PAK Kelas 8 - 2023 | KETELADANAN HIDUP: BELAJAR DARI TOKOH - Bab 6

 


KETELADANAN HIDUP: BELAJAR DARI TOKOH

Baca Alkitab: 1 Korintus 11:1

Mengenal Tokoh-tokoh Gereja:

1. Martin Luther

Martin Luther dikenal seorang tokoh reformasi gereja di Jerman. Luther dilahirkan pada 10 November 1483 dalam sebuah keluarga petani di Eisleben, Thuringen, Jerman. Luther beroleh nama Martinus pada 11 November 1483 ketika dibaptiskan. Ayahnya bernama Hans Luther dan ibunya bernama Margaretta. Keluarga Luther adalah keluarga yang saleh seperti biasanya golongan petani di Jerman.

Pada tahun 1501, Luther memasuki Universitas Erfurt, suatu universitas terbaik di Jerman. Ia belajar filsafat terutama Filsafat Nominalis Occam dan teologia skolastika, serta untuk pertama kalinya Luther membaca Alkitab Perjanjian Lama. 

Orang tuanya menyekolahkan Luther di sekolah ini untuk persiapan memasuki fakultas hukum. Mereka menginginkan anak mereka menjadi seorang ahli hukum. Namun pada tanggal 2 Juni 1505, Luther memutuskan studinya untuk menjadi biarawan. 16 Juli 1505,

Martin Luther mulai memasuki biara di Erfurt dengan didukung oleh sahabat- sahabatnya, sedangkan orang tuanya tidak mendukung karena mereka tidak menyetujuinya. Dalam biara ia berusaha mematuhi dengan keras segala aturan- aturan yang ada. Ia banyak berpuasa dan berdoa, sehingga terlihat paling saleh dan rajin di antara semua biarawan. Ia mengaku dosanya di hadapan imam sekali seminggu dan dalam setiap ibadah doa, Luther mengucapkan 27 kali Doa Bapa Kami dan Ave Maria. Luther membaca Alkitab dengan rajin dan teliti. Semua itu diperbuatnya untuk mencapai kepastian tentang keselamatannya.

Sebenarnya Luther mempunyai pergumulan yang berat, yaitu bagaimana memperoleh seorang Allah yang berbelas kasih. Gereja mengajarkan bahwa Allah adalah seorang hakim yang akan menghukum orang yang tidak benar dan melepaskan orang yang benar. Luther merasa bahwa dirinya tidak mungkin menjadi orang yang benar dan pasti mendapat hukuman dari Allah. 

Pemimpin biara yang cukup bijaksana dan penuh pengertian, Johannes Von Staupitz mendorong Martin untuk tetap setia dalam panggilannya. Staupitz melihat dalam diri Luther ada tersirat suatu gambaran penuh pengharapan, karena orang ini akan menjadi seorang pembaharu yang luar biasa.

Pada tanggal 2 Mei 1507, Luther ditahbiskan menjadi Imam. Ketika Luther menyelidiki Roma 1:16-17, ia menemukan bahwa kebenaran Allah itu tidak lain adalah mau menerima orang-orang berdosa serta yang menyesali dosanya, tetapi Allah akan menolak orang-orang yang menganggap dirinya benar. 

Melalui penemuannya ini akhirnya Luther menulis: “Aku mulai sadar bahwa kebenaran Allah tidak lain daripada pemberian yang dianugerahkan Allah kepada manusia untuk memberi hidup kekal kepadanya; dan pemberian kebenaran itu harus disambut dengan iman.

Injillah yang menyatakan kebenaran Allah itu, yakni kebenaran yang diterima oleh manusia, bukan kebenaran yang harus dikerjakannya sendiri. Dengan demikian, Tuhan yang penuh belas kasih itu membenarkan kita oleh anugerah dan iman saja. Aku seakan-akan diperanakkan kembali dan pintu firdaus terbuka bagiku. Pandanganku terhadap seluruh Alkitab berubah sama sekali karena mataku sudah celik sekarang.” Luther menyampaikan penemuannya itu di dalam kuliah-kuliahnya. Dalam kisah ini kita dapat melihat beberapa dasar karakter yang dimiliki oleh Martin Luther.

Martin Luther mempunyai karakter dasar yang kuat yang diantaranya tidak egois, jujur, dan disiplin. Terbukti ia selalu mau belajar dan disiplin dalam memahami selama ia dalam universitas dalam meraih gelar doktor teologi.

Dan dalam kedisiplinannya ia juga menjadi tokoh penggerak Reformasi dalam dunia kekristenan dengan terus memberikan idiologi yang baru sesuai dengan apa yang tertulis dalam Alkitab. Sabar, bertanggung jawab, dan sungguh-sungguh merupakan karakter unggulan yang sangat terlihat dalam kehidupan Martin Luther. Terbukti ia penuh kesabaran untuk mencari ketenangan diri, bertanggung jawab atas apa yang telah diputuskan meski harus menentang keinginan ayahnya.

2. Hudson Taylor


Hudson Taylor dilahirkan di Yorkshire, Inggris, pada tahun 1832. Sejak masih kecil, ayahnya, James Taylor, telah menanamkan hati misi kepadanya. Setiap hari ayahnya yang adalah seorang ahli farmasi selalu membacakan dan menjelaskan ayat-ayat Alkitab kepada anaknya, bahkan ia menginginkan agar anaknya kelak menjadi seorang utusan Injil. Usaha ini ternyata tidaklah sia-sia, sebelum berumur 5 tahun, Hudson kecil sudah berkata, “Kalau saya dewasa, saya akan menjadi seorang utusan Injil dan pergi ke Tiongkok.”

Meskipun sejak kecil ia sudah menjadi Kristen, pada saat remaja ia merasa ragu-ragu terhadap apa yang diajarkan ayahnya. Namun demikian, berkat doa ibu dan adik perempuannya, akhirnya ia dapat mengatasi keraguannya.

Pada waktu ia berumur 17 tahun, setelah ia membaca traktat yang menceritakan karya penyelamatan Kristus yang ditemukannya di ruang baca ayahnya, ia lalu berlutut dan berdoa kepada Tuhan serta mohon pengampunan-Nya.

Sejak saat itu, Taylor mulai memfokuskan diri untuk mewujudkan kerinduannya melayani sebagai seorang utusan Injil ke Tiongkok. Meskipun jiwa misi sudah tertanam di hatinya, ia tetap mengambil pendidikan di bidang farmasi. Keinginannya untuk melakukan misi penginjilan ke Tiongkok baru terwujud secara tidak sengaja ketika Hong Xiuquan, yang juga seorang Kristen.

Taylor mulai berlayar ke Tiongkok pada bulan September 1853 dan tiba di Shanghai pada awal musim semi tahun 1854. Bagi Taylor, Tiongkok dengan berbagai adat-istiadat masyarakatnya dan berbagai keunikan

lainnya merupakan tantangan tersendiri bagi Taylor. Setibanya di Shanghai dan tinggal di rumah pertamanya, masalah utama yang dihadapi Taylor adalah kesepian.

Usaha untuk menyesuaikan diri dengan bahasa setempat sempat membuatnya sangat tertekan, tetapi dengan iman dan kepercayaannya yang kuat kepada Tuhan, ia berhasil mengatasinya. Setahun setelah Taylor tiba di Tiongkok, ia segera melakukan perjalanan penginjilan menelusuri pedalaman Tiongkok.

Meskipun demikian, masyarakat Shanghai tidak memerhatikan pesan yang ia sampaikan. Namun di pedalaman, keadaannya justru berbeda. Mereka justru lebih tertarik pada cara berpakaian dan cara hidupnya daripada kabar yang ia bawakan. Keadaan ini membuat Taylor menyadari bahwa hanya ada satu cara untuk bisa melakukan penginjilan di daerah ini, yaitu dengan mengikuti cara berpakaian serta kebudayaan mereka.

Meskipun tidak mudah bagi Taylor untuk mengikuti tradisi orang Tiongkok, ia tetap melakukannya juga. Ia rela mengucir rambutnya dan memotong rambut di bagian depan kepalanya, ia juga rela mengubah cara berpakaiannya. Walaupun perubahan penampilan itu sangat menyiksa dirinya, bahkan ia dijadikan bahan lelucon oleh para misionaris lainnya, tetapi perubahan itu justru menjadi ciri khususnya.

Usaha ini ternyata tidaklah sia- sia karena dengan penampilannya yang baru ini ia menjadi semakin mudah melakukan perjalanan penginjilan ke seluruh Tiongkok. Perjalanan yang harus ditempuhnya bukanlah perjalanan mudah karena selain menginjili, Taylor juga melakukan praktik pengobatan dan ia pun harus bersaing dengan tabib- tabib lokal.

Dalam kisah ini kita dapat mempelajari kisah hidup seorang misionaris yang sangat luar biasa. Panggilannya untuk melayani Tuhan dilakukannya dengan sepenuh hati dan sebuah tekad yang hebat. Dalam perjalanan pelayanannya banyak hal dan kesulitan hidup yang harus dijalani, namun iman percayanya kepada Tuhan sungguh luar biasa. 

Panggilan pelayanan yang kuat dapat mengalahkan segala tantangan yang harus ia hadapi, hal ini terbukti setiap pelayanan misi yang dikerjakan menghasilkan buah yang indah.

3. Mother Theresa


Bunda Teresa adalah seorang yang memiliki hati melayani di tengah- tengah masyarakat miskin di India. Dilahirkan di Skopje, Albania pada 26 Agustus 1910, Bunda Teresa merupakan anak bungsu dari pasangan Nikola dan Drane Bojaxhiu. Ia memiliki dua saudara perempuan dan seorang saudara lelaki. Pada usia remaja, Gonxha bergabung dalam kelompok pemuda jemaat lokalnya yang bernama Sodality.

Melalui keikutsertaannya dalam berbagai kegiatan, Gonxha tertarik dalam hal misionari. Pada tanggal 28 November 1928, ia bergabung dengan Institute of the Blessed Virgin Mary, yang dikenal juga dengan nama Sisters of Loretto dan ia mengikrarkan komitmennya bagi Tuhan. Akan tetapi, kesehatannya memburuk dan ia menderita TBC sehingga tidak bisa lagi mengajar. Untuk memulihkan kesehatannya, ia dikirim ke Darjeeling. Dalam kereta api yang tengah melaju menuju Darjeeling, Suster Teresa mendapat panggilan yang berikut dari Tuhan; sebuah panggilan di antara banyak panggilan lain. Kala itu, ia merasakan belas kasih bagi banyak jiwa, sebagaimana dirasakan oleh Kristus sendiri. Selama berbulan-bulan ia mendapatkan sebuah visi bagaimana Kristus menyatakan kepedihan pada kaum miskin yang ditolak.

Pada 21 Desember 1948, Ia memulai pelayanannya dengan membuka sebuah sekolah di lingkungan yang kumuh. Karena keterbatasan dana, ia membuka sekolah terbuka di sebuah taman. Di sana, ia mengajarkan pentingnya pengenalan akan hidup yang sehat dan mengajarkan membaca dan menulis pada anak-anak yang miskin. Selain itu, berbekal pengetahuan medis, ia juga membawa anak-anak yang sakit ke rumahnya dan merawat mereka. Tuhan memang tidak pernah membiarkan anak-anak-Nya berjuang sendirian. Inilah yang dirasakan oleh Bunda Teresa tatkala perjuangannya mulai mendapat perhatian, tidak hanya individu-individu, melainkan juga dari berbagai organisasi gereja.

Melalui tokoh Mother Theresa kita dapat mempelajari bagaimana ia menyadari akan panggilan hidupnya bagi orang banyak serta memprioritaskan kaum miskin dan tertindas diatas kepentingan pribadinya. Sebagai seorang biarawati, Mother Theresa tetap bertanggung jawab pada pendidikan dan keimanannya dan yang akhirnya ia terlibat pada aksi kemanusiaan.

Mengenal Tokoh-tokoh Masyarakat

1. Y.B. Mangunwijaya

Yusuf Bilyarta Mangunwijaya dilahirkan pada tanggal 6 Maret 1929 di Ambarawa, Jawa Tengah. Ia dikenal memiliki jiwa humanisme yang begitu kental dengan membela kemanusiaan dan keadilan serta memperjuangkan orang-orang yang terpinggirkan.

Adapun sosok lain dari Rm. Mangun ialah seorang rohaniawan, arsitek, dan penulis. Sebagai pejuang kemanusiaan, Rm. Mangun memperjuangkan keadilan bagi warga Kali Code yang akan digusur. Melalui pelayanan yang ia lakukan, pemukiman di pinggiran Kali Code telah menjadi tempat hunian yang nyaman, bersih, dan sesuai dengan tata ruang wilayah. Dalam aksi yang telah dilakukannya, ia pun memperoleh penghargaan internasional.

Sebagai seorang penulis sekaligus pendidik, karya tulis yang dihasilkan Romo Mangun bukanlah karya tulis sembarangan. Hal ini terwujud dari kalimat yang panjang dan tak jarang sulit dipahami. Ia mengatakan bahwa “tulisan saya adalah realitas”.

Dalam bidang kesusastraan, salah satu hasil karyanya Burung-Burung Manyar (1981) yang menuai penghargaan dari Ratu Thailand Sirikit lewat ajang The South East Asia Write Award 1983. Ia juga menjadi orang Indonesia kedua setelah Goenawan Mohammad yang mendapat penghargaan The Professor Teeuw Award di Leiden, Belanda, untuk bidang susastra dan kepedulian terhadap masyarakat.

Tidak hanya dalam bidang arsitektur dan penulisan, Romo Mangun pun memiliki keprihatinan terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Salah satu wujud dari keprihatinan Romo Mangun, ia mendirikan Yayasan Dinamika Edukasi Dasar. Catherine Mills, dalam tesis mengenai Romo Mangun, ia mengutip perkataan Romo, “When I die, let me die as a primary school teacher (kalau saya meninggal, biarkan saya meninggal sebagai guru sekolah dasar).”

Bagi Romo Mangun, pendidikan dasar jauh lebih penting daripada pendidikan tinggi. Melalui Romo Mangun kita dapat meneladani sikap memperjuangkan harkat manusia yang terpinggirkan. Ia berjuang untuk kehidupan manusia yang lebih baik.

2. Johannes Leimena


Dr. Johannes Leimena, lahir di Ambon, Maluku 6 Maret 1905. Leimena atau lebih dikenal sebagai Om Jo merupakan salah satu tokoh pahlawan Indonesia.

Pemikiran dan tindakan beliau selama hidup telah mencatatkan beberapa hal penting. Satu hal yang bersejarah dari seorang Johannes Leimena adalah ketika ia menjadi inisiator deklarasi Sumpah Pemuda tahun 1928.

Arti peristiwa itu memperlihatkan bahwa ia lekat dan kental dengan

pemikiran kemudaaan dan kebangsaan. Kesejatian seorang pejabat pemerintahan suatu negara dilihat dari perilaku dan kebijakan yang ditempuhnya semasa menjabat suatu posisi dalam negara dan pemerintah. Sejauh mana penerimaan masyarakat luas terhadap perilaku dan kebijakannya memimpin menentukan kualitas kenegarawanan seseorang.

Leimena dianugerahi predikat negarawan sejati, bukan saja karena ia tahu seluk beluk memimpin satu negara melainkan didukung juga oleh karakter individu yang bersangkutan sewaktu ia menjabat posisi pemimpin negara.

Kenegarawanan Leimena dapat ditelusuri dari gaya kepemimpinannya,  Kenegarawanan seorang Leimena bisa ditelusuri dari keikutsertaannya pada seluruh kabinet masa pimpinan Presiden Soekarno. Johannes Leimena masuk ke dalam 18 kabinet yang berbeda sejak Kabinet Sjahrir II tahun 1946.

Mengenai keikutsertaannya pada berbagai kabinet tersebut, Dr. Kyaw Than, seorang dosen dan teolog dari Myanmar, sebagai orang Burma di perantauan, mengatakan, “DR. J. Leimena about whom in those days people say, goverments may go, but Leimena stays on forever.”

Selain mendapat pujian dari berbagai kalangan, Leimena tak lepas dari cemoohan orang yang tak senang dengan keberhasilannya. Ada anggapan Om Jo adalah “bunglon” politik yang selalu ganti warna atau seperti kata bersayap, “ke mana angin bertiup, ke sana condongnya”. Anggapan itu dengan sendirinya pupus karena Leimena sungguh punya kualitas dan kemampuan. Leimena tidak menampik bahwa Soekarno adalah sahabatnya. Oleh karena kedekatan dengan Bung Karno dan didukung oleh kemampuan intelektual yang mantap serta pendukung lainnya, membuat Leimena memimpin bangsa ini.

Satu hal yang menopang diri Leimena sehingga terbentuk menjadi negarawan sejati adalah karakternya yang tenang. Kata rustig, rustig, dan rustig sering ia sebutkan. “Tenang, tenang, dan tenang!” Ia berbicara bagai air sungai mengalir. Ia disegani para perunding, baik dari pihak Belanda maupun Jepang pada saat perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Leimena pada masa muda tak menyangka telah terjun begitu jauh di bidang politik. “Politik itu etika untuk melayani, bukan teknik untuk berkuasa,” begitu sering ia ucapkan. Maksud kalimat itu adalah menekankan pemahaman bahwa berpolitik adalah untuk melayani sesama, bukan sebaliknya menguasai sesamanya. Bidang politik sudah ditekuninya semasa muda.

Pendidikan politik yang dia jalani berbeda dari jalur yang biasa dijalani oleh orang muda sekarang dan kaum muda masa orde baru. Walaupun ia politisi Kristen, Leimena tetaplah menjadi seorang yang mampu memposisikan dirinya dalam dinamika politik saat itu yang beragam macamnya. Ideologi Kristen dapat dipertemukan dengan ideologi Pancasila yang menjadi pandangan hidup bangsa.

Karya dan pengaruh Leimena sungguh terasa bagi orang Kristen. Ia juga yang mempertemukan nilai-nilai Pancasila dan iman Kristen. Melalui tokoh Johannes Leimena kita dapat belajar tentang nilai-nilai kejujuran, integritas dan pengorbanan tanpa pamrih. Keteladanan dari sosok Johannes Leimena menjadi guru bangsa dan integritas diri merupakan simbol dari nasionalis sejati.

 

Tugas hari ini:

1. Ceritakan dan sebutkan tokoh idola yang kamu kagumi. Mengapa kamu mengagumi tokoh tersebut?

2. Teladan hidup seperti apakah yang sudah kamu terima dan kamu terapkan dalam kehidupanmu?

Komentar

  1. 1. Nikola Tesla,
    Nikola Tesla adalah seorang pereka cipta, fisikawan, teknisi mekanik, dan teknisi listrik berkebangsaan Serbia-Amerika. Ia terkenal berkat kontribusinya dalam mendesain sistem kelistrikan arus bolak-balik. Nikola Tesla lahir pada 10 Juli 1856. Saya menyukai Nikola Tesla karena Nikola Tesla merupakan seorang yang pintar dan tidak mudah menyerah, serta ia mampu mengkontribusi dalam mendesain sistem kelistrikan arus bolak-balik (AC).

    2. Tidak pilih kasih, peduli terhadap sesama, kesabaran, suka mengampuni, rela berkorban, teladan, dan sopan santun

    BalasHapus
  2. 1. Tidak. Ada

    2.Teladan dalam Penderitaan
    Teladan Pengampunan.
    Teladan Kerendahan Hati. Teladan tidak berdosa.
    Teladan Kemurahan Hati
    Teladan tidak pernah menipu.
    Teladan tidak mencaci maki.
    Teladan kesabaran.
    Berserah kepada Allah.
    Teladan dalam beriman.

    BalasHapus

Posting Komentar