PAK Kelas 11 - 2023 | Allah Menganugerahkan Talenta kepada Manusia - Bab 2

 

Allah Menganugerahkan Talenta kepada Manusia 

Baca Alkitab: Keluaran 4:10–16; 31:1–11 

Talenta adalah anugerah yang Tuhan percayakan untuk dikembangkan secara bertanggung jawab. 

Dengan talenta, setiap orang dapat menjalani kehidupannya dengan gembira dan bisa mengembangkan diri dan semakin berkualitas dalam melaksanakan peran hidupnya. Dengan talenta pula setiap orang dapat saling menolong dan memberdayakan. 

Talenta adalah sesuatu yang Allah lekatkan dalam diri seseorang. Namun, tentu saja talenta pun tetap harus diasah dan dilatih agar berkembang dan dapat memberi dampak pada pertumbuhan hidup seseorang. 

Talenta berbeda dengan ketertarikan. Bisa saja seseorang tertarik pada bidang tertentu, tetapi ia sebenarnya tidak memiliki talenta di bidang tersebut. 

Contohnya, seseorang yang secara alamiah tidak memiliki bakat seni, tetapi ia memiliki ketertarikan pada bidang seni tersebut sebagai penikmat semata. Maka, talentanya bukanlah pada pelaku seni tersebut. Talenta tentu bisa diasah, dilatih, dan dikembangkan 

Namun, talenta bisa juga digunakan untuk menghancurkan. Alih-alih merawat, talenta yang baik malah digunakan untuk hal yang kurang baik. Contohnya, seseorang yang memiliki talenta melukis merusak fasilitas (umum) yang tersedia dengan mencoret-coret dinding tempat umum. 

Contoh lain, talenta untuk orasi disalahgunakan dan mendorong orang lain bertindak anarkis sehingga terjadi pengrusakan saat demonstrasi. Dengan demikian, tujuan demonstrasi tidak tercapai dan justru berbagai fasilitas rusak karenanya. 

Semoga kita menjadi umat Allah yang mensyukuri talenta dan mengembangkannya untuk membangun (konstruktif), dan bukan menghancurkan (destruktif). 

Seseorang dapat mengoptimalkan talentanya untuk dua peluang tersebut, baik konstruktif maupun destruktif. Untuk itu, diperlukan sikap spiritual sehingga talenta yang Tuhan anugerahkan benar-benar berkembang bagi perjalanan hidup kalian. 

Sejak awal penciptaan manusia, Allah telah memberikan kepada manusia berbagai kemampuan. Bukan hanya itu. Allah bahkan melakukan perawatan terhadap manusia, baik menempatkan manusia dalam Taman Eden (lihat Kej. 2:8–25) maupun melalui karya keselamatan dalam Kristus (lihat Yoh. 3:16).

Tugas Hari ini:

1. Tuliskanlah sedikitnya tiga talenta (tentu bisa lebih) yang Allah anugerahkan pada kalian, dan bagaimana cara kalian mengelolanya sehingga berkembang dengan baik? 

2. Jelaskan mengapa ada penyalahgunaan talenta dan cara mengatasinya!

 

Komentar

  1. 1-alat musik
    -renang
    -Basket
    Sering untuk berlatih agar skil yg dimiliki tambah berkembang lebih baik

    2.karena terlalu jago jadi sombong kepada teman temannya yg tidak bisa cara mengatasi nya jangan sombong

    BalasHapus
  2. 1.-cepat tangkap
    -menyanyi
    -memotrett

    cepat tangkap menjelaskan kepada teman yang belum paham,menyanyi selalu tampil jika di butuhkan, memotret ikut gabung ke acara potret

    2.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. 1.basket
    -renang
    -lari
    Harus sering sering di asah agar kemampuan yang dimiliki bertambah bagus
    2.karena terlalu jago jadinya dia malas berlatih karena sudah merasa paling hebat, cara mengatasi nya jangan sombong dan terus berlatih

    BalasHapus
  5. 2.dia terlalu sombong di bidang ituu,caranyaa janganlah sombong karna kehidupan mu punya Tuhan bukan punya dirimu

    BalasHapus
  6. 1.-bermain musik
    -bermain sepak bola
    -renang
    sering berlatih agar skil atau talenta yang kita miliki terus bisa berkembang dengan seiring waktu,dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal

    2.karena dia terlalu pintar di satu talenta tersebut jadinya dia sombong dan selalu merendahkan orang lain,sehingga dia beranggapan dia paling jago di bidang itu

    cara mengatasi:
    jangan sombong dan jangan merendahkan orang lain karena kita sama di mata Tuhan

    BalasHapus
  7. 1. Menggambar, bermain alat musik, dan bernyanyi. Dengan cara di latih dan diasah.
    2. memiliki talenta melukis merusak fasilitas (umum) yang tersedia dengan mencoret-coret dinding tempat umum. dengan cara memberitahukan dengan cara baik baik.

    BalasHapus
  8. 1.badminton,marching band,volly melatih lagi kemampuannya trs tetep rendah hati
    2.contohnya dia menyombongkan ke kita cara mengatasinya adalah menegur nya dan bilang untuk tetap rendah hati. (Sri Saragi)

    BalasHapus
  9. 1. Talenta saya yaitu di bidang olahraga dan seni seperti: menyanyi, badminton dan sepak bola. Dan saya mengembangkan nya dengan nama Tuhan dan di pelajari lagi dengan lebih giat

    2. Penyalahgunaan talenta yaitu dengan menyombongkan bakat/talenta nya sendiri kepda org lain atau tinggi hati.
    Cara mengatasi bakat tersebut agar semakin berkembang kita harus mengajak org lain dan mengajari talenta tsb kepadanya

    BalasHapus
  10. 1.
    -Renang
    -Selalu ada solusi di setiap permasalahan
    -Bisa membagi waktu walau padat kegiatan
    sering berlatih agar skil atau talenta yang kita miliki terus bisa berkembang dengan seiring waktu,dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal

    2. Penyalahgunaan talenta yaitu dengan menyombongkan bakat/talenta nya sendiri kepada orang lain atau tinggi hati.
    Cara mengatasi nya adalah dengan tetap rendah hati.

    BalasHapus

Posting Komentar