PAK Kelas 8 - 2023 | PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI ERA DIGITAL DIGITAL - Bab 2

 


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI ERA DIGITAL DIGITAL

Baca Alkitab : Amsal 1:7; 3:5-6

Salah satu perkembangan IPTEK yang sedang pesat saat ini ialah teknologi digital. Teknologi digital dimulai pada revolusi industri 4.0 di mana munculnya teknologi komunikasi dan informasi dengan penggunaan komputer yang sangat ekstensif dan masif. Tenaga manusia banyak digantikan oleh mesin dalam arti bahwa sebagian kebutuhan manusia dapat terpenuhi melalui teknologi digital ini. Peran teknologi inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era digital.

Paperless merupakan salah satu tren era digital di mana penggunaan kertas menjadi lebih sedikit. Kita tidak harus mencetak foto maupun dokumen yang dibutuhkan pada kertas, melainkan dalam bentuk digital. Penyimpanan secara digital lebih aman daripada menyimpan bermacam dokumen dalam bentuk kertas. Digitalisasi dokumen berbentuk file elektronik menjadi lebih mudah seperti halnya dalam bentuk e-book. Dengan e-book, kita tidak lagi harus menyimpan buku-buku yang tebal secara fisik dan membutuhkan tempat yang luas. Dengan file digital juga dokumen jelas menjadi lebih ringkas, setiap saat dapat dibuka melalui komputer dan ponsel.

Selain itu perkembangan situs jejaring sosial telah mengubah gaya hidup manusia saat ini. Situs jejaring sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Awal mula situs jejaring sosial muncul pada tahun 1997 dengan beberapa situs yang lahir berbasiskan kepercayaan. Setelah itu mulai dari tahun 2000-an muncul situs pertemanan yang bernama Friendster, MySpace, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Dampak Positif:

• Memberikan berbagai kemudahan. IPTEK mampu membantumu dalam beraktivitas, khususnya dalam kehidupan sehari-hari.

• Menunjang kegiatan belajar dan menciptakan serta meningkatkan kreativitas.

• Menambah pengetahuan dan wawasan.

• Mempercepat proses yang lama. Dengan IPTEK peserta didik tidak perlu menunggu waktu lama untuk mengirim atau menerima berita.

• Memudahkan penyebaran atau meluasnya berbagai informasi. 

Dampak negatif

• Menjadi malas ke gereja, malas berdoa atau membaca Alkitab sehingga tidak peduli kepada Tuhan akibat kecanduan teknologi internet.

• Menjadi malas belajar dan kecanduan bermain alat elektronik seperti telepon genggam.

• Menjadi individualistis dan eksklusif.

• Terjadinya kemerosotan moral atau pelanggaran asusila.

• Melakukan tindakan kriminal.

• Pemborosan uang untuk hal yang tidak perlu.


Tugas Hari ini:

1. Sebutkan respon kamu terhadap hal-hal yang dipengaruhi teknologi dalam gereja

2. Jelaskan apa saja yang akan dihadapi bagi generasi kamu saat ini terkait dengan perkembangan teknologi di era digital ini dan bagaimana cara menyikapinya!

Komentar

  1. 1. Dengan adanya ibadah online orang yang tidak bisa mengikuti ibadah secara langsung atau sedang sakit dirumah bisa mengikuti ibadah online

    2. Dengan menggunakan teknologi digital secara positif. Dan tidak menggunakan secara berlebihan

    BalasHapus
  2. 1. IPTEK hadir dikehidupan kita sebagai manusia semata-mata sebagai sarana untuk memuliakan Tuhan.

    2. Menggunakan teknologi secara bijak dan menyaring informasi-informasi yang ada agar tidak terjerumus dan menyesuaikan kebutuhan akan informasi, mengetahui sejauh mana privasi yang dimiliki, menghargai privasi milik orang lain.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. 1. Mengurangi penggunaan teknologi dan lebih fokus dengan apa yang kita jalankan/kegiatan dalam hidup kita. Serta penggunaan teknologi juga bisa kita manfaatkan dengan hal yang lebih positif, kita bisa memperoleh berkat Tuhan, ibadah online, saat teduh online dan banyak sekali hal positif yang perlu kita gunakan dan kitapun bisa mengurangi hal negatif.
    2. Menggunakan teknologi dengan hal positif, karna dalam teknologi banyak sekali hal positif yang bisa kita peroleh untuk kebutuhan kita dalam kehidupan sehari hari dan tidak menggunakan teknologi secara negatif, kita harus bisa menggunakan teknologi dengan bijak

    BalasHapus

Posting Komentar