Aku Dan Pelayananku - Bab 10 | PAK Kelas 8 - 2024

 


Aku Dan Pelayananku

Baca dan Renungkan: Matius 28:19-20

Melakukan berbagai aktivitas pelayanan di dalam gereja, pada dasarnya adalah melayani Tuhan. Oleh karena itu, ketika kita melayani diperlukan sebuah komitmen dalam menjalani setiap tanggung jawab yang diberikan. Sebab setiap pelayanan yang kita kerjakan akan dipertanggungjawabkan dihadapan-Nya.

Jika kita menyadari bahwa mengambil bagian dalam pelayanan gereja adalah melayani Tuhan, maka kita akan sungguh-sungguh menjalani panggilan-Nya. Seperti yang tertulis dalam Kolose 3:23 yang mengatakan “Apapun yang kamu perbuat, perbuatlah untuk Tuhan, bukan untuk menusia”. Bila kita telah dipercayakan Tuhan untuk melayani, maka lakukanlah itu dengan penuh tanggung jawab

Pelayanan merupakan suatu kegiatan untuk mengekspresikan cinta kasih kepada Allah dan sesama. Sebagai bentuk cinta kasih kepada Allah dan sesama, maka kita perlu mengekspresikan dan meresponnya dengan mengambil bagian dalam pelayanan

Bentuk-bentuk Pelayanan Gereja Masa Kini

Adapun beberapa bentuk pelayanan gereja di masa kini, yaitu:

1. Pemimpin pujian (Worship Leader) Pemimpin pujian memiliki tugas membawa jemaat dalam hadirat Tuhan agar jemaat dapat berdiam dan merasakan hadirat Tuhan.

2. Singer dan Song Leader Bagi kalian yang suka menyanyi, kalian dapat mengambil bagian dalam pelayanan dengan cara menjadi singer. Singer mendukung suara song leader. Sedangkan Song Leader adalah pemimpin puji-pujian yang berperan mengatur jalannya puji-pujian.

3. Pemusik Bagi kalian yang memiliki kerinduan melayani dalam bidang musik, kalian dapat mengiring puji-pujian melalui alat musik seperti gitar, piano, bass, drum, biola, dan lain sebagainya.

4. Petugas Kolektan Petugas Kolektan memiliki tugas mengumpulkan persembahan di setiap ibadah.

5. Pelayanan Paduan Suara Paduan suara merupakan sekelompok orang yang senang bernyanyi yang terdiri dari suara sopran, alto, tenor, dan baritone.

6. Petugas Multimedia Multimedia merupakan salah satu sarana yang penting dalam upaya mendukung Kelancaran ibadah. Multimedia menggunakan teknologi sebagai media komunikasi dan interaksi secara maksimal dan tepat guna.

7. Pelayanan Sosial Pelayanan sosial merupakan suatu pelayanan yang tanggap terhadap setiap permasalahan dan suatu tindakan nyata yang digerakkan karena mengasihi Allah dan sesamanya.

8. Pelayanan Doa Syafaat Pelayanan doa syafaat memiliki tugas mendoakan orang lain termasuk di dalamnya mendoakan bangsa dan negara dan mendoakan umat beragama lain.

Peran Remaja Kristen dalam Pelayanan

Remaja merupakan masa menuju ke tahap dewasa. Remaja dinilai memiliki pikiran yang kritis dan terbuka dalam menghadapi suatu perubahan yang ada. Remaja sangat memiliki peranan penting dalam perkembangan gereja. Oleh karena itu, waktu yang tepat dalam memulai pelayanan di gereja adalah masa remaja. Dengan ikut berperan dalam pelayanan, remaja akan memiliki banyak pengalaman yang bisa ia peroleh. Berikut peran remaja dalam gereja.

1. Mengambil bagian dalam kegiatan pelayanan gereja Remaja dapat dilibatkan dalam pelayanan gereja sebagai pemain musik, petugas kolekte, singer/pemimpin nyanyian jemaat, dan lain sebagainya. Selain itu, kalian juga dapat dilibatkan sebagai pemimpin pujian di ibadah sekolah minggu serta dapat didorong untuk mengikuti persekutuan dan memimpin persekutuan yang dilakukan di rumah-rumah jemaat. 

2. Sebagai agen penggerak tubuh Kristus yang bertumbuh Sebagai remaja yang telah dibina dan bertumbuh dengan baik, maka akan menghasilkan remaja yang dewasa secara rohani. Kalian bisa diberi tempat untuk ikut memberi masukan bagi perkembangan gereja, misalnya ikut diundang dalam rapat-rapat gereja untuk memberikan ide-ide yang baik bagi kemajuan gereja.

3. Sebagai generasi penerus masa depan gereja Masa remaja dikatakan sebagai masa-masa emas di mana remaja akan menjadi pemimpin dan memberi pengaruh kepada gereja, terutama menjadi teladan bagi remaja-remaja lain.

4. Menjadi saksi Kristus Remaja yang terbentuk atau terbimbing dengan baik dapat diutus menjadi saksi Kristus di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk bertemu dengan remaja lainnya, terutama dalam kemajuan teknologi yang memungkinkan mereka terhubung lebih cepat dengan banyak orang

Remaja dan Masa Depan Gereja

Masa depan fondasi gereja ada pada remaja Kristen. Untuk menghasilkan remaja yang kuat dan teguh, maka remaja akan diperhadapkan dalam berbagai tantangan baik dari luar maupun dalam.

Berikut dibawah ini diuraikan kedua tantangan tersebut.

1. Tantangan dari Luar

a. Teknologi Sebagai remaja yang terkena dampak dari teknologi yang semakin canggih, tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi akan memberi manfaat yang positif dan dampak yang negatif. Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, gereja harus memiliki strategi pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan remaja seperti membuat renungan online yang melalui media sosial, melakukan ibadah PA bersama melalui aplikasi online terutama bagi remaja yang tinggal jauh dari gereja.

b. Lingkungan Lingkungan sosial memegang peranan besar dalam membentuk karakter dan pola hidup remaja. Dalam lingkungan gereja yang nyaman, remaja dapat memiliki komunitas yang berani tampil beda dengan menunjukkan moral, sikap, dan relasi sosial yang mencerminkan nilai-nilai kebenaran firman Tuhan.

2. Tantangan dari Dalam

a. Gereja tidak lagi menjunjung tinggi otoritas Alkitab Dalam perkembangan waktu yang ada, fungsi gereja perlahan-lahan mengalami perubahan, terlihat dari setiap program kegiatan yang lebih banyak melakukan kegiatan sosial dan khotbah yang hanya sekedar menyenangkan telinga jemaat. Karena itu remaja tidak mengalami pengajaran yang berbobot. Gereja perlu mengajar remaja melalui pemuridan untuk memiliki hidup dalam firman Tuhan dan meneladani Kristus.

b. Gereja tidak tanggap terhadap kemajuan teknologi. Di tengah kemajuan teknologi yang semakin canggih, gereja sering merasa bahwa kemajuan teknologi tidak perlu diadopsi sehingga hal tersebut berdampak pada ketidaktertarikan remaja untuk bersekutu.

Sebagai generasi yang melek teknologi, teknologi merupakan salah satu cara yang sangat cocok untuk melibatkan remaja dalam pelayanan gereja seperti menggunakan media sosial atau aplikasi online untuk PA, adanya program membaca Alkitab melalui Alkitab audio, serta membuat tampilan animasi, klip atau video ilustrasi melalui aplikasi online. 

Merancang Proposal Ibadah

Rancanglah sebuah proposal acara ibadah seperti Ibadah Natal, Paskah, Ibadah Rohani Kristen (RohKris) atau yang lainnya dengan isi rancangan proposal sebagai berikut: 1. Judul Acara 2. Tujuan 3. Konsep Acara 4. Tanggal Pelaksana 5. Pembicara 6. Petugas Ibadah 7. Peralatan dan Perlengkapan 

Pertanyaan:

1. Jenis pelayanan apakah yang pernah dilakukan oleh kalian?

2. Perasaan apa yang kalian rasakan ketika kalian melakukan pelayanan tersebut? 

3. Hal apa yang dapat kalian terima dari pelayanan yang kalian lakukan?

Komentar

  1. 1.- beribadah dengan khidmat
    - mengikuti acara pemuda
    - menyanyikan puji-pujian
    2. Mendapatkan ilmu yang banyak. Hal ini dikarenakan saya suka banyak berbicara dengan orang yang lebih tua, tetapi mereka memiliki pandangan anak muda.
    3.1.suka membantu teman
    2.bersikap jujur supaya mempunyai banyak teman
    3.menghormati bapak dan ibu guru
    4.mematuhi semua peraturan sekolah
    5. Tidak membuang sampah sembarangan
    6. Mau mengikuti piket kelas secara bergilir
    7. Selalu mematuhi nasihat guru.
    8. Tidak jajan di sembarang tempat
    9.berteman dengan siapa aja
    10. Tidak ramai saat di kelas

    BalasHapus
  2. 1. Memuji Tuhan
    2. Tentunya saya akan sangat senang karna dapat melayani Tuhan
    3. Menyenangkan hati Tuhan, hidup lebih bahagia, lebih banyak hal positif dalam hidup

    BalasHapus
  3. 1.yaitu pergi ke gereja untuk beribadah dan membaca ayat ayat yang terdapat di alkitab dan mengerjakan berkat tuhan.

    2.hati tenang dan tidak ada perasaan yang tidak enak.

    3.mendapatkan berkat dari tuhan dan mendapat hati yang tenang

    BalasHapus
  4. 1. Bermain musik di gereja yaitu bermain drum

    2. Senang,merasa bahagia karna masih bisa melayani Tuhan, dengan bermain drum saya bisa mengiringi pemain musik,WL,singer, dan jemaat yang lainnya, saya sangat merasa bersyukur.

    3.Seperti yang tertulis dalam Kolose 3:23 yang mengatakan “Apapun yang kamu perbuat, perbuatlah untuk Tuhan, bukan untuk menusia”. Bila kita telah dipercayakan Tuhan untuk melayani, maka lakukanlah itu dengan penuh tanggung jawab, karna itulah saya melayani dengan rasa penuh tanggung jawab dan bahagia.

    BalasHapus
  5. 1.-beribadah setiap hari Minggu
    - mengikuti acara youth camp 2023
    - mengikuti perjamuan Kudus, setiap Minggu pertama.
    2.-mematuhi peraturan
    - menghormati jemaat jemaat lain
    - berteman dengan siapa saja
    3.Oleh karena itu, waktu yang tepat dalam memulai pelayanan di gereja adalah masa remaja. Dengan ikut berperan dalam pelayanan, remaja akan memiliki banyak pengalaman yang bisa ia peroleh. Berikut peran remaja dalam gereja.

    BalasHapus
  6. 1) Pelayanan Doa Syafaat Pelayanan doa syafaat memiliki tugas mendoakan orang lain termasuk di dalamnya mendoakan bangsa dan negara dan mendoakan umat beragama lain.

    2) selalu bersyukur dan menjaga hikmat yang telah diberikan-Nya dan dengan cara itu, kita menaati segala perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya.

    3) mengasihi sesama,
    Menghibur teman yang sedang ada masalah

    BalasHapus
  7. 1. Datang ke gereja beribadah memuji Tuhan membaca Alkitab
    2.banyak. Hal ini dikarenakan saya suka banyak berbicara dengan orang yang lebih tua, tetapi mereka memiliki pandangan anak muda.
    3.3) mengasihi sesama,
    Menghibur teman yang sedang ada masalah

    BalasHapus
  8. 1. Mengikuti Ibadah seperti Natal, Paskah dan Ibadah Rohani
    2. Sayat senang sekali karna mendapatkan mukjizat dari Tuhan Yesus
    3. 1.sayat senang sekali membantu teman .
    2. Saling menghargai satu sama lain .
    4. Mau meyikuti pelayanan.

    BalasHapus
    Balasan

    1. 1. Mengikuti Ibadah seperti Natal, Paskah dan Ibadah Rohani
      2. Sayat senang sekali karna mendapatkan mukjizat dari Tuhan Yesus
      3. 1.sayat senang sekali membantu teman .
      2. Saling menghargai satu sama lain .
      4. Mau meyikuti pelayanan.

      Hapus
  9. 1.-Membawa persembahan
    -Datang kegereja
    -melayani tuhan
    2.senang, bahagia karna dapat pengalaman baru dalam ibadah
    3.1.menjadi lebih baik lagi
    2. mengasihi sesama
    3. saling tolong menolong
    4.menghargai dan menghormati yang lebih tua
    5. mendapat berkat tuhan

    BalasHapus
  10. Bapa:
    -dikasih uang jajan
    -dikasih celana renang baru
    -dikasih sepatu baru
    -dikasih kacamata renang
    -dikasih makan
    -dikasih baju baru
    -di besarin
    -dikasih celana
    -dikasih fin renang
    -dikasih pecel renang

    Mama:
    -dikasih makan
    -dikasih uang jajan
    -dikasih baju baru
    -dikasih celana baru
    -di besarin
    -dikasih sepatu
    -celana renang
    -dikasih baju seragam
    -dikasih sepatu sekolah
    -dikasih dasi
    -jalan² sama mama

    BalasHapus
  11. •Kebanggaan saya kepada mamah:
    1.dia pekerja keras
    2.sangat menyayangi kamu
    3.bisa mengurus aku sampe sebesar ini
    4.bisa masak,masakan yang saya suka
    5.perhatian kepada ku
    6.bisa mengurus aku ketika penyakit saya kambuh
    7.ngatar ke sekolah pagi²
    8.mamah sudah melahirkan saya
    9.selalu mengusahakan yang terbaik untuk saya
    10.masaka sarapan setiap hari

    •Kebanggaan saya kepada papah:
    1.selalu ngasih uang saat saya minta
    2.pekerja keras
    3.suka masak tiba²
    4.sedikit pendiam
    5.kalau saya salah suka di tegur
    6.bisa jadi pemimpin keluarga
    7.menyayangi keluarga
    8.baik hati
    9.ramah pada orang
    10.jarang marah,sekali marah sangat seram

    BalasHapus
  12. Bapa:
    Dikasih uang jajan
    Dikasih kasih sepatu
    Dikasih kacamata renang
    Dikasih Fadel Renang
    Dikasih celana Renang
    Dikasih tas renang
    Dikasih sepatu renang
    Dikasih sepatu olahraga
    Dikasih motor
    Mama:
    Dikasih sepatu sekolah
    Dikasih tas sekolah
    Dikasih uang jajan
    Dikasih baju sekolah
    Dirawatin
    Dikasih baju olahraga
    Dikasih sepatu olahraga
    Dikasih celana Renang
    Dikasih sepatu renang
    Dikasih kacamata renang

    BalasHapus

Posting Komentar