PAK Kelas 8 - 2024 | Allah Pemelihara pemelihara Hidupku - Bab 3

 Allah Pemelihara pemelihara Hidupku

Bacalah Alkitab sebelum belajar: Matius 6:26-30

Ketika Allah menciptakan seluruh ciptaan-Nya, Ia menciptakan seturut kehendak dan rencana-Nya. Tidak ada satupun ciptaan yang berada di luar dari penguasaan tangan-Nya; Ia berkuasa dan berdaulat penuh terhadap ciptaanNya. Allah mengatur seluruh alam semesta dan yang hidup didalamnya; Allah mengatur planet-planet sesuai dengan rencana dan kehendak-Nya dan Allah mengatur semuanya itu untuk mencapai tujuan-Nya yang kekal.

Istilah “Providensia” berasal dari kata Latin, dari kata kerja Providare yang berarti memandang ke depan, melihat lebih dulu terjadinya sesuatu, terlebih dulu menyelenggarakan atau menyediakan sesuatu. Providensia Allah dapat dipahami sebagai pemeliharaan Allah terhadap ciptaan-Nya melalui berbagai proses yang telah ditetapkannya, dan hal tersebut dapat terlihat pada Matius 5:45; Mazmur 104:14; Ayub 37:10,12. Dalam hal ini terlihat bahwa Alkitab memberikan bukti setelah Allah mencipta, Allah terus menerus memelihara kelangsungan dunia, Ia melindungi semua makhluk-Nya, Ia bertindak dalam segala peristiwa yang terjadi dalam dunia ini, dan bahkan Allah mengarahkan segala sesuatu pada tujuan akhir yang telah ditetapkan-Nya.

Menolong Sesama sebagai Inspirasi Kehidupan

Semakin berkembangnya zaman, manusia semakin individualistis. Rasa empati kepada orang lain akan semakin memudar. Manusia mulai mementingkan dirinya sendiri dan nilai-nilai kemanusiaan mulai tidak dihormati sebagaimana mestinya. Sebagai remaja Kristen, peserta didik diajar untuk menaruh kasih kepada sesama, siapapun itu tanpa terkecuali. Hal ini dapat dilihat pada kitab Amsal dan Kisah Para Rasul yang menekankan tentang kepedulian kepada sesama; Amsal 3:27 “Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya”, dan Kisah Para Rasul 20:35 “Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada\ kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatkan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima”.

Dalam ayat tersebut sangatlah jelas bahwa kita dituntut untuk menaruh kepedulian kepada sesama seperti kita peduli terhadap diri kita sendiri. Namun, banyak di antara kita yang masih berpandangan bahwa menolong sesama akan merugikan diri sendiri. Hal itu merupakan sikap egois yang tidak disukai Allah. Allah bisa memakai siapa saja untuk memelihara umat-Nya dan Ia menyatakan pemeliharaan-Nya melalui orang-orang di sekitar kita sebagai perpanjangan tangan Allah. Oleh karena itu, marilah kita mulai berempati kepada orang lain. Kita telah dikasihi Allah, maka sebagai ungkapan Syukur kita pun harus membagikan kasih kepada orang-orang di sekeliling kita, agar mereka dapat melihat Allah melalui kehidupan kita.

Tugas hari ini:

1. Tuliksan kesaksian kamu (minimal 50 kata) tentang hidup sebagai bentuk pemeliharaan Allah

Komentar

  1. Saya punya kesaksian yang tidak akan saya lupakan
    Saya mengalami penyakit pembengkakan jantung dan disitu saya berobat sampai 9 tahun, keluarga saya dan om Fery mendoakan saya agar penyakit pembengkakan jantung ini sembuh dan mamah saya mengajak saya mengeceknya dan pas dicek puji Tuhan saya sudah sembuh total dari penyakit pembekalan jantung.
    Saya berterima kasih kepada Tuhan yang telah mengangkat penyakit saya dan saya juga berterima kasih juga kepada keluarga saya dan om Fery yang telah mendoakan saya,
    Saya sangat terharu karena penyakit saya sudah sembuh, saya tidak akan melupakan itu semua Tuhan Yesus memberkati ๐Ÿ™๐Ÿป

    BalasHapus
  2. Kesaksian ku hampir kecelakaan saat mengendarai sepeda motor. Saat sedang mengendarai sepeda motor di jalan raya, sebentar aku mengalihkan pandangan/fokus ke arah belakang, saat itu tak kusadari ada angkot yang tiba tiba melambat, karna cepatnya laju sepeda motor ku jadilah kutabrak angkot itu tanpa sengaja. Puji Tuhan untungnya aku tetap terjaga keseimbangannya dan tidak terjatuh, jika terjatuh bisa saja kaki, tangan, atau kepalaku terlindas kendaraan besar yang berlalu lalang saat itu. Karena hebatnya kasih Allah hal buruk itu tak terjadi. Sekian, TYM๐Ÿ™.

    BalasHapus
  3. Kesaksian ku adalah jatuh/terjun batu dari balkon rumah.saat itu dirumahku ada kucing,dan kucing itu hilang Aku mencarinya kemana' tapi tidak ada.entah pikiran dari mana Aku naik ke balkon dengan senter ditanganku.awalnya tidak terjadi apa' tapi setelah langkah kedua Aku jatuh di antara runcingnya Pagar tangga dan runcingnya minibar.saat terjatuh Aku merasa tidak sadar/linglung.kebetulan dibawah ada ayah,dan ayah kaget dan langsung menghampiriku.aku di masukkan ke kamar tidur dan mamah menyiapkan bajukku karena kami mau langsung ke RS.saat di RS Aku diperiksa,mmahku disitu sudah sangat panik.posisi jatuh ku adalah posisi jatuh terduduk.aku di rongsen dan ternyata tidak ada apa'.medis mengira Aku tidak bisa jalan karena jatuhnya Aku terduduk.aku dibawa ke mobil menggunakan kursi roda,namun saat akan mendekati mobil entah gerakan dari mana Aku tiba' berjalan dengan lancar.mamah dan medis yang mendorong kursi rodaku kaget.setelah itu Aku dibawa pulang kerumah.saat tahun ke Dua sejak kejadian itu',Aku mulai merasakan sakit di pinggang bawahku.aku dibawa ke orthopedic yang dirs majalengka.setelah diperiksa dan di rongsen kembali ada masalah sedikit di tulang ekorku.aku dirujuk kerumah sakit plumbon cirebon disitu Aku dimasukkan kedalam sebuah alat besar berbentuk lingkaran seperti terowongan.akudimasukkan disitu sekitar sejaman.setelah dirongsen Aku dan mamah dipanggil ke dokter yang brada di RS tersebut.aku disuruh terapi renang dan banyak makan'an bergizi.dan tahun kemudiannya Aku tidak merasakan sakit lagi.saya bersyukur kepada Tuhan karena sudah dilindungi dari marabahaya orang' yang mendengar kejadian itu tidak percaya Aku masih bisa hidup yang sudah jatuh dari ketinggian kurang lebih 4 meter dan jatuhnya itu diantara runcing yang tajam.sekian, Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  4. Kesaksian ku hampir kecelakaan saat mengendarai sepeda motor. Saat sedang mengendarai sepeda motor di jalan raya, sebentar aku mengalihkan pandangan/fokus ke arah belakang, saat itu tak kusadari ada angkot yang tiba tiba melambat, karna cepatnya laju sepeda motor ku jadilah kutabrak angkot itu tanpa sengaja. Puji Tuhan untungnya aku tetap terjaga keseimbangannya dan tidak terjatuh, jika terjatuh bisa saja kaki, tangan, atau kepalaku terlindas kendaraan besar yang berlalu lalang saat itu. Karena hebatnya kasih Allah hal buruk itu tak terjadi. Sekian,

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Saya mempunyai kesaksian bahwa Tuhan akan menyertai kita dalam pembelajaran atau lainnya.
    Saat saya baru lulus dari kelas 6 SD saya berencana untuk daftar ke SMP yang saya inginkan tetapi saat di pengumuman itu saya tidak masuk ke SMP yang saya inginkan. di situ saya sangat sedih akan hal itu saya pun mencoba untuk mendaftarkan ke sekolah yang lainnya tetapi sudah penuh.
    Disitu saya sangat sedih karna saya di oper ke SMP yang saat ini saya tempati .
    Saya mencoba untuk menenangkan diri.
    dan Saat saya mulai percaya bahwa sekolah itu tidak harus yang favorite tetapi bagaimana kita dapat menyaingi nilai-nilai orang yang sekolah di sekolah yang favorite.
    Itu dapat digunakan untuk masuk ke jenjang berikutnya.
    dari situ saya mulai merubah cara belajar saya yang tadinya malas dan jarang berdoa untuk mendapatkan penyertaan dari Tuhan saat belajar, saya mulai bersungguh-sungguh untuk ingin belajar dan mendapatkan nilai-nilai yang memuaskan.
    puji Tuhan saat selesai semester 1 kelas 7 saya mendapatkan peringkat pertama di kelas disitu saya sangat senang akan hal itu,
    Saat mulai memasuki semester 2 disitu saya sangat serius dengan pelajaran karna saya di semester sebelumnya telah mendapatkan nilai-nilai yang memuaskan bagi saya, Di semester kedua ini saya berdoa kepada Tuhan saya ingin masuk peringkat umum Tuhan di semester 2 ini,
    Di tiap malam saya terus berdoa agar dapat peringkat umum.
    Disaat saya mendapatkan apa yang saya do'akan yaitu peringkat umum disitu saya sangat bangga dengan diri saya dan Karna sudah bisa melawan diri saya yang sebelumnya malas dengan belajar, Saya percaya Tuhan menyertai saya karna yang saya inginkan itu hal hal yang positif .
    Puji Tuhan Peringkat umum yang saya dapatkan itu peringkat ke 3 .
    Saya berdoa untuk di kelas 8 ini saya ingin mendapatkan penyertaan Tuhan lagi saat saya belajar agar saya bisa masuk lagi ke peringkat umum.
    Sekian Kesaksian saya.
    Maaf Terlambat mengerjakannya Shalom.

    BalasHapus
  7. kesaksian ku adalah ketika mama dibacok dan dipukulin orang saat itu mama pergi kerja dan aku pergi sekolah seperti biasa menjalankan aktivitas dengan normal tetapi entah mengapa perasaan ku tidak enak ketika mama berangkat kerja dan ya benar saja di siang hari mama dibacok dan dipukulin sama orang, mama dibacok menggunakan parang dan dipukulin menggunakan palu kecil, ketika kejadian itu aku belum mengetahui nya saat di sekolah aku di ajak pulang oleh kaka nya sintia tetapi aku tidak mau karena ingin les, sintia dengan kakaknya berusaha mengajak aku untuk tidak les dulu tapi aku kekeh pengen les pikirku mungkin karna bapa mau pergi makanya menyuruh aku pulang tapi aku tidak ma, aku pengennya les. pulang sekolah aku dan temanku pergi les karena kami satu les saat diperjalanan tidak tau mengapa aku merasakan hawa yang sangat tidak enak tapi mungkin pikirku itu cuman pikiranku saja yang kemana mana. saat nyampe di les aku dengan temanku mampir dulu ke alun alun karena belum jam masuk les, aku dengan temanku berfoto foto di alun ketika sudah selesai main di alun, aku dan temanku berniat mau ke tempat les nya karna sudah selesai di alun tetapi saat ingin pergi, aku ditelfon oleh bapa dan bapa bilang seperti ini "put jangan dulu les, mama dipukulin orang" ketika bapa ngomong seperti itu aku sangat merasa sedih, aku takut mama kenapa napa, aku takut mama gabisa nemenin aku lagi disitu pikiranku sangat kacau, aku nangis disitu karena mama dipukulin sama orang. aku sama temanku langsung pulang dan tidak jadi les, kami sudah izin sama guru les nya bahwa kami tidak les dulu. saat diperjalanan pulang ntah mengapa aku merasa kacau sekali, bagaimana aku tidak merasa kacau kalo aku hidup tanpa mama seperti apa aku nanti? pikiranku saat itu adalah hanya "mama" ketika aku sudah nyampe dirumah, aku langsung membereskan semua pekerjaan rumah saat sedang membereskan rumah bapa datang ketika bapa datang bapa bilang mama dibacok dan dipukulin orang sambil menangis, disitu rasanya pengen nangis, bapa datang kerumah untuk mengambil baju mama dan dibawa kerumah sakit, aku membantu bapa membereskan baju mama, selesai membereskan bapa pergi untuk membawa baju mama. dengan kejadian tersebut berita yang beredar kalo mama saya tidak bakal hidup lagi tapi Puji Tuhan karena Tuhan Yesus sayang dengan mama, mama diberi kesehatan hingga saat ini. mungkin itu saja kesaksian yang saya berikan. sekian dari saya, Tuhan yesus memberkati.

    BalasHapus
  8. saya mempunyai kesaksian bahwa Tuhan akan menyertai kita dalam situasi apapun itu. saya lahir dalam keadaan sehat tanpa sakit apa pun itu, saat saya baru beberapa hari lahir saya sakit dan masuk ke rumah sakit, saya kritis saat di rawat di rumah sakit seperti ada 2 pilihan antara hidup dan mati. tapi karena kuasa Tuhan yang luar biasa dan doa orang tua yang luar biasa saya sembuh dan sehat sampai umur saya ini. dan hebatnya tuhan kepada saya, saya selalu sehat dan hidup saya dipakai oleh tuhan untuk melayani dan memuliakan nama Tuhan Yesus. mungkin itu saja kesaksian yang bisa saya berikan, sekian dari saya. God bless all

    BalasHapus
  9. Saya mempunyai kesaksian saat aku masih kecil mungkin waktu saya berumur 2 sampai 3 tahun aku selalu sakit dan mungkin selalu masuk rumah sakit aku selalu ada dirumah sakit sampai mamah bingung bagaimana agar aku sembuh lalu suatu hari aku dan mamah pergi ke tempat berdoa dan disitu aku berdoa bersama mamah agar aku sehat selalu dan akhirnya itu terjadi aku selalu sehat ya walau kadang tubuh ke lemah tapi aku sehat selalu sampai sekarang.

    BalasHapus
  10. aku mempunyai kesaksian Tuhan selalu menyertai dan menjaga kita. Saat bapa aku kecelakaan 1bulan, sebelum kejadian bapaku sedang membantu temannya memotong daging untuk acara syukuran temannya pada saat itu bapa berangkat dari jam 3 sore dan pulang jam 6 pagi. dan jam 8 pagi harus mengantar bou ku pergi kerja jadi bapaku tidur dulu, mungkin karna mengantuk bapaku tidak fokus berkendara. cerita bapaku, ia merasa sudah membelokan stang motornya saat membawa motor dengan kecepatan yang cukup cepat. dan tb tb pengelihatannya gelap ternyata ia malah menerobos menabrak sebuah pohon di dekat kuburan hingga bapaku tida tersadarkan diri, bou ku tidak mengapa ttpi sedikit trauma dibonceng oleh bapaku. bapaku sudah diurut dengan tukang urut dan selesai diurut istirahat sebentar. mama, adek saya sedang pergi keluar rumah dan saya berada dikamar. saya mendengar bapaku teriak memanggil aku ternyata bapaku terjatuh di kamar mandi hingga ia susah bernafas dan keringat dingin. disitu aku langsung berdoa kpd tuhan meminta keajaiban agar memberi bapaku umur yg panjang. Puji Tuhan kakak bapaku (bou) datang ke rumah dan langsung membawa nya ke tukang urut yg lebih ahli di rajagaluh dan ternyata tulang di lengannya ada yg tergeser. PujiTuhan skrg bapa sudah smbuh dan udah bisa bawa motor lagi. Trimakasi Tuhan๐Ÿ’š

    BalasHapus
  11. Saya mempunyai kesaksian yaitu pas saya sakit dbd saya masuk rumah sakit orang tua saya panik karna deman saya tidak turun jadi saya dilarikan ke rumah sakit pas sudah nyampe dirumah sakit saya disuntik setelah disuntik saya dibawakan ke kamar yng akan saya tempatin pas dimalam hari keluarga saya datang ke rumah sakit untuk menjenguk saya yng sedang dirawat mereka mendoakan saya agar saya kembali menjadi lebih sehat setelah keluarga saya mendoakan saya. datang orang gereja untuk mendoakan saya agar saya bisa gereja setelah mendoakan saya dan ternyata saya dirawat cmn 2 hari saya bisa pulang dengan keadaan sehat.mungkin itu saja kesaksian yang bisa saya berikan sekian dari saya.Tuhan yesus memberkati.

    BalasHapus
  12. Aku mempunyai kesaksian
    Saat saya turnamen bola di Cirebon
    Pada saat mulai pertandingan pertama saya mencetak gol dan saat pertandingan kedua saya di sleding dan kaki saya kena engkel dan pertandingan sudah selesai dan tim saya memenangkan walaupun kaki saya terkena engkel tetapi saya sangat senang karna saya memenangkan turnamen di Cirebon

    BalasHapus

Posting Komentar