STAPIN 2024 | BPN - BIMBINGAN PRA NIKAH

PERNIKAHAN telah menjadi suatu isu yang dilematis bagi banyak orang. Disatu segi "Naluri" manusia untuk berumah tangga sangat besar namun disisi lain kita melihat kenyataan betapa parahnya kehancuran yang melanda pernikahan dari banyak orang. Kita tidak menutup mata akan jerit kepedihan dari para istri yang mendapati bahwa suaminya sudah tidak setia lagi. Sementara anak-anak selalu menjadi korban dari setiap rusaknya hubungan papa dan mama. Mereka menjadi terlantar dan tumbuh liar tanpa kasih sayang kedua orang tua.

Lihat, inilah yang aku dapatkan: Setelah aku lihat aku hitung satu persatu, apa yang dicari oleh jiwaku tidak kutemukan; untuk mencari satu orang laki-laki diantara seribu laki-laki, aku telah menemukannya. Tetapi untuk mendapatkan seorang wanita diantara sekian banyak itu, aku belum menemukannya. (Pengkhotbah 7:27-28)


I. MENCARI JODOH

Kalau ada orang yang dianggap tahu tentang pahit getirnya dalam mencari jodoh, diantaranya kita bisa berkata bahwa Salomo-lah orangnya. Entah kekacauan semacam apa yang menghinggapinya sehingga alkitab menuliskan, bahwa Raja itu memiliki 700 istri dan 300 gundik. Apakah semuanya itu membuat Salomo puas? Ternyata tidak !

Salomo berkata: Lihat, inilah yang aku dapatkan : Setelah aku lihat aku hitung satu persatu, apa yang dicari oleh jiwaku tidak kutemukan; untuk mencari satu orang laki-laki diantara seribu laki-laki, aku telah menemukannya. Tetapi untuk mendapatkan seorang "wanita" diantara sekian banyak itu, aku belum menemukannya. (Pengkhotbah 7:27-28)

Wanita yang dicarinya adalah seorang istri yang sepadan. Dan yang mencari adalah jiwanya. Dengan kata lain kita belajar bahwa jodoh adalah sesuatu yang dicari oleh jiwa kita. Itu bukan pencarian mata, bukan pula pencarian nafsu libido kita, tetapi adalah pencarian jiwa. Pernikahan akan meramu kedua jiwa menjadi satu. Secara fisik keduanya tetap dua, tetapi secara jiwa mereka adalah satu. Itulah sebabnya pernikahan akan menghasilkan ikatan emosional yang sangat dalam. Oleh karena itu kita harus berhati-hati di dalam menentukan pilihan, kepada siapa kita harus meramu jiwa kita.

Sayangnya banyak orang muda yang terlambat menyadari akan hal tersebut. Berbagai konflik dalam batin mereka telah membutakan mata hati mereka sendiri, sehingga tanpa disadari ada begitu banyak orang muda yang memutuskan untuk menikah bukan berdasarkan apa yang benar, tetapi justru berdasarkan apa yang salah.

Berikut ini beberapa rambu-rambu yang perlu kita perhatikan dengan kejujuran hati.


1. JANGAN MENIKAH DENGAN ORANG YANG TIDAK PERCAYA

Firman Tuhan dengan tegas berkata bahwa gelap dan terang tidak bisa bersatu. Banyak anak Tuhan yang mencoba menjadi "PAHLAWAN". Mereka berkata: "Oo..saya menikah dengan dia yang belum percaya kepada Kristus, supaya saya bisa mempertobatkan atau memenangkan dia." Saudara harus menyadari bahwa hanya Roh Kudus yang bisa membuat seseorang bertobat. Memberikan dirimu sebagai suami atau istrinya tidak akan membuat yang bersangkutan bertobat. Nah, ada juga yang berpikir lebih cerdik.

Saya jumpa dengan dua anak muda yang sudah lama berpacaran, dan mereka ingin menikah. Yang pria bukan Kristen, jadi mereka sadar bahwa kondisi ini akan menghadapi kendala dari gereja. Supaya bisa menikah, yang pria bersedia di baptis. Pikirnya, dengan dibaptis berarti saya jadi orang Kristen. Dengan demikian gereja tidak akan berkeberatan menikahkannya. Pada kasus ini anak Tuhan harus waspada dan berani jujur dengan hatinya sendiri. Tuhan tidak mempermasalahkan Kristen atau bukan Kristen. Yang dipertanyakan adalah apakah kita ini Terang atau Gelap. Dan Terang hanya muncul melalui pertobatan yang murni, bukan sekedar dibaptis dan jadi Kristen.


2. JANGAN MENIKAH DENGAN ORANG YANG BERJANJI AKAN BERUBAH SETELAH MENIKAH.

Inipun adalah dusta yang telah memakan begitu banyak korban. Seorang pemuda yang biasa hidup dalam perjinahan, merengek-rengek kepada pacarnya, bahwa ia pasti akan berubah setelah mereka menikah. Sebabnya adalah sang pacar memergokinya waktu pergi bersama perempuan tuna susila. 100% apa yang dikatakannya adalah dusta. Pada kenyataannya hawa nafsu dan roh perjinahan yang menguasainya tidak akan pernah sembuh dengan beristri. Jika bisa sembuh dengan beristri mengapa banyak suami yang berjinah? Wanita yang lemah jiwanya dan tidak pernah bisa berkata tidak, akan dengan mudah percaya kepada janji-janji semacam itu. Sekali lagi, hanya pertobatan yang murni akan memberikan kelahiran baru sekaligus hidup yang baru.


3. JANGAN MENIKAH KARENA DORONGAN KEBUTUHAN SEXSUAL.

Kalau hal ini merupakan alasan untuk mengapa anda menikah, saudara sedang tertipu. Hubungan sexual hanyalah sebagian kecil dari kehidupan suami-istri. Masih ada begitu banyak aspek lagi dalam kehidupan berumah tangga. Hanya kebutuhan akan satu hal itu tanpa memperhatikan aspek-aspek lain, pasti akan membuat pernikahanmu akan berakhir dengan kekecewaan. Dan seperti yang saya katakan di atas, bahwa orang yang dikuasai oleh hawa nafsu dan roh perjinahan, tidak bisa sembuh hanya dengan mengawinkan yang bersangkutan.


4. JANGAN MENIKAH UNTUK MENYELESAIKAN PERSOALANMU

Ada banyak anak muda yang hidup ditengah-tengah keluarga yang hancur. Setiap hari hati mereka tersiksa dan hancur melihat apa yang terjadi disekitarnya. Mereka merasa tidak ada orang yang memperdulikan hidup mereka dan tidak ada yang mengasihi mereka. Akibatnya impian mereka adalah, bagaimana saya bisa keluar dari neraka rumah tangga orang tuaku dan memulai hidup baru dengan suami atau istriku. Saya harus berkata terbuka dengan saudara, jika engkau tidak bisa keluar sebagai pemenang dalam kemelut hidupmu saat ini, engkau pun akan mengalami kemelut di tempat yang baru. Yaitu pada keluargamu sendiri. Saya tidak berkata bahwa anda harus mengatasi tuntas masalah rumah tangga orang tuamu. Nami jika pernikahanmu hanya sebagai pelarian terhadap persoalanmu hari ini, engkau tidak akan sanggup menghada persoalan bahkan yang sekecil apapun yang kelak akan muncul dalam rumah tanggamu sendiri. Pernikahan yang hanya sebagai pelarian justru akan menciptakan persoalan baru. Karena biasanya kita akan sembarangan dalam menentukan jodoh kita, dan disisi lain kita memiliki idealisr yang sangat tinggi tentang keluarga karena kita tidak ingin. peristiwa dan persoalan yang dihadapi orang tua kita terulan dalam hidup kita. Jika ternyata kenyataannya tidak seperti yang kita bayangkan, kita dengan mudah menjadi kecewa d: runtuh.


5. JANGAN MENIKAH UNTUK STATUS SOSIAL

Masyarakat seringkali memberikan tekanan yang amat berat kepada anak-anak muda terutama para pemudi. Pernikahan seringkali masih merupakan status sosial. Keluarga yang memiliki anak gadis yang sudah cukup umur namun belum menikah, menilai bahwa hal itu merupakan beban bahkan ai Tidak sedikit dari mereka yang kemudian mencarikan jodoh bagi anaknya. Si anakpun setiap hari harus menjawab pertanyaan dari orang tuanya seputar siapa jodohnya. Akibatnya si anak menjadi gelisah. Dan bahayanya adalah terjadilah pernikahan dengan sembarang orang, hanya supa mendapatkan status sosial yang "baik" dimata orang lain. [ desa-desa, Dimana praktek-praktek semacam ini masih kuat kita menjumpai banyak pernikahan yang hanya berumur beberapa hari saja. Sungguh sangat menyedihkan.


6. JANGAN MENIKAH KARENA HARTA

Jika kita berani jujur, faktor harta ternyata sangat dominan dalam pengambilan keputusan. Dalam hal ini pengaruh orang tua yang didasari pertimbangan materi sampai hari ini masih sangat terasa. Jodoh buat anaknya diupayakan akan didapat dari kalangan berduit. Sepertinya uang menjamin kebahagiannya. Sepintas motif ini sangat memalukan, namun jika didalami lagi, ternyata bukan hanya memalukan, namun juga menjerumuskan. Harta tidak pernah langgeng. Apa yang hari ini ada mungkin esok akan lenyap apa yang dari jauh dilihat berkilat, sering kali ketika didekati adalah karat. Pernikahan karena harta akan memperbudak hidup kita. Dan pastilah cinta yang muncul bukanlah cinta yang murni. Janganlah hidup kita dimulai dengan kepalsuan. Sering kali pula motivasi harta juga datang dari yang bersangkutan. Seorang pemuda atau pemudi yang bertahun-tahun hidup dalam kemiskinan dan kekurangan akan sangat tergoda untuk mencari pasangan dari keluarga yang kaya, guna lepas dari kemiskinannya. Ini pun salah satu bentuk kepalsuan yang harus dibuang.


7. JANGAN MENIKAH KARENA ORANG LAIN KATANYA MENDENGAR SUARA TUHAN

Diantara orang karismatik hal ini banyak terjadi. Seorang pemuda berkata kepada seorang pemudi, Tuhan berkata bahwa engkau adalah istriku sipemudi menjawab, engkau adalah orang kelima yang mengaku begitu. Ada empat orang lagi yang mengaku mendapat suara Tuhan bahwa saya adalah jodoh mereka. Sejak kapan Tuhan menjadi kacau ? Saya percaya bahwa kita bisa mendengar suara Tuhan. Dan Tuhan bisa berbicara demikian. Namun paling tidak kedua belah pihak mendapat peneguhan dan gembala jemaat memberikan konfirmasinya. Itupun tidak boleh membuat kita menutup diri terhadap semua pertimbangan orang lain. Paling tidak sebagai barometer ujian demi tercapai suatu keputusan yang tak tergoyahkan.

Masih banyak aspek yang kita bisa jabarkan. Namun paling tidak ketujuh poin diatas mampu memberikan imbangan yang memadai atas cinta kita yang "buta" itu.


II. SEPADAN

Ayub hamba Allah yang setia itu berkata: "I made a covenant with my eyes, why then should I think upon a maid?" Dengan kata lain ia berkata bahwa ia telah mengadakan perjanjian dengan matanya, sehingga ia tidak perlu lagi berpikir tentang perempuan lain. Pada saat seseorang menjatuhkan pilihannya untuk berumah tangga atau menikah dengan seseorang, detik yang sama ia sebenarnya telah sepakat bahwa matanya tidak akan melirik kepada wanita lain. Dengan arti kata, mata kita harus dibuka sangat lebar sebelum menjatuhkan pilihan akhir. Ingat: barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar atau dikembalikan. Periksalah terlebih dahulu barang yang anda beli sebelum meninggalkan toko kami !! (Demikianlah pesan sponsor) red

Tuhan memberikan pasangan yang SEPADAN bagi kita. Apa yang dimaksudkan dengan sepadan? Tentu diatas segalanya adalah sepadan dalam hal terang dengan terang. serta sepadan dalam roh. Namun tetap mata kita harus kita buka lebar. Kita tidak boleh asal sembarang menentukan pilihan.

Firman Tuhan berkata: "Jikalau engkau bijak, kebijakanmu itu bagimu sendiri, jikalau engkau mencemooh, engkau sendirilah orang yang akan menanggungnya."(Amsal 9:12)

Ada beberapa pertimbangan yang saya ingin berikan kepada saudara sebagai bahan renungan. Bukan untuk menghilangkan sama sekali campur tangan ilahi, namun paling tidak untuk menguji hati kita sendiri.

Kata SEPADAN yang kita ketahui saya yakin menyangkut masalah roh, jiwa dan tubuh. Oleh karena itu coba pertimbangkan beberapa pokok dibawah ini:


1. PERBEDAAN SUKU

Kekristenan tidak memandang latar belakang kesukuan Saudara bebas menikah dengan seseorang dari suku manapun Akan tetapi kita juga tidak menutup mata bahwa perbedaan suku bisa berarti perbedan cara pandang. kebiasan, tata krama, pola berpikir, dan banyak lagi hal Sering kali kita menjumpai fakta bahwa didunia timur, pernikahan tidak hanya bersatunya dua pribadi. Tetapi juga dua keluarga. Saudara menikah dengan pasanganmu berarti saudara harus bisa msuk dalam lingkaran keluarga bersarnya. Saling mengenal secara dekat antar keluarga sebelum pernikahan terjadi akan menolong kedua belah pihak mamiliki pemahaman yang baik.


2. PERBEDAAN STATUS SOSIAL-EKONOMI

Tidak ada larangan di Alkitab terjadinya perkawinan antara dua pribadi yang berbeda latar belakang sosial-ekonominya. Namun perbedaan yang terlalu tajam juga menimbulkan aneka perbedaan yang sedikit. Pada keluarga yang materialistis, menerima menantu yang miskin seringkali dianggap sebagai sebagai beban serta kerugian. Sebaliknya si-menantu yang miskin itu cenderung sensitif, mudah terhina dengan perlakuan dari pihak lain. Realita ini harus dibicarakan secara terbuka.


3. PERBEDAAN TINGKAT PENDIDIKAN

Dalam perkawinan, komunikasi antara suami-istri merupakan faktor penentu kebahagian mereka yang cukup dominan. Jika komunikasi terhambat, lambat laun akan merenggangkan hubungan keduanya. Perbedaan tingkat pendidikan yang terlalu jauh akan bisa menyulitkan komunikasi antara suami dan istri. Suami bisa begitu jengkel karena si istri tidak bisa menjadi partner bicara yang seimbang. Sebaliknya si istri menjadi marah karena suami selalu menganggapnya bodoh. atau sebaliknya.


4. PERBEDAAN USIA

Terutama jika usia si calon istri jauh lebih tua dari sang pria, di masa mendatang akan bisa menjadi persoalan. Seorang suami tidak pernah mau lagi berjalan bersama istrinya karena istrinya jauh kelihatan lebih tua dari padanya. Dan pernah seorang teman lamanya mengira ia sedang berjalan dengan mertuanya. Lucu memang, tapi ini realita.

Di samping beberapa pokok renungan diatas, ada dua hal lagi yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki kehidupan rumah tangga : 


        1. Restu dari ke dua belah orang tua.

Firman Tuhan mengajar kita, bahwa kita harus menghormati kedua orang tua kita. Jika kita yakin bahwa Allah memberikan seseorang itu menjadi istri atau suami, maka kitapun harus yakin bahwa Tuhanpun akan membuat kedua orang tua kita merestuinya. Jangan memulai pernikahan kita dengan benih pemberontakan, karena buah kepahitan yang terus-menerus harus kita makan sebagai akibatnya. Tidak ada back street atau jalan belakang bagi orang percaya. Kita anak-anak terang dan segala sesuatu harus dilakukan di dalam terang Tuhan.


          2. Selesaikan dahulu pekerjaanmu di ladang

"Selesaikanlah pekerjaanmu di luar siapkanlah itu diladang; baru kemudian dirikanlah rumahmu. (Amsal 24:27)

Ayat ini artinya mendorong kita untuk mempersiapkan pekerjaan atau nafkah kita secara baik sebelum kita membangun rumah tangga kita. Tuhan menghendaki anak anaknya hidup dalam tanggung jawab yang tinggi. Kehidupan sebuah keluarga adalah kehidupan dengan biaya tinggi. Belum lagi jika anak-anak kita lahir dan mereka membutuhkan perhatian dan dana yang tidak sedikit. Jika kita hidup sungguh sungguh dihadapan, Tuhan, pasti Tuhan akan memberikan kehidupan keluarga yang sehat dan penuh berkat.

"Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan Nya mereka. Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: Beranak cuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukanlah itu,...." (Kejadian 1:27-28)


III. KEKUDUSAN & KEPERAWANAN

Inilah masalah yang paling serius yang dihadapi oleh gereja pada saat ini. Pelanggaran kekudusan pernikahan sudah menjadi gejala yang merebak kemana-mana. Hubungan sex sebelum pernikahan nampaknya telah banyak dilakukan, juga dikalangan orang-orang muda kristen. Rasanya kemurnian semakin langka di dunia ini. Saya tidak tahu yang saudara sendiri telah perbuat. Tetapi yakinlah bahwa sebelum saya memintakan berkat bagi pernikahan saudara, hal tersebut akan saya pertanyakan terlebih dahulu.

Dan dasar dari semuanya tentu ada dalam Firman Tuhan:

1. SEX SEBELUM PERNIKAHAN ADALAH DOSA PERZINAHAN

Firman Tuhan berkata: "Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan Nya dia; laki-laki perempuan diciptakannya mereka. Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu....(Kejadian 1:27-28)


Perhatikan urutan yang terjadi, Setelah manusia diciptakan, Allah memberkati mereka terkebih dahulu, baru setelah itu manusia mendapat legalitas untuk menikmai hubungan sexsual mereka, yaitu antara suami-istri, tetapi kenyataan, banyak yang membuat urutan sendiri. Setelah ada anak, baru minta diberkati. Saya ingin menegaskan sekali lagi, bahwa hubungan sex sebelum pernikahan, atau sebelum berkat Tuhan diberikan adalah dosa !!


2. TANDA-TANDA KEPERAWANAN

Di dalam Ulangan 22:13-21, Firman Tuhan menyatakan bahwa keperawanan seorang gadis adalah milik dari suaminya. Dan pada saat persetubuhan terjadi, pada diri si gadis akan mengeluarkan tanda-tanda keperawanan, diantaranya darah. Itu adalah hak mutlak dari suaminya. Dia tidak boleh menyerahkan keperawanannya kepada orang lain, kecuali kepada suaminya kelak. Darah yang mengalir itulah bukti kesetiaan, sekaligus ikatan perjanjian yang abadi bagi keduanya. Selama mereka hidup, mereka terikat menjadi satu. Seperti Yesus dan Jemaatnya (Efesus 5:31-32), dimana ikatan kita dengan Dia adalah perjanjian karena Darah-Nya yang mulia. Karena pernikahan adalah bentuk simbol dari hubungan Kristus dan jemaat-Nya, maka tanda-tanda keperawan merupakan sesuatu yang harus dihormati Seorang laki-laki atau perempuan yang tidak menghormati kekudusan dan keperawanannya sendiri, adalah Esau yang memandang rendah hak kesulungannya. Dan Alkitab berkata bahwa Esau memiliki nafsu yang rendah dan cabul (baca: Ibrani 12:16-17)

Kejadian 2:24: "Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.'

Yang dimaksudkan bersatu di sini adalah hubungan intim atau hubungan sex antara suami dan istri. Kata Yunani yang dipakai adalah Proskollao atau hubungan intim yang sipatnya face to face atau berhadapan muka.

Sedangkan I Korintus 6:16 berkata: "Atau tidak tahukah kamu, bahwa siapa yang mengikatkan dirinya pada perempuan menjadi satu tubuh dengan dia?... cabul,

"Nah,kata mengikatkan disini dari kata Kollao. Dan kata tersebut sebenarnya digunakan untuk menunjukkan pada binatang yang kawin atau berkelamin! Jadi hubungan sex yang dilakukan bukan dengan suami atau istrinya membuat detik itu derajat kita menjadi rendah. Kita tidak melakukan apa yang semestinya manusia lakukan. Tetapi justru melakukan apa yang dilakukan oleh binatang.


3. BATASAN DALAM PACARAN

Seorang pemuda berkata: "Oo.. jadi kami tidak boleh melakukan hubungan sex sebelum nikah. Tetapi bagaimana kalau ciuman, pegang tangan, meraba-raba karena sayang? Masak begitu aja enggak boleh?"

Dengar Firman Tuhan, anak-anak muda: "Bagi orang suci semuanya suci; tetapi bagi orang najis dan bagi orang tidak beriman suatupun tidak ada yang suci, karena baik akal maupu suara hati mereka najs. Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik." (Titus 1:15-16)

Jika saudara hidup dalam kekudusan dan hawa nafsu rendah serta cabul tidak membelenggu hidupmu, pertanyaan diatas tidak akan muncul dari pikiranmu. Roh Kudus di dalammu sudah cukup kuat bersaksi tentang apa yang kudus dan apa yang najis ! Jangan memulai pernikahan dengan kenajisan.. Karena itu akan mencemari kehidupanmu.

1 Korintus 7:1 menyatakan:
It is not good for a man to touch a woman. Atau adalah baik bagi seorang laki-laki untuk tidak menjamah seorang wanita. Terjemahan lain menyatakan: it is not good for a man to kindle a flame in a woman. Atau: Tidak baik jika seorang laki-laki membangkitkan atau mengobarkan api yang ada di dalam seorang wanita!

Api apa yang dimaksudkan disini? Jelas itu adalah api sexual. Dengan kata lain jika sepasang anak muda “berpacaran”, dan mereka saling mengorbankan api sexual dalam diri mereka, melalui perbuatan apapun, Firman Tuhan berkata itu tidak baik. Kata tidak baik bukan berarti boleh, tetapi kata itu berarti bukan berasal dari Tuhan. Dan semua yang bukan berasal dari Tuhan akan membawa kepada kebinasaan.

Amsal 6:27-28 berkata: "Dapatkah orang membawa api dalam gelumbung baju dengan tidak terbakar pakaiannya? Atau dapatkah orang berjalan diatas bara, dengan tidak hangus kakinya?"

Semua bentuk hubungan laki-laki dan perempuan yang bukan suami-istri, yang disertai tindakan mengobarkan api sexual atau tindakan yang merangsang nafsu sex, akan membuat yang bersangkutan hangus karena api tersebut. Itulah sebabnya Paulus menasehati Timotius bagaimana seharusnya ia memperlakukan perempuan-perempuan muda, yaitu dengan diperlakukan sebagai adiknya dengan penuh kemurnian. (baca: 1Timotius 5:2) Sedangkan kepada perempuan Paulus minta supaya berdandan dengan pantas, sopan dan sederhana (Lihat 1 Timotius 2:9). Dandananmu tidak boleh membakar nafsu sex orang lain!

IV. SIAP MENGHADAPI KESUKARAN

Baca: Matius 19:1-11
Pada kisah yang saudara baca, Yesus menyatakan dengan tegas bahwa Tuhan menentang perceraian antara suami-istri. Lalu reaksi dari para murid ternyata begitu mengejutkan. Mereka berkata:" Jika demikian halnya hubungan antara suami dan istri, lebih baik jangan kawin."

Apa yang mereka ungkapkan mengandung pernyataan bahwa kehidupan bersama suami-istri bukanlah merupakan hal yang mudah. Begitu banyak perbedaan yang harus disesuaikan dan ada begitu banyak perbedaan yang seringkali tidak bisa disatukan. Biasanya pada titik tertentu, manusia cenderung menyudahi ikatan pernikahan yang ada. Namun hal itu ditentang keras oleh Tuhan sendiri. Oleh karena itu Yesus pun menjawab mereka: "Tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu, hanya mereka yang dikaruniai saja." Jadi mintalah kepada Tuhan agar saudara dikaruniai pengertian yang benar akan nilai sebuah pernikahan, serta keindahan sebuah pernikahan sebagaimana yang dilihat oleh Allah

Sebab pada kenyataan, kita akan menjumpai aneka kesukaran di dalam mengarungi bahtera rumah tangga yang ada. Seringkali aneka kesukaran itu bahkan menjadi gangguan dalam pelayanan kita kepada Tuhan (baca: I Korintus 7:32-35)

Pernikahan membuat seorang suami memiliki kewajiban menyenangkan istrinya demikian pula sebaliknya. Dan seringkali apa yang menyenangkan hati si-istri atau suami justru adalah hal yang sangat tidak disukainya. Alkitab juga menegaskan bahwa istri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri tetapi istrinya(1 Korintus 7:4)

Dan bentuk keterikatan seperti itu berlaku seumur hidup, karena Tuhan membenci perceraian (Maleakhi 2:16). Dengan kata lain, pernikahan juga berarti secara sadar kita melepaskan sebagian bahkan sebagian besar dari hak hidup kita kepada orang lain.

Disamping itu, ketika kelak Tuhan mengaruniai kita dengan anak-anak, maka adalah tanggung jawab kita untuk mendidik, merawat dan membesarkan anak-anak tersebut. Baik secara Rohani, maupun secara jiwani serta jasmani. Ketika anak-anak kami mulai sekolah, tiba-tiba kami (khususnya istri saya), menyadari bahwa kami seperti masuk sekolah dasar lagi. Tiap hari istri saya membaca buku tentang pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, PPKN, bahkan Bahasa Daerah. Khusus pada hari jum'at, dia akan sibuk mempersiapkan prakarya untuk keperluan anak-anak. Semuanya membutuhkan kesabaran yang tinggi dan menyita waktu yang tidak sedikit. Tetapi itulah realita pernikahan. Kita harus sadar, pernikahan bukan hanya bicara soal sex, tetapi tanggung jawab yang tinggi serta luhur.

Jika anda berumah tangga sendiri, artinya tinggal di rumah yang berbeda dengan orang tuamu, maka urusan sehari hari soal rumah kitapun menjadi kewajiban yang tidak bisa kita hindari. Listrik, telepon, air, pembantu, cucian, dsb, dsb. menjadi tugas rutin kita. Semua kewajiban ini harus dikerjakan dengan suka cita. Hal itu hanya dapat terjadi jika diantara kalian berdua benar-benar memiliki kasih yang tulus dan mumi. Kasih yang tidak tulus atau palsu, hanya menuntut dan tidak rela memberi. Maka ketika kewajiban datang dalam hidup kita, semuanya bisa menghasilkan ledakan amarah yang luar biasa serta menggoyahkan rumah tangga kita. Anda siap dengan semua tanggung jawab tersebut?

V. PERNIKAHAN DI MATA ALLAH

Selama Abraham berkata bahwa Sara adalah saudarinya, Tuhan berkata kakak dan adik berbeda dengan suami dan istri. Kakak dan Adik tidak akan menghasilkan keturunan. Tetapi suami dan istri akan mendapatkan keturunan. Selama posisi Sara tidak dipulihkan, janji Allahpun terhalang untuk digenapi

Adalah salah besar jika kita menganggap bahwa pernikahan hanyalah suatu ikatan longgar yang bisa dibongkar pasang sekehendak diri kita sendiri. Ikatan pernikahan bagi anak anak-Nya didasari oleh suatu janji suci dihadapan Tuhan dan jemaat-Nya. Dan ikatan pernikahan tidak dilakukan oleh hukum, atau lembaga dunia belaka.

Namun ikatan pernikahan terjadi karena Tuhan yang mengikat keduanya menjadi satu. Dan Alkitab berkata: apa yang telah dipersatukan oleh Allah, tidak boleh diceraikan oleh manusia. Setiap bentuk ketidaksetiaan atau penyele-wengan, akan berarti pelanggaran janji kudus. Dan hal itu akan berakibat yang sangat buruk dalam kehidupan yang bersangkutan. Karena hakekat dari pernikahan yang sebenarnya adalah gambaran dari Kristus dan jemaat-Nya, maka pada ikatam pernikahan tidak bisa ditolerir adanya pengkhianatan. Suami dan Istri harus menempatkan serta memperlakukan pasangannya secara benar, apapun alasannya.

Berikut ini akan saya tunjukkan beberapa contoh dalam Alkitab bagaimana Tuhan menghargai dan melihat suatu pernikahan :

1. Abraham dan Sara

Kita semua tahu bagaimana Alkitab berkata bahwa Sara mandul. Disatu sisi Tuhan berjanji akan memberi Abraham keturunan dari rahim Sara. Namun pada kenyataannya Sara sendiri mandul. Ternyata ada satu proses dimana Abraham harus mengembalikan posisi istrinya ketempat yang sebenarnya. Kejadian 12:10-20 menceritakan bagaimana Abraham mengakui Sara sebagai saudarinya dihadapan Firaun. Oleh karena dusta yang dibuatnya, hampir saja

Firaun menjadikan Sara sebagai istrinya. Akan tetapi pada saat itu, Abraham belum benar-benar bertobat. Dalam Kejadian 20:1-10, peristiwa yang sama terulang kembali Kali ini dengan Abimelekh. Baru pada saat itulah Abraham menceritakan kesalahan yang ia perbuat sejak dari Mesopotamia. Dimana Abraham berbuat demikian karena ingin menyelamatkan nyawanya sendiri. Sekalipun hal itu mengorbankan istrinya (baca: Kejadian 20:11-13). Setelah hal itu diluruskan kembali dan ia berdoa bagi Abimelekh, apa yang terjadi? Pada Kejadian 21:1-2 Alkitab mencatat kelahiran Ishak. Selama Abraham berkata bahwa Sara adalah saudarinya, Tuhan berkata: Kakak dan adik berbeda dengan suami dan istri. Kakak dan adik tidak akan mengasilkan keturunan. Tetapi suami dan istri akan mendapatkan keturunan. Selama posisi Sara tidak dipulihkan, janji Allahpun terhalang untuk digenapi. Apapun alasan saudara, posisi pasangan hidupmu haruslah saudara tempatkan pada tempat yang sebenarnya.

2. Daud dan Batsyeba

Kita semua tahu akan kisah Daud dan Batsyeba. Setelah suami Batsyeba yaitu Uria mati, Daud mengambil Batsyeba menjadi istrinya. Dan II Samuel 12:24 menyatakan bahwa Batsyeba sejak saat itu disebut sebagai istri Daud. Namun dihadapan Tuhan cara yang Daud pakai adalah cara yang keji dan menjijikan. Sekalipun Daud adalah hamba Tuhan yang Tuhan sayangi, tidak berarti bahwa Tuhan secara semena-mena membiarkan perbuatan keji semacam ittu terus berlangsung tanpa memperdulikan hak dari Uria. Ternyata Tuhan tidak pernah mengabaikan dan melupakan Uria. Dimata Tuhan Batsyeba tetap diakui sebagai istri dari Uria. Dan untuk mempertegas akan hal itu, pada saat Matius menulis silsilah Tuhan Yesus Kristus, Firman Tuhan menyatakan bahwa Batsyeba adalah istri dari Uria (baca Matius 1: 1-6). Ikatan pernikahan adalah ikatan yang sakral atau kudus. Kita tidak bisa mempermainkan ikatan itu sekehendak hati kita sendiri. Sekali kita mengikatkan diri dengan seseorang dihadapan Tuhan maka kita harus berpegang teguh pada janji kudus yang kita ucapkan sendiri.

Dengar apa yang Tuhan katakan: “Dan inilah yang kedua yang kamu lakukan: Kamu menutupi Mezbah Tuhan dengan air mata, dengan tangisan dan rintihan, oleh karena la tidak lagi berpaling kepada persembahan dan tidak berkenan menerimanya dari tanganmu. Dan kamu bertanya : Oleh karena apa? " Oleh sebab Tuhan telah menjadi saksi antara engkau dan istri masa mudamu, yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan istri seperjanjianmu. Bukankah Allah Yang Esa menjadikan mereka daging dan Roh? Dan apakah yang kesatuan itu? Keturunan Ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap istri dari masa mudanya. Sebab aku membenci perceraian, Firman Tuhan, Allah Israel juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, Firman Tuhan semesta alam. Maka jagalah diri dirimu dan janganlah berkhianat" (Maleakhi 2:13-16)

Pengkhianatan terhadap pasangan seperjanjian kita akan membuat doa kita terhalang, dan berkat Tuhanpun terhalang sangat Rasul Petrus menegaskan kembali dengan berkata

"Demikian juga kamu hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan istrimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan.supaya doamu jangan terhalang. "(I Petrus 3:7)

Warisan yang kita terima dari Tuhan yaitu Kasih Karunia atau Kehidupan Surgawi, tidak bisa kita terima sendiri. Butuh yang namanya teman pewaris. Jika teman pewaris diabaikan dan disingkirkan, maka yang menyingkirkannyapun tidak akan mendapatkan warisan tersebut. Tetapi jika diantara keduanya terjalin Kasih yang setia dan schati, berkat serta warisan-Nya akan diperintahkannya kepada kita (baca, Mazmur 133)


PENGANTAR

Saudara telah melewati tahap bimbingan melalui buku pegangan satu. Saya berharap melalui buku tersebut saudara dicelikan sehingga melihat segala sesuatunya dengan jelas, sekalipun tetap dengan cinta. Kini kita akan segera memasuki tahap berikutnya dari proses bimbingan ini.

Pada buku kedua ini, kita akan bicara tentang segala sesuatu yang Tuhan janjikan di dalam pernikahan orang percaya. Kita akan akan bicara tentang keluarga, berkat materi, bahkan tentang hubungan seksual diantara suami istri.

Bukan hanya itu, kita akan lebih mendalami lagi tentang masalah kepribadian laki-laki dan wanita. Jika saudara telah menyelesaikan buku kedua ini, rasanya bekal dasar yang diberikan oleh gereja cukup memadai. Saudara akan masuk dalam pernikahan dengan pengharapan yang melambung tinggi. Bukan pengharapan yang kosong, namun pengharapan yang pasti

serta teruji. Sekali lagi, saya ingin mengingatkan bahwa buku pegangan ini tidak berdiri sendiri. Buku ini akan didampingi oleh serangkaian lembar pertanyaan demi pertanyaan, yang kita beri nama ujian kejujuran.

Dan melalui kedua jenis materi tersebut team pastoral gereja akan memberi bimbingan bagian perbagian. Ketiga elemen tadi akan ditambahkan dengan pekerjaan Roh Kudus yang kuat, dan pasti akan membuat persiapan pernikahan kita menjadi solid.

Mari kita lanjutkan perjalanan kita bersama dengan Gembala Agung kita yakni Tuhan Yesus Kristus. Amin..


BAB. 1

MENYATUKAN YANG BERBEDA

Survei membuktikan laki-laki rata-rata berbicara sebanyak 10.000 kata setiap hari, sedang wanita berbicara rata-rata 25.000 kata setiap hari.... Pada saat si suami sudah kebiasaan kata-kata si istri masih memiliki 15.000 kata untuk diucapkan....!

Semua kita menyadari bahwa antara pria dan wanita terdapat perbedaan-perbedaan yang cukup lebar. Seringkali semua perbedaan itu menjadi sedemikian melebar sehingga tak terjembatani lagi. Jika ini terjadi pada suami-istri, pastilah menimbulkan kegoncangan besar dalam rumah tangga mereka. Tidak semua benturan yang terjadi antara suami-istri bisa diselesaikan dengan pertanyaan siapa yang salah dan siapa yang benar. Bahkan sebagian besar perbedaan serta benturan yang terjadi lebih karena pemahaman yang kurang terhadap hidupnya.

Kita harus menyadari bahwa bagaimanapun juga laki-laki berbeda dengan wanita. Bukan hanya organ fisiknya yang berbeda, namun perbedaan itu bahkan menyangkut aspek aspek yang lebih luas. Perbedaan yang ada pasti tidak dimaksudkan untuk dipertentangkan. Melainkan perbedaan itu seharusnya membuat pasangan yang ada makin kuat. Sebab perbedaan yang ada jika disatukan akan saling memperlengkapi dan saling mengisi. Dan untuk bisa sampai kesitu, ada dua hak yang perlu kita perhatikan:

1. Pemahaman akan keadaan masing-masing secara baik. 
2. Berjalan sesuai dengan aturan Tuhan tentang suami-istri

Pada bab ini kita akan berbicara tentang pemahaman diantara suami-istri secara baik. Dan pada bab berikutnya akan kita bahas mengenai aturan Tuhan tentang suami-istri. Kita akan melihat apa yang menjadi pengharapan masing masing akan pasangan hidupnya. Kita akan menyoroti tentang apa yang suami harapkan dari istrinya. Demikian sebaliknya, kita juga perlu mengerti apa yang istri harap kan dari suaminya. Saudara mungkin akan tertawa karena setuju, atau tertawa karena seperti sedang dituju. Nah, mari kita mulai:

1. BANYAK BICARA ATAU SEDIKIT BICARA

Suami sering mengeluh karena istrinya terlalu banyak bicara, kalau hatinya sedang berbahagia, istri selalu bercerita tentang apa yang membuatnya bahagia. Dan itu selalu diulang dan diulang, apalagi jika sedang marah atau kecewa. Omelan dan gerutuan selalu meluncur dengan tiada henti. Pokoknya banyak suami yang mengeluh dan tidak tahan dengan istri yang cenderung lebih banyak bicara. Sebaliknya si istri sangat mengeluh karena suaminya lebih

suka menghabiskan waktu senggangnya di depan televisi daripada bicara dengan istrinya. Padahal si istri ingin tahu apa yang terjadi di kantor sepanjang hari itu, juga si istri ingin bercerita apa saja yang dialaminya hari itu. Mungkin soal masa lalu, tetapi juga tentang masa depan.

Survei membuktikan: laki-laki rata-rata berbicara sabanyak 10.000 kata setiap hari, sedang wanita berbicara rata-rata 25.000 kata setiap hari. Dan hal itu sudah nampak ketika masih bayi atau kanak-kanak. Pada usia 2 tahun, kemampuan anak perempuan untuk berbicara lebih tinggi anak laki-laki. Ini perbedaan karakter yang harus dipahami oleh masing-masing pihak. Pada saat si suami sudah kehabisan kata-kata, si istri masih memiliki 15.000 kata untuk diucapkan...!

2. TOLONG MENOLONG

Suami cenderung menghendaki supaya si istri tidak terlalu banyak meminta tolong. Sedapat-dapatnya segala urusan rumah-tangga atau anak-anak bisa diselesaikan oleh istri sendiri tanpa mengganggu kesibukan atau kesenangan suami. Sebaliknya istri menginginkan agar suami lebih ringan tangan dalam membantu kesibukannya. Tidak sedikit istri yang mengeluh dengan kata:" Dulu waktu pacaran, dia begitu perhatian, senang menawarkan bantuannya, tetapi sekarang setiap kali saya meminta bantuannya, suami saya selalu uring uringan."

3. EMOSI YANG STABIL

Para suami banyak mengeluh tentang labilnya emosi dari istrinya. Istri atau wanita mudah untuk tersentuh perasaannya. Mudah menangis, mudah terharu, mudah terpikat dan sebagainya. Dipihak lain istri sering mengeluh bahwa suaminya kurang dalam menyatakan perasaannya. Dingin, kurang terbuka, dan cenderung keras. Sering kali suami menilai bahwa karena emosi istri cenderung labil, istrinya dianggap masih kekanak-kanakan dan tidak dewasa, sedangkan istri menilai suaminya tidak ekpresif karena sombong dan acuh tak acuh.

4. FISIK ATAU ROMANTIS

Suami dalam hubungan sexual cenderung menginginkan hubungan fisik sebagai yang utama. Sedangkan wanita atau istri lebih mendambakan hubungan romantis diantara keduanya. Juga dalam hubungan yang lebih luas, seringkali perwujudannya bisa sangat berbeda dari yang diharapkan. Suami merasa sudah cukup dalam memberikan kasihnya jika ia memberikan semua yang dibutuhkan oleh si istri secara materi atau fisik. Sebaliknya si istri membutuhkan sesuatu yang romantis dari suami, yang tidak bisa di ganti dengan uang, materi atau hal fisik lainnya. Kecupan Happy Birthday lebih berarti bagi si istri dari pada hadiah ulang tahun yang diberikan sambil lalu.

5. LOGIKA ATAU SPONTANITAS

Ini juga areal yang sering menimbulkan salah faham. Suami menginginkan agar istrinya lebih logis dalam berbuat sesuatu, sedang si istri cenderung spontan dalam berbuat apapun. Karena lebih banyak menggunakan logika, segala sesuatu biasanya dilakukan dalam tingkat penguasaan diri yang tinggi. Sebaliknya istri yang spontanitasnya tinggi cenderung menyatakan segala sesuatu apa adanya. Laki-laki digambarkan seperti almari besar dengan banyak pintu dan ruangan. Sedangkan istri/wanita digambarkan sebagai almari besar dengan hanya satu pintu dan satu ruangan. Si suami pada saat tertentu adalah mungkin sedang marah, maka yang terbuka adalah pintu emosinya. Tiba-tiba seorang temannya datang berkunjung, dalam waktu sepersekian detik, tiba-tiba wajahnya menjadi cerah dan dia bisa tertawa terbahak bahak dengan sahabatnya itu. Apa yang terjadi? Rupanya si suami menutup pintu emosi/ amarahnya, dan membuka pintu sopan santun, dan kegembiraan. Si suami dengan logikanya berkata: "Ah, temanku datang. Dia tidak ada kaitan dengan masalahku dengan istriku. Jadi kusimpan dulu amarahku, karena itu tidak sopan jika terlihat didepan orang lain. "Apakah si istri sanggup berbuat yang sama? Ternyata tidak! Wajah si istri tetap cemberut dan marah. Hati-hati karena jika salah bicara sedikit, maka pintunya akan terbuka lebar. Dan semua geram, amarah dsb yang ada di dalamnya akan meledak keluar sekalipun di depan orang lain. Kalau itu terjadi, suami berkata: "Istriku tidak logis!" Sedang si istri akan menjerit : "Suamiku Munafik, tidak lagi cinta dengan aku. Kalau dengan orang lain bisa tertawa-tawa, sedang dengan istrinya membentak bentak !"

6. PENAMPILAN

Suami menghendaki supaya istri tidak terlalu lama berdadan. Ia ingin istrinya bergerak lebih cepat. Tidak terlalu banyak mengurus penampilannya. Suami jenuh mendengar si istri selalu mengeluh karena makin bertambah gemuk. Juga selalu berpikir tentang pakaian baru, make up, perhiasan dll. Sebaliknya si istri menginginkan agar suaminya lebih memperdulikan perasaannya. Dan juga perasaannya terhadap penampilannya, termasuk ukuran badannya, make up yang dipakainya sampai ke pakaian baru yang baru dibelinya. Istri menginginkan perhatian dan kesediaan suami untuk mengerti atau memahami. Istri ingin agar suami lebih sabar dalam menunggunya berdandan. Kadangkala, suami melihat apa yang dilakukan istrinya sebagai pemborosan. Sedangkan si istri menilai suaminya mulai kikir.

7. HOBBY ATAU KEGEMARAN YANG BERBEDA

Baik laki-laki maupun wanita masing-masing pada dasarnya memiliki interes atau kegemaran yang berbeda. Apa yang menarik bagi seorang pria, belum tentu menarik bagi wanita, demikian pula sebaliknya. Keterikatan akan sesuatu kegemaran atau hobby, bisa menyita waktu serta perhatian kita, sehingga pasangan kita menjadi terabaikan.Pada titik tertentu hal ini bisa menjadi ledakan dalam kehidupan rumah tangga.

Tujuh point telah kita lihat. Masih banyak perbedaan antara laki-laki dan wanita yang bisa kita lihat. Sekali lagi persoalan nya bukan siapa yang benar dan siapa yang salah. Tetapi lebih banyak terletak pada pemahaman bahwa memang laki-laki dan wanita diciptakan berbeda. Bukan untuk dikompetisikan, melainkan untuk saling melengkapi dan memperkokoh rumah tangga yang ada.

Firman Tuhan berkata:" Tidak baik jika manusia itu seorang diri saja." Artinya jika hanya pandangan satu pihak saja yang dikatakan benar, Tuhan berkata bahwa itu tidak baik. Artinya, jika kita tidak berjalan bersama sebagai suami-istri (sekalipun dengan kekhususan masing-masing), Tuhan berkata bahwa itu tidak baik. Artinya jika suami berkata bahwa semua interest dari istrinya adalah hal yang tidak berarti, dan hanya apa yang ia pikirkan itu yang benar, Tuhan berkata bahwa itu tidak baik. Artinya jika si istri merasa bahwa dirinyalah yang paling berperasaan sedang suami sama sekali tidak memiliki selera hidup, Tuhan berkata bahwa itu tidak baik.

Sebaliknya, jika keduanya bisa saling memahami, dan menahan diri, lebih banyak memberi dari pada menuntut, dan berjalan bersama-sama, maka Tuhan berkata bahwa itulah yang baik. Kiranya para suami bisa mengerti bahwa jika ia berjalan sendiri tanpa si istri, Tuhan berkata itu tidak baik. Sebaliknya demikian pula jika istri berjalan sendiri tanpa suami, karena merasa lebih kuat dsb, Tuhan berkata bahwa itu tidak baik. Saudara berdua menikah bukan untuk kemudian berjalan sendiri-sendiri bukan ?


BAB. 2 MENGASIHI DAN TUNDUK

Sehingga jika terjadi pertengkaran diantara suami istri,maka biasanya suami akan berteriak: "Istri harus tunduk kepada suami!" Lalu si istri biasanya akan berteriak lebih keras: "Tetapi suami harus mengasihi istrinya, membentak-bentak begitu!" bukan

Sekarang kita berbicara tentang subjek yang paling sering dikhotbahkan pada acara peneguhan atau pemberkatan nikah. Begitu seringnya didengungkan sehingga banyak orang begitu hafal dengan bunyi perintah yang ada. Sehingga jika terjadi pertengkaran diantara suami-istri, maka biasanya suami akan berteriak: "Istri harus tunduk kepada suami!". Lalu si istri biasanya akan berteriak lebih keras: " Tetapi suami harus mengasihi istrinya, bukan membentak-bentak begitu!!!" Ini kelihatannya baik karena masing-masing mengutip ayat Firman Tuhan, Namun sayang masing-masing mengutip ayat yang ditujukan pada orang lain, dan bukan ayat yang ditujukan untuk dirinya sendiri. Lebih baik, sebelum mengingatkan ayat yang ditujukan untuk orang lain, masing-masing kiranya mengingatkan dirinya sendiri akan ayat yang ditujukan bagi diri pribadinya. Setuju? Sekalipun demikian, mari kita bahas lagi akan perintah yang begitu terkenal itu. Sebab seperti yang sudah saya katakan di depan, perbedaan antara laki-laki dan perempuan bisa dijadikan kekuatan yang hebat jika masing-masing pihak memiliki pemahaman yang baik akan pasangan hidupnya. Akan tetapi juga mengerti akan aturan dan hukum Tuhan yang mengatur hubungan keduanya.

SUAMI KASIHILAH ISTRIMU SEBAGAIMANA KRISTUS...


Firman Tuhan berkata bahwa suami yang baik adalah:

"Seorang kepala keluarga yang baik, disegani dan dihormati oleh anak-anaknya. Jikalau seorang tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat mengurus jemaat Allah?" (1 Timotius 3:4,5)

Firman Tuhan dengan tegas menyatakan bahwa suami adalah kepala keluarga. Jadi otoritas diberikan Tuhan. kepadanya untuk mengepalai keluarganya. Keluarga menjadi tanggung-jawab sepenuhnya dari suami. Itulah sebabnya Tuhan tidak marah kepada istri dari Imam Eli, berkenaan dengan perbuatan serta kelakuan anak-anak mereka. Tetapi amarah Tuhan justru turun kepada Imam Eli sendiri sebagai kepala keluarga.

Akan tetapi, sekalipun suami di beri otoritas oleh Tuhan, otoritas itu tidaklah di gunakan sebagai alat untuk menekan dan melegitimasi apapun yang kerjakan serta diinginkannya. Otoritas yang Tuhan berikan selalu harus di jalankan di dalam jalan dan cara kasih. Jika kita mempelajari seluruh isi firman Tuhan, maka hal tersebut akan nampak dengan jelas. Sebagai contoh : Di setiap gereja lokal, Tuhan mengangkat para gembala sebagai pemegang otoritas.

Namun Petrus berkata: "Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri. Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah mereka yang di percayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu." (1 Petrus 5:2,3).

Saudara bisa melihat, bahwa otoritas memang diberikan, tetapi menjalankannya harus dengan jalan kasih.

Lebih jauh Petrus memberikan nasehat yang sangat indah kepada semua suami.

"Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan istrimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang. (1 Petrus 3:7).

Perhatikanlah tiga kata kunci yang di tulis oleh rasul Petrus:

1. Hiduplah bijaksana dengan istrimu

Dalam terjemahan lain di pakai kata: "in an understanding way" yaitu di dalam jalan yang berpengertian. Suami di minta untuk mau mengerti istrinya. Perbedaannya dengan dirinya, apa yang di sukainya, dan apa yang harus dihindari supaya tidak menyakiti hatinya.

2. Hormatilah.

Pada saat suami telah mendapatkan penghasilan yang baik serta berhasil dalam karirnya, seringkali suami menganggap enteng istrinya. Dinilainya bahwa istrinya tidak tahu banyak, dan suka campur tangan dengan urusannya. Tetapi firman Tuhan berkata: Hormatilah! Sebab istri adalah teman pewaris kasih karunia yaitu kehidupan. Apa artinya? Seumpama sebuah almari besi yang memiliki dua kunci, dan bawa oleh dua orang yang berbeda. Untuk membuka almari itu serta menikmati isinya, keduanya harus bersama-sama. Mengabaikan yang satu akan berakibat pada gagalnya upaya mendapatkan isi dari almari itu. Keberhasilan suami adalah karena kebersamaan nya dengan istrinya. Itulah sebabnya juga di katakan:

3. "Supaya doamu jangan terhalang"

Hal lain yang perlu di perhatikan adalah: kata Kasihilah di dalam Efesus 5:25, berasal dari kata Agape, yaitu kasih Allah yang tanpa syarat serta Kasih yang memberi atau agresif atau berinisiatif mengulurkan tangan telebih dahulu. Sedangkan kasih yang kemudian di berikan oleh si istri ternyata berbeda. Titus 2:3,4 menyatakan:

"Demikian juga perempuan-perempuan yang tua, hendaklah mereka hidup sebagai orang-orang yang beribadah, jangan memfitnah, jangan menjadi hamba anggur, tetapi cakap mangajarkan hal-hal yang baik dan dengan demikian mendidik perempuan-perempuan muda mengasihi suami dan anak-anaknya.

"Kata mengasihi disini dipakai kata Phileo, yaitu kasih dimana ada imbal balik atau responsif. Jadi didalam hubungan suami-istri, memang benar bahwa otoritas diberikan kepada suami. Tetapi suami didalam menjalankan otoritasnya harus dengan jalan kasih. Dan kasih yang ada pada suami haruslah kasih yang agresif, kasih yang memberi terlebihi dahulu. Bukan kasih yang menunggu. Jika agape diberikan oleh suami, maka istripun akan bereaksi responsif, sehingga terjalinlah keindahan seperti yang Tuhan inginkan.

Baca: Amsal 28:16, Amsal 11:29

Hai Istri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan

Ini bukan perintah yang mudah bukan? Tidak mengherankan jika banyak istri yang merasa bahwa ayat ini merasa tidak adil. Banyak yang kemudian bertanya: "dimana batasannya? Sampai sejauhmana kami harus tunduk?" Kita memang tidak berbicara dengan rinci akan hal ini. Namun jika anda bisa menangkap spirit dari perintah ini, saya percaya semua pertanyaan itu akan terjawab dengan sendirinya.

Ketika manusia jatuh kedalam dosa, ada akibat yang harus mereka alami. Karakter yang begitu indah menjadi rusak. Dan segala sesuatu menjadi tumpang tindih. Diantaranya seperti yang Tuhan katakan kepada Hawa:

namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu. (Kejadian 3:16) ""

Kata berahi disini mengandung arti yang luas. Dan sebenarnya memiliki arti RUN OVER atau mencoba untuk berada diatas atau berkuasa atas suaminya. Namun Tuhan tetap berkata bahwa suami yang tetap akan bekuasa atas istri. Para istri hendaknya menyadari bahwa ada naluri yang mereka miliki untuk bisa berada atas suaminya. Pada saat-saat tertentu, naluri itu muncul dan menganggap bahwa dirinya lebih bisa dari suaminya. Hal itu tidak boleh dibiarkan terjadi. Selemah apapun si suami, tetap dialah pemegang otoritas dalam keluarga. Jika kita melanggarnya, maka akan menyinggung egonya sehingga konflik besar pasti akan terjadi. Suami yang tidak benar-benar dalam Kristus, mungkin dihadapan istrinya tidak berani melawan, namun perlawanannya ada diluar rumah. Mungkin dalam bentuk penyelewengan bahkan perjinahan.

Lalu hal-hal apa yang perlu diperhatikan oleh semua istri? Dengarkan nasehat Rasul Petrus:

"Demikian juga kamu, hai istri-istri, tunduklah kepada suamimu, supaya jika ada diantara mereka yang tidak taat kepada Firman, mereka juga tanpa perkataan dimenangkan oleh kelakuan istrinya, jika mereka melihat, bagaimana salehnya hidup istrinya itu tetapi perhiasamu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa berasal dari Roh yang lemah lembut dan tenteram... mereka tunduk kepada suaminya, sama seperti Sara taat kepada Abraham dan menamai dia tuannya." (I Petrus 3:1-6)

Lihat beberapa kata kunci yang penting bagi kita: kelakuan, percakapan (pada terjemahan lain digunakan kata conversation), Roh yang lemah lembut dan tenteram. Ketaatan dan penundukkan kita bukan ketaatan terpaksa. Bukan dengan hati berontak sehingga sering kali tercermin dari perilaku dan percakapan yang kasar yang menyinggung perasaan suami. Perilaku dan percakapan yang lemah lembut

dan tenteram dari istri akan mampu meredakan gemuruh gelombang sebesar apapun yang sedang berkecamuk pada diri si suami. Di sinilah fungsi sebagai penolong akan berjalan dengan sendirinya.

Firman Tuhan berkata:

"seorang istri yang suka bertengkar serupa dengan tiris yang tiada henti hentinya mnitik pada waktu hujan" (Amsal 27:15)

Baca: Amsal 12:4; 15:1; 19:14; 21:9,19; 31:10-31.

Salah satu berkat terbesar yang saya dapatkan dari Tuhan adalah istri saya sendiri. Penundukan diri yang di tunjukannya sangat tulus dan murni. Kami tidak merasa memiliki kehidupan ganda. Artinya hidup kami di gereja sama dengan kehidupan kami di rumah. Hormat yang di tunjukannya kepada saya sebagai gembala sidang di gereja, hormat yang sama ia berikan di rumah. Kami bisa menghabiskan waktu cukup lama untuk sharing firman Tuhan. Secara bergantian kami saling memberkati dengan firman Tuhan yang di bukakan bagi kami. Sungguh sungguh kami memilliki kehidupan yang trasparan dan bukan kehidupan ganda. Terima kasih Tuhan untuk istri yang baik yang Engkau berikan bagi hambaMu.

"Minumlah dari kulahmu sendiri, minumlah dari sumurmu yang membual.Patutkah air matamu meluap keluar seperti batang-batang air ke lapangan-lapangan? Biarlah itu menjadi kepunyaanmu sendiri. Jangan jugaa menjadi kepunyaan orang lain. Di berkatilah kiranyya sendangmu,bersukacitallah dengan istri masa mudamu;rusa yang manis,kijang yang jelita;biarlah buah dadanya selalu memuassskan engkau, dan engkau senantiasa berahi karena cintanya.
(Amsal 5:15-19)


BAB. 3
HUBUNGAN SEX SUAMI ISTRI

Ini topik yang mungkin paling banyak mendapat penggemar jika di bicarakan. Bagi orang-orang muda sering kali ini merupakan dunia tersendiri yang penuh misteri dan mengundang keinginan untuk menguak misteri tersebut. Sebagian orang bahkan berkata secara terus terang bahwa motif pernikahannya di antaranya karena tidak tahan dalam mengendalikan nafsu birahinya. Jadi sex dianggap sesuatu yang akan mendominasi kehidupan rumah tangga. Bisakah saudara bayangkan jika sebuah keluarga kehidupannya di dominasi oleh Sex, sex, sex, dan sex. Pagi, siang, sore dan malam, tengah malam, hanya itu-itu saja yang menjadi acaranya. Dan ternyata hanya itulah yang ada dalam benak banyak anak muda. Akibatnya ketika mereka masuk dalam pernikahan yang sebenarnya, ternyata urusan anak, pembantu rumah-tangga, bayar rekening listrik dan telepon, uang untuk kontrak rumah, gaji yang tidak cukup dsb, menggeser seluruh bayangan semu tersebut. Ternyata sex tidak mendominasi kehidupan kita. Karena Tuhan tidak pernah bermaksud menciptakan laki-laki dan perempuan hanya untuk sex!

Namun demikian, kita secara terbuka harus bahwa Tuhan memberikan sex kepada suami-istri sebagai salah satu anugrah-Nya. Suami-istri di beri berkat untuk menikmati kehidupan sex yang sehat dan manis. Itulah yang Tuhan inginkan. Firman Tuhan berkata:

"Minumlah air dari kulahmu sendiri, minumlah dari sumurmu yang membual. Patutkah mata airmu meluap seperti batang batang air ke lapangan-lapangan? Biarlah itu menjadi kepunyaanmu sendiri, jangan juga menjadi kepunyaan orang lain. Di berkatilah kiranya sendangmu, bersukacitalah dengan istri masa mudamu: rusa yang manis, kijang yang jelita; biarlah buah dadanya selalu memuaskan engkau, dan engkau senantiasa berahi karena cintanya."
(Amsal 5:15-19)

Berdasarkan ayat-ayat di atas, mari kita melihat secara lebih detail akan kebenaran ini satu per satu.

1. WANITA DI GAMBARKAN SEPERTI SUMUR

Sumur letaknya di bawah. Air yang di dalam sumur tidak bisa memancar sendiri. Perlu di pompa, atau di timba supaya airnya naik ke atas. Bagaimana si suami bisa minum dari air sumurnya? Ternyata tidak bisa seketika langsung tersedia. Istri atau wanita, memiliki perilaku sexual yang berbeda dengan laki-laki atau suami. Bagi wanita, hubungan sexual adalah hubungan secara utuh antara dia dan suaminya. Sebelum si istri bisa memberikan "air"nya yang bisa memuaskan rasa dahaga sang suami, ia membutuhkan rasa kasih sayang, kata-kata yang lembut yang memuji dia, sehingga ia merasa di perlakukan begitu khusus. Ia membu tuhkan kasih dari suaminya. Sampai pada puncaknya, ia akan memberikan sesuatu yang memuaskan suaminya. Jika suami tidak memahami kondisi ini, biasanya akan terjadi salah faham. Si istri dengan terpaksa melayani suaminya tanpa ada ikatan jalinan rasa kasih sayang. Dia akan merasa di perbudak dan hanya sebagai pemuas hawa nafsu saja. Pada saat itulah kehidupan keduanya akan terasa hambar. Di tambah lagi orang timur biasanya tidak mau secara terbuka membicarakan hal-hal semacam itu. Apa yang di derita si istri di pendam bertahun-tahun dengan hati yang pedih. Hubungan sexual suami-istri telah hilang kenikmatannya. Tentu itu sangat berbahaya.

2. SUAMI ATAU LAKI-LAKI SEPERTI MATA AIR

Mata air, seperti kita tahu, memancar dengan sendirinya. Tanpa harus di pompa atau di timba, mata air akan memancarkan airnya. Inilah kenyataan yang ada pada laki-laki. Tiba-tiba keinginan sexualnya timbul, maka segera ia bisa dengan mudah melakukannya. Tetapi melakukan dengan siapa? Tentu dengan istrinya bukan? Sedangkan kita tahu, sumur itu tidak akan mengeluarkan air jika tidak di pompa terlebih dahulu. Di sinilah titik konflik mulai terjadi. Laki-laki cepat menanjak naik, dan secepat itu juga akan melesat turun. Begitu ia selesai minum dari air sumurnya, laki-laki bisa langsung membelakangi si istri dan tidur. Akibatnya komunikasi terputus, khususnya itulah yang di rasakan istrinya. Jika perbedaan ini menjurus pada titik ledak, maka biasanya si istri mulai bereaksi. Yaitu dengan menolak ajakan si suami untuk bersetubuh. Dan hal itupun berbahaya. Sebab penolakan yang terus-menerus akan menyinggung ego atau harga diri dari si suami. Jika itu terjadi, konflik benar-benar terjadi! Oleh karenanya suami istri harus bisa terbuka dan berbicara secara jujur apa yang masing masing dirasakannya.

Survey membuktikan: Berdasarkan penelitian dari UCLA, setiap hari manusia membutuhkan delapan kali meaningful touch atau sentuhan penuh arti / kasih supaya orang bisa bertumbuh jiwanya secara sehat.

Firman Tuhan berkata: "Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap istri, demikian pula istri terhadap suaminya. Istri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi istrinya. Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak. (1 Korintus 7:3-5)

3. BERSUKACITALAH DAN MABUK CINTA

Amsal menyatakan bahwa adalah kehendak Allah suami-istri saling menikmati hubungan mereka. Kata bersukacitalah artinya masing-masing saling menikmati dan memuaskan serta mengasihi. Suami mengalami berahi atau mabuk cinta dengan istrinya, demikian pula sebaliknya.

"Lebih baik menjadi orang kecil, tetapi bekerja untuk diri sendiri, dari pada berlagak orang besar, tetapi kekurangan makanan. (Amsal 12:9)

BAB. 4
KELUARGA MUDA DAN KEUANGAN RUMAH TANGGA

.......... Siapa memewahkan pintunya mencari kehancuran." 
(Amsal 17:19)

Tidak sedikit keluarga muda yang terbelit masalah keuangan dalam rumah tangganya. Selama bertahun-tahun mereka hidup dari apa yang orang tua mereka berikan. Segala sesuatu telah tersedia tanpa bersusah payah mengusahakan nya. Mereka belum pernah mengerti berapa besar biaya rumah-tangga yang sebenarnya. Sampai tibalah pada hari pernikahan. Tiba-tiba semuanya berubah. Yang tadinya sudah siap di atas meja, kini harus di upayakan supaya ada.

Gaji atau penghasilan yang di dapat kini mulai di hitung hitung ulang. Cukupkah atau kurangkah? Sebelum sauda ra memasuki kehidupan baru dalam berumah tangga, ijinkan saya memberi masukan yang penting bagi rumah tanggamu kelak. Paling tidak hal-hal yang akan saya bagikan ini akan menjadi semacam tuntunan untuk masa awal kehidupan kalian berdua. Dan sementara waktu ber jalan, saya yakin bahwa Tuhan akan menambahi hikmat Nya dalam diri saudara sehingga kalian berdua makin mampu mengalir bersama Dia dalam kehidupan ini.

Ada 10 nasehat yang saya ingin berikan sebagai pedoman :

1. SEHATI
Ini merupakan kata kunci dalam berkat Tuhan atas rumah tanggamu.

Firman Tuhan berkata :
"Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!....Sebab ke sanatah Tuhan memerintah kan berkat untuk selama-lamanya. 
(Mazmur 133: 1-3)

Ingat akan ilustrasi yang saya berikan? Bahwa suami dan istri seperti dua orang yang memiliki kunci yang berbeda untuk membuka almari besi dengan kunci ganda. Kedua kunci itu harus di pergunakan untuk bisa mengambil apa yang tersimpan di dalam almari itu.

Menyingkirkan yang satu akan menutup jalan bagi kita sendiri untuk menikmati semua janji Allah. Baca lagi: 1 Petrus 3:7

2. TAKUT AKAN TUHAN

Uang merupakan sarana ujian yang baik untuk bisa melihat apakah seseorang bisa di percaya atau tidak. Uang memang bagian dari berkat Tuhan, tetapi uang juga bisa menghancurkan hidup kita. Pergulatan yang terus menerus antara kita dengan uang adalah pergulatan Siapa yang berkuasa? Kita atau uang! Ketika berkat-Nya turun, tetaplah miliki takut akan Tuhan, sekalipun uang / hartamu banyak. Dan salah satu patokan guna menjaga takut akan Tuhan dalam diri kita adalah ketaatan kita akan perpuluhan.

Firman Tuhan berkata:

"Haruslah engkau benar-benar mempersem bahkan sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu, tahun demi tahun ...supaya engkau belajar untuk takut akan Tuhan Allahmu.
(Ulangan 14: 22,23)

3. JANGAN TAKUT JIKA HARUS MEMULAI DARI YANG KECIL

Banyak orang takut akan hari depannya. Di tambah dengan ketamakan dalam hati; sehingga orang cenderung mencari suatu awal yang besar. Namun kenyataannya seringkali Tuhan memberikan suatu awal yang kecil. Dan itu harus dengan setia dan tekun di tumbuhkan. Yang penting bukan seberapa besar atau kecil kita memulai segala sesuatu. Yang lebih penting adalah berkat-Nya yang menyertai kita. Bukankah perumpamaan 5 roti dan 2 ikan telah menyatakan kebenaran itu kepada kita.

Firman Tuhan berkata : "Lebih baik menjadi orang kecil, tetapi bekerja untuk diri sendiri.daripada berlagak orang besar, tetapi kekurangan makanan." (Amsal 12:9)

Baca juga: (Amsal 10:16, Amsal 15:17)

4. HITUNG ANGGARANMU

"Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau duduk mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu? Supaya jikalau ia sudah meletakan dasarnya dan tidak dapat menyelesaikannya, jangan jangan semua orang yang melihatnya, mengejek dia, sambil berkata: orang itu mulai mendirikannya, tetapi ia tidak sanggup menyelesaikannya." (Lukas 14:28,29)

Baca: Amsal 19:2; Amsal 28:19

5. PENGUASAAN DIRI

Duduk membuat anggaran,atau merencanakan berdasarkan kemampuan keuangan kita, membutuhkan penguasaan diri. Orang yang tidak memiliki penguasaan diri, biasanya tidak berpikir panjang. Yang di kejar adalah keinginanya sendiri Apa akibatnya?

Firman Tuhan berkata:

"Orang yang tak dapat mengendalikan diri, adalah seperti kota yang roboh temboknya" (Amsal 25:28)

Jika tembokmu roboh, maka habislah isi kota itu di jarah orang lain. Jika engkau tidak memiliki penguasaan diri, maka keuanganmu akan terjarah juga untuk hal yang sia-sia. Hari-hari ini,kita seperti sedang di banjiri aneka iklan barang lewat berbagai media. Semuanya memancing nafsu kita untuk membeli dan membeli.Tidak semuanya bermanfaat bagi kita. Sebagian hanya sekedar untuk penampilan dan harga diri.Cobalah belajar jujur dengan diri sendiri, dengan selalu bertanya: mengapa aku ingin membeli ini dan itu? Apakah aku benar-benar membutuhkannya? Ataukah hanya sekedar untuk harga diri? Celakakah jika aku menundanya? Bisakah hal itu di tunda dulu? Bagaimana kah pendapat suami istriku? Setujuhkah dia atau kebe ratankah? Pertanyaan ini paling tidak akan menghalangi saudara terjebak di dalam aneka kredit dan kredit. Baca Amsal 15:16,17 dan Amsal 22:7, Amsal 17:20, Amsal 17:19

6. SESUAI PORSI KITA

Bagian dari penguasaan diri adalah kejujuran untuk meyadari bahwa porsi setiap orang berbeda-beda. Pelajaran berharga kita bisa dapatkan dari Daud. Ketika ia akan menghadapi Goliath, ia mencoba memakai pakaian Raja Saul. Apa akibatnya? Daud bahkan sukar untuk bergerak. Jadi pakailah pakaianmu sendiri. Jangan memakai pakaian orang lain. Seperti halnya orang dengan makanan. Setiap orang memiliki kapasitas atau porsi makan yang berbeda. Mencoba menggunakan ukuran orang lain untuk di ukurkan kepada kita akan membuat kita kelaparan atau sakit perut karena terlalu kenyang. Dua-duanya tidak baik bukan?

Firman Tuhan berkata:
"Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku."
(Amsal 30 :8)

Bagian di sini artinya adalah porsi kita masing-masing. Jika porsi kita banyak, janganlah kuatir karena Tuhan akan memberikan berkatNya sesuai dengan porsi kita. Bukankah 5000 orang yang di jamu Yesus dengan roti dan ikan, "semuanya makan sampai kenyang"? (baca:Matius 14:20)

7. JANGAN INGIN KAYA

Jika saudaramu mampu menerima kebenaran di atas, maka pernyataan ini tidak akan membingungkan saudara.

Firman Tuhan berkata: "Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat apa-apa keluar. Asal makanan dan pakaian, cukuplah. Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam jerat dan ke dalam berbagai dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan mencela kakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. rena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai bagai duka. "(1Timotius 6:7-10)

Baca : Amsal 23:4,5 dan Amsal 28:20,22)

8. JANGAN MENJADI PENANGGUNG SESAMAMU

Sengaja saya masukan ulasan ini walaupun tidak ada kaitan langsung dengan keuangan rumah-tangga saudara. Sebab saya telah melihat betapa banyaknya korban yang di timbulkan oleh masalah ini. Seseorang datang kepada saya dan meminta dengan sangat agar saya bersedia mencarikan sejumlah uang untuk usahanya. Dia tahu saya memiliki banyak teman, yang nota bene adalah orang kaya. Jika saya pinjam uang kepada mereka, tentu mereka percaya dan bersedia meminjamkannya kepada saya. Orang yang datang itu sedang dalam kesulitan besar. Bolehkah saya mencarikan uang atau meminjamkan uang kepadanya? Banyak anak Tuhan tanpa berpikir panjang segera mengulurkan tangannya mencoba orang yang sedemikian susahnya itu. Sebagian berupa pertolongan murni, sebagian mengandung unsur business dengan menerima "sedikit" bunga dari pinjaman tersebut. Apa yang kemudian banyak terjadi? Orang yang memakai uang itu tidak bisa mengembalikan hutangnya. Bahkan ada yang kabur. Lalu tinggal kitalah yang gigit jari harus menanggung membayar hutang tersebut. Biasanya pada orang yang justru ingin cepat kaya, hal semacam ini banyak terjadi. Jadi hati-hatilah! Baca:Amsal 22:26,27 amsal 11:15 Amsal 17:18

9. ANAK

Informasi ini perlu saya bagikan, yaitu bahwa keluarga yang memiliki anak, membutuhkan dana atau keuangan yang jauh lebih banyak jika di bandingkan dengan yang tanpa anak. Tentu saya berbicara secara umum. Si kecil membutuhkan pembiayaan yang cukup besar, bahkan sedemikian besar sampai harus saya katakan jangan kaget jika pengeluaran mu tiba-tiba berlipat dua sejak kelahiran si kecil. Memper siapkan segala sesuatu secara bertanggung-jawab akan sangat membantu dalam menyambut kehadiran bayi mungil di rumah kita.

10. KELUARGA LEBIH UTAMA DARI PEKERJAAN

Sebanyak apapun penghasilan yang saudara dapatkan lewat pekerjaanmu, keluarga tetap lebih penting dari pekerjaan itu. Kasih sayang, perhatian, waktu bersama, komunikasi dari hati kehati, cengkerama bersama istri dan anak-anak, tidak bisa di ganti dengan uang. Jika prioritas kita bergeser, keluarga akan menjadi kacau dan goyah. Apa akibatnya? Semua yang kita lakukan menjadi sia-sia belaka. Firman Tuhan berkata:

"Siapa mengacaukan rumah tangganya akan menangkap angin." (Amsal 11 : 29)

    sekali lagi ini bukanlah taurat bau. Namun semuanya pasti akan memberikan dasar yang kokoh bagi kehidupan rumah-tangga kita

Sebaliknya dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri, dan hanya memperhatikan kepentingannya sendiri,
janganlah tiap-tiap orang tetapi kepentingan orang lain juga (Filipi 2:3-4)
BAB. 5

PERTENGKARAN DI ANTARA SUAMI-ISTRI

Banyak peneliti masalah rumah tangga berpendapat bahwa masa krisis hubungan suami istri terjadi sekitar 3 tahun pertama. Jika masa itu terlewati dengan baik, maka besar kemungkinan keluarga yang ada akan dapat bertumbuh dengan kuat. Tentu saja kesimpulan semacam itu tidak mutlak, sebab kita menjumpai tidak sedikit keluarga yang hancur justru pada masa tua mereka. Namun demikian paling tidak kita mengakui bahwa di dalam rumah-tangga terjadi suatu proses penyatuan antara dua jiwa yang berbeda. Antar suami dan istri. Dan itu harus di akui, tidak akan berjalan 100% lancar tanpa benturan. Benturan demi benturan yang terjadi biasanya akan berakibat terjadinya pertengkaran di antara keduanya. Dengan jujur kita mengakui bahwa banyak anak Tuhan yang tidak mampu mencegah terjadinya pertengkaran di antara mereka berdua. Bahkan setelah itu terjadi, ada banyak pula yang tidak mampu menyelesaikanya dengan aik. Akibatnya setiap pertengkaran yang terjadi meninggalkan bekas luka yang terkadang dalam. Sebenarnya tidak ada orang percaya yang suka mengalami pertengkaran dalam hidup keluarganya. Mereka rindu sekali terjalinnya hubungan yang indah di antara keduanya. Mungkinkah itu? Saya katakan sangat mungkin. Sebab Roh yang di berikanNya adalah Roh yang membawa damai sejahtera. Lalu apa yang perlu kita perhatikan? Berikut ini saya akan bagikan 10 point penting di dalam hubungan suami istri khususnya dalam kaitan nya dengan pertengkaran:

1. Indikasi keadaan rohani.

Apapun yang terjadi di dalam keluarga kita, sebenarnya juga dapat di lihat sebagai indikasi kerohanian kita sendiri. Tidak ada orang yang hidup dalam Roh mengalami keributan dan pertengkaran. Selama pertengkaran masih terjadi, itu membuktikan bahwa kedagingan kita terlibat aktip di dalamnya. Bahkan atmosfir keluarga yang keruh seringkali oleh karena dosa yang belum di selesaikan.

Firman Tuhan berkata:

"Ada saja perkara di antara kamu yang seorang terhadap yang lain telah merupakan kekalahan bagi kamu. Mengapa kamu tidak lebih suka menderita ketidakadilan? Mengapakah kamu tidak suka di rugikan? (1 korintus 6:7)

Ketentraman di dalam keluarga seringkali adalah hal yang sangat mahal untuk di dapatkan oleh sementara keluarga. Tetapi keluarga yang hidup di dalam kebenaran, keluarga itu akan mengalami damai sejahtera.

Alkitab mengatakan :

"Di mana ada kebenaran di situ tumbuh damai sejahtera dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketentraman untuk selama-lamanya. "(Yesaya 32:17)

Amsal menyatakan : Lebih baik sekerat roti yang kering di sertai dengan ketentraman, daripada makanan daging serumah di sertai dengan perbantahan." (Amsal 17: 1)

Tidak ada yang membanggakan kalau keluarga kita di kenal dengan keluarga yang suka bertengkar.

Amsal 20:3 menyatakan : "Terhormatlah seseorang, jika ia menjauhi perbantahan, tetapi setiap orang bodoh membiarkan amarahnya meledak. "Amin?!

2. Minta maaf dan memaafkan

Rahasia kerukunan rumah tangga adalah jika masing masing kita sedia berjalan di dalam kerendahan hati. Dan jalan kerendahan hati adalah jalan membuat kita memiliki hati yang lembut sehingga mudah untuk bertobat. Jika pertengkaran terjadi, pemenangya adalah pihak yang lebih cepat menyadari kesalahannya dan mengakuinya, meminta maaf atas kesalahannya, dan berinisiatif untuk berdamai.

Firman Tuhan berkata : "Siapa yang menyembunyikan pelang garannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakui dan meninggalkannya akan di sayangi." (Amsal 28:13)

Dan kedua belah pihak akan menjadi pemenang bersama jika yang di mintai maaf segera memaafkan tanpa persyaratan serta ancaman.

Karena Firman Tuhan berkata:

"Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu di puji karena memaafkan pelanggaran.
(Amsal 19:11)

Ketika masing-masing pihak berlomba lomba menyerahkan haknya, maka pertengkaran tidak akan pernah terjadi, atau paling tidak akan segera berakhir.

Firman Tuhan berkata :

"Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan tetapi kepentingan orang lain juga." 
janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, (Filipi 2:3-4)

Lebih lanjut Firman Tuhan menyatakan :

"Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat." (Roma 12:10)

3. Selesaikan sendiri

Orang kristen yang dewasa di dalam Tuhan, akan mampu dengan segera menyelesaikan sendiri persoalan di dalam rumah tangganya. Khususnya jika masing-masing pihak, atau minimal satu di antaranya sedia menyerahkan haknya. Termasuk hak untuk mendapat pengakuan bahwa dalam perkara tersebut ia yang benar. Namun demikian, seandainya di perlukan bimbingan dari pihak ke tiga, kiranya kita berhati-hati di dalam menyampaikan masalah rumah tangga kita. Jangan dengan sembarang orang apalagi kepada orang yang tidak di dalamTuhan. Nasehat yang mereka berikan, sekalipun baik, tetapi tetap berasal dari dunia. Dan bukan berdasarkan hukum Tuhan yang sempurna. Alkitab berkata: Apakah ada seorang di antara kamu, yang jika berselisih dengan orang lain, berani mencari keadilan pada orang-orang yang tidak benar, dan bukan pada orang-orang kudus?...tidak adakah seorang di antara kamu yang berhikmat, yang dapat mengurus perkara-perkara dari saudara-saidaranya? Adakah saudara yang satu mencari keadilan terhadap saudara yang lain, dan justru pada orang-orang yang tidak percaya?"

(Baca :1 korintus 6:1-6)

Datanglah kepada sesama anak Tuhan yang lebih matang dan dewasa rohaninya, yang hidupnya menunjukan buah-buah kebenaran. Di gereja ini, saudara bisa datang kepada ketua Mezbah keluarga, atau Pelayan Rayon saudara, atau bahkan sampai kepada team pastoral gereja. Kami terbuka untuk memberikan bimbingan yang saudara butuhkan.

4. Jangan pergi dari rumah

Pada sementara orang jika pertengkaran di antar suami istri terjadi, mereka biasanya lari meninggalkan rumah. Saya katakan bahwa hal ittu bukan tindakan yang bertanggung jawab. Jika suami yang pergi dari rumah, maka suami seperti itu adalah suami yang sama sekali tidak memiliki rasa tanggung-jawab terhadap orang orang yang ada di bawah naungannya. Keadaan keluarganya akan makin parah karena setan akan mencabik-cabiknya. Sebab penjaganya telah kabur meninggalkan kawanan dombanya. Sedangkan bagi istri yang gemar lari dari rumah, tindakannya adalah suatu kebodohan. Karena dengan engkau lari dari rumah, engkau keluar dari tudung suamimu sendiri. Saya yakin, kecuali karena ancaman dan perlakuan secara fisik yang membahayakan, pada hakekatnya istri harus tetap tinggal di rumah dan menyelesaikan semua persoalan keluarganya.

Firman Tuhan berkata:

"Seperti burung yang lari dari sarangnya, demikianlah orang yang lari dari kediamannya." (Amsal 27:8)

Kitab pengkotbah berkata:

"Jika amarah penguasa menimpa engkau, janganlah meninggalkan tempatmu, karena kesabaran mencegah kesalahan-kesalahan besar." (Pengkotbah 10:4)


5. Jangan berkata atau berpikir : Cerai !!

Jangan pernah berfikir apalagi berkata cerai ketika pertengkaran terjadi. Sebab dengan berkata atau berfikir demikian engkau sedang memperkatakan dan memikirkan sesuatu yang di benci Tuhan. Dan jikalau saudara memperkatakan dan memikirkan terus apa yang di benci Tuhan, satu kali saudara akan berhadapan dengan Tuhan sendiri. Ingat kalau ada sesuatu yang di katakan di benci Tuhan, maka artinya Dia benar membencinya. 
Baca: Maleakhi 2 : 16


6. Jangan ungkit kesalahan masa lalu atau rahasia masa lalu

Kebiasaan ini sering di buat oleh beberapa orang. Ketika pertengkaran terjadi, ada pihak yang mulai
mengungkit-ungkit kesalahan pasangannya di masa lalu. Padahal hal tersebut sudah di selesaikan. Kalau kebiasaan ini tidak anda hentikan, maka hal tersebut akan membuat pasanganmu hilang kepercayaan terhadap saudara. Setiap kali anda berkata bahwa suatu persoalan sudah di anggap selesai, maka mereka tidak akan percaya. Dan yang ke dua, orang yang terus mengungkit rahasia kesalahan orang lain, khususnya kesalahan masa lalu, adalah orang yang membuka luka lama. Apakah faedahya memiliki teman yang membuka luka dalam hidupnya, dan yang membuka luka itu adalah kita sendiri? Apa keuntungannya untuk kebahagiaamu? Saudara harus bertobat dari kebiasaan buruk ini. Karena ini adalah kebiasaan setan yang kerjanya selalu menuduh orang, namun sekaligus membuktikan bahwa anda sendiri luka batin yang parah dan belum sembuh. punya

Firman Tuhan berkata:

"Belalah perkaramu terhadap sesamamu itu, tetapi janganlah buka rahasia orang yang mendengar engkau akan mencemoohkan engkau, dan umpat terhadap engkau akan tidak hilang."
(Amsal 25:9-10)

7. Jangan mempermalukan pasanganmu di depan orang lain

Bertengkar di depan orang lain adalah perbuatan yang bodoh. Juga jika di lakukan di depan anak-anakmu sendiri. Kalau itu di lakukan, sebenarnya saudara sedang menghancurkan nama baikmu sendiri, dan mengancurkan kehidupan pasangan hidupmu. Tidak ada yang membanggakan dengan anda bisa menghina atau merendahkan suami/istrimu di depan orang lain. Saya tidak mengajar saudara untuk bersikap munafik. Tetapi saya mengajar saudara untuk saling menghor mati dan mengasihi. Jika saudara lakukan di depan anak-anakmu sendiri, saudara sedang memberikan pendidikan yang paling mengerikan kepada anak anakmu. Jangan heran jika satu kali mereka akan bertumbuh liar dan berani membentak-bentak orang tuanya di depan orang lain.
Alkitab berkata:

"Istri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukan tulang suaminya." (Amsal 12:4)

Menceritakan kejelekan suami/istri sendiri dengan sembarangan orang, hanya sebagai pelampiasan
kekesalan hati akan mempermalukan yang bersangkutan dan membusukan tulangnya.

8. Hati-hati dengan perbuatan dan perkataanmu terhadap dia

Jangan suka mengumpat. Orang yang suka mengumpat adalah orang yang bocor mulut. Semua yang bocor tidak bisa menyimpan berkat dengan baik. Juga jangan pernah mengutuk! Tetapi berkatilah! Semakin saudara umpat dan kutuk, suami/istrimu akan semakin bertambah buruk kelakuannya. Dan saudaralah yang sebenarnya membuat dia makin memburuk keadaannya.

Firman Tuhan berkata :

"Perut orang di kenyangkan oleh hasil mulutnya, ia di kenyangkan oleh hasil bibirnya. Hidup dan mati di kuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya. (Amsal 18: 20-21)

Jangan gunakan kekerasan. Saya sering melihat istri-istri yang menangis menceritakan bagaimana suaminya sering memukuli dia. Bagi saya itu hanya tindakan yang pengecut. Bertindak kepada orang yang lebih lemah. Dan sama sekali tidak menunjukan bahwa ia orang kristen. 
Sebaliknya saya juga pernah melihat seorang suami yang sampai berdarah karena di hajar oleh istrinya! Uh...memang sadis sekali, dan hampir-hampir saya tidak percaya. Tetapi benar-benar si istri menghajar suaminya dengan tongkat sapu.

Alkitab berkata :

"Orang yang menggunakan kekerasan menyesatkan sesamanya, dan membawa dia di jalan yang tidak baik."
(Amsal 16:29)


9. Jangan ikut campur dalam pertengkaran orang lain

Kita orang timur, seringkali harus mengakui bahwa pertalian keluarga dan kekerabatan masih kuat. Waktu dia menikah, tidak berarti kita bisa melepaskan diri dari pertalian itu. Persoalan keluarga besar kita, sering juga harus menjadi persoalan kita juga. Oleh karenanya, kita harus berhati-hati dan dapat menahan serta membatasi diri. Jika terjadi persoalan pada keluarga lain, semaksimal mungkin kita harus membatasi diri sehingga tidak terlibat. Keterlibatan kita hanyalah sebatas yang mereka minta, itupun kita harus tahu diri untuk tidak gegabah. Juga kita suami/istri sendiri punya persoalan dengan keluarganya. Kuasai diri dan batasi diri saudara sehingga tidak terseret di dalam persoalan itu. Pada kasus terakhir, hak saudara sebatas dengan suami/istrimu.

Ingat Firman Tuhan berkata:

"Orang yang ikut campur dalam pertengkaran orang lain adalah seperti orang yang menangkap telinga anjing yang berlalu."
(Amsal 26:17)

10. Doakan saya

Kami berdua punya kebiasaan yang baik yang sampai sekarang di terapkan di dalam keluarga kami. Seringkali baik saya maupun istriku, pulang ke rumah dengan membawa persoalan yang di luar. Baik yang menyangkut masalah pelayanan, jemaat maupun keluarga. Kadang kadang karena hal itu saling bertumpuk, membuat hati mulai menjadi sumpek dan mudah kesal. Sampai pada batas itu kami menyadari bahwa kalau di biarkan, tinggal tunggu waktu untuk meledaknya di rumah. Lalu apa yang biasanya kami buat? Saya atau istri biasanya akan minta supaya di doakan. Lalu kami sekeluarga dengan anak anak juga berdoa. Mereka akan berdoa untuk papa atau mama supaya damai Tuhan kembali. Dan hasilnya? Semua kejengkelan dan kesumpekan seketika lenyap, dan amarahpun tidak akan datang Sederhana bukan? Ya...tetapi butuh keterbukaan. Kadangkala sebelum saya sempat mengungkapkan apa yang saya rasakan, istri saya sudah bisa melihat gejala itu. Dia langsung bertanya dan mendoakan saya. Jadi keluarga kami menjadi aman dari gangguan ledakan amarah yang tidak perlu.


Selamat menempuh hidup baru. Tuhan Yesus memberkati. Kebahagiaan kalian berdua adalah kebahagiaan kami. Pergumulan kalian adalah pergumulan kami. Puji Tuhan!


Sebagai pasangan hidup, hubungan yang harmonis dan penuh kasih sayang sangat penting untuk membina rumah tangga yang bahagia dan langgeng.

Berikut adalah beberapa tips dan panduan untuk menjadi istri yang disayang suami, dan suami yang dihormati istri

Cara Istri Disayang Suami

1. Cintai dan Hargai Diri Sendiri

Sebelum mencintai orang lain, penting untuk mencintai dan menghargai diri sendiri.

Miliki rasa percaya diri dan cintai diri Anda apa adanya.

Ketika Anda mencintai diri sendiri, Anda akan menjadi suami/istri yang lebih bahagia dan menarik bagi suami/istri .

2. Saling Menghargai dan Mendukung

Saling menghargai adalah kunci dalam hubungan yang sehat. Hormati pendapat dan keputusan suami/istri .

Dukung impian dan tujuannya, dan selalu ada untuk memberikan dukungan moral ketika dibutuhkan.

3. Dengarkan dengan Aktif

Berikan perhatian penuh saat suami/istri  berbicara.

Dengarkan dengan aktif dan tunjukkan minat pada apa yang dia ceritakan.

Ini menunjukkan bahwa Anda menghargai perasaannya dan memberi perhatian pada apa yang dia katakan.

4. Bicaralah dengan Lembut dan Sabar

Komunikasi yang baik adalah dasar dari hubungan yang harmonis.

Bicaralah dengan lembut dan sabar, hindari bicara dengan nada tinggi atau kasar.

 

Jika ada perbedaan pendapat, bicarakan dengan tenang dan selesaikan masalah dengan kepala dingin.

5. Menyediakan Waktu Kualitas Bersama

Sediakan waktu khusus untuk berdua dengan suami Anda.

Lakukan aktivitas bersama yang menyenangkan, seperti makan malam romantis, berjalan-jalan di taman, atau menonton film bersama di rumah.

Ini membantu mempererat ikatan emosional dan menciptakan kenangan yang indah bersama.

6. Jaga Penampilan dan Kesehatan

Merawat penampilan dan kesehatan adalah bentuk apresiasi terhadap diri sendiri dan juga untuk suami/istri 

Perhatikan gaya berpakaian, tetap menjaga kebersihan diri, dan rajin berolahraga untuk tetap sehat dan bugar.

7. Hargai Usaha dan Kontribusinya

Setiap orang ingin merasa dihargai atas usaha dan kontribusinya.

Jangan ragu untuk menyatakan terima kasih dan memberikan pujian atas apa yang suami lakukan.

Hal sederhana seperti "terima kasih sudah membantu menyiapkan makan malam" atau "kamu hebat dalam pekerjaanmu" bisa sangat berarti.

8. Berikan Kejutan Positif

Sesekali, berikan kejutan positif untuk suami/istri .

Ini bisa berupa masakan favoritnya di malam hari, atau menyediakan waktu untuk liburan ke tempat yang dia sukai.

Kejutan-kejutan ini akan membuatnya merasa istimewa dan dihargai.

9. Berbicara Cinta dengan Tindakan

Selain mengungkapkan cinta dengan kata-kata, tunjukkan cinta Anda dengan tindakan.

Cobalah untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga, berikan perhatian ekstra ketika dia sakit atau lelah, dan berikan pelukan atau ciuman yang tulus.

10. Hargai Ruang Pribadinya

Setiap orang membutuhkan ruang pribadi dan waktu sendiri.

Hargai kebutuhan suami/istri  akan ruang pribadi dan jangan terlalu mendesak untuk selalu bersama.

Berikan ruang untuknya menjalani hobi atau aktivitas yang dia sukai.

11. Jangan Mengkritik Secara Berlebihan

Kritik yang berlebihan atau menghakimi dapat merusak hubungan.

Jika Anda memiliki kritik atau masalah, sampaikan dengan lembut dan jangan mengkritik suami/istri  di depan orang lain.

12. Jangan Menghindari Konflik

Menghindari konflik bukanlah solusi yang baik untuk masalah.

 

Jika ada perbedaan pendapat atau masalah yang muncul, hadapi secara dewasa dan bicarakan untuk menemukan solusi bersama.

13. Hormati Privasi Suami/Istri 

Jangan membaca pesan atau mengakses akun pribadi suami/istri  tanpa izinnya. Hormati privasi dan batasan pribadinya.

14. Hadapi Masalah Keuangan Bersama

Kelola keuangan bersama-sama dan hadapi masalah keuangan sebagai tim.

Bicarakan tujuan finansial bersama dan buat rencana bersama untuk mencapainya.

15. Berikan Ruang untuk Perkembangan Individu

Setiap orang tumbuh dan berkembang secara individu. Dukung perkembangan suami Anda dalam karir atau minat pribadi.

Memberi ruang untuk pertumbuhan individu akan membuat hubungan menjadi lebih sehat dan seimbang.

Mengingat bahwa setiap hubungan adalah unik, mungkin ada beberapa tips yang cocok untuk Anda dan mungkin ada yang tidak cocok.

Selalu terbuka untuk berkomunikasi dengan pasangan Anda dan cari tahu apa yang membuatnya merasa dihargai dan disayangi.

Ingatlah bahwa menjadi istri yang disayang adalah perjalanan panjang dan terus-menerus.

Selalu berusaha untuk menjadi pasangan yang lebih baik dan terus menjaga hubungan dengan penuh kasih sayang dan pengertian.


1. Jelaskan apa yang dimaksud “Jangan salah memilih pasangan” 

2. Sebutkan 7 hal rambu-rambu dalam mencari jodoh! 

3. Apa yang di maksud dengan “SEPADAN”? 

4. Jelaskan apa yang dimaksud sex sebelum pernikahan adalah dosa perjinahan! 

5. Jelaskan Pengertian “Menyatukan yang berbeda”

Komentar

  1. Kenapa dalam Hubungan ada perpisahan,,
    Jawaban:Karena adanya pertemuan🙂😁

    BalasHapus
  2. kenapa Kecemburuan itu selalu dominan di dalam suatu hubungan

    BalasHapus
  3. Kenapa jodoh di katakan dari pada Tuhan? bukan kah hal itu soal penerimaan?
    Answer:
    Karena kita harus meyakini bahwa ia adalah dari Tuhan, karena di dalam akan bahagia.

    BalasHapus
  4. Kenapa didalam hubungan yang sudah terbangun masih ada rasa gengsi?cause belum bahagia.
    Bahagia itu ketika kamu menerima dia dengan segala kekurangannya....

    BalasHapus
  5. Kenapa di dalam hubungan yang sudah terbangun masih ada rasa tidak percaya satu sama lain???
    Jawab : Pentingnya komunikasi,,, karena kepercayaan itu adalah proses dalam hubungan yang selalu di perhadapkan bukan hanya 1,2 hari namun setiap saat.


    Nb: Kita tidak bisa mengubah karakter seseorang.. Namun penerimaan kita kepada seseorang bisa mengubahnya.
    #nehemiapasaribu

    BalasHapus
  6. Gimana kita mengetahui jika seseorang yang kita sukai suka Sama kita?

    BalasHapus
  7. Bagaimana kita mengetahui kalau pasangan kita memang benar-benar yang terbaik buat kita?

    1. Memilih pasangan yang mempunyai masa depan
    2 Pasangan yang selalu bahagia
    3. Pasangan yang mencintai kita
    Gbu😊😇

    BalasHapus
  8. Dalam mengatasi masalah di hubungan apakah hanya cukup memahami?

    Tidak kadang kala perlu marah,penegasan namun jika marah marah tentunya tidak akan menyelesaikan masalah

    BalasHapus
  9. Gimana ya pa kalau umurku lebih tua dri cowokku

    BalasHapus
  10. Bukan umur yang menjadi tolak ukur sebuah pernikahan tetapi ketika keduanya telah saling memahami dan menerima satu sama lain
    selamat berjuang terusssssss

    BalasHapus
  11. Kenapa ketika kita sudah yakin bahwa dia adalah pasangan kita dengan minta tanda kepada Tuhan namun ternyata bukan dia?
    Jawabannya: kamu butuh keputusan,ketika dia sudah SMA yang lain..maka dia bukan untuk mu

    BalasHapus
  12. Kalau kita menjalani sebuah hubungan, dan apabila hubungan itu tidak di restui dari salah satu pihak keluarga lebih baik hubungan itu tidak usah di lanjutkan

    BalasHapus
  13. Bukan Tanggung jawab namun Belajar dan Miliki mindset yang baru..

    BalasHapus
  14. Hubungan seperti apa yang terus bertahan di saat mengalami masala

    BalasHapus
  15. Bagaimana pak kalau calon pasangan kita tidak sama profesi nya dengan kita?
    Apa dipersatukan Tuhan tidak bisa dipisahkan kembali, dan sebelum membangun rumah tangga pastikan buat sebuat kesepakatan dalam keluarga.

    BalasHapus
  16. Bagi man cara berkomunikasih yang baik dalam sebuah hubungan...

    BalasHapus
  17. Jodoh itu datang dari awal sampai akhir?
    Jawabannya: semua proses yang harus kita jalani.

    BalasHapus
  18. Kedewasaan itu akan terlihat ketika dlm hubungan itu mempuyai prinsip yg benar 😊
    Tuhan berkati, dan selalu berbahagia selalu 🙏😇

    BalasHapus
  19. Lihat, inilah yang aku dapatkan: Setelah aku lihat aku hitung satu persatu, apa yang dicari oleh jiwaku tidak kutemukan; untuk mencari satu orang laki-laki diantara seribu laki-laki, aku telah menemukannya. Tetapi untuk mendapatkan seorang wanita diantara sekian banyak itu, aku belum menemukannya. (Pengkhotbah 7:27-28)

    BalasHapus
  20. JANGAN MENIKAH KARENA DORONGAN KEBUTUHAN SEXSUAL.

    BalasHapus
  21. "Orang yang ikut campur dalam pertengkaran orang lain adalah seperti orang yang menangkap telinga anjing yang berlalu."
    (Amsal 26:17)

    BalasHapus
  22. Syalom di berkatila orang yang mengandalkan Tuhan

    Trimakasi buat berkatnya hari ini lewat materi pra nikah ini membuat semakin mendewasakan bagai mana cara saya berpikir dan mengambil keputusan yang benar

    BalasHapus
  23. Dalam sebuah hubungan, yg dewasa, ya itu selalu meneriman, saran dan masukan dari pasanganya, dan saling menerima kekurangan, untuk memperlenkapi kekurangan trsebut..smngatt Tuhan berkati.😇🙏

    BalasHapus
  24. Saya harus berkata terbuka dengan saudara, jika engkau tidak bisa keluar sebagai pemenang dalam kemelut hidupmu saat ini, engkau pun akan mengalami kemelut di tempat yang baru. Yaitu pada keluargamu sendiri.

    BalasHapus
  25. Dalam berkeluarga lebih baik menghemat pengeluaran atau memberkati

    Jawaban: Memberkati

    BalasHapus
  26. Apa yang seringkali membuat suami dan istri bermasalah!
    Jawab; Setrikaan baju yang banyak.

    BalasHapus
  27. apa yang menjadi tujuan seseorang untuk menikah, dan esensi dari menikah itu apa?

    BalasHapus
  28. saling memahami satu sama lain dan tidak mencari celah terhadap pasangan dan mendahului dalam meminta maaf

    BalasHapus
  29. Apa kuncinya bahagia pertanyaan untuk mami Yani?
    Jawabannya :SEHATI

    BalasHapus
  30. Apa yang membuat hubungan suami istri tetap bertahan sekalipun banyak mengalami kesalapahaman

    BalasHapus
  31. Kenapa madam suka sama pak ayub?
    Karena dia meghormati saya

    BalasHapus
  32. Ketika mengencangkan pinggang dalam menjalani pendidikan
    Kunci apa yg membuat tidak mis komunikasi
    =} sepakat

    BalasHapus
  33. Alasan pak frengky selalu romantis ketika beliau di masakin nasi goreng + kerupuk. (cinta bersatu bermula dari nasi goreng hhhh)

    BalasHapus
  34. Bagaimana caranya mengatasi seorang Anak yang Nakal diluar Batas?

    BalasHapus
  35. Ketika kita sedang mengalami suatu keadaan yang sulit, bertepatan orang datang kepada kita dengan masalah yang sama dan meminta solusi. Maka kita harus tetap memberikan solusi kepadanya dan membelakangkan keadaan kita.

    Tetap semangat, dan jadilah pastoral sesungguhnya. God Bless Us

    BalasHapus
  36. Dalam membangun hubungan milikilah perasaan untuk saling menghargai

    BalasHapus
  37. Bagi mana cara istri mengatasi emosi suami.??

    BalasHapus
  38. Bagaimna cara mengatur ekonomi yg baik dalam keluarga ?

    BalasHapus
  39. Yang dipertanyakan adalah apakah kita ini Terang atau Gelap. Dan Terang hanya muncul melalui pertobatan yang murni, bukan sekedar dibaptis dan jadi Kristen.

    BalasHapus
  40. Firman Tuhan dengan tegas berkata bahwa gelap dan terang tidak bisa bersatu

    BalasHapus
  41. Tuhan tidak mempermasalahkan Kristen atau bukan Kristen. Yang dipertanyakan adalah apakah kita ini Terang atau Gelap. Dan Terang hanya muncul melalui pertobatan yang murni, bukan sekedar dibaptis dan jadi Kristen.

    BalasHapus
  42. Firman Tuhan berkata: "Jikalau engkau bijak, kebijakanmu itu bagimu sendiri, jikalau engkau mencemooh, engkau sendirilah orang yang akan menanggungnya."(Amsal 9:12)

    BalasHapus
  43. "Finish your work outside, prepare it in the field; then build your house.

    BalasHapus
  44. Wenn es jemanden gibt, von dem angenommen wird, dass er weiß, wie bitter und bitter es ist, einen Seelenverwandten zu finden, könnten wir sagen, dass Salomo diese Person ist. Wer weiß, was für ein Chaos über ihn hereinbrach, sodass die Bibel schrieb, dass der König 700 Frauen und 300 Konkubinen hatte. Hat das alles Salomo zufrieden gestellt? Anscheinend nicht!

    BalasHapus
  45. Реч Божија каже: „Тако је Алах створио човека на свој лик, на лик Алах га је створио; створио их је мушко и женско. Аллах их је благословио, а Аллах им је рекао: Рађајте се и множите се, напуните земљу и покори га

    BalasHapus
  46. Kom tot medekinderen van God die volwassener en geestelijk volwassener zijn, wier leven de vruchten van de waarheid laat zien

    BalasHapus
  47. Mengapa manusia mudah menilai kejelekan seseorang dari pada menilai kebaikan?

    Jawab : 1. Karena masa lalu yang buruk
    2. Kebiasaan buruk
    3. Mindset seseorang

    Maka dari pada itu hendaklah kita memiliki pandangan dan pikiran yang benar terhadap seseorang jadikan seseorang tersebut istimewa.

    BalasHapus
  48. Pertanyaan.
    1. Bagaimana cara nya mengatasi orang yang selalu protes dan suka mengeluh.
    Jawabnya: Dengarkan

    BalasHapus
  49. Heri tidak boleh salah pilih pasangan. Doa Heri: "Tuhan kalau dia dari Tuhan satukan kami, kalau dia bukan dari Tuhan, pisahkan kami.

    BalasHapus
  50. Saya Tidak Boleh salah pilih pasangan.
    Tuhan Michael Berdoa Kalau dia dari Tuhan Satukan Kami kalau dia tidak dari Tuhan pisahkan Kami Amin.

    BalasHapus
  51. Saya tidak boleh salah pilih. Doa sayaaa: "Tuhan kalau dia jodoh saya satukan kami, kalau dia bukan jodoh saya pisahlah kami" KEHENDAK-MU LAH YANG TERJADI!

    BalasHapus
  52. Saya Jufandri Tidak boleh salah pilih pasangan😇😇

    Doa saya
    Tuhan kalau פאטימה dari Tuhan Satukan kami dan kalau פאטימה bukan dari Tuhan pisahkan kami🥰🤗😇
    ”BIARLAH KEHENDAKMU YANG JADI“

    BalasHapus
  53. Saya tidak bole salah pilih.
    Doa saya : Kalo dia dari Tuhan satukan kami, tapi kalau dia bukan dari Tuhan pisahkan kami.
    Dan semuanya itu BIAR KEHENDAK TUHAN YANG TETJADI.

    BalasHapus
  54. Trides tak boleh salah pilih pasangan!

    Doa Trides:
    "Tuhan, dari-Mu lah jodoh yang terbaik dan Trides ingin selalu mengandalkan Yesus di dalam hidup Trides. Jikalau Engkau pandang ia yang terbaik bagi Trides maka Trides percaya engkau persatukan, jikalau tidak jodoh pisahkanlah dari Trides. Karena Trides percaya kasih Tuhan sungguh besar bagi Trides😊. Kehendak Tuhan lah yang terjadi di dalam hidup Trides, dalam nama Yesus Kristus Trides percaya dan selalu mengucap syukur, halleluya Amenn 😇🤝.

    BalasHapus
  55. Siska tidak boleh salah pilih pasangan.
    Doa Siska: "Tuhan kalau dia dari Tuhan satukan kami, kalau dia bukan dari Tuhan, pisahkan kami.

    BalasHapus
  56. Saya tidak bole salah pilih.

    Doa sayaa: kalo dia dari Tuhan satukan kami, tapi kalau dia bukan dari Tuhan pisakan kami.
    Dan semuanya itu BIAR KEHENDAK TUHAN YANG TERJADI.!

    BalasHapus
  57. म पक्का छु कि सामान्य शब्दले हामीलाई थाहा छ कि यो आत्मा, आत्मा र शरीरको मामिलाहरूसँग सम्बन्धित छ

    BalasHapus
  58. Egerde biz çınçıl boluuga batınsak, baylık faktoru çeçim kabıl aluuda abdan üstömdük kılat

    BalasHapus
  59. Ciptakan kebahagiaan rumah tangga itu, Amin.

    BalasHapus
  60. Kita sebagai hamba Tuhan harus mempunyai mentor, amin.

    BalasHapus
  61. Orice s-ar întâmpla în familia noastră, de fapt poate fi văzut și ca un indiciu al propriei noastre spiritualități. Nimeni care trăiește în Duhul nu se confruntă cu zarvă și certuri. Atâta timp cât argumentele continuă să apară, se dovedește că trupul nostru este implicat activ în asta. Chiar și atmosfera tulbure de familie este adesea cauzată de păcate nerezolvate.

    BalasHapus
  62. Bahagia itu diciptakan.
    Pasangan yang ingin menciptakan kebahagiaan yakni
    1. Memberi pelukan
    2. Bisikan
    3. Meminta maaf

    BalasHapus
  63. Ciptakan bahagiamu dengan cerita kepada orang yang membuatmu kuat

    BalasHapus
  64. Hubungan dengan pasangan itu harus mempunyai cerita, cerita itu harus diciptakan,, bisa melalui bisikan..

    BalasHapus
  65. Pelajaran yg hari ini saya terima tentang BPN adalah ketika kita memiliki pasangan nantinya,harus memiliki waktu bersama..bicarakan baik2,dan selalu perhatikan pasanganmu..

    BalasHapus
  66. Ciptakan kebahagiaan dalam hubunganmu

    BalasHapus
  67. Bercerita dengan pasangan:
    Bisa melalui bisikan hangat
    Pelukan hangat
    Bahagia itu di buat

    BalasHapus
  68. Beban apakah yang paling besar dan paling berat dalam pernikahan?
    1.Miss Komunikasi
    2.Kesalah Pahaman
    3.Gampang tersinggung
    4.Ekonomi tidak lancar
    5.Tanggung jawab
    6.Sakit Hati
    7.Kurang mengerti pasangan
    8.Mempertahankan Egois
    9.Kurang romantis
    10.Saling menyalahkan
    11.Iri hati
    12.Merasa paling benar
    13. Kurang kasih sayang
    14. Kurang di hargai
    15.Tidak saling percaya
    16. Tidak bisa menerima kekurangan
    17. Cemburu
    18. Tidak tepat janji
    19. Ego berlebihan
    20. Tidak mau memaafkan
    21. Sering berbohong
    (Tuhan jauhkan aku dari sifat sifat ini, karena aku mau menikah)

    BalasHapus
  69. Beban apakah yang paling besar dan berat dalam pernikahan?
    Miss komunikasi
    Salah paham
    Mudah tersinggung
    Ekonomi tidak lancar
    Tanggung jawab kepada suami dan istri
    Sakit hati
    Kurang mengerti dengan pasangan
    Mempertahankan egois
    Kurang romantis
    Saling menyalahkan
    Iri hati
    Merasa paling benar
    Kurang sayang
    Kurang dihargai
    Tidak saling percaya
    Tidak bisa menerima pasangan
    Cemburu
    Tidak tepat janji
    Ego berlebihan
    Tidak memaafkan
    Sering berbohong
    (Tuhan jauhkan aku dari sifat sifat ini karena aku mau menikah)

    BalasHapus
  70. Beban apakah yang paling besar yg paling berat dalam pernikahan?


    1. Mis komunikasi
    2. Kesalahpahaman
    3. Ekonomi
    4. Sakit hati
    5. Kurang mengerti
    6. Mempertahankan egois
    7. Saling menyalahkan
    8. irih hati
    9.merasa paling benar
    10. Tidak saling percaya
    11. Tidak bisa menerima kekurangan pasangan
    12. Cemburu
    13. Tidak tepati janji
    14. Berbohong


    ( Tuhan jauhkan aku dari sifat2 ini karena aku ingin menikah)

    BalasHapus
  71. Beban apakah yang paling berat dalam pernikahan?
    Miss komunikasi
    Tersinggung
    Ekonomi tidak lancar
    Kurang bertanggung jawab
    Kesalahpahaman
    Sakit hati
    Kurang mengerti dengan pasangan nya
    Mempertahankan egois
    Kurang romantis
    Saling menyalahkan
    Iri hati
    Merasa paling benar
    Kurang di hargai
    Tidak saling percaya
    Tidak bisa menerima kekurangan
    Kecemburuan
    Tidak tepat janji
    Ego yang berlebihan
    Tidak mau memaafkan
    Sering berbohong
    (Tuhan jauhkan aku dari sifat-sifat ini karena aku pengen menikah)

    BalasHapus
  72. Kurang mengerti, sakit hati, kurang romantis, kesalah pahaman,iri hati, merasa paling benar, kurang menyayangi, kurang menghargai, tidak saling mengerti, cemburu, janji yang tidak dapat di tepati, ego yang berlebihan, tidak mau memaafkan, berbohong.(Tuhan jauh kan aku dari sini karena aku mau menikah.

    BalasHapus
  73. Beban Apakah yang paling besar dan paling Berat Dalam pernikahan:
    Ketika Miss komunikasi
    Kesalah pahaman
    Kesinggung
    Ekonomi
    Tanggung Jawab untuk menanggung Anak annistri
    Masih mempertahankan egois
    Kurang romantis

    Mudah iri Hati dengan orang lain
    Merasa paling benar
    Kurang menyayangi
    Kurang menghargai
    Tidak bisa menerima kekurangan sesamanya
    Cemburu
    Janji yg tidak dapat ditepati
    Ego yg berlebihan
    Tidak mau memaafkan
    ( Tuhan jauhkan aku dalam sifat sifat ini supaya Aku cepat menikah)

    BalasHapus
  74. Beban apakah yang paling berat dalam pernikahan?kurang dihargai,egois,Miss komunikasi,ekonomi,cemburu,ego yg berlebihan,krng romantis,tdk mau memaafkan,sering berbohong ,masih ada dusta,sakit hati(Tuhan jauhkan aku dari sifat2 ini karena aku ingin menikah?

    BalasHapus
  75. Beban apakah yang paling berat dalam pernikahan :
    1.Miss Komunikasi
    2.Salah Paham
    3.Ekonomi tidak lancar
    4.Tanggung jawab Ayah terhadap keluarga
    5.Sakit Hati
    6.Kurang mengerti
    7.Mempertahankan egois
    8.Kurang romantis
    9.Saling menyalahkan
    10.Iri hati
    11.Merasa paling benar
    12.Kurang menyayangi
    13.Kurang menghargai
    14.Tudak saling Percaya
    15.Tidak bisa menerima kekurangan pasanganny
    16.Cemburu
    17.Tidak pernah tepati janji
    18.Ego yang berlebihan
    19.Tidak mau memaafkan
    20.Pembohong
    (Tuhan jauhkan aku dari sifat-sifat ini, karena aku mau menikah)

    BalasHapus
  76. Beban apa kan yang paling besar dan paling berat dalam pernikahan?
    Jawabannya:
    1.Ketika Miss komunikasi
    2.kurang dihargai
    3.kurang ekonomi
    4.tidak bisa menerima pasangan nya
    5. Cemburu
    6. Tidak pernah tepat janji
    7.Egois yang berlebihan
    8. Tidak mau memaafkan
    9.sering berbohong
    10.Tersinggung
    ( Tuhan jauhan aku dari sifat sifat yang seperti itu, Karna Aku mau Menikah)

    BalasHapus
  77. Beban apakah pling berat dan paling besar dalam pernikahan ?
    Skit hati, iri hati, berpikiran negatif, egois, salah paham, tidak mau sling memaafkan, pembohong, ngak di hargai, muda tersinggung dendam (Tuhan jaukan aku dari hal² demikian karna aku mau menikah)

    BalasHapus
  78. Cara menciptakan bahagiaaaa:
    Saling melengkapi,saling membutuhkan,saling cintaa, peluk,cium,perhatikann!

    Beban apakah yang paling besar yang paling berat dalam pernikahan?
    MisKomunikasi,kesalahpahaman,mudah tersinggung,ekonomi,tanggung jawab akan istri dan anak,sakit hati,kurang mengerti,mempertahankan egois,kurang romantis,saling menyalahkan,iri hati,merasa paling benar,kurang menyayangi,kurang dihargai,tidak saling percaya,tidak menerima kekurangan pasangan,kecemburuan,tidak tepat janji,tidak mau memaafkan,sering berbohong (Tuhan jauhkan aku dari sifat-sifat ini, karena aku pengen menikah)

    BalasHapus
  79. Beban apakah yg paling besar dan paling berat dalam pernikahan?
    °Mis komunikasi
    °Kesalah pahaman
    °Ekonomi tidak lancar
    °Tanggung jawab seorang ayah
    °Sakit hati
    °Kurang mengerti dengan pasangannya
    °Mempertahankan egois
    °Kurang romantis
    °Saling menyalahkan
    °Iri hati
    °Merasa paling benar
    °Kurang menyayangi
    °Kurang menghargai
    °Tidak saling percaya
    °Tidak bisa menerima kekurangan
    °Cemburuan
    °Janji tidak di tepati
    °Tidak mau memaafkan
    °Sering berbohong ( Tuhan jauhkan aku dari sifat² ini karna aku ingin menikah)

    BalasHapus
  80. Kebahagiaan dapat di ciptakan. Cerita adalah salah satu jalan solusi kedamaian

    BalasHapus
  81. Kebahagian itu tidak datang sendiri namun di ciptakan bersama


    Beban apakah paling besar yng paling berat dalam pernikahan?
    Jawab: iri hati , Kurang romantis, Miss komunikasi, Kurang menyayangi, Tidak bisa menerima, Tidak memaafkan, tidak mau mengalah, ego yang berlebihan.
    ( Tuhan jauhkan aku dari sifat sifat ini karena aku mau menikah)

    BalasHapus
  82. Beban apakah yang paling berat dalam pernikahan.

    Kesalapahaman antara suami istri
    Miskomonikasi
    Tersinggung
    Ekonomi
    Tanggung jawab untuk menanggung anak istri
    Egois
    Kurang romantis
    Muda iri hati
    Merasa paling benar
    Kurang menyayangi
    Kurang menghargai
    Tidak bisa menerima kekurangan
    Cemburu
    Janji yang tidak dapat di tepati
    Tidak mau memaafkan
    Berbohong

    (Tuhan jauhkan dari semua ini karena saya mau menika)

    BalasHapus
  83. Beban apakah yg paling besar dan paling berat dalam pernikahan?
    1.Mis komunikasi
    2.Kesalah pahaman
    3.Ekonomi tidak lancar
    4.Tanggung jawab seorang ayah
    5.Sakit hati
    6.Kurang mengerti dengan pasangannya
    7.Mempertahankan egois
    8.Kurang romantis
    9.Saling menyalahkan
    10.Iri hati
    11.Merasa paling benar
    12.Kurang menyayangi
    13.Kurang menghargai
    14.Tidak saling percaya
    15.Tidak bisa menerima kekurangan
    16.Cemburuan
    17.Janji tidak di tepati
    18.Tidak mau memaafkan
    19.Sering berbohong
    ( Tuhan jauhkan aku dari sifat² ini karna aku ingin menikah)

    BalasHapus
  84. Apa yang paling berat dalam pernikahan
    1.komunikasi
    2.mudah tersakiti
    3.sakit hati
    4.ekonomi
    5.egois
    6.iri hati
    7.merasa paling benar
    8.kurang dihargai
    9.kurang disayangi
    10.tidak mudak percaya
    11.cemburu
    12.tidak tepat janji
    13.tidak mau memaafkan
    14.sering berbohong
    15. Masih ada dusta

    (Tuhan jauhkan aku dari sifat² ini karena aku mau menikah)

    BalasHapus
  85. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  86. Nasihat untuk orang tua Yesaya 54:13

    BalasHapus
  87. Nasehat untuk orang tua.
    Mazmur 119:116 (TB) Topanglah aku sesuai dengan janji-Mu, supaya aku hidup, dan janganlah membuat aku malu dalam pengharapanku.

    BalasHapus
  88. Nasihat buat orang tua : Mazmur 71:18 (TB) juga sampai masa tuaku dan putih rambutku, ya Allah, janganlah meninggalkan aku, supaya aku memberitakan kuasa-Mu kepada angkatan ini, keperkasaan-Mu kepada semua orang yang akan datang.

    BalasHapus
  89. Nasihat untuk anak Efesus 6:1

    BalasHapus
  90. Nasehat untuk orang tua :
    Amsal 16:3-4 (TB) Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.
    TUHAN membuat segala sesuatu untuk tujuannya masing-masing, bahkan orang fasik dibuat-Nya untuk hari malapetaka.

    BalasHapus
  91. Balasan
    1. Apabila engkau menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa. Jangan lah matahari terbenam sebelum padam amarah mu. Dan janganlah beri kesempatan kepada iblis.

      Hapus
  92. Ayat nasihat untuk orang tua
    Efesus 6:4: "Dan kamu, bapak-bapak, janganlah bangkitkan amarah anak-anakmu, tetapi didiklah mereka dalam ajaran dan nasihat Tuhan."

    BalasHapus
  93. Nasehat buat orang tua filipi 4:13 dan amsal 3:5

    BalasHapus
  94. Nasehat buat anak Kolose 3:20

    Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.

    BalasHapus
  95. Nasehat pada anak-anak
    2 Timotius 2:1 (TB) Sebab itu, hai anakku, jadilah kuat oleh kasih karunia dalam Kristus Yesus.

    BalasHapus
  96. Untuk orang Tua
    Filipi 4:4
    Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan

    BalasHapus
  97. Nasihat untuk orang Tua (efesus 4:32)

    BalasHapus
  98. Nasihat buat orang tua
    Kolose 3:23
    Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

    BalasHapus
  99. Nasihat untuk anak Efesus 6:1

    BalasHapus
  100. Nasihat untuk Orang tua
    Kolose 3:21 (TB) Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.

    BalasHapus
  101. Efesus 6: 1

    'Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian.”

    BalasHapus
  102. Ayat nasihat untuk pasangan
    Pengkhotbah 4:9: "Dua orang lebih baik dari pada satu orang, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka."

    BalasHapus
  103. Nasehat buat orang yg ku cintai Matius 6:33

    "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu."

    BalasHapus
  104. Nasihat untuk anak-anak
    Kolose 3:20 (TB) Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.

    BalasHapus
  105. Nasihat untuk orang yang saya kasihi Mazmur 119:167

    BalasHapus
  106. Nasihat untuk orang yang di sayangi.
    Kidung Agung 1:11 (TB) Kami akan membuat bagimu perhiasan-perhiasan emas dengan manik-manik perak.

    BalasHapus
  107. Nasihat untuk anak-anak
    ( Kolose 3:20)

    BalasHapus
  108. Nasehat buat orang tua. Amsal 4:23,nasehat buat anak anak , amsal 1:7, nasehat buat orang yang ku cintai 1kor 5:17

    BalasHapus
  109. Nasihat untuk anak2 ; Amsal 16:32 (TB) Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

    BalasHapus
  110. Nasihat buat anak-anak
    Efesus 6:1
    Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian.

    BalasHapus
  111. Nasihat untuk orang yang aku cintai
    Filipi 1:3

    BalasHapus
  112. Ayat Firman Tuhan untuk anak anak:
    Amsal 1:7
    Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan tetapi orang bodoh menghina khitmat dan didikan

    BalasHapus
  113. Nasihat buat orang yang aku cintai
    Filipi 1:3

    BalasHapus
  114. Efesus 6:8 (TB) Kamu tahu, bahwa setiap orang, baik hamba, maupun orang merdeka, kalau ia telah berbuat sesuatu yang baik, ia akan menerima balasannya dari Tuhan.

    BalasHapus
  115. Nasehat untuk orang yang aku cintai ( filipi 4:5)

    BalasHapus
  116. Nasihat untuk yang ku cintai :
    Filipi 1:3 (TB) Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kamu.

    BalasHapus
  117. Nasehat untuk orang yang di cintai
    1Yohannes 4:7

    BalasHapus
  118. Nasehat untuk orangtua
    Amsal 29:17

    BalasHapus
  119. Nasihat buat yang saya cintai
    Kidung Agung 7:6
    Betapa cantik, betapa jelita engkau, hai tercinta diantara segala yang disenangi.

    BalasHapus
  120. Nasehat untuk orang yang saya cintai:

    Hosea 2:19-20 (TB) (2-18) Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku untuk selama-lamanya dan Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam keadilan dan kebenaran, dalam kasih setia dan kasih sayang.
    (2-19) Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam kesetiaan, sehingga engkau akan mengenal TUHAN.

    BalasHapus
  121. Nasihat Firman Tuhan kepada orag tau.( Filipi 4:13) nasehat untuk anak-anak( Efesus 6:1) Firman utuk oarag yg aku sayagi ( Roma 1:10)

    BalasHapus
  122. Nasihat Untuk kamu orang aku cintai♥️
    1 Yohanes 4:19 (TB) Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.

    BalasHapus
  123. Nasehat untuk anak-anak
    Ayat firman Tuhan:efesus 6:1-3

    BalasHapus
  124. Nasihat untuk orang yang di cintai:
    1 Yohanes 4:7-8

    BalasHapus
  125. Tinggi hati mendahului kehancuran tetapi kerendahahan hati mendahului kehormatan
    AMSAL 18:12

    BalasHapus
  126. Untuk orang yang kucintai:
    I Korintus 13:4-7

    BalasHapus
  127. НЕ ЖЕНИТЕСЬ, ЧТОБЫ РЕШАТЬ СВОИ ПРОБЛЕМЫ

    BalasHapus
  128. Mir héiere gär Priedegten, awer wëllen net gär d'Verse an der Priedegt ënnersichen, studéieren a nodenken. Natierlech ze ermëttelen, léieren a reflektéieren erfuerdert méi Opmierksamkeet, Zäit a Gedanken wéi just nolauschteren. Wéi och ëmmer, eng Saach kann ech verspriechen, d'Resultater wäerte vill méi profitabel fir eist spirituellt Liewen sinn.

    BalasHapus
  129. amato da Dio, amato da Dio, amato da Dio

    BalasHapus
  130. NIE bierz ślubu ze względu na status społeczny

    BalasHapus
  131. Tamārī sTamārī samasyā'ō ukēlavā māṭē lagna na karō amasyā'ō ukēlavā māṭē lagna na karō

    BalasHapus
  132. Perché sei stato tu a formare i miei fianchi, a intrecciarmi nel grembo di mia madre. Ti ringrazio perché i miei eventi sono terribili e miracolosi; si chiede cosa hai fatto, e la mia anima lo percepisce veramente.

    BalasHapus
  133. 神は私たちを力強く、そして素晴らしく創造されました

    BalasHapus
  134. স্বৰ্গৰাজ্যৰ নাগৰিক হিচাপে আমি ৰজাৰ দৰে জীয়াই থকা উচিত, অৰ্থাৎ প্ৰেমেৰে ভৰা, সত্যৰ অনুশীলন কৰা, আনন্দ দেখুওৱা আৰু আমাৰ চৌপাশৰ লোকসকলক আশাৰে ভৰা জীৱন দেখুৱাব লাগে।

    BalasHapus
  135. Saya punya Cinta, dari sebuah anugerah Tuhan Yesus dan menjadi berkat untuk semua orang dan spesial untuk seseorang yang kucintai.

    BalasHapus
  136. Saya punya cinta dari sebuah anugerah Tuhan Yesus dan menjadi berkat untuk semua orang dan spesial untuk seseorang yang kucintai

    BalasHapus
  137. Saya punya cinta dari sebuah anugerah Tuhan Yesus dan menjadi berkat untuk semua orang dan spesial untuk seseorang yang ku cintai.

    BalasHapus
  138. Saya punya cinta dari sebuah anugerah dari Tuhan Yesus dan menjadi berkat untuk semua orang dan spesial untuk seseorang yang ku cintai ♥️♥️😇

    BalasHapus
  139. Saya punya cinta dari sebuah anugrah Tuhan Yesus dan menjadi berkat untuk semua orang dan spesial untuk seseorang yang ku cintai

    BalasHapus
  140. Saya punya cinta dari sebuah anugerah Tuhan Yesus dan menjadi Berkat untuk semua orang dan spesial untuk seseorang yang kucintai..

    BalasHapus
  141. Saya punya cinta dari sebuah anugerah Tuhan Yesus dan menjadi berkat untuk semua orang dan spesial untuk seseorang yang kucintai.

    BalasHapus
  142. Saya punya cinta dari sebuah anugrah Tuhan Yesus dan menjadi berkat untuk semua orang dan spesial untuk seseorang yang ku cintai.

    BalasHapus
  143. Saya punya sebuah cinta dari sebuah Anugerah Tuhan Yesus dan menjadi berkat untuk semua orang dan spesial untuk seseorang
    Yang ku Cintai😇😇

    BalasHapus
  144. Saya mempunyai cinta yang di anugrahi Tuhan yaitu cinta yang luar biasa.

    BalasHapus
  145. 5 hal persiapan bimbingan Pra nikah
    1. Materi ( Firman Tuhan )
    2. Kesepakatan waktu untuk bertemu
    3. Pendampingan dengan orang tua pihak laki laki dan perempuan
    4. Mendoakan
    5. Merencanakan acara pernikahan.. Contoh solusi dekorasi acara, susunan acara, tema acara

    BalasHapus
  146. 5 Hal Persiapan Bimbingan Pra-Nikah:
    1.Konseling
    => Memberikan arahan kepada pasangan untuk membahas aspek-aspek penting dari pernikahan, termasuk visi dan misi pasangan.
    2.Bagaimana dengan pihak keluarga (melibatkan orang tua)
    =>Memastikan ada dukungan yang memadai dari keluarga dalam persiapan pernikahan.
    3.Mendoakan pasangan
    =>Mendoakan supaya Tuhan mengkehendaki pernikahan pasangan tersebut.
    4.Mendesain acara pernikahan
    =>Atur rincian liturgi atau tata cara ibadah pernikahan, termasuk pembacaan ayat-ayat Alkitab, doa, dan lagu-lagu yang sesuai.
    5.follow-up
    =>memastikan bahwa semua aspek pernikahan telah dipersiapkan dengan baik dan pasangan merasa siap memasuki kehidupan pernikahan.

    BalasHapus
  147. 5 hal dalam persiapan pernikahan:
    1. Menjelaskan materi Konseling
    2.Konseling
    3.Mentor
    4. Evaluasi
    5. Kesepakatan tentang komitmen pernikahan

    BalasHapus
  148. 5 hal yang perlu kita lakukan dalam BPN:
    1.memberikan apa definisi dari pernikahan itu (MATERI)
    2.adanya keterbukaan satu dengan yang lain(KONSELING)
    3.Memberikan solusi dari apa yang mereka kemukakan (MENTOR)
    4.Adanya tindakan dari sebuah apa yang telah dibicarakan (MENGEVALUASI)
    5.Sepakat dan menerima apa yang telah dibicarakan dlm BPN (KOMITMEN)kelangsungan acara

    BalasHapus
  149. 5 hal yang di butuhkan dalam bimbingan pra nikah (BPN)
    1. Menyiapkan materi BPN
    2. Waktu
    3. Komunikasi
    4. Perencanaan keuangan
    5. Pemahaman keluarga

    BalasHapus
  150. 5 hal dalam persiapan bimbingan pra-nikah

    1. Konseling
    ( Konselor perlu mengetahui
    Riwayat perkenalan pasangan pra-nikah. Dimana mulai berkenalan, seberapa perkenalan langsung , bagaimana mereka saling mengetahui)

    2. Bagaimana dengan pihak keluarga( libatkan orang tua)
    Memastikan ada dukungan dari pihak orang tua

    3. Mendoakan pasangan
    (Meminta kehendak Tuhan yang terjadi)

    4. Mendesain acara pernikahan
    5. Follow - up
    Dapat memastikan bahwa pasangan siap untuk memasuki kehidupan pernikahan

    BalasHapus
  151. Ada 5 cara mempersiapkan BPN.
    1.konsultasi hubungan antara 2 pribadi
    2.persetujuan/kesepakatan antara hubungan keluarga
    3.3konomi
    4.peran suami istri
    5.kehidupan rohani bersama

    BalasHapus
  152. Ada 5 hal cara Mempersiapkan BPN(Bimbingan Pra nikah)
    1.konsultasi hubungan antara 2 pribadi
    Yang artinya sejauh mna hubungan itu berjalan dan jenjang keseriusannya. dalam hubungannya tidak ada yang tersembunyi
    2.persetujuan /kesepakatan Hubungan kekeluargaan
    Yang artinya setiap keluarga dari pihak masing-masing harus merestui atau mendukung hubungan mereka
    3.komitmen dan kesetiaan apa peran suami/istri
    Yang artinya apa yang menjadi tujuan ketika sudah berkeluarga
    4.ekonomi
    Artinya mengerti situasi atau kondisi dari setiap pasangan khususnya dalam hal ekonomi
    5.kehidupan rohani bersama.
    Artinya dalam hal spiritual di tengah keluarga sangat perlunya.
    God bless Us.

    BalasHapus
  153. 5 Hal yang harus di persiapkan Sebelum Menikah?
    Seorang Pastoral ( Edis Dan Gilbert)
    1) Keterbukaan dari masa lalu
    2) Mempunyai Prinsip Dan komitmen
    3) Ekonomi/ Biaya pernikahan
    4) Persetujuan Dari orang Tua
    5) Tempat Tinggal saat Menikah

    BalasHapus
  154. 5 Hal dalam mempersiapkan pernikahan
    1.Konesling
    Bimbingan yang dilakukan kepada kedua pasangan supaya saling terbuka terhadap pribadi mereka masing -masing
    2. Mentoring
    Pasangan yang baru menikah tentunya masih sangat rentan, oleh karena itu perlu dimentorin.
    3.Membangun Komitmen
    Pasangan harus mempunyai komitmen, supaya dalam hubungan suami istri tidak ada rasa saling menyalahkan.
    4. Mendoakan Pasangan
    Menopang pasang dalam doa, supaya kuasa Tuhan menyertai hubungan mereka.
    5.Restu Orang Tua
    Hal yang sangat baik,, apabila pernikahan dilandasi dengan persetujuan orang tua.

    3.

    BalasHapus
  155. 5. Hal untuk mempersiapkan pernikahan.
    1.spiritual,2.fisik dan pengetahuan,3.tujuan yang jelas,4.rumah,5.komitmen menjalani hidup bersama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artinya ketika kita mau menikah harus sudah mapan semuanya itu supaya kita kuat dalam berumah tangga.

      Hapus
  156. 5 Hal dalam mempersiapkan BPN (Bimbingan pra nikah)
    - Persiapkan spiritual (Mental dan fisik kita)
    -Pengetahuan dan finansial ( Ekonomi dlm rmh tangga
    -Tujuan ( Tujuan dan mempunyai target kedepan)
    -Rumah (Fasilitas dan kebutuhan bersama)
    -Komitmen menjalani hidup bersama (Berpegang tegu sampai akhur hidup )

    BalasHapus
  157. 5 hal dalam mempersiapkan BPN ( Bimbingan pra nikah)
    1. Mental
    2. Feninsial
    3.ruma
    4. Biaya
    5. Pekerjaan apa yang harus di lakukan

    BalasHapus
  158. 1. Menyiapkan materi BPN
    2. Waktu
    3. Komunikasi
    4. Perencanaan keuangan
    5. Nilai-nilai keluarga

    BalasHapus
  159. 5 hal dalam mempersiapkan pernikahan
    1. Menyiapkan materi BPN
    2. Waktu
    3. Komunikasi
    4. Perencanaan keuangan
    5. Nilai-nilai keluarga

    BalasHapus
  160. 5 hal dalam mempersiapkan pernikahan
    1. Menyiapkan materi BPN Yaitu firman Tuhan
    2. Waktu
    3. Komunikasi
    4. Perencanaan keuangan
    5. Nilai-nilai keluarga

    BalasHapus
  161. 5 tips memilih pasangan menurut saya :
    1.Takut Akan Tuhan(Seiman)
    2.bertanggung jawab
    3.romantis
    4.Saling support
    5.Menerima dan saling melengkapi satu dgn yang lain.

    BalasHapus
  162. 5 Tips memilih Pasangan :
    1 Satu Iman
    2 Anak Seapin
    3 Satu Visi dan Misi
    4 Cinta pelayanan
    5 Pintar Masak

    BalasHapus
  163. Lima tips memilih pasangan:
    1. Cinta Tuhan
    2. Cinta akan pasangannya
    3. Cinta keluarga pasangannya/ Cinta keluarganya sendiri
    4.Komunikasi terbuka
    5. Memiliki tujuan hidup yang pasti / kemampuan mengatasi konflik

    BalasHapus
  164. 5 tips memilih pasangan

    1. Kenali diri sendiri terlebih
    Dahulu
    2. Komunikasi terbuka dan jujur
    3. Menghormati pasangannya
    4. Bertanggung jawab
    5. Punya prinsip yang sama

    BalasHapus
  165. 5 tips memilih pasangan
    1. Memiliki iman kepercayaan yang sama
    2. Anak gembala
    3. Memiliki tujuan yang sama
    4. Hamba Tuhan
    5. Menyayangi keluarga

    BalasHapus
  166. 5 hal yang harus di persiapkan sebelum menikah
    1. Mental
    2. Persiapan
    3. Rumah
    4. Pekerjaan
    5. Tujuan
    Mental: sebelum menikah, pntingnya membangun mental di dalam sebuah hubungan, karena mental melatih kita untuk bertahan di dalam badai hidup dalam hubungan suami istri

    Persiapan: menikah itu pasti, akan tetapi semua itu tidak akan terjadi kalau tidak adanya persiapan. Maka dari itu persiapan itu sangatlah penting untuk menuju sebuah pernikahan

    Rumah: Pastinya rumah itu sangatlah penting untuk di persiapkan sebelum nikah

    Pekerjaan: pekerjaan adalah suatu hal yang semestinya di Adakan, untuk menempuh kehidupan keluarga yang akan di Buat

    Goals/Tujuan: menikah itu harus memiliki tujuan, bukan hanya berbicara enaknya saja, akan tetapi bagaimana dalam perjalanan hubungan pernikahan sudah ada tujuan yang akan di capai, sehingga pernikahan akan terlihat bermakna ketika ada tujuan di sana

    BalasHapus
  167. 5 tips memilih pasangan
    1. Tuhan yang utama
    2. Sesama Lewi.
    3. Visi yang sama
    4. Lucu kayak kamu
    5. Boru Batak


    BalasHapus
  168. 5 Tips memilih pasangan menurut Firdaus Sembiring:
    1. Seiman
    2. Hamba Tuhan
    3. Soft
    4. Bisa masak
    5. Mempunyai Visi Misi yang sama

    BalasHapus
  169. 5 tips memilih pasangan:
    1) Takut akan Tuhan
    2) Dapat di percaya
    3) Jujur
    4) Memiliki jiwa pejuang yang tinggi
    5) Memiliki komitmen

    BalasHapus
  170. 5 tips memilih pasangan😇🤣

    1. takut akan Tuhan
    2. Menopang segala Tujuan dari sang kekasih
    3. Tidak selalu menuntut
    4. Sopan kepada mertua
    5. Tidak pelit

    BalasHapus
  171. 5 Tips memilih pasangan dari Heri:
    1.Hamba Tuhan
    2.Elok rupa dan kerohaniannya
    3.Bisa masak yang enak
    4.Setia (bukan setiap tikungan ada) ya...
    5.Dewasa cara berpikirny..

    BalasHapus
  172. 5 tips memilih pasangan

    1. Takut akan Tuhan
    2. Satu visi dan misi (menjadi jawaban bagi jemaat)
    3. Hamba Tuhan
    4. Hormat sama orang tua
    5. Bisa masak

    BalasHapus
  173. 5 Tips memilih Pasangan
    1. Satu Iman
    2. Cinta Tuhan
    3.Cinta Pelayanan
    4.Anak Seapin
    5.Pintar Masak

    BalasHapus
  174. 5 Tips memilih Pasangan :
    1. Satu Iman
    2. Cinta Tuhan
    3.Cinta Pelayanan
    4.Anak Seapin
    5.Pintar Masak

    BalasHapus
  175. 5 Tips memilih pasangan
    1. Takut Tuhan !
    2. Se iman, se imbang
    3.Satu visi, satu nilai, satu tujuan
    4. Backgrund checking (spiritualnya, keluarga dan masa lalu
    5. Jujur

    BalasHapus
  176. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  177. 5 tips memilih pasangan menurut marni 😌👍🤣
    1. Memiliki iman kepercayaan yang sama
    2. Jujur
    3. Memiliki tujuan yang sama
    4. Komitmen
    5. Menyayang keluarga

    BalasHapus
  178. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar