PAK Kelas 7 - 2023 | Roh Kudus Memperbarui Hidup Orang Beriman - Bab 4

 


Roh Kudus Memperbarui Hidup Orang Beriman
 

Baca Alkitab: Yohanes 14:26; Kisah para Rasul 1:8 

Roh Kudus adalah penopang hidup orang beriman. Roh Kudus menggerakkan hati manusia untuk berubah dan memperoleh pembaharuan. Dalam proses itu, manusia harus memberi dirinya Untuk dituntun oleh Roh Kudus sebagaimana nampak dalam ciriciri orang yang diperbarui oleh Roh Kudus, sebagai remaja Kristen yang duduk dibangku SMP kelas VII, kalian membutuhkan topangan Roh Kudus agar tidak terombang-ambing oleh godaan kehidupan yang amat beragam. 

Proses perubahan dan pembaharuan tidak akan terjadi jika manusia tidak memberi diri untuk dituntun oleh Roh Kudus. Sentuhan Roh Kudus tidak selalu dalam bentuk keajaiban yang spektakuler. Hal itu bisa terjadi dalam cara yang sederhana. Misalnya, ketika kalian tergerak untuk belajar dengan tekun, ketika kalian tergerak untuk menolong sesama yang membutuhkan pertolongan, ketika sebagai remaja kalian tidak membalas perbuatan bullying dengan tindakan kekerasan yang sama. 

Ciri-Ciri Orang yang Diperbarui Oleh Roh Kudus

1. Mampu bertahan menghadapi godaan. Orang yang dipenuhi oleh kuasa Roh Kudus tidak mudah untuk dipengaruhi dan digoda oleh bermacammacam tawaran kejahatan. Mereka setia pada ajaran imannya.

2. Setia membaca Alkitab, berdoa, dan beribadah. Orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus menjadikan kegiatan membaca Alkitab, berdoa, dan beribadah sebagai kebutuhan utama dalam hidupnya. Mereka tidak akan mengabaikan asupan makanan rohani dalam hidupnya.

3. Mengerti apa yang menjadi kehendak Allah. Melalui kesetiaan membaca Alkitab, berdoa dan beribadah, seseorang mengasah ketajaman imannya untuk mampu memahami kehendak Allah dalam hidupnya. Alkitab menulis bahwa Roh akan memimpin orang beriman untuk memahami kebenaran yang sejati.

4. Selalu mengucap syukur dalam segala keadaan. Orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus selalu tergerak untuk mengucap syukur dalam segala sitausi hidupnya, waktu susah maupun senang, waktu sehat maupun sakit, waktu bahagia maupun sedih. Untuk bagian ini kemungkinan siswa akan bertanya pada guru, mengapa saya harus mengucap syukur ketika saya ditimpa kemalangan ataupun kesedihan? Ada beberapa alasan kita mengucap syukur: (a) mengucap syukur adalah kehendak Allah supaya umat-Nya senantiasa mengucap syukur, (b) mengucap syukur mendatangkan kelegaan dalam hidup bahwa kita paham bahwa hidup kita berada dalam tangan Allah Sang Pengasih,

(c) mengucap syukur baik bagi kesehatan mental kita. Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa orang yang selalu mengucap syukur dalam hidupnya memiliki kepasrahan dan keikhlasan dalam menghadapi setiap persoalan hidup. Ucap syukur akan menghancurkan energi negatif dalam diri manusia sehingga muncul rasa optimis hal ini penting bagi kesehatan mental. Dengan demikian, kesehatan mental yang baik menunjang kesehatan isik sebagaimana semboyan “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”.

5. Rendah hati dan tidak sombong. Berbagai bacaan yang kita pelajari umumnya menulis bahwa kesombongan mendatangkan banyak kerugian dalam diri manusia. Orang sombong akan dijauhi oleh banyak orang, umumnya orang sombong hanya peduli pada kepentingan dirinya sendiri, ingin dipuji, dan disanjung, sebaliknya orang yang rendah hati akan memperoleh simpati dari banyak orang juga rasa hormat dan kasih. Orang yang rendah hati memahami bahwa semua yang ia miliki berasal dari Tuhan, karena itu tidak perlu bersikap sombong.

6. Menerima dan menghargai semua orang tanpa kecuali. Orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus akan menghargai semua manusia tanpa memandang latar belakang. Ciri-ciri tersebut diatas tentu masih dapat diperdalam lagi, ciri-ciri ini mengacu pada Efesus 5:18 


Tugas hari ini

1. Siapakah Roh Kudus itu? Apa yang kamu ketahui tentang Roh Kudus?

2. Dari ciri-ciri orang yang diperbaharui Roh Kudus, manakah yang sudah ada dalam dirimu dan manakah yang belum?

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Jawaban nomor 1 - 2 :

    1.roh Kudus adalah penopang hidup orang beriman.roh Kudus menggerakkan hati manusia untuk berubah dan memperoleh pembaharuan.

    2. yang sudah ada dalam diri saya yaitu : selalu mengucap syukur,rendah hati,mengerti apa yang menjadi kehendak Allah,setia membaca Alkitab dan menerima dan menghargai semua orang tanpa kecuali.
    yang belum saya ada dalam diri saya : bertahan menghadapi godaan iblis.

    BalasHapus
  3. Roh Kudus adalah penopang hidup orang beriman. Roh Kudus menggerakkan hatipembaharun.

    BalasHapus
  4. 1.Roh Kudus adalah penopang hidup orang beriman dan memimpin kita untuk selalu berbuat baik dan bersyukur
    2.Roh Kudus sudah memimpin saya untuk berbuat baik , saling membantu , denger dengaran kepada orangtua dan bertahan dari godaan iblis

    BalasHapus
  5. 1.Roh Kudus adalah penopang hidup orang beriman.

    2.Mengerti apa yang menjadi kehendak Allah.Selalu mengucap syukur dalam segala keadaanMenerima dan menghargai semua orang tanpa kecuali

    BalasHapus

Posting Komentar