MULTI KULTUR - Bab 10 | PAK Kelas 12 - 2024

 

MULTI KULTUR

Baca dan Renungkan: Galatia 3:28 ; Kolose 3:11

Kita hidup diera global, namun memiliki keterikatan dengan identitas kebangsaan pada satu sisi, namun disisi lain, kita semua adalah warga global yang diikat oleh suatu kepentingan bersama demi mewujudkan dunia yang lebih baik. Pada tataran tersebut, hak semua orang diakui dan diberi tempat tanpa kecuali. Masyarakat dunia masa kini peka terhadap diskriminasi dan pengabaian hak-hak manusia.

Multikulturalisme telah menjadi nilai-nilai kehidupan yang diterima oleh berbagai kalangan masyarakat dan hak-hak asasi manusia dari berbagai latar belakang kehidupan yang berbeda diakui. Bangsa Indonesia sebagai bahagian dari masyarakat global adalah bangsa yang multikultur.Remaja Kristen terpanggil untuk mewujudkan kehidupan solidaritas dan kebersamaan dalam multikultur.

Multikulturalisme adalah:

• Sebuah ideologi yang mengakui dan mengagungkan perbedaan dalam kesederajatan baik secara individual maupun secara kebudayaan.

• Merupakan suatu gagasan untuk mengatur keberagaman dengan prinsip-prinsip dasar pengakuan akan keberagaman itu sendiri. Gagasan ini menyangkut pengaturan relasi antara kelompok mayoritas dan minoritas, keberadaan kelompok imigran masyarakat adat dan lain-lain

 Adanya politik universalisme yang menekankan harga diri kulturalisme sebagai sebuah ideologi yang mengakui dan mengagungkan semua manusia, serta hak akan perbedaan dalam kesederajatan baik secara individual maupun sosial.

• Mencakup suatu pemahaman, penghargaan serta penilaian atas budaya seseorang, serta suatu penghormatan dan keingintahuan tentang budaya etnis orang lain

Multikulturalisme mencakup: gagasan, cara pandang, kebijakan, sikap dan tindakan, oleh masyarakat suatu negara, yang masyarakatnya beragam dari segi etnis, budaya, agama, kelas sosial, gaya hidup dan sebagainya.

Konsep multikulturalisme tidak dapat disamakan begitu saja dengan konsep keanekaragaman menyangkut suku, kebangsaan atau kebudayaan yang menjadi ciri khas masyarakat majemuk. Lebih jauh dari itu, multikulturalisme menekankan kebudayaan dalam kesederajatan. Berkaitan dengan konflik sosial, multikulturalisme merupakan paradigma baru dalam upaya merajut kembali hubungan antar manusia yang belakangan selalu hidup dalam suasana penuh konflik

Melalui multikulturalisme manusia dididik untuk terbiasa menerima berbagai perbedaan yang ada dalam masyarakat, membangun solidaritas dan kerja sama yang saling menopang. Dengan demikian, inti multikulturalisme adalah kesediaan menerima kelompok lain secara sama sebagai kesatuan, tanpa memedulikan perbedaan budaya, etnis, gender, bahasa, ataupun agama. Sedangkan fokus multikulturalisme terletak pada pemahaman akan hidup penuh dengan perbedaan sosial budaya, baik secara individual maupun kelompok dan masyarakat.

Pertanyaan:

1. Jelaskan arti multikultur!

2. Jabarkan multikulturalisme di Indonesia, khususnya dampak positif dan negatif!

 

Komentar

  1. Multikultural adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pandangan seseorang tentang berbagai kehidupan di bumi, atau kebijakan yang menekankan penerimaan keragaman budaya, dan berbagai budaya nilai-nilai (multikultural) masyarakat, sistem, budaya, adat istiadat, dan politik yang mereka pegang.

    Dampak positifnya bisa mengukuhkan persatuan, sementara dampak negatif bisa menyebabkan perpecahan

    BalasHapus

Posting Komentar