PAK KELAS 11 - 2023 | Menjadi Ciptaan Baru - Bab 5

 

Menjadi Ciptaan Baru

Baca Alkitab: 2 Korintus 5:16–21

Ciptaan baru adalah sebuah respons atas karya Allah yang selalu membutuhkan tindakan yang terus-menerus diperbarui. Setiap orang harus meninggalkan kehidupan lama yang tidak mencerminkan karya Allah, dan memperbaruinya dengan tindakan yang baru, yang menghadirkan tindakan yang di dalamnya karya Allah tampak dalam hidup setiap orang.

Sekarang aku bisa memahami dan mempraktikkan hidup sebagai ciptaan baru. Belajar dari pengalaman umat dalam 2 Korintus 5:16–21, perilaku yang lama yang buruk perlu ditanggalkan dan diganti dengan perilaku hidup baru yang telah diperbarui. Aku mau belajar menjadi pribadi baru yang telah Allah ciptakan dengan sangat baik.

Peristiwa penciptaan oleh Allah sebagaimana digambarkan Kitab Kejadian telah melahirkan pemahaman bahwa penciptaan lahir dari ketiadaan. Kitab Kejadian melukiskan bahwa pada saat itu “bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya” (Kej. 1:2a). Situasi yang digambarkan Kitab Kejadian tersebut melahirkan pemahaman bahwa penciptaan dilakukan dari sesuatu yang tidak ada menjadi ada

Salah satu prioritas hidup manusia sejatinya adalah kualitas hidupnya itu.nKualitas hidup ditentukan melalui tindakan yang tampak, yang diawali dengan kerangka berpikir positif. Kerangka berpikir positif ini membutuhkan upaya yang kuat:

1. Memulai seluruh hidup dengan keyakinan bahwa Tuhan telah menciptakan dan menganugerakan yang terbaik kepada manusia (bdk. Kej. 1:31);

2. Melakukan respons dengan selalu memperbaiki perilaku hidup, selalu berpikir dan bertindak “hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin.

Dua hal di atas perlu menjadi landasan agar setiap manusia memahami bahwa dirinya dihadirkan Allah dengan baik, dan selalu berupaya untuk menjadi lebih baik.

Menjadi ciptaan baru, yakni menata hidup untuk selalu lebih baik. Menjadi ciptaan yang baru adalah kesediaan meninggalkan dan menanggalkan sikap hidup buruk yang lampau, dan menata masa kini dan masa depan dengan semangat untuk selalu menjadi lebih baik

 

Tugas hari ini:

1. Buatlah cerita singkat tentang keluarga yang diperbarui menjadi ciptaan yang baru! (minimal 50 kata)

Komentar

  1. 1.Pada suatu hari yang cerah, keluarga Smith menemukan buku ajaib di toko antik. Mereka tanpa sengaja membaca mantra di dalamnya dan tiba-tiba berubah menjadi ciptaan yang baru. Ayah menjadi pohon, ibu menjadi burung, anak laki-laki menjadi ikan, dan anak perempuan menjadi bunga. Mereka belajar memahami dan berkomunikasi dalam bentuk baru mereka. Keluarga ini akhirnya menemukan kebahagiaan dalam keunikannya, menghargai alam dan cinta keluarga mereka yang tak tergoyahkan, bahkan dalam bentuk yang berbeda.

    BalasHapus
  2. Keluarga Merisa adalah keluarga yang sibuk dan terkadang kurang peduli satu sama lain. Dimana orangtuanya sibuk bekerja dan anaknya sibuk dalam pendidikan mereka. Untuk makan malam saja mereka tidak pernah. Suatu malam, akhirnya mereka dapat berkumpul juga mereka makan malam bersama dan mereka mulai berbincang, mereka mengubah sikap mereka. Ayah menjadi lebih sabar, ibu lebih perhatian, anak-anak lebih penyayang. Mereka mulai menghabiskan lebih banyak waktu bersama, mendengarkan satu sama lain, dan membantu oranglain. Mereka merasa bahwa kasih sayang keluarga sangat penting, saling peduli membantu membangun ikatan emosional yang mendalam antara anggota keluarga, menciptakan rasa keamanan dan dukungan.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Disuatu hari ada sebuah keluarga hidup dengan penuh kekurangan makan saja mereka bingung,dan ayah nya sakit sakitan dan ibu ya harus berusaha untuk menghidupi anak anak nya dan harus terus membayar perobatan ayahnya ,tempat tinggal pun mereka tidak ada anak anak ya juga bingung bagaimana mau melanjutkan sekolahnya karna tidak ada biaya tapi anak anak nya berusaha untuk melanjutkan sekolah. Sesudah pulang sekolah mereka bekerja dan anak anak nya semua lulus sekolah .ayah juga sembuh dari sakit nya ,dan melanjutkan kuliah setelah kuliah mereka bekerja dengan gaji sangat besar dan anak anak nya pun membangun tempat tinggal untuk orang tua dan mereka tidak hidup kekurangan lagi mereka sekarang hidup bahagia

    BalasHapus
  6. Ada sebuah Keluarga yang sederhana, Ibu dan ayahnya hanyalah seorang pedagang. Mereka sangat menginspirasi anak mereka untuk menjadi seorang pekerja keras yang selalu giat dalam melakukan segala sesuatunya. Setiap hari sepulang sekolah anak anak mereka selalu membantu mereka. Walau hampir semua teman anak anak mereka di sekolah orang tuanya pekerja kantoran, menurut mereka tidak ada salahnya dengan ibu dan ayah yang berdagang. Mereka sama gigihnya atau bahkan lebih gigih dari orang lain. Berkat sosok orang tua yang baik, penyayang, dan senantiasa menjadi teladanlah anak anak mereka tumbuh menjadi anak yang rajin, disiplin, sopan, santun, dan selalu menghargai orang-orang di sekitar .
    Keluarga adalah harta yang berharga karena dari kekuarga kita mendapatkan nilai-nilai kehidupan yang tak bisa diperoleh dari orang lain.

    BalasHapus

Posting Komentar