PAK Kelas 9 - 2024 | Peranan Roh Kudus dalam Hidup Orang Beriman dan Berpengharapan - Bab 6

Peranan Roh Kudus dalam Hidup Orang Beriman dan Berpengharapan

Bacalah Alkitab diawal pembelajaran: Yohanes 14: 16-17; Kisah Para Rasul 2:1-47; 2 Korintus 4 :8-14; Matius 4:1-11; Galatia 5: 22-23.

Turunnya Roh Kudus pada hari Pentakosta adalah merupakan penggenapan dari janji Yesus sebelum Ia naik ke surga. Roh Kudus inilah yang menjadi penolong, penghibur, memberi keberanian dalam penyampaian Injil Kristus, memberi kekuatan dan mampu bertahan dalam menghadapi berbagai tantangan, diam dan tinggal dalam diri setiap pengikut Kristus, serta menyertai kita sampai kepada akhir zaman.

Orang percaya harus memberi diri senantiasa dipimpin oleh Roh Kudus, hingga mampu bertahan dalam mengahadapi kehidupan di dunia ini yang senantiasa diperhadapkan dengan berbagai persoalan hidup yang tidak sesuai firman Allah. Dengan kuasa Roh Kudus yang ada pada setiap pengikut Kristus akan memberikan keberanian untuk menyatakan yang benar, dan mampu menujukkan perilaku yang seturut Firman Allah.

Demikian hal nya sebagai remaja Kristen yang diperhadapkan dengan berbagai godaan atau tantangan iman,agar mampu bertahan dalam imannya, maka juga perlu memberi diri untuk senantiasa dipimpin Roh Kudus, karena jikalau mengandalkan kekuatan sendiri, kita tidak akan mampu akan tetapi jika hidup kita dipimpin dan dipenuhi Roh Kudus, maka apa pun tantangannya pasti kita menjadi pemenang. Berilah dirimu dipimpin oleh Roh Kudus, maka kalian akan menjadi pemenang!

1. Mengenal Roh Kudus sebagai Pribadi Ketiga dari Tritunggal (Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus).

Dalam kitab suci dinyatakan tentang kehadiran Roh Kudus sebelum Yesus naik ke surga menjanjikan akan mengutus seorang penolong yang lain, yaitu Roh Kudus, yang juga disebut Roh Kebenaran (Yohanes 14:16-17), Penghibur (Yohanes 16:7-14). 

Tuhan Yesus meminta murid-murid-Nya untuk menantikan janji Bapa, yaitu Roh Kudus (Kisah Para Rasul 1:4-5). Selanjutnya Tuhan Yesus mengatakan bahwa oleh Roh Kudus murid-murid akan menerima kuasa untuk menjadi saksi di Yerusalem, Yudea, Samaria, dan sampai ke ujung bumi (Kisah Para Rasul 1:8).

 Inilah awal dimana setiap orang yang menerima Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamatnya memiliki Roh Kudus dan berdiam dalam diri setiap orang percaya serta menyatakan kehadiran-Nya, baik sebagai penolong, penghibur, pengajar, dan memberi keberanian dalam pemberitaan Injil.

2. Roh Kudus menolongku Menghadapi Tantangan.

Hidup di dunia yang penuh dengan tantangan sudah merupakan realitas hidup manusia, demikian juga dengan orang percaya, bahwa dalam menjalani kehidupannya apalagi sebagai pengikut Kristus bukanlah suatu hal yang mudah dan tanpa tantangan. bagi orang percaya ketika mengalami tantangan dalam hidupnya, bukanlah sendiri dan bukan juga atas kekuatannya sendiri, ada pribadi yang senantiasa bersamanya, yaitu Roh Kudus yang akan menyertainya sampai kepada akhir zaman.

3. Peranan Roh Kudus dalam Kehidupan Orang Percaya di Masa Kini 

Pada malam terakhir Yesus bersama muridmurid-Nya, Yesus mengatakan Ia akan meninggalkan murid-murid-Nya tetapi mereka tidak perlu takut dan cemas karena Ia akan mengutus Roh Kudus yang akan menjadi Penghibur dan Penolong bagi mereka. 

Berdasarkan perkataan Yesus dalam kitab Injil maupun perkataan para Rasul dalam kitab para rasul, ada beberapa karya Roh Kudus dalam hidup orang percaya, antara lain: 

a. Roh Kudus memberi orang percaya kehidupan yang baru. Beberapa hal berikut dikerjakan Roh Kudus setelah seseorang menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat: 

1. Kelahiran baru oleh Roh Kudus. (Yohanes 3:3-5) 

2. Roh Kudus mendiami orang percaya. (Roma 5:5, 1 Korintus 2:12)

 3. Baptisan Roh Kudus. (Kisah Para Rasul 2:38, Matius 3:11)

4. Pemeteraian oleh Roh Kudus. (Efesus 1:13) 5. Adopsi oleh Roh Kudus. (Roma 8:15-16) 

b. Roh Kudus Membawa Orang Percaya kepada Pengalaman Kekudusan 

Sebagaimana natur Illahi Roh Kudus, setiap orang percaya bukan hanya secara status mendapatkan bagian dari sifat-sifat Illahi, Roh Kudus juga memimpin orang percaya untuk merefleksikan sifat-sifat Illahi sebagai pengalaman hidup. 

1. Roh Kudus Membebaskan Orang percaya dari Ikatan Dosa. (Roma 8:2)

 2. Roh Kudus Menguduskan Orang Percaya. (Yohanes 14:16-17,26) 

3. Roh Kudus Memenuhkan Orang Percaya. (Kisah Para Rasul 2:4 dan Kisisah Para Rasul 2:17) 

4. Roh Kudus Memimpin kepada Seluruh Kebenaran. (Yohanes 16:13)

4. Roh Kudus Menjadi Jaminan bagi Orang Percaya

Allah telah memberikan Roh Kudus dalam hati orang percaya sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan (1 Korintus 1:2; 5:5; Efesus 1:14). 

a. Roh Kudus Turut Berdoa bagi Orang Percaya Roh Kudus membantu orang percaya bahkan saat dalam kelemahan (Rm. 8:26). 

b. Roh Kudus memperlengkapi Orang Percaya. Roh Kudus menyertai pelayanan orang percaya dengan kuasa,dan karunia-karunia Roh. Petrus, manusia biasa yang juga penakut, tidak terpelajar (Kisah Para Rasul 4:13), dan pernah menyangkal Yesus, diubah Roh Kudus menjadi berani berkhotbah dan disertai kuasa Allah, sehingga tiga ribu orang bertobat dan memberi diri di baptis (Kisah Para Rasul 4:41) saat berkhotbah pada hari Pentakosta dengan kuasa dan keberanian yang diberikan Roh Kudus. membuat Petrus begitu berani menyatakan semua dosa yang dilakukan orang Yahudi . 

c. Roh Kudus Menjadikan Orang Percaya Berbuah Roh Kudus yang memenuhi hidup seseorang memampukan orang tersebut untuk berubah karakternya dan bertumbuh dalam kerohaniannya. Adalah suatu kebohongan bila ada orang mengaku telah dipenuhi Roh Kudus, tetapi ia tidak sungguh-sungguh hidup dalam ketaatan kepada Allah. Tanda bukti yang pasti bahwa seseorang sungguh-sungguh dipenuhi Roh Kudus adalah menunjukkan kekudusan hidup dan menunjukkan karakter Kristus yang nyata dalam kehidupannya.

 

Tugas hari ini:

1. Bagaimana sikap (menerima/menolak) tantangan yang dihadapi remaja Kristen dalam komunitas dan cara mengatasinya: a. Tawaran merokok b. Tawaran narkoba c. Tawaran minuman keras d. Tawaran untuk bolos sekolah e. Tawaran pergaulan bebas f. Tawaran ke discotic

2. Apakah kalian sudah menunjukkan sikap dan perilaku sebagai orang yang dipimpin Roh Kudus: a. Mengasihi semua orang tanpa perbedaan b. Pandai memperdamaikan teman yang berselisih c. Bersolidaritas/ suka berbagi tanpa membedakan orang d. Berkata jujur meskipun dijauhi teman e. Setia beribadah setiap hari secara pribadi f. Tidak berbicara yang kotor g. Setia dalam pertemanan 8. Menepati janji tepat waktu h. Tidak mudah tersinggung/marah i. Selalu memaafkan kesalahan orang lain

Komentar

  1. 1.a.menolak
    B. Menolak
    C. Menolak
    D. Menolak
    E. Menolak
    F. Menolak
    2.a.yaa, mengasihi
    B. Yaa
    C. Iyaa, saya suka berbagi makanan dan minuman ketemen
    D. Iyaa
    E. Iyaa
    F. Iyaa
    G. Iyaa
    H. Yaa
    I. Yaa, saya selalu memaafkan temen

    BalasHapus
  2. 1.A.Menolak
    B. Menolak
    C. Menolak
    D. Menolak
    E. Menolak
    F. Menolak

    2.A.Yes, saya mengasihi
    B.Yes
    C.Ya, saya suka berbagi apa saja ke teman teman
    D.Yes
    E.Yes
    F.Yes
    G.Yes
    H.Yes
    I. Yaa, saya selalu saling memaafkan teman teman

    BalasHapus
  3. 1. a. saya tidak merokok
    b. saya tidak memakai narkoba
    c. saya tidak boleh meminum
    minuman keras
    d. saya tidak mau
    e. saya tidak mau
    f. saya masih dibawah umur

    2. a. ya saya sudah mengasihi
    b. ya saya pernah
    mempersamakan teman yang
    berkelahi
    c. ya saya sudah berbagi kepada
    sesama
    d. ya saya pernah
    e. ya saya pernah
    f. ya saya pernah tidak berbicara
    kotor
    g. ya saya selalu setia dalam
    pertemanan
    h. ya saya sudah melakukannya
    i. ya saya selalu memaafkan.

    BalasHapus
  4. 1. A. Menolak tawaran merokok
        B. Menolak tawaran narkoba
        C. Menolak tawaran minuman keras
        D. Menolak tawaran untuk bolos sekolah
        E. Menolak tawaran pergaulan bebas
        F. Menolak tawaran ke discotic

    2. A. Selalu mengasihi semua orang tanpa perbedaan
        B. Yaa, pandai memperdamaikan teman yang berselisih
        C. Selalu bersolidaritas tanpa membedakan orang
        D. Selalu berkata jujur meskipun di jauhi teman
        F. Selalu tidak berbicara yang kotor
        G. Selalu setia dalam pertemanan
        H. Selalu tidak mudah marah
    I. Yaa, selalu memaafkan kesalahan orang lain

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. 1)
    a). Saya selalu menolak merokok, saya tidak mau merokok karena bisa merusak tubuh/paru-paru
    b). Saya menolak Narkoba karena, itu bisa merubah hidup seseorang dan merusak saraf dan kesadaran yang menurun
    C). Menolak minuman keras karena, bisa merusak organ organ dan sel otak

    D. Saya menolak bolos sekolah karena,orang tua yang sudah cari nafkah agar membuat anaknya pintar
    E). Saya menolak pergaulan bebas
    F).Saya menolak tawaran ke discotic

    2)
    A.)iya, saya selalu mengasihi orang tampa perbedaan
    B.)iya, saya selalu mempermainkan teman yang selalu berselisih
    C.)iya, saya selalu berbagi tanpa membedakan orang
    D.)iya
    e.)iya
    f.)jarang ngomong kotor
    g.)iya
    h.)saya tidak terlalu tersinggung/marah
    I.)iya, saya selalu memaafkan kesalahan orang lain / teman

    BalasHapus
  7. 1. a. maaf, aku ngga merokok karena aku menjaga kesehatan
    b. ngga, aku ngga mau pakai narkoba
    c. aku lebih suka minum air mineral
    d. ngga mau, aku ngga mau kena masalah disekolah sampai orang tua marah
    e. maaf aku ngga bisa
    f. aku ngga nyaman sama tempat yang kaya gitu, maaf ya

    2. a. ya, aku selalu mengasihi tanpa membeda bedakan orang
    b. ya, aku menenangkan teman yang sedang bertengkar
    c. ya, aku selalu berbagi tanpan membeda bedakan sesama
    d. pernah
    e. ya, aku setia dalam beribadah
    f. ya, sekarang aku tidak pernah berbicara kotor lagi
    g. ya, aku selalu menjaga pertemanan dengan baik
    h. tidak, aku masih gampang tersinggung dengan perkataan orang
    i. ya, aku selalu memaafkan kesalahan orang lain

    BalasHapus
  8. Saol 1
    a.Tawaran merokok
    b.Tawaran narkoba
    c.Tawaran minuman keras
    d.Tawaranuntuk bolos sekolah
    e.Tawaranpergaul bebas
    f.Tawaran ke discotic

    A. Saya tidak ingin mencoba coba merokok

    B. Saya tidak ingin menyentuh narkoba karena narkoba itu HARAM

    C. Saya tidak ingin meminum minuman keras karena sangat beresiko pada tubuh

    D. Karena bolos sekolah hanya membuang buang waktu

    E. Saya tidak ingin pergaulan bebas karena sangat beresiko pada warga setempat

    F. Karena discotic tidak untuk di coba

    Soal 2
    A.Ya,saya mengasihi
    B.ya,saya suka berbagi makanan atau minuman
    C.ya
    D.ya
    E.ya
    F.ya
    G.ya
    H.ya
    I. Saya selalu memaafkan sebuah kesalah maupun teman atau soudara

    BalasHapus
  9. 1. A. Tida merokok
    B. Tida narkoba
    C. Tida minuman keras
    D. Tidak mau
    E. Tidak mau tidak berbicara kotor

    F. Masih di bawah umur

    2. A. Ya saya sudah mengasihi
    B. Yah sayah pernah
    C. Iya saya perna berbagi ke senangan
    E. Ya sayah pernah
    F. Ya sayah pernah
    G. Ya saya selalu setia dalam pertemuan
    H. Ya saya sudah.
    I. Ya sayah sudah

    BalasHapus
  10. 1.A.saya tidak mau merokok
    B.saya tidak ingin memakai narkoba
    C.saya tidak ingin meminum minuman keras
    D.saya ingin meningkatkan pendidikan saya
    E.saya tidak ingin mengikuti pergaulan bebas
    F.saya tidak ingin mengikuti discotic

    2.A.ya,saya tidak membeda bedakan teman
    B.ya,saya memisahkan teman jika ada yang bertengkar
    C.ya.saya berbagi kepada sesama teman
    D.ya.saya sering berkata jujur
    E.ya,saya rajin dalam beribadah
    F.ya.saya tidak berbicara kotor
    G.ya.saya selalu setia dalam pertemanan
    H.saya tidak mudah tersinggung
    I.saya mudah memaafkan kesalahan orang lain

    BalasHapus
  11. 1. a. saya tidak merokok
    b. saya tidak memakai narkoba
    c. saya tidak meminum
    minuman keras
    d. saya tidak mau
    e. saya tidak mau
    f. masih di bawah umur

    2. a. ya saya sudah mengasihi
    b. ya saya pernah
    mempersamakan teman yang
    berkelahi
    c. ya saya sudah berbagi kepada
    sesama
    d. ya saya pernah
    e. ya saya pernah
    f. ya saya pernah tidak berbicara
    kotor
    g. ya saya selalu setia dalam
    pertemanan
    h. ya saya sudah melakukannya
    i. ya saya selalu memaafkan sesama/teman

    BalasHapus
  12. 1. A. saya tidak ingin merokok karena menyakiti tubuh saya
    B. saya tidak ingin mengonsumsi narkoba karena merusak tubuh saya
    C. saya tidak ingin meminum minuman keras karena menyakiti tubuh dan merusak tubuh saya
    D. saya tidak ingin bolos sekolah karena saya ingin mengejar nilai
    E. saya tidak ingin bergaul dengan bebas karena saya ingin masa depan yang indah
    F. saya tidak ingin ke discoric karena itu tempat yang buruk & tidak baik

    2. A. Ya
    B. Ya
    C. Ya
    D. Ya
    E. Ya, saya mengusahakannya
    F. Ya, saya mengusahakannya
    G. Ya
    H. Ya
    I. Ya, saya mengusahakannya
    J. Ya, saya mengusahakannya

    BalasHapus

Posting Komentar