Bersiap Menghadapi Tantangan Pergaulan Masa Kini - Bab 8 | PAK Kelas 8 - 2024

 

Bersiap Menghadapi Tantangan Pergaulan Masa Kini

Baca dan Renungkan: Matius 4:1-11

Dalam seluruh kehidupan manusia, tidak ada manusia hidup tanpa tantangan. Semua manusia dalam segala usia pasti mengalami dan menghadapi tantangan.

Oleh karena itu sebagai orang beriman kita perlu melihat dan memahami bahwa setiap tantangan merupakan suatu ujian iman dan bukan sesuatu yang patut kita hindari.

Tantangan Hidup Masa Kini

Tantangan tidak hanya berkaitan dengan berbagai realitas yang berpotensi menyebabkan manusia jatuh ke dalam kehidupan yang jauh dari iman, bahkan dapat terjerumus dalam kehidupan daging. 

Manusiasaat kini dihadapkan pada berbagai persoalan yang tidak sederhana dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satu tantangan yang sangat berpengaruh dalam pergaulan kehidupan kalian masa kini ialah media sosial. 

Media sosial mengajak kita untuk berpartisipasi memberikan secara terbuka dengan memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas. Tidak dapat dipungkiri media sosial mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan seseorang.

Panggilan-Nya untuk Tidak Menjadi Serupa dengan Dunia

Paulus dalam suratnya kepada jemaat Roma mengatakan “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna” (Roma 12:2).

Nats ini mengingatkan bahwa dalam relasinya dengan Allah, manusia harus mencerminkan kedekatannya dengan Allah. Mengapa? Karena kita dipanggil untuk tidak menjadi serupa dengan dunia.

Media Sosial Bisa Dimanfaatkan untuk Kemuliaan Tuhan

Tidak dapat dipungkiri media sosial memiliki banyak keunggulan yang bisa dimanfaatkan untuk kemuliaan Tuhan. Tidak terikat ruang dan waktu merupakan keunggulan dari media sosial, dan hal ini terlihat ketika seseorang menuliskan postingan seperti kesaksian hidup atau nats alkitab yang dinikmatinya, kapan pun waktunya seseorang tersebut bebas untuk menguploadnya. 

Dalam kaitan ini perhatikanlah nasihat Paulus dalam 1 Korintus 10:31 “ ... jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukan semuanya itu untuk kemuliaan Allah.”

Menjadi Garam dan Terang di Media Sosial

Bagaimana cara agar kalian dapat memuliakan Tuhan melalui media sosial? Melalui media sosial, tidak ada lagi alasan bagi kalian untuk sibuk sendiri dan tidak memberikan waktu untuk berbuat sesuatu bagi bangsa ini. 

Semua mungkin terjadi, jika kalian memanfaatkan media sosial dengan baik. Melalui media sosial kalian dapat menjadi garam dan terang bagi semua orang tanpa terkecuali. Kasus-kasus usaha perusakan moral dan mental secara masif terus terjadi dalam media sosial. 

Oleh karena itu, mari taklukkan dan jadikanlah media sosial sebagai sarana untuk menyebarkan nilai-nilai kebaikan, kebenaran dan muliakan Tuhan melalui media sosial yang kalian miliki.

Pertanyaan:

1. Bagaimana respon kalian bahwa media sosial bisa dimanfaatkan untuk kemuliaan Tuhan? Sejauh mana kalian menggunakan media sosial untuk kemuliaan nama Tuhan? Buatlah refleksi dari saat teduhmu setiap pagi dan sharing-kanlah refleksi kalian kepada guru dan orang tua kalian melalui media sosial! (Mari bersikap jujur pada diri sendiri, dengan melihat kembali semua postingan yang kalian sudah lakukan. Apakah sejalan dengan prinsip firman Tuhan?)

2. Sebutkan minimal dua hal, mengapa kita harus berani menghadapi setiap tantangan yang ada saat ini!  Sikap apakah yang harus kalian lakukan, agar berani menghadapi tantangan?

 


Komentar

  1. 1. Ya, saya memakai media sosial dengan meng share ayat-ayat firman Tuhan atau renungan harian.

    2.seseorang di kemudian hari akan menjadi lebih kuat, lebih cerdas, dan lebih tangguh sebagai hasilnya.

    BalasHapus
  2. 1.Oleh karena itu, mari taklukkan dan jadikanlah media sosial sebagai sarana untuk menyebarkan nilai-nilai kebaikan, kebenaran dan muliakan Tuhan melalui media sosial yang kalian miliki.
    2. - harus percaya diri
    - harus percaya ke pada Tunan Yesus
    - Karna tantangan itu pula berhasil membuat iman kita menghasilkan ketekunan, dan biarkanlah ketekunan ini memperoleh buah yang matang, supaya kita menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.

    BalasHapus
  3. (1)Media sosial mengajak kita untuk berpartisipasi memberikan secara terbuka dengan memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas. Tidak dapat dipungkiri media sosial mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan seseorang.

    (2)Semua mungkin terjadi, jika kalian memanfaatkan media sosial dengan baik
    -Melalui media sosial, tidak ada lagi alasan bagi kalian untuk sibuk sendiri dan tidak memberikan waktu untuk berbuat sesuatu bagi bangsa ini.

    BalasHapus
  4. 1.ya saya menggunakan media sosial dengan benar, untuk mengerjakan berkat Tuhan dan mengirim berkat Tuhan.

    2.melewati tantangan dengan berani, dengan cara percaya diri,dan berani

    BalasHapus
  5. 1.Tidak dapat dipungkiri media sosial memiliki banyak keunggulan yang bisa dimanfaatkan untuk kemuliaan Tuhan.

    2. -percaya diri dalam semua masalah
    -pantang menyerah melewati masalah

    BalasHapus
  6. 1.Media Sosial untuk Kemuliaan Tuhan: Sebuah Refleksi

    2.Orang yang paling sukses tidak mengatasi kesulitan, tetapi mereka menerimanya. Inilah cara menghadapi tantangan yang bisa dicontoh. Orang sukses menyadari bahwa menjadi versi diri yang lebih bijaksana dan lebih berkembang adalah anugerah, bukan hambatan untuk diatasi.

    BalasHapus
  7. 1. media sosial memiliki banyak keunggulan yang bisa dimanfaatkan untuk kemuliaan Tuhan. Tidak terikat ruang dan waktu merupakan keunggulan dari media sosial, dan hal ini terlihat ketika seseorang menuliskan postingan seperti kesaksian hidup atau nats alkitab yang dinikmatinya, kapan pun waktunya seseorang tersebut bebas untuk menguploadnya.

    2. agar kita mencapai target yg kita inginkan dan membuat kita lebih berani dan lebih tangguh kedepannya, percaya dengan hasil yg positif, percaya kepada tuhan kalau kita berani dan tangguh, terus belajar agar lebih berani

    BalasHapus
  8. 1.mari taklukkan dan jadikanlah media sosial sebagai sarana untuk menyebarkan nilai-nilai kebaikan, kebenaran dan muliakan Tuhan melalui media sosial yang kalian miliki.

    2.-percaya diri dan percaya kepada Tuhan Yesus kristus
    -Karna tantangan itu pula berhasil membuat iman kita menghasilkan ketekunan.

    BalasHapus
  9. 1. Ya, saya memakai media sosial dengan meng share ayat-ayat firman Tuhan atau renungan harian.
    2.Orang yang paling sukses tidak mengatasi kesulitan, tetapi mereka menerimanya. Inilah cara menghadapi tantangan yang bisa dicontoh. Orang sukses menyadari bahwa menjadi versi diri yang lebih bijaksana dan lebih berkembang adalah anugerah, bukan hambatan untuk diatasi

    BalasHapus
  10. 1.Ya, saya memakai media sosial untuk dengan meng share hal hal yang positif seperti mengirim kan ayat ayat Alkitab
    2.Ketika menghadapi tantangan yang sulit, seseorang di kemudian hari akan menjadi lebih kuat, lebih cerdas, dan lebih tangguh sebagai hasilnya.

    BalasHapus
  11. 1.Padahal, medsos memiliki banyak keunggulan yang bisa kita manfaatkan demi kemuliaan Tuhan. Salah satu keunggulan medsos adalah tidak terikat ruang dan waktu. Sekali menuliskan sesuatu, banyak yang melihatnya. Selain itu, kita juga bisa mengetahui kondisi teman kita dan mengomentari pendapat orang lain.
    2.-Adanya tantangan membentukmu jadi sosok yang lebih dewasa
    -Melalui media sosial, tidak ada lagi alasan bagi kalian untuk sibuk sendiri dan tidak memberikan waktu untuk berbuat sesuatu bagi bangsa ini.

    BalasHapus

Posting Komentar