PELAYANAN REMAJA PEMUDA - STAPIN 2023

 


PELAYANAN REMAJA PEMUDA
Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari jalan itu. Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang

Kita tidak dapat berjalan ke depan, sementara kepala kita menengok ke belakang. Di satu titik, kita pasti membentur sesuatu. Jika masa lalu kita buruk dan kelam. Kita perlu segera melupakan dan meninggalkannya. KIta hanya akan mengorbankan masa depan kita jika hidup di dalam masa lalu yang seperti itu. 

Banyak di antara kita yang mungkin sedang kuatir akan masa depan, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di depan nanti. Faktanya, kita tidak dapat mengendalikan masa depan kita. 

Tuhan ingin percaya kepada-Nya daripada menguatirkan masa depan kita yang tidak kita ketahui. Percaya kepada-Nya merupakan sebuah proses panjang dalam hidup kita. Seperti sebuah siklus yang perlu kita ulangi setiap detik, menit, jam, dan hari, yang hasilnya akan menuntun kita kepada pertumbuhan iman. 

Saat kita takut, kuatir, dan kehilangan harapan, Tuhan ingin kita bersandar kepada Firman-Nya, “Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

Mungkin masa lalu kita buruk, tetapi masa depan kita tidak harus buruk. Ambillah pelajaran dari masa lalu dan segera beranjak dari sana. Tuhan telah menjadikan kita ciptaan yang baru. Tinggalkan gaya hidup yang buruk, tinggalkan hubungan yang membuat kita jauh dari Kristus, tinggalkan pergaulan yang merusak hidup kita, tinggalkan kenangan yang hanya membuat kita sedih dan menderita, dan tinggalkan kebiasaan buruk yang merugikan hidup kita dan orang-orang yang kita sayangi. 

Ada banyak orang yang merasa hidupnya sia-sia karena keputusan yang salah di dalam hidup mereka. Mereka menghabiskan waktu di dalam hubungan yang tidak sehat, kecanduann akan sesuatu, atau bekerja di suatu tempat yang tidak memberikan kepuasan di hati mereka.

Semua hal buruk terjadi dalam hidup kita tidak terjadi begitu saja, semua selalu didahului oleh kata-kata negatif. Begitu juga semua yang baik. Sadarilah, bahwa kata-kata kita memiliki kuasa. Lidah kita menentukan apakah kita ingin hidup dalam berkat yang Tuhan telah sediakan, atau di dalam kutuk yang kita ciptakan sendiri.

Jangan fokus kepada masa lalu kita, tetapi fokuslah kepada apa yang Tuhan sedang kerjakan bagi masa depan kita. Dia ingin memulihkan jiwa dan mimpi kita. Tetaplah percaya dan berharap, karena Tuhan sedang membuka rute baru bagi masa depan kita.

Jika kita tetap berdiri teguh di dalam Tuhan, Dia akan memberikan rute yang baru bagi kehidupan kita. Dia akan menaruh orang-orang yang tepat di dalam jalan kita, kesempatan yang tepat, dan situasi yang tepat untuk menuntun kita ke tempat yang Dia ingin kita tuju.

Ingat Tuhan menjanjikan kepada kita masa depan yang indah dan penuh harapan. Jangan biarkan masa lalu kita yang buruk mencuri masa depan kita dan jangan biarkan kehidupan kita yang baru di dalam Yesus diisi dengan masa lalu yang buruk. Yang lalu biarlah berlalu, sesungguhnya yang baru telah tiba.

Pertanyaan: Masa depan seperti apa yang kita inginkan? Jika kita menginginkan masa depan yang indah, mulailah mengelilingi diri kita dengan sahabat-sabahat yang “sehat” di dalam Tuhan

10 KETERAMPILAN PELAYANAN REMAJA PEMUDA

BILA TIDAK TAHU - BERTANYA, TIDAK BISA - BELAJAR, TIDAK INGAT - CATATLAH

1. Kemampuan mendengarkan orang lain

. Mengikuti petunjuk (inisiatif) 

3. Menaati peraturan/disiplin

4. Menghadapi Intimidasi

5. Meminta bantuan 

6. Berbicara secara bergantian 

7. berkumpul bersama komunitas 

8. Bersikap tenang 

9. Bertanggung jawab 

10. Melakukan hal baik untuk siapa pun


SIKAP-SIKAP REMAJA PEMUDA YANG BENAR

1. Toleransi , 2. Empati., 3. Inklusif.


MASA DEPAN REMAJA PEMUDA

1. Punya tujuan hidup, 2. Mandiri, 3. Bersahabat dan berwawasan, 4. Memiliki investasi,

5. Realistis dan lurus


KETERLIBATAN DALAM PELAYANAN

Bagaimana keterlibatan remaja pemuda dalam pelayanan di gereja? 

Keterlibatan remaja pemuda dalam pelayanan di gereja berpengaruh sangat signifikan terhadap kehidupan spiritualitas. 

2 faktor utama yang secara cukup signifikan dapat membuat remaja pemuda yang rutin ke gereja untuk ikut dalam pelayanan, yaitu gereja dan orang tua 

A. Gereja 

Gereja adalah pihak yang paling mempengaruhi remaja pemuda untuk ikut tidaknya dalam pelayanan yang didukung oleh mentor dan komunitas mereka

Lalu, apa yang gereja dapat lakukan? 

1. Hamba Tuhan perlu mengkomunikasikan visi yang besar dan menantang bagi generasi muda 

2. Komunikasi yang rutin dengan digital media

3. Pembentukan kepanitiaan untuk berbagai program camp atau program pelayanan 

B. Orang Tua 

Orang tua sebagai lingkungan terkecil dan role model juga cukup berpengaruh bagi remaja pemuda untuk aktif dalam pelayanan di gereja. Sebagai orang tua adalah baik mempunyai kejelasan tentang apa yang sepatutnya kita lakukan terhadap anak remaja pemuda.


PELAYANAN PRIBADI

1. Luangkan waktu untuk saling mengenal

2. Waktunya menggembalakan (mentor)

3. Konseling


PELAYANAN KOMUNITAS

1. Memiliki kesempatan

2. Sediakan banyak aktivitas

3. membuat jurnal


PELAYANAN TIM

1. Kepemimpinan

2. Kerja Tim diupayakan

3. Merekrut tim


SASARAN DAN TUJUAN PELAYANAN bukanlah hanya jumlah yang banyak, bukan entertainment, tetapi penjangkauan dan dewasa rohani (Alkitab, gereja, doktrin, pernikahan, etika, dsb)


PEMURIDAN

1. Mulai dengan sedikit orang

2. Komitmen

3. waktu

4. Disiplin rohani

5. Pemahaman Alkitab yang benar

6. Sharing Life

7. Bimbingan pribadi


PERGUMULAN REMAJA PEMUDA

Pergumulan hidup merupakan istilah yang dipakai dalam Alkitab untuk menggambarkan perjuangan hidup manusia selama ada di dunia ini. Bergumul adalah proses mencari kehendak Tuhan dalam masalah yang sementara kita hadapi.

Untuk mendidik dan mengasuh anak remaja, orang tua perlu mengenal pergumulan dan permasalahan yang dihadapi oleh para remaja pemuda

Banyak orang tua merasakan kekhawatiran bahkan ketakutan yang dalam saat anaknya memasuki usia remaja. Dampak pergaulan, akses informasi media cetak dan elektronik yang begitu luas dan mudah didapat, memunculkan setiap harinya banyak berita mengerikan tentang remaja yang melakukan tindakan kriminak, tawuran, nge-geng, mengonsumsi serta kecanduan narkoba atau terjerumus pornografi. Kehidupan remaja tampak demikian rentan dari berbagai pengaruh buruk.

Pergumulan-pergumulan yang dialami remaja pemuda sangat beragam, baik dari diri sendiri, keluarga, teman, sekolah, maupun gereja. Remaja pemuda yang sedang mengalami masa pencarian jati diri, cenderung berani mencoba apa saja. Jadi, apabila orang tua maupun pembimbing remaja tidak menanggapi setiap pergumulan remaja dengan serius, remaja akan mencari solusi di luar kehendak Tuhan, yang membuat mereka semakin jauh dari Kristus


PERTANYAAN UNTUK DIRENUNGKAN

Setiap remaja dan pemuda menjadi seorang pemenang yang mengalahkan dunia dan memiliki karakter Kristus dalam hidupnya.

• Sudahkah aku hidup benar? 

• Masihkah aku merasa takut? 

• Sudahkah aku kuat dan bangkit dari setiap masalah? 

• Bisakah aku mengasihi?


SOLUSI DALAM PERGUMULAN

1. Miliki Iman (Ibrani 11:1). Iman adalah melihat Tuhan ditengah pergumulan.

2. Tetaplah Berdoa (Filipi 4:6). Doa adalah sinergi bersama Tuhan menghadapi pergumulan.

3. Bersyukur (1 Tesalonika 5:18). Bersyukur berdampak luas bagi kehidupan


RENUNGAN

“There is a God shaped vacuum in the heart of every man which cannot be filled by any created thing, but only by God, the Creator, made known through Jesus” 

“Tuhan membentuk ruang kosong dalam setiap hati manusia yang tidak dapat diisi oleh benda ciptaan, tetapi hanya oleh Tuhan, Sang Pencipta yang dikenal melalui Yesus” 

“Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu"

“Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.. ” 

Tidak ada seorangpun di dunia ini tahu mengenai masa depan selain Tuhan. Tuhanlah yang menciptakan kita. Dia tahu masa depankita. Jika penasaran akan masa depan kita, jangan bertanya kepada peramal, membaca horoskop atau garis tangan, tetapi bacalah kebenaran Firman Tuhan. 

Berikut beberapa ayat yang menulis mengenai masa depan orang percaya dan hal-hal yang perlu dilakukan orang percaya agar dapat menikmati masa depan yang indah: 

1. Yeremia 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. 

2. Amsal 19:20 Dengarkanlah nasihat dan terimalah didikan, supaya engkau menjadi bijak di masa depan. 

3. Amsal 23:18 Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.

 4. Amsal 24:13-14 Anakku, makanlah madu, sebab itu baik; dan tetesan madu manis untuk langit-langit mulutmu. Ketahuilah, demikian hikmat untuk jiwamu: Jika engkau mendapatnya, maka ada masa depan, dan harapanmu tidak akan hilang.

 5. Amsal 24:20 Karena tidak ada masa depan bagi penjahat, pelita orang fasik akan padam. 

6. Amsal 31:25 Pakaiannya adalah kekuatan dan kemuliaan, ia tertawa tentang hari depan.

7. Mazmur 37:37 Perhatikanlah orang yang tulus dan lihatlah kepada orang yang jujur, sebab pada orang yang suka damai akan ada masa depan.

Kita melihat yang merusak masa depan kita bukanlah Tuhan. Tuhan justru ingin kita hidup dalam damai dan sukacita, di Bumi seperti di Sorga. Berhentilah menyalahkan Tuhan dan mulailah koreksi keputusan Anda. Mulailah menjadikan Firman Tuhan sebagai pedoman sebelum membuat keputusan. Yosua 1:8 katakan, jika kita bertindak hati-hati sesuai yang tertulis di dalamnya, perjalanan kita, atau saya katakan, masa depan kita, pasti berhasil dan beruntung

Latihan Soal:

1. Jelaskan hal apa yang harus kita sampaikan dalam pelayanan remaja pemuda!

2. Berikan pandangan Anda dengan kebenaran Amsal 23:18!

3. Sebutkan dan jelaskan 3 solusi dalam pergumulan!

4. Setiap remaja dan pemuda menjadi seorang pemenang yang mengalahkan dunia dan memiliki karakter Kristus dalam hidupnya. Berikan alasannya?

5. Bagaimana keterlibatan remaja pemuda dalam pelayanan di gereja?

6. Apa yang dimaksud gereja adalah pihak yang paling mempengaruhi remaja pemuda untuk ikut tidaknya dalam pelayanan yang didukung oleh mentor dan komunitas mereka

7. Sebutkan 7 hal PEMURIDAN dalam pelayanan remaja pemuda!

8. Masa depan seperti apa yang kita inginkan?

9. Ada banyak orang yang merasa hidupnya sia-sia karena keputusan yang salah di dalam hidup mereka, bagaimana solusinya?

10. Sebutkan 10 keterampilan yang harus dimiliki seorang pelayan remaja pemuda

Komentar

  1. Masa depan saya adalah
    Memiliki Yayasan panti asuhan di Asia❤️

    BalasHapus
  2. Masa depan Yakob adalah Masa depan yang penuh harapan

    Dan tentu saja menikah 😉

    BalasHapus
  3. Masa depan saya : Membahagiakanmu😘😘😘😘😘😘

    BalasHapus
  4. Masa depan Gilbret sungguh ada dan harapan Tidak akan hilang

    BalasHapus
  5. Masa depan saya adalah: menyenangkan TUHAN bersama sih dia

    BalasHapus
  6. Masa depan Tri Desla adalah masa depan, yaitu menjadi berkat bagi orang lain

    BalasHapus
  7. Masa depan Pdt.firdaus sembiring M.Th adalah MENIKAH

    BalasHapus
  8. Masa depan ku memiliki istri yang baik dan anak Tuhan pasti nya

    BalasHapus
  9. Masa depan saya adalah masa depan😇❤️

    BalasHapus
  10. Masa depan ku adalah membahagiakan kedua orang tua dan punya keluarga yang bahagia

    BalasHapus
  11. Saya yemna Momulati

    Masa depan ku menjadi

    Penginjilan

    BalasHapus
  12. Masa Depan Kornelis Adalah Melayani Tuhan😍

    BalasHapus
  13. Masa depan ku memiliki istri yang baik yang tentunya anak Tuhan

    BalasHapus
  14. Masa depan mu sungguh ada , harapanmu tidak akan pernah hilang, masa depan saya adalah bangun yayasan pemilihan untuk memuliakan Tuhan , Edison

    BalasHapus
  15. Masa depan saya adalah
    Memiliki Yayasan panti asuhan di Asia

    BalasHapus
  16. Masa depan lady:menikahhhh

    BalasHapus
  17. Masa depan saya mengubah cerita keluarga yang suram menjadi cerah, dan memiliki Suami yang mampu melengkapi kekurangan saya plus Hamba Tuhan 🙏😍

    BalasHapus
  18. Masa Depan Pdt. Firdaus Sembiring M.Th adalah Menikah dengan ibu gembala Ukui🤗

    BalasHapus
  19. Masa depan saya menikah dan punya rumah tangga yang bahagia. Amin

    BalasHapus
  20. Menjadi kebahagiaan bagi semua orang😇❤️

    BalasHapus
  21. Hari ini saya berhasil besok saya akan membuat orang berhasil

    Hari ini saya diberkati besok saya memiliki sumber berkat

    BalasHapus
  22. Hari saya berhasil saya akan membuat besok saya akan membuat orang berhasil
    Hari in saya di berkati besok saya akan menjadi saluran berkat Tuhan

    BalasHapus
  23. 1.Hari ini saya berhasil,,, besok saya akan jadi berkat bagi orang lain.
    2.Hari ini saya diberkati,, besok saya Punya saluran berkat

    BalasHapus
  24. Hari ini saya di berkati besok saya memiliki sumber berkati

    BalasHapus
  25. Hari ini saya berhasil..
    Besok saya akan membuat orang berhasil..
    Hari saya di berkati
    Besok saya akan sumber berkat bagi banyak orang😇😇

    BalasHapus
  26. Hari ini saya di berhasil, besok saya akan membuat orang bahagia.
    Hari ini saya di berkati, besok saya akan menjadi sumber berkat.
    Dan besok saya tidak akan kuatir lagi.

    BalasHapus
  27. 1.Hari ini saya diberkati ,besok saya
    akan memberikan

    BalasHapus
  28. 1) Hari ini saya berhasil maka besok saya akan membuat orang berhasil
    2) Hari ini saya di berkati maka besok saya akan menjadi sumber berkat

    BalasHapus
  29. Hari ini saya diberkati, hari besok saya akan memiliki sumber berkat itu🤗🙏

    BalasHapus
  30. Hari ini saya berhasil dan besok saya akan membahagiakan orang lain
    Hari ini saya di berkati dan besok saya akan memiliki sumber berkat
    By : Pdt. Firdaus Sembiring M.Th

    BalasHapus
  31. Hari ini saya berhasil, besok saya akan menjadi berkat bagi orang lain, hari ini saya berhasil besok saya bikin orang berhasil,hari ini saya berhasil besok saya akan menjadi sumber berkat 😉

    BalasHapus
  32. *Hari ini saya berhasil besok saya akan membuat orang berhasil
    *Hari ini saya diberkati besok saya akan menjadi sumber berkat Tuhan
    Karena orang yang diberkati tidak akan khawatir

    BalasHapus
  33. 1.Hari ini Saya berhasil,besok saya akan bkin orang lain berhasil
    2.hari ini saya diberkati,besok saya memiliki sumber berkat
    😇😇

    BalasHapus
  34. 1(Hari ini saya berhasil
    Besok saya akan berhasil kan orang lain
    2) hari ini saya di berkati besok saya jdi sumber berkat

    BalasHapus
  35. Mengapa Tuhan Yesus itu terlalu baik bagi semua Orang🙏☺️

    BalasHapus
  36. 1) Bagaimana orang sukses dapat memberkati kita tanpa kita harus meminta minta?
    2) mengapa manusia harus meninggal?

    BalasHapus
  37. Hari ini saya diberkati besok saya jadi sumber berkat

    BalasHapus
  38. Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari jalan itu. Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang

    BalasHapus
  39. Kita tidak dapat berjalan ke depan, sementara kepala kita menengok ke belakang. Di satu titik, kita pasti membentur sesuatu.

    BalasHapus
  40. kita tahu bahwa tidak ada Tuhan selain Dia yang datang di dalam nama Yesus

    BalasHapus
  41. Ingat selalu, Tuhan menjanjikan kepada kita masa depan yang indah dan penuh harapan. Jangan biarkan masa lalu kita yang buruk mencuri masa depan kita dan jangan biarkan kehidupan kita yang baru di dalam Yesus diisi dengan masa lalu yang buruk. Yang lalu biarlah berlalu, sesungguhnya yang baru telah tiba

    BalasHapus
  42. BILA TIDAK TAHU - BERTANYA, TIDAK BISA - BELAJAR, TIDAK INGAT - CATATLAH:

    BalasHapus
  43. Jadilah orang muda yang percaya diri, karena Tuhan selalu bersamamu

    BalasHapus
  44. Masa depan yang sesungguhnya itu apa yah?

    BalasHapus
  45. Masa depan sungguh ada dan Harapan mu tidak akan hilang😇

    BalasHapus
  46. Bagaimana kita bisa peka dengan perasaan seseorang?
    >⁠.⁠< Jangan pernah berhenti untuk mencintai dia😁❤️

    BalasHapus
  47. cara melayani orang atau teman yang introvert?
    Jawab ;
    1.Bangun hubungan
    2.Lihat kebutuhannya
    3.Libatkan dalam pelayanan
    4.Doakan setiap hari
    5.Jadikan dia keluarga mu

    I hope you recover from the life problems you are experiencing 😇😇

    BalasHapus
  48. Inklusif adalah, buka diri, kita harus terbuka tentang diri kita kepada orang lain

    BalasHapus
  49. Menjangkau jiwa:
    Bangun hubungan
    Libatkan dalam suatu pelayanan
    Doakan
    Jadikan dia keluarga mu

    BalasHapus
  50. Janji bersama pak NEM: menjadi teman hingga kedepannya

    BalasHapus
  51. Janji saya bersama pak nem adalah tetap hadir di mata kuliah pak nem

    BalasHapus
  52. Janji ku untuk pa nem yakni
    Kalau pak nem datang ke rumah, saya akan memberikan apa yang saya bisa berikan.

    BalasHapus
  53. Nanti kalau sudah sukses saya dan suami akan mengajak Bapak Nehemia healing ke London❤🙏

    BalasHapus
  54. Janji saya dengan pak Nehemia Pasaribu ;

    Setia sampai Akhir.

    BalasHapus
  55. Janjiku untuk pak Nehemia:nanti kalau aku menikah,pak Nem lah orang yang spesial yang akan ku undang untuk menghadiri pernikahan ku😇🎉✨

    BalasHapus
  56. Janji buat Pak Nehemia
    Akan tetap setia melayani Tuhan sampai akhir hidupku

    BalasHapus
  57. Saya Berjanji Untuk Pak Nem Ketika saya lulus dari tempat ini saya tidak akan pernah melupakan kebaikan bapa..Dan Ajaran yang bapa ajarkan untuk Menjadi berkat di sekitar

    BalasHapus
  58. Janji saya sama pak Nem..
    Harapanku bapak Nem yang akan memberikan nama pada anak pertamaku dimasa yang akan datang😁❤️.

    BalasHapus
  59. Saya berjanji untuk bapak nehemia...
    Saya akan menjadi seorang konseler seperti bapak nehemia
    Dan tetap sukacita❤❤

    BalasHapus
  60. Janji saya kepada pak nem: mau ngajak ke danau TOBA bersama keluarga " ku

    BalasHapus
  61. janji saya sama Bpk NEM,menjadi Bpk yang bisa mengasihi anak2nya yang ganteng,cantik di angkatan 61 ini😍

    BalasHapus
  62. Saya Mike Quentine mau ingin ajak pak Nehemia pasaribu ke panti asuhan pintu elok jakarta

    BalasHapus
  63. Janji lady untuk pak nem : "akan mengundang pak nem untuk berkhotbah di gereja kami". Uang tiket, uang makan, aman lah pak heheeh

    BalasHapus
  64. Jika masa lalu kita buruk dan kelam. Kita perlu segera melupakan dan meninggalkannya. KIta hanya akan mengorbankan masa depan kita jika hidup di dalam masa lalu yang seperti itu.

    BalasHapus
  65. Ingat, Tuhan menjanjikan kepada kita masa depan yang indah dan penuh harapan. Jangan biarkan masa lalu kita yang buruk mencuri masa depan kita dan jangan biarkan kehidupan kita yang baru di dalam Yesus diisi dengan masa lalu yang buruk. Yang lalu biarlah berlalu, sesungguhnya yang baru telah tiba

    BalasHapus
  66. Mungkin masa lalu kita buruk, tetapi masa depan kita tidak harus buruk. Ambillah pelajaran dari masa lalu dan segera beranjak dari sana

    BalasHapus
  67. Ibrani 13:5b Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

    BalasHapus
  68. Ingat, Tuhan menjanjikan kepada kita masa depan yang indah dan penuh harapan.

    BalasHapus
  69. 2 faktor utama yang secara cukup signifikan dapat membuat remaja pemuda yang rutin ke gereja untuk ikut dalam pelayanan, yaitu gereja dan orang tua

    BalasHapus
  70. Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang

    BalasHapus
  71. Hamba Tuhan perlu mengkomunikasikan visi yang besar dan menantang bagi generasi muda

    BalasHapus
  72. Generasi Muda yang diberkati Tuhan

    BalasHapus
  73. Gereja adalah pihak yang paling mempengaruhi remaja pemuda untuk ikut tidaknya dalam pelayanan yang didukung oleh mentor dan komunitas mereka

    BalasHapus
  74. https://berkattuhannehemia.blogspot.com/2023/02/pelayanan-remaja-pemuda-stapin-2023.html#:~:text=Mungkin%20masa%20lalu%20kita%20buruk%2C%20tetapi%20masa%20depan%20kita%20tidak%20harus%20buruk.%20Ambillah%20pelajaran%20dari%20masa%20lalu%20dan%20segera%20beranjak%20dari%20sana.%20Tuhan%20telah%20menjadikan%20kita%20ciptaan%20yang%20baru.

    BalasHapus
  75. Jangan biarkan masa lalu kita yang buruk mencuri masa depan kita dan jangan biarkan kehidupan kita yang baru di dalam Yesus diisi dengan masa lalu yang buruk. Yang lalu biarlah berlalu, sesungguhnya yang baru telah tiba

    BalasHapus
  76. PELAYANAN REMAJA PEMUDA - STAPIN 2023

    BalasHapus
  77. Perhatikanlah orang yang tulus dan lihatlah kepada orang yang jujur, sebab pada orang yang suka damai akan ada masa depan.

    BalasHapus
  78. Pakaiannya adalah kekuatan dan kemuliaan, ia tertawa tentang hari depan.

    BalasHapus
  79. Karena tidak ada masa depan bagi penjahat, pelita orang fasik akan padam.

    BalasHapus
  80. makanlah madu, sebab itu baik; dan tetesan madu manis untuk langit-langit mulutmu. Ketahuilah, demikian hikmat untuk jiwamu: Jika engkau mendapatnya, maka ada masa depan, dan harapanmu tidak akan hilang.

    BalasHapus
  81. Dengarkanlah nasihat dan terimalah didikan, supaya engkau menjadi bijak di masa depan.

    BalasHapus
  82. Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

    BalasHapus
  83. Banyak di antara kita yang mungkin sedang kuatir akan masa depan, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di depan nanti. Faktanya, kita tidak dapat mengendalikan masa depan kita.

    BalasHapus
  84. Saat kita takut, kuatir, dan kehilangan harapan, Tuhan ingin kita bersandar kepada Firman-Nya, “Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

    BalasHapus
  85. Tuhan ingin kita tidak takut dan gentar, karena Dia senantiasa bersama-sama dengan kita. Di tengah masalah, Tuhan ingin kita memandang kepada-Nya. Jadikan dua pasal ini doa kita setiap hari, pagi saat bangun tidur (Mazmur 23) dan malam sebelum tidur (Mazmur 91). Membaca dua pasal ini tidak lama, hanya memakan waktu sekitar 3-5 menit saja.

    BalasHapus
  86. Latihan dngan Tidak mengelu,dengan cara menolongku😇😇😇GBU

    BalasHapus
  87. Latihan tidak mengeluh dengan cara suka menolongmu❤️😁

    BalasHapus
  88. Latihan tidak mengeluh dengan cara suka menolongmu

    BalasHapus
  89. Latihan tidak mengeluh dengan cara suka menolong mu:')

    BalasHapus
  90. Latihan tidak mengeluh dengan cara suka menolong

    BalasHapus
  91. Latihan tidak mengeluh dengan cara menolong Mu..

    BalasHapus
  92. Latihan dengan tidak mengeluh, dengan cara suka Menolongmu🥰

    BalasHapus
  93. Latihan tidak mengeluh dengan cara menolong mu

    BalasHapus
  94. Latihan tidak mengeluh dengan Cara menolongmu😘

    BalasHapus
  95. Latihan tidak mengeluh dengan cara selalu menolong mu

    BalasHapus
  96. Latihan tidak mengelu dengan cara menolong-mu

    BalasHapus
  97. Saya akan membangkitkan Semangat para anak pemuda dengan cara tidak menghakimi

    BalasHapus
  98. Apa itu IMAN yang sudah bertumbuh?
    Apa yang dilakukan seseorang sesuai dengan apa yang di perkatakannya berdampak bagi dirinya dan orang di sekelilingnya

    BalasHapus
  99. Bagaimana cara kita melayani remaja pemuda yang introved?
    1.kasihi dia
    (perhatikan dia, tolong dia,dll)
    2.Doa kan diaaaaaaaaa😉😀
    Tuhan memberkatiiiiiii

    BalasHapus
  100. Manfaat dari bersyukur adalah hidup saya semakin bersemangat

    BalasHapus
  101. Salah satu cara mengungkapkan mengucap syukur?
    Terimakasih Tuhan engkau sangat mencintai diriku❤️😊

    BalasHapus
  102. Tokoh yang tidak pernah mengeluh di dalam Alkitab adalah satan/iblis

    BalasHapus
  103. Apa yang membuat saya bersyukur: karna saya bahagia bertemu dengan teman- teman

    BalasHapus
  104. Tuliskan ayat yang berbicara mengenai mengucap syukur?
    =>1 Tesalonika 5:18

    BalasHapus
  105. Orang yang sulit mengucap syukur adalah orang yang tidak merasakan kebaikan dan pertolongan Tuhan dalam hidup nya..

    BalasHapus
  106. Syalom
    Orang sulit mengucap syukur karena
    1.terlalu banyak persungutan
    2.banyak menuntut
    3.egois
    😇😇😇

    BalasHapus
  107. Seperti apa orang bersyukur yaitu bersemangat

    BalasHapus
  108. Tiga ciri orang yang bersyukur:
    1.Memberkati
    2.Mencintai
    3.Mengasihi

    BalasHapus
  109. Selalu mengucap syukur dalam segala hal karena Tuhan adalah Allah yang setia 🙂

    BalasHapus
  110. ketika Kamu bersyukur apa yang kamu lakukan?

    #Berbagi

    BalasHapus

  111. 1 tesalonika 5:18
    "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu"
    Bisa kita ketahui bahwa manusia sangat sulit untuk mengucap syukur.
    Tetapi bisa kita lihat dalam tokoh ayub bahwa walaupun dia dalam susah atau senang tetap mengucap syukur kepada Tuhan.
    Jadi kita bisa mengambil pelajaran bahwa kita harus mengucap syukur kepada Tuhan walaupun kita dalam keadaan susah maupun senang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manusia sangat sulit untuk mengucap syukur sebab keinginan daging yang tinggi, dan merasa tidak puas akan yang di milikinya oleh sebab itu dia menjadi orang yang tidak mau mengucap syukur.
      Jadi mari saya mengajak saudara untuk selalu mengucap syukur dalam segala hal yang di alami oleh kita.

      Hapus
  112. Yang membuat saya bersyukur adalah:Ketika Tuhan masih ijinkan saya untuk bernafas😇

    BalasHapus
  113. Saya harus membangkit para remaja tidak cara menghina kepada sesama

    BalasHapus
  114. Pujian yang mengatakan mengucap syukur adalah.. Ku mau selalu Bersyukur.. Kau bapa yang setia yang selalu menopang.. 😇🙏

    BalasHapus
  115. Tokoh dalam Alkitab yang tidak pernah mengucap syukur adalah iblis atau setan

    BalasHapus
  116. Jgan takut Jagan kuatir Tuhan ada bersama mu

    BalasHapus
  117. Mengapa seseorang itu bisa dikatakan BERSYUKUR?
    Karna seseorang itu Terus menikmati kebaikan Tuhan yang Terus nyata dalam hidupnya tanpa ada persungutan 😇😇
    God bless Us

    BalasHapus
  118. Mengapa orang selalu mengucap syukur?
    Karena alasan utama orang mengucap syukur adalah memprioritaskan Tuhan didalam hidup nya🤗🙏

    BalasHapus
  119. Mengucap syukurlah dalam segala hal

    BalasHapus
  120. Sumber orang yang mengucap syukur yaitu
    Takut akan Tuhan

    BalasHapus
  121. Bagaimana kita melayani anak muda yang dimana anak muda itu merasa dia tidak perlu orang lain atau bisa dikatakan dia nyaman dengan dirinya sendiri pak???
    =>Melayani anak Muda memang tidak mudah tapi harus ada kerinduan, lewat kerinduan kita, Tuhan pakai kita untuk memenangkan anak Muda, jadi milikilah kerinduan yang besar untuk memenangkan anak muda, Tuhan pasti pakai hidupmu menjadi berkat bagi anak Muda.
    Tuhan memberkati 🙏

    BalasHapus

  122. Pertanyaan saya,,,,bagaimna supaya hidup kita terus tetap bersyukur,😇😇😇


    Wow
    Jadilah Juara Bersyukur dalam segala kehidupan

    BalasHapus
  123. Rasa kecewa dapat di hilangkan dengan dengan percaya pada janji Tuhan dengan berkata tidak kecewa

    BalasHapus
  124. Gimana Caranya menyikapi mengenai hal gaya berpacarannya masa kini,, dengan tujuan supaya Pemuda remaja itu sadar bahwa hal yg Seperti itu belum sewajarnya ?
    Jawabannya
    Jadilah teladan Bang 1 Timotius 4:5 dan disertai dengan pergaulan yang baik.

    BalasHapus
  125. 1) Bagaimana caranya kita fokus sama tujuan kita kedepan?
    Jawabnya: focus dengan tujuan kalau kita tidak melihat kebelakang
    Tuhan sudah sediakan yang terbaik bagi kita jadi pastikan hidupku selalu yang terbaik

    BalasHapus
  126. Pertanyaan saya :
    Mengapa menjadi dewasa itu sangat sakit?
    Jawab ;
    Karena ketika kita dewasa kita meninggalkan sifat kanak kanak
    1 Korintus 13:11

    BalasHapus
  127. Pertanyaan:
    Bagaimana kita tetap bertahan didalam sebuah tanggung jawab yang dipercaya kan kepada kita sekalipun banyak yang tidak mendukung?
    Jawaban sangat sederhana (SETIA)
    GBU 😇🙏

    BalasHapus
  128. Shlom slmt pagi pa
    Saya mo bartanya
    Gimana ya kita mehilangkan perasan seseorang?
    Jawab :
    Menghargai dan menghormatinya dan menjadikannya Saudara

    BalasHapus
  129. Perbedaan kerajaan Allah dengan kerajaan surga:
    tidak ada perbedaan hanya penempatan tujuan kalimat saja
    Kerajaan Allah untuk umat Yahudi Kerajaan Sorga untuk semua umat

    BalasHapus
  130. Pertanyaan saya
    1.Bagaiman supaya marni boleh mengalami pertumbuhan ke arah kristus
    2.bagaimana cara mengatasi kwatir yang berlebihan?

    1. Akrab Dengan Tuhan, intim dengan Tuhan, dan melangkah dengan Iman

    2. Selalu percaya apapun yang terjadi
    😇😇❤️

    BalasHapus
  131. Pertanyaan saya:
    Tuliskan 5 contoh hidup bersyukur dalam kehidupan remaja kristen

    BalasHapus
  132. Apakah Salah ketika Kita meninggalkan seseorang karena sudah tidak sejalan pak?Dan Bagaimana cara mengatasi agar orang tersebut bisa menerima keputusan kita..

    #Bukan soal salah atau benar tapi jangan bertindak dengan perasaan semua keputusan ada resiko
    Sampaikan apa adanya dan jujur

    BalasHapus
  133. Jangan pandai berkata berkata tapi pandai mendengar maka perkataan kita jadi berkuasa

    BalasHapus
  134. Kenapa pas kita lagi berdoa dan menyembah trus pikiran melayang jadi gak fokus mungkin hal ini banyak di alami banyak anak muda
    Bagai mana pak cara mengatasinya...? Yaitu : Belajar tenang dan percaya akan kuasa Tuhan besar dalam hidupmu, bila kita lemah dan tidak tenang kita minta orang lain mendoakan kita.

    BalasHapus
  135. jadikan hidup kita ini menjadi pribadi yang menjadi berkat melalui perkataan kita bahkan tindakan kita hal yang perlu kita pelajari dalam hidup ini tetap bersyukur dan slalu andalkan Tuhan dalam hidup mu Tuhan Yesus Memberkati

    BalasHapus
  136. Kita tidak dapat berjalan ke depan, sementara kepala kita menengok ke belakang. Di satu titik, kita pasti membentur sesuatu. Jika masa lalu kita buruk dan kelam. Kita perlu segera melupakan dan meninggalkannya. KIta hanya akan mengorbankan masa depan kita jika hidup di dalam masa lalu yang seperti itu.

    BalasHapus
  137. Tuhan ingin percaya kepada-Nya daripada menguatirkan masa depan kita yang tidak kita ketahui. Percaya kepada-Nya merupakan sebuah proses panjang dalam hidup kita. Seperti sebuah siklus yang perlu kita ulangi setiap detik, menit, jam, dan hari, yang hasilnya akan menuntun kita kepada pertumbuhan iman.

    BalasHapus
  138. Ada banyak orang yang merasa hidupnya sia-sia karena keputusan yang salah di dalam hidup mereka. Mereka menghabiskan waktu di dalam hubungan yang tidak sehat, kecanduann akan sesuatu, atau bekerja di suatu tempat yang tidak memberikan kepuasan di hati mereka.

    BalasHapus
  139. Semua hal buruk terjadi dalam hidup kita tidak terjadi begitu saja, semua selalu didahului oleh kata-kata negatif. Begitu juga semua yang baik. Sadarilah, bahwa kata-kata kita memiliki kuasa. Lidah kita menentukan apakah kita ingin hidup dalam berkat yang Tuhan telah sediakan, atau di dalam kutuk yang kita ciptakan sendiri.

    BalasHapus
  140. Hari ini, jangan fokus kepada masa lalu kita, tetapi fokuslah kepada apa yang Tuhan sedang kerjakan bagi masa depan kita. Dia ingin memulihkan jiwa dan mimpi kita. Tetaplah percaya dan berharap, karena Tuhan sedang membuka rute baru bagi masa depan kita.

    BalasHapus
  141. Masa depan seperti apa yang kita inginkan? Jika kita menginginkan masa depan yang indah, mulailah mengelilingi diri kita dengan sahabat-sabahat yang “sehat” di dalam Tuhan

    BalasHapus
  142. Keterlibatan remaja pemuda dalam pelayanan di gereja berpengaruh sangat signifikan terhadap kehidupan spiritualitas.

    BalasHapus
  143. Ingat Tuhan menjanjikan kepada kita masa depan yang indah dan penuh harapan. Jangan biarkan masa lalu kita yang buruk mencuri masa depan kita dan jangan biarkan kehidupan kita yang baru di dalam Yesus diisi dengan masa lalu yang buruk. Yang lalu biarlah berlalu, sesungguhnya yang baru telah tiba.

    BalasHapus
  144. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia berubahlah oleh pembaharuan budimu

    BalasHapus
  145. Syalom pak saya ingin bertanya, kalau kita mimpi sebuah bunga yang indah apa pak?

    BalasHapus
  146. Kecewa itu adalah tanda Kita di Tipu😇

    BalasHapus
  147. Bagaimana seseorang yang berpengharapan tinggi padahal pada akhirnya tidak tercapai dan akhirnya mengecewakan diri sendiri
    Jawabannya adalah
    Hanya yesus pengharapan kita
    Dan kecewa adalah tipuan iblis

    BalasHapus
  148. Hari ini bangun gairah semangat mu Amin?

    BalasHapus
  149. Cara melayani pemuda yang tertutup dan dingin yaitu bangun gairahmu,Dan munculkan smngtmu terlbh dahulu

    BalasHapus
  150. Jangan mau kecewa hanya karena kamu sedang mengalami masalah.
    Karena kecewa itu adalah tipuan, jangan mau tertipu dengan setannnn(pikiran²yang tidak membangun)

    BalasHapus
  151. Shalom pak Nem...
    Gimana Cara melayani pemuda yang tertutup dan dingin pak?
    Jwb : Membangun diri dengan gairah yang penuh semangat agar dapat di teladani.

    BalasHapus
  152. Gimana caranya agar kita menjadi contoh yang baik dikalangan remaja, hal apa saja yang dapat kita terapkan;
    Menerima setiap Pemuda apa adanya, belajar Untuk mendukungnya dalam hal yg positif dan Milikilah karunia-karunia.

    BalasHapus
  153. Kita melihat yang merusak masa depan kita bukanlah Tuhan. Tuhan justru ingin kita hidup dalam damai dan sukacita, di Bumi seperti di Sorga. Berhentilah menyalahkan Tuhan dan mulailah koreksi keputusan Anda. Mulailah menjadikan Firman Tuhan sebagai pedoman sebelum membuat keputusan. Yosua 1:8 katakan, jika kita bertindak hati-hati sesuai yang tertulis di dalamnya, perjalanan kita, atau saya katakan, masa depan kita, pasti berhasil dan beruntung

    BalasHapus
  154. Jangan fokus kepada masa lalu kita, tetapi fokuslah kepada apa yang Tuhan sedang kerjakan bagi masa depan kita. Dia ingin memulihkan jiwa dan mimpi kita. Tetaplah percaya dan berharap, karena Tuhan sedang membuka rute baru bagi masa depan kita.

    BalasHapus
  155. Orang tua sebagai lingkungan terkecil dan role model juga cukup berpengaruh bagi remaja pemuda untuk aktif dalam pelayanan di gereja. Sebagai orang tua adalah baik mempunyai kejelasan tentang apa yang sepatutnya kita lakukan terhadap anak remaja pemuda.

    BalasHapus
  156. 1. Punya tujuan hidup, 2. Mandiri, 3. Bersahabat dan berwawasan, 4. Memiliki investasi,

    5. Realistis dan lurus

    BalasHapus

Posting Komentar