PAK Kelas 8 - 2024 | PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI ERA DIGITAL DIGITAL - Bab 2

 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI ERA DIGITAL DIGITAL

Bacalah Alkitab sebelum belajar : Amsal 1:7; 3:5-6

Salah satu perkembangan IPTEK yang sedang pesat saat ini ialah teknologi digital. Teknologi digital dimulai pada revolusi industri 4.0 di mana munculnya teknologi komunikasi dan informasi dengan penggunaan komputer yang sangat ekstensif dan masif. Tenaga manusia banyak digantikan oleh mesin dalam arti bahwa sebagian kebutuhan manusia dapat terpenuhi melalui teknologi digital ini. Peran teknologi inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era digital.

Paperless merupakan salah satu tren era digital di mana penggunaan kertas menjadi lebih sedikit. Kita tidak harus mencetak foto maupun dokumen yang dibutuhkan pada kertas, melainkan dalam bentuk digital. Penyimpanan secara digital lebih aman daripada menyimpan bermacam dokumen dalam bentuk kertas. Digitalisasi dokumen berbentuk file elektronik menjadi lebih mudah seperti halnya dalam bentuk e-book. Dengan e-book, kita tidak lagi harus menyimpan buku-buku yang tebal secara fisik dan membutuhkan tempat yang luas. Dengan file digital juga dokumen jelas menjadi lebih ringkas, setiap saat dapat dibuka melalui komputer dan ponsel.

Selain itu perkembangan situs jejaring sosial telah mengubah gaya hidup manusia saat ini. Situs jejaring sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Awal mula situs jejaring sosial muncul pada tahun 1997 dengan beberapa situs yang lahir berbasiskan kepercayaan. Setelah itu mulai dari tahun 2000-an muncul situs pertemanan yang bernama Friendster, MySpace, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Dampak Positif:

• Memberikan berbagai kemudahan. IPTEK mampu membantumu dalam beraktivitas, khususnya dalam kehidupan sehari-hari.

• Menunjang kegiatan belajar dan menciptakan serta meningkatkan kreativitas.

• Menambah pengetahuan dan wawasan.

• Mempercepat proses yang lama. Dengan IPTEK peserta didik tidak perlu menunggu waktu lama untuk mengirim atau menerima berita.

• Memudahkan penyebaran atau meluasnya berbagai informasi. 

Dampak negatif

• Menjadi malas ke gereja, malas berdoa atau membaca Alkitab sehingga tidak peduli kepada Tuhan akibat kecanduan teknologi internet.

• Menjadi malas belajar dan kecanduan bermain alat elektronik seperti telepon genggam.

• Menjadi individualistis dan eksklusif.

• Terjadinya kemerosotan moral atau pelanggaran asusila.

• Melakukan tindakan kriminal.

• Pemborosan uang untuk hal yang tidak perlu.

Tantangan yang dihadapi

1. Tidak hanyut dan menjadi korban dari sisi negatif kemajuan teknologi

2. Menjadi orang yang individualistis

3. Informasi negatif di berbagai platform digital yang ada

4. Informasi bohong

5. Hacker

6. Penipuan 

Cara menyikapinya

1. Pemuda berperan penting sebagai subjek pembangunan dan menjadi agen perubahan untuk lingkungannya

2. Partisipasi aktif pemuda dalam kegiatan sosial-kemasyarakatan

3. Membangun kepedulian sosial sejak dini

4. Penguatan literasi digital

5. Menjamin hak warga

6. Memperkuat sistem keamanan


Tugas Hari ini:

1. Sebutkan respon kamu terhadap hal-hal yang dipengaruhi teknologi dalam gereja

2. Jelaskan apa saja yang akan dihadapi bagi generasi kamu saat ini terkait dengan perkembangan teknologi di era digital ini dan bagaimana cara menyikapinya!

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. 1.senang,karena menarik untuk dilihat.memudahkan mengetahui lirik' lagu yang tidak diketahui

    2.positif:semakin banyak belajar
    Negatif:rusaknya generasi karena terlalu banyak teknologi,membuat seseorang malas untuk keluar rumah,dsb

    BalasHapus
  4. 1. Sebutkan respon kamu terhadap hal-hal yang dipengaruhi teknologi dalam gereja : Bagus, teknologi dalam Gereja dapat mempermudah jalannya kebaktian.


    2. Jelaskan apa saja yang akan dihadapi bagi generasi kamu saat ini terkait dengan perkembangan teknologi di era digital ini dan bagaimana cara menyikapinya! : Tidak bisa lepas dari HP, salah satu caranya hanya punya kesadaran untuk berbagi waktu didepan gadget dan waktu di kehidupan nyata

    BalasHapus
  5. 1.respon ku terhadap teknologi dalam gereja lumayan senang karena barang yang dibawa jadi tidak banyak dan saat didalam gereja jadi terasa nyaman namun dengan adanya teknologi kita jadi jarang buka Alkitab dan kita jadi tidak tau pasal dan dimana tempat suatu pasal dan ayat itu adalah respon ku.

    2.generasi ku mungkin akan jarang melihat buku dan jarang melihat sesuatu dengan nyata atau melihat secara langsung melainkan melihat di teknologi dan tidak mencari tahu itu benar atau tidak dan cara menyikapinya bisa dengan mengurangi bermain teknologi dan fokus pada dunia nyata walau harus melihat ke teknologi mungkin hanya kalo itu penting dengan itu kita bisa mengurangi dan mengubah kebiasaan generasi walau sekarang sudah penuh dengan teknologi setidaknya kita bisa mengontrol nya.

    BalasHapus
  6. 1. senang, karena adanya teknologi di dalam gereja membuat saya semakin semangat untuk beribadah dan memuji memuliakan nama Tuhan dengan sorak-sorai. multimedia membantu saya untuk menghapal lirik² yang saya tidak tau. pemain musik membantu meramaikan situasi dengan suara² musik.

    2. adanya teknologi digital membuat kami semakin mengenal firman tuhan dari aplikasi Alkitab yang ada di handphone, menambahkan ilmu pengetahuan yang bisa kami cari di handphone.

    BalasHapus
  7. 1. senang karena menarik dan dapat membantu kita saat beribadah contohnya : saat praise and worship kita tidak hafal lagu puji-puji an yang dinyanyikan kita dapat melihat ditampilan teks dari tv/multimedia.

    2. tantangan yang dihadapi menjadi korban dari sisi negatif teknologi contohnya main HP disaat beribadah, cara menyikapinya : dengan tidak bermain HP saat beribadah, memfokuskan diri kita kepada Tuhan, tidak bermain-main saat beribadah, memanfaatkan teknologi untuk mencari informasi penting yang bisa kita jadikan motivasi.

    BalasHapus
  8. 1.Biasa saja, Karna menurut saya kadang teknologi itu dapat digunakan untuk hal yang positif dan sebaliknya bisa saja untuk hal yang negatif

    2.Yang akan terjadi pada generasi kami dan seterusnya menurut saya akan banyak anak anak yang mengalami kecanduan karena sudah di diberikan alat elektronik dari kecil.
    Hal hal untuk menyikapinya adalah:
    1. Pemuda berperan penting sebagai subjek pembangunan dan menjadi agen perubahan untuk lingkungannya

    2. Partisipasi aktif pemuda dalam kegiatan sosial-kemasyarakatan

    3. Membangun kepedulian sosial sejak dini

    4. Penguatan literasi digital

    5. Menjamin hak warga


    6. Memperkuat sistem keamanan

    BalasHapus
  9. 1.Biasa saja, Karna menurut saya kadang teknologi itu dapat digunakan untuk hal yang positif dan sebaliknya bisa saja untuk hal yang negatif

    2.Yang akan terjadi pada generasi kami dan seterusnya menurut saya akan banyak anak anak yang mengalami kecanduan karena sudah di diberikan alat elektronik dari

    BalasHapus
  10. 1.Senang,saya menyukai alat
    teknologi di gereja karna sangat menarik dan gampang menghafal lagu yang saya tidak tau dan bisa melihat lirik lagu yang saya tidak tau.
    2.anak-anak setelah mengenal handphone:
    Negatif:
    - tidak mau belajar.
    - tidak ingin bermain.
    - susah untuk membantu orang tua nya.
    Positif:
    - memudahkan akses terhadap informasi.
    - mempermudah komunikasi.
    - meningkatkan kualitas pembelajaran.

    BalasHapus
  11. 1.Biasa saja, Karna menurut saya kadang teknologi itu dapat digunakan untuk hal yang positif dan sebaliknya bisa saja untuk hal yang negatif dan membuat kecanduan
    2.generasi ku mungkin akan jarang melihat buku dan jarang melihat sesuatu dengan nyata atau melihat secara langsung melainkan melihat di teknologi dan tidak mencari tahu itu benar atau tidak dan cara menyikapinya bisa dengan mengurangi bermain teknologi dan fokus pada dunia nyata seperti memosting hal hal yang baik memberikan inspirasi bagi semua orang

    BalasHapus

Posting Komentar