STAPIN MAJALENGKA | PASTORAL KONSELING - NEHEMIA PASARIBU

 

PASTORAL KONSELING

 

Apa itu konseling Kristen

Pengertian:

Kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang  yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus untuk menolong orang lain agar hidupnya sesuai dengan maksud-maksud Tuhan.

 

Siapa yang melakukan:

Orang-orang yang sudah percaya kepada Tuhan Yesus dan mengerti firman Tuhan (konselor Kristen). Ini syarat utama. Syarat-syarat lain seperti keterampilan dalam teknik konseling dan pengetahuan pengetahuan pendukung dapat dipenuhi kemudian

 

Kepada Siapa?

Kepada orang lain ( klien, konseli)

 

Di Mana dan Kapan?

Pada intinya kegiatan konseling bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, nantu kita harus memperhatikan norma-norma susila masyarakat supaya tidak menimbulkan syak (pra sangka buruk)

 

Apa rambu-rambunya?

  • Firman Tuhan dan minuman Roh Tuhan sebagai rambu utama
  • Perhatikan norma masyarakat dan budaya setempat.
  • Hindari konseling pribadi dengan lawan jenis, jika keadaan memaksa, bawa orang lain supaya Saudara tidak hanya berdua.
  • Hindari kontak fisik yang berlebihan

 

Bagaimana Prosesnya?

  • Proses yang utama adalah mendengarkan, sedikit berbicara, dan banyak berdoa, berdoa.
  • Jangan merasa untuk bisa melakukan konseling,  saya harus memiliki keterampilan ini dan itu baru melangkah melakukan konseling. Pokoknya Saudara bisa mendengarkan, sedikit bicara, dan banyak berdoa itu cukup.

  

TEKNIK DALAM KONSELING KRISTEN

 

Dalam melaksanakan konseling Kristen dapat menggunakan beberapa teknik. Teknik tersebut berupa tindakan yang sehari-hari sudah kita lakukan. Teknik itu antara lain:

 

1. Mendengarkan

Teknik ini diperlukan untuk memperoleh informasi dari klien. Pekerjaan seorang bukanlah menasihati, menasihati, lalu menasihati. Tapi, pekerjaannya yang lebih banyak adalah mendengarkan, lalu mendengarkan, dan mendengarkan lagi. Banyaklah mendengarkan

Teknik Konseling: Mendengarkan
(Konseling bersama Yosafat Sianturi)


Teknik mendengarkan: perhatikan secara seksama; perhatikan nada bicara, perubahan tekanan dan volume suara; mendengarkan sambil melihat air muka, matanya (memerah, mengucurkan air mata), dan gerak tubuhnya (tanda-tanda kemarahan, kebencian, kegelisahan, ketakutan, kecemasan, ketidaknyamanan, dll).

Contoh dalam Alkitab, Elihu sabar mendengarkan (Ayub 32:11).

 

2. Memberi tanggapan

Kalau seseorang sudah bercerita panjang lebar tentang dirinya, lalu Saudara berdiam saja, kira-kira bagaimana perasaan orang itu? Kecewa? Mungkin. Berikan tanggapan terhadapnya.

Teknik memberi tanggapan: padat, jelas, tidak bertele-tele, mengarah kepada pokok persoalan yang diutarakan; tunjukkan bahwa Saudara memberi perhatian dan menghargainya, menyimpulkan; ungkapan yang biasa seseorang memberi tangerang

Contoh memberi tanggapan:

"Oya, ya, saya jadi mengerti sekarang... Anda kecewa sekali dengan Saudara Anda itu."

"Ya, ya." (sambil menganggukkan kepada dan pandangan ditujukan kepada klien).

 

Teknik Konseling: Memberi Tanggapan
(Konseling bersama Boni Marbun)

3. Bertanya

Untuk memperoleh informasi yang kita butuhkan, kita perlu bertanya. Ini bukan bertanya secara basa-basi, tapi bertanya dengan suatu tujuan. Prinsipnya: gali informasi, gali informasi, gali informasi. 

Teknik bertanya: hindari pertanyaan yang membutuhkan jawaban "ya" atau "tidak", tapi pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang lebih panjang, tentang isi bertanyalah mengenai perasaannya, pikiran dan pendapatnya, penilaiannya, sejarah atau pengalaman hidupnya.

Teknik Konseling: Bertanya
(Konseiling bersama Willy Dozen)

Contoh teknik bertanya:

"Coba anda ceritakan apa yang terjadi sebelum ayahmu memukulmu"

“Saya ingin mengetahui lebih jauh tentang kedekatan hubunganmu dengan istrimu bagaimana perasaanmu ketika anda jauh dengan istrimu seperti sekarang ini”

Contoh dalam Alkitab, antara lain: Tuhan Yesus bertanya kepada perempuan Samaria tentang suami perempuan itu (Yohanes 4)

 

4. Mengerti

Mencoba memahami dari sudut pandang merupakan teknik yang diperlukan bagi orang konselor. Mungkin bagi Saudara tidak masuk akal atau hal itu merupakan persoalan yang terlalu kecil tapi mengertilah dari sudut perasaannya

Teknik Konseling: Mengerti
(Konseling bersama Yohannes Sunandar)    

 

Tekniknya: tempatkan diri Saudara sebagai dia, terima apa adanya lebih dulu (ada waktunya Saudara mengoreksi) sampaikan dengan kata kata Saudara

Contoh ungkapan yang menunjukkan pengertian

“Iya,saya mengerti perasaan Anda yang sedang marah kepadanya…”

 

5. Memberi penguatan

Teknik memberi penguatan dimaksudkan agar klien tetap tabah mengalami penderitaan dan tetap berpengharapan didalam Tuhan Yesus Kristus.

Teknik memberikan penguatan: penguatan dengan kata-kata, penguatan dengan gerak tubuh, gunakan gambaran, contoh ,pengalaman orang lain atau pengalaman klien sendiri sebelumnya; gunakan firman Tuhan; doa.

Teknik Konseling:  Memberi Penguatan
(Konseling bersama Nathanael Jiang)


Contoh memberi penguatan :

"Bapak, memang ini tidak mudah, tapi Tuhan Yesus tidak pernah meninggalkan Bapak." (diungkap sambil menjabat tangan klien dengan erat).

"Kita tahu bahwa pohon itu tahan terhadap badai ketika dia menghadapi badai, begitu juga kita...

Anda sedang dihadapkan dengan badai, agar orang-orang tahu bahwa anak Tuhan tahan terhadap badai."

"Ibu pernah bercerita bahwa ibu pernah menghadapi pengalaman yang sulit, tapi Tuhan menolong tepat pada waktunya. Tuhan yang aulu menolong ibu itu, juga akan menolong ibu sekarang ini!

(disampaikan dengan menepuk bahu klien - jika saudara dan klien sejenis kelamin).

Catatan:

Hindari sentuhan-sentuhan fisik sebanyak mungkin bila Saudara dan klien saudara tidak sejenis kelamin!

 

6. Konfrontasi

Teknik Konseling: Konfrontasi
(Konseling bersama Aldo Nababan)


    Konfrontasi berarti menentang pernyataan-pernyataan klien karena tidak sesuai dengan kenyataan, pernyataan-pernyataan sebelumnya, atau pun firman Tuhan.

    Klien bisa saja bermaksud untuk mendapat belas kasihan, pembelaan, bahkan demi menutupi dosa-dosanya sendiri dengan pernyataan-pernyataan tersebut. Saudara perlu belajar peka terhadap hal-hal seperti ini ingat apa yang disampaikan klien belum tentu benar. Jika saudara simpulkan bahwa apa yang dikatakan tersebut tidak benar, Saudara diperbolehkan melakukan konfrontasi.

Teknik konfrontasi: sampaikan kebenaran dengan lemah lembut, ajak klien untuk memikirkan kembali kesimpulannya dengan kenyataan-kenyataan yang sebenarnya, arahkan klien untuk mengakui sendiri bahwa kesimpulannya salah kalau memang hal itu salah, konselor tidak perlu bersitegang dengan klien kalau terjadi perbedaan pendapat

 

Contoh ungkapan yang menunjukkan teknik konfrontasi:

"Anda tadi mengatakan bahwa Anda mengasihi istri Anda, tapi minggu lalu Anda berkencan dengan seorang wanita?"

"Coba renungkan kembali pernyataan Anda tadi, bahwa Anda mau bergantung kepada Tuhan, tapi Anda masih mabuk-mabukan kalau menghadapi masalah!"

"Anda katanya sudah tahu bahwa judi itu berdosa, tetapi mengapa Anda masih ingin berjudi selama sutu setengah tahun lagi?"

 

7. Mengajar

    Dalam konseling ada unsur mengajar sebagai salah satu kegiatan konselor. Isi pengajarannya tidak lain adalah Firman Tuhan. Puncak dari kegiatan konseling sebenarnya adalah ketaatan kepada Firman Tuhan dan mempercayakan hidupnya kepada Tuhan Yesus Kristus.

     Dalam 2 Timotius 3:16 menyatakan: "Segala tulisan yang di!hamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajaruntuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran." Jadi Saudara harus belajar tahu Firman Allah

 

Teknik Konseling: Mengajar
(Konseling bersama Ricarlo Lumiu)

    Teknik mengajar: sampaikan firman Tuhan yang memang cocok dengan masalahnya; jangan terlalu panjang sebab Saudara memang bukan sedang berkhotbah.

Contoh:

"Ingat Bro, seperti dalam Roma 8:28, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi orang yang mengasihi Dia. .. Di situ dinyatakan

"dalam segala sesuatu"..bukan hal-hal tertentu saja. Dan tujuannya, "untuk mendatangkan kebaikan" bukan mendatangkan keburukan! Harap ini menguatkan kita, Bro!"

 

 8. Menerima

Teknik Konseling:
(Konseling bersama Gayus Manullang)


    Teknik ini menekankan bahwa konselor harus menerima klien itu seperti apa adanya, tapi tidak berarti membenarkannya dalam segala hal. Saudara menghadapi klien yang cerewet dan kata katanya pedas, keras kepala dan menang sendiri, tidak mau diatur, bebal, dll, terimalah dia apa adanya. Perhatikan prinsip  ini justru untuk orang seperti itulah saya diutus Tuhan pada waktu ini; saya tidak sedang mencari orang yang tidak berdosa, tapi untuk orang itulah saya mau dipakai Tuhan demi menolong orang itu.

Teknik menerima: terima klien apa adanya, berilah belas kasihan kepadanya, terima dengan tulus.

Contoh pernyataan menerima klien:

"lya,. bagi saya perkataan Bapak yang seperti itu, saya bisa memaklumi. Saya senang kok, Tuhan jumpakan saya dengan Bapak."

 

9. Membawa kepada Tuhan Yesus

Teknik konseling yang amat penting adalah membawa klien datang kepada Tunan Yesus Kristus. Ini merupakan puncak kegiatan konseling lainnya di samping menaati firman-Nya. Segala persoalan tidak mungkin diatasi sampai akar-akarnya kalau tidak datang kepada Tuhan Yesus Kristus. Oleh karena itu nanti kita akan belajar bagaimana kita melakukan konseling dengan berfokus kepada Tuhan Yesus Kristus.

Teknik: ajak klien melihat segala sesuatu dari sudut pandang Tuhan Yesus Kristus (ilustrasi termometer), melihat agenda dan maksud-Nya.

Contoh dalam percakapan:

Anda diperlakukan tidak adil cleh pimpinan,.. mari kita pikirkan dan tanyakan kepada Tuhan, apa yang sedang diagendakan Tuhan kepada Anda, sehingga Tuhan izinkan hal itu terjadi. Mungkinkah Tuhan sedang menibentuk karakter Anda?"

 

Teknik Konseling: Membawa kepada Tuhan Yesus
(Konseling bersama Nathan Maugenest)

10. Datang dan bersama.

Datangi dan bersama klien menjadi teknik yang penting dalam konseling Konselor "menjemput tola atau aktif mencari orang yang perlu ditolong kehadiran konselor bersama klien meneguhkan klien bahwa klien yang sedang bermasalah itu tidak sendirian.

 Teknik datangi, sapa, terlibat bersama mereka

Teknik Konseling: Datang dan bersama
(Pastoral Konseling)


Kesepuluh teknik dalam konseling, tersebut perlu dilatih dan dikembangkan. Saudara akan semakin menyadari pentingnya teknik-teknik itu dan mengembangkan teknik-ichak yang ain yang Saudara temukan sendiri, kalau Saudara belajar terus melakukan konseling. Mulailah dengan hal-hal sederhana dengan "mengkonseling" teman sendiri dan hal itu menjadi ajang mengasah ketrampilan Saudara.

 

1Teknik dalam konseling Kristen yang tertulis di sini saya lah kembali dan kembangkan dari buku Gary Collins, Konseling Kristen yang Efektif (Malang : Seminari Alkitab Asia Tenggara, 1990), hlm. 24-35


   KONSELING PRAKTIS MENGATASI BERBAGAI MASALAH

(Oleh: Drs. Elisa B. Surbakti, M.A.)

Penerbit: Yayasan Kalam Hidup


1. Stres dan Penanggulangannya:



2. Penanggulangan Depresi:


3. Solusi Atas Kekhawatiran


4. Solusi Atas Akar Pahit:


5. Iman, Akal, Percaya dan Kesembuhan
6. Memelihara Kesehatan Rohani dan Jasmani
Memelihara Kesehatan Rohani dan Jasmani


7. Teladan Dalam Hal Pengampunan:


8. Masalah Etika dan Moral:


9. Pola Dalam Memilih Pasangan:




10. Pembangunan dan Perkembangan Sebuah Keluarga:




11. Membina Keluarga:



12. Kesalahan Orang Tua dalam Mendidik Anak:


13. Bimbingan Pastoral Terhadap Anak dan Hambatannya:



14. Perlakuan Terhadap Remaja:




15. Remaja dan Ciri-Cirinya:


16. Pengawasan Terhadap Remaja:



17. Krisis Laki-Laki Tengah Baya dan Peran Isteri:




18. Krisis Perempuan Tengah Baya dan Peran Suami:




19. Krisis dalam Pernikahan Tengah Baya, Penyebab dan Penyelesaiannya:


20. Proses Penuan Manusia:

21. Reaksi Manusia Terhadap Perubahan:
22. Kematian Orang Percaya, dan Orang Tidak Percaya:



23. Akibat Kematian, Tahapan dan Respon:


nehemia pasaribu


Shalom, terima kasih yang sudah membaca artikel saya dalam Mata Kuliah Pastoral Konseling, semoga kita selalu diberkati oleh Tuhan. Jangan lupa untuk klik tombol berlangganan yang ada di Dasbord Blogger saya, supaya Anda selalu update artikel terbaru. God Bless You.

NEHEMIA PASARIBU | OFFICIAL YOUTUBE CHANNEL - 2020

REKAP FOTO KLIK DISINI
REKAP FOTO 2 KLIK DISINI

Komentar

  1. Puji Tuhan sangat memberkati sekali, hallelluya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanda orang percaya ada diwajah saya, anda membutuhkan konseling ? Hubungi saya

      Hapus
    2. puji Tuhan
      sangat menguatkan pribadi saya

      wow wow

      Hapus
    3. Saya ingin konseling tetapi tdk punya pulsa untuk telp....

      Hapus
  2. Tanda orang percaya, ada di wajah ebong

    BalasHapus
  3. tanda orang Percaya
    ada di Wajah saya

    saudara membutuhkan KONSELING
    hubungi saya


    Yosafat

    BalasHapus
  4. Tanda orang percaya dilihat dari wajah atau muka saya, lalu anda yang mau konseling bisa email...

    Shallom

    BalasHapus
  5. Tanda org percaya Ada di wajah saya, anda butuh konseling ? Hubungi saya

    BalasHapus
  6. Tanda orang percaya ada diwajah saya

    Anda membutuhkan konseling...?

    Silahkan hubungin saya....

    GBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puji Tuhan ibu dessy amngt trs untk Tuhan

      Hapus
    2. bu bagaimana caranya kita bisa hidup apa adanya?

      Hapus
    3. Puji Tuhan terima kasih untuk rekan sekerja Allah atas dukungannya Ibu @rhyda dan Bapk @jiang



      Untuk bpk ricarlo nnti saya akan memberikan no saya melalui email yaaa

      Hapus
  7. Tanda orang percaya ada di wajah saya :)
    Anda butuh konseling? hubungi saya
    Gracia

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana saya bisa menghubungi ibuk Gracia?

      Hapus
    2. Selamat pagi bu

      Saya ingin konseling.boleh nanti malam saya minta waktunya sebentar...?

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Saya mau konseling bu jam 9 pagi ini

      Hapus
    5. Ibu ini tdk bisa jam 9 pak rayon dapur

      Hapus
  8. willi..tanda orngyang percaya pasti selalu memuji tuhan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sahalom
      bisakah Bapak MEMBERI kontak Bapak
      agar saya bisa konseling dengan bapak

      Hapus
    2. Aminnnn.. Maju trs dlm Tuhan bpk ketuaa

      Hapus
  9. Tanda orang percaya ada di waja saya.

    Hubungi saya��

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanda orang percaya ada di wajah saya ... @ratih

      Hapus
    2. bagaimana saya bisa memperoleh tanda sukacita itu Pak

      GBU

      Hapus
    3. Shallom pak saya mau bertanya bagaimana cara kita mengatasi orang yg emosinya tidak stabil...?

      Hapus
  11. Puji Tuhan tnda org prcya ada pada wajah saya..

    Bgi bpk ibu Yg mau konselling bsa mnghbngi saya. Tuhan mmbrkti

    BalasHapus
  12. Tanda orang percaya Ada di wajah Nathan

    Kamu butuh konseling ? Hub saya lewat akun ig,fb (Kelloen&Natan Imanuel)

    Saya akan memberikan solusi untuk Anda semua :)

    BalasHapus
  13. Okk prepare langsung otw aku kerumah bapak

    BalasHapus
  14. Shalom

    Pak saya Nathan murid bapak semester 3, saya mau bertanya bagaimana caranya supaya saya tidak bersikap apatis? Itu saja Pak trimakasih JBU, Shalom.

    BalasHapus
  15. Amen Tuhan Memberkati bapak,serialah sampai mampus dalam melayani Tuhan?

    BalasHapus
  16. Pak nem,saya mau bertanya apakah konseling itu bisa ramai"?(banyak orang)

    BalasHapus
  17. Saudara-saudari yang saya kasihi dalam Tuhan, kalian berharga di mata Tuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kejujuranmu membuat orang yakin atau percaya padamu

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Kej 3:7-24
      Dosa adalah dosa bukan masalah. Saat ini jangan berdiam diri didalam kelemahan anda datanglah kepadaNya sebab Tuhan sedang menunggumu saat ini.(Kej 3:9)Tetapi Tuhan Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: “Di manakah engkau ?. Saat ini Tuhan sedang mencarimu untuk datang kembali kepadaNya karena engkau berharga di mata Tuhan.

      Hapus
    4. Kesimpulan Ciri orang berguna adalah berguna

      Hapus
    5. Ketika putus asa orang pertama yang anda temui siapa ?

      Hapus
    6. Siapa orang yang ada dipikiranmu saat ini ?
      Kamu perlu saya panggil temanmu siapa namanya ?
      orang yang ada dipikiranmu saat ini tidak melupakanmu tapi karena dia belum bisa balas kebaikanmu, tetapi apa yang kita renungkan salah, yang kita renungkan adalah orang mulai lupa sama kita. Semangat Hidupmu ada ga hari ini ?

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. Apabila harapan tidak sesuai dengan kenyataan apa yang harus kita katakan ?
      Ikhlaskan 0% artinya sudah direlakan.

      Hapus
    9. Anda tampan ? anda cantik ?
      Seberapa anda yakin ? 0-100 % ?

      Hapus
    10. Apa selera anda jika anda mau yang Tinggi ?
      Bayar Harga

      Hapus
    11. Harapan besar tetapi keikhlasan tidak ada maka sia-sialah harapanmu

      Hapus
  18. contoh konseling yang pertama di Alkitab adalah konseling antara ALLAH dengan Adam dan Hawa ( Kejadian 3 )

    BalasHapus
  19. Salah satu contoh konseling pastoral, terdapat dalam: kejadian 3

    BalasHapus
  20. Konseling pertama dr Kejadian 3 .
    Ketika hati nurani kita murni kita akan mngrti apa yg mnjdi rncna Tuhan. Sikap keterbukaan dn jujur akan mmbuat lncrnya konseling.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konseling dgn org trdkt.. Hrs bza jdi pribdi yg bza di prcya.

      Hapus
  21. Chane saya minta maaf kalau saya gak akan pernah lagi pegang rambut kamu!

    BalasHapus
  22. Dengan ini saya, YOHANES SUNANDAR berjanji... Bahwa saya tidak akan memegang rambut ibu Chane SHALAK...๐Ÿ™‰

    BalasHapus
  23. saya Yosafat berjanji tidak akan memegang RAMBUT saudari Yakopina Chane Salak tercinta
    GBU

    BalasHapus
  24. saya Nathan Maugenest berjanji tidak akan menyentuh lagi rambut chane kiyaa dalam segala situasi kondisi apapun. :)

    BalasHapus
  25. Maaf chane,saya tdk lg akn pegang rambut chane..
    Gbu

    BalasHapus
  26. Yohanes mau melatih diri dalam menjadi seorang konselor, yaitu:
    1. Murah senyum
    2. Tidak memiliki rasa bersalah
    3. Besahabat.

    Godbless

    BalasHapus
  27. sebagai konselor yang baik aMaugenest berkomitmen yang pertama adalah menjadi pribadi yang hangat dan menyenangkan, tidak memiliki rasa bersalah alias terbuka dan yang ketiga menjadi orang berguna untuk semuanya.

    BalasHapus
  28. Menjadi seorang konselor yang bermutu harus memiliki hati nurani yang jujur,dan memiliki kapasitas dalam hidup yang berguna bagi orang.

    BalasHapus
  29. sebagai konselor yang baik saya harus mengupgrade diri saya yaitu
    1.Terbuka
    2.Berguna
    3.Inisiatif
    4.Rendah Hati

    BalasHapus
  30. Saya akan melatih diri untuk menjadi seorang konselr dan menjdi org yg berguna untuk org lain

    BalasHapus
  31. Balasan
    1. Amen..
      Semangat hidup dalam kebenaran dan rencana Tuhan

      Hapus
  32. Yang rida lakukan sbgai konselor iyalah:
    1. Senyum yg mmbwa brkt
    2.kasih yg tulus
    3. Kerendahan hati

    Ciri2 org yg brguna
    1. Rajin
    2.terbuka
    3. Taat tunduk dn patuh
    4. Jdi org yg brguna

    Tuhan memberktii

    BalasHapus
  33. orang berguna itu
    iaaaaaaaaaaaaaaaallllllllllllllllaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhh
    harus MURAH SENYUM

    BalasHapus
  34. Ketika saya berputus asa orang yang pertama saya temui siapa???

    BalasHapus
  35. Ketika saya putus asa.saya akan menemui mami yani

    BalasHapus
  36. orang tidak melupakan kebaikan kita, tetapi ia belum bisa membalas kebaikan kita :)

    BalasHapus
  37. Orang tidak akan melupakan kebaikkan kita.tetapi belm bisa membalas kebaikkan kita

    BalasHapus
  38. Orang yang kita ingat namanya karna kita tidak bisa lupakan dia!

    BalasHapus
  39. saya melatih diri saya untuk menjadi seorang konselor adalah dengan:
    1.Menjadi orang berguna
    2.Menghilangkan rasa bersalah

    BalasHapus
  40. Pada saat harapan kita tidak sesuai dengan kenyataan apa yang harus kita katakan??

    BalasHapus
  41. apabila harapan tidak sesuai dengan keadaan saya akan ikhlas

    BalasHapus
  42. Apabila harapan tidak sesuai dengan harapan, apa yang harus kita lakukan?

    IKHLAS ...๐Ÿคฆ

    BalasHapus
  43. Ketika saya putus asa saya hruss temui satu org

    Apabila harapan KITA tdk sesuai dgn yg kita harapakan kita harus ttp IKHLAS

    BalasHapus
  44. apabila harapan kita tidak sesuai dengan kenyataan apa yang harus diakukan : ikhlas

    BalasHapus
  45. apabila Harapan tidak sesuai dengan Harapan adalah

    ...... I K H L A S.....

    BalasHapus
  46. Apabila harapan tidk sesuai dengan yg kita harapkan.kita harus iklas.

    BalasHapus
  47. Keiklasan yg ada dalam diri saya itu 0%........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika,harapan itu tidak sesuai dengan apa yg kita harapkan

      Hapus
  48. orang berguna itu......harus rendah hati....

    BalasHapus
  49. Tehnik konseling kepada anak yang berkebutuhan khusus adalah....
    "PENERIMAAN"

    BalasHapus
  50. Kita harus memiliki 0% ke iklasan๐Ÿ˜‰

    BalasHapus
  51. Hukum yang baru ialah "Saling mengasihi antar sesama"

    BalasHapus
  52. Sesuatu yang berguna miliki hingga 100% :)

    BalasHapus
  53. Pak nehm membuktikan kegantengan saya 100%

    BalasHapus
  54. ke gantengan dan kecantikan mu 100% luar dalam....!!!!

    BalasHapus
  55. Sesuatu yang berharga harus kita pertahankan

    BalasHapus
  56. saya ganteng
    maka saya harus dapat istri yang cantik dan Tkut akan TUHAN

    BalasHapus
  57. Bagi Tuhan gak ada yang mustahil tan!!?? Jangan takut

    BalasHapus
  58. Bagi Tuhan gak ada yang mustahil tan!!?? Jangan takut

    BalasHapus
  59. anda berhaga di mata Tuhan...amin...!!!!

    BalasHapus
  60. Hidup bpk.aldo jadi klw tadi katakan bayar harga jangan lupa jga bayar utang

    BalasHapus
  61. Syarat untuk mendapatkan selera yang tinggi (yang diinginkan) adalah dengan BAYAR HARGA :)

    BalasHapus
  62. Sesuatu yg berharga hrs kita pertahankan

    Apa harapan menjdi seorang yg cantik..?memiliki suami yg ganteng,mapan,takut akan Tuhan

    Syarat kalau kita memiliki selera tinggi ?kita harus bayar harga

    BalasHapus
  63. Sesuatu yg berharga kita harus bayar harga

    BalasHapus
  64. Sayaaa cantij 100% hrpn sayaa dpt psngan yg gntng tp saya hrus bayar harga.

    BalasHapus
  65. Willi bingung bgmn bisa iklas aku,padahal aku jauh dari dia katanya.

    BalasHapus
  66. Syalom,bertobat yang gak ada di blogger

    BalasHapus
  67. Kesimpulan sesi 1 dan 2 Tuhan Yesus memberkati๐Ÿ˜‡

    BalasHapus
  68. Materi nya sangat singkat padat dan jelas dan sangat mudah untuk di mengerti.๐Ÿ–’๐Ÿ–’

    BalasHapus
  69. Ciri-ciri orang fasik ialah:
    Hidupnya diluar Tuhan

    BalasHapus
  70. Ciri-ciri orang fasik adalah orang yg hidup di luar Tuhan��

    BalasHapus
  71. Tempat konseling yang paling tepat, yaitu di hati mu...๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  72. Tempat konseling yang tepat ialah...
    Dihati

    BalasHapus
  73. Konseling yang tepat itu adalah di hati mu ok๐Ÿ‘๐Ÿฝ๐Ÿ‘Œ๐Ÿฝ??

    BalasHapus
  74. dimana tempat konseling yang paling pas? di hatimu wekawekaka

    BalasHapus
  75. konseling yang paling tepat itu di hati mu...





    BalasHapus
  76. Yang kita temukan dalam konseling itu adalah solusi

    BalasHapus
  77. Yang kita temukan dalam konseling adalah solusi

    BalasHapus
  78. Gak punya bolpoin, bergumul?

    BalasHapus
  79. Terkadang hal yang tak kita pikirkan itu adalah jawaban dari semua hal yg kita cari

    BalasHapus
  80. sejak engkau dalam kandungan engkau telah diberi kuasa...

    BalasHapus
  81. Tempat yg tepat untuk konseling itu di hatimu.org yang bisa menjadi konselor adalah org" yg dkt dgn Tuhan.saat kita konseling kita akan mndptkan solusinya.hidup kita harus mnjdi solusi untuk org lain karna perkataan kita mempunyai Kuasa yg besar untuk org lain.sehingga saat kita membagikan solusi kita dpt memberikan kelegaan dan mengurangi beban org tsb

    BalasHapus
  82. Konselinglah maka kita akan menemukan solusi

    BalasHapus
  83. Bahagia adalah membuat kita punya solusi

    BalasHapus
  84. Orang yang bahagia adalah orang yang mudah menemukan solusi dalam permasalahannya

    BalasHapus
  85. konseling paling aman itu di hati mu

    BalasHapus
  86. Diberkatilah kamu yang tetap di blogger...

    BalasHapus
  87. Memahami orang lain itu adalah hal yang (Sangat Luar Biasa) lambat tapi pasti dan orang yang BAHAGIA itu pasti akan MEMBAHAGIAKAN orang lain๐Ÿ˜‡

    BalasHapus
  88. siapa yang bisa memberi berisolusi....orang yang berbahagia..

    BalasHapus
  89. Orang yang bisa jadi teman konseling adalah orang yang bahagia��

    BalasHapus
  90. Tidak semua solusi itu menjadi hal yang baik tetapi kamu sudah melakukan hal yang terbaik

    BalasHapus
  91. Tidak semua solusi itu menjadi yg terbaik ... tapi paling tidak saya sudah melakukan yang terbaik.
    Bangun kepribadian mu bahwa kita adalah orang yang BAHAGIA ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  92. Tempat yg nyamn untk Konseling yaitu di hatimu.. Konseling akan memberikan solusi. Dn qta hrus tau tdk smua solusi itu mmberi yg trbaik tp stidaknya qta sdh mlkknya.. Jdilha pmbwaa damaii

    BalasHapus
  93. Pusat dari konseling itu ialah Kristus

    BalasHapus
  94. pusat dari konsling itu adalah Kristus...

    BalasHapus
  95. Hanya orang bahagia yang bisa mencari solusi

    BalasHapus
  96. Khotbah itu gampang, orang terima atau tidak ndak apa-apa tapi yang sulit itu ialah menghidupinya

    BalasHapus

Posting Komentar