STAPIN MAJALENGKA | TEOLOGI PASTORAL | NEHEMIA PASARIBU

 

PRINSIP PINSIP KEHIDUPAN PASTORAL

Teologi Pastoral adalah ilmu pengetahuan dan penyelidikan teologis yang mengarahkan perspektif penggembalaan kepada semua kegiatan dan fungsi Gereja dan Pendeta dan kemudian menarik kesimpulan-kesimpulan teologis dari refleksi pada pengamatan-pengamatan (perhatian). 


1. Prinsip DESAIN

(Ricarlo Marlindo Lumiu)

Memahami tujuan spesifik Tuhan dalam menciptakan setiap orang, benda, dan hubungannya dalam kehidupan saya serta hidup secara harmonis dengan semuanya itu



Bersyukur atas rancangan Tuhan bagi saya 

mendatangkan  PENERIMAAN DIRI.

  

2. Prinsip OTORITAS

(Willy Dosen)

Menyadari bahwa Tuhan bekerja melalui struktur otoritas untuk menggenapi tujuan-Nya dan memberikan perlindungan, pengarahan dan pemeliharaan

 

Menghormati otoritas saya

mendatangkan KEDAMAIAN HATI.

 

3. Prinsip TANGGUNGJAWAB

(Ebong Sukamto)
Menyadari bahwa saya bertanggung jawab kepada Tuhan  atas semua pikiran, perkataan, perbuatan, sikap dan motivasi saya, dan saya bertanggung jawab membenarkan kembali setiap kesalahan lampau yang saya lakukan terhadap Tuhan dan orang lain

 

Meminta pengampunan

mendatangkan HATI NURANI YANG BERSIH.

 

4. Prinsip PENDERITAAN

(Gayus Manullang)


Menerima didikan Tuhan serta penderitaan dan kesulitan hidup sebagai hal yang diperlukan untuk membentuk kedewasaan saya dan mempersiapkan saya untuk menjadi pemimpin pada masa depan

 

Mengampuni orang yang bersalah kepada kita mendatangkan SUKACITA SEJATI.


5. Prinsip KEPEMILIKAN

(Nathan Maugenest)

Mengenali bahwa segala sesuatu yang saya miliki atau akan saya miliki dipercayakan kepada saya oleh Tuhan  dan digunakan menurut cara-cara yang memuliakan Tuhan dan memberkati kehidupan orang lain

 

Menyerahkan hak-hak saya kepada Allah

mendatangkan RASA AMAN YANG BENAR.



 6. Prinsip KEMERDEKAAN

(Rafael Waworuntu)

Memiliki keinginan dan mendapat kuasa untuk melakukan apa yang benar bukannya mengklaim hak untuk melakukan apa yang saya inginkan

 

Merebut kembali wilayah yang telah diserahkan mendatangkan KEMURNIAN MORAL

 


7. Prinsip SUKSES

(Ratih Harefa)


Memenuhi jiwa saya dengan Firman-Nya agar Tuhan dapat mengarahkan saya dalam mengambil

keputusan sehari-hari menurut hikmat Firman-Nya

 

Merenungkan Firman Tuhan

mendatangkan TUJUAN HIDUP





TEOLOGI PASTORAL 2021

Sumber:

Bill Gothard /The Basic LIFE Principles/6/2002


Catatan Pastoral:

5 Hal Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Gembala Dalam Pelayanan, yaitu:

1.) Harus bisa berkhotbah (menyampaikan kebenaran )

2.) Harus bisa pelayanan ibadah (WL, singer, musik)

3.) Harus bisa mengayomi jemaat (kunjungan, doa, komsel)

4.) Harus bisa membawa jemaat untuk bertumbuh (mengajar)

5.) Pemuridan dalam hal membina (amanat agung )



Komentar

  1. Wow enak ya belajar teologi pastoral... Aku senang🙉🙉🙉

    BalasHapus
  2. Amin di dalam diri saya ada gambar kristus

    BalasHapus
  3. Saya Yohanes Sunandar 5 tahun ke depan akan menjadi gembala besar GPI

    BalasHapus
  4. 5 tahun kedepan saya akan menjadi gembala dan pendoa syafaat Internasional
    Amin..

    BalasHapus
  5. saya Yosfat Sianturi akan menjadi Missionaris sejati,sukses dan besar urapannya

    BalasHapus
  6. Saya Rhyda Zendrato dengan Iman dan kepercayaan teguh 5 tahun ke dpn sya akan penggembalaan, bekerja di kementrian agama, mendirikan TK melayani anak2 dan pemuda/i . Allah dahsyat...

    BalasHapus
  7. 5 tahun kedepan saya akan menjadi hamba Tuhan yang taat dan setia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau buka sekolah Alkitab, apa pendapat bapak ?
      Saya mau jadi direkturnya

      Hapus
    2. Gembala baik
      1.bersih dan rapi
      2.rendah hati
      3.disiplin
      4.sabar
      5.setia

      Hapus
    3. Sifat Pastoral GPI Yehuda
      1.Tidak khawatir
      2.berani
      3.berpendirian teguh
      4.rendah hati
      5.Dipimpin oleh Roh
      6.berhikmat
      7.Murah hati
      8.menemukan solusi
      9.terus terang
      10.setia dan lemah lembut

      Hapus
    4. Yang menabur dengan :
      1. Menabur Kasih akan menuai dengan pengorbanan
      2. Menabur sukacita akan menuai dengan spirit
      3. Menabur damai sejahtera akan menuai dengan ketenangan
      4. Menabur kesabaran akan menuai dengan panjang sabar
      5. Menabur kemurahan akan menuai dengan

      Hapus
    5. 3 langkah untuk menjalani hati yang bersih
      1.menyebutkan kesalahan mereka (orang Tua)
      2.menyebutkan kesalahan diri sendiri
      3.bertekat untuk mengampuni atau memaafkan

      Hapus
    6. Yang Nathanael Jiang sukai dari doa adalah hadirat Allah.

      Hapus
    7. Hubungan tanpa penderitaan sama dengan ga jelas, tetapi jika dalam hubungan ada penderitaan maka kita dapat menjelaskan arti dari penderitaan.

      Hapus
    8. Tujuan tertinggi dari hukum alam adl utk mmbwa kita kpd kasih yg sejati :
      1. Hati yg suci (motivasi)
      2. Hati nurani yg murni (perbuatan masa lalu)
      3. Iman yg tulus ikhlas (tujuan hidup)

      Hapus
    9. Meski dibelakang kita ada yang menginginkan kejatuhan kita tetapi selama hati mu bersih dan tulus, biar kita mau dilakukan apapun sama orang, saya mau bilang Tuhan saya lebih hebat dari apapun, oleh karena itu ketika kamu ragu utk berjalan lagi dan memandang Tuhan, dan sadari bahwa kita orang berdosa tpi Tuhan Baik sehingga kita diselamatkan, dan sebagai hamba Tuhan saya hanya mau katakan bahwa Tuhan akan ganti berperang melawan mereka ketika kamu berdiri dalam kebenaran.

      Hapus
  8. Amen saya suka belajar dengan Pak nem,mudah dimengerti,ceria,dan membuka pikiran saya.

    5 Tahun ke depan saya akan menikah meneruskan penggembalaan dan membangun gereja menjadi lebih bertumbuh dan merangkul banyak jiwa baru.

    BalasHapus
  9. Ebong akan menjadi terang ditengah2 kegelapan, ebong adalah gambaran Kristus yang unik dan kreatif

    BalasHapus
  10. 5 tahun kedepan Tuhan promosikan saya yaitu menjadi pribadi yang dipercayakan mendirikan Panti Asuhan dan memiliki usaha untuk memberkati umat di indonesia

    BalasHapus
  11. 5 tahun ke depan,Gayus akan Genapi janji gayus kepada Tuhan,selaku saya menjadi pe gikut dan muridnya...yaitu menjangkau jiwa ke segela bangsa.

    BalasHapus
  12. 5 Tahun kedepan Saya Rafael Waworuntu akan menjadi Penginjilan Yang di pakai Tuhan untuk kemuliaan nama Tuhan sampai Ke ujung bumi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin,semangat terus Jo Tuhan pasti beri yang terbaik dalam pelayanan mu 5 tahun ke depan

      Hapus
  13. 5 Tahun kedepan Saya Rafael Waworuntu akan menjadi Penginjilan Yang di pakai Tuhan untuk kemuliaan nama Tuhan sampai Ke ujung bumi

    BalasHapus
  14. Masa lalu adalah suatu ingatan yg untuk merubah sesuatu...

    BalasHapus
  15. Bagaimana caranya orang percaya sama saya??
    Jawabannya ada kesetiaan

    BalasHapus
  16. Bagaimana kita menang atas masalalu kita ??? Jawabannya ya diatas y, tidak diatas tidak sisanya dri iblis

    BalasHapus
  17. Mana lebih bagus bangun diri apa pelayanan?
    Jawab:Seimbangkan

    BalasHapus
  18. Pertanyaan: lebih penting Mana belajar dari Masa lalu atau belajar hidup?

    Jawaban: diperlukan yang namanya keseimbangan

    BalasHapus
  19. Pertanyaan: Apa resep keberhasilan
    Jawaban: Kemauan

    BalasHapus
  20. Bagaimana caranya untuk tetap menjadi diri sendiri dan tidak memusingkan perkataan orang lain? Caranya adalah dengan menyadari diri kita bahwa diri kita di desain dengan sempurna dan memiliki nilai atau harga di mata Tuhan

    BalasHapus
  21. Mendengar dengan hati itu bukan hanya mendengar saja tetapi menggunakan hukum repitisi yaitu mendengar berkali-kali.
    1. Mendengar
    2. Membagikan
    3. Mendengar dengan respon yang baik
    4.Mendengar
    5.Membagikan
    6 dan seterusnya

    BalasHapus
  22. Terimakasih pak nem untuk pelajarannya👍

    BalasHapus
  23. Saya sudah dan akan terus melupakan XXXXX yang membuat saya kembali dalam hidupku yang lama. Karna saya berharga di mata Tuhan dan harus hidup seturut kebenaran firman Tuhan.

    BalasHapus
  24. Saya Ratih sudah melupakan rasa kecewa yang pernah ada serta mampu berkata "No Problem" dalam segala masalah dan ketika orang menyakiti ratih ... ratih dapat merasa baik-baik saja😊

    BalasHapus
  25. ada hal yang luar biasa dalam kehidupan kita
    ketika kita melupakan masa lalu

    saya sudah melupakan masa lalu saya yaitu :

    1. xxxxxxx
    2. xxxxx

    dan hasilnya sungguh membuat saya begitu mensyukuri akan rahmat Tuhan yang luar biasa dalam hidum saya

    BalasHapus
  26. Hasil yg saya dapatkan ketika melupakan xx saya ialah saya jdi pribdi yg bersukacita dn bza bergaul dgn sesma saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnn ... semangat ya kak rida😊😊
      Tetap selalu bergaul dn welcome setiap waktuny dengan semua orang

      Hapus
    2. Heheheheheh aminnn aminn 🤭😁🤗🤗😂😂

      Hapus
  27. Puji Tuhan dalam fase melupakan saya semakin berpikiran luas dan bisa menjadi pribadi yang bebas dalam kekuatiran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat bang Alo💪seperti Tuhan Menyertai Musa,Tuhan Juga akan menyertaimu

      Hapus
  28. Saya sedang melupakan apa yang sudah pernah menjatuhkan saya dan hari ini saya bangkit bersama Kristus😸

    BalasHapus
  29. Saya Rafael waworuntu masih dalam tahap proses untuk melupakan kelalaian dalam berkomitmen

    BalasHapus
  30. Saya Gracia sudah melupakan xxx , sehingga saya merasa sukacita dan merasa lega dan hari-hari yang saya lalui terasa lebih ringan dan bebas, tidak ada beban yang terlalu berat karena saya lalui semua bersama dengan Tuhan Yesus yang selalu memberikan kekuatan kepada Gracia. Syukur bagi Tuhan. Tuhan Yesus baik, dahsyat dan perkasa bagi Gracia. Tuhan Memberkati :)

    BalasHapus
  31. Hal yang berharga dalam hidup ini ketika kita lepaskan sesuatu yang tidak baik, atau keluar dari kebiasaan buruk kita,dan berpegang kepada kebenaran yaitu Firman Tuhan

    Saya bersukur saya bisa melupakan ini
    1.xxxxxxxx

    Thanks God❤��

    BalasHapus
  32. Puji Tuhan saya sudah melupakan hal ini xxx. Dan hasil yang saya dapat adalah sbb
    - Sukacita saya semakin bertambah di dalam Tuhan
    - Saya jadi lebih semangat menjalani hari-hari saya dan
    - Saya semakin cinta kepada Tuhan



    BalasHapus
  33. Gembala yang baik:
    1. Bersih dan rapih
    2. Rendah hati
    3. Disiplin
    4. Sabar
    5. Setia

    BalasHapus
  34. Gembala yang baik itu adalah:
    1. Bersih dan rapi
    2.rendah hati
    3.disiplin
    4.sabar
    5.setia

    BalasHapus
  35. Gembala yang baik itu :
    1. Bersih dan rapi
    2. Rendah hati
    3. Disiplin
    4. Sabar
    5. Setia
    Tuhan Berkati :)

    BalasHapus
  36. Gembala yang baik
    1.bersih dan rapi
    2.rendah hati
    3.disiplin
    4.sabar
    5.setia

    BalasHapus
  37. Gembala yg baikk ialah
    1. gmbla yg bersih dn rapi..
    2. Rendah hati..
    3. Disiplin
    4. Setia.

    BalasHapus
  38. Gemba yang baik adalah
    Bersih dan rapi
    Rendah hati
    disiplin
    Sabar
    Setia

    BalasHapus
  39. Gembala yang baik:
    1.Bersih dan Rapi
    2.Rendah hati
    3.Disiplin
    4.Sabar
    5.Setia

    BalasHapus
  40. Gembala yang baik itu :
    1. Bersih dan Rapi
    2. Rendah Hati
    3. Disiplin
    4. Sabar
    5. Setia
    "Tetap Semangat Dan Berjuang Serta Jangan Pernah Menyerah"
    GBU😇

    BalasHapus
  41. Gembala yang baik adalah:
    1. Bersih dan rapi
    2. Rendah hati
    3. Disiplin
    4. Sabar
    5. Setia

    BalasHapus
  42. Yang tidak bisa diubah dalam kehidupan ini adalah :
    1. Orang tua
    2. Suku
    3. Jenis Klamin (Menyalahi yaturan sang Pencipta)
    4. Saudara kandung
    5. Usia
    6. Kematian
    7. Waktu dalam sejarah

    BalasHapus
  43. Tanda pastoral dalam hidupku
    Lemah lembut

    BalasHapus
  44. Sifat² pastoral
    1.Menjadi teladan
    2.tetap tersenyum
    3.sabar
    4.berurapan
    5.siap sedia
    6.berserah kepada Allah
    7.memiliki cinta
    8.tidak menyerah
    9.memiliki Yesus
    10.firman menguasai hidupku

    BalasHapus
  45. Asykk belajar pastoral...
    Saya melihat tanda-tanda pastoral dalam diri saya yaitu sbb:
    1. Melupakan masa lalu
    2. Tak gentar
    3. Bersukacita
    4. Tambah cinta kepada Tuhan
    5. Tepat waktu
    6. Mengasihi
    7. Berani
    8. Kerja nyata
    9. Tidak pamrih
    10. Dewasa

    BalasHapus
  46. Tanda-tanda pastoral dalam diri saya
    1. BERPIKIR MAJU
    2.DISIPLIN WAKTU
    3.SETIA
    4.RENDAH HATI
    5.MUDAH BERGAUL
    6.BERJIWA BESAR
    7.TIDAK MUDAH TERSINGGUNG
    8.MENJADI TERANG DIDALAM KEGELAPAN
    9.BIJAKSANA
    10.SELALU BERSYUKUR

    Ini Gambaran Pastoral yang Ada dalam diri ebong, dan harus dipertahankan����

    BalasHapus
  47. Tanda-tanda Pastoral :
    1. Bersih
    2. Rapi
    3. Jujur
    4. Percaya
    5. Loyalitas (Setia)
    6. Disiplin
    7. Sabar
    8. Ramah (Peduli)😊
    9. Bijaksana dan Tegas
    10. Integritas

    BalasHapus
  48. Tanda pastoral dalam hidup Yosafat

    bahagia
    selalu percaya
    memiliki jawaban
    semakin Tulus
    semakin peka dengan Tuhan
    selalu ada jalan
    hidup bergairah
    lebih aktif {reaktif}
    hidup lebih teratur
    AMEN {pasti}

    BalasHapus
  49. Tanda-tanda pastoral :
    1. Mengutamakan Tuhan Yesus
    2. Berintegritas
    3. Berani
    4. Murni
    5. Bertanggung Jawab
    6. Rela Berkorban
    7. Tulus
    8. Berkhikmat
    9. Rendah Hati
    10.Excellent


    BalasHapus
  50. tanda-tanda pastoral dalam diri Rida
    1. menjadi Konselor
    2. Jujur
    3. Bertanggung Jawab
    4. setia
    5. terbuka
    6. lemah lembut
    7. dewasa rohani
    8. rapi dan bersih
    9. kuat
    10. mengasihi

    BalasHapus
  51. Tanda pastoral dalam kehidupan gayus:
    1.mementingkan orang lain
    2.pantang menyerah
    3.tidak putus asa
    4.suka baca firman
    5.suka menyembah
    6.ada buahnya
    7.kalem
    8.pekerja keras
    9.dengar-dengaran
    10.Cinta ♡ Yesus

    BalasHapus
  52. Cara menghormati otoritas adlh
    1.mempercayainya
    2.jadikan dia idola

    BalasHapus
  53. sifat-sifat Pastoral yang ada didalam diriku
    1.mengasihi
    2.sukacita
    3.jujur
    4.intgritas
    5.sabar
    6.damai sejahtera
    7.kehangatan
    8.motivator
    9.perduli
    10.teladan

    BalasHapus
  54. Ketika kita menabur kasih maka akan menuai pengorbanan
    Menabur suka cita menuai spirit
    Menabur damai menuai ketenangan
    Menabur kesabar menuai panjang sabar
    Menabur kemurahan menuai lemah lembut

    BalasHapus
  55. Menabur sukacita menuai spirit
    Menabur damai menuai ketenangan
    Menabur sabar menuai panjang sabar

    BalasHapus
  56. Otoritas yang pertama itu adalah orang tua
    Menabur sukacita akan menuai spirit
    Menabur kasih akan menuai pengorbanan

    BalasHapus
  57. Otoritas yang pertama itu adalah orang tua
    Menabur sukacita akan menuai spirit
    Menabur kasih akan menuai pengorbanan

    BalasHapus
  58. Menabur kasih menuai pengorbanan,menabur sukacita menuai spirit,menabur damai sejahtera menuai ketenangan,menabur kesabaran menuai panjang sabar..#TEOLOGIPASTORAL

    BalasHapus
  59. Yang menabur dengan :
    1. Kasih akan menuai dengan pengorbanan
    2. sukacita akan menuai dengan spirit
    3. damai sejahtera akan menuai dengan ketenangan
    4. kesabaran akan menuai dengan panjang sabar
    5. kemurahan akan menuai dengan kebahagiaan
    6. kebaikan akan menuai dengan kasih sayang
    7. kesetiaan akan menuai dengan ketulusan
    8. kelemahlembutan akan menuai dengan ketabahan
    9. penguasaan diri akan menuai dengan kedewasaan hidup.

    BalasHapus
  60. Ketika kita menabur kasih maka akan menuai pengorbanan

    Menabur suka cita menuai spirit

    Menabur damai menuai ketenangan

    Menabur kesabar menuai panjang sabar

    SELALU BAHAGIA
    Menabur kemurahan menuai lemah lembut

    BalasHapus
  61. Ketika kita menabur kasih maka akan menuai pengorbanan
    Menabur suka cita menuai spirit
    Menabur damai menuai ketenangan
    Menabur kesabar menuai panjang sabar
    Menabur kemurahan menuai murah hati
    Menabur kebaikan menuai hidup yang baik
    Menabur kesetiaan menuai surga
    Menabur kelemah lembutan menuai rendah hati
    Menabur penguasaan diri menuai keputusan yang baik
    #RafaelWaworuntu

    BalasHapus
  62. 3 langkah untuk menjalani hati yang bersih
    1.memyebutkan kesalahan mereka (orang Tua)
    2.menyebutkan kesalahan diri sendiri
    3.bertekat untuk mengampuni atau memaafkan

    BalasHapus
  63. 3 langkah untuk menjaga Hati Nurani yang Bersih

    1. meyebutkan kesalahan mereka { Orang Tua}
    2. menyebutkan Diri Sendiri
    3. bertekat untuk Mengampuni {Memaafkan}

    BalasHapus
  64. 3 langkah untuk menjaga hati nurani yang bersih..
    1.Menyebut kesalahan mereka (orang tua)
    2.Menyebutkan kesalahan diri sendiri
    3.Bertekad untuk mengampuni dan memaafkan

    BalasHapus
  65. 3 Langkah untuk menjaga hati nurani yang bersih:
    1. Menyebutkan kesalahan mereka (orang tua)
    2. Menyebutkan kesalahan diri-sendiri
    3. Bertekad untuk mengampuni atau memaafkan

    BalasHapus
  66. 3 langkah untuk menjaga hati nurani yang bersih :
    1. Menyebutkan kesalahan mereka (orangtua)
    2. Menyebutkan kesalahan diri sendiri
    3. Bertekad untuk mengampuni atau memaafkan

    BalasHapus
  67. 3 Langkah untuk menjaga hati nurani yang bersih :
    1. Menyebutkan kesalahan mereka (orangtua)
    2. Menyebutkan kesalahan diri sendiri
    3. Bertekad untuk mengampuni atau memaafkan

    BalasHapus
  68. Tiga langkah untuk menjaga hati nurani yang bersih
    1.menyebutkan kesalahan mereka( orang tua)
    2. Menyebutkan diri sendiri
    3. Bertekad untuk mengampuni

    BalasHapus
  69. 3 langkah untuk menjaga hati nurani yang bersih":
    1.menyebutkan kesalahan orang
    2.menyebutkan diri sendiri
    3.bertekat untuk mengampuni (memaafkan).

    BalasHapus
  70. Tiga langkah untuk menjaga hati nurani yang bersih,yaitu:
    1. Menyebutkan kesalahan mereka
    2. Menyebutkan kesalahan diri sendiri
    3. Bertekad untuk mengampuni atau memaafkan

    BalasHapus
  71. tiga langkah untuk menjaga hati nurani yg bersih:
    1. menyebutkan kesalahan mereka (orang tua)
    2. menyebutkan kesalahan diri sendiri
    3. bertekad untuk mengampuni/memaafkan

    BalasHapus
  72. Yang fael sukai dari doa adalah cinta TUHAN

    BalasHapus
  73. Yang Gayus sukak doa adalah terjadi perubahan

    BalasHapus
  74. Yang saya sukai dari doa adalah nafas

    BalasHapus
  75. Ratih menyukai DOA karena ada KETENANGAN didalam DOA yang Ratih dapatkan😊

    BalasHapus
  76. yang Rida sukai dari Doa adalah Hadirat Allah membawa kemenangan.

    BalasHapus
  77. Yang Gracia sukai dari doa adalah kasihNya kepada Gracia

    BalasHapus
  78. Yg dessy sukai dari doa adalah ketenangan dan kedamaian

    BalasHapus
  79. Prinsip Penderitaan :
    1. Penderitaan dapat merupakan peringatan penuh kasih dari Allah bahwa kita telah melanggar jalan-jalanNya(Mamur 119:71)
    2. Penderitaan dapat dijadikan motivasi untuk pertumbuhan rohani (1 Petrus 5:10)
    3. Penderitaan adalah persiapan untuk kepemimpinan pada masa mendatang (2 Timotius 2:1)
    4. Penderitaan memaksa kita untuk berhenti berdosa (1 Petrus 4:1).
    5. Penderitaan merupakan cara Tuhan untuk mrnarik orang kepada diri-Nya (1 Petrus 3:18)

    BalasHapus
  80. Prinsip menderita
    1. Penderitaan dapat merupakan peringatan penuh kasih dr ALLAH bahwa kita telah melanggar jalan-jalanNya (mzm 119:71)
    2. Penderitaan dapat dijadikan motivasi untuk pertumbuhan rohani (1 petrus 5:10)
    3. Penderitaan adalah persiapan untuk kepemimpinan pada masa yang mendatang (2 tim 2:12)
    4. Penderitaan memaksa kita untuk berhenti berbuat dosa (1 petrus 4:1)
    5. Penderitaan merupakan cara Tuhan untuk menarik orang kepada dirinya (1 petrus 3:18).
    #TeologiPastoral

    BalasHapus
  81. Prinsip menderita :
    1.Penderitaan dapat merupakan penuh kasih dari Allah bahwa kita telah melanggar jalan-jalannya (Mzm 119:71)
    2. Penderitaan dapat dijadikan motivasi untuk pertumbuhan rohani ( 1 Petrus 5:10)
    3. Penderitaan adalah persiapan untuk kepimpinan pada masa yang akan datang (2 Tim 2:11)
    4. penderitaan memaksa kita untuk berhenti berdosa ( 1 Petrus 4:1)
    5. Penderitaan merupakan cara Tuhan untuk menarik orang kepada dirinya ( 1 Petrus 3:18)
    #Teologipastoral

    BalasHapus
  82. Tuhan tidak lagi memakai Rencana LamaNya dalam Hidup saya,tapi ada restorasi/Rencana yang baru yang Tuhan pakai Untuk terus membentuk saya😊

    BalasHapus
  83. pesan Tuhan bagi Rida dalam Doa Bp.Nehemia Pasaribu . Rida harus Kuat . Tuhan pakai Rida untuk semakin peka terhadap Karunia Roh bahkan hal hal yang besar akan Tuhan nyatakan dalam kehidupn Rida .

    luar biasaa Tuhan dahsyat ...

    BalasHapus
  84. Gracia akan jalani penderitaan itu tidak sebagai penderitaan , sebab Gracia percaya bahwa Gracia sudah ditentukan sebagai pemenang sebelum penderitaan itu terjadi :) God Bless

    BalasHapus
  85. Mengatasi orang yang penderitaan nya kepanjangan dan sulit di atasi para pastor?Jawabannya:Jangan emosi,rendahkan Hatimu

    BalasHapus
  86. Salah satu menghadapi penderitaan adalah banyak cara

    BalasHapus
  87. cara mengatasi penderitaan adalah banyak cara

    BalasHapus
  88. Cara mengatasi penderitaan adalah: Banya cara

    BalasHapus
  89. Cara mengatasi penderitaan adalah "Banyak Cara"😇

    BalasHapus
  90. Bagaimana cara mengatasi penderitaan?
    JAWABAN:banyak cara

    BalasHapus
  91. cara mengatasi penderitaan ialah banyak cara

    BalasHapus
  92. cara mengatasi banyak hal adalah dengan " Banyak Cara "

    BalasHapus
  93. jak rozwiązać problem?

    to znaczy na wiele sposobów😂😂😂

    BalasHapus
  94. hasil penelitian dari chane "Perawatan Pastoral"

    BalasHapus
  95. Hasil status "Yakopina Chane Salak" hari ini prinsip penderitaan "Perawatan Pastoral"

    BalasHapus
  96. Saya Aldo nababan tidak akan jengkel lagi....

    BalasHapus
  97. Saya tidak akan jengkel lagi Amen Haleluya

    BalasHapus
  98. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  99. bagaimana menghadapi orang yang tidak mau di atur
    -jangan jengkel
    -tidak jengkel
    -jangan pernah jengkel

    BalasHapus
  100. Saya tidak akan pernah jengkel lagi😊

    BalasHapus
  101. Ratoh harus perbesar kapasitas Ratih💪❤

    BalasHapus
  102. Tujuan tertinggi dari hukum Allah adalah untuk membahwa kita kepada kasih yang sejati:
    1.Hati yang suci(Motivasi)
    2.hati nurani yang murni(perbuatan masalalu)
    3.iman yang tulus iklas (Tujuan hidup)

    BalasHapus
  103. Tujuan terTinggi dan hukum Allah adalah untuk membawa kita kepada: kasih yang sejati
    1 hati yang suci (motivasi
    2 hati nurani yang murni (perbuatan masa lalu
    3 iman yang tulus ikhlas (tujuan hidup)

    BalasHapus
  104. Tujuan hukum Allah atas kita adalah untuk membawa kita kepada ksh yg sejati:

    1. Hati yang suci(Motivasi)
    2. Hati yang murni(perbuatan
    masa lalu
    3. Iman yang Tulus
    Ikhlass(tujuan hidup

    BalasHapus
  105. Tujuan tertinggi dari hukum Allah adalah untuk membawa kita kepada Kasih yang Sejati :
    1. Hati yang SUCI (Motivasi)
    2. Hati nurani yang MURNI (Perbuatan Masa Lalu)
    3. Iman yang TULUS IKLAS (Tujuan Hidup)

    BalasHapus
  106. Tujuan tertinggi dari harga hukum alam adalah untuk kita membawa kepada kasih yang sejati :
    1.hati yang suci(motivasi
    2.hati nurani yang murni(Perbuatan masa lalu)
    3.Iman yang tulus ikhlas ( tujuan hidup)

    BalasHapus
  107. Tujuan tertinggi dari hukum Allah adalah untuk membawa kita kepada kasih yang sejati :
    1. Hati yang suci (motivasi)
    2. Hati nurani yang murni (perbuatan masa lalu)
    3. Iman yang tulus ikhlas (tujuan hidup)

    BalasHapus
  108. Tujuan tertinggi dari hukum Allah adalah untuk membawa kita kepada Kasih yang sejati:
    1. Hati yang suci (Motivasi)
    2. Hati Nurani yang Murni (perbuatan masa lalu)
    3. Iman yang Tulus Ikhlas (Tujuan Hidup)

    BalasHapus
  109. Tujuan tertinggi dari hukum Allah adalah untuk membawa kita kepada Kasih yang sejati:
    1. Hati yang suci (Motivasi)
    2. Hati Nurani yang Murni (perbuatan masa lalu)
    3. Iman yang Tulus Ikhlas (Tujuan Hidup)

    BalasHapus
  110. Saya memakai hp karna
    1.Mempromosikan Stapin
    2.Menjadi berkat lewat medsos
    3.Membangun hubungan bagi semua org
    4.menunjukan identitas saya (Hati hamba)
    5.saya akan menunjukan kesemua orang hal² yang baru

    BalasHapus
  111. Dosa ialah monster buruk rupa, harus di benci,namun juga harus di hadapi; karna telah sering menghadapinya ,kita pun jadi akrab dengan rupanya,awalnya kita menentang,lalu megasihaninya,kemudian memeluknya
    Supaya kita sungguh-sungguh merdeka kristus telah memerdekakan kita karna itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi di kenakan kuk perhambaan Galatia 5:1
    Mengelola pikiran
    1.rasa ingin tau yang alami
    2.kesadaran hati Nurani
    3.fokus sensual
    4.mempertanyakan firman Allah
    5.pelangaran hati Nurani
    6.kesadaran akan rasa bersalah
    7.respon terhadap rasa bersalah
    8.pertobatan yang tidak lengkap (dosa)
    9.konpensasi agamawi
    10.frustasi terhadap dorongan nafsu
    11.menguji Kembali firman Allah
    12.membenarkan moralitas
    13.argumentasi

    BalasHapus
  112. Dosa ialah monster buruk rupa, harus dibenci, namun juga harus dihadapi; karena terlalu sering menghadapinya, kitapun jadi akrab dengan rupanya, awalnya kita menentang, lalu mengasihaninya, kemudian memeluknya.
    Supaya kita sungguh-sungguh merdeka Kristus telah memerdekakan kita, karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan (Galatia 5:1).
    Mengelola Pikiran :
    1. Rasa ingin tahu yang alami
    2. Kesadaran hati Nurani
    3. Fokus sensual
    4. Mempertanyakan Firman Allah
    5. Pelanggaran hati Nurani
    6. Kesadaran akan rasa bersalah
    7. Respon terhadap rasa bersalah
    8. Pertobatan yang tidak lengkap (dosa)
    9. Kompensasi agamawi
    10. Frustasi terhadap dorongan nafsu
    11. Menguji Kembali Firman Allah
    12. Membenarkan moralitas
    13. Argumentasi

    BalasHapus
  113. Dosa ialah monster buruk rupa harus dibenci namun juga harus dihadapi. Karena terlalu sering menghadapinya, kita pun jadi akrab dengannya, awalnya kita menentang namun akhirnya kita memeluknya . supaya kita benar2 merdeka, kristus telah memerdekakan kita karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakkan kuk perhambaan (gal 5:21)
    Mengelolah pikiran:
    1. Rasa ingin tahu yang alami
    2. Kesadaran hati nurani
    3. Focus sensual
    4. Mempertanyakan firman Allah
    5. Pelanggaran hati Nurani
    6. Kesadaran akan perasaan bersalah
    7. Respon terhadap rasa bersalah
    8. Pertobatan yang tidak lengkap (dosa)
    9. Konfensasi agama lain
    10. Frustasi terhadap dorongan nafsu
    11. Menguji kembali firman Allah
    12. Membenarkan moralitas
    13. Argumentasi.
    #TeologiPastoral.

    BalasHapus
  114. Dosa ia lah monster yang harus di benci, namun harus juga di hadapi. karena sering manghadapinya kita pun akrap dengannya awalnya kita menentang lalu mengasihianinya kemudian memeluknya.

    supaya kita sugguh-sungguh merdeka kristus telah memerdekakan kita karena itu berdiri lah teguh dan jangan mau lagi di kenakan kukperhambaan Galatia 5:1

    mengolola pikiran:
    1. rasa ingin tau yang alami
    2. kesadaran hati nurani
    3. fokos sensual
    4. membertanyakan firman Allah
    5. pelanggaran hati nurani
    6. kesadaran akan rasa bersalah
    7. respon terhadap rasa bersalah
    8. pertobatan yang tidak lengkap (dosa)
    9. konpensasi agamawi
    10. prustasi terhadap dorongan hawa nafsu
    11. menguji kembali firman Allah
    12. membenarkan oralitas
    13. argumen tasi

    BalasHapus
  115. Dosa adalah Monster buruk rupa, harus dibenci, namun juga harus dihadapi; karena terlalu sering menghadapinya, kitapun jadi akrab dengan rupanya, awalnya kita menentang, lalu mengasihaninya, kemudian memeluknya.
    Supaya kita sungguh-sungguh merdeka Kristus telah memerdekakan kita karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan (Galatia 5:1)��Dosa adalah Monster buruk rupa, harus dibenci, namun juga harus dihadapi; karena terlalu sering menghadapinya, kitapun jadi akrab dengan rupanya, awalnya kita menentang, lalu mengasihaninya, kemudian memeluknya.
    Supaya kita sungguh-sungguh merdeka Kristus telah memerdekakan kita karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan (Galatia 5:1)��

    BalasHapus
  116. Dosa ialah monster buruk, harus dibenci namun juga harus dihadapi. Karna selalu sering menghadapinya, kita pun jadi akrab dengannya, awalnya kita menentang, lalu menghasilnya kemudian memelukanya. Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan [Galatia 5:1]

    Mengelola pikiran
    1. Rasa ingin tau yang alami
    2. Kesadaran hati nurani
    3. Fokus sensual
    4. Mempertanyakan firman Allah
    5. Pelanggaran hati nurani
    6. Kesadaran akan rasa bersalah
    7. Respon terhadap rasa bersalah
    8. Pertobatan yang tidak lengkap atau [dosa]
    9. Konfensasi agama lain
    10. Prustasi dorongan agar mau
    11. Menguji kembali firman Allah
    12. Membenarkan moralitas
    13. Argumen kasih

    BalasHapus
  117. Dosa ialah monster buruk rupa, harus dibenci, namun juga harus dihadapi; karena terlalu sering menghadapinya, kitapun jadi akrab dengan rupanya, awalnya kita menentang, lalu mengasihaninya, kemudian memeluknya.
    Supaya kita sungguh-sungguh merdeka Kristus telah memerdekakan kita, karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan (Galatia 5:1).
    Mengelola Pikiran :
    1. Rasa ingin tahu yang alami
    2. Kesadaran hati Nurani
    3. Fokus sensual
    4. Mempertanyakan Firman Allah
    5. Pelanggaran hati Nurani
    6. Kesadaran akan rasa bersalah
    7. Respon terhadap rasa bersalah
    8. Pertobatan yang tidak lengkap (dosa)
    9. Kompensasi agamawi
    10. Frustasi terhadap dorongan nafsu
    11. Menguji Kembali Firman Allah
    12. Membenarkan moralitas
    13. Argumentasi.

    BalasHapus
  118. Prinsip Sukses adalah Membangun Firman Allah kedalam setiap aspek kehidupan kita sehingga kita dapat menerima pengarahannya untuk setiap keputusan. Hanya dengan mencapai tujuan yang telah Allah tetapkan bagi kita, kita akan mengalami kepuasan sejati dan kesuksesan yang sesungguhnya dalam kehidupan ini.

    BalasHapus
  119. Prinsip sukses adalah membangun firman Allah kedalam setiap aspek kehidupan kita,sehingga kita dapat menerima pengarahanNya untuk setiap keputusan.Hanya dengan mencapai Tujuan yang telah Allah tetapkan Bagi kita,Kita akan mengalami kepuasan sejati dan kesuksesan yang sesungguhnya dalam kehidupan ini

    BalasHapus
  120. Prinsip sukses adalah membangun firman Allah ke dalam setiap aspek kehidupan kita sehingga kita dapat menerima pengarahan-Nya untuk setiap keputusan. Hanya dengan mencapai tujuan yang telah Allah tetapkan bagi kita, kita akan mengalami kepuasan sejati dan kesuksesan yang sesungguhnya dalam kehidupan ini.

    BalasHapus
  121. Prinsip sukses adalah membangun Firman kedalam setiap aspek kehidupan kita sehingga kita dapat menerima pengarahanNya untuk setiap keputusan. Hanya dengan mencapai tujuan yang telah Allah tetapkan bagi kita, kita akan mengalami kepuasan sejati dan kesuksesan yang sesungguhnya dalam kehidupan ini :)

    BalasHapus
  122. Prinsip sukses adalah: Membangun firman Allah kedalam setiap aspek kehidupan kita sehinggah kita dapat menerima pengarahannya untuk setiap keputusan. Hanya dengan mencapai tujuan yang telah Allah tetapkan bagi kita, kita akan mengalami kepuasan sejati dan kesuksesan yang sesungguhnya dalam kehidupan ini.

    BalasHapus
  123. Prinsip sukses adalah membangun firman Allah dalam setiap aspek kehidupan kita sehingga kita dapat menerima pengarahannya untuk setiap keputusan. Hanya dengan mencapai tujuan yang Allah telah tetapkan bagi kita,kita akan mengalami kepuasan hati dan kesuksesan yang sesungguhnya dalam kehidupan ini.

    BalasHapus
  124. Dosa ialah monster buruk rupa, harus dibenci, namun juga harus dihadapi; karena terlalu sering menghadapinya, kitapun jadi akrab dengan rupanya, awalnya kita menentang, lalu mengasihaninya, kemudian memeluknya.
    Supaya kita sungguh-sungguh merdeka Kristus telah memerdekakan kita, karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan (Galatia 5:1).
    Mengelola Pikiran :
    1. Rasa ingin tahu yang alami
    2. Kesadaran hati Nurani
    3. Fokus sensual
    4. Mempertanyakan Firman Allah
    5. Pelanggaran hati Nurani
    6. Kesadaran akan rasa bersalah
    7. Respon terhadap rasa bersalah
    8. Pertobatan yang tidak lengkap (dosa)
    9. Kompensasi agamawi
    10. Frustasi terhadap dorongan nafsu
    11. Menguji Kembali Firman Allah
    12. Membenarkan moralitas
    13. Argumentasi.

    BalasHapus
  125. Prinsip sukses adalah membangun Firman Allah kedalam setiap aspek kehidupan kita sehingga kita dapat menerima pengarahanNya untuk setiap keputusan. hanya dengan mencapai tujuan yang telah Allah tetapkan bagi kita, kita akan mengalami kepuasan sejati dan kesuksesan yang sesungguhnya dalam kehidupan ini.
    #PrisnipSukses
    #TeologiPastoral.

    BalasHapus
  126. Prinsip sukses adalah membangun firman Allah kedalam segala aspek kehidupan,sehingga kita dapat menerima pengarahanNya untuk setiap keputusan. Hanya denganmencapai tujuan yang telah Allah tetapkan bagi kita,kita akan mengalami kepuasan sejati dan kesuksesan yang sesungguhnya dalam kehidupan ini.

    BalasHapus
  127. Prinsip suksrs adalah membangun firman Allah kedalam setiap aspek kehidupan kita sehingga kita dapat menerima pengarahannya untuk Setiap keputusan. hanya dengan mencapai tujuan yang telah Allah tetapkan bagi kita, kita akan mengalami kepuasan sejati dan kesuksesan yang sesungguhnya dalam kehidupan ini.

    BalasHapus
  128. 3 aspek jalan" Tuhan
    1. IMAN
    2. PENGHARAPAN
    3. KASIH

    BalasHapus
  129. 3 Jalan² Tuhan
    1.Iman (Menjadi Gembala Youth)
    2.Menjangkau jiwa
    3.Anak mudah di pulihkan

    BalasHapus
  130. jalan-jalan Tuhan dalam hidup rida :
    1. Iman : adek saya akan kuliah
    2. pengharapan : bahwA Tuhan akan cukupkan segala biaya yg di butuhkan
    3. Kasih: adek saya akan memuliakan Tuhan

    amennnn
    #teologipastoral

    BalasHapus
  131. 3 jalan Tuhan dalam kehidupan Natan
    1. Beriman bahwasanya GPI Alpha Omega Jatiwangi mempunyai musik full band yang lengkap
    2. Pengharapan bahwasanya Tuhan yang sediakan baik alat musik dan imam musiknya.
    3. Kasih nya adalah Gereja GPI Alpha Omega Jatiwangi akan menjadi berkat bagi banyak orang.

    BalasHapus
  132. Jalan jalan Tuhan?
    1. Iman
    Menambah kapasitas ebong��
    2. Pengharapan
    Setelah lulus dari Stapin majalengka, ebong akan kuliah di Tiongkok (Luar negri)��
    3. Kasih
    KasihNya yang Membuat aku akan Bertahan dalam kesukaran apapun��

    BalasHapus
  133. Iman Ratih menjadi penginjil sampai keluar Negri dan kedaerah yang belum mengenal Tuhan ...
    Pengharpanku walau banyak orang yang menolak dan mencela, Ratih tetap percaya pertolongan Tuhan tidak pernah Terlambat dan Tuhan tidak tinggal diam dalam situasi apapun.
    Kasih Tuhan memberi Ratih kekuatan untuk melakukan segalanya😇

    BalasHapus
  134. Jalan-jalan Tuhan dalam hidup alo...
    1. Iman ,wisuda nanti 1 pintu elok datang melihat alo
    2. Pengharapan , main angklung nanti wisuda

    3. Kasih , hidup dalam agenda Tuhan

    BalasHapus
  135. 3. Jalan2 Tuhan
    1. Iman ( menjadi hamba
    Tuhann yang dahsyat)
    2. Memperluas kan pekerjaan
    Tuhan
    3. Berdampak dan berkualitas

    BalasHapus
  136. Ada tiga poin jalan-jalan Tuhan dalam hidup aldo:
    1. Iman
    2. Pengharapan dan
    3. Kasih

    Contoh iman : Aldo percaya dan beriman aldo akan menjadi pengkhotbah yang hebat dan tidak sombong
    Contoh pengharapan: Aldo berharap dan merindukan aldo khotbah di depan 50.000rb orang atas nama Tuhan
    Contoh kasih: Aldo selalu merindukan orang tua dan ingat nasihat-nasihat orang tua

    Amen
    GBU

    BalasHapus
  137. Jalan-jalan Tuhan dalam hidup Chane:

    1. Iman, chane beriman Keluarga di pulihkan Tuhan
    2. Pengharapan, harapan chane bawah orang-orang yang masih terikat dengan budaya-budaya, harus berbalik kepada Tuhan dan bertobat.
    3. Kasih, saudara-saudara chane tetap memuliahkan Tuhan.

    Aminn...

    #konselingpastoral*

    BalasHapus
  138. jalann-jalan Tuhan dalam hidup Yosafat :
    1. Iman : menyebarkan injil keseluruh bangsa
    2. pengharapan : Tuhan membuka jalan-jalan hidup saya dan membiayai saya
    3. Kasih : menjadi dampak yang besar bagi semua orang

    AMIN.
    #teologipastoral

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Sebutkan 10 Prinsip Pastoral!
      2. Sebutkan Rencana 5 Tahun Pastoral Saudara!
      3. Bagaimana cara supaya orang dapat percaya dengan kita?
      4. Bagaimana kita bisa menang atas masa lalu kita?
      5. Mendengar dengan baik, dengan hukum repetisi, sebutkan 5 hal!
      6. Ada hal yang luar biasa dalam kehidupan kita ketika kita melakukan hal apa? Jelaskan!
      7. Sebutkan 5 kehidupan seorang gembala yang baik dan 10 tanda pastoral dalam pribadi Saudara!
      8. Sebutkan 9 hal, bila kita menabur maka kita akan menuai (buah Roh)!
      9. Sebutkan 3 langkah untuk menjaga hati nurani yang bersih
      10. Sebutkan 3 tujuan tertinggi dari hukum Allah adalah untuk membahwa kita kepada kasih yang sejati

      Hapus
  139. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  140. 3 hal yang Rida lakukan untuk menjadi orang yang bertanggung jawab ialah :
    1. Rida Tidak Kompromi dengan hal yang salah
    2. Memegang kebenaran
    3. Rida lakukan dengan hati yang Tulus.

    BalasHapus
  141. 3 Hal Rencana Allah Dalam Pribadi saya
    1.Menjadi Orang yang Bemisi dalam menjangkau Jiwa
    2.Bertumbuh Dalam Kualitas dan Kapasitas
    3.Berintregritas

    BalasHapus
  142. 3 Hal yang membuat orang berhasil :
    1. Takut akan Tuhan (Mengikuti kehendak-Nya)
    2. Belajar banyak hal yang positif
    3. Disiplin

    BalasHapus
  143. 3 Hal yang Tuhan mau dalam hidup saya
    1. Setia dalam setiap rancangan Tuhan
    2. Tulus dalam berperilaku
    3. Tidak takut dalam segala tantangan hidup

    BalasHapus
  144. 3 Hal yang membuat pelayanan Berhasil menurut Ratih Harefa :
    1. The Power Of Spirit
    Menjalani kehidupan dibutuhkan kekuatan dalam menghadapi segala hal bukan hanya kekuatan jasmani namun juga Roh😊 Biarlah Rohku menyala-nyala melayani Tuhan😇
    2. Joy and happiness in my life
    Dalam hidup tetaplah bersukacita agar selalu bahagia walau dalam kesesakan di setiap waktu dan setiap langkah, Pujilah Tuhan hai jiwaku !😄
    3. Accept every shortcoming of others and oneself
    Sangat dibutuhkan penerimaan dalam setiap kehidupan saya dan orang lain.😍

    BalasHapus
  145. 3 Hal Rencana Allah Dalam Pribadi Rafael
    1.Menjadi Orang yang Bemisi dalam menjangkau Jiwa
    Seperti Amat Agung Kristus Kepada Murid²Nya Untuk menjadikan Segala Bangsa MuridNya
    2.Bertumbuh Dalam Kualitas dan Kapasitas
    Seperti Petrus yang Hanya Nelayan Ikan Menjadi Pelayan Tuhan
    3.Berintregritas,Tidak Mudah Goyang dan Berpegang Pada Kebenaran Kristus
    Sama Halnya Paulus yang Selalu menyatakan Apa Kehendak Allah Di dalam Kehidupan Umat Manusia

    BalasHapus
  146. 3 hal yang membuat saya berhasil:

    1. akal sehat
    akal sehat akan membawa anes kepada kehidupan yang sehat baik secara rohani maupun jasmani, pikiran yang sehat akan mempunyai sudut pandang yang sehat dan pengertian akan segala sesuatunya pasti akan sehat.

    2. hati yang tulus
    anes memiliki hati yang tulus dalam memberi kepada sesama dan itu adalah salah satu bentuk cinta yang paling dalam dari menggambarkan kasih di dalam kehidupan anes.

    3. cinta yang benar
    cinta harus didasarkan kebenaran yang benar, bukan hanya sekedar falling in love tetapi harus true love, karena cinta yang benar akan membawa anes kepada pengertian akan segala sesuatunya yang benar juga baik kepada keluarga, kekasih, Tuhan, dan segala hal.

    BalasHapus
  147. Bagaimana memilah hikmat dengan baik:Mendengar dengan baik

    BalasHapus
  148. cara memilah hikmat dengan baik ialah mendengarlah dengan baik..

    BalasHapus
  149. bagaimana cara mengetahui isi hati orang :
    1. Doa
    2. menyukainya
    3. dan memilikinya .

    BalasHapus
  150. Ratih untuk menemukan kehendak Allah (2 Petrus 1:1-10) :
    1. Iman (Keselamatan-Roma 10:9)
    2. Kebajikan (Membedakan-Ibrani 5:12-14)
    3. Pengetahuan (Dedikasi-Roma 12:1-2)
    4. Penguasaan diri (Pelayanan-Matius 6:19-20)
    5. Ketekunan (Penderitaan-1Petrus 4:12)
    6. Kesalehan (Rendah Hati-1Petrus 5:5-7)
    7. Kasih persaudaraan (Wawasan-2Korintus 1:3-7)
    8. Kasih (Membuahkan kedewasaan-Kolose 1:28-29)

    BalasHapus
  151. Gracia untuk menemukan kehendak Allah (2 Petrus 1:1-10) :
    1. Iman (Keselamatan) -Roma 10:9
    2. Kebajikan (Membedakan) -Ibrani 5:12-14
    3. Pengetahuan (Dedikasi) -Roma 12:1-2
    4. Penguasaan Diri (Pelayanan) -Matius 6:19-20
    5. Ketekunan (Penderitaan) -1 Petrus 4:12
    6. Kesalehan (Kerendahan Hati) -1 Petrus 5:5-7
    7. Kasih Persaudaraan (Wawasan) -2 Korintus 1:3-7
    8. Kasih (Membuahkan Kedewasaan) -Kolose 1:28-29

    BalasHapus
  152. Rafael Waworuntu
    Menemukan Kehendak Allah(2 Pet 1:1-10):
    1.Iman (Keselamatan)=}Roma 10:9
    2.Kebajikan (Membedakan)=>Ibrani 5:12-14
    3.Pengetahuan(Dedikasi)=>Roma 12:1-2
    4.Pengusaan diri (Pelayanan)=>Matius 6:19-20
    5.Ketekunan(Penderitaan)=>1Petrus 4:12
    6.Kesalehan (kerendahan hati)=>1Petrus 5:5-7
    7.Kasih Persaudaraan (Wawasan)=> 2 Kor 1:3-7
    8.kasih (Membuahkan Kedewasaan)=>Kolose 1:28-29

    BalasHapus
  153. yang Rida pegang untuk menemukan kehendak Allah (2 Petrus 1:1-10) :
    1. Iman (Keselamatan-Roma 10:9)
    2. Kebajikan (Membedakan-Ibrani 5:12-14)
    3. Pengetahuan (Dedikasi-Roma 12:1-2)
    4. Penguasaan diri (Pelayanan-Matius 6:19-20)
    5. Ketekunan (Penderitaan-1Petrus 4:12)
    6. Kesalehan (Rendah Hati-1Petrus 5:5-7)
    7. Kasih persaudaraan (Wawasan-2Korintus 1:3-7)
    8. Kasih (Membuahkan kedewasaan-Kolose 1:28-29)

    BalasHapus
  154. Prinsip hidup Ebong

    Menemukan Kehendak Allah(2 Pet 1:1-10):
    1.Iman (Keselamatan)=}Roma 10:9
    2.Kebajikan (Membedakan)=>Ibrani 5:12-14
    3.Pengetahuan(Dedikasi)=>Roma 12:1-2
    4.Pengusaan diri (Pelayanan)=>Matius 6:19-20
    5.Ketekunan(Penderitaan)=>1Petrus 4:12
    6.Kesalehan (kerendahan hati)=>1Petrus 5:5-7
    7.Kasih Persaudaraan (Wawasan)=> 2 Kor 1:3-7
    8.kasih (Membuahkan Kedewasaan)=>Kolose 1:28-29

    BalasHapus
  155. Nathan Maugenest
    untuk menemukan kehendak Allah ( 2 Petrus 1:1-10 )
    1. iman (Keselamatan)
    2. Kebajikan (Pemisahan)
    3. Pengetahuan (Dedikasi)
    4. Penguasaan diri (Pelayanan)
    5. Ketekunan (Penderitaan)
    6. Kesalehan (Kerendahan hati)
    7. Kasih persaudaraan (Wawasan)
    8. Kasih (Membuahkan persaudaraan)

    1.Roma 10:9
    2.Ibrani 5:12-14
    3.Roma 12:1-2
    4. Matius 6:19-20
    5. 1 Petrus 4:12
    6. 1 Petrus 5:5-7
    7. 2 Kor 1:3-7
    8. Kolose 1:28-29
    #teologipastoral

    BalasHapus

  156. Chane Menemukan kehendak Allah (2.petrus 1:1-10)
    1. Iman(keselamatan),Roma 10:9
    2. Kebajikan (membedakan),Ibrani 5:12-14
    3. Pengetahuan (dedikasi)Roma 12:1-2
    4. Penguwasaan diri, Matius 6:19-20(pelayanan)
    5. Ketekunan (penderitaan),1 Petrus 4 :12
    6. Kesalehan (kerendahan hati, 1 petrus 5:5-7
    7. Kasih persaudaraan, 2 korintus 1:3-7(wawasan)
    8. Kasih (membuahkan kedewasaan), kolose 1:28-29

    BalasHapus
  157. Gayus Manullang

    Untuk menemukan kehendak Allah, (2 Petrus 1:1-10)

    1. iman (Keselamatan, Rom 10:9).
    2 kebajikan (Pemisahan, Ibrani 5:12-14).
    3. pengetahuan (dedikasi, Roma 12:1-2).
    4 penguasaan diri (pelayanan, Matius 6:19-20).
    5. Ketekunan (Penderitaan, 1 Petrus 4:12
    6.Kesalehan (Kerendahan hati, 1 Petrus 5:5-7).
    7. Kasih persaudaraan (Wawasan, 2 Korintus 1:3-7).
    8. Kasih (Membuahkan Kedewasaan, Kolese 1:28-29).

    BalasHapus
  158. Nama saudara untuk menemukan kehendak Allah (2 pet 1:1-10)
    1. Iman (keselamatan) - roma 10:9
    2. kebajikan (membedakan/pemisahan)- Ibrani 2:14-15
    3. Pengetahuan (dedikasi) -roma 12:1-2
    4. Penguasaan diri (pelayanan)-Mat 6:19-20
    5. ketekunan (penderitaan)- 1 Pet 4:12
    6. Kesalehan (kerendahaan hati)- 1 Pet 5:5-7
    7. kasih persaudaraan ( wawasan)- 2 Kor 1:3-7
    8. Kasih (membuahkan kedewasaan)- Kol 1:28-29

    BalasHapus
  159. kita akan sulit memberi diakibatkan jika dipikiran kita itu hanya tau nya cuman menerima saja .

    #TeologiPastoral

    BalasHapus
  160. Butuhnya konselling dalam setiap hidup ... dan sangat dibutuhkan penerimaan kepada orang lain ...😇
    GBU🤗

    BalasHapus
  161. Sadarilah bahwa engkau sangat berharga di mata Tuhan...

    BalasHapus
  162. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  163. Tulisan yg sangat bagus dan sangat memberkati SEAPIN mjd berkat bg semua orang. Teruslah berjuang menggapai cita2mu.Amin

    BalasHapus
  164. Memahami tujuan spesifik Tuhan dalam menciptakan setiap orang, benda, dan hubungannya dalam kehidupan saya serta hidup secara harmonis dengan semuanya itu

    BalasHapus
  165. Memahami tujuan spesifik Tuhan dalam menciptakan setiap orang, benda, dan hubungannya dalam kehidupan saya serta hidup secara harmonis dengan semuanya itu

    BalasHapus

  166. Bersyukur atas rancangan Tuhan bagi saya

    mendatangkan PENERIMAAN DIRI

    BalasHapus

Posting Komentar