PAK Kelas 11 - 2023 | Kebudayaan dan Iptek sebagai Anugerah Allah - Bab 1

 


Kebudayaan dan Iptek sebagai Anugerah Allah

Baca Alkitab: 1 Korintus 9:19–23; Keluaran 35:30–35; Amsal 1:5

Kebudayaan dan teknologi merupakan anugerah Allah. Keduanya memberi dampak bagi perkembangan hidup manusia. Kebudayaan telah melahirkan nilai dan kultur kehidupan, sedangkan teknologi telah membawa manusia pada temuan-temuan yang patut disyukuri.

Dalam pergulatan iman kristiani, kebudayaan serta ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) merupakan salah satu yang harus disikapi dengan cermat.

Kebudayaan membawa manusia pada aktivitas kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai yang harus disikapi dengan baik. Salah menggunakan nilai budaya, salah pula nilai hidup manusia. Misalnya, orang Kanaan kuno berjumpa dan berkenalan dengan budaya mempersembahan anak kepada Molokh yakni menyerahkan anak untuk dikorbankan menjadi korban bakaran (lihat Imamat 18:21; 2 Raja-raja 23:10; dan Yeremia 32:35).

Budaya ini sangat tua, dan jika diteruskan maka menjadi kekejian bagi Tuhan. Untuk menyikapi budaya, dan dalam kaitan hidup iman, kalian dapat mempelajari tulisan Richard Niebuhr (baca=Nibur) tentang Kristus dan Kebudayaan (Christ and Culture). Niebuhr memberikan gambaran tentang Kristus dan Kebudayaan dalam paparannya ini untuk menegaskan bahwa budaya bisa didekati secara kristiani.

Niebuhr menggambarkan Kristus dan kebudayaan dalam 5 pandangan atau tipologi yakni:

1. Kristus lawan kebudayaan (Christ against culture). Dalam konteks ini semua kebudayaan dianggap bertentangan dengan Kristus.

2. Kristus dari kebudayaan (Christ of culture). Dalam gambaran ini Kristus pun hadir dalam perjalanan kebudayaan.

3. Kristus di atas kebudayaan (Christ above culture). Di sini Kristus tidak dipersepsikan dengan budaya, tidak juga melawan kebudayaan.

4. Kristus dan kebudayaan dalam paradoks (Christ and culture in paradox). Pergulatan iman dan kebudayaan terlihat dalam konteks ini yakni kebudayaan yang tidak sejalan dengan iman kristiani atau iman kristiani bertentangan dengan budaya sehingga harus disikapi dengan arif.

5. Kristus pengubah kebudayaan (Christ the transformer of culture). Di sini Kristus hadir untuk memberi arah dan membarui kebudayaan.

Dalam pemaparan Niebuhr di atas tampak bahwa iman kristiani harus berhadapan dengan budaya. Ada budaya-budaya yang memang harus dihindari, seperti banyak orang yang masih melakukan pemujaan terhadap benda-benda keramat, termasuk orang-orang yang masih melakukan penyembahan-penyembahan ke kuburan-kuburan khusus, seolah-olah benda dan tempat tersebut memiliki kekuatan.

Untuk menyikapi hal tersebut, Paulus menegaskan agar hidup umat Allah dilandaskan pada Kristus. Paulus menegaskan hal ini dalam realitas yang dihadapinya. Ia berjumpa dengan pola hidup masyarakat yang menjalankan kebudayaan, baik orang-orang Yahudi, maupun orang-orang lainnya yang juga hidup dalam nilai-nilai budaya yang bertentangan dengan iman Kristen.

Sungguh indah karena perjalanan hidup Paulus selalu berhadapan dengan aneka ragam kebudayaan, dan Paulus menegaskan agar manusia yang beriman kepada Allah tidak terseret di dalamnya. Kebudayaan justru harus mengantar manusia untuk datang kepada Allah, membuat iman semakin kuat, dan bukan sebaliknya, kebudayaan justru menjerumuskan.

Selain kebudayaan, sisi lain yang harus diperhatikan adalah perkembangan iptek. Kebudayaan mengatur pola hidup manusia, sedangkan teknologi mengantar manusia pada perkembangan jaman yang harus juga disikapi secara kristiani. Misalnya, setiap uji coba teknologi harus dilakukan untuk kesejahteraan manusia, dan bukan untuk menghancurkannya. Untuk ini kitab Amsal 1:5 menunjukkan sikapnya. Penting untuk dipahami bahwa menambah ilmu merupakan sebuah langkah yang perlu dilakukan.

Namun kitab Amsal mengingatkan juga bahwa pemahaman tentang perkembangan ilmu pengetahuan itu pun harus disertai dengan pertimbangan. Ini penting bagi setiap orang sehingga perjalanan hidupnya benar-benar mengarahpada kualitas yang dapat diandalkan. Iptek membawa seeorang pada keandalan hidup, sekaligus berhati-hati pada penyimpangan yang potensial terjadi atasnya.

Pola dan cara dalam perkembangan iptek tampaknya pernah berkembang jauh sebelumnya. Pada masa Perjanjian Lama, Musa pernah melakukan karya dengan teknologi tinggi. Bersama orang-orang di sekelilingnya Musa melakukan proses pembangunan secara luar biasa. Landasannya bukan sekadar pada pembangunan itu sendiri melainkan pada nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kitab Keluaran 35:30–35 melukiskan tentang langkah dan perkembangan teknologi secara luar biasa. Ada langkahlangkah yang disiapkan, ada proses pengembangan yang dilakukan, bukan hanya pada skill atau kemampuan para pekerjanya, melainkan juga pada kualitas karya yang dihasilkannya, termasuk nilai seni yang ada di dalamnya yang dituangkan dalam warna-warni tenunan mereka.

Dalam konteks Musa dapat kalian saksikan bahwa perjalanan teknologi justru disikapi dengan nilai awal yang penting yakni “Tuhan menanam dalam hati Aholiab bin Ahisamakh dari suku Dan kepandaian untuk mengajar” (Keluaran 35:34). Penting bagi kalian untuk memahami bahwa apa pun perkembangan iptek dan kebudayaan tanamkanlah hikmat Allah sehingga perkembangan iptek dan kebudayaan tidak membawa kalian kepada hal-hal yang jauh dari Tuhan

Tugas hari ini:

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi harus menjadi sarana kemuliaan bagi Allah, dan jangan sampai justru menjadi ajang kehancuran.

2. Apa pendapat kamu belajar dari 1 Korintus 9:19–23, Keluaran 35:30–35, dan Amsal 1:5. Aku terpanggil untuk makin berhikmat menyikapi perkembangan kebudayaan dan teknologi. Melalui kebudayaan, aku menjadi makin arif menyikapi hidup. Melalui teknologi aku juga makin arif untuk menggunakannya sehingga semua berguna bagi kemuliaan Allah.

 

Komentar

  1. 1.menjadikann sarana untuk memuji Allah,tidak di jadikan bahan ajang kehancuran.
    2.Kitab Keluaran 35:30–35 melukiskan tentang langkah dan perkembangan teknologi secara luar biasa.

    BalasHapus
  2. 1. Karena Kebudayaan membawa manusia pada aktivitas kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai yang harus disikapi dengan baik. Salah menggunakan nilai budaya, salah pula nilai hidup manusia.

    2. Di bacaan alkitab ini, kita di panggil untuk semakin berhikmat untuk menyikapi perkembangan teknologi.

    BalasHapus
  3. 1. Contoh nya media sosial sebagai sarana berbagi firman Tuhan, seperti membuat story firman Tuhan.
    2. Ya, perkembangan teknologi membuat ku menjadi lebih mudah untuk mencari kebenaran firman Tuhan.

    BalasHapus

  4. 1.kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi harus menjadi sarana kemuliaan bagi Allah, dan jangan sampai justru menjadi ajang kehancuran karena internet yang sekarang baik untuk digunakan untuk menebarkan kasih sukacita atau hal hal yang baik karena banyak manusia manusia yang masih menggunakan internet untuk hal hal yang tidak baik
    2.semua hal iptek yang diberikan oleh Allah harus digunakan dengan baik ntah itu dalam kebudayaan kita atau orang lain dan juga teknologi yang semakin meluass
    (sascya m)

    BalasHapus
  5. 1.iptek yang bisa menjadi sarana untuk memuliakan nama allah contohnya membaca Alkitab di hp, menonton live striming, share berkat Tuhan kepada sesama umat Kristen.


    2.ya, perkembangan teknologi membuat ku lebih mudah untuk membaca firman Tuhan.

    Jainal jeremia sihombing

    BalasHapus
  6. 1.
    yang dimaksud dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi harus menjadi sarana kemuliaan bagi Allah adalah seperti menggunakan media sosial untuk membagikan Firman Tuhan.
    2.
    ya, perkembangan teknologi membuat ku menjadi lebih mudah untuk mendekatkan diri kepada Tuhan

    BalasHapus
  7. 1.kebudayaan serta ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) merupakan salah satu yang harus disikapi dengan cermat agar tidak menimbulkan kehancuran

    2.semua hal iptek yang Tuhan berikan memberikan makna yang baik untuk kita memuji dan memuliakan namanya
    (boy jones tamba)

    BalasHapus
  8. 1. perkembangan iptek dan kebudayaan harus ditanamkanlah hikmat Allah sehingga perkembangan iptek dan kebudayaan agar menjadi sarana memuliakan allah
    2. kita harus beradaptasi dengan berbagai kebudayaan dan bersikap bijaksana dalam konteks untuk menyebarkan kebenaran dan kasih Allah kepada semua orang

    BalasHapus
  9. 1.teknologi mengantar manusia pada perkembangan jaman yang harus juga disikapi secara kristiani. Misalnya, setiap uji coba teknologi harus dilakukan untuk kesejahteraan manusia, dan bukan untuk menghancurkannya.
    2.Di bacaan alkitab ini, kita di panggil untuk semakin berhikmat untuk menyikapi perkembangan teknologi.

    BalasHapus
  10. 1.Ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan banyak manfaat dan memudahkan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Kemajuan teknologi menghasilkan modernitas yang ditandai dengan pertumbuhan ekonomi, mobilitas sosial, ekspansi atau perluasan budaya.
    2.Iptek memberikan dampak baik untuk kita yang menggunakan teknologi dengan baik dan menghindar dari konflik
    (saynara shalom)

    BalasHapus
  11. 1. Contoh nya media sosial sebagai sarana berbagi firman Tuhan, seperti membuat story firman Tuhan.
    2. Ya, perkembangan teknologi membuat ku menjadi lebih mudah untuk mencari kebenaran firman Tuhan.
    (Beckham)

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. 1.kemajuan teknologi atu iptek harus untuk memulian kan tuhan supaya tidak terjadi kehancuran
    2.Kita haru menperkembang teknologi dengan berbagai kebudayaan dan bersikap bijaksana untuk memaki teknologi/iptek

    BalasHapus
  15. 1. kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak yang baik untuk segala bidang, contohnya dalam bidang keagamaan. Kita bisa membaca dan mendengarkan firman tuhan melalui smartphone dan juga kita bisa membaca ayat ayat alkitab dari handphone disaat kita tidak membawa alkitab. Namun kita juga haru pinter pinter dalam menggunakan smartphone karena banyak juga ajaran ajaran yang melenceng dari ajaran firman tuhan

    2.kita harus beradaptasi dengan berbagai kebudayaan dan bersikap bijaksana dalam konteks untuk menyebarkan kebenaran dan kasih Allah kepada semua orang

    BalasHapus
  16. 1. Kebudayaan mengatur pola hidup manusia, sedangkan teknologi mengantar manusia pada perkembangan jaman yang harus juga disikapi secara kristiani. Misalnya, setiap uji coba teknologi harus dilakukan untuk kesejahteraan manusia, dan bukan untuk menghancurkannya.

    2.Kita harus menperkembangkan teknologi dengan berbagai kebudayaan dan bersikap bijaksana untuk memakai teknologi/iptek

    BalasHapus
  17. 1. Konsep bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi harus menjadi sarana kemuliaan bagi Allah adalah sebuah gagasan yang menekankan bahwa pemanfaatan pengetahuan dan teknologi seharusnya diarahkan untuk tujuan yang baik, menjadi moral yang baik, dan bermanfaat bagi manusia serta mencerminkan nilai-nilai agama.
    2. Pada ayat yang sudah saya baca dan merujuk pada ayat-ayat ini, menggambarkan semangat untuk terus belajar, beradaptasi dengan perubahan, dan menggunakan pengetahuan dan teknologi dengan bijaksana untuk tujuan yang baik dan kemuliaan Allah. Ini adalah pendekatan yang baik dalam menjalani hidup dan memberikan nilai tambah bagi orang lain serta mencerminkan nilai-nilai keagamaan yang positif.

    BalasHapus

Posting Komentar