3. Penganiayaan atas Kaum Radikal.

Kelompok Mennonit dan kaum Anabaptis lainnya banyak mengalami penindasan dan penganiayaan karena ajarannya yang menuntut orang-orang Kristen yang mau bergabung ke dalamnya untuk dibaptiskan ulang. 

Reformasi di Inggris 

Di Inggris terjadi pula gerakan pembaruan gereja. Pada intinya ada dua gerakan yang terjadi. Yang pertama perpisahan dari Gereja Katolik Roma dan terbentuknya Gereja Inggris dan kedua, pembaruan oleh John Knox yang terpusat di daerah Skotlandia, di bagian utara Inggris.

 1. Gereja Inggris (Anglikan)

Pembentukan Gereja Inggris lebih didasarkan pada masalah politik, ketika Raja Henry VIII meminta pimpinan gereja mengizinkannya menceraikan istrinya, Catherine dari Aragon, yang tidak kunjung menghasilkan anak lakilaki yang bisa menjadi pewaris takhtanya. Pimpinan gereja tidak bersedia mengeluarkan surat pembatalan pernikahannya. Karena itu pada tahun 1534, Henry VIII memutuskan bahwa Gereja Inggris memisahkan diri dari Roma. Henry mengangkat dirinya sebagai pemimpin Gereja Inggris. Hingga sekarang, setiap raja atau ratu Inggris diakui sebagai kepala Gereja Inggris. 

2. Reformasi John Knox John Knox (1512 –1572)

Adalah seorang notaris, imam gereja, dan teolog di Skotlandia. Knox ikut bergabung dan kemudian memimpin pembaruan gereja di Skotlandia yang melahirkan Gereja Presbiterian Skotlandia. Presbiterian, berarti gereja itu dipimpin oleh para penatua, bukan oleh seorang uskup atau Paus. Seorang pendeta disebut sebagai “primus inter pares”. Artinya, yang pertama di antara semua yang setara 

3. Pembaruan melalui Gereja Methodist

John Wesley (1703 –1791) adalah seorang pendeta, teolog, dan penginjil Inggris yang memimpin gerakan kebangunan rohani di kalangan Gereja Inggris. Gerakan ini belakangan dikenal sebagai Methodisme. Kelompok ini kemudian menjadi gerakan independen yang berlanjut sampai sekarang. 

 Gerakan Pentakostal

Gerakan Pentakostal adalah gerakan yang menekankan pengalaman dengan Allah melalui baptisan Roh Kudus. Nama gerakan ini diambil dari peristiwa Pentakosta, yaitu hari pencurahan Roh Kudus atas para murid Yesus yang kemudian menjadi hari lahirnya gereja. Hal ini juga digambarkan dengan peristiwa yang menyebabkan para murid bisa berbahasa roh 

1. Gerakan Karismatik.

Gerakan Karismatik bertumbuh dari pentakostalisme, sehingga gerakan ini juga sering disebut sebagai gerakan Karismatik. Ia muncul sebagai gerakan di kalangan gereja-gereja arus utama yang mengadopsi keyakinan dan praktik dari pentakostalisme. Yang menjadi ciri utama gerakan ini adalah penggunaan karunia-karunia roh (karismata) 

2. Ajaran Orang Karismatik

Percaya bahwa karunia-karunia (bhs. Yunani: karismata) Roh Kudus yang digambarkan di dalam Perjanjian Baru, juga tersedia bagi orang Kristen sekarang apabila mereka mengalami baptisan Roh, entah dengan penumpangan tangan atau cara lainnya. Alkitab memang menyebutkan banyak karunia Allah melalui Roh Kudus. Ada 9 karunia khusus yang didaftarkan dalam 1 Korintus 12:8-10 yang sifatnya adikodrati dan mencirikan gerakan 

3. Perbedaan antara Pentakostalisme dan Karismatik

Meskipun kedua aliran ini memiliki banyak kesamaan, ada juga beberapa perbedaan di antara mereka. Banyak orang karismatik yang menjauhkan diri dari orang-orang pentakostal karena alasan budaya dan teologis. 

Gerakan Perempuan di dalam Gereja

Di banyak gereja di dunia, kaum perempuan tidak banyak diberikan peran yang berarti. Padahal di gereja perdana, perempuan telah banyak berperan. Ada Priskila yang selalu mendampingi Akwila, suaminya, dalam perjalanan pemberitaan injilnya. Ada Lidia, seorang perempuan kaya, pengusaha kain ungu, yang mendanai perjalanan-perjalanan Paulus berkeliling memberitakan Injil. Ada Yunia, seorang penatua di gereja perdana.

Dari semua uraian di atas kita sudah melihat bahwa ada banyak sekali cara yang digunakan Allah untuk memperbarui Gerejanya. Sejak gerakan Reformasi yang dimulai oleh Luther, Calvin, dan kemudian oleh kelompok-kelompok radikal seperti Anabaptisme, kemudian pembaruan di Inggris, lalu di Amerika dalam bentuk gerakan pentakostal dan karismatik, pembaruan terus terjadi. 

Salah satu hal penting yang sering dilupakan adalah peranan perempuan dalam pelayanan gereja dan misi. Dalam bahan ini kita belajar tentang beberapa tokoh luar biasa yang merintis pekerjaan tersebut. Ann H. Judson yang melayani di Myanmar dan meninggal pada usia yang sangat muda, serta Mary Slessor yang melayani di Nigeria sampai usia yang cukup lanjut, memberikan pelananan-pelayanan yang luar biasa. Terbukti di sini, bahwa kaum perempuan sama sekali tidak kalah dibandingkan oleh laki-laki di dalam pelayan mereka di dalam gereja dan misi. 

Tugas hari ini

1. Kemukakan Pandangan Kritis Berkaitan Dengan Peran Perempuan dan laki-laki Dalam Gereja.

2. Sebutkan nama-nama gereja yang ada di kotamu!

Komentar

  1. 1. pandangan Gereja bahwa kesetaraan antara laki-laki dan perempuan harus dihormati dan diperjuangkan ditekankan, dan oleh anugerah penciptaan dan keselamatan persamaan mendasar harus diakui oleh semua manusia, baik perempuan maupun laki-laki. Gereja senantiasa menekankan bahwa laki-laki dan perempuan diciptakan setara menurut citra Allah (Kej. 1: 26-27). Keduanya setara martabat, walaupun berbeda secara biologis.
    2. -GPdI Majalengka
    -GPI Majalengka

    BalasHapus
  2. 1.Pandangan kritis terhadap peran perempuan dan laki-laki dalam gereja sering kali berpusat pada isu kesetaraan gender, interpretasi teologis, dan tradisi gereja.

    2.gereja di majalengka ada
    -gpi majalengka
    -gereja Katolik Kristus bangkit
    -gpdl majalengka
    -gkp Bethesda-genten
    -gkp cideres
    -gkp eben haezer Kadipaten

    Aditya

    BalasHapus
  3. jainal jeremia SihombingRabu, Agustus 28, 2024 9:14:00 AM

    1. pandangan Gereja bahwa kesetaraan antara laki-laki dan perempuan harus dihormati dan diperjuangkan ditekankan, dan oleh anugerah penciptaan dan keselamatan persamaan mendasar harus diakui oleh semua manusia, baik perempuan maupun laki-laki

    2.-gpi majalengka
    -gereja Katolik Kristus bangkit
    -gpdl majalengka
    -gkp Bethesda-genten
    -gkp cideres
    -gkp eben haezer Kadipaten

    BalasHapus
  4. 1. • kesetaraan gender
    banyak gereja masih memegang peran tradisional di mana laki-laki seringkali menduduki posisi kepemimpinan utama, seperti pendeta atau pemimpin gereja, sementara peran perempuan cenderung terbatas pada aktivitas di dalam gereja.
    • tradisi dan budaya dalam gereja sering kali dipengaruhi oleh tradisi dan budaya lokal.
    2. gpi majalengka
    katolik kristus bangkit
    gpdi majalengka
    gkp bethesda
    gkp cideres
    gkp eben haezer
    gbi kasokandel
    gki pengampon
    gpdi sola gratia
    gkpb mbc
    katolik kristus raja
    hkbp batalyon

    BalasHapus
  5. 1. pandangan Gereja bahwa kesetaraan antara laki-laki dan perempuan harus dihormati dan diperjuangkan ditekankan, dan oleh anugerah penciptaan dan keselamatan persamaan mendasar harus diakui oleh semua manusia, baik perempuan maupun laki-laki.

    2. -Gpi majalengka
    -Gereja Katolik Kristus bangkit
    -Gpdl majalengka
    -Gkp Bethesda-genten
    -Gkp cideres
    -Gkp eben haezer Kadipaten
    -hkbp batalyon

    BalasHapus
  6. 1. Pandangan kritis mengenai peran perempuan dan laki-laki dalam gereja sering mengangkat isu kesetaraan gender, interpretasi teks Alkitab, pengaruh budaya dan tradisi, serta keadilan sosial. Banyak gereja masih mempertahankan peran tradisional yang membatasi perempuan, sementara ada dorongan untuk memperluas peran mereka dalam kepemimpinan dan pelayanan berdasarkan prinsip kesetaraan dan inklusi.

    2. GPI Majalengka
    GPdI Majalengka
    Gereja Katolik Kristus Bangkit
    GKP Bethesda-Genteng
    GKP Cideres
    GKI Pengampon Bajem Jatiwangi
    GBI Kasokandel (Healing Movement Ministry)
    Gkp eben haezer Kadipaten
    hkbp batalyon

    BalasHapus
  7. 1. Pandangan mengenai peran perempuan dan perempuan dalam gereja yaitu laki laki maupun perempuan memilika hak yang sama bagaimana yang tertulis di alkitab Allah menciptakan laki laki dan perempuan setara misalnya bebas melakukan pelayanan tanpa memandang gender selain hak yang sama kita juga memiliki kewajiban yang sama yaitu merawat gereja.

    2. GPI Majalengka
        GPdI Majalengka
        Gereja Katolik Kristus Bangkit
        GKP Bethesda-Genteng
        GKP Cideres
        GKI Pengampon Bajem Jatiwangi
        GBI Kasokandel
        GKP eben haezer Kadipaten
        HKBP batalyon

    BalasHapus
  8. 1.Pandangan kritis tentang peran perempuan dan laki-laki dalam gereja sering kali melibatkan diskusi tentang teologi, tradisi, dan interpretasi Alkitab.
    2.gereja di majalengka ada
    -gpi majalengka
    -gereja Katolik Kristus bangkit
    -gpdl majalengka
    -gkp Bethesda-genten
    -gkp cideres
    -gkp eben haezer Kadipaten

    BalasHapus
  9. 1. • kesetaraan gender
    banyak gereja masih memegang peran tradisional di mana laki-laki seringkali menduduki posisi kepemimpinan utama, seperti pendeta atau pemimpin gereja, sementara peran perempuan cenderung terbatas pada aktivitas di dalam gereja.
    • tradisi dan budaya dalam gereja sering kali dipengaruhi oleh tradisi dan budaya lokal.
    2. gpi majalengka
    katolik kristus bangkit
    gpdi majalengka
    gkp bethesda
    gkp cideres
    gkp eben haezer
    gbi kasokandel
    gki pengampon
    gpdi sola gratia
    gkpb mbc
    katolik kristus raja
    hkbp batalyon
    (sascya metha)

    BalasHapus
  10. 1. pandangan Gereja bahwa kesetaraan antara laki-laki dan perempuan harus dihormati dan diperjuangkan ditekankan, dan oleh anugerah penciptaan dan keselamatan persamaan mendasar harus diakui oleh semua manusia, baik perempuan maupun laki-laki

    2.-gpi majalengka
    -gereja Katolik Kristus bangkit
    -gpdl majalengka
    -gkp Bethesda-genten
    -gkp cideres
    -gkp eben haezer Kadipaten

    boy jones 12 ips 2

    BalasHapus
  11. 1. Alkitab mengajarkan, bahwa ketika Allah menciptakan manusia sebagai laki-laki dan perempuan, Allah tidak mengatakan bahwa perempuan itu lebih rendah daripada laki-laki. Allah mengatakan bahwa perempuan adalah ‘penolong yang sepadan’ bagi laki-laki (Kej.2:18). Hal itu berarti bahwa perempuan tidak boleh direndahkan dengan alasan apapun.

    2. GPI Majalengka
    GPdI Majalengka
    Gereja Katolik Kristus Bangkit
    GKP Bethesda-Genteng
    GKP Cideres
    GKI Pengampon Bajem Jatiwangi
    GBI Kasokandel
    GKP eben haezer Kadipaten
    HKBP batalyon

    BalasHapus
  12. 1.Percaya bahwa karunia-karunia (bhs. Yunani: karismata) Roh Kudus yang digambarkan di dalam Perjanjian Baru, juga tersedia bagi orang Kristen sekarang apabila mereka mengalami baptisan Roh, entah dengan penumpangan tangan atau cara lainnya. Alkitab memang menyebutkan banyak karunia Allah melalui Roh Kudus. Ada 9 karunia khusus yang didaftarkan dalam 1 Korintus 12:8-10 yang sifatnya adikodrati dan mencirikan gerakan
    2. -gpi majalengka
    -GPdI majalengka
    -HKBP YONIF 321

    BalasHapus

Posting Komentar