PAK Kelas 10 - 2024 | Allah Pembaru Kehidupan - Bab 5

 Allah Pembaru Kehidupan


Bacalah Alkitab di awal pembelajaran: Ratapan 3:22-23; Galatia 4:4-5

Apa yang kita rasakan bila melihat padang rumput luas dipenuhi bunga aneka warna? Tentunya menyenangkan, bukan? Pemeliharaan Tuhan meliputi pemeliharaan terhadap keindahan alam yang tiap hari muncul.

Allah sebagai Pencipta alam semesta dan segala isinya, bukanlah Allah yang kemudian lepas tangan menonton bagaimana ciptaan-Nya melewati hari demi hari. Allah terus bekerja untuk menghasilkan perubahan seperti apa yang Ia inginkan dan membawa kebaikan bagi semua.

 Seluruh isi Alkitab menceritakan tentang karya Allah dalam penciptaan, pemeliharaan, dan penyelamatan manusia. Baiklah kita memahami apa yang Allah inginkan sehingga kita berperan serta menghasilkan perubahan untuk menjadikan dunia ini lebih baik untuk semua manusia dan alam ciptaan

Bagaimana Allah bertindak sebagai pembaharu kehidupan?

Tindakan Allah sebagai pembaharu berarti Ia yang mengambil inisiatif untuk mendatangi manusia dan memperbaruinya. Manusia lama yang takluk kepada dosa telah digantikan oleh manusia baru yang hidup di dalam Kristus.

Peranan Allah di dalam Kemerdekaan Indonesia

Alinea ketiga Mukadimah UUD RI tahun 1945 kita berbunyi, “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia me-nyatakan dengan ini kemerdekaannya.” Pernyataan di atas memuat sebuah pengakuan dari para pendiri negara kita tentang perjuangan bangsa kita dalam mencapai kemerdekaan dan membentuk suatu negara yang terdiri dari ratusan suku bangsa, kelompok etnis, puluhan atau ratusan agama di luar keenam agama yang diakui resmi (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu).

 Pada awal pembentukan negara Republik Indonesia, negara kita menghadapi berbagai pergolakan yang bahkan berulang-ulang mengancam keberlanjutan bangsa kita, antara lain DI/TII, PERMESTA, Gerakan 30 September, dan lain-lain. Tentu dari pelajaran Sejarah Indonesia kalian sudah membahas beberapa ancaman ini. Bahkan sampai saat ini, ancaman terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) masih terus terjadi dengan munculnya beberapa gerakan yang ingin mengubah Pancasila sebagai dasar negara menjadi lebih sesuai dengan keinginan mereka. 

Namun sejauh ini kita masih tetap bertahan sebagai satu bangsa. Hal ini tidak mungkin lepas dari pimpinan Tuhan di dalam kehidupan berbangsa kita. Sebagai generasi muda, kalian juga harus terlibat dalam mempertahankan keutuhan NKRI dengan mengembangkan semangat patriot (membela negara). Di Kelas XII tema ini akan dibahas kembali

Karya Pembaruan Allah dalam Penyelamatan Dunia

Allah tetap bekerja menyelamatkan dunia. Alkitab memberi kesaksian bahwa karya pembaruan Allah sudah direncanakan jauh sebelum kelahiran Yesus Kristus. 

Ketika kita membaca Alkitab dengan menerima tema bahwa Allah menciptakan, menyelamatkan dan membarui, maka seluruh kesaksian Alkitab menjadi bukti bahwa janji Allah sungguh nyata dan berlaku, bukan hanya pada masa lalu, untuk bangsa Israel, tetapi juga pada saat ini, untuk seluruh umat manusia yang percaya kepada Kristus

Sebelum bertanya kepada orang lain, tanyakan kepada diri kalian sendiri, seberapa besar keyakinan kalian bahwa Allah masih tetap bekerja membarui hidup manusia saat ini dan untuk seterusnya


Tugas hari ini:

1. Pilihlah lagu yang menurut kalian menggambarkan adanya perubahan dalam hidup seseorang, atau yang bertema semangat untuk berubah dan nyanyikan lagu itu sebagai wujud keinginan dan tekad menjadi lebih baik.

2. Ceritakan pengalaman masing-masing yang menunjukkan bahwa ada perubahan atau pembaruan yang kalian pernah alami karena menyadari ada cara yang lebih baik dari yang sudah dilakukan. Misalnya, kalian menemukan cara lebih baik untuk mengatur waktu belajar atau waktu tidur. Cerita itu disampaikan dengan mengikuti urut-urutan sebagai berikut:

a. Apa yang diubah?

b. Dari mana ide untuk berubah itu muncul?

c. Mana yang lebih dulu muncul: menyadari bahwa hal itu tidak bisa lagi dipertahankan, atau karena dapat informasi bahwa ada cara yang lebih baik?

d. Setelah kalian mencoba cara yang baru, apakah betul cara itu lebih baik dari yang sebelumnya dilakukan?

Komentar

  1. 1. 1)Satu-satunya yang kuandalkan-Angel Pieters 2)Indah Rencanamu-Gloria
    2.
    A) Cara mengatur waktu lebih baik.
    B)Ide itu muncul ketika saya merasa jadwal saya begitu padat di setiap harinya baik itu dari organisasi sekolah dll.
    C) Menyadari bahwa saya tidak bisa terlalu banyak mengikuti organisasi sekolah dan akhirnya saya memutuskan untuk keluar dari salah satu organisasi agar tidak sulit mengatur waktu kedepannya.
    D) Ya betul.

    BalasHapus

Posting Komentar