PAK Kelas 12 - 2023 | TALENTA KU BAGI BANGSA DAN NEGARA - Bab 3

 


TALENTA KU BAGI BANGSA DAN NEGARA 

Baca Alkitab: Mazmur 139:13-14 

Kalau kita merenungkan bagaimana Tuhan membuat kita dari sejak dalam kandungan sampai keadaan kita saat ini, kita akan kagum seperti pemazmur melihat kedahsyatan kejadian kita. Kita bertumbuh dari satu sel kecil yang dibentuk oleh Tuhan dalam kandungan ibu kita, diberikan organ-organ yang kita perlukan untuk hidup sebagai manusia.

Kita dilahirkan sebagai bayi yang harus bergantung kepada orang lain untuk bisa hidup dan Tuhan telah menentukan bagi kita hari hari kehidupan yang harus kita tempuh sampai kita diselamatkan oleh Tuhan secara ajaib dan kita dilahirkan kembali dari Roh masuk dalam Kerajaan Tuhan yang ajaib itu. Kita tidak dapat membalas kebaikan Tuhan yang ajaib itu selain memuji dan memuliakan nama Tuhan dalam hidup kita dengan melakukan segala perintah Kristus dengan kuasa dan dengan dipimpin oleh Roh Kudus. Dengan demikian kita juga akan menjadi berkat keselamatan bagi orang lain sehingga mereka juga menyadari kedahsyatan Tuhan yang baik itu. Masa lalu kita telah dibentuk oleh Tuhan secara ajaib dan masa depan kita juga dijamin. 

Tiap manusia dapat menemukan dalam dirinya kemampuan dan talenta yang merupakan kekuatan dalam dirinya yang dianugerahkan Tuhan. Sebagai makluk istimewa dan gambar Allah, remaja kristen terpanggil untuk menggali kemampuan dan talenta dalam dirinya, mengembangkannya serta memanfaatkannya bagi kepentingan banyak orang. 

Kemampuan dan talenta yang dimiliki membutuhkan proses pematangan melalui latihan dan praktik, melalui proses seperti itu, anak-anak dan remaja Kristen dapat memiliki kemampuan dan talenta yang sudah matang.

Talenta atau bakat adalah kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam tempo yang relatif pendek dibandingkan orang lain, namun hasilnya justru lebih baik. Bakat merupakan potensi yang dimiliki oleh seseorang sebagai bawaan sejak lahir. 

Tiga Langkah memupuk Talenta Anak

1. Amati dan kenali bakat anak dan remaja. Setiap anak dan remaja memiliki kombinasi kekuatan dan talenta. Setiap anak adalah spesial dan unik. Identifikasi apa talenta dan kekuatan yang ada pada diri anak dan remaja.

2. Asah dan kembangkan bakat anak dan remaja dalam sebuah proses bukan dengan cara instan. Dalam hal ini anak dan remaja dibimbing untuk menghargai proses demi mencapai hasil yang baik. Misalnya, ketika mengikuti lomba ataupun kompetisi, mereka didorong untuk berproses dengan serius sehingga target utama mereka bukan hanya menjadi juara tetapi berusaha dengan sepenuh hati. Jika mereka menang dalam lomba ataupun kompetisi, itu merupakan bonus dari kerja keras yang sungguh-sungguh. Jika tidak menang, mereka tetap dihargai karena telah melaksanakannya dengan sungguh-sungguh karena kalah dan menang adalah peristiwa biasa dalam sebuah lomba atau kompetisi. Memang agak sulit menanamkan nilai-nilai seperti ini karena dunia masa kini menuntut anak-anak dan remaja untuk selalu tampil menjadi yang terbaik, menjadi unggul sehingga memacu persaingan yang ketat luar biasa.

3. Sediakan sumber daya untuk mengembangkan minat anak

Anda. Sediakan lingkungan belajar yang kaya berdasarkan minat, bakat atau talenta anak dan remaja. 

Langkah-langkah Untuk Mengembangkan Talenta

1. Temukan alasan atas setiap talenta yang dimiliki

Mengapa seseorang harus melakukan tindakan sebagai wujud talentanya? Meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan ini untuk diri sendiri dan memberikan formulasi yang tepat, akan meletakkan dasar yang kokoh dalam membangun serta mengembangkan talenta yang diberikan Tuhan. 

Jika seseorang telah mendefinisikan dengan jelas alasan untuk diri sendiri, ini akan membantu mereka untuk fokus pada hal yang paling penting. Ini akan meningkatkan tekad untuk berjuang dan bertahan ketika menghadapi tantangan. 

Menemukan jawaban yang tepat terhadap alasan seseorang harus mewujudkan talentanya dalam tindakan akan memberikan kekuatan untuk menghadapi tantangan yang datang ataupun perasaan gagal, ingin menyerah dll. Maka, ketika semuanya tiba, seseorang sudah memiliki jawaban untuk bertahan.

2. Cari tahu strategi dan cara yang dibutuhkan dalam newujudkan talenta dalam diri

Memiliki strategi dan ketrampilan yang harus dipelajari dan dikuasai merupakan peta jalan kearah implementasi talenta yang dimiliki dalam bentuk tindakan nyata. Pelajari kisah sukses orang-orang yang ada dalam bakat atau talenta yang sama. Amat penting untuk belajar dari orang lain.

3. Ketahui kekuatan dan kelemahan Anda, lalu fokuslah pada

kekuatan Anda Dalam mengasah bakat atau talenta, seseorang harus memiliki “peta diri” yaitu kelemahan dan kekuatan dirinya. Mengenal kekuatan dan kelemahan diri akan membantu seseorang untuk belajar mengatasi kekuarngan dirinya dan menggunakan kekuatan dirinya sebagai energi yang membangkitkan semangat untuk terus maju. Jangan berfokus pada kelemahan diri, sebaliknya lebih fokus pada kekuatan diri karena jika kita fokus pada kelemahan diri maka akan melemahkan daya juang untuk maju.

4. Ambil nasihat dan masukan yang membangun 

Kadang-kadang kita menemukan diri kita dalam kesulitan di mana bahkan ketika kita telah mencapai kemampuan berdiri dengan kedua kaki kita sendiri, kita masih merasa perlu untuk meminta nasihat atau umpan balik dari orang yang kita anggap layak untuk itu. kita. 

Tidak ada salahnya mendapatkan umpan balik yang berkaitan dengan bakat dan talenta kita. Kapanpun sesorang yakin telah memiliki apa yang diperlukan untuk bertindak, mulailah perjalanan Anda.

5. Rayakan kemajuan Anda

Seseorang patut dan layak merayakan keberhasilannya dalam skala kecil sekalipun. Dengan merayakan capaian yang ada, seseorang telah menstimulus diri sendiri untuk terus berjuang dan maju dalam mengembangkan talenta yang dimiliki.

 

Tugas Hari ini:

1. Menjelaskan arti bakat atau talenta!

2. Sebutkanan talenta yang ada dalam dirimu dan bagaimana memanfaatkannya bagi kepentingan diri sendiri dan oirang lain.

3. Jabarkan langkah-lankah mengembangkan talenta yang dimiliki!

 

 

Komentar

  1. 1.Yang hanya bisa di lakukan oleh diri sendiri
    2.dapat memahami sesuatu dengan cepat(kalau niat)
    3.banyak mencoba banyak hal

    BalasHapus
  2. 1.Yang hanya bisa di lakukan oleh diri sendiri
    2.dapat memahami sesuatu dengan cepat(kalau niat)
    3.banyak mencoba banyak hal

    fadly

    BalasHapus
  3. 1.Talenta atau bakat adalah kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam tempo yang relatif pendek dibandingkan orang lain, namun hasilnya justru lebih baik. Bakat merupakan potensi yang dimiliki oleh seseorang sebagai bawaan sejak lahir.
    2.dapat menunjukan bakat bakat yang kita sukai contoh nya
    Bernyanyi, olahraga dll
    3.banyak banyak berlatih supaya bakat kita diasahh dahulu

    BalasHapus
  4. 1.Bakat merupakan potensi yang dimiliki oleh seseorang sebagai bawaan sejak lahir. Talenta atau bakat adalah kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam tempo yang relatif pendek dibandingkan orang lain, namun hasilnya justru lebih baik.
    2.dapat menunjukan bakat bakat yang kita sukai contoh nya bernyanyi danbermain flag
    3. 1. Temukan alasan atas setiap talenta yang dimiliki
    2. Cari tahu strategi dan cara yang dibutuhkan dalam newujudkan talenta dalam diri
    3. Ketahui kekuatan dan kelemahan
    4. Ambil nasihat dan masukan yang membangun

    BalasHapus
  5. BOY Kita tidak dapat membalas kebaikan Tuhan yang ajaib itu selain memuji dan memuliakan nama Tuhan dalam hidup kita dengan melakukan segala perintah Kristus dengan kuasa dan dengan dipimpin oleh Roh Kudus.

    BalasHapus
  6. Yang hanya bisa di lakukan oleh diri sendiri

    BalasHapus

Posting Komentar