MATA KULIAH PAK - ALKITAB | UNMA

 

ALKITAB

Alkitab merupakan salah satu buku yang paling berpengaruh di dunia. Menjelaskan pertanyaan-pertanyaan besar mengenai kehidupan. Buku ini menginspirasi banyak orang untuk melakukan hal-hal yang besar, sekaligus membuat orang kebingungan untuk memahaminya. Mungkin hal serupa juga terjadi bagi hidup Anda.

Alkitab merupakan sebuah perpustakaan kecil berisi buku-buku yang menuliskan sejarah Bangsa Israel kuno. Jika dibaca sepintas, buku-buku itu seperti kebanyakan buku sejarah lainnya. Namun, jika kita membacanya dengan seksama, kita akan menemukan banyak perbedaan yang menakjubkan dibandingkan buku-buku mengenai sejarah kuno lainnya.

Salah satunya adalah mengenai keberadaan para nabi. Mereka melihat cerita mengenai Bangsa Israel sebagai sesuatu yang supranatural. Mereka melihat Bangsa Israel sebagai bagian penting dari apa yang Tuhan rencanakan bagi seluruh umat manusia. Dan, para nabi itu sangat jenius. 

Mereka pintar dalam menulis narasi dan puisi. Mereka juga sangat ahli dalam menyampaikan metafora dan cerita. Mereka menggunakan semua itu untuk mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan sulit mengenai kematian, kehidupan, dan pergumulan manusia.

Ada begitu banyak penulis di dalam Perjanjian Lama dan semua teks itu diproduksi dalam rentang waktu ribuan tahun. Dimulai dari sejarah awal Bangsa Israel di Mesir, berlanjut pada kisah-kisah kerajaan mereka dan Bait Suci pertama mereka. 

Namun sayangnya, mereka ditaklukkan oleh Kerajaan Babilonia, yang membuat mereka masuk ke dalam pembuangan. Lalu, pada bagian terpenting sejarah mereka, banyak di antara orang Israel yang kembali ke tanah kelahiran mereka dan membangun Bait Suci kedua. Mereka mulai membangun kembali identitas mereka sebagai sebuah bangsa dan pada saat itulah Perjanjian Lama mulai terbentuk.

Di dalam bahasa aslinya, Perjanjian Lama disebut TaNaKh (note: Bahasa Ibrani tidak mengenal huruf hidup/vokal. Huruf hidup ditambahkan supaya kita, yang bukan orang Yahudi, dapat membacanya).

Huruf “T” merupakan kepanjangan dari torah, yang artinya hukum. Semua itu ada di lima buku pertama Perjanjian Lama (Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, dan Ulangan). Huruf kedua “N” kepanjangaan dari nevi’im, yang artinya, para nabi. Pada bagian ini dituliskan sejarah Bangsa Israel dari sudut pandang para nabi. Dan, huruf “K” kepanjangan dari ketuvim, yang artinya adalah kumpulan tulisan. Ini merupakan campuran dari buku berisi puisi (Mazmur, Amsal, dan Ayub), hikmat (Kidung Agung, Ruth, Ratapan, Pengkhotbah, Ester), dan cerita (Daniel, Ezra-Nehemia, 1 dan 2 Tawarikh). Orang-orang Yahudi percaya bahwa melalui semua tulisan itu Tuhan berbicara kepada mereka.

Secara keseluruhan, tulisan-tulisan di dalam Perjanjian Lama menceritakan bagaimana Tuhan bekerja melalui Bangsa Israel untuk membawa perubahan dan keindahan bagi dunia yang kacau. Cerita itu diakhiri dengan dengan sebuah janji bahwa akan datang seseorang yang akan menjadikan segalanya baru. 

Beberapa abad kemudian, lahirlah seseorang bernama Yesus. Dia mengklaim bahwa Dia akan menggenapi Tanakh.

Yesus melakukan banyak hal hebat, lalu Dia mati disalibkan, tetapi para pengikut-Nya bersaksi bahwa Dia bangkit dari kematian.

Mereka mengatakan Yesus adalah seseorang yang telah lama dinantikan yang akan merestorasi dunia. Para pengikut awal Yesus itu dikenal dengan sebuah Para Rasul. Mereka menuliskan banyak kisah mengenai Yesus. Mereka menyebutnya sebagai kabar baik, atau Injil. Mereka juga menulis buku Kisah Para Rasul yang merupakan kumpulan aksi bagaimana mereka menyebarkan kabar mengenai Yesus kepada orang-orang bukan Yahudi sampai ke penjuru dunia.

Para Rasul menulis kisah-kisah itu sebagai bagian (satu kesatuan) dan kelanjutan dari kisah-kisah luar biasa yang ada di dalam Tanakh. Mereka juga percaya bahwa Tuhan berbicara kepada orang-orang yang mengikuti Yesus melalui tulisan-tulisan mereka.

Itulah ringkasan pendek mengenai Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang kita miliki hari ini.

2 Timotius 3:16 – 17 “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”

“Alkitab Adalah Firman Allah”. Kita mengimani dan mengamini bahwa Alkitab Adalah Firman Allah dan standar kehidupan percaya. Bertekunlah dalam membaca Kitab Suci (Alkitab) dan kiranya dapat menjadi pelaku-pelaku Firman dengan tepat dan benar (Yakobus 1:22-25, 2 Timotius 2:15).

Alkitab  adalah kumpulan tulisan-tulisan suci tentang hubungan Allah dengan manusia, dan pernyataan tentang apa yang Allah kehendaki. 

Membaca Alkitab setiap hari membantu terpeliharanya kehidupan Kristen yang bergantung kepada Firman TUHAN. Kebiasaan membaca ALKITAB ini sangat berharga dan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari jika kita mau disiplin melakukannya setiap hari. 

Kita dapat bersyukur karena kita memiliki Firman Tuhan hari ini. Jika kita mengerti betapa ajaibnya proses mengumpulkan Firman Tuhah, ayat demi ayat, kitab demi kitab, menjadi Alkitab, kita pasti akan menghargai Firman Tuhan lebih lagi. 

Pengenalan akan Tuhan bisa kita dapati dengan mengenal diri-Nya melalui firman-firman Tuhan yang terdapat di dalam Alkitab. Alkitab bukanlah buku usang yang ketinggalan jaman dan membosankan. Ada banyak tuntunan hidup dan rahasia-rahasia keselamatan di dalamnya yang mampu membuat kita semakin dekat mengenal pribadi Tuhan. Jangan berhenti hanya sampai membaca, tapi renungkan dan perbuatlah apa yang telah kita baca itu dalam kehidupan nyata.

Alkitab mengajarkan dan membuktikan bahwa Alkitab adalah Firman Allah. Alkitab yang terdiri dari 66 kitab yang ditulis oleh kurang lebih 40 orang yang berasal dari berbagai golongan masyarakat, tingkat pendidikan, sosial dan ekonomi yang berbeda dan dalam situasi yang berbeda serta kebanyakan tidak saling mengenal yang di antara mereka ada raja, perdana menteri, seniman, filsuf, dokter, nelayan, petani, peternak, dan sebagainya dan ditulis dalam tiga bahasa yakni Ibrani, Aramik dan Yunani, dalam jangka waktu perampungan penulisan kurang lebih 1600 tahun. 

Namun ke-66 kitab tersebut merupakan satu kesa­tuan yang mengherankan dan dibalik semua itu ada satu tema pokok yang sama dari semua tulisan itu ialah "Penebusan melalui Kristus". Hal ini dapat terjadi karena Allah yang bekerja. 

Alkitab mengajarkan dan membuktikan bahwa Alkitab adalah Firman Allah. Misalnya pernyataan-pernyataan kepada Musa (Keluaran 14, 16, dll). Kepada Musa Allah memerintahkan untuk menulis (Keluaran 17:14, 34:27). Para penulis Alkitab berkemampuan dan dijamin serta dipercayai dapat memberi kesaksian dan mengajar kebenaran ilahi karena mereka adalah saksi-saksi mata (Kisah 2:32, 1 Korintus 15:5-8, Ibrani 1:1). 

Sejarah dan nubuatan yang digenapi membukti­kan bahwa Alkitab adalah Firman Allah. Nubuatan tentang Tuhan Yesus dalam Perjanjian Lama, tentang kelahiran-Nya, kematian dan kebangkitan-Nya nyata dengan jelas penggenapannya dalam Perjanji­an Baru. Nubuat tentang 4 kekaisaran dunia yaitu akan kejayaan kekuasaan dan kejatuhan kekaisaran Babilonia, Mediparsi, Yunani dan Romawi terbukti benar dalam sejarah dunia, serta keberadaan bangsa Israel dalam kanca sejarah dunia. 

Rasul Paulus mengingatkan akan peranan Alkitab dalam kehidupan percaya seperti yang diuraikan dalam 2 Timotius 3:15-17 dan 1 Timotius 4:13 adalah sebagai berikut:

1) Bahwa Alkitab itu memberi hikmat (menerangi hati dan pikiran untuk menger­ti),

2) Menuntun kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus,

3) Bahwa Alkitab bermanfaat untuk mengajar,

4) Untuk menyatakan kesalahan,

5) Untuk memperbaiki kelakuan,

6) Untuk mendidik orang dalam kebenaran dan,

7) Untuk membangun dan memperlengkapi orang percaya untuk melakukan pekerjaan baik. 

Beberapa istilah yang digunakan untuk menyebut Alkitab, antara lain adalah:

1)     Makanan (Matius 4:4).

2)     Pedang Roh (Efesus 6:17).

3)     Pelita (Mazmur 119:105).

4)     Kitab Suci (2 Timotius 3:15).

5)     Kitab (Mazmur 40:8, Wahyu 22:19).

6)     Torat Tuhan (Mazmur 1:2; Yesaya 30:9).

7)     Kitab Tuhan (Yesaya 34:16).

8)     Kitab Kebenaran (Daniel 10:21). 

Alkitab terdiri dari 2 Perjanjian, 66 kitab, 1189 pasal, 31173 ayat, dan 773692 kata. Banyaknya kitab yang berbeda di dalam Alkitab meliput berbagai topik dan dibuat untuk berbagai kalangan yang berbeda. Kitab-kitab Alkitab dikarang oleh kurang lebih 40 orang di dalam kurun waktu 1500 tahun. Suatu rangkuman atas seluruh Alkitab.

1. Perjanjian Lama

Perjanjian Lama (PL) memuat kitab-kitab yang dituliskan sebelum Yesus lahir. Mayoritas dari kitab-kitab PL ditulis dalam bahasa Ibrani, namun ada juga yang ditulis dalam bahasa Aram (Ezr. 4:8-6:18; 7:12-26; Yer. 10:11; Dan. 2:46-7:28; dan dua kata dalam Kej. 31:47 

Kitab-kitab PL menceritakan Mesias (Kristus) yang akan datang untuk menyelamatkan manusia dari dosa dan mendirikan Kerajaan Allah yang berdasarkan kebenaran dan anugerah. Jumlah kitab dalam PL sebanyak 39 kitab yang tersusun sebagai berikut: 

Kitab-Kitab Taurat
Istilah Taurat berasal dari bahasa Ibrani yang berarti hukum atau instruksi. Kitab-kitab ini menuntun kita untuk dapat mengikuti kisah-kisah selanjutnya dalam Alkitab. Para ahli meyakini bahwa kitab-kitab Taurat ditulis oleh Musa (bnd. Mrk. 7:10.), yaitu: Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan.

Kitab-Kitab Sejarah
Kitab-kitab Sejarah menceritakan: (1) masuknya bangsa Israel ke tanah Kanaan di bawah kepemimpinan Yosua; (2) kehidupan bangsa Israel ditanah Kanaan di bawah hakim-hakim (dan nantinya raja-raja); (3) perpecahan kerajaan Israel menjadi Israel dan Yehuda; (4) kejatuhan dan pembuangan kerajaan Israel dan Yehuda; (5) kembalinya Yehuda dari pembuangan. Yaitu: 
Yosua, Hakim-Hakim, Rut, 1 Samuel, 2 Samuel, 1 Raja-Raja, 2 Raja-Raja, 1 Tawarikh, 2 Tawarikh, Ezra, Nehemia, Ester. 

Kitab-Kitab Puisi dan Hikmat
Kitab-kitab ini berbeda corak sastranya dibanding kitab-kitab lainnya yang umumnya berbentuk narasi (cerita). Di dalamnya kita akan menemukan bentuk puisi Ibrani. Kitab-kitab Hikmat berisi pertanyaan-pertanyaan dan petunjuk-petunjuk praktis seputar kehidupan. Sebagian kitab-kitab Puisi (Ayub, Amsal, Pengkhotbah dan sebagian kitab Mazmur) dapat digolongkan ke dalam kitab-kitab Hikmat. Yaitu: Ayub, Mazmur, Amsal, Pengkotbah, Kidung Agung.
 

Kitab-Kitab Nabi-Nabi Besar
Nabi adalah seseorang yang berbicara atas nama Allah kepada manusia. Oleh sebab itu, kitab-kitab Para Nabi berisi pesan Allah kepada bangsa Israel dan Yehuda. Pembagian ke dalam Nabi-nabi Besar dan Nabi-nabi Kecil dilakukan atas dasar panjang dan pendeknya kitab-kitab tersebut, Yesaya, Yeremia, Ratapan, Yehezkiel, Daniel.
 

Kitab-Kitab Nabi-Nabi Kecil: Hosea, Yoël, Amos, Obaja, Yunus, Mikha, Nahum, Habakuk, Zefanya, Hagai, Zakharia, Maleakhi 

2. Perjanjian Baru

Perjanjian Baru (PB) berisi kitab-kitab yang ditulis setelah Yesus lahir.
Kitab-kitab itu ditulis dengan bahasa Yunani Koine (bahasa Yunani yang umum digunakan pada tahun 300 S.M. hingga 300 M.) Jumlah kitab dalam PB sebanyak 27 kitab yang tersusun sebagai berikut:
 

Kitab-Kitab Injil
Genre/ragam sastra kitab-kitab Injil mirip dengan bios dalam literatur kuno. Agak berbeda dengan biografi modern yang berfokus pada perjalanan hidup, bios berisi peristiwa-peristiwa penting seputar seorang tokoh dan ajarannya. Dalam hal ini, kitab-kitab Injil menceritakan peristiwa-peristiwa penting seputar Yesus
ketika menjalankan misi Bapa-Nya. Yaitu: Matius, Markus, Lukas, Yohanes.

Kitab Sejarah
Kisah Para Rasul menceritakan terbentuknya komunitas Kristen setelah kebangkitan Kristus dan menyebarnya berita Injil dari Yerusalem hingga ke Roma. Kitab ini diyakini sebagai kelanjutan dari kitab Lukas (keduanya ditujukan kepada Teofilus, lih. Luk. 1:1; Kis. 1:1). Yaitu: Kisah Para Rasul.

Surat
Surat-surat ini ditulis oleh Paulus (13 surat dari Roma hingga Filemon), Yakobus dan Yudas (keduanya merupakan saudara Yesus), Petrus, Yohanes, serta seorang penulis surat Ibrani yang tak dikenal. Jika kitab-kitab Injil berfokus pada pelayanan Yesus, surat-surat tersebut berfokus pada pentingnya kematian dan kebangkitan Kristus. Yaitu: Roma, 1 Korintus, 2 Korintus, Galatia, Efesus, Filipi, Kolose,1 Tesalonika, 2 Tesalonika, 1 Timotius, 2 Timotius, Titus, Filemon, Ibrani, Yakobus, 1 Petrus, 2 Petrus, 1 Yohanes, 2 Yohanes, 3 Yohanes, Yudas.

Wahyu
Istilah wahyu berasal dari bahasa Yunani, apocalypsis, yang berarti “wahyu, pernyataan, atau penyingkapan.” Kitab ini berisi wahyu yang diterima Yohanes tentang kekuatan spiritual yang tidak terlihat di balik peristiwa-peristiwa di dunia dan hasilnya. Yaitu: Wahyu.
 

Penulis kitab-kitab
Berikut ini nama-nama kitab sekaligus dengan nama orang yang secara umum dianggap oleh para sarjana Alkitab sebagai penulis kitab tersebut, dan perkiraan tahun penulisan.
 

Kejadian, Keluaran, imamat, Bilangan, Ulangan = Musa – 1400 SM

Yosua = Yosua – 1350 SM

Hakim-Hakim, Rut, 1 Samuel, 2 Samuel = Samuel/Natan/gad – 1000-900 SM

1 Raja-Raja, 2 Raja-Raja = Yeremia – 600 SM

1 Tawarikh, 2 Tawarikh, Ezra, Nehemia = Ezra – 450 SM

Ester = Mordekhai – 400 SM

Ayub = Musa – 1400 SM

Mazmur = beberapa penulis yang berbeda, kebanyakan oleh Daud–1000–400 SM

Amsal, Pengkhotbah, Kidung Agung = Salomo – 900 SM

Yesaya = Yesaya – 700 SM

Yeremia, Ratapan = Yeremia – 600 SM

Yehezkiel = Yehezkiel – 550 SM

Daniel = Daniel – 550 SM

Hosea = Hosea – 750 SM

Yoel = Yoel – 850 SM

Amos = Amos – 750 SM

Obaja = Obaja – 600 SM

Yunus = Yunus – 700 SM

Mikha = Mikha – 700 SM

Habakuk = Habakuk – 600 SM

Zefanya = Zefanya – 650 SM

Hagai = Hagai – 520 SM

Zakharia = Zakharia – 500 SM

Maleakhi = Maleakhi – 430 SM

Matius = Matius – tahun 55

Markus = Yohanes Markus – tahun 50

Lukas = Lukas – tahun 60

Yohanes = Yohanes – tahun 90

Kisah Rasul = Lukas – tahun 65

Roma, 1 Korintus, 2 Korintus, Galatia, Efesus, Filipi, Kolose, 1 Tesalonika, 2 Tesalonika, 1 Timotius, 2 Timotius, Titus, Filemon = Paulus – tahun 50-70

Ibrani = tidak diketahui dengan pasti. Diduga Paulus, Lukas, Barnabas, atau Apolos – tahun 65

Yakobus = Yakobus – tahun 45

1 Petrus, 2 Petrus = Petrus – tahun 60

1 Yohanes, 2 Yohanes, 3 Yohanes = Yohanes – tahun 90

Yudas = Yudas – tahun 60

Wahyu = Yohanes – tahun 90

RINGKASAN PERJANJIAN LAMA :

1. KEJADIAN - Penulis: Musa - Tempat penulisan: Padang Gurun - Ditulis: sekitar tahun 1,450 sM – Gaya penulisan: Catatan berdasarkan sejarah – Ringkasan: Tuhan mencipakan dunia, memberi kita pilihan untuk mengasihi-Nya, dan memulai rencana-Nya untuk memulihkan kita melalui orang pilihan-Nya, Abraham.

2. KELUARAN - Penulis: Musa - Tempat penulisan: Padang Gurun - Ditulis: sekitar tahun 1,450 sM – Gaya penulisan: Kronologi sejarah – Ringkasan: Di Mesir, keturunan Abraham bertumbuh menjadi bangsa Ibrani/ bangsa Israel dan mereka dipimpin untuk Pulang.

3. IMAMAT - Penulis: Musa - Tempat penulisan: Padang Gurun - Ditulis: sekitar tahun 1,450 sM – Gaya penulisan: Kitab tuntunan atau buku petunjuk – Ringkasan: Tuhan memberi tuntunan bagi bangsa Ibrani/ bangsa Israel untuk berbakti dan menyucikan diri agar bertahan dalam perjalanan mereka.

4. BILANGAN - Penulis: Musa - Tempat penulisan: Padang Gurun dan Daratan Moab - Ditulis: sekitar tahun 1,450 sM – Gaya penulisan: Perpaduan berbagai kisah dan catatan harian – Ringkasan: Karena kekurangan iman, bangsa Israel menghabiskan 40 tahun berkeliling di padang gurun.

5. ULANGAN - Penulis: Musa (dan Yosua) - Tempat penulisan: Dataran Moab - Ditulis: sekitar tahun 1,450 sM – Gaya penulisan: Perpaduan kisah dan khotbah – Ringkasan: Musa mengucapkan selamat tinggal, memberikan pelajaran sejarah, dan memberikan beberapa panduang untuk mengasihi dan menyembah Tuhan.

6. YOSUA - Penulis: Yosua, dengan bantuan beberapa orang lainnya - Tempat penulisan: Kanaan - Ditulis: sekitar tahun 1,370 sM – Gaya penulisan: Sebuah kumpulan kronologi dan kisah nyata (kebanyakan cerita perang) – Ringkasan: Orang Israel kembali mendiami tanah mereka setelah 400 tahun terbuang dengan merebutnya dari setiap bangsa yang menguasai kota.

7. HAKIM-HAKIM - Penulis: Samuel - Tempat penulisan: Israel - Tahun penulisan: Tidak diketahui – Gaya penulisan: Kumpulan kisah-kisah nyata – Ringkasan: Orang Israel terorganisasi menjadi sebuah bangsa di tanah sendiri dan dipimpin oleh hakim-hakim.

8. RUT - Penulis: Samuel - Tempat penulisan: Israel - Ditulis: sekitar tahun 1,350 sM – Gaya penulisan: Kisah nyata tentang keluarga Yahudi – Ringkasan: Kisah sebuah keluarga tentang ketetapan Tuhan.

9. 1 SAMUEL - Penulis: Samuel; Gad; Natan - Tempat penulisan: Israel - Ditulis: sekitar akhir abad ke 10 sM Gaya penulisan: Kisah sejarah – Ringkasan: Samuel memimpin Israel mengurapi raja Saul, kemudian mengurapi Raja Daud.

10. 2 SAMUEL - Penulis: Gad; Natan - Tempat penulisan: Israel - Ditulis: sekitar akhir abad ke 10 sM (setelah pemerintahan Raja Daud) – Gaya penulisan: Kisah sejarah – Ringkasan: Kuasa raja Daud dan penderitaan keluarganya.

11. 1 RAJA-RAJA - Penulis: Yeremia - Tempat penulisan: Yehuda dan Mesir - Ditulis: Sekitar 560-550 sM – Gaya penulisan: Kisah sejarah – Ringkasan: raja Salomo memerintah Israel lalu kerajaan terpecah menjadi kerajaan Utara (Israel) dan Selatan (Yehuda).

12. 2 RAJA-RAJA - Penulis: Yeremia - Tempat penulisan: Yehuda dan Mesir - Ditulis: Sekitar 560-550 sM – Gaya penulisan: Kisah sejarah – Ringkasan: Kisah tentang Kerajaan yang terbagi 2: Israel dan Yehuda pada masa Elia dan elisa sebelum dibuang ke negeri asing.

13. 1 TAWARIKH - Penulis: Ezra - Tempat penulisan: Yerusalem (?) - Ditulis: Sekitar 400 sM – Gaya penulisan: Kisah sejarah dan silsilah keturunan – Ringkasan: Kisah sejarah Israel yang dimulai dari pemerintahan Daud sampai pembuangan ke Babel, lebih bersudut pandang rohani daripada politik. 

14. 2 TAWARIKH - Penulis: Ezra - Tempat penulisan: Yerusalem (?) - Ditulis: Sekitar 400 sM – Gaya penulisan: Kisah sejarah – Ringkasan: Kisah sejarah Israel mulai dari Pemerintahan Salomo dampai pembagian kerajaan yang dilihat dari sudut pandang rohani ketimbang sudut pandang politik.

15. EZRA - Penulis: Ezra - Tempat penulisan: Yerusalem - Ditulis: Sekitar 400 sM – Gaya penulisan: Kisah sejarah – Ringkasan: Bani Israel kembali dari pembuangan di Babel dan membangun kembali Bait Allah.

16. NEHEMIA - Penulis: Nehemia - Tempat penulisan: Yerusalem - Ditulis: Sekitar 400 sM – Gaya penulisan: Kisah sejarah – Ringkasan: Lebih banyak lagi orang-orang Ibrani (keturunan Israel) kembali dari Babel dan membangun kembali tembok Yerusalem.

17. ESTER - Penulis: Mordekhai - Tempat penulisan: Syusyan, Elam - Ditulis: Sekitar 500 sM – Gaya penulisan: Kisah tentang seorang Ratu (Esther) – Ringkasan: Orang Ibrani selamat dalam pembuangan di Persia berkat seorang Yahudi yang memenangkan "kontes kecantikan kerajaan" dan dia menjadi Ratu.

18. AYUB - Penulis: Ayub - Tempat penulisan: Padang Gurun - Ditulis: mungkin sekitar tahu 2000 sM – Gaya penulisan: Puisi Ibrani kuno – Ringkasan: Kisah Ayub dan pengajaran tentang kejadian buruk tidak mengubah sifat alami Tuhan.

19. MAZMUR - Penulis: Daud, Asaf, Salono, Musa dan lain-lain - Tempat penulisan: kumpulan dari berbagai tempat - Ditulis: dalam rentang waktu 1400 s/d 500 sM – Gaya penulisan: Puisi dan bait lagu – Ringkasan: Daftar bait lagu penyembahan di Bait Allah dalam Perjanjian Lama.

20. AMSAL - Penulis: Salomo; Agur; Lemuel - Tempat penulisan: Yerusalem - Ditulis: sekitar 950 sM – Gaya penulisan: Kumpulan perkataan hikmat – Ringkasan: Kata-kata penuh hikmat untuk menghadapi kehidupan sehari-hari.

21. PENGKHOTBAH - Penulis: Salomo - Tempat penulisan: Yerusalem - Ditulis: sekitar 900 sM – Gaya penulisan: Literarur kebijaksanaan, yang berarti sebuah pemikiran yang sangat mendalam – sebuah tulisan yang memacu untuk berfikir, terkadang juga disebut puisi – Ringkasan: Aku mempunyai segalanya dan itu tidak ada artinya tanpa Tuhan. Hormat saya, Raja Salomo.

22. KIDUNG AGUNG - Penulis: Salomo - Tempat penulisan: Yerusalem - Ditulis: Sekitar 950 sM – Gaya penulisan: Puisi cinta – Ringkasan: Aku bergairah dalam cinta dan tidak bisa berhenti memikirkan dia. Salomo kekasihmu.

23. YESAYA - Penulis: Yesaya - Tempat penulisan: Yerusalem - Ditulis: Sekitar 700 sM – Gaya penulisan: Kumpulan khotbah dan nubuat – Ringkasan: Perhatikan, Tuhan memiliki rencana besar yang telah berjalan, kita harus terlibat di dalamnya.

24. YEREMIA - Penulis: Yeremia - Tempat penulisan: Yehuda; Mesir - Ditulis: Sekitar 600 sM – Gaya penulisan: Nubuat atau pesan dari Tuhan – Ringkasan: Nubuat atau pesan dari Tuhan [/color] – Ringkasan: Bersiap-siaplah menghadapi konsekuensi kehidupan yang jauh dari Tuhan. Ketahuilah rencana Tuhan tetap pada tempatnya.

25. RATAPAN - Yeremia - Tempat penulisan: Dekat Yerusalem - Ditulis: Sekitar 600 sM – Gaya penulisan: Khotbah dan nubuat dalam bentuk nyanyian duka cita – Ringkasan: Yang kita takutkan menjadi nyata. Dosa telah menghancurkan kita. Hatiku hancur.

26. YEHEZKIEL - Penulis: Yehezkiel - Tempat penulisan: Babilon - Ditulis: Sekitar 550 sM – Gaya penulisan: Khotbah dan nubuat – Ringkasan: Beberapa pengelihatan yang aku lihat dari sudut pandang Tuhan tentang bagaimana menghidupi hidup kita tentang surga.

27. DANIEL - Penulis: Daniel - Tempat penulisan: Babilon - Ditulis: sekitar 550 sM – Gaya penulisan: Kisah, pengelihatan dan nubuat – Ringkasan : Kisah tentang Daniel, seorang yahudi pada masa pembuangan di Babel dan pengelihatannya tentang masa yang akan datang. 

28. HOSEA - Penulis: Hosea - Tempat penulisan: Samaria - Ditulis: Sekitar 700 sM – Gaya penulisan: Kisah Hosea sebagai gambaran hubungan Allah dan umat, kumpulan nubuat – Ringkasan: Efraim, engkau tidak setia kepada Tuhan, seperti seorang pelacur kepada suaminya, berbaliklah!

29. YOEL - Penulis: Yoel - Tempat penulisan: Yehuda - Ditulis: Sekitar 800 sM – Gaya penulisan: Koleksi khotbah – Ringkasan: Karena dosamu, segalanya akan memburuk sebelum menjadi baik. Tetapi suatu hari nanti memang akan membaik.

30. AMOS - Penulis: Amos, nabi Kerajaan Selatan (Yehuda) yang berkhotbah kepada Israel (Kerajaan Utara) - Tempat penulisan: Yehuda - Ditulis: Sekitar 750 sM – Gaya penulisan: Khotbah dan nubuat – Ringkasan: Sesuai standard manusia, kamu kelihatan baik, tetapi menurut standard Tuhan, kamu telah gagal.

31. OBAJA – Penulis: Obaja - Tempat penulisan: Israel - Ditulis: Sekitar 850 sM – Gaya penulisan: Sebuah pengumuman tentang penghakiman – Ringkasan: Perhatan orang edom, Engkau telah mengancam orang Israel, dan sekarang engkau akan berhadapan dengan Tuhan sendiri.

32. YUNUS – Penulis: Yunus - Tempat penulisan:... - Ditulis: Sekitar 750 sM – Gaya penulisan: Kisah nubuat terhadap Niniwe – Ringkasan: Yunus tidak ingin bernubuat kepada daerah yang penuh kejahatan di Niniwe, dan dia dibuang ke dalam perut ikan 3 hari 3 malam.

33. MIKHA - Penulis: Mikha - Tempat penulisan: Yehuda - Ditulis: Sekitar 600 sM – Gaya penulisan: Beberapa khotbah berdasarkan pengelihatan dari Tuhan – Ringkasan: Kita adalah orang yang tidak bermoral dalam segala hal dan sedang menuju kehancuran. Hanya Tuhan yang dapat melepaskan kita dari diri sendiri.

34. NAHUM - Penulis: Nahum - Tempat penulisan: Yehuda - Ditulis: Sekitar 650 sM – Gaya penulisan: sebuah khotbah – Ringkasan: Tidak peduli betapa kuatnya kejahatan, Tuhan akan menyingkirkannya pada waktu yang ditentukan-Nya.

35. HABAKUK - Penulis: Habakuk - Tempat penulisan: Yehuda - Ditulis: Sekitar 600 sM – Gaya penulisan: Sebuah khotbah dalam bentuk tanya-jawab – Ringkasan: Tuhan, mengapa Engkau tidak menghentikan hal buruk yang terjadi?

36. ZEFANYA - Zefanya - Tempat penulisan: Yehuda - Ditulis: Sekitar 630 sM – Gaya penulisan: Sebuah epsan langsung dari Tuhan – Ringkasan: Tuhan akan meminta kita bertanggung jawab atas segala perbuatan kita semuanya.

37. HAGAI - Penulis: Hagai - Tempat penulisan: Yerusalem dibangun kembali - Ditulis: Sekitar 500 sM – Gaya penulisan: Lima khotbah singkat – Ringkasan: Jangan mengabaikan hal paling penting – hubunganmu dengan Tuhan dan Penciptamu!

38. ZAKHARIA - Penulis: Zakharia - Tempat penulisan: Yerusalem dibangun kembali - Ditulis: Sekitar 500 sM – Gaya penulisan: Dua khotbah – Ringkasan: Selesaikan pembangunan Bait Suci dan perbaiki hubunganmu dengan Tuhan. Mesias segara datang!

39. MALEAKHI - Penulis: Maleakhi - Tempat penulisan: Yerusalem dibangun kembali - Ditulis: Sekitar 400 sM – Gaya penulisan: Khotbah dalam bentuk tanya jawab – Ringkasan: Menyembah Tuhan bukanlah tentang melakukan sesuatu untuk mendapat sesuatu, lakukanlah dengan segenap hati. 

RINGKASAN PERJANJIAN BARU :

1.  MATIUS - Penulis: Matius - Tempat penulisan: Palestina - Ditulis: Sekitar tahun 60M – Gaya penulisan: Sebuah narasi silsilah, biografi, kumpulan kisah nyata – Ringkasan: Saudara-saudara Ibrani, Yesus adalah Mesias yang dijanjikan Tuhan melalui para nabi dan inilah kesaksianku tentang sosok Sang Mesias itu. 

2. MARKUS - Penulis: Yohanes Markus, murid Petrus - Tempat penulisan: Roma - Ditulis: Sekitar tahun 55-65 M – Gaya penulisan: Sebuah narasi biografi Yesus Sang Mesias – Ringkasan: Hai bangsa Romawi, Yesus adalah seorang raja yang menghamba. Lihat apa yang Dia lakukan!

3. LUKAS - Penulis: Lukas, teman sepelayanan Rasul Paulus - Tempat penulisan: Kaisarea - Ditulis: Sekitar tahun 60 – 63 M – Gaya penulisan: Sebuah narasi biografi – Ringkasan: Berita yang luar biasa! Yesus adalah Allah tetapi Ia juga manusia sejati. Dia mengerti perjalanan kita!

4. YOHANES - Penulis: Rasul Yohanes saudara Yakobus - Tempat penulisan: Efesus, atau di dekatnya - Ditulis: Sekitar tahun 80-95 M – Gaya penulisan: Profil biografi – Ringkasan: Sungguh benar, Yesus Kristus adalah Tuhan dan Allah.

5.  KISAH PARA RASUL - Penulis: Lukas (orang yang sama yang menulis Injil Lukas) - Tempat penulisan: Roma - Ditulis: Sekitar tahun 65 M – Gaya penulisan: Narasi kronologis pelayanan para rasul – Ringkasan: Gereja mulai dibentuk. Pengobanan Yesus membawa kita bersama Allah. Kabarkan berita ini!

6. ROMA - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Korintus - Ditulis: Sekitar tahun 60 M – Gaya penulisan: Surat penjelasan pengajaran-pengajaran – Ringkasan: Kepada jemaat: satu-satunya cara benar dalam Tuhan adalah melalui iman.

7. 1 KORINTUS - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Efesus - Ditulis: Sekitar tahun 55 M – Gaya penulisan: Surat pengajaran – Ringkasan: Kepada jemaat: Inilah aku. Sekarang, biarkan aku memberi tahu tentang dirimu yang sebenarnya.

8. 2 KORINTUS - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Makedonia - Ditulis: Sekitar tahun 55 M – [color=#BF0000]Gaya penulisan: Surat pribadi kepada jemaat yang digembalakan – Ringkasan: Kepada jemaat: Inilah aku. Sekarang, biarkan aku memberi tahu tentang dirimu yang sebenarnya.

9. GALATIA - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Korintus atau Siria Antiokhia - Ditulis: Sekitar tahun 50 M – Gaya penulisan: Surat instruksi dan penjelasannya – Ringkasan: Kepada jemaat: Anda tidak bisa meraih kasih Allah dengan hanya taat pada peraturan, yang dibutuhkan adalah iman!

10. EFESUS - Penulis: Paulus (di dalam penjara) - Tempat penulisan: Roma - Ditulis: Sekitar tahun 50 M – Gaya penulisan: Surat untuk menguatkan – Ringkasan: Kepada Jemaat: Terimakasih Tuhan yang luar biasa. Kemudian kasihilah sesamamu dengan baik.

11. FILIPI - Penulis: Paulus (di dalam penjara) - Tempat penulisan: Roma - Ditulis: Sekitar tahun 60 M – Gaya penulisan: Surat terima kasih/ pengucapan syukur/ sukacita. – Ringkasan: Kepada jemaat: Mengenal engkau membawa sukacita bagiku. Mengenal Tuhan membawa sukacita bagi kita semua.

12. KOLOSE - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Roma - Ditulis: Sekitar tahun 60 M – [color=#BF0000]Gaya penulisan: Surat koreksi – Ringkasan: Kepada jemaat: iman dalam Kristus sudah cukup. Jangan menambahkan apapun ke dalamnya.

13. 1 TESALONIKA - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Korintus - Ditulis: Sekitar tahun 50 M – Gaya penulisan: Surat instruksi dan penguatan – Ringkasan: Kepada jemaat: Lihatlah ke depan pada kedatangan Kristus.

14. 2 TESALONIKA - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Korintus - Ditulis: Sekitar tahun 50 M – Gaya penulisan: Surat klarifikasi – Ringkasan: Kepada jemaat: Lihatlah ke depan akan kedatangan Kristus, tetapi  tetaplah hidup dengan sungguh-sungguh dan bekerja keras.

15. 1 TIMOTIUS - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Makedonia - Ditulis: Sekitar tahun 65 M – Gaya penulisan: Surat pribadi kepada sang murid – Ringkasan: Saudara Timotius terkasih: Kamu sudah melakukan hal yang baik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat mengenai kepemimpinan sebuah gereja. 

16. 2 TIMOTIUS - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Roma - Ditulis: Sekitar tahun 65 M – Gaya penulisan: Surat pribadi kepada sang murid – Ringkasan: Saudara Timotius yang terkasih: Datanglah segera: Aku tidak tahu berapa lama lagi aku akan disini. Jagalah iman!

17. TITUS - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Makedonia (?) - Ditulis: Sekitar tahun 65 M – Gaya penulisan: Surat instruksi dan pelatuhan – Ringkasan: Titus terkasih: Berikut ini beberapa petunjuk untuk memimpin jemaatmu.

18. FILEMON - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Roma - Ditulis: Sekitar tahun 60 M – Gaya penulisan: Surat rekomendasi – Ringkasan: Filemon terkasih: terimalah Onesimus bukans ebagai seorang pelarian, tetapi saudara seiman.

19. IBRANI - Penulis: Paulus - Tempat penulisan: Roma - Ditulis: Sekitar tahun 70 M – Gaya penulisan: Untuk orang Yahudi di Perjanjian Baru – Ringkasan: Kepada semua orang Kristen Yahudi: Sekarang Kristus telah datang, fokuskan kepadaNya daripada ritual yang menunjuk Anda kepadaNya.

20. YAKOBUS - Penulis: Yakobus (saudara Yesus) - Tempat penulisan: Yerusalem - Ditulis: Sekitar tahun 50 M– Gaya penulisan: Surat Instruksi – Ringkasan: Ya, keselamatan memang karena iman, tetapi iman tanpa perbuatan adalah sia-sia.

21. 1 PETRUS - Penulis: Petrus - Tempat penulisan: Babilon - Ditulis: Sekitar tahun 60 M – Gaya penulisan: Surat pribadi – Ringkasan: Saat ini adalah saat yang sulit. Biarkan imanmu menolongmu untuk bisa bertahan. Jangan lepaskan hanya karena ada permasalahan.

22. 2 PETRUS - Penulis: Petrus - Tempat penulisan: Babilon (?) - Ditulis: Sekitar tahun 65 M – Gaya penulisan: Surat peringatan – Ringkasan: Saat ini adalah saat yang sulit. Pertahankan iman itu menolongmu untuk bertahan.

23. 1 YOHANES - Penulis: Rasul Yohanes - Tempat penulisan: Efesus, atau di dekatnya - Ditulis: Sekitar tahun 90 M – Gaya penulisan: Surat penguatan dan instruksi – Ringkasan: Abaikan ajaran palsu. Hiduplah benat. Saling mengasihi. Ketahuilah Yesus adalah Tuhan dalam daging.

24. 2 YOHANES - Penulis: Rasul Yohanes - Tempat penulisan: Efesus, atau di dekatnya - Ditulis: Sekitar tahun 90 M – Gaya penulisan: Sebuah surat – Ringkasan: Naikkan dagumu dan bukalah hatimu, tetapi tetaplah berjaga-jaga dalam imanmu.

25. 3 YOHANES - Penulis: Rasul Yohanes - Tempat penulisan: Efesus, atau di dekatnya - Ditulis: Sekitar tahun 90 M – Gaya penulisan: Sebuah surat pribadi – Ringkasan: pertahankan pekerjaan yang baik! Aku akan segera ke sana untuk mengatasi gejolak kekuasaan.

26. YUDAS - Penulis: Yudas (saudara Yesus) - Tempat penulisan: Palestina - Ditulis: Sekitar tahun 90 M – Gaya penulisan: Sebuah surat peringatan – Ringkasan: Berhati-hatilah kepada orang yang menggunakan kasih karunia Tuhan sebagai alasan untuk melakukan hal yang tidak bertanggung jawab.

27. WAHYU - Penulis: Rasul Yohanes - Tempat penulisan: Patmos - Ditulis: Sekitar tahun 95 M – Gaya penulisan: Pengelihatan profetik – Ringkasan: Inilah halaman terakhir sejarah dunia – kiamat akan segera datang.

TOTAL STATISTIK

Perjanjian Lama atau Kitab-Kitab Ibrani: 39 kitab, 929 pasal, 23145 ayat, 496485 kata.

Perjanjian Baru atau Kitab-Kitab Yunani Kristen: 27 kitab, 260 pasal, 7957 ayat, 161772 kata.

Alkitab: 66 kitab, 1189 pasal, 31102 ayat, 658257 kata.


Tugas hari ini: (US)

1. Jelaskan pengertian Alkitab disebut firman Tuhan!

2. Tonton video yang ada, sebutkan fakta-fakta Alkitab!

3. Tuliskan 5 Nats Alkitab yang menjelaskan keselamatan!

4. Sebutkan 5  Nats Alkitab hal janji Tuhan yang tertulis di Alkitab untuk kehidupanmu!

5. Tuliskan otobiografi minimal 100 kata salah satu tokoh Alkitab  


Tugas Praktek:

Mengerjakan (baca dan komentar) Berkat Tuhan setiap hari Klik: berkattuhannehemia.blogspot.com

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Komentar

  1. 1. “Alkitab Adalah Firman Allah”. Kita mengimani dan mengamini bahwa Alkitab Adalah Firman Allah dan standar kehidupan percaya. Bertekunlah dalam membaca Kitab Suci (Alkitab) dan kiranya dapat menjadi pelaku-pelaku Firman dengan tepat dan benar (Yakobus 1:22-25, 2 Timotius 2:15). Nubuatan tentang Tuhan Yesus dalam Perjanjian Lama, tentang kelahiran-Nya, kematian dan kebangkitan-Nya nyata dengan jelas penggenapannya dalam Perjanji­an Baru yang membuat alkitab adalah Firman Tuhan.
    2. 1.Alkitab adalah buku paling laris didunia 2.Setiap 50 buku Alkitab terjual setiap menit
    3.Alkitab ditulis oleh lebih dari 40 orang
    yang berbeda dengan berbagai profesi.
    4.Alkitab ditulis dari tiga benua Asia,Afrika
    dan Eropa.
    5.Alkitab ditulis dalam jangka waktu 1500
    tahun
    3. 1. "Sebab demi kasih karunia kamu telah diselamatkan oleh iman; dan itu bukan hasil usaha kamu sendiri, tetapi pemberian Allah." (Efesus 2:8). 2. "Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia ini supaya melalui Dia dunia ini diselamatkan." (Yohanes 3:17). 3. “Aku adalah jalan, kebenaran, dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." (Yohanes 14:6). 4."Karena barangsiapa yang memanggil nama Tuhan akan diselamatkan." (Roma 10:13). 5. Tetapi kepada semua orang yang menerima-Nya, kepada mereka yang percaya dalam nama-Nya, Ia memberikan kuasa supaya menjadi anak-anak Allah." (Yohanes 1:12)
    4. 1. Sebab Aku ini tahu rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan." (Yeremia 29:11) 2. "Tetapi segala yang kamu minta dengan doa, dengan percaya, kamu akan menerima." (Matius 21:22). 3."Aku berfirman demikian kepada kamu, supaya dalam Aku kamu beroleh damai sejahtera. Di dalam dunia kamu mendapat penindasan, tetapi kuatlah hatimu! Akulah yang telah mengalahkan dunia." (Yohanes 16:33). 4. "Dengan hati percayalah manusia itu untuk kebenaran, dan dengan mulut ia mengaku untuk keselamatan." (Roma 10:10). 5. Tetapi Allah kita yang kaya akan segala anugerah, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dikaruniakan-Nya kepada kita dalam Kristus Yesus." (Efesus 2:4-5)
    5. Biarlah saya ceritakan tentang Yusuf, tokoh Alkitab yang terkenal dalam Kitab Kejadian. Yusuf lahir sebagai anak ke-11 dari Yakub, dan ia memiliki 11 saudara. Ia dikenal dengan jubah yang istimewa yang diberikan oleh ayahnya, yang memicu kecemburuan saudara-saudaranya. Yusuf mengalami berbagai ujian dalam hidupnya. Ia dihianati oleh saudara-saudaranya yang melemparkannya ke dalam sumur dan kemudian menjualnya sebagai budak ke Mesir. Di Mesir, Yusuf bekerja sebagai budak di rumah Potifar, dan meskipun menghadapi fitnah, ia tetap setia kepada Allah. Melalui peristiwa yang dramatis, Yusuf naik pangkat dari tawanan menjadi gubernur Mesir. Ia memberikan tafsiran yang tepat terhadap mimpi Firaun tentang kelaparan yang akan datang dan mempersiapkan Mesir untuk menghadapinya. Ketika kelaparan melanda, saudara-saudara Yusuf datang mencari makanan di Mesir tanpa menyadari bahwa mereka berurusan dengan adik laki-laki yang mereka khianati. Yusuf memaafkan mereka dengan tulus dan berkata, "Kamu memang berniat berbuat jahat terhadap aku, tetapi Allah berniat menjadikannya baik untuk memelihara hidup banyak orang" (Kejadian 50:20). Kisah Yusuf menunjukkan bagaimana kesetiaan, ketekunan, dan kemurahan hati dapat membawa seseorang melalui ujian hidup dan mengarah kepada tujuan Allah yang lebih besar.

    BalasHapus
  2. 1. Alkitab adalah kumpulan tulisan-tulisan suci tentang hubungan Allah dengan manusia, dan pernyataan tentang apa yang Allah kehendaki
    "Alkitab Adalah Firman Allah”. Kita mengimani dan mengamini bahwa Alkitab Adalah Firman Allah dan standar kehidupan percaya. Pengenalan akan Tuhan bisa kita dapati dengan mengenal diri-Nya melalui firman-firman Tuhan yang terdapat di dalam Alkitab. Alkitab bukanlah buku usang yang ketinggalan jaman dan membosankan. Ada banyak tuntunan hidup dan rahasia-rahasia keselamatan di dalamnya yang mampu membuat kita semakin dekat mengenal pribadi Tuhan.

    2. Fakta-fakta tentang Alkitab:
    • Alkitab adalah buku paling laris didunia
    • Sekitar 50 Alkitab terjual setiap menit
    • Di RRC dalam setahun terakhir Alkitab terjual sebanyak 350 juta jilid
    • Alkitab ditulis oleh lebih dari 40 orang yang berbeda dengan berbagai profesi
    • Alkitab ditulis dari 3 benua, Asia, Afrika dan Eropa
    • Alkitab ditulis dalam jangka waktu 1500 tahun
    • Kata "Bible" berasal dari bahasa Yunani "Biblia" yang artinya buku -buku
    • Alkitab terdiri dari 66 kitab. 39 perjanjian lama dan 27 perjanjian baru.
    • Alkitab terdiri dari 658.545 katadan membutuhkan waktu lebih dari 70 jam untuk membacanya sampai habis
    • Alkitab terdiri dari 1.189 pasal dan 31.102 ayat. Perjanjian lama ada 929 pasal dan 23.145 ayat, sedangkan perjanjian baru 260 pasal dan 7.957 ayat
    • Alkitab saat ini telah diterbitkan lebih dari 6.000 bahasa
    • Kitab pernjanjian lama ditulis dalam bahasa Ibrani dan pernjanjian baru dalam bahasa Yunani
    • Kitab terpanjang di Alkitab adalah Kitab Mazmur dan kitab terpendek adalah Kitab II Yohanes
    • Mazmur 118 adalah pasal yang terletak persis di tengah Alkitab
    • Ada 594 pasal masing-masing sebelum dan sesudah Mazmur 118
    • Apabila seluruh pasar Alkitab dijumlahkan, di luar Mazmur 118 seluruhnya berjumlah 1.188 pasal
    • Mirip dengan angka 1188, Mazmur pasal 118:8 juga merupakan ayat yang terletak di tengah-tengah Alkitab, bunyinya "Lebih baik percaya kepada Tuhan daripada percaya kepada manusia"
    • Sebelum Mazmur 118, Mazmur 117 adalah pasal terpendek dari Alkitab
    • Setelah masmu 118 Mazmur, 119 adalah pasal terpajang di Alkitab
    • Di Alkitab
    - terdapat 1.260 janji,
    - 6.468 perintah,
    - lebih dari 8.000 prediksi,
    Alkitab juga membuat 3.268 nubuat yang sudah digenapi, 3.140 nubuat yang belum digenapi, dan 3.294 jumlah pertanyaan
    • Terjemahan Alkitab pertama kali ke bahasa Inggris dipelopori oleh John Wycliffe dan diselesaikan oleh John Purvey pada tahun 1.388
    • Pencetakan Alkitab dengan mesin cetak pertama kali dilakukan oleh Johannes Guntenbreg pada 15 Agustus 1.456
    • Kalimat pertama pada Alkitab adalah "Pada Mulanya..."
    • Kata terakhir yang tertulis di Alkitab adalah "Amin"
    • Kalimat "Jangan takut" muncul sebanyak 365 kali dalam Alkitab. Sama jumlahnya dengan hari dalam setahun. Artinya Tuhan ingin kita menjalani hari tanpa ketakutan
    • Kata "Kristen" hanya muncul 3 kali di dalam Alkitab
    • Kata "pujian" dan "sukacita" dalam berbagai bentuknya disebut sebanyak 550 kali di dalam Alkitab
    • Kitab Ester dan Kitab Kidung Agung adalah kitab yang tidak pernah menyebut kata "Tuhan"
    • Kata terpanjang di Alkitab adalah "mahershalalhashbaz" yang ditemukan di Yesaya 8:1
    • Dalam 260 pasal perjanjian baru, Kedatangan Yesus kedua kali ditulis sebanyak 318 kali.

    3. Nats Alkitab tentang keselamatan :
    - Yohanes 10:9 "Akulah pintu; barang siapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput."
    - Yesaya 12:2 "Sesungguhnya, Tuhan adalah keselamatanku; aku akan percaya dan tidak takut, karena Yahweh Tuhan adalah kekuatanku dan mazmurku, Dia telah menjadi keselamatanku.”
    -Efesus 2:8 "Karena oleh kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman. Itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah."
    -Roma 10:9" Sebab jika engkau mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka engkau akan diselamatkan."
    -Roma 10:13" Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan."

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4. Nats Alkitab hal tentang janji Tuhan :
      - Mazmur 25:10 "Segala jalan TUHAN adalah kasih setia dan kebenaran bagi orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan peringatan-peringatan-Nya."
      -Ulangan 11:25 "Tidak ada yang akan dapat bertahan menghadapi kamu: Tuhan , Allahmu, akan membuat seluruh negeri yang kauinjak itu menjadi gemetar dan takut kepadamu, seperti yang dijanjikan Tuhan kepadamu."
      -Yesaya 41:10" janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan."
      -Yesaya 41:10 "janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan."
      -Ulangan 31:8 "Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati."
      -

      5. Tokoh Alkitab: Yeremia
      Yeremia lahir di Anatot, dia adalah seorang keturunan imam, ayahnya yang bernama Hilkia adalah seorang imam juga yang ada di Anatot di tanah Benyamin, itu artinya Yeremia juga adalah seorang imam . Diduga Yeremia adalah keturunan Abyatar seorang imam pada masa pemerintahan raja Daud. yang kemudian dipecat oleh raja Salomo dari jabatannya sebagai imam di Yerusalem dan diasingkan ke tanah miliknya di Anatot Yeremia melayani selama empat puluh satu tahun dan dia melakukan pelayanannya di Yehuda atau kerajaan Israel ketika Israel pecah menjadi dua kerajaan yaitu utara dan selatan dan Yeremia juga sempat melakukan pelayanannya yang singkat di Mesir karena Yeremia ditawan oleh para pemberontak yang kemudian di bawa ke Mesir. Yeremia dipanggil Allah untuk menjadi nabi dimulai pada tahun 627 SM Ketika Allah memanggil Yeremia untuk melakukan tugas pelayanannya, saat itu Yeremia masih sangat muda dan tidak pandai bicara,, hal inilah yang mulanya menjadi alasan bagi Yeremia menolak ketika Allah memanggilnya. Tetapi Allah meyakinkan Yeremia untuk melakukan atau mengerjakan tugas yang Allah berikan untuknya yaitu menjadi nabi bukan hanya bagi bangsa Israel saja tetapi bagi bangsa-bangsa dan juga atas kerajaan-kerajaan

      Hapus
  3. 1. "Alkitab Adalah Firman Allah”. Kita mengimani dan mengamini bahwa Alkitab Adalah Firman Allah dan standar kehidupan percaya. Bertekunlah dalam membaca Kitab Suci (Alkitab) dan kiranya dapat menjadi pelaku-pelaku Firman dengan tepat dan benar (Yakobus 1:22-25, 2 Timotius 2:15).
    Alkitab adalah kumpulan tulisan-tulisan suci tentang hubungan Allah dengan manusia, dan pernyataan tentang apa yang Allah kehendaki.

    2. Fakta Tentang Alkitab
    1. Alkitab adalah buku paling laris di dunia
    2. Sekitar 50 buku Alkitab terjual setiap menit belum termasuk yang di download ke smartphone atau Laptop
    3. Di RRC dalam seratus tahun terakhir Alkitab terjual sebanyak 350 juta jilid
    4. Alkitab ditulis oleh lebih 40 orang yang berbeda dengan berbagai profesi
    5. Alkitab ditulis dari 3 benua, Asia, Afrika dan Eropa
    6.Alkitab ditulis dalam jangka waktu 1500 tahun
    7. Kata Bible berasal dari bahasa Yunani "biblia" Yang artinya buku buku
    8. Alkitab terdiri dari 66 Kitab 39 Kitab perjanjian Lama dan 27 Kitab perjanjian Baru
    9. Alkitab terdiri dari 658.545 kaya yang membutuhkan waktu lebih dari 70 jam untuk membacanya sampai habis
    10. Alkitab terdiri dari 1.189 dan 31.102 ayat perjanjian Lama ada 929 pasal dan 32.145 ayat sedangakan perjanjian Baru ada 260 Pasal dan 7.957 ayat.
    11. Alkitab saat ini telah fi terjemahkan ke lebih dari 6000 bahasa
    12. Kitab perjanjian Lama ditulis dalam dalam bahasa Ibrani dan perjanjian Baru dari dalam bahasa Yunani
    13. Kitab terpanjang dalam Alkitab adalah Kitab Mazmur dan kitab terpendek adalah 2 Yohanes
    14. Mazmur 118 adalah pasal yang terletak persis di tengah Alkitab
    15. Ada 594 pasal masing-masing sebelum dan sesudah Mazmur 118
    16 Apabila seluruh pasal Alkitab dijumlahkan, diluar Mazmur 118, dan seluruhnya berjumlah 1188 pasal
    17. Mirip dengan angka 1188, Mazmur pasal 118:8 juga merupakan ayat yang terletak di tengah-tengah Alkitab bunyinya: lebihh baik berlindung pada Tuhan dari pada percaya kepada manusia
    18. Sebelum Mazmur 118, Mazmur 117 adalah pasal terpendek dari Alkitab
    19. Setelah Mazmur 118, Mazmur 119 adalah pasal terpanjang di Alkitab
    20. Di Alkitab
    - Terdapat 1.260 janji,
    - 6.486 perintah,
    - Lebih dari 8000 Prediksi,
    Alkitab juga membuat 3.268 nubuat yang sudah digenapi, 3.140 nubuat yang belum di genapi dan 3.294 jumlah pertanyaan
    21. Terjemahan Alkitab pertama kali ke bahasa Inggris dipelopori oleh John Wychliffe pada tahun 1388
    22. Pencetakan Alkitab dengan mesin cetak pertama kali oleh Johannes Gutenberg pada 15 Agustus 1956
    23. Kalimat pertama di Alkitab adalah " Pada mulanya
    24. Kata terakhir yang tertulis di Alkitab adalah "Amin"
    25. Kalimat jangan takut muncul sebanyak 365 kali di dalam Alkitab sama jumlahnya dengan hari dalam setahun artinya Tuhan ingin kita menjalani setiap hari tanpa ketakutan
    26. Kata Kristen hanya muncul 3 kali dalam Alkitab
    27 Kata "pujian" Dan "sukacita" Dalam berbagai bentuknya di sebut 550kali di dalam Alkitab
    28. Kitab Ester dan Kitab Kidung Agung adalah kitab yang tidak pernah menyebut kata Tuhan
    29. Kata terpanjang di Alkitab adalah "Mahershalalhashbaz" Yang di temukan di Yesaya 8:1
    30. Dalam 260 pasal di Perjanjian Baru, kedatangan Yesus kedua kali di tulis sebanyak 318 Kali berarti lebih banyak janji kedatangan-Nya yang kedua kali di banding jumlah pasal perjanjian baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3.Nats Alkitab tentang Keselamatan
      • Yohanes 10:9
      Akulah pintu; barang siapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.
      • Yohanes 3:36
      Barang siapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barang siapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.
      • Yehezkiel 36:26
      Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.
      • Filipi 3:20
      Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat
      • Mazmur 62:8

      4. Nats Alkitab Hal Janji Tuhan
      • Filipi 4:19
      Dia akan selalu memenuhi segala keperluanmu
      • Filipi 4:6
      Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur
      • Matius 28:20
      Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.
      • Yesaya 40:31
      Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.
      • Yesaya 40:29
      Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

      5. Otobiografi tokoh Alkitab
      Abraham
      Sepanjang hidupnya Abraham setia mengikuti Tuhan Ia tidak pernah meninggalkan atau menyimpang dari jalan jalannya, Abraham juga tetap setia menantikan janji Tuhan dalam hidupnya walaupun Abraham menunggu kelahiran anaknya Ishak selama 25 tahun ia menantinya dengan setia. Beberapa tahun kemudian, Tuhan mengetes kesetiaan dan kepatuhan Abraham untuk mempersembahkan Ishak kepada Tuhan dengan taat Abraham mempersembahkan Ishak kepada Tuhan, tetapi sesaat akan mempersembahkan Ishak di puncak terdengar suara Tuhan untuk menghentikannya, maka terbukti bahwa Abraham sangat setia kepada Tuhan. Secara keseluruhan hidup Abraham berkenan kepada Tuhan sehingga ia di sebut sebagai Bapak orang beriman dan orang yang setia sampai akhir hidupnya dalam mengikuti Tuhan.

      Hapus
  4. 1).Alkitab adalah firman Allah dalam bentuk tulisan yang kualitasnya sama dengan firman Allah yang verbal. Karena Alkitab adalah Firman Allah, maka Alkitab memiliki natur Supranatural (kekal, ilahi, dll). Tetapi dalam proses mewujudkan Firman yang kekal ini, Allah memilih cara yang natural atau alamiah
    2.2.2:15). Nubuatan tentang Tuhan Yesus dalam Perjanjian Lama, tentang kelahiran-Nya, kematian dan kebangkitan-Nya nyata dengan jelas penggenapannya dalam Perjanji­an Baru yang membuat alkitab adalah Firman Tuhan.
    2.) 1.Alkitab adalah buku paling laris didunia 2.Setiap 50 buku Alkitab terjual setiap menit
    3.Alkitab ditulis oleh lebih dari 40 orang
    yang berbeda dengan berbagai profesi.
    4.Alkitab ditulis dari tiga benua Asia,Afrika
    dan Eropa.
    5.Alkitab ditulis dalam jangka waktu 1500
    tahun
    3. 1. "Sebab demi kasih karunia kamu telah diselamatkan oleh iman; dan itu bukan hasil usaha kamu sendiri, tetapi pemberian Allah." (Efesus 2:8). 2. "Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia ini supaya melalui Dia dunia ini diselamatkan.
    3.1. Yohanes 3:36

    Barang siapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barang siapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.

    2. Yohanes 10:9

    Akulah pintu; barang siapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.

    3). Yesaya 57:15

    Sebab beginilah firman Yang Mahatinggi dan Yang Mahamulia, yang bersemayam untuk selamanya dan Yang Mahakudus nama-Nya: "Aku bersemayam di tempat tinggi dan di tempat kudus tetapi juga bersama-sama orang yang remuk dan rendah hati, untuk menghidupkan semangat orang-orang yang rendah hati dan untuk menghidupkan hati orang-orang yang remuk."

    4. Yesaya 52:7

    Betapa indahnya kelihatan dari puncak bukit-bukit kedatangan pembawa berita, yang mengabarkan berita damai dan memberitakan kabar baik, yang mengabarkan berita selamat dan berkata kepada Sion: "Allahmu itu Raja!"

    5. Yehezkiel 36:26

    Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat

    4).1. Yeremia 29:11
    Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan."

    2. Mazmur 32:8
    "Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu."

    3. Mazmur 37:37
    "Perhatikanlah orang yang tulus dan lihatlah kepada orang yang jujur, sebab pada orang yang suka damai akan ada masa depan."

    4. Roma 8:32
    "Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?"

    5. Amsal 23:17-18
    Janganlah hatimu iri kepada orang-orang yang berdosa, tetapi takutlah akan Tuhan senantiasa. Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang."

    5).Salah satu tokoh Alkitab yang sangat terkenal adalah raja Daud. Daud adalah putra Isai dari suku Yehuda dan merupakan raja Israel yang kedua. Ia terkenal karena kisahnya yang penuh liku-liku, termasuk kisah ketika ia membunuh raksasa Goliat dengan hanya menggunakan sebatang katapel dan batu. Daud juga dikenal sebagai seorang musisi dan penyair yang terkenal, dan banyak dari nyanyiannya tercatat dalam kitab Mazmur di Alkitab. Meskipun ia melakukan kesalahan besar dalam hidupnya, seperti ketika ia berzina dengan istri orang dan membunuh suami, Daud tetap dianggap sebagai tokoh penting dalam sejarah Israel dan menjadi leluhur Yesus Kristus

    BalasHapus
  5. 4). 1 Petrus 2:24 - Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

    Yakobus 1: 2-3 - Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.

    Roma 8:28 - Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

    Yakobus 1: 5 - Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, —

    Yohanes 16:33 - Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit —, maka hal itu akan diberikan kepadanya.

    5).Ayub identik dengan sebutan orang benar dan adil. Dia diperkirakan sudah tinggal di Babel 600 tahun SM. Dalam kitab Ayub tidak disebutkan tentang Yerusalem atau Raja Israel. Jadi kemungkinan kisah ini ada sebelum Raja Daud. Dalam kitab itu juga tidak menyebutkan nama Musa, 10 perintah Allah atau sejarah yang ditulis oleh Musa. Ini menunjukkan kalau Ayub sudah ada sebelum Musa.Jadi bisa diperkirakan bahwa Ayub berasal dari zaman patriarki Abraham, Ishak dan Yakub. Ada petunjuk lain yang mendukung teori ini. Contohnya, kekayaan dari Ayub diukur dari banyaknya ternak dan budak bukan emas dan uang. Ini memang terjadi di zaman Abraham, tetapi kemudian beralih ke koin karena lebih umum.

    Ayub juga berperan sebagai Imam dalam keluarganya, dimana disebutkan bahwa ia membakar persembahan seperti kebiasaan Abraham, Ishak dan Yakub.

    Tapi di tengah kehidupan nyaman dan memiliki segalanya, tiba-tiba Tuhan mengizinkan Ayub kehilangan segalanya. Dia harus kehilangan semua harta bendanya, kehilangan anak istri serta tubuhnya secara fisik mengalami penyakit kusta. Ayub pasti benci sekali kepada Tuhan setelah mendapati semua yang dia terima. Tapi luar biasanya, dia malah memuji Tuhan. Walaupun iblis menyerang Ayub, dia tetap memuji Allah. Imannya tidak didasari dari hal-hal yang baik dalam hidupnya. Iman Ayub tulus kepada Allah.

    'Tetapi aku tahu: Penebusku hidup, dan akhirnya Ia akan bangkit di atas debu. Juga sesudah kulit tubuhku sangat rusak, tanpa dagingku pun aku akan melihat Allah, yang aku sendiri akan melihat memihak kepadaku; mataku sendiri menyaksikan-Nya dan bukan orang lain. Hati sanubariku merana karena rindu.' (Ayub 17: 25-27)

    BalasHapus
  6. Nama : Lestari Nababan
    1).Alkitab adalah sumber iman dan kebenaran yang diilhamkan secara langsung oleh Allah. Alkitab juga merupakan Firman Tuhan yang berkuasa karena Roh Kudus yang menuntun setiap penulisnya dalam menulis kitabnya masing-masing.
    Alkitab merupakan sebuah perpustakaan kecil berisi buku-buku yang menuliskan sejarah Bangsa Israel kuno. Jika dibaca sepintas, buku-buku itu seperti kebanyakan buku sejarah lainnya. Namun, jika kita membacanya dengan seksama, kita akan menemukan banyak perbedaan yang menakjubkan dibandingkan buku-buku mengenai sejarah kuno lainnya.
    2). -Alkitab adalah buku paling laris didunia
    -Setiap 50 buku Alkitab terjual setiap menit
    -Alkitab ditulis oleh lebih dari 40 orang
    yang berbeda dengan berbagai profesi.
    -Alkitab ditulis dari tiga benua Asia,Afrika
    dan Eropa.
    3).• Yehezkiel 36:26
    Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.
    • Filipi 3:20
    Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat
    •Yohanes 10:9
    Akulah pintu; barang siapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.
    •1 Petrus 2:24 - Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.
    •Yohanes 3:36
    Barang siapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barang siapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.
    4).Nats Alkitab Hal Janji Tuhan
    • Filipi 4:19
    Dia akan selalu memenuhi segala keperluanmu
    • Filipi 4:6
    Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur
    • Matius 28:20
    Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.
    • Yesaya 40:31
    Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.
    • Yesaya 40:29
    Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.
    5).Abraham
    Sepanjang hidupnya Abraham setia mengikuti Tuhan Ia tidak pernah meninggalkan atau menyimpang dari jalan jalannya, Abraham juga tetap setia menantikan janji Tuhan dalam hidupnya walaupun Abraham menunggu kelahiran anaknya Ishak selama 25 tahun ia menantinya dengan setia. Beberapa tahun kemudian, Tuhan mengetes kesetiaan dan kepatuhan Abraham untuk mempersembahkan Ishak kepada Tuhan dengan taat Abraham mempersembahkan Ishak kepada Tuhan, tetapi sesaat akan mempersembahkan Ishak di puncak terdengar suara Tuhan untuk menghentikannya, maka terbukti bahwa Abraham sangat setia kepada Tuhan. Secara keseluruhan hidup Abraham berkenan kepada Tuhan sehingga ia di sebut sebagai Bapak orang beriman dan orang yang setia sampai akhir hidupnya dalam mengikuti Tuhan.

    BalasHapus
  7. 1.Alkitab adalah kumpulan tulisan-tulisan suci tentang hubungan Allah dengan manusia, dan pernyataan tentang apa yang Allah kehendaki
    "Alkitab Adalah Firman Allah”. Kita mengimani dan mengamini bahwa Alkitab Adalah Firman Allah dan standar kehidupan percaya. Pengenalan akan Tuhan bisa kita dapati dengan mengenal diri-Nya melalui firman-firman Tuhan yang terdapat di dalam Alkitab. Alkitab bukanlah buku usang yang ketinggalan jaman dan membosankan. Ada banyak tuntunan hidup dan rahasia-rahasia keselamatan di dalamnya yang mampu membuat kita semakin dekat mengenal pribadi Tuhan.

    2.Fakta-fakta tentang Alkitab:
    • Kitab terpanjang di Alkitab adalah Kitab Mazmur dan kitab terpendek adalah Kitab II Yohanes
    • Mazmur 118 adalah pasal yang terletak persis di tengah Alkitab
    • Ada 594 pasal masing-masing sebelum dan sesudah Mazmur 118
    • Apabila seluruh pasar Alkitab dijumlahkan, di luar Mazmur 118 seluruhnya berjumlah 1.188 pasal
    • Pencetakan Alkitab dengan mesin cetak pertama kali dilakukan oleh Johannes Guntenbreg pada 15 Agustus 1.456
    • Kalimat pertama pada Alkitab adalah "Pada Mulanya..."
    • Kata terakhir yang tertulis di Alkitab adalah "Amin"

    3.Nats Alkitab tentang Keselamatan
    • Yohanes 10:9
    Akulah pintu; barang siapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.
    • Yohanes 3:36
    Barang siapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barang siapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.
    • Yehezkiel 36:26
    Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.
    • Filipi 3:20
    Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat

    BalasHapus
  8. 4.Nats Alkitab hal tentang janji Tuhan :
    - Mazmur 25:10 "Segala jalan TUHAN adalah kasih setia dan kebenaran bagi orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan peringatan-peringatan-Nya."
    -Ulangan 11:25 "Tidak ada yang akan dapat bertahan menghadapi kamu: Tuhan , Allahmu, akan membuat seluruh negeri yang kauinjak itu menjadi gemetar dan takut kepadamu, seperti yang dijanjikan Tuhan kepadamu."
    -Yesaya 41:10" janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan."
    -Yesaya 41:10 "janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan."
    -Ulangan 31:8 "Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati."

    BalasHapus
  9. 5.Salah satu tokoh Alkitab yang sangat terkenal adalah raja Daud. Daud adalah putra Isai dari suku Yehuda dan merupakan raja Israel yang kedua. Ia terkenal karena kisahnya yang penuh liku-liku, termasuk kisah ketika ia membunuh raksasa Goliat dengan hanya menggunakan sebatang katapel dan batu. Daud juga dikenal sebagai seorang musisi dan penyair yang terkenal, dan banyak dari nyanyiannya tercatat dalam kitab Mazmur di Alkitab. Meskipun ia melakukan kesalahan besar dalam hidupnya, seperti ketika ia berzina dengan istri orang dan membunuh suami, Daud tetap dianggap sebagai tokoh penting dalam sejarah Israel dan menjadi leluhur Yesus Kristus

    BalasHapus

Posting Komentar