INRI : YHWH | RUMAH DOA KELUARGA - RDK


 INRI : YHWH

Shalom, untuk segala yang baik di dunia ini tidak ada yang kebetulan, karena TUHAN katakan DIA telah merancangkan hari-hari kita sebelum ada satu pun terjadi.

Yohanes 19:20 Banyak orang Yahudi yang membaca tulisan itu, sebab tempat di mana Yesus disalibkan letaknya dekat kota dan kata-kata itu tertulis dalam bahasa Ibrani, bahasa Latin dan bahasa Yunani.

Apa yang terjadi di dalam hidup YESUS tidak ada yang kebetulan. Semua terjadi karena rencana yang sempurna dari BAPA di Sorga. Mulai dari ketika malaikat menampakan dirinya kepada Maria memberitakan kabar mengenai kelahiran seorang Mesias, sampai detil kematian YESUS di atas kayu salib.

Ketika Yesus disalibkan ada papan bertuliskan kata-kata dalam tiga bahasa tergantung di atas kepala YESUS. Di Indonesia, tulisan di atas kepala YESUS hanya dikenal dengan INRI saja. Padahal, ada tiga bahasa, yaitu: bahasa Ibrani, Latin, dan Yunani.

INRI adalah tulisan dalam bahasa latin yang kepanjangannya Iēsus Nazarēnus Rēx Iūdaeōrum, artinya Yesus, orang Nazaret, Raja orang Yahudi. Kata-kata ini sebenarnya dipakukan di atas kepala YESUS sebagai ejekan untuk-NYA.

Pada umumnya, orang tidak tahu apa tulisan dalam bahasa Yunani dan Ibrani yang dituliskan di atas kepala YESUS. Dalam bahasa Ibrani tulisan “Iēsus Nazarēnus Rēx Iūdaeōrum” berbunyi Yeshua Hanazarei Vemelekh Hayhudim. 

Jika kita menyingkat tulisan dalam bahasa Ibrani tersebut kita akan menemukan singkatan YHVH (huruf V dan W di dalam bahasa Ibrani dianggap sama) yang merupakan nama TUHAN orang Israel, yaitu Yahweh. 

Inilah alasan imam-imam kepala orang Yahudi marah (Yohanes 19:21) dan mereka meminta Pilatus mengganti tulisan itu dengan “Ia mengatakan: Aku adalah Raja orang Yahudi”, yang tentu saja alasan sebenarnya karena ingin menghapus kata YHVH. Dan Pilatus, yang tidak tahu menahu mengenai makna tulisan itu bersikeras tidak menggantinya (ayat 22). 

Yesus hari itu tergantung di atas kayu salib dengan kata YHVH terpampang di depan semua orang. Jika kita berpikir hal ini sebuah kebetulan, sungguh ini seperti kebetulan yang direncanakan dengan sangat matang.

Tidak ada yang baik yang terjadi kebetulan di dalam hidup kita. Jauh sebelum kita lahir ke dunia, DIA telah merencanakan semua yang baik dalam hidup kita. Tuhan Yesus memberkati.

Komentar

  1. Yohanes 3:16 :Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga ia telah mengaruniakan Anaknya yang tunggal, supaya orang yang percaya kepadanya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal.

    Amennn...😇🙏

    BalasHapus
  2. amin, semua yang Tuhan lakukan, baik apa adanya karna hidup ini adlah kepunyaan Allah bapa

    BalasHapus
  3. Puji Tuhan
    Yesus dasyat dan ajaib

    BalasHapus
  4. TUHAN telah merencanakan semua yang baik dalam hidup kita.

    BalasHapus
  5. Jika kita menyingkat tulisan dalam bahasa Ibrani tersebut kita akan menemukan singkatan YHVH (huruf V dan W di dalam bahasa Ibrani dianggap sama) yang merupakan nama TUHAN orang Israel, yaitu Yahweh.

    BalasHapus
  6. Tiada satupun yg terjadi tanpa rencana Tuhan

    BalasHapus
  7. Amin Tuhan Maha baik semua adalah rencana Tuhan yang terbaik dalam hidup kita ini

    BalasHapus
  8. Tidak ada sesuatupun yang baik dalam hidup kita terjadi karena suatu kebetulan, melainkan sudah ada rencana dari Bapa di surga..

    BalasHapus
  9. Shalom, untuk segala yang baik di dunia ini tidak ada yang kebetulan, karena TUHAN katakan DIA telah merancangkan hari-hari kita sebelum ada satu pun terjadi.

    BalasHapus
  10. Tidak ada yang baik yang terjadi kebetulan di dalam hidup kita. Jauh sebelum kita lahir ke dunia, DIA telah merencanakan semua yang baik dalam hidup kita. Tuhan Yesus memberkati.

    BalasHapus
  11. Tidak ada yang baik yang terjadi kebetulan di dalam hidup kita. Jauh sebelum kita lahir ke dunia, DIA telah merencanakan semua yang baik dalam hidup kita

    BalasHapus
  12. Yesus hari itu tergantung di atas kayu salib dengan kata YHVH terpampang di depan semua orang. Jika kita berpikir hal ini sebuah kebetulan, sungguh ini seperti kebetulan yang direncanakan dengan sangat matang.

    BalasHapus
  13. Oh Tuhan yang baik dalam hidupku

    BalasHapus
  14. Percayalah bahwa masa depan kita sudah direncanakan oleh allah

    BalasHapus
  15. Tuhan sudah merancang semunya jauh sebelum sesuatu terjadi.

    BalasHapus
  16. Rencana Tuhan Yesus semuanya sempurna

    BalasHapus
  17. Inilah alasan imam-imam kepala orang Yahudi marah (Yohanes 19:21) dan mereka meminta Pilatus mengganti tulisan itu dengan “Ia mengatakan: Aku adalah Raja orang Yahudi”, yang tentu saja alasan sebenarnya karena ingin menghapus kata YHVH. Dan Pilatus, yang tidak tahu menahu mengenai makna tulisan itu bersikeras tidak menggantinya (ayat 22).

    BalasHapus
  18. Jauh sebelum kita lahir ke dunia, DIA telah merencanakan semua yang baik dalam hidup kita.

    BalasHapus

Posting Komentar