KITAB PUISI | STAPIN 2023



KITAB PUISI 

Alkitab merupakan salah satu buku yang paling berpengaruh di dunia. Menjelaskan pertanyaan-pertanyaan besar mengenai kehidupan. Buku ini menginspirasi banyak orang untuk melakukan hal-hal yang besar 

Semua kitab dan ayat di ALKITAB (Kejadian – Wahyu) adalah sederajat. Ayat-ayat tersebut disusun dengan cara yang sangat ajaib dan tentu saja jika bukan campur tangan Tuhan, ALKITAB tidak akan pernah sampai ke tangan kita hari ini. Karena Firman Tuhan merupakan Tuhan sendiri (Yohanes 1:1), maka ayat-ayat, pasal-pasal, dan kitab-kitab di dalam ALKITAB tidak mungkin saling bertentangan satu sama lain. 

Disebut puisi karena memang isinya puitis. Dalam bahasa aslinya indah sekali, bahkan banyak yang berima karena ditulis sebagai lagu. Kitab ini berisi tentang pengalaman para penulis. Di mana kitab ini memaparkan pengalaman nyata manusia yang mengutak-atik masalah-masalah pelik dan mengungkapkan realita secara merata. Khususnya pengalaman rohani kaum saleh dan beragam cara mengatasi hidup yang berubah-rubah di bawah matahari. 

Hikmat dari kata dasar bahasa Ibrani hakam tersebar disetiap kitab puisi sebagai ciri khas yang saling melengkapi. 

Kitab Ayub mengajarkan hikmat, bawasanya Allah adalah Hakim yang adil, sekalipun yang dialami manusia seperti Ayub seakan akan tidak adil. 

Kitab  Mazmur mengajarkan hikmat untuk senantiasa taat kepada semua perintah sesuai petunjuk hukum-hukumNya. 

Kitab Amsal mengajarkan hikmat bahwa orang benar akan diberkati, sedangkan orang fasik pasti dihukum. 

Kitab Pengkhotbah mengajarkan hikmat bahwa pada akhirnya akan ada penghakiman Allah. 

Kitab Kidung Agung mengajarkan hikmat, bawasanya Tuhan adalah Hikmat kasih sumber segala kasih 

Kitab Puisi Ibrani: Melalui puji-pujian kepada Tuhan Pencipta dan Penebus, Melalui pengajaran hidup penulis-penulis Amsal, Melalui pengalaman kebahagiaan dan penderitaan. 

 

1. AYUB 

Judul kitab ini diambil dari tokoh utama yang diceritakan oleh kitab ini yaitu Ayub. Nama Ayub berasal dari kata Ibrani IYOB dari akar kata AYAB yang artinya ‘memusuhi’ (to be hostile to), ‘menjadi musuh’ (to be an enemy), ‘aku ingin menjerit’ (I will exclaim), ‘membenci’ (hatred), ‘celaka’ (the cry of woe). Arti sesungguhnya sulit dipastikan karena kurangnya bukti-bukti otentik. Namun yang pasti nama Ayub mengingatkan kita akan aib yang harus ditanggung Ayub yang saleh dan berintegritas tinggi, sehingga ia disangka orang terkena tulah dari Allah. 

Kisah Ayub terjadi kira-kira pada zaman Abraham, sekitar 1900 SM. Mengisahkan tentang seorang saleh bernama Ayub yang diizinkan Tuhan untuk kehilangan segala harta benda & kesehatannya supaya imannya dimurnikan. Ketiga temannya (Zofar, Bildad, Elifas) menuduh Ayub telah berdosa besar sehingga ia dihukum Tuhan. Elihu, teman Ayuub yang lain mengatakan bahwa hal-hal yang terjadi itu terlalu tinggi untuk dimengerti. 

Akhirnya, Tuhan sendiri menjawab keluhan-keluhan Ayub; Ia mengingatkan Ayub bahwa Ia tidak mempunyai kewajiban untuk menjawab Ayub & bahwa hikmat Tuhan itu terlalu tinggi untuk dimengerti manusia. Pada akhir kisah, Tuhan memulihkan seluruh harta, anak & kesehatan Ayub. 

Kristus dalam Tipologi dalam kitab Ayub adalah  Kristus digambarkan dalam beberapa cara di dalam kitab Ayub. Ayub mengakui adanya seorang Penebus (19:25-27) dan berdoa untuk meminta seorang Penengah (9:33; 33:23). Dia tahu bahwa dirinya membutuhkan seseorang yang dapat menjelaskan misteri “penderitaan,” yang hanya dapat dijawab di dalam Kristus, yang memperkenalkan kepada kita penderitaan dan jawaban terhadap dakwaan-dakwaan setan, yang menentang Allah, dan mengalahkannya (Ibrani 2:14- 18; 4:15; Roma 8:32-34). 

Kisah tentang Ayub telah banyak membuat banyak orang Kristen berpikir bahwa Tuhan berteman dengan iblis, dalam kitab Ayub 1:6-12 di mana Tuhan berbicara dengan iblis, seolah mendiskusikan perihal mengenai Ayub, beberapa orang mengatakan iblis adalah pesuruh Tuhan yang ditugaskan untuk mencobai kita. Sungguh pemahaman yang keliru. peristiwa di dalam Ayub 1:6-12 ditafsirkan bahwa Tuhan bekerja sama atau mengijinkan iblis untuk mencelakai Ayub. Kita percaya bahwa Tuhan yang kita sembah tidak berubah dulu, sekarang, dan selamanya (Ibrani 13:8). Dan sampai selamanya TUHAN adalah sumber segala yang baik, iblis adalah sumber segala yang jahat, dan mereka tidak bersabahat satu dengan yang lain 

Kalau bukan TUHAN yang mengijinkan Ayub menderita, lalu apa atau siapa yang menyebabkan dia menderita begitu hebat? 

Kita perlu tahu bahwa Tuhan atau pun iblis tidak dapat bekerja di dalam hidup kita jika kita tidak mengijinkannya? Firman Tuhan katakan di dalam Titus 2:11, “Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.” Tentu Anda setuju dengan saya bahwa YESUS telah datang ke dunia 2000 tahun lalu untuk menebus dosa seluruh dunia (Yohanes 1:29) dan membawa pendamaian antara Bapa dengan manusia (2 Korintus 5:19, Kolose 1:20). Melalui YESUS, Bapa telah memberikan keselamatan bagi semua orang. 

Mari kita lihat dasar ketakutan Ayub. Ayub 1:4-5 

Kita tahu Ayub takut terhadap siapa? Ya benar, Ayub takut terhadap Tuhan. Ayub berpikir bahwa jika dia tidak menguduskan anak-anaknya setiap hari, maka Tuhan akan menghukum mereka. Sejujurnya, ini yang terjadi dengan kebanyakan orang Kristen. Mereka takut kepada TUHAN. Takut dalam konteks jangan-jangan Tuhan akan memberikan yang buruk, bagaimana jika nanti TUHAN menghalangi kita dari berkat, atau Tuhan bisa saja tidak memberikan kesembuhan kepada kita. Sungguh, kita mengesampingkan Pribadi TUHAN yang adalah kasih jika kita berpikir seperti ini. 

Ayub 3:25 Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku. 

Mari kita sedikit melintas waktu ke zaman Ayub. Menurut perkiraan para ahli, kitab Ayub ditulis sekitar 600 tahun Sebelum Masehi. Ada juga yang mengatakan 1500 tahun Sebelum Masehi. Sungguh waktu yang jauh sebelum Yesus datang ke dunia dan sangat jauh sebelum Alkitab ada. 

Kisah Ayub menggambarkan keintiman seorang manusia dan Tuhan. Di mana di tengah tekanan yang besar, dengan terbukanya mengatakan apa saja kepada Tuhan seperti tanpa ada pembatas. Mulai dari mengeluh, mengasihi diri sendiri, berprasangka buruk, menuduh, sampai mengutuk Tuhan. Namun sisi lain, Tuhan setia ada di sana, tetap menyatakan kasih-Nya, dan sabar menantikannya percaya kepada-Nya. 

Kita bisa membacanya dengan jelas, bagaimana selama berpuluh-puluh pasal Ayub terus menerus mempertanyakan, menyalahkan, bahkan menantang Tuhan. Ayub marah dan kecewa kepada Tuhan. Ayub “salah alamat”. Ayub berpikir Tuhan yang menyebabkan semuanya itu. Siapa yang paling diuntungkan dalam situasi ini? Sudah jelas iblis. Iblis yang menyebabkan penderitaan Ayub, tetapi Ayub menyalahkan Tuhan. 

Tidakkah kita mulai melihat gejala ini mirip dengan sebagian orang Kristen di zaman sekarang? Mereka menganggap Tuhan yang bertanggung jawab untuk segala sesuatu yang buruk yang terjadi di dalam hidup mereka? Padahal Yakobus 1:17 dengan jelas mengatakan, “Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.” 

Tapi, inilah yang sesungguhnya iblis inginkan terjadi. Iblis begitu ingin anak-anak Tuhan memiliki gambaran yang salah mengenai Bapa Sorgawi. Di sinilah celahnya. Ketika kita ketakutan akan sesuatu, pada dasarnya kita sedang mengharapkan yang buruk yang kita pikirkan itu terjadi. 

Ayub membuka opininya tentang Tuhan di Ayub 1:21, “Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil, terpujilah nama Tuhan!” Lalu di tengah kesesakannya, Ayub mulai mengasihani diri (Ayub 7:19-21), “Bilakah Engkau mengalihkan pandangan-Mu dari padaku, dan membiarkan aku, sehingga aku sempat menelan ludahku? Kalau aku berbuat dosa, apakah yang telah kulakukan terhadap Engkau, ya Penjaga manusia? Mengapa Engkau menjadikan aku sasaran-Mu, sehingga aku menjadi beban bagi diriku? Dan mengapa Engkau tidak mengampuni pelanggaranku, dan tidak menghapuskan kesalahanku? Karena sekarang aku terbaring dalam debu, lalu Engkau akan mencari aku, tetapi aku tidak akan ada lagi.” 

Apa alasan Ayub mengungkapkan semua keluh kesahnya? Dari mana Ayub memiliki opini seperti itu mengenai Tuhan? Ayub menjawabnya, “Dari kata orang …” 

Sama seperti kita. Mungkin kita hanya mendengar tentang Tuhan dari apa kata orang lain, dari hamba Tuhan, dari radio, televisi, buku, atau lainnya. Tidak ada yang salah dengan hal itu, selama sesuai dengan yang tertulis di dalam Firman Tuhan. Namun jangan berhenti di situ. Ayub pun tidak berhenti dari mendengar kata orang, dia melanjutkan, “tetapi sekarang mataku sendiri memandang engkau.” 

Pernyataan di atas menunjukkan bahwa Ayub membangun hubungan pribadinya dengan Tuhan dan dengan cara itu Ayub mendapatkan opini tentang Tuhan yang jauh lebih baik. Ayub menyadari bahwa Tuhan tidak seperti yang pernah dia dengar dari orang lain dan tidak seperti yang pernah dia ucapkan. Itu sebabnya di ayat 6 Ayub mengatakan, “Aku mencabut perkataanku dan menyesal …” 

Kita belajar dari kisah Ayub di atas. Milikilah waktu pribadi bersama Tuhan, meluangkan waktu untuk merenungkan kebenaran-Nya, dan mendengar suara-Nya, agar kita mengenal-Nya secara pribadi, bukan sekadar dari kata orang. 


2. MAZMUR 

Dalam Bahasa Ibrani, kitab Mazmur berjudul Tehilim atau Sefer Tehilim (Kitab-kitab Tahlil) atau disingkat Tilim (Kidung pujian). Septuaginta memberi nama Psalmoi (Mazmur) yaitu lagu-lagu atau puisi-puisi yang dinyanyikan dengan iringan musik. Kata Psalmos berasal dari psallein artinya ‘memetik senar’ pengiring lagu. 

Sekalipun sebagian besar teks Mazmur tidak menunjukkan siapa penulisnya, namun judulnya sering memberi petunjuk tentang penulisnya. Para penulis itu diantaranya : Ethan menulis 1 Mazmur yaitu psl. 89; Musa menulis 1 Mazmur yaitu psl. 90; Salomo menulis 2 Mazmur yaitu psl. 72 dan 127; Korah menulis 12 Mazmur yaitu psl. 42, 44-49, 84-85, 87-88;  Asaf menulis 12 Mazmur yaitu psl. 50, 73-83 dan Daud menulis 73 Mazmur. 

Mazmur dibagi menjadi 5 bagian: 

1. Hubungan manusia & ciptaan dengan Tuhan (pasal 1-41) 

2. Hubungan Bangsa Israel dengan Tuhan (pasal 42-72) 

3. Bait Allah & takhta Tuhan (pasal 73-89) 

4. Perjalanan iman manusia dalam hidup di dunia (pasal 90-106) 

5. Ucapan syukur kepada Tuhan atas firman-Nya pada manusia (pasal 107-150) 

Tipologi Kristsus dalam kitab Mazmur adalah: Banyak dari ayat-ayat Mazmur menceritakan tentang Mesias dan berbicara tentang kemanusiaan dan pekerjaan Kristus. 

Di tengah melandanya ketakutan dan kekuatiran, Tuhan berbicara secara spesifik di dalam hati saya mengenai dua pasal di atas, Mazmur 23 dan Mazmur 91. Supaya setiap kita membaca, merenungkan, dan menghafalkannya. Perhatikan, bukan hanya membaca saja, tetapi MENGHAFALKANNYA. 

Dua pasal di atas menuliskan mengenai janji Tuhan yang sangat luar biasa bagi setiap orang percaya. Mazmur 23 bercerita mengenai Gembala Yang Baik, yang menjaga, memelihara, dan menuntun kita, domba-domba-Nya. Sementara, Mazmur 91 menceritakan mengenai penjagaan dan penyertaan Tuhan bagi kita di tengah bahaya dan kegelapan. 

Tuhan ingin kita tidak takut dan gentar, karena Dia senantiasa bersama-sama dengan kita. Di tengah masalah, Tuhan ingin kita memandang kepada-Nya. Jadikan dua pasal ini doa kita setiap hari, pagi saat bangun tidur (Mazmur 23) dan malam sebelum tidur (Mazmur 91). Membaca dua pasal ini tidak lama, hanya memakan waktu sekitar 3-5 menit saja.

Jika kita sudah berkeluarga, bacalah dua pasal ini bersama keluarga kita. Kalau anak kita masih terlalu kecil untuk membaca, bacakanlah untuk mereka setiap hari. Saat kita membacanya, kita dapat mengganti kata “aku”, “engkau”, atau “kamu” pada setiap ayat dengan nama kita atau anggota keluarga kita. 

Melalui pembacaan dua pasal di atas, Tuhan ingin kita juga mengingat bahwa kita tidak sendiri. Ada Tuhan yang tidak pernah meninggalkan kita. 

Jangan isi pikiran kita dengan hal-hal negatif. Isilah dengan kebenaran Firman Tuhan yang memerdekakan. Sementara kita membaca, merenungkan, menghafal, dan mempercayai dua pasal di atas, saya percaya terobosan besar terjadi dalam kehidupan kita. Terobosan karir, bisnis, finansial, keluarga, studi, pelayanan, kesehatan, dan lain sebagainya  


3.AMSAL

Artinya “peribahasa”. Sebagian besar kitab ini ditulis Salomo. Kitab ini banyak berisi tentang peribahasa-peribahasa bijak yang dikisahkan sebagai nasihat seorang bapak kepada anaknya. 

Amsal memperoleh namanya dari isinya yaitu pepatah atau peribahasa yang menyampaikan kebenaran dengan cara yang ringkas dan tajam. Kata Ibrani Mashal (terjemahan Indonesia : misal atau perumpamaan) yang juga berarti ‘paralel’ , ‘serupa’, ‘perbandingan’. Amsal merujuk pada suatu perbandingan atau tamsil yang menggaris bawahi peribahasa moral. Sebagai pepatah ringkas, sebuah Amsal merujuk pada suatu antitesis. Judul ini berasal dari fakta bahwa tulisan ini adalah ringkasan pengajaran moral dan spiritual yang dirancang untuk memungkinkan seseorang dapat hidup bijaksana 

Menurut 1 Raja-raja 4:32, Salomo menggubah 3000 amsal dan 1005 lagu. Sekalipun dia memang menulis sebagaian besar dari kitab Amsal ini, paruh terakhir menunjukkan bahwa dia bukan satu-satunya penulis kitab ini. Rinciannya yaitu Salomo menulis psl. 1-24, koleksi Hizkia psl. 25-29, koleksi Agur psl. 30 dan koleksi Lemuel psl. 31. 

Kitab ini terdiri dari 3 bagian: 

1. Nasihat untuk orang muda (pasal 1-9) 

2. Nasihat untuk umum (pasal 10-24)

3. Nasihat untuk pemimpin (pasal 25-31) 

Tipologi Kristus dalam kitab Amsal. Di mana kebajikan digambarkan sebagai seseorang dan ditampilkan dengan sempurna. Itulah Allah (8:22-31), yang merupakan sumber kehidupan biologi dan rohani (3:18; 8:35-36), yaitu kebenaran dan morall (8:8-9) dan diberikan bagi semua yang mau menerimanya (8:1-6, 32-35). Kebajikan ini hadir dalam daging di dalam pribadi Kristus “di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan” (Kolose 2:3). “Tetapi oleh Dia, kamu berada di dalam Kristus Yesus, yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi kita. Ia membenarkan dan menguduskan dan menebus kita.” (1 Korintus 1:30 cf. 1 Korintus 1:22-24) 

Amsal 8:13 Takut akan Tuhan ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat:  

Ketika kita takut akan Tuhan, Firman Tuhan mengatakan kita akan membenci kejahatan. Sangat masuk akal. Ibaratnya, jika kita menyelam ke dalam sebuah kolam, kita dapat pastikan seluruh tubuh kita pasti basah. Sama halnya dengan hadirat Tuhan. Kita tidak mungkin “menyelam” ke dalam hadirat Tuhan, tetapi tidak menjadi semakin serupa dengan Tuhan. Benar? 

Logikanya, jika kita mengenal Tuhan, kita pasti mencintai apa yang Tuhan cintai dan membenci apa yang Tuhan benci. Jika kita mencintai yang Tuhan benci dan membenci yang Tuhan cintai, saya meragukan kita mengenal Dia dengan benar. 

Kehidupan Yesus sendiri membuktikan hal di atas. Yesus mendeklarasikan bahwa Dia dan Bapa adalah satu. Yohanes 5:19 mengatakan, “Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.” 

Renungan hari ini dapat menjadi bahan refleksi bagi kita. Melihat lagi bagaimana kita menjalani kehidupan kita selama ini. Apakah kita sedang menjalani kehidupan yang takut akan Tuhan atau kita sedang semakin menjauh dari Tuhan? 

 

4. PENGKOTBAH 

Diberi nama “pengkhotbah” karena memang berisi tentang pemikiran seseorang yang berkhotbah di hadapan orang banyak, yaitu Salomo (pengarangnya). “Sia-sia” adalah kata favorit sang pengkhotbah (30 kali). Kitab ini mengisahkan bahwa segala hal (hikmat, kerja keras, kenikmatan dunia, harta kekayaan)itu sia-sia di luar Tuhan. 

Nama Pengkhotbah berasal dari judul yang diberikan oleh Septuaginta. Istilah Yunani: ecclesiastes, berarti ‘perhimpunan’ yang berasal dari kata ekklesia yaitu yang dipanggil keluar untuk berhimpun bersama (kaum beriman). Judul Ibrani Qoheleth berarti ‘seseorang yang berbicara dalam suatu qahalayak ramai’ yang biasanya disebut ‘pengkhotbah’. 

Tipologi Kristus dalam Pengkhotbah adalah Karena Kristus sendiri penghubung manusia kepada Tuhan, di mana manusia menemui keutuhan dan kepuasan, atau hidup dan hidup yang berkelimpahan (Yohanes 10:10; 7:37-38), kekosongan yang dialami dalam hidup ini hanya dapat diisi melalui hubungan pribadi dengan Tuhan Yesus. Aspirasi manusia untuk mendapatkan kepuasan dan hidup yang berarti, hanya ditemui di dalam Juruselamat. 

Tuhan Ada di Setiap Musim Kehidupan (Pengkhotbah 3:1-14) 

Ada begitu banyak perkara yang sudah kita lewati dalam hidup kita. Mungkin ada perkara-perkara bodoh yang kita lakukan dan ada juga perkara-perkara baik yang memberikan dampak bagi banyak orang. 

Mengenai hal-hal bodoh yang pernah kita lakukan, saya tidak ada nasihat selain segera perbaiki, bangkit dari kejatuhan kita, dan jadi lebih baik di masa mendatang. Saya percaya Tuhan ingin agar kehidupan kita selalu naik, bukan turun. 

Mengenai hal-hal baik yang kita lakukan, gali dan kembangkan. Saya percaya segala sesuatu yang baik yang kita lakukan di dalam Tuhan akan menjadi dampak luar biasa bagi banyak orang jika kita tekuni 

Allah ada di setiap musim kehidupan. Ia ada bersama kita ketika kita sehat maupun sakit, ketika kenyang maupun lapar, ketika sedih mau mau pun senang, ketika memperoleh maupun kehilangan, ketika berkarya maupun tidak. Oleh karena itu, mari kita berterima kasih kepada Allah, bersyukur kepada-Nya 

Segala sesuatu ada waktunya, dan itu berarti tidak ada yang permanen, tetap dan abadi. Mungkin kita pernah marah atau benci, tetapi perasan itu harus segera diganti dengan mengasihi. Tak boleh ada kebencian permanen pada seseorang. Tak boleh ada kemarahan abadi pada sesama. Tak boleh ada dendam kesumat sepanjang waktu terhadap orang lain. Perasaan-perasaan negatif itu harus diganti dengan perasaan-perasaan positif seperti mengasihi, memaafkan, mengampuni, melepaskan. Hal-hal yang negatif tidak boleh menetap dalam hati kita dan menjadi racun dalam diri kita. Juga, tak boleh hanya menyimpan, mengumpulkan, menumpuk untuk diri, dan lupa berbagi, memberi pada sesama dan peduli pada orang lain. Tak boleh terus menangis, bersedih, tetapi harus digantikan dengan bergembira. Tak boleh kita hanya mau bicara, dan tak mau berdiam diri untuk mendengar orang lain. Segala perasaan kita, pikiran kita, pendapat kita, sikap kita, pendirian kita, mesti cair, fleksibel, longgar untuk mengalami perubahan dan pembaharuan. Karena tanpa kerelaan untuk mau berubah, tak akan ada pembahauan dalam hidup kita. Cukup Allah saja yang bersifat tetap, kekal, permanen, abadi, sedangkan hati kita, diri kita harus mau mengalami perubahan agar menjadi semakin baik dan benar. 

Ada yang  pernah menangis, ada yang pernah tertawa, ada yang pernah terluka, ada yang pernah sembuh, ada yang pernah berhasil, ada yang gagal, ada yang pernah kenyang, ada yang pernah lapar. Mungkin kita pernah berkuasa, dan lalu kita kehilangan kekuasaan itu. dst. Apa pun itu, kalau kita masih ada hingga kini, itu bukti bahwa Allah sangat mengasihi kita. Ia setia menyertai kita hingga kini. 

Hidup sia-sia adalah kalau kita tidak mengenal isi hati Tuhan, dan tidak melakukan misi kasih-Nya dalam kehidupan.

 

5. KIDUNG AGUNG 

Berkaitan dengan judul kitab ini Ryrie menulis: kitab ini diberi judul dengan beberapa cara: Judul Ibraninya diayat 1, Kidung dari segala Kidung yang artinya ‘paling indah atau kidung terindah’. Judul Inggrisnya juga diambil dari ayat 1, idung Salomo yang menunjuk sang penulis dan canticles (Latin) yang artinya ‘kidung pujian’. 

Merupakan sebuah lagu cinta pernikahan. Singkatnya, buku ini mengisahkan tentang cinta Salomo pada istri-istri yang dinikahinya (700 istri & 300 selir). Kitab ini merupakan gambaran murninya cinta Kristus pada gereja-Nya. 

Tema kitab ini yaitu cinta kasih. Hal ini nyata dari isi kitab Kidung Agung yang adalah kidung cinta yang penuh dengan beragam metafora dan ibarat yang dirancang untuk melukiskan cara pandang Allah tentang kasih dan pernikahan: keindahan cinta suami-istri. 

Kitab ini juga menunjukkan bahwa Tuhan menghargai pernikahan sebagai sesuatu yang suci di hadapan-Nya, sebagai gambaran kasih-Nya pada jemaat-Nya. 

Tipologi Kristus dalam Kitab kidung Agung adalah Kidung ini menggambarkan kasih Kristus kepada Orang-Orang Percaya. 

Banyak orang berkata bahwa Kidung Agung adalah kitab yang tidak senonoh. Tentu saja itu pemikiran yang salah. Kidung Agung merupakan salah satu kitab paling jujur dan romantis yang pernah ditulis oleh seorang pria kepada wanita yang dicintainya. Kidung Agung merupakan tulisan-tulisan yang dibuat oleh Salomo di masa kejayaannya ketika dia sedang jatuh cinta. Dan kitab ini juga merupakan gambaran tentang kasih YESUS kepada mempelai-NYA, yaitu kita. Itu sebabnya ALKITAB sering menggambarkan bahwa YESUS adalah mempelai pria dan gereja (kita) adalah mempelai wanitanya (Matius 25:1-13). Banyak hal tentang cinta yang dapat kita pelajari melalui kitab ini: JATUH CINTA ITU KEPUTUSAN 

Kidung Agung 8:4b Mengapa kamu membangkitkan dan menggerakkan cinta sebelum diingininya? 

Kidung Agung 8:6 Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN! 

Jangan bangkitkan cinta sebelum waktunya, karena cinta kuat seperti maut. Teman, sama seperti emosi lainnya, perasaan jatuh cinta merupakan keputusan. Perasaan sakit hati dan jatuh cinta tidak hadir di dalam hati Anda tanpa kerjasama dari Anda. Anda yang memutuskan untuk jatuh cinta atau sakit hati. Perasaan tersebut muncul di hati Anda karena Anda terus menerus memikirkannya. Jadi Anda yang bertanggungjawab atas perasaan tersebut. Banyak orang berkata “Saya sebenarnya tidak menginginkan jatuh cinta, tapi ya apa boleh buat, cinta datang tiba-tiba” Teman, ini adalah pernyataan yang sama sekali tidak bertanggungjawab. Cinta dan benci/sakit hati dan perasaan lainnya adalah hal yang kita bangkitkan. Jadi kita bisa memilih untuk tidak jatuh cinta atau sakit hati. 

Bagi  yang masih muda, pertimbangkan ini sematang mungkin. Semua kisah percintaan di dalam Alkitab terjadi di antara usia 25-35 tahun dan lebih. Alkitab tidak pernah salah. Usia 25-35 tahun adalah usia matang bagi pria ataupun wanita untuk memiliki cinta. Pisau berguna untuk memotong buah, kertas, atau daging, tapi di tangan anak kecil, pisau itu menjadi alat yang sangat membahayakan bagi si anak tersebut ataupun orang lain di sekitarnya. Cinta di saat yang tepat dapat membuat hidup seseorang jadi lebih baik, sebaliknya, cinta di tangan anak kecil, hanya akan membawa sakit hati, kepahitan, dan kekecewaan. 

Kidung Agung 6:9 Tetapi dialah satu-satunya merpatiku, idam-idamanku, satu-satunya anak ibunya, anak kesayangan bagi yang melahirkannya; puteri-puteri melihatnya dan menyebutnya bahagia, permaisuri-permaisuri dan selir-selir memujinya. 

Salomo merupakan raja Israel yang memiliki istri dan selir paling banyak. Bahkan ayahnya, Raja Daud, dikalahkan oleh Salomo dalam hal ini. Namun tahukah Anda bahwa sekalipun Salomo memiliki banyak wanita di dalam hidupnya, namun dia hanya jatuh cinta kepada satu wanita saja? Mungkin Anda berpikir dan berkata kepada saya, “Memangnya Salomo tidak mencintai istri atau selirnya yang lain?” 

Manusia hanya bisa jatuh cinta kepada satu orang saja. Jika Anda bertemu dengan orang yang mengatakan dia jatuh cinta kepada dua atau tiga orang atau lebih, itu artinya dia tidak sedang jatuh cinta kepada pasangan-pasangannya. Dia sedang jatuh cinta kepada dirinya sendiri. Ya, sekali lagi saya katakan, manusia hanya bisa jatuh cinta kepada satu orang saja. Entah itu kepada dirinya sendiri atau pun kepada orang lain. 

Bagi yang sudah memiliki pasangan atau sedang mencari pasangan hari ini. Mari kita untuk setia hanya kepada satu orang saja. Berikan cinta kita kepada orang yang tepat dan di saat yang tepat. Jika mencintai seseorang, berikanlah cinta sepenuhnya kepada orang tersebut, sampai tidak ada lagi yang tersisa yang bisa kita berikan untuk orang lain. 

Sebagai contoh: Kita tahu alasan paling dasar kenapa orang selingkuh? Karena orang tersebut tidak mencintai pasangannya sepenuh hati. Masih ada cinta yang bisa dia sisakan untuk diberikan bagi orang lain, dalam hal ini adalah selingkuhannya. Dan pada dasarnya orang tersebut tidak sedang mencintai pasangannya atau pun selingkuhannya, melainkan dia sedang mencintai dirinya sendiri. Akhir kata saya ingin katakan, tidak ada yang salah dengan jatuh cinta di saat kita sudah dewasa dan sudah saatnya memiliki pasangan, hanya saja jangan sampai cinta itu menjatuhkan kita dari TUHAN 

Firman Tuhan katakan dalam Kidung Agung 2:5 untuk tidak membangkitkan cinta pada waktunya. Kenapa? Alasannya sederhana, Kidung Agung 8:6 menjelaskan, ” … karena cinta kuat seperti maut.” 

Sebagian anak TUHAN mungkin kuat ketika diperhadapkan dengan urusan menyontek, korupsi, mencuri, atau membunuh, namun jika sudah bicara urusan cinta, biasanya cenderung “terjun bebas” alias tidak ada rem-nya. Tidak sedikit yang berpikir, “Kesempatan tidak datang dua kali.” 

Jatuh cinta bisa membuat seseorang kehilangan akal sehatnya. Tidak sedikit orang yang meninggalkan TUHAN, entah dengan cara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi, hanya karena jatuh cinta. Bahkan, media massa pun melaporkan kisah-kisah di mana orang bunuh diri hanya karena cinta. Oh, sungguh bodoh! 

“Saya tahu saya salah, tapi saya sudah terlajur jatuh cinta, bagaimana cara meredamnya?” Sama seperti orang obesitas (kelebihan berat badan yang tidak wajar). Tidak ada orang yang dilahirkan obesitas. Obesitas adalah pilihan. Yang artinya, Anda bisa memilih untuk menjadi kurus. Begitu juga jatuh cinta. Kita tidak tiba-tiba jatuh cinta. Faktanya adalah kita memilih untuk jatuh cinta (JATUH CINTA ITU PILIHAN). Dengan kata lain, kita bisa memilih untuk tidak jatuh cinta. 

Jangan terburu-buru jatuh cinta (SABAR MENCARI PASANGAN), apalagi jatuh cinta hanya karena ada kesempatan atau pun karena merasa memiliki banyak kesamaan. Percayalah, bukan hal-hal itu yang membuat hubungan suami-istri bertahan sampai maut memisahkan. 

Pastikan ketika kita mencintai seseorang, kita memilihnya berdasarkan Firman Tuhan. Artinya, kita memilihnya sesuai standar Tuhan (SEPADAN DAN SEIMAN), kita mencintainya dengan cara TUHAN (PASANGAN YANG MENCINTAI TUHAN), dan mendapatkannya dengan cara TUHAN (JATUH CINTA HANYA KE SATU ORANG). 

Jangan menjadi bodoh dan mengorbankan TUHAN hanya karena kita sedang jatuh cinta. Sebaliknya, jadikan Firman Tuhan sebagai dasar kita jatuh cinta. Ketika kita jatuh cinta kepada ORANG yang tepat, di WAKTU yang tepat, dan dengan CARA yang tepat, dijamin kita akan sangat menikmati masa-masa jatuh cinta kita dalam damai dan sukacita, bukan dengan ketakutan dan perasaan tertuduh

Latihan Soal:

1. Alkitab merupakan salah satu buku yang paling berpengaruh di dunia, jelaskan!

2. Jelaskan apa yang di maksud Kitab Ayub mengajarkan hikmat!

3. Jelaskan apa yang dimaksud Kitab Mazmur mengajarkan hikmat!

4. Jelaskan apa yang dimaksud Kitab Amsal mengajarkan!

5. Jelaskan apa yang dimaksud Kitab Pengkhotbah mengajarkan hikmat !

6. Jelaskan apa yang dimaksud Kitab Kidung Agung mengajarkan hikmat!

7. Hal apa saja yang dapat kita pelajari dari kitab Ayub?

8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan MENCINTAI YANG TUHAN CINTAI DAN MEMBENCI YANG TUHAN BENCI!

9. Apa yang dimaksud dengan SEGALA SESUATU ADA WAKTUNYA!

10. Berikan pengertian Anda tentang: Ketika kita jatuh cinta kepada ORANG yang tepat, di WAKTU yang tepat, dan dengan CARA yang tepat

Komentar

  1. Kisah Ayub terjadi kira-kira pada zaman Abraham, sekitar 1900 SM. Mengisahkan tentang seorang saleh bernama Ayub yang diizinkan Tuhan untuk kehilangan segala harta benda & kesehatannya supaya imannya dimurnikan. Ketiga temannya (Zofar, Bildad, Elifas) menuduh Ayub telah berdosa besar sehingga ia dihukum Tuhan. Elihu, teman Ayuub yang lain mengatakan bahwa hal-hal yang terjadi itu terlalu tinggi untuk dimengerti.

    BalasHapus
  2. Jangan menjadi bodoh dan mengorbankan TUHAN hanya karena kitaa sedang jatuh cinta. Sebaliknya, jadikan Firman Tuhan sebagai dasar kita jatuh cinta. Ketika kita jatuh cinta kepada ORANG yang tepat, di WAKTU yang tepat, dan dengan CARA yang tepat, dijamin kita akan sangat menikmati masa-masa jatuh cinta kita dalam damai dan sukacita, bukan dengan ketakutan dan perasaan tertuduh

    BalasHapus
  3. Jika kita sudah berkeluarga, bacalah dua pasal ini bersama keluarga kita. Kalau anak kita masih terlalu kecil untuk membaca, bacakanlah untuk mereka setiap hari. Saat kita membacanya, kita dapat mengganti kata “aku”, “engkau”, atau “kamu” pada setiap ayat dengan nama kita atau anggota keluarga kita.

    BalasHapus
  4. Dengan kata lain, kita bisa memilih untuk tidak jatuh cinta.

    BalasHapus
  5. Jatuh cinta bisa membuat seseorang kehilangan akal sehatnya.

    BalasHapus
  6. Mari kita sedikit melintas waktu ke zaman Ayub. Menurut perkiraan para ahli, kitab Ayub ditulis sekitar 600 tahun Sebelum Masehi. Ada juga yang mengatakan 1500 tahun Sebelum Masehi. Sungguh waktu yang jauh sebelum Yesus datang ke dunia dan sangat jauh sebelum Alkitab ada.

    BalasHapus
  7. Tipologi Kristus dalam Kitab kidung Agung adalah Kidung ini menggambarkan kasih Kristus kepada Orang-Orang Percaya.

    BalasHapus
  8. Kristus dalam Tipologi dalam kitab Ayub adalah Kristus digambarkan dalam beberapa cara di dalam kitab Ayub.

    BalasHapus
  9. Alkitab merupakan salah satu buku yang paling berpengaruh di dunia. Menjelaskan pertanyaan-pertanyaan besar mengenai kehidupan. Buku ini menginspirasi banyak orang untuk melakukan hal-hal yang besar

    BalasHapus
  10. Kristus dalam Tipologi dalam kitab Ayub adalah Kristus digambarkan dalam beberapa cara di dalam kitab Ayub. Ayub mengakui adanya seorang Penebus (19:25-27) dan berdoa untuk meminta seorang Penengah (9:33; 33:23). Dia tahu bahwa dirinya membutuhkan seseorang yang dapat menjelaskan misteri “penderitaan,” yang hanya dapat dijawab di dalam Kristus, yang memperkenalkan kepada kita penderitaan dan jawaban terhadap dakwaan-dakwaan setan, yang menentang Allah, dan mengalahkannya (Ibrani 2:14- 18; 4:15; Roma 8:32-34).

    BalasHapus
  11. Hikmat dari kata dasar bahasa Ibrani hakam tersebar disetiap kitab puisi sebagai ciri khas yang saling melengkapi.

    BalasHapus
  12. Tuhan adalah kekasih jiwa ku yang bgtu setia mencintai ku apa adanya

    BalasHapus
  13. Manis senyumanMu membawaku tenggelam dalam aliran air yang mengalir.... Cinta ku bertumbuh didalam Tuhan kekasih hatiku🥰🥰🥰🥰🥰🥰🥰🥰🥰🥰🥰🥰

    BalasHapus
  14. Hari ini aku melihat bunga-bunga ditaman berwarna-warni, bermekaran, namun tak ada satupun yang dapat menghibur hati ini, tapi ketika melihat mu hidup ini seperti melihat melebihi bunga-bunga ditaman

    BalasHapus
  15. Saya Remon bitjoli puisi ini judul. Tuhan adalah penolon ku dan perisai ku. Dan tubuh pertahanan ku sampai sela-lamanya

    BalasHapus
  16. Biarkan mereka melangkah maju trus,karena Tuhan menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepadanya!

    BalasHapus
  17. Jiwaku seperti bangkit kembali ketika melihat wajah-Mu yang menanyakan kabarku hari ini

    BalasHapus
  18. Senyummu bagaikan bunga yang bermekaran di taman, membuat setiap orang yang melihat tak bisa berkata-kata karena keindahanmu.

    BalasHapus
  19. Jika Tuhan yang menciptakan Cinta di bumi maka izinkan lah aku untuk mencintai mu seperti Yesus mencintai ku apa adanya 🌈💕

    BalasHapus
  20. Matahari punya pengaruh yang besar bagi siang, tanpa matahari siang tidak ada, dengan matahari segala pekerjaan akan terselesaikan dengan baik, karna matahari mampu menerangi dengan sinarnya, begitu juga dengan hidupku dengan Tuhan , pengaruh Tuhan besar dalam kehidupan ku Tanpa Tuhan aku tidak ada, dan tanpa Tuhan aku tidak bisa melakukan apa apa ♥️

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Sesejuk nya embun di pagi hari yang Membuat hati selalu rindu, se sejuk itu lah Hati ku jika berada di samping mu, yang membuat ku selalu rindu💞💞

    BalasHapus
  23. Kekasih jiwaku adalah kamu.... Kamu tepat dihadapanku🥰

    BalasHapus
  24. Penggaris tidak dpat mengukur kebaikkan Mu Tuhan,Kalkulator tidak dpat menghitung kesetiaan mu, dan pasir di laut pun tidak dapat mengalahkan banyaknya perbuatan Mu itulah Engkau Tuhan💓💓

    BalasHapus
  25. Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
    dengan kata yang tak sempat diucapkan
    Karna kamu adalah satu dihidupku. O Yesus

    BalasHapus
  26. Penyemangatku hanya dirimu
    Penolongku hanya dirimu
    Kebahagiaanku hanya dirimu
    Dalam segala sesuatu biarlah kita tetap saling berbagi kebersamaan di dalam satu rasa di dalam cinta yg abadi

    BalasHapus
  27. Untuk mengakui kelemahan adalah hal yang sulit maka daripada itu akui lah Dia dalam segala lakumu maka Ia akan meluruskan jalan mu

    BalasHapus
  28. Mempertahankan sesuatu memang lah sulit, tetapi ketika ada kesetiaan dan ketulusan yang sulit menjadi mudah

    BalasHapus
  29. Mungkin hari ini aku terbelakang tapi nanti aku janji aku akan seperti YAMAHA semakin di depan🤎🤎

    BalasHapus
  30. Bagaikan ibu kucing yang sedang mengandung, demikian terkandung lah tumbuh kembang cinta kita 😁

    BalasHapus
  31. Naikanlah puisi yang indah di dalam penyembahanmu kepada Tuhan ♥️

    BalasHapus
  32. Melakukan apa yang didepan mata dan berdoa dalam iman kepada Tuhan Yesus 🙂🙂🙂

    BalasHapus
  33. Tuhan ingin kita tidak takut dan gentar, karena Dia senantiasa bersama-sama dengan kita. Di tengah masalah, Tuhan ingin kita memandang kepada-Nya. Jadikan dua pasal ini doa kita setiap hari, pagi saat bangun tidur (Mazmur 23) dan malam sebelum tidur (Mazmur 91). Membaca dua pasal ini tidak lama, hanya memakan waktu sekitar 3-5 menit saja.

    BalasHapus
  34. Jangan jatuh cinta, tapi bangun cinta 🥰

    BalasHapus
  35. Waktunya akan tiba cinta akan cinta menjawab semua

    BalasHapus
  36. Ketikaaa engkau mengalami keadaan yang tidak dpat mendukung mu hari-hari ini,marilah kita bersama-sma membaca kitab puisi yang akan menghibur mu,engkau akan dicintai,engkau akan menikmati hidup in dan di pertambah cinta mu di dalam Yesus💛🖤💛🖤💛

    BalasHapus
  37. Jangan menjadi bodoh dan mengorbankan TUHAN hanya karena kitaa sedang jatuh cinta. Sebaliknya, jadikan Firman Tuhan sebagai dasar kita jatuh cinta. Ketika kita jatuh cinta kepada ORANG yang tepat, di WAKTU yang tepat, dan dengan CARA yang tepat, dijamin kita akan sangat menikmati masa-masa jatuh cinta kita dalam damai dan sukacita, bukan dengan ketakutan dan perasaan tertuduh

    Di dalam pembahasan ini saya pribadi dapat memahami bagaiman harus bertindak dengan baik dan melakukan sesuai dengan firmankan

    BalasHapus
  38. Dengan kitaa Tau bahwa Tuhan mampu melakukan segala sesuatu baik untuk kita maka kita akan memiliki cinta yang luarbiasa kepada Tuhan dan kepada semua orang

    BalasHapus
  39. Ketika cinta yang bergerak semua hal yang gak bisa, pasti bisa, yang jauh mendekat dan semakin hangat dalam kasih, ternyata cinta masih berkuasa di atas segalanya

    BalasHapus
  40. Untuk menyatakan cinta kepada seseorang yang matang itu di usia 24 tahun

    BalasHapus
  41. Tindakan mencintai adalah benar tapi jika mencintai dengan org yang salah itu yang tidak benar untuk itu penting membaca kitab puisi agar kita di arahkan kepada kebenaran yang sejati 🌺

    BalasHapus
  42. Berbagi cinta dengn orang yg bisa menerima keadaan kita,jauh lebh baik ktimbang mngahrapkn ssuatu yg lbh dri apa yg kita inginkan.

    BalasHapus
  43. Bagaimana cara memenangkan hati supaya tidak terpengaruh dengan keadaan?

    BalasHapus
  44. Bagaimana kita melihat seseorang pemimpin penuh hikmat? Ketika orang menghormatinya.

    BalasHapus
  45. Saya sangat di berkati ketika saya menyadari bahwa Tuhan lah yg menyediakan segala ssuatunya utk saya.

    BalasHapus
  46. Kitab puisi mengajarkan bukan hanya mengenal cinta Sejati yaitu Yesus namun juga mengajarkan kita untuk hidup harus berpengaruh 🥰

    BalasHapus
  47. Cara melihat orang yang berkualitas adalah ketikaaa kita berbuah,memiliki hasil dan dan berdampak

    BalasHapus
  48. Ketulusan adalah bukti dari segala penantian, tulus dalam Tuhan tanda mengasihi sesama.
    Tuhan berkati

    BalasHapus
  49. Saya rindu bapak nehemia semakin setia melayani Tuhan, bp. Nehemia jadi puket 3

    BalasHapus
  50. Smpai sejauh ini,saya msih menikmati bahwa kuasa dri kasihNya Tuhan senantiasa memelihara kehidupanku.
    Aku trus blajar utk jdi orang yg mmiliki komitmen untuk konsisten dan taat dlam melayani Tuhan.

    BalasHapus
  51. Hari ini saya sangat terberkati dengan adanya kitab puisi mngajarkan untuk saling memperhatikan 1 sama lain dan mengasihi tnpa memandang muka ttp smangat smuanya Gbu 🤗😇

    BalasHapus
  52. Terimakasih Pak Nem, udah setia menemani kami unity dan memberkati kami dalam banyak hal 😇😇😇🙏
    Tuhan Yesus memberkati

    BalasHapus
  53. Dan pak nem harus tetap menyayangi kami tingkat 3

    BalasHapus
  54. Untuk pak Nehemia tetap semangat dalam mejalani hidup, Tetap setia mengiring Tuhan, Trus doakan mire pak biar tetap antusias melayani Tuhan🥰🥰😇😇

    BalasHapus
  55. Mencintai mu adalah rinduku
    Menjaga mu adalah tugasku
    Menyayangi mu adalah sukacitaku

    Sama halnya Tuhan Yesus melakukannya bagi aku ,kamu ,dan kita semuanya

    BalasHapus
  56. kasih TUHAN tidak terbatas

    kasihnya selalu ada dihati

    selalu terpikir dan tetap dihati

    BalasHapus
  57. Ketika kita melakukan keberan firman Tuhan dengan sunggu-sunggu pasti ada damai sejtra dalam kehipan kita. Marilah kita menjadi teladan di dalam kita posisi dengan mencintai Tuhan

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Bila saat nya nanti aku diberkati aku akan memberkati pak nehemia... Tiket pesawat ke Yerusalem dan Rumah 🥰

    BalasHapus
  60. Bila saat nya nanti aku di berkati, aku akan memberkati pak nem jalan jalan ke paris

    BalasHapus
  61. Bilah saatnya nanti aku diberkati aku akan memberkati pak Nehemia pasaribu JALAN-JALAN KE BALI🥰

    BalasHapus
  62. Bila saat nya nanti risna diberkati risna memberkati pak Nehemia pasaribu dengan Cinta💞

    BalasHapus
  63. bila saatnya nanti aku di berkati aku akan memberkati pak nehemia dengan memberi nama anak pertama ku "Nehemia"

    BalasHapus
  64. Bila saatnya nanti aku diberkati aku akan memberkati pak Nem makan sampai kenyang di Restaurant terkenal.

    BalasHapus
  65. Bila saat nya nanti, aku di berkati, aku akan memberkati Pak Nem mengundang datang mendoakan keluarga baru ku😇😇

    BalasHapus
  66. Bila saatnya nanti aku diberkati aku akan memberkati pak nehemia dengan membawanya jlan2 ke danau toba.

    BalasHapus
  67. Bila saat nanti aku di berkati
    Aku akan memberkati pak Nem ngongkosin pak nem ke yerusalem

    BalasHapus
  68. Bila saatnya nanti aku diberkati, aku akan memberkati pak nem dengan mengajak jalan2 pak nem ke tempat yg paling indah di manado.

    BalasHapus
  69. Bila saatnya nanti aku akan memberkati pak nem dengan Mobil untuk bisa menjangkau jiwa lebih banyak lagi 🥰

    BalasHapus
  70. Bila saatnya nanti, aku di berkati aku akan memberkati pak Nehemia baju couple bersama keluarga😁😁

    BalasHapus
  71. Bila saatnya nanti aku diberkati aku akan memberkati pak nem sepatu baru ♥️

    BalasHapus
  72. Bila saatnya nati saya akan menberkati buat teman-teman semua.

    BalasHapus
  73. Bila saatnya nanti aku di berkati. aku akan menberkati PK Nehemia Pasaribu dengan pesawat

    BalasHapus
  74. Bila saatnya nanti aku di berkati aku akan menberkati. PK Nehemia pasaribu dengan mobil

    BalasHapus
  75. Masalah kadang membuat kita tidak bersukacita tetapi Firman Tuhan slalu mengingatkan unk mengingat kebaikan Tuhan yang selalu Indah 🤍🌼

    BalasHapus
  76. Membaca wajahmu mamah hasilnya adalah selalu indah dan menyenangkan.

    BalasHapus
  77. Membaca wajahmu hasilnya selalu menyenangkan💕😍

    BalasHapus
  78. Membaca wajahmu ibu ira Dukalang, bpk Mirakle Rawung, ibu fide Hukubun, bpk Athus Hukubun, ibu Alfreyda Enny Asia hasilnya adalah selalu indah dan menyenangkan😍😊💕👏

    BalasHapus
  79. Membaca wajah orang fael adalah selalu indah dan menyenangkan
    Pak Rafael orang yang luar biasa dan orangnya baik suka menberkati

    BalasHapus
  80. Membaca wajahmu Nehemia pasaribu, balda pelafu, risma, sarah, eca, handri, hasilnya adalah selalu indah dan menyenangkan.

    BalasHapus
  81. Membaca wajahmu agus,daus hasilnya adalah selalu indah

    BalasHapus
  82. Ketika masalah datang kepada keluarga risna yang akan risna sampai kan adalah tetap sabar, bertahan sebab ada waktu Tuhan yang terbaik

    BalasHapus
  83. bagaimana memberikan kedewasaan bagi orang yang menderita menurut kitab ayub?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan memberikan pengharapan berupa nasehat, ajaran bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara saja. terus lah percaya bahwa Tuhan bekerja disaat keaadaan terpuruk pun Tuhan tahu dan kita harus percaya. jangan memandang kelemahan dan keadaan, tapi pandang DIA yang memebri kehidupan

      Hapus
    2. kitab Mazmur, dari kitab Mazmur apa yang membuat kamu kuat? jawabannya saya belajar kuat dan memberikan pujian disaat saya lemah

      Hapus
  84. Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.

    BalasHapus
  85. ketika engkau melihat Hamba Tuhan yang mengalami permasalahan dalam pelayanan apa yang engakau harus katakan kepada Hamba TUhan itu dalam pandangan kitab Ayub? Tetap Setia

    BalasHapus
  86. Untuk memahami rencana Tuhan ditengah persoalan

    BalasHapus
  87. Jika ada seorang menyukai kita apa jawaban kita sesuai kitab ayub?
    Kalau kita jodoh kita akan di persatukan.

    BalasHapus
  88. Jika ada org yang mengeluh tentang hidupnya, saya akn katakan bahwa ttp mengucap syukur dan jgn mengeluh sebab dlm persungutan TDK akn mendapat apa" tetapi milikilah pngalaman seperti Ayub 42:5 hanya dri org saja aku mendengar tentang Engkau TPI skg mata ku sendiri yg memandang Engkau. Artinya jika ada ucpan syukur, masalah pun menjadi ringan sebab ada pengharapan di dlm Tuhan. 😇

    BalasHapus
  89. Menurt pandangan kitab mazmur apa yang membuat orang dkat dengan Tuhan. Karena kerinduan hatinya.

    BalasHapus
  90. Jangan menyerah , tetap percaya ,tetap setia dan janji janji janjinya Nyata dalam hidup mu

    BalasHapus
  91. Jika ada orang yg terus bermasalah apa nasehat sesuai dengan kitab Ayub adalah: Tuhan mengijinkan itu terjadi untuk engkau lebih dekat dengan Tuhan sehingga imanmu murni kepada Tuhan😇

    BalasHapus
  92. suasana menurut kitab mazmur itu adalah Takut akan Tuhan❤❤

    BalasHapus
  93. Padahal Engkaulah Yang Kudus yang bersemayam di atas puji-pujian orang Israel

    BalasHapus
  94. Kalau ada anak yang bebal yang suka melwan nasehat saya:Teruskan teruskan,terakhir kita katakan Tuhan yang Memberi Tuhan yang mengambil Terpujilah nama Tuhan

    BalasHapus
  95. Engkau yang mulia.sumber kekuatan dan kebaik yang begitu dahsyat dan baik

    BalasHapus
  96. Ayub 3:25 Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku.

    BalasHapus
  97. Nasihat saya untuk samuel hutapea :segala hal sesuatu yang engkau rencanakan serahkan lah semuanya kepada Tuhan. Amsal 1:4.

    BalasHapus
  98. Nasehat Elsa untuk bapa, Bapa Nehemia tetap jadi bapa terbaik buat kami tingkat 3 dan selalu mendoakan kami, pelayanan bapa semakin diberkati Tuhan bahkan masa tua bapa dalam perlindungan Tuhan😇

    BalasHapus
  99. nasehat untuk elsa elsa orang yang kuat dan tetap bagikan sukacita untuk banyak orang

    BalasHapus
  100. Naaehat untuk pak Remon jangan Ragu akan masa depan mu karna amsal 23:18 berkata karna masa depan sungguh ada dan harapan mu tidak akan hilang

    BalasHapus
  101. Amsal 24:14
    Ketahuilah, demikian hikmat untuk jiwamu: Jika engkau mendapatnya, maka ada masa depan, dan harapanmu tidak akan hilang.
    Semangat untuk bapa nehemia

    BalasHapus
  102. Nasehat untuk Sendy untuk tetap mempertahankan komitmen apalagi kepada Tuhan. Jangan menyamaratakan komitmen kepada Tuhan dan sesama. Ketika Sendy sudah bangun komitmen kepada Tuhan belajarlah untuk melakukan hal tersebut belajar dari ketidak sempurnaan

    BalasHapus
  103. Nasehat untuk agus, jadilah dirimu sendiri, jangan terpengaruh dengan org yg disekitarmu, tapi ingat janji Tuhan, dan rencana Tuhan kepada dirimu.. Amsal 22:24-25 (TB) Jangan berteman dengan orang yang lekas gusar, jangan bergaul dengan seorang pemarah,
    supaya engkau jangan menjadi biasa dengan tingkah lakunya dan memasang jerat bagi dirimu sendiri.

    BalasHapus
  104. Nasehat buat pak Andy di dalam kitab Matius 5 :1- 12 bawa pak Andy harus tep melakukan hal yang baik di hapan Tuhan dengan sunggu2. Tetaplah menjaga kekudusan dan bergerak dalam pengurapan

    BalasHapus
  105. 𝓫𝓾𝓪𝓽 𝓼𝓮𝓷𝓭𝔂:
    𝓶𝓾𝓷𝓰𝓴𝓲𝓷 𝓴𝓮𝓪𝓭𝓪𝓪𝓷 𝓶𝓮𝓶𝓫𝓾𝓪𝓽 𝓴𝓪𝓶𝓾 𝓵𝓮𝓶𝓪𝓱 𝓼𝓲𝓽𝓾𝓪𝓼𝓲 𝓶𝓮𝓷𝔂𝓮𝓼𝓪𝓴𝓴𝓪𝓷 𝓱𝓪𝓽𝓲 𝓶𝓾, 𝓫𝓪𝓱𝓴𝓪𝓷 𝓼𝓮𝓴𝓮𝓵𝓲𝓵𝓲𝓷𝓰 𝓶𝓮𝓶𝓫𝓾𝓪𝓽 𝓴𝓪𝓶𝓾 𝓳𝓮𝓷𝓰𝓴𝓮𝓵. 𝓽𝓪𝓹𝓲 𝓳𝓪𝓷𝓰𝓪𝓷 𝓫𝓲𝓪𝓻𝓴𝓪𝓷 𝓼𝓮𝓰𝓪𝓵𝓪 𝓼𝓮𝓼𝓾𝓪𝓽𝓾 𝓷𝔂𝓪 𝓲𝓽𝓾 𝓶𝓮𝓶𝓫𝓾𝓪𝓽 𝓴𝓪𝓶𝓾 𝓵𝓮𝓶𝓪𝓱. 𝓹𝓪𝓷𝓬𝓪𝓻 𝓴𝓪𝓷 𝓼𝓮𝓷𝔂𝓾𝓶 𝓲𝓷𝓭𝓪𝓱 𝓶𝓾 𝓭𝓪𝓷 𝓽𝓾𝓷𝓳𝓾𝓴𝓴𝓪𝓷 𝓶𝓪𝓷𝓲𝓼𝓷𝔂𝓪 𝔀𝓪𝓳𝓪𝓱 𝓶𝓾.

    BalasHapus
  106. Untuk semua rekan sekerja Tuhan yaitu tingkat 3
    Remon , agus, gayus, Andy, Miracle , aditya, samuel, sendi, elsa, enjel ,wati, ira, risma, risna, balda ,sarah
    Amsal 19 : 21
    “Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana.”
    Kata motivasi saya
    Banyak rencana yng telah di lakukan dan pikirkan tetapi hanya rencana Tuhan lh yang terjadi

    BalasHapus
  107. Nasehat untuk bapak Aditiya, tetap semangat untuk mejalani hidup, Tetap andalkan Tuhan di dalam kepercayaan sebagai prmimpin, percaya bahwa ini adalah step awal untuk bapak Aditiya menjadi pemimpin besar di luar nanti😇😇

    BalasHapus
  108. Kitab Puisi Ibrani: Melalui puji-pujian kepada Tuhan Pencipta dan Penebus, Melalui pengajaran hidup penulis-penulis Amsal, Melalui pengalaman kebahagiaan dan penderitaan.

    BalasHapus
  109. Kristus dalam Tipologi dalam kitab Ayub adalah Kristus digambarkan dalam beberapa cara di dalam kitab Ayub. Ayub mengakui adanya seorang Penebus (19:25-27) dan berdoa untuk meminta seorang Penengah (9:33; 33:23).

    BalasHapus
  110. Mazmur dibagi menjadi 5 bagian:

    1. Hubungan manusia & ciptaan dengan Tuhan (pasal 1-41)

    2. Hubungan Bangsa Israel dengan Tuhan (pasal 42-72)

    3. Bait Allah & takhta Tuhan (pasal 73-89)

    4. Perjalanan iman manusia dalam hidup di dunia (pasal 90-106)

    5. Ucapan syukur kepada Tuhan atas firman-Nya pada manusia (pasal 107-150)

    BalasHapus
  111. Kitab Mazmur mengajarkan hikmat untuk senantiasa taat kepada semua perintah sesuai petunjuk hukum-hukumNya.

    BalasHapus
  112. Kitab Pengkhotbah mengajarkan hikmat bahwa pada akhirnya akan ada penghakiman Allah.

    BalasHapus
  113. Kitab Kidung Agung mengajarkan hikmat, bawasanya Tuhan adalah Hikmat kasih sumber segala kasih

    BalasHapus
  114. Kidung Agung 6:9 Tetapi dialah satu-satunya merpatiku, idam-idamanku, satu-satunya anak ibunya, anak kesayangan bagi yang melahirkannya; puteri-puteri melihatnya dan menyebutnya bahagia, permaisuri-permaisuri dan selir-selir memujinya.

    BalasHapus
  115. Kita belajar dari kisah Ayub di atas. Milikilah waktu pribadi bersama Tuhan, meluangkan waktu untuk merenungkan kebenaran-Nya, dan mendengar suara-Nya, agar kita mengenal-Nya secara pribadi, bukan sekadar dari kata orang.

    BalasHapus
  116. Tipologi Kristsus dalam kitab Mazmur adalah: Banyak dari ayat-ayat Mazmur menceritakan tentang Mesias dan berbicara tentang kemanusiaan dan pekerjaan Kristus.

    BalasHapus
  117. Eca ingin nilai 100 dari bapak nehemia

    BalasHapus
  118. Gayus 98 cukup pak Nem Tuhan Memberkati pak

    BalasHapus
  119. Agus 98 cukup pak nem Tuhan yesus memberkati pak

    BalasHapus
  120. Saya mau nilai 98 dari pak nehemia

    BalasHapus
  121. msal 16:32, “Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.” Menurut Amsal orang sabar dan bisa mengontrol diri bisa melebihi pahlawan. Diri kita sendiri bisa menjadi musuh yang paling kuat.

    BalasHapus
  122. Bapak harus tetap semangat dan semakin setia melayani Tuhan... Kami tingkat 3 rindu makan-makan diluar sama bapa😇

    BalasHapus
  123. Kata2 motifasi sy buat PK nem tetap semanggat dalam melayani Tuhan dengan sunggu2 dengan bermitra dan berkualitas. Amin..haleluayah

    BalasHapus
  124. Amsal 3:3
    Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau!kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskan lah itu pada loh hatimu

    BalasHapus
  125. Tetap lah berlari dan giat dalam melayani Tuhan, jangan mudah lelah karena Tuhan tidak tinggal diam, berkat TUHAN melimpah menyertai Bapak Nehemia pasarihu

    BalasHapus
  126. Pak nem tetap jadi yang terbaik selamanya dan slalu mejadi yang terbaik

    BalasHapus
  127. Tetap semngat apapun yang terjadi dlm pengiringan bersama Tuhan💛🖤💛🖤

    BalasHapus
  128. Pak Nem tatap semangat Trus antusias dalam pekerjaan Tuhan I lOVE YOU pak Nemm🥰🥰😇😇😇

    BalasHapus
  129. Semua kitab dan ayat di ALKITAB (Kejadian – Wahyu) adalah sederajat. Ayat-ayat tersebut disusun dengan cara yang sangat ajaib dan tentu saja jika bukan campur tangan Tuhan, ALKITAB tidak akan pernah sampai ke tangan kita hari ini. Karena Firman Tuhan merupakan Tuhan sendiri (Yohanes 1:1), maka ayat-ayat, pasal-pasal, dan kitab-kitab di dalam ALKITAB tidak mungkin saling bertentangan satu sama lain.

    BalasHapus
  130. Disebut puisi karena memang isinya puitis. Dalam bahasa aslinya indah sekali, bahkan banyak yang berima karena ditulis sebagai lagu. Kitab ini berisi tentang pengalaman para penulis. Di mana kitab ini memaparkan pengalaman nyata manusia yang mengutak-atik masalah-masalah pelik dan mengungkapkan realita secara merata. Khususnya pengalaman rohani kaum saleh dan beragam cara mengatasi hidup yang berubah-rubah di bawah matahari.

    BalasHapus
  131. Kitab Ayub mengajarkan hikmat, bawasanya Allah adalah Hakim yang adil, sekalipun yang dialami manusia seperti Ayub seakan akan tidak adil.

    BalasHapus
  132. Kitab Amsal mengajarkan hikmat bahwa orang benar akan diberkati, sedangkan orang fasik pasti dihukum.

    BalasHapus
  133. Judul kitab ini diambil dari tokoh utama yang diceritakan oleh kitab ini yaitu Ayub. Nama Ayub berasal dari kata Ibrani IYOB dari akar kata AYAB yang artinya ‘memusuhi’ (to be hostile to), ‘menjadi musuh’ (to be an enemy), ‘aku ingin menjerit’ (I will exclaim), ‘membenci’ (hatred), ‘celaka’ (the cry of woe). Arti sesungguhnya sulit dipastikan karena kurangnya bukti-bukti otentik. Namun yang pasti nama Ayub mengingatkan kita akan aib yang harus ditanggung Ayub yang saleh dan berintegritas tinggi, sehingga ia disangka orang terkena tulah dari Allah.

    BalasHapus
  134. Dalam Bahasa Ibrani, kitab Mazmur berjudul Tehilim atau Sefer Tehilim (Kitab-kitab Tahlil) atau disingkat Tilim (Kidung pujian). Septuaginta memberi nama Psalmoi (Mazmur) yaitu lagu-lagu atau puisi-puisi yang dinyanyikan dengan iringan musik. Kata Psalmos berasal dari psallein artinya ‘memetik senar’ pengiring lagu.

    BalasHapus
  135. Kisah Ayub menggambarkan keintiman seorang manusia dan Tuhan. Di mana di tengah tekanan yang besar, dengan terbukanya mengatakan apa saja kepada Tuhan seperti tanpa ada pembatas. Mulai dari mengeluh, mengasihi diri sendiri, berprasangka buruk, menuduh, sampai mengutuk Tuhan. Namun sisi lain, Tuhan setia ada di sana, tetap menyatakan kasih-Nya, dan sabar menantikannya percaya kepada-Nya.

    BalasHapus
  136. Disebut puisi karena memang isinya puitis.

    BalasHapus
  137. Tipologi Kristus dalam Pengkhotbah adalah Karena Kristus sendiri penghubung manusia kepada Tuhan, di mana manusia menemui keutuhan dan kepuasan, atau hidup dan hidup yang berkelimpahan (Yohanes 10:10; 7:37-38), kekosongan yang dialami dalam hidup ini hanya dapat diisi melalui hubungan pribadi dengan Tuhan Yesus. Aspirasi manusia untuk mendapatkan kepuasan dan hidup yang berarti, hanya ditemui di dalam Juruselamat.

    BalasHapus
  138. Pastikan ketika kita mencintai seseorang, kita memilihnya berdasarkan Firman Tuhan. Artinya, kita memilihnya sesuai standar Tuhan (SEPADAN DAN SEIMAN), kita mencintainya dengan cara TUHAN (PASANGAN YANG MENCINTAI TUHAN), dan mendapatkannya dengan cara TUHAN (JATUH CINTA HANYA KE SATU ORANG).

    BalasHapus
  139. Tema kitab ini yaitu cinta kasih. Hal ini nyata dari isi kitab Kidung Agung yang adalah kidung cinta yang penuh dengan beragam metafora dan ibarat yang dirancang untuk melukiskan cara pandang Allah tentang kasih dan pernikahan: keindahan cinta suami-istri.

    BalasHapus
  140. ipologi Kristus dalam Pengkhotbah adalah Karena Kristus sendiri penghubung manusia kepada Tuhan, di mana manusia menemui keutuhan dan kepuasan, atau hidup dan hidup yang berkelimpahan (Yohanes 10:10; 7:37-38), kekosongan yang dialami dalam hidup ini hanya dapat diisi melalui hubungan pribadi dengan Tuhan Yesus. Aspirasi manusia untuk mendapatkan kepuasan dan hidup yang berarti, hanya ditemui di dalam Juruselamat.

    BalasHapus
  141. Ayub membuka opininya tentang Tuhan di Ayub 1:21, “Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil, terpujilah nama Tuhan!” Lalu di tengah kesesakannya, Ayub mulai mengasihani diri (Ayub 7:19-21), “Bilakah Engkau mengalihkan pandangan-Mu dari padaku, dan membiarkan aku, sehingga aku sempat menelan ludahku? Kalau aku berbuat dosa, apakah yang telah kulakukan terhadap Engkau, ya Penjaga manusia? Mengapa Engkau menjadikan aku sasaran-Mu, sehingga aku menjadi beban bagi diriku? Dan mengapa Engkau tidak mengampuni pelanggaranku, dan tidak menghapuskan kesalahanku? Karena sekarang aku terbaring dalam debu, lalu Engkau akan mencari aku, tetapi aku tidak akan ada lagi.”

    BalasHapus
  142. Amsal 8:13 Takut akan Tuhan ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat: MENCINTAI YANG TUHAN CINTAI DAN MEMBENCI YANG TUHAN BENCI

    BalasHapus
  143. Kalau bukan TUHAN yang mengijinkan Ayub menderita, lalu apa atau siapa yang menyebabkan dia menderita begitu hebat?

    BalasHapus

Posting Komentar