Allah dan Firman-Nya menjadi Sumber Kekuatanku dalam menghadapi Godaan - Bab 8 | PAK Kelas 9 - 2024

 

Allah dan Firman-Nya menjadi Sumber Kekuatanku dalam menghadapi Godaan

Baca dan Renungkan: Kejadian 50: 1-20; Daniel 3: 16-18; Yeremia 17: 7-8; 1 Timotius 4 :12

Sejak manusia pertama ditempatkan Allah di taman Eden, sudah mengalami godaan yang datangnya dari iblis, untuk itu manusia senantiasa harus dekat dengan Allah, menyerahkan hidup dalam pimpinan Allah, serta hidup dalam persekutuan yang teratur dengan Allah, sehingga ketika diperhadapkan dengan berbagai godaan, ada Allah yang senantiasa menjadi pembela dan penyelamatnya,hingga pada akhirnya orang percaya akan keluar sebagai pemenang

1. Bertahan Menghadapi Godaan

Perkembangan dunia sekarang ini di satu sisi mengembirakan karena manusia dengan mudah memperoleh banyak kemudahan untuk mendapatkan apa yang sedang dicari, atau menemukan berbagai informasi apa saja yang dibutuhkan sangat mudah untuk menemukannya, cukup saja hanya dengan sentuhan satu jari telunjuk pada ponsel yang dimilikinya dengan adanya internet maka apa yang ingin dicari akan didapat. Dengan kecanggihan yang ada, manusia dengan mudah menjangkau berbagai tempat dalam waktu yang relatif singkat.

Hal ini tentu sangat kita syukuri, namun di sisi lain, kita juga tidak bisa menutup mata untuk melihat berbagai dampak yang terjadi, khususnya bagi anak-anak kita termasuk bagi remaja yang senang sesuatu yang sangat mudah untuk diakses.

Remaja Kristen perlu belajar dari beberapa tokoh dalam Alkitab, bagaimana mereka menghadapi godaan hingga mampu bertahan, apa yang mereka lakukan dan bagaimana kehidupan rohani mereka hingga mampu bertahan untuk tetap hidup seturut firman Tuhan. Orang muda yang dapat diteladani antara: a. Yusuf, Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego dan Timotius

2. Senantiasa Berdoa dan Mengandalkan Tuhan.

Allah menciptakan manusia menurut gambar dan rupa Allah, diciptakannya laki-laki dan perempuan, artinya bahwa sejak semula, manusia sebagai ciptaan harus selalu bergantung pada penciptanya, untuk itulah manusia sepanjang hayatnya perlu menjalin hubungan dengan Allah sang penciptanya.

Manusia menjalin hubungan dengan Allah melalui doa /ibadah, sebagai wujud nyata bahwa dirinya tidak mengandalkan kemampuannya, kekuatannya, kepintarannya, atau apa pun yang dimilikinya, melainkan senantiasa mengandalkan Tuhan.

Remaja Kristen yang menjadi harapan bagi keluarga, gereja dan bangsa, harus mengenal diri sendiri dan tetaplah menjadi dirimu sendiri, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh kehidupan yang menyimpang dari kebenaran firman Tuhan.

Beberapa tips berikut ini akan menolongmu untuk menjadi diri sendiri adalah:

1. Pergunakanlah waktu atau kesempatan yang diberikan Tuhan secara positif dan bertanggungjawab, jangan isi masa remajamu pada hal-hal yang sia-sia!

2. Selektiflah dalam berteman, pilihlah teman atau sabahat yang bisa membangun atau memotivasimu, keberhasilanmu akan menunjukkan dengan siapa kalian berteman!

3. Milikilah waktu doa secara teratur setiap harinya dan bacalah Firman Tuhan, artinya dengarlah firman Tuhan dan bawalah masalahmu kepadaNya, tidak menanggungnya sendiri, karena Yesus adalah sahabat sejati bagi setiap orang percaya!

4. Bergabung dan aktiflah dalam kegiatan kerohanian di gerejamu dan ajaklah teman-temanmu untuk aktif bersamamu!

5. Libatkan Tuhan dalam segala rencanamu, artinya sebelum melakukan sesuatu, minta pimpinan dan penyertaan Tuhan, sehingga apa pun hasil yang kalian dapat, akan ada sejahtera!

6. Milikilah keyakinan bahwa masa depan yang indah dan keberhasilan kelak akan kalian capai bersama Tuhan Yesus, sang pemberi kehidupan!

3. Meraih Kemenangan dengan Strategi Allah.

Pengikut Kristus bisa menjadi pemenang atas segala keinginan duniawi jika hidup tetap berpegang pada firman Allah dan bergantung sepenuh pada kuasa Allah, kehidupan rohaninya harus tetap diisi dengan firman Allah hingga mampu bertahan dari berbagai cobaan dan menjadi pemenang.

Pertanyaan:

1. Baca dan berikan pendapatmu dari Nats: Kejadian 50: 1-20, Daniel 3: 16-18; Yeremia 17: 7-8; 1 Timotius 4 :12

2. Jelaskan mengapa manusia harus senantiasa mengandalkan Tuhan dalam menghadapi godaan apa pun!

Komentar

  1. 1. kita harus hidup berpengharapan kepada Tuhan karena Tuhanlah penolong kita
    2. Karena Tuhan adalah sumber pengharapan kita, dan sumber penolong manusia

    BalasHapus
  2. 1.kita harus hidup berpengharapan kepada Tuhan karena Tuhanlah penolong kita
    2.Karena Tuhan adalah sumber pengharapan kita dan sebagai penolong

    BalasHapus
  3. 1.kita harus hidup berpengharapan kepada Tuhan karena Tuhanlah penolong kita
    2.Tuhan adalah sumber kekuatan dan hikmat yang tak terbatas.

    BalasHapus
  4. 1. kita harus hidup berpengharapan kepada Tuhan karena Tuhanlah penolong kita
    2. Karena Tuhan adalah sumber pengharapan kita dan sumber penolong manusia

    BalasHapus
  5. 1.kita harus hidup berpengharapan kepada Tuhan karena Tuhanlah penolong kita
    2.Karena Tuhan adalah sumber pengharapan kita dan sebagai penolong sesama manusia

    BalasHapus

Posting Komentar