PAK Kelas 7 - 2023 | Hidup Manusia dalam Pemeliharaan Allah - Bab 2

 


Hidup Manusia dalam Pemeliharaan Allah

Baca Alkitab: Kejadian 2:15, Mazmur 104:24-30 

Sejarah manusia dan alam lingkungan hidup tidak terlepas dari campur tangan Allah, Ia menciptakan dan Ia memelihara, bahkan juga menyelamatkan dan memperbarui seluruh ciptaan. Setelah Tuhan Allah menciptakan langit dan Bumi (Kej 1:1), Ia tidak meninggalkan dunia berjalan sendiri. Sebaliknya, Ia terus terlibat di dalam kehidupan umat-Nya dan tetap memelihara ciptaan-Nya. Tindakan pemeliharaan Allah terhadap manusia dan ciptaan lainnya berlangsung sepanjang masa. 

Sejak semula ketika menciptakan alam semesta dan segala makuluk yang ada di dalamnya, Alkitab memberi kesaksian bahwa Allah melihat semuanya itu baik. Segalanya diciptakan untuk saling mengisi dan saling menopang. Ia menciptakan lautan, daratan, sungai, kemudian baru tumbuhan dan hewan yang hidup di tempat-tempat itu. Jadi, Ia menyediakan wadah untuk bertumbuh, barulah makhluknya. Ia juga memelihara semua yang diciptakan-Nya. Ketika Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, Ia mencari dan menyelamatkan mereka. 

Beberapa Bukti Pemeliharaan Allah Terhadap Seluruh Ciptaan

a. Allah menempatkan manusia di Taman Eden dan menyediakan segala sesuatu bagi mereka supaya mereka dapat mengembangkan kehidupannya. Untuk menjamin keberlangsungan hidup manusia, Ia menugaskan manusia untuk merawat, menjaga, serta memelihara alam. Namun, manusia memberontak dan melawan Allah.

b. Setelah peristiwa air bah, Allah tidak hanya menyelamatkan Nuh dan keluarganya, tapi Ia juga menyelamatkan hewan dan tumbuhan yang ikut dibawa Nuh dalam bahtera (kapal). Ia minta Nuh membawa masingmasing satu pasang hewan supaya hewan-hewan itu tidak punah.

c. Hingga masa kini, kita dapat saksikan, meskipun ada berbagai bencana di berbagai tempat, namun kehidupan alam semesta dan manusia terus berlanjut. Namun, kenyataan ini bukanlah alasan bagi manusia untuk terus merusak kehidupan sesama manusia dan alam lingkungan hidup. Justru kenyataan ini mendorong manusia untuk lebih menunjukkan tanggung jawabnya untuk menjaga kehidupan manusia itu sendiri. 

Aspek-aspek Pemeliharaan Allah

1. Ia memenuhi segala keperluan kita.

2. Allah peduli pada setiap detail hidup kita.

3. Pelestarian.

4. Allah mengendalikan dunia. 


Tugas Hari ini:

1. Menurut pendapatmu, apa arti hidup ini? Apakah kamu percaya bahwa Allah memelihara manusia dan seluruh ciptaan? Jika kamu menjawab “ya, saya percaya”, maka tuliskan alasan kamu menjawab “ya”. Apabila kamu menjawab “tidak percaya”, maka tuliskan alasan kamu menjawab “tidak percaya”!

2. Apa arti Allah memelihara hidup kita? Bagaimana Allah memelihara orangtua, saudara-saudara, dan diri kalian bahkan keluarga besar kalian? Bagaimana sikap yang dapat kalian tunjukan sebagai manusia, sebagai orang beriman yang percaya pada pemeliharaan Allah?

Komentar

  1. 2. Apa arti Allah memelihara hidup kita? Bagaimana Allah memelihara orangtua, saudara-saudara, dan diri kalian bahkan keluarga besar kalian? Bagaimana sikap yang dapat kalian tunjukan sebagai manusia, sebagai orang beriman yang percaya pada pemeliharaan Allah?

    BalasHapus

Posting Komentar