Aku dan Sesamaku - Bab 7 | PAK Kelas 10 - 2024

 

Aku dan Sesamaku

Baca dan Renungkan: Lukas 6:27-36, Lukas 18:15-17

Manusia adalah mahluk sosial. Artinya, dalam kehidupannya, ia akan selalu membutuhkan kehadiran orang lain. Dalam bab ini, kita akan membahas bagaimana remaja seusia kalian menjalin hubungan dengan sesama, yaitu orang yang lebih muda, sebaya, dan yang lebih tua. 

Pernahkah kalian berbeda pendapat dengan orang lain, mungkin dengan teman, atau bahkan dengan anggota keluarga lainnya? Tentu pernah, bukan? Apa yang biasanya kalian rasakan saat perbedaan itu terjadi? Ingin memenangkan perdebatan itu, ingin mengalah, atau ingin mencapai kesepakatan bersama? Ingin menang adalah hal yang lumrah karena tidak ada yang mau dikalahkan.

Ada lima tingkat yang bisa terjadi ketika kita menjalin hubungan dengan sesama. Mari kita kenali kekhususan masing-masing tingkat ini.

1. Orang asing atau yang tidak dikenal, orang yang mungkin hanya tahu nama atau bahwa sekolahnya sama dengan sekolah kita, tetapi tidak penah saling menyapa. Pada saat ini, kesan pertama memegang peranan penting. Bila kita terkesan pada orang itu dan muncul keinginan untuk mencari tahu lebih lanjut, terbuka kesempatan untuk maju ke langkah berikutnya.

2. Berkenalan terjadi karena ada kesempatan untuk saling menyapa. Akan tetapi, bila ternyata terjalin lebih banyak percakapan, bisa berlanjut ke tahap berikutnya.

3. Berteman karena ada rasa tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, mungkin dipicu oleh kesamaan minat dan kesamaan aktivitas yang ditekuni. Akan tetapi, bila tidak bertemu juga tidak ada rasa kehilangan, tidak saling mencari.

4. Berteman dekat karena sudah ada kebutuhan untuk saling memahami satu sama lain. Demikian pula, ada kesepakatan untuk saling terbuka menceritakan masalah yang sedang dihadapi.

5. Bersahabat sebagai tingkat pertemanan yang tertinggi. Masing-masing pihak sama-sama mengakui bahwa mereka adalah teman terbaik, di masa suka maupun duka, dan tidak perlu berpura-pura bila memang sedang menghadapi suatu masalah. Dengan sahabat, kita bersama-sama tertawa dan menangis dan kita rela membiarkan sahabat melihat sisi rapuh yang memang ada pada kita. Kebahagiaan sahabat adalah kebahagiaan kita, dan sebaliknya

Berteman memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Menguatkan pengenalan diri karena memiliki kesempatan luas untuk membandingkan diri dengan remaja yang seusia.

2. Mendorong keberhasilan di bidang akademis dan melatih kepekaan emosional serta kemampuan bergaul. Mereka yang memiliki teman yang banyak adalah mereka yang dapat menyesuaikan diri dengan lebih baik. Selain itu yang lebih penting, pertemanan juga mengantar remaja memasuki usia dewasa dengan lebih siap.

3. Perempuan lebih mencari kedekatan, dukungan emosional, dan empati dari teman dibandingkan dengan laki-laki.

4. Perempuan juga lebih mudah membuka diri, menyatakan keadaan dirinya dibandingkan dengan laki-laki.

5. Apabila seorang laki-laki diterima di lingkungan yang lebih banyak perempuan, laki-laki itu adalah seseorang yang senang kebersamaan.

6. Sebaliknya, seorang perempuan yang diterima di lingkungan yang lebih banyak prianya adalah seseorang yang lebih memperhatikan status, intelektualisme, pendidikan, dan daya tarik fisik.

7. Perempuan dan laki-laki sama-sama berharap ada solidaritas dalam pertemanan. Artinya, mereka berharap teman adalah orang yang dapat menghabiskan waktu bersama-sama, mengerjakan aktivitas yang sama, dan memiliki kesamaan-kesamaan lainnya.

Dasar Alkitab untuk Menjalin Interaksi dengan Sesama

Prinsip menjalin hubungan dengan sesama sebetulnya hanya satu, yaitu saling menghormati. Perintah Tuhan Yesus untuk ‘mengasihi musuh’ memang sulit untuk dipraktikkan, tetapi merupakan modal utama bila kita ingin menjadi kepanjangan tangan Tuhan dalam menghadirkan Kerajaan Surga di dunia ini (Lukas 6:27-36)

Kepada yang menjadi musuh kita, Yesus meminta kita untuk mengasihi mereka, berbuat baik, memintakan berkat, mendoakan, menyodorkan pipi yang satunya bila pipi kita ditampar, membiarkan ia mengambil milik kita, memberi kepada orang yang meminta kepada kita tanpa berharap dikembalikan.

Ada dua makna yang dapat kita pelajari di sini.

1. Mengasihi orang yang kita kasihi menjadi jauh lebih mudah. Akan tetapi, mengasihi musuh membutuhkan modal yang lebih banyak karena ini bukan kecenderungan yang umumya dimiliki manusia. Hanya anugerah Yesus yang memampukan kita untuk melakukan hal ini.

2. Sebagai pengikut Kristus kita juga diperintahkan untuk melakukannya dengan usaha ekstra, dan sungguh-sungguh. Bila kita menyatakan diri kita sudah berbuat baik, siapakah yang kita jadikan perbandingan? Orang lain? Bukan! Yesus mau agar kita melihat kepada Dirinya sebagai model yang memang berbuat baik tanpa batas.

Martin Luther King, Jr. berpidato tentang cara mengasihi musuh, yaitu sebagai berikut.

1. Lihat dulu pada diri sendiri. Ada banyak orang yang tidak menyukai kita, karena warna kulit, rambut, penampilan fisik, cara kita bicara, atau karena kita lebih pintar dari mereka. Hanya dengan melihat kita, dan belum memulai interaksi pun, mereka sudah tidak menyukai kita. Termasuk meneropong ke diri sendiri adalah dengan mengakui kelemahan dan kekurangan kita bahwa kita bukanlah manusia yang sempurna.

2. Melihat hal-hal baik yang ada pada musuh kita, artinya jangan hanya terpaku melihat kejelekan dan kejahatannya. Setiap manusia hidup dalam ketegangan antara keinginan melakukan yang baik dan melakukan apa yang diingini daging. Tepat seperti ungkapan Rasul Paulus, dalam Roma 7:18-23. Jadi, sebetulnya pada tiap orang ada keinginan untuk berbuat baik. Inilah yang seharusnya kita cari.

3. Bila ada kesempatan untuk mengalahkan musuh kita atau membalas dendam kepadanya, jangan mengambil kesempatan itu. Sebaliknya, kita manfaatkan kesempatan itu untuk merekomendasikan musuh kita mendapatkan suatu pekerjaan yang baik, atau menolongnya agar lebih maju. Ini menunjukkan bahwa kasih mengalahkan kebencian. Sesungguhya kita tidak membenci orang itu secara pribadi, tetapi yang kita benci adalah bahwa ada suatu sistem yang buruk yang membuat orang menjadi bermusuhan satu sama lain.

4. Perhatikan tiga kata yang dipakai untuk menggambarkan kasih dalam bahasa Yunani. Yang pertama adalah eros, artinya mengasihi karena ada unsur keindahan sehingga muncul keinginan untuk mendekatinya. Yang kedua adalah philia, selain ada unsur keindahan, ada ketertarikan pada kedua belah pihak. Kita menyukai seseorang karena orang itu juga menyukai kita. Kita senang bisa mengobrol berjam-jam dengan seseorang untuk suatu topik yang sama-sama kita sukai. Ketiga adalah agape yang mengandung unsur memahami, kreatif, menyelamatkan, dan menginginkan yang terbaik untuk semua orang. Kasih agape tidak mengharapkan balasan. Bila kita mengasihi seseorang dengan kasih agape, kita tidak melihat apakah orang itu menyenangkan atau tidak. Kita mengasihinya karena memang Tuhan mengasihi orang itu meskipun orang itu adalah orang terburuk di dunia.

Hanya dengan mengasihi dalam dimensi agape, kita bisa memutus mata rantai permusuhan yang membelenggu dunia. Apa yang disediakan dunia tidak cukup untuk menghapus kebencian dan kekejian. Akan tetapi, bila kita melihat bagaimana kasih Tuhan begitu besar, kita pun harusnya mau membagikan kasih itu sehingga setiap orang mendapatkan kesempatan untuk menjadi lebih baik

Pertanyaan:

1. Apakah sebagai pengikut Kristus kita dapat melakukan sesuatu untuk membuat kehidupan bermasyarakat menjadi lebih baik? Jelaskan!

2. Bagaimana menyampaikannya? ketika kalian bisa membagikan pesan Yesus untuk mengasihi musuh.

Komentar

  1. 1. ya, karena kita diajarkan untuk melakukan saling mengasihi, jadi kita dapat seperti membuat saling mengasihi satu sama lain sepeeti di sekolah tidak membeda bedakan pertemanan dan salimg menghargai
    2.dengan cara kita harus terlebih dahulu mengasihi musuh kita seperti yang Yesus ajarkan , baru kita bisa mengajarkan kepada teman atau siapapun yang mempunyai musuh agar kita mengajarkan bawha kita diajarkan oleh Tuhan kita yaitu Yesus Kristus mengajarkan kasih yang harus mengampuni musuh kita dan membalasnya dengan kebaikan.

    BalasHapus
  2. 1.Ya, karena kita harus toleransi, mengasihi dan menghormati
    2.dengan cara mengasihi musuh kita, tidak dendam dan membalasnya dengan kebaikan

    BalasHapus
  3. 1.ya dapat, contohnya kita dapat melakukan hal yang baik.seperti tidak membeda bedakan teman atau pun kalau misalnya kita lagi ada masalah terhadap sesama sebaiknya kita saling maaf memaafkan

    2.dengan cara kita terlebih dahulu memaafkan orang yang bersalah kepada kita.setelah itu kita menjelaskan kepada mereka bahwa bertengkar adalah hal yang tidak di sukai oleh yesus.oleh sebab itu sebaiknya kita saling mengasihi terhadap sesama

    BalasHapus
  4. 1. Ya tentu saja, sebagai pengikut Kristus kita harus bisa berbuat baik di lingkungan masyarakat, contohnya seperti saling menghormati dan menghargai, mengasihi sesama, menolong, memaafkan, dan selalu ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang bersifat positif

    2. Cara menyampaikan pesan Yesus untuk mengasihi musuh ya itu dengan cara memaafkannya, karena kita adalah garam terang dunia, sebagai garam terang dunia kita harus bisa mempengaruhinya ke hal yang positif dan tidak terpengaruh oleh hal buruk

    BalasHapus
  5. 1.ya dapat, contohnya kita dapat melakukan hal yang baik.seperti tidak membeda bedakan teman atau pun kalau misalnya kita lagi ada masalah terhadap sesama sebaiknya kita saling maaf memaafkan

    2.dengan cara kita terlebih dahulu memaafkan orang yang bersalah kepada kita.setelah itu kita menjelaskan kepada mereka bahwa bertengkar adalah hal yang tidak di sukai oleh yesus.oleh sebab itu sebaiknya kita saling mengasihi terhadap sesama

    BalasHapus

  6. 1. Salah satu peranan orang Kristen dalam masyarakat majemuk Indonesia adalah menjadi murid Kristus yang menjadikan orang lain menjadi murid Kristus yang toleran, pembawa damai, menjunjung tinggi perbedaan sebagai anugerah Tuhan yang terindah, serta memperlakukan orang lain yang berbeda agama, suku dan bahasanya
    2. dengan cara kita harus terlebih dahulu mengasihi musuh kita seperti yang Yesus ajarkan , baru kita bisa mengajarkan kepada teman atau siapapun yang mempunyai musuh agar kita mengajarkan bawha kita diajarkan oleh Tuhan kita yaitu Yesus Kristus mengajarkan kasih yang harus mengampuni musuh kita dan membalasnya dengan kebaikan

    BalasHapus
  7. 1.Ya, karena kita harus toleransi, mengasihi dan menghormati
    2.dengan cara mengasihi musuh kita, tidak dendam dan membalasnya dengan kebaikan

    BalasHapus
  8. 1.ya , karena kita diajarkan untuk melakukan saling mengasihi, jadi kita dapat seperti membuat saling mengasihi satu sama lain sepeeti di sekolah tidak membeda bedakan pertemanan dan salimg menghargai

    2.dengan cara kita terlebih dahulu memaafkan orang yang bersalah kepada kita.setelah itu kita menjelaskan kepada mereka bahwa bertengkar adalah hal yang tidak di sukai oleh yesus.oleh sebab itu sebaiknya kita saling mengasihi terhadap sesama

    BalasHapus
  9. 1.Ya, karena kita harus toleransi, mengasihi dan menghormati
    2.dengan cara mengasihi musuh kita, tidak dendam dan membalasnya dengan kebaikan THEOFILUS IMMANUEL

    BalasHapus
  10. 1.Ya, karena kita harus toleransi, mengasihi dan menghormati
    2.dengan cara mengasihi musuh saling menolong saling mengasihi (Serepka panggabean)

    BalasHapus

Posting Komentar