PAK Kelas 8 - 2024 | YESUS TELADANKU - Bab 5

 YESUS TELADANKU

Bacalah Alkitab sebelum belajar: Filipi 2:1-11

Pengertian Teladan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “teladan” memiliki arti yaitu sesuatu yang patut ditiru atau baik untuk dicontoh (tentang perbuatan, kelakuan, sifat, dan sebagainya). Bagaimana kita bisa memperoleh percaya diri dan menjadi teladan bagi orang lain? Sikap teladan pada seseorang terjadi melalui pengalaman dari sesuatu yang dapat ditiru atau dijadikan panutan baik dimulai dari hal-hal yang kecil sampai pada hal-hal yang lebih besar.

Dalam Alkitab kita bisa melihat bagaimana Yesus memberikan teladan kepada murid-muridnya yaitu dengan membasuh kaki murid-muridNya “sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu” (Yohanes 13:15).

Kita juga melihat bagaimana Paulus yang meneladani Yesus Kristus setelah ia bertobat, kemudian berpesan kepada Jemaat di kota Korintus, “supaya dari teladan kami, kamu belajar” (1 Korintus 4:6) dan “turutilah teladanku” (16). Kepada jemaat yang ada di Tesalonika ia juga berkata: “mau menjadikan kami teladan bagimu” (2 Tesalonika 3:9) dan secara khusus Paulus berpesanmkepada anak rohaninya Timotius: “Jadilah teladan bagi orang-orang percaya” (1 Timotius 4:12). 

Apa yang harus diteladani dari Yesus Kristus?

1. Mengasihi dan Peduli terhadap sesama

Dari kisah orang Samaria yang murah hati kita belajar sebuah perumpamaan yang diajarkan oleh Yesus kepada murid-murid-Nya.

2. Memiliki Sikap Rendah Hati

Dalam bagian ini salah satu sikap yang menggambarkan pribadi Kristus adalah rendah hati. Kata “rendah hati” adalah kata lain dari “tidak sombong” atau “tidak memegahkan diri” yang merupakan sifat dari Kasih.

Sikap rendah hati merupakan sikap yang bebas dari kesombongan atau arogansi. Dalam bahasa Yunani kerendahan hati memakai kata “praios” yang memiliki arti lemah lembut.

3. Mencintai keadilan

Orang yang mengaku Kristen wajib memiliki sikap cinta akan keadilan. Tak dapat dipungkiri banyak orang kurang menyukai hal ini, terlebih melihat banyaknya kasus korupsi yang marak di mana-mana. Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab telah mengambil hak yang seharusnya dapat dinikmati oleh rakyat.

Yesus sebagai teladan telah memperlihatkan sikap ketegasannya dalam menegakkan keadilan dalam kisah perempuan berzina dan hendak dilempari batu oleh ahli-ahli Taurat dan orang Farisi (Yohanes 7:53-8:11).

4. Hidup bersyukur

Dalam seluruh kehidupan, manusia seringkali tidak pernah puas dengan apa yang telah dimilikinya. Terlebih lagi perkembangan zaman yang semakin membuat manusia untuk hidup secara hedonisme (berlebihan). Kondisi seperti ini semakin membuat manusia sulit untuk mengucap syukur. 

Dalam suratnya kepada Jemaat Filipi, Paulus menasehati para pengikut Kristus agar selalu rendah hati dan berpikir seperti Yesus Kristus. Paulus memberitahu kepada para jemaat Filipi 2:1-11, meskipun Yesus dalam naturnya adalah Tuhan, Dia tidak menganggap keseteraan-Nya dengan Bapa sebagai sesuatu yang harus dipertahankan. 

Dalam hal ini Yesus membuat dirinya bukan siapa-siapa, dan ini berarti Yesus tidak menggunakan hak istimewanya untuk dirinya sendiri. Dia juga “mengambil rupa seorang hamba” (ayat 7). Nats ini hendak mengajarkan bahwa ketika kita memiliki kerendahan hati, kita bisa keluar dari perlombaan mengejar kekuasaan, kejayaan, dan kekayaan yang dunia agung- agungkan. 

Kita bisa mengaku bahwa kita memang terbatas, tapi ada satu yang tidak terbatas. Kita dapat menundukkan diri kepada rencana Tuhan, meskipun itu tidak masuk akal bagi dunia sekitar kita.

 

Tugas hari ini:

1. Bacalah, Lukas 10:25-37 dan temukan 5 hal baru yang dapat dipelajari dari kisah orang Samaria yang baik hatinya.

2. Ceritakan pengalaman kamu bagaimana merasa diperlakukan tidak adil dan bagaimana kamu mengatasi permasalahan tersebut.

Komentar

  1. 1. Bacalah, Lukas 10:25-37 dan temukan 5 hal baru yang dapat dipelajari dari kisah orang Samaria yang baik hatinya.

    2. Ceritakan pengalaman kamu bagaimana merasa diperlakukan tidak adil dan bagaimana kamu mengatasi permasalahan tersebut.

    Jawaban
    1.-hatinya murah hati
    -mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati, segenap jiwa mu
    -hatinya tergerak oleh belas kasihan
    -orang samaria itu memberikan uang 2 dinar sebagai uang perawatan orang yang terluka itu
    -dia menunjukan bekas kasih nya

    2.ketika ade saya di belikan sepatu dan saya tidak, saya sangat kesal dan pada akhirnya saya tidak merasa kesal lagi dan keesokan harinya saya di belikan jugaa dan saya sangat senang dan bersyukur

    BalasHapus
  2. 1. mengasihi sesama manusia, berbicara tentang kebenaran/jujur, saling menolong tanpa membedakan latar belakang oranglain, menaati firman Tuhan, rendah hati.

    2. disaat guru pilih kasih, guru hanya berbuat baik kepada murid kesayangannya, cara ku mengatasinya adalah berbuat lebih sopan dan berattitude meski aku merasa guru pilih kasih.

    BalasHapus
  3. Cahaya putri ayu Sihombing

    1.- murah hati terhadap orang lain mau itu gak dikenal ataupun dikenal
    - berbicara tentang kebenaran.
    - memberi nasihat atau mengubah karakter seseorang.
    - mendengarkan seseorang yang memberi nasihat dan menaati nya.
    - mengasihi sesama manusia.

    2.aku pernah mendapat perlakuan tidak adil di lingkungan rumah seperti adikku diberikan apapun yang dia inginkan sedangkan saar aku meminta mungkin kadang diberikan tapi kadang juga tidak diberikan aku mengatasinya dengan cara menuruti kata kata mamah agar aku bisa diberikan perlakuan adil oleh mamah atau bisa juga dengan cara mendekatkan diri dengan mamah.

    BalasHapus
  4. 1. Bacalah, Lukas 10:25-37 dan temukan 5 hal baru yang dapat dipelajari dari kisah orang Samaria yang baik hatinya. :
    - penolong
    - murah hati
    - berbelas kasihan
    - melakukan sesuatu dengan segenap hati
    - dermawan


    2. Ceritakan pengalaman kamu bagaimana merasa diperlakukan tidak adil dan bagaimana kamu mengatasi permasalahan tersebut. : saat guru mengajar dan mengadakan tanya jawab dan memberikan nilai di atas rata rata sebagai hadiah nya, dengan sistem siapa cepat dia dapat dalam menjawab ketika guru selesai melontarkan pertanyaannya aku sudah mengacungkan tangan lebih dulu dari yang lainnya, dan hanya berbeda beberapa detik dari salah satu murid, namun guru malah menunjuk murid lain untuk mendengar jawabannya, padahal aku yang lebih dulu. Kecewa namun apa boleh buat, aku berlapang dada dan menantikan kesempatan lain, ikhlas adalah jalan yang paling sederhana dan elok.

    BalasHapus
  5. 1. - Murah hati
    - Memiliki belas kasihan kepada orang yang membutuhkan pertolongan
    -Mengasihi sesama manusia
    -Baik dan suka memberi nasehat
    -Berbicara tentang kebenaran

    2. Pengalaman ku bagaimana aku diperlakukan tidak adil oleh guru agamaku, ya seperti yang diketahui disekolahku, aku berbeda dengan temanku yang dimaksud berbeda itu ialah berbeda agama. karena aku beragama Kristen dan teman teman ku beragama muslim, guru agama ku jadi lebih sering membeda bedakan ku dengan teman ku, guru ku sering sinis kepadaku, dan pernah ketika aku ingin menyalam guru agamaku, ia seperti tidak menganggap ku tidak ada. seperti itulah pengalamanku sebenarnya masih ada tapi hanya itu saja pengalaman ku, yang dapat saya sampaikan. Shalom

    BalasHapus
  6. 1.-suka tolong menolong.
    -murah hati.
    -mengasihi antar sesama manusia.
    2.ketika teman ku diberi nilai ujian yang sangat besar hasil dari contekan,aku dan teman2 sangat kesal karena dia mendapatkan nilai yng besar karena hasil contekan dari hp,aku dan teman2 memberi tahukan kepada guru karena ada murid yang menyontek ternyata semua guru tidak percaya dengan kami,kami sungguh kesal dan marah dengan guru karena tidak percaya dengan kami,mereka tidak adil untuk memberi nilai kepada kami,dan kami pun dengan senang hati untuk mengikhlaskan nilai itu.

    BalasHapus

  7. 1.- murah hati terhadap orang lain mau itu gak dikenal ataupun dikenal
    - berbicara tentang kebenaran.
    - memberi nasihat atau mengubah karakter seseorang.
    - mendengarkan seseorang yang memberi nasihat dan menaati nya.
    - mengasihi sesama manusia.

    2. ketika teman ku diberi nilai ujian yang sangat besar hasil dari contekan,aku dan teman2 sangat kesal karena dia mendapatkan nilai yng besar karena hasil contekan dari hp,aku dan teman2 memberi tahukan kepada guru karena ada murid yang menyontek ternyata semua guru tidak percaya dengan kami

    BalasHapus
  8. 1.- murah hati terhadap orang lain mau itu gak dikenal ataupun dikenal
    - tidak sombog
    - dan suka me beri
    - mengasih sesama manusia
    - suka menolog sesama teman
    -tidak berbohong


    2 ketika saya tidak adil ke tika adik saya dan kaka saya di beli in baju baru dan sepatu baru dan saya minta ke tuhan tolong beri saya wakut untuk ber minta

    BalasHapus
  9. 1.
    -memberikan perumpamaan
    -mengasihi
    -murah hati
    -nasihat
    -menolong


    2.ketika guru membedakan siswa yang pintar dibandingkan dengan siswa yang biasa-biasa saja, saya sangat kecewa kepada guru itu karena itu tidak adil, karena mereka juga adalah siswa yang ingin belajar dan ingin mencapai cita-cita nya dan saya ingin memberitahu kepada guru lain supaya guru yang membeda-bedakan tidak lagi membedakan-bedakan siswa lagi.
    Maaf kak ngirim nya telat 🙏🏻

    BalasHapus
  10. 1-mengasihi Tuhan dengan segenap hati dan jiwa.
    -mengasihi sesama manusia
    -saling menolong sesama manusia
    -mendengarkan nasihat
    -murah hati dan saling tolong menolong terhdap sesama

    2.saat mamah membelikan baju kepada adek sepupu aku disitu Aku merasa iri cara Aku mengatasinya Aku diberi pengertian oleh ayah dan ikhlas

    BalasHapus
  11. 1. - murah hati terhadap sesama manusia.
    - mau menolong sesama dan orang yang tidak dia kenal
    - mau mendengarkan nasihat
    - mengasih tuhan allah dengan segenap hati
    - memiliki sifat rendah hati

    2. ketika guru bersikap tidak adil karena saya berbeda keyakinan dengan teman² saya yang lain, seolah-olah keyakinan yang saya anut ini membuat guru itu rugi, cara aku mengatasi nya adalah dengan cara memaafkan guru itu dengan sepenuh hati dan ikhlas tanpa harus mengingat hal itu lagi. terimakasih, shalom...

    BalasHapus

Posting Komentar