HATI YANG BERSUKACITA | RUMAH DOA KELUARGA - RDK | BERKAT TUHAN

 

Shalom, Berkat hari Kamis: HATI YANG BERSUKACITA

Sukacita adalah suatu bentuk ungkapan perasaan sebagai pandangan hidup dari orang-orang yang selalu memiliki sikap optimis atau pengharapan dalam menghadapi segala situasi hidup

Amsal 17:22 Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

Berdasarkan pengamatan pribadi, obat awet muda paling manjur di dunia adalah hati yang penuh sukacita. Tidak hanya awet muda saja, hati yang sukacita membuat tubuh lebih sehat dan usia lebih panjang. Pernyataan tersebut tidak hanya ditulis Alkitab ribuan tahun lalu, Dr. Shigeo Haruyama dalam bukunya berjudul The Miracle of Endorphin pun membuktikan demikian.

Stres, depresi, gelisah, kecewa, kepahitan, ketakutan, atau kuatir adalah emosi-emosi negatif yang muncul ketika kita merasa dan berpikir bahwa masalah yang kita hadapi lebih besar dari kekuatan kita.

Jika kita tahu bahwa Tuhan senantiasa bersama kita dan janji-Nya kekal untuk kita, maka hati dan pikiran kita tidak akan pernah ada dalam kondisi stres, depresi, takut, atau kuatir. Hati dan pikiran kita akan senantiasa bersukacita menghadapi apa pun. Ketika dokter mengatakan kita sakit, kita dapat berkata, “Wah, ini akan menjadi kesaksian yang hebat.” Ketika perusahaan tempat kita bekerja gulung tikar, kita dapat berkata, “Tuhan pasti sedang mempersiapkan pekerjaan yang jauh lebih baik untuk saya.”

Itu yang terjadi pada Yusuf ketika dia dibuang oleh kakak-kakaknya, lalu dijual sebagai budak, dan dipenjara. Yusuf tetap bersukacita menghadapi semua itu karena dia tahu bahwa Tuhan senantiasa menyertainya (Kejadian 39:2-4). Yusuf tidak stres atau depresi. Yusuf bersukacita. Begitu juga Paulus. Sementara para tahanan lain bersungut-sungut dan menangisi diri, Paulus malah bernyanyi memuji menyembah Tuhan (Kisah Para Rasul 16:24-25).

Hati yang bersukacita memampukan kita melihat hal yang baik di tengah banyaknya keburukan yang terjadi. Hati yang sukacita membuat kita optimis menghadapi kehidupan ini. Sukacita semacam itu tidak dapat dibuat-buat. Sukacita itu hanya datang ketika kita benar-benar mengenal Pribadi Tuhan yang baik dan berpegang kepada janji setia-Nya yang tidak pernah gagal.

Senantiasa isi hati kita dengan Firman Tuhan. Ketika kita sedang sakit hati, ingat lagi kebaikan Tuhan. Kita selalu punya alasan untuk bersukacita di saat kita mengingat perbuatan Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Komentar

  1. Balasan
    1. Amin amin marilah kita bersukacita hilangkan duka yang ada di hati Tuhan memberikan terindah buat kita tetap percaya kepada Tuhan

      Hapus
  2. Amsal 17:22 Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

    BalasHapus
  3. Bersuka citalah dalam segala hal karena Tuhan selalu memyertai kita.Amin.

    BalasHapus
  4. Aminnn.christin simangunsong

    BalasHapus
  5. Senantiasa isi hati kita dengan Firman Tuhan. Ketika kita sedang sakit hati, ingat lagi kebaikan Tuhan. Kita selalu punya alasan untuk bersukacita di saat kita mengingat perbuatan Tuhan.

    Tuhan Yesus memberkati ๐Ÿ™

    BalasHapus
  6. Hati yang bersukacita memampukan kita melihat hal yang baik di tengah banyaknya keburukan yang terjadi.

    Puji Tuhan. Terimakasih untuk renungannya. Tuhan Yesus memberkati๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™
    SHALOM.

    BalasHapus
  7. Rizky putra L Amsal 17:22 Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

    BalasHapus
  8. Tuhan senantiasa bersama kita dan janji-Nya kekal untuk kita, maka hati dan pikiran kita tidak akan pernah ada dalam kondisi stres, depresi, takut, atau kuatir. Hati dan pikiran kita akan senantiasa bersukacita menghadapi apa pun

    BalasHapus
  9. Hati yg bersuka cita mengalahkan masalah kita
    Trimakasih berkatnya Tuhan Yesus memberkati

    BalasHapus
  10. Amiinn..
    Sukacita adalah suatu bentuk ungkapan perasaan sebagai pandangan hidup dari orang-orang yang selalu memiliki sikap optimis atau pengharapan dalam menghadapi segala situasi hidup

    BalasHapus
  11. Yesus selalu ada dalam hidup kita๐Ÿ™

    BalasHapus
  12. Amin. Tuhan itu sungguh baik buat kita Anak-Nya

    BalasHapus
  13. Kita selalu mempunyai alasan untuk bersukacita pada saat kita mengingat setiap perbuatan baik yang Tuhan sudah lakukan dalam kehidupan kita.

    Amsal 17:22 (TB) Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

    BalasHapus
  14. Amsal 17:22 Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang

    BalasHapus
  15. Bersukacilalah dan bersyukur selalu dalam segala hal sebab itulah yang TUHAN INGINNKAN AMEN.

    BalasHapus
  16. Amen, bersukacitalah senantiasa didalam Tuhan

    BalasHapus
  17. Hatiku gembira atau senang merasa cinta sama Tuhan Yesus memberkati kita

    BalasHapus
  18. Yusuf tetap bersukacita menghadapi semua itu karena dia tahu bahwa Tuhan senantiasa menyertainya (Kejadian 39:2-4). Yusuf tidak stres atau depresi. Yusuf bersukacita. Begitu juga Paulus. Sementara para tahanan lain bersungut-sungut dan menangisi diri, Paulus malah bernyanyi memuji menyembah Tuhan (Kisah Para Rasul 16:24-25).

    BalasHapus
  19. Haleluya
    Tuhan yesus sungguh baik dan teramat baik ๐Ÿ™

    BalasHapus
  20. Jika kita tahu bahwa Tuhan senantiasa bersama kita dan janji-Nya kekal untuk kita, maka hati dan pikiran kita akan senantiasa bersukacita menghadapi apa pun.

    BalasHapus
  21. Hati yang bersukacita memampukan kita melihat hal yang baik di tengah banyaknya keburukan yang terjadi. 

    BalasHapus

Posting Komentar