STAPIN MAJALENGKA | BAHASA INDONESIA - TINGKAT 1 | NEHEMIA PASARIBU

 

BAHASA INDONESIA

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.komodotravellers.com%2Fmap&psig=AOvVaw1kfRdoU-CHy07H81tvnJU_&ust=1597159534267000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCKDZ05P5kOsCFQAAAAAdAAAAABAP
(Gambar ini dari Komodo Travel And Transportation)


Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah Bahasa Indonesia yang digunakan sesuai dengan situasi pembicaraan (yakni, sesuai dengan lawan bicara, tempat pembicaraan, dan ragam pembicaraan) dan sesuai dengan kaidah yang berlaku dalam Bahasa Indonesia (seperti: sesuai dengan kaidah ejaan, istilah, dan tata bahasa).

Bahasa Indonesia adalah standarisasi dari Bahasa Melayu, tepatnya bahasa Melayu dari dialek Riau, yang digunakan sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara Indonesia. Bahasa Melayu sebelumnya digunakan sebagai bahasa perdagangan di Nusantara dari masa kerajaan Sriwijaya dan kesultanan Malaka.

(Gambar ini dari Liputan 6)

Bahasa Indonesia diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1928, pada saat pemuda Indonesia mengikrarkan Sumpah Pemuda, butir ketiga dari Sumpah Pemuda yang menyatakan bahwa negara Indonesia resmi menggunakan bahasa Indonesia, yaitu kami putra putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Undang-Undang Dasar RI 1945, Pasal 36 menyatakan bahwa “Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia”. Maka kedudukan bahasa Indonesia sebagai: 1. Bahasa Nasional, 2. Bahasa Negara (Bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia).

ellsworth.lib.me.us
Gambar dari Ellsworth

Membaca tidak hanya melisankan sebuah tulisan. Membaca adalah proses memahami suatu bacaan supaya bisa dipahami, diingat, dan diaplikasikan.

 PILIH

Pilihlah buku yang akan Anda baca dengan bijak. Lihatlah judul buku, tulisan di sampul belakang, daftar isi, kalimat pembuka, dan baca sekilas isinya. Ini perlu dilakukan supaya Anda tidak menyesal membeli atau meminjam buku itu dari perpustakaan. Itu sangat menguras waktu dan biaya.

 CARI

Carilah tempat yang paling nyaman bagi Anda untuk membaca. Hindari gangguan dari teman atau orang-orang di sekitar Anda. Memilih tempat yang nyaman dapat memudahkan Anda dalam memahami suatu bacaan.

POSISI MEMBACA

Jika Anda ingin waktu membaca Anda efektif dan memiliki tingkat pemahaman yang tinggi terhadap bacaan, jangan pernah membaca sambil berbaring! (kecuali jika Anda sekedar ingin membaca novel atau komik untuk hiburan). Ambillah sikap yang tepat agar semua isi bacaan bisa masuk sempurna dan bertahan lama dalam ingatan Anda, duduklah di kursi dengan buku yang diletakkan di meja. Atur jarak mata Anda dengan buku. Idealnya adalah 25-30 cm.

 TUJUAN MEMBACA

Membaca tanpa tujuan seperti pengembara tanpa arah. Begitu penting membuat tujuan yang jelas dalam membaca karena akan membuat hasil membaca Anda maksimal. Tujuan membaca akan mempermudah otak Anda fokus pada hasil yang ingin Anda dapatkan. Ketika kita mencanangkan tujuan membaca buku sejarah agar hafal nama tokohnya, otak kita akan menangkapnya sebagai perintah untuk berhenti dan memperhatikan tiap nama seorang tokoh muncul. Lain lagi ketika kita membaca buku sejarah dengan niat untuk mengetahui kronologi atau urutan kejadiannya. Otak kita akan menangkap tujuan tersebut sebagai sinyal atau perintah untuk merekam kejadian dalam buku tersebut berdasarkan urutan waktunya. Apa yang Anda dapatkan dalam membaca sangat dipengaruhi oleh tujuan yang Anda buat sebelum membaca. Nah, pernahkah Anda menyelesaikan satu buku namun merasa tidak mendapatkan apa-apa bahkan lupa isinya? Bisa jadi ini dikarenakan Anda belum membuat tujuan yang jelas saat membacanya.

GAMBARAN BESAR

Membaca tanpa gambaran seperti seperti penjelajah tanpa peta. Anda akan lebih mudah mempelajari sesuatu jika Anda sudah tahu apa gambaran besarnya. Sebelum Anda memulai proses membaca, penting sekali untuk mengetahui gambaran besar dari buku yang sedang Anda baca. Apa jenis bukunya? Apa yang dibahas dalam buku tersebut? Bagaimana susunan/struktur pembahasannya?

Gambaran besar dalam suatu bacaan dapat Anda peroleh dengan membaca daftar isi atau sInopsis buku tersebut.

 FOKUS DALAM MEMBACA

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, fokus dan konsentrasi memang sangat diperlukan dalam mengerjakan sesuatu. Rahasia konsentrasi terletak pada kemampuan untuk membangkitkan minat terhadap apa yang Anda baca, pelajari, atau kerjakan. Kalau Anda tertarik pada bacaan, pelajaran, apa sesuatu yang  Anda kerjakan, Anda akan dapat mengonsentrasikan perhatian Anda pada apa yang Anda baca, pelajari, atau kerjakan. Bacaan atau pelajaran itu akan mudah Anda mengerti.

 Dari sisi management otak, tips agar konsentrasi dalam membaca adalah:

1. Perkuat motivasi anda dalam membaca buku, carilah manfaatnya dari membaca agar anda tahu tujuan membaca. Dengan demikian anda akan termotivasi, dan akan mengaktifkan otak kanan dan kiri, sehingag bekerja dengan harmonis.

2. Mata didisain untuk mengikuti benda yang bergerak, akan tetapi huruf dalam buku adalah diam, ini akan membosankan mata. Untuk mengatasinya, gunakan pulpen atau pensil untuk memandu gerakan mata. Beri irama atau ketukan saat membaca. Saat selesai membaca pada satu kalimat, beri ketukan secara perlahan. Ketukan ini untuk memberi irama sehingga mengaktifkan otak kanan agar seimbang dengan kegiatan kiri.

3. Untuk melatih konsentrasi dalam membaca yaitu dengan membaca selama 90 menit

MEMBUAT PIKIRAN KITA FAMILIAR DENGAN ISI BUKU

Kemampuan seseorang untuk merasa familiar dengan isi buku yang dibacanya adalah skemata. Pengertian skemata ketika dihubungkan dengan teori membaca, menggambarkan proses dimana pembaca mengkombinasikan pengetahuan awalnya dengan informasi baru dalam teks bacaan yang dipahami atau Skemata merupakan bagian dari pengetahuan awal yang menyediakan interpretasi bermakna tentang konten yang baru. Skemata seseorang dapat ditingkatkan (dengan artian pembaca dapat lebih familiar dengan isi buku yang sedang dibacanya) dengan memperbanyak database dalam pikiran bawah sadar kita. Dari mana datangnya database? Iya bisa tercipta dari pengalaman sehari-hari Anda, hasil perenungan yang dalam, proses membaca, serta proses berkomunikasi dengan orang lain. Semakin banyak database yang tersedia di pikiran bawah sadar, semakin baik pula tingkat skemata seseorang

 BERDIALOG DENGAN BUKU

Jadilah pembaca yang aktif. Artinya, dalam proses kita membaca, ajukanlah pertanyaan dari diri sendiri yang sifatnya memancing rasa penasaran. Hal ini secara efektif dapat membuat kita lebih aktif membaca dan tak sabar menemukan jawabannya. Dengan begitu, proses membaca kita juga akan lebih cepat. Ajukan pertanyaan yang akan Anda temukan sendiri jawabannya di setiap bab atau sub bab. Undang rasa penasaran itu hadir.

 

DISKUSIKAN

Diskusikanlah buku yang Anda baca dengan teman-teman Anda yang juga sedang membaca buku tersebut. Dengan begitu, Anda bisa saling bertukar pemahaman antar teman sehingga meningkatkan pemahaman Anda.

 KECEPATAN YANG BERVARIASI

Pembaca yang fleksibel adalah pembaca yang dapat mengatur kecepatan, menentukan teknik, dan metode membaca sesuai semua faktor yang berkaitan dengan bacaan. Pembaca yang baik tahu kapan harus membaca cepat dan kapan harus membaca lambat. Banyak orang yang baca lambat untuk yang harusnya dibaca cepat dan justru banyak yang baca cepat untuk yang harusnya dibaca lambat.

 JANGAN TERLALU CEPAT

Hindari membaca dengan cepat seperti yang Anda lakukan saat mengikuti lomba membaca tingkat SD. Hanya membunyikan bacaan dengan cepat tidak akan membuat Anda memahami bacaan tersebut. Kata-kata yang Anda baca hanya melayang-layang di pikiran tanpa ditangkap satupun.

 JIKA INGIN CEPAT

Jika Anda ingin cepat, bacalah kesimpulan dari bacaan tersebut. Caranya adalah dengan melihat kalimat yang diawali dengan kata seperti, “dengan demikian, …”; “Saya ingin menyarankan bahwa …”; “kesimpulannya, …”. Dengan begitu, Anda akan memahami inti sari dari bacaan tersebut. Cari topik yang menurut Anda paling menarik atau berguna di daftar isi. Dengan begitu, Anda tidak perlu membaca keseluruhan isi buku.

 SIMPULKAN

Simpulkanlah apapun yang baru Anda dapat setelah membaca satu bab buku. Bila perlu, Anda bisa menyimpulkannya setelah Anda membaca satu sub bab. Ini bertujuan untuk menguji pemahaman Anda dan memastikan bahwa Anda mendapatkan sesuatu setelah membaca.

 CATAT

Catatlah pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam bacaan. Ini sangat membantu untuk memahami bacaan. Apalagi Anda mencatatnya sesaat setelah Anda membaca buka itu dengan tidak membuka buku itu lagi. Catat pula apapun yang Anda dapat dari buku itu.

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.thebalancesmb.com%2Fhow-does-freelance-writing-work-exactly-1360232&psig=AOvVaw29RnFGDHMigaNKrgm9CHJh&ust=1597158917830000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCJjq6-_2kOsCFQAAAAAdAAAAABAD
(Gambar dari thebalancesmb)

CARA MENULIS SEBUAH BUKU, JANGAN MEMIKIRKAN TEORI MENULIS

Teori untuk menulis sebuah buku pada dasarnya perlu diketahui oleh seseorang yang memang memiliki keinginan kuat untuk menjadi seorang penulis. Meskipun demikian, terlalu terpaku pada aspek teori juga bukanlah menjadi hal yang baik karena menulis ada tentang praktik, bukan teori. Satu hal penting yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan praktik menulis langsung tanpa terlalu memikirkan teori menulis. Apabila kita terbiasa melakukan aktivitas menulis dan perlahan-lahan mulai memahami teori menulis, maka keseimbangan tersebut akan dapat tercapai. Dengan kata lain, kemampuan menulis yang kita miliki akan semakin meningkat dari waktu ke waktu apabila teori dan praktik yang kita pahami dapat berjalan secara bersama-sama.

JANGAN MENULIS SESUATU YANG TIDAK KITA KUASAI

Menulis buku pada dasarnya adalah sebagai sarana kita untuk melakukan transfer pengetahuan yang kita ketahui kepada publik. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus menghindari untuk menulis sesuatu yang sebenarnya tidak kita pahami secara seksama. Hal ini juga berlaku pada penulisan buku ajar dan referensi. Sebisa mungkin kita harus menghindari penulisan buku yang sumber referensinya sulit untuk dicari atau terbatas. Kondisi tersebut setidaknya akan menghindarkan kita dari kesalahan yang mungkin kita buat dalam proses menulis. Oleh karena itu, kita harus menulis sesuatu yang memang benar-benar kita ketahui secara seksama. Langkah tersebut bisa kita lakukan dengan melihat tema-tema yang kita sukai.

 JANGAN TERLALU MEMIKIRKAN GAYA (STYLE) MENULIS

Terkadang seseorang yang gemar membaca dan penulis handal sudah mengetahui gaya menulis tulisan orang lain. Dalam hal penulis, gaya menulis pada dasarnya bukanlah menjadi sesuatu yang penting untuk dimiliki oleh seseorang. Hanya saja, gaya menulis bisa menjadi ciri khas dari seorang penulis. Sebagai contohnya, penulis A terkenal dengan gaya menulis yang cenderung kuat dengan data-data yang disajikan, sedangkan penulis B terkenal dengan gaya menulis yang lebih suka membawa argumentatif publik. Oleh karena itu, apabila kita ingin menjadi seorang penulis, gaya menulis bukanlah satu syarat penting yang harus dipenuhi karena gaya tersebut akan muncul secara otomatis seiring dengan matangnya kemampuan kepenulisan kita.

 JANGAN MENULIS SEBUAH BUKU TANPA MELENGKAPI BAGIAN-BAGIAN BUKU

Salah satu aspek penting yang perlu kita ketahui ketika akan membuat sebuah buku ajar atau referensi adalah bagian-bagian terpenting dari buku tersebut seperti prakata, daftar pustaka, indeks. Kata pengantar atau prakata adalah bagian penting untuk membantu pembaca meraba apa yang bisa didapatkan dari tulisan kita. Selain itu, daftar pustaka, dan indeks juga menjadi bagian penting yang dapat membantu pembaca agar lebih cepat mendapatkan apa yang dicarinya dari buku yang kita tulis. Bagian-bagian tersebut menjadi bagian penting bagi pembaca yang sedang mencari bahan untuk dijadikan referensi atau rujukan tulisannya. Oleh karena itu, kita perlu mencermati bagian-bagian yang sudah disebutkan sebelumnya.


Dari Pusat Bahasa

Sekarang bukan lagi EYD, sudah diganti jadi PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia)

Berikut penulisan kata baku terbaru:

1. Assalamualaikum w.w.

2. Alquran

3. Azan

4. Zuhur

5. Isap

6. Merek

7. Nasihat

8. Risiko

9. Gawai = gadget

10. Swafoto = selfie

11. Laman = website

12. Pos-el = email

13. Tetikus = mouse

14. Warganet = netizen

15. Narahubung = contact person

16. Pelantang = mikrofon

17. Salin rekat = copy paste 

18. Luring = offline

19. Daring = online

20. Pratayang = preview

21. Peladen = server

22. Pramusiwi = baby sitter

23. KTP-el = e-KTP

24. Hektare

25. Kaus

26. Sirop

27. Saksama


Kata yang penulisannya dipisah:

1. di bawah

2. di atas

3. di samping

4. di antara

5. kerja sama

6. berkembang biak

7. terima kasih

8. orang tua

9. tanda tangan

10. di luar

11. di dalam

12. di kawasan

13. di sepanjang

14. bertanggung jawab

15. di hidupku

16. di kepala

17. di kemudian hari


Kata yang penulisannya digabung:

1. antarsekolah

2. antarteman

3. kacamata

4. fotokopi

5. diperhatikan

6. pancausaha

7. minimarket

8. tunanetra

9. waswas

10. ekstrakurikuler

11. dipertanggungjawabkan


Silakan bagikan, semoga bermanfaat.

 Tugas Mahasiswa:

 1. Tuliskan pengalaman Anda dalam Panggilan Tuhan ke STT “STAPIN Majalengka” (perhatikan cara penulisan yang benar sesuai EYD)

2. Berikan komentar Anda terhadap apa yang di tulis oleh Mahasiswa yang lain.

3. Setiap komentar atau tulisan di awali dengan tulisan Nama lengkap, apabila berbeda dengan nama email.


(Mahasiswa STAPIN Tingkat I/2020) - Belajar Perpustakaan

RECAP PHOTO CLICK HERE

Komentar

  1. Nama :Risnawati sidabutar
    Tingkat:1

    1. Melangkah ke depan dengan proses yang sangat sulit dan butuh perjuangan, dan hingga saat ini saya melangkah lebih maju ke masa depan dengan melanjutkan pembelajaran pengetahuan yaitu kuliah di kampus STT STAPIN MAJALENGKA, menuju atau datang ke kampus ini merupakan suatu yang paling berharga bagi hidup saya, bukan karena saya ingin menjadi orang yang terpandang di hadapan banyak orang.
    Tujuan yang membuat saya ingin melanjutkan kuliah di tempat ini suatu panggilan yang telah Tuhan tanam kan dalam hati risna.
    Melewati berbagai macam masalah kesulitan menuju ke tempat ini, berbagai rintangan yang telah terjadi membuat saya semakin dekat dan percaya dengan Tuhan, keadaan saya yang memperkuat kan saya dengan keyakinan bahwa Tuhan itu dasyat, dan selalu ada bagi setiap anak yang berseru percaya kepada nya.
    Selama saya berada di lingkungan Kampus STT STAPIN MAJALENGKA hidup saya semakin berubah dan semakin percaya bahwa Tuhan itu tidak pernah Tidur hingga mengingkar janji banyak rencana yang telah Tuhan siap kan bagi ke hidup an risna.
    Walau melewati berbagai macam masalah tapi Tuhan tidak pernah melemah kan bahkan memberikan masalah melebihi batas kemampuan kita sendiri.
    Banyak perubahan yang telah terjadi dalam kehidupan saya, banyak yang menjadi kekuatan saya. TUHAN DASYAT dan TUHAN AJAIB Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan semua nya telah Tuhan rencana kan.
    Seperti tertulis dalam kitab PENGKOTBAH 3:11
    " SEMUA AKAN INDAH PADA WAKTUNYA"
    amin.
    TUHAN YESUS MEMBERKATI☺

    2. Dalam soal di atas komentar saya Penulisan atau bahasa yang dapat di mengerti dan tidak bertele tele, banyak penjelasan penjelasan (pengertian) terhadap poin poin yang di tentukan, banyak ejaan dan bahasa yang sangat tepat.

    3. Risnawati sidabutar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temen-temen yang dikomentarin adalah jawab temennya ya...

      Hapus
    2. Tetap semangat dan maju terus. Tuhan Yesus memberkati

      Hapus
    3. Syalom teman ku
      Kamu harus percaya diri aja sama Tuhan,ngk usah dengar kata-kata negatif yang membuat kamu jatuh,positif aja.Tuhan pasti memberikan yang terbaik buat kamu.
      Tuhan Yesus memberkati!

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. NAMA: Zefanya Sonia
    TINGKAT: I (Satu)

    1. Datang ke tempat dimana sekarang saya berkuliah yaitu STT SEAPIN adalah bukan suatu hal yang saya rencanakan dengan baik, setelah lulus dari bangku SMK saya langsung bekerja dan terus menjalankan kehidupan rutinitas pekerjaan. ketika masa SMP memang pernah muncul pemikiran saya untuk menjadi seorang pendeta itu disebabkan kerna saya begitu terinspirasi dengan mama saya yang adalah seorang lulusan sarjana theologia, namun tidak pernah terencanakan untuk kapan waktunya sama berkuliah. Namun ada rencana Tuhan yang begitu besar dalam kehidupan saya, Tuhan pakai orang orang di gereja lokal dimana saya berjemaat dijakarta untuk mensponsori saya berkuliah di STT SEAPIN. dan hari demi hari saya menjalani kegiatan ini dan mengalami proses Tuhan yang begitu banyak, membuat saya sadar bahwa kehidupan ini sungguh sangatlah berharga.

    2. Trimakasih untuk materi pembelajaran yang sangat kreatif melalui blogspot ini, membuat saya dan teman teman yang lain semangat akan hal yang baru, materi yang ada didalamnya pun lengkap dan mudah dimengerti. kiranya pembelajaran seperti ini dapat menjadi berkat bagi semua orang. GOD BLESS US

    BalasHapus
  3. Ricky Fernando Girsang

    1. Pengalaman saya di STT "STAPIN MAJALENGKA" sangatlah menyenangkan karena udaranya sangatlah berbeda sekali dengan di Jakarta, saya bisa berkenalan dengan teman-teman baru, di STT "STAPIN MAJALENGKA" saya belajar firman Tuhan (membaca Alkitab) saya di STAPIN banyak kegiatan misalkan saya belajar kerja di dapur, pelayanan membersihkan daun-daun atau sampah di STT "STAPIN MAJALENGKA" dan babat rumput serta saya berolahraga Volley, Sepak Bola. Puji Tuhan saya sampai hari ini saya betah di STT "STAPIN MAJALAENGKA". Dan saya hanyalah tamu di STT "STAPIN MAJALENGKA", bulan depan saya akan pulang ke rumah saya di Jakarta. Terima Kasih

    2. Komentar saya tentang pengalaman teman saya yg di STT "STAPIN MAJALENGKA", ada yang sebagai tamu dan sebagai mahasiswa, tapi kebanyakan adalah mahasiswa dan mahasiswi dan mereka semua merasa senang sekali berada di STT "STAPIN MAJALENGKA".

    3.Ricky.fernando84@yahoo.com

    BalasHapus
  4. 1.Pengalaman saya pertama kali, ketika saya memasuki ataupun berada di STT "STAPIN Majalengka" Adalah Saya merasa bingung, juga terheran kok saya mau yah Kuliah di bidang Theologi saya selalu bertanya tanya dalam diri saya, bagaimanakah saya nantinya, jika saya belajar ilmu Theologi di tempat ini ? apakah kelak saya akan sukses? apakah kelak saya akan berhasil? apakah saya akan memiliki duit yang banyak? apakah saya bisa ngebahagiain orang tua saya, jika saya kelak lulus nanti dari perkuliahan ini. saya sempat juga merasa bodoh, kok saya mau sih diarahin orang tua ke perkuliahan ini. Padahal masih banyak kuliah lain yang lebih bagus,lebih keren, lebih top dibanding perkuliahan ini, namun setelah saya berdoa kepada Tuhan, saya membaca firmannya, dan suatu kalimat ayat yang sangat meneguhkan saya adalah di dalam Matius 6:33 yang berbunyi:"𝙏𝙚𝙩𝙖𝙥𝙞 𝙘𝙖𝙧𝙞𝙡𝙖𝙝 𝙙𝙖𝙝𝙪𝙡𝙪 𝙆𝙚𝙧𝙖𝙟𝙖𝙖𝙣 𝘼𝙡𝙡𝙖𝙝 𝙙𝙖𝙣 𝙠𝙚𝙗𝙚𝙣𝙖𝙧𝙖𝙣𝙣𝙮𝙖 𝙢𝙖𝙠𝙖 𝙨𝙚𝙢𝙪𝙖𝙣𝙮𝙖 𝙞𝙩𝙪 𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙙𝙞𝙩𝙖𝙢𝙗𝙖𝙝𝙠𝙖𝙣 𝙠𝙚𝙥𝙖𝙙𝙖𝙢𝙪. Dan suatu kata juga terbesit dalam pikiran saya jika kamu melayani Tuhan, maka kamu tidak akan pernah kekurangan sebab hanya Dialah yang empunya semuanya, dan dari dialah segala sesuatu hal dimulai. Oleh sebab itu, saya meyakinkan diri saya bahwa awal jalan saya mengikuti Tuhan kelak akan menjadi Perjalanan yang terindah dalam hidup saya dan itu pasti jalan terbaik bagi saya,walaupun banyak rintangan datang, bersama Yesus saya pasti bisa menghadapi semuanya, juga setiap orang tidak akan pernah menyesal dalam mengikut Tuhan karena di dalam Tuhan sajalah terdapat penghiburan dan kesukaan yang benar, demikianlah sedikit pengalaman dari saya, Tuhan Yesus Memberkati
    2. Saya hanya menanggapinya dengan tersenyum dan beri dukungan positif saja
    3.TIMOTIUS TONI SIMANJUNTAK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama Teguh m.pasaribu
      Mantap teman

      Hapus
    2. Tetap semangat jangan berputus asa selalu andal kan Tuhan dalam hidup saudara seperti yang tertulis dalam kita Nahum 1:7
      "TUHAN ITU BAIK IA ADALAH TEMPAT PENGUNGSIAN BAGI ORANG YANG BERLINDUNG KEPADA NYA"

      Hapus
  5. 1. Pengalaman saya dalam panggilan Tuhan ke STT " STAPIN Majalengka " saya mendapatkan perbaruan dalam diri saya , dan saya dapat belajar merendahkan diri , dan dapat merasakan kebenaran Tuhan itu nyata dalam hidup saya . Saya bersyukur bisa berada di kampus SEAPIN & STAPIN Majalengka ini karena saya mendapatkan Kasih karunia dari Tuhan


    2 . tanggapan saya kepada mahasiswa yang lain adalah
    - Mengetahui kepribadian nya
    - Saling berbagi masukan terhadap sahabat
    - Saling mengasihi , dan saling membantu


    3. Nama :Andi arfando situmeang
    Alamat : Desa ladang-tengah
    T-T-L. : Ladang baru 25- Mei- 2000

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. 1.) Awalnya saya tidak tahu sama sekali tentang kampus stt steapin tapi mama angkat saya memberitahukan kepada saya tentang kampus ini dan menganjur kan kepada saya untuk mendaftar . Awalnya saya tidak yakin untuk masuk ke stt steapin yang ada di pikiran saya , "apakah saya yakin dengan keputusan saya"? "Apakah saya bisa"? Karena jujur saja ini adalah tanggung jawab yang sangat besar bagi saya , saya takut nanti di pertengahan jalan saya menyerah begitu saja, tetapi saya di ingat kan kembali bahwa Rencana Tuhan bukan lah rencana kecelakaan , ini adalah jalan tuhan untuk masa depan saya, tuhan sudah mempersiapkan untuk saya, tuhan sudah mimilih dan memanggil saya, saya yakin saya pasti bisa meskipun ada proses yang begitu berat yang harus saya lewati , tapi saya yakin saya tidak sendirian dalam melewati proses ini saya yakin tuhan akan bersama- sama dengan saya, saya percaya saya punya tuhan yang hebat luar biasa dan saya yakin saya pasti bisa berhasil di kampus stt steapin.

    2.)tanggapan saya ,bagus untuk saling bercerita tentang pengalaman masing masing kamu jadi semakin terbangun melalu pengalaman masing masing dan bisa saling menguatkan.

    BalasHapus
  8. 1.karena mau ikut Tuhan
    Dan mau berubah lebih baik lagi untuk keluarga Dan orang lain
    2.menurut ku baik Dan bijaksana
    3.akan terkena saksi

    BalasHapus
  9. 1.Awalnya saya tidak tahu sama sekali tentang kampus stt steapin tapi mama angkat saya memberitahukan kepada saya tentang kampus ini dan menganjur kan kepada saya untuk mendaftar . Awalnya saya tidak yakin untuk masuk ke stt steapin yang ada di pikiran saya , "apakah saya yakin dengan keputusan saya"? "Apakah saya bisa"? Karena jujur saja ini adalah tanggung jawab yang sangat besar bagi saya , saya takut nanti di pertengahan jalan saya menyerah begitu saja, tetapi saya di ingat kan kembali bahwa Rencana Tuhan bukan lah rencana kecelakaan , ini adalah jalan tuhan untuk masa depan saya, tuhan sudah mempersiapkan untuk saya, tuhan sudah mimilih dan memanggil saya, saya yakin saya pasti bisa meskipun ada proses yang begitu berat yang harus saya lewati , tapi saya yakin saya tidak sendirian dalam melewati proses ini saya yakin tuhan akan bersama- sama dengan saya, saya percaya saya punya tuhan yang hebat luar biasa dan saya yakin saya pasti bisa berhasil di kampus stt steapin.

    2.tanggapan saya kepada mahasiswa yang lain adalah
    - Mengetahui kepribadian nya
    - Saling berbagi masukan terhadap sahabat
    - Saling mengasihi , dan saling membantu

    3.rezariskisigalingging@gmail.com

    BalasHapus
  10. NAMA : Agus tinus lase
    Tingkat : 1

    1.) pengalaman Saya

    Saya sangat bersyukur karena penyertaan Nya Saya ada hingga pada saat ini , Yang mana dahulu Saya adalah orang yang lemah Iman.
    Jika di lihat lebih dalam saya orang yg tidak bersungguh sungguh dalam TUHAN. Tetapi nyatalah karya TUHAN,
    setelah Saya jalani dan rasakan ketika Saya sampai di sini Saya bisa rasakan TUHAN itu adil,
    Padahal Saya sebelum nya tidak pernah berfikir bahwa Saya akan bisa duduk di bangku perkuliahan, masa depan itu hanyalah khayalan. tetapi saya rasakan bahwa kuasa TUHAN sangat besar sehingga Saya ada sekarang ini di STT STAPIN MAJALENGKA ini, sungguh luar biasa karya TUHAN , melalui Firman Nya di dalam Amsal 23 :18 " karena masa depan sungguh ada dan harapan mu tidak akan hilang " .
    itulah yg menjadi pegangan hidup Saya sampai hari ini.

    Terimakasih God BLESS

    2.) menurut Saya kesalahan disetiap komentar mahasiswa/i
    lain adalah kurangnya penggunaan tanda baca,
    serta penggunaan penempatan tanda baca yang kurang tepat.


    3.) AGUS TINUS LASE
    agustinuslase17@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat trus saudara percaya saja Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, Tuhan selalu memberkati saudara, Tuhan yesus memberkarti

      Hapus
  11. 1. Sebelum saya ke stapin majalengka adalah saya berniat untuk masuk polisi, karna dulu bagi saya stapin itu adalah neraka, di mana tidak bisa pegang hp , harus bangun pagi dan semua kesiksaan lainnya bagi saya dulu , tetapi setelah saya memasuki kelas 3 awal , saya terinspirasi oleh kakak saya yang bernama Elsa sitanggang , tiba tiba saya berniat harus menginjakkan kaki saya di majalengka, dalam arti saya harus tinggal disana tapi rencana saya hanya sebagai tamu , dan sebelum berangkat ke stapin banyak hal masalah yang saya hadapi , dimana orang tua saya tidak setuju dengan keputusan saya ,sampai saya berdoa ,berpuasa selama 3 hari berturut-turut sampai akhirnya orang tua saya menyetujui keputusan saya ,tidak sampai disitu saja karna di saat itu keungan keluarga kami sangat menipis karna adanya covid 19 ini ,membuat orang tua saya tidak punya uang ,kemudian saya menangis , saya kembali berdoa sama Tuhan ,saya kembali berpuasa 3 hari lamanya dan akhirnya beberapa hari kemudian mama saya mendapat telepon dari seseorang , dan dia berkata bahwa beliau akan membayar semua biaya kebutuhan keberangkatan saya , saya di situ merinding , terharu betapa baiknya Tuhan , pertolonganNya selalu indah pada waktuNya , tapi seminggu sebelum saya berangkat ,saya berantam sama mama saya ,sampai akhirnya ada perkataan yang membuat saya sakit hati, dan mengurungkan niat saya buat ke majalengka tapi Tuhan tegur saya , dia kembali ingatkan saya kalo saya harus mampu mengampuni dan beberapa hari kemudian akhirnya saya berangkat ke stapin dengan selamat tanpa keluar sedikitpun uang dari Orang tua saya , saya bersyukur karna akhirnya saya bisa sampai ke majalengka ini dengan selamat dan sukacita yang melimpah , saya berniat ke kampus stapin ini adalah karna saya harus mengejar apa yang Tuhan mau buat kehidupan saya , saya berani tinggalkan hal"kedagingan saya yang dulu , saya mau meninggalkan masa lalu saya demi untuk mengikut Tuhan ,walaupun kadang kala saya masih sering teringat tentang hal masa lalu itu, bersyukur karna di umur yang masih sangat muda ini Tuhan sudah memanggil saya ke tempat ini untuk menjadi pelayan pelayanNya yang setia , doakan saya saudara semuanya , rencana saya akan melanjut dan menjadi mahasiswi di kampus seapin ini , biarkan saya tetap teguh didalam keputusan saya , dan biarlah lewat saya dan suadara nama Tuhan semakin dipermuliakan, amen .
    2. Komentar saya itu saya akan mengambil baiknya dan akan membuang buruknya supaya kepribadian saya juga semakin berkembang di dalam Tuhan, amen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🄶🄾🄳 🄱🄻🄴🅂🅂 🅈🄾🅄

      Hapus
    2. Serahkan semua pada Tuhan
      Apapun keputusan MU, asal mengikut Tuhan, kamu pasti bahagia walau pun sedang menderita. Tetap semangat!
      Tuhan Yesus Memberkati!

      Hapus
    3. Serahkan semua pada Tuhan
      Apapun keputusan MU, asal mengikut Tuhan, kamu pasti bahagia walau pun sedang menderita. Tetap semangat!
      Tuhan Yesus Memberkati!

      Hapus
  12. 1.ini suatu anugrah buat saya Tuhan panggil saya ke kampus siapin saya jadi merasakan pertumbuhan roni yang tadi nya saya malas baca Alkitab jadi setiap hari saya baca yang tadi nya saya malas berdoa jadi sering berdoa dan saya bener bener merasakan berkat cita cita saya ingin memberitakan injil ke orang orang Sunda
    2.di kala saya sedang merasa kwatir temen temen sering memberikan kekuatan suka mendoakan lewat temen temen saya jadi termotivasi
    3.YONO YOHANNES

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🄶🄾🄳 🄱🄻🄴🅂🅂 🅈🄾🅄

      Hapus
    2. Tetap semangat yah
      Jangan lah kita mengeraskan hati kita untuk dipilih Tuhan.
      Tuhan Yesus memberkati!

      Hapus
    3. Tetap semangat yah
      Jangan lah kita mengeraskan hati kita untuk dipilih Tuhan.
      Tuhan Yesus memberkati!

      Hapus
  13. Nama:Krisnawati Gulo
    Syalom...
    Saya ada Sekarang di Stapin itu semua karena Tuhan mau memakai untuk bekerja di ladang nya Tuhan.
    Bagi saya masuk Stapin itu adalah sebuah anugerah Tuhan.
    Banyak cobaan yang harus saya jalani,ketika saya merasa tak ada yang peduli dengan saya,saya mulai putus asa,tetapi Tuhan selalu punya cara untuk menguatkan dan menghibur saya.ketika saya kelas X SMTK, saya bingung dan merasa kalau saya itu salah mengambil jurusan.Karena sebelumnya,semenjak saya kecil hingga masuk sekolah menengah pun,saya masih berharap dan terlalu yakin bahwa cita- cita saya sebagai seorang dokter akan terwujud.Tetapi Tuhan berkata lain kepada saya.Tuhan berkata saya harus belajar lebih dalam tentang kebenaran firman Tuhan.Walaupun terkadang saya tidak tahu apa yang telah saya lakukan dan apa yang telah saya berikan kepada Tuhan. Saya percaya dan terlalu yakin kepada Tuhan itu ada tetapi, ketika saya percaya,saya merasa bahwa cinta saya kepada Tuhan Yesus itu seperti bertepuk sebelah tangan. Walaupun saya merasa kan demikian,saya ingin tetap berjuang mencari dan mewujudkan, bahwa Tuhan Yesus itu ada, Dia itu nyata bagi saya.Memang saya iri,ketika ada orang yang bisa langsung bertemu dengan Tuhan dan bisa bernubuat.Tapi saya terlalu yakin dan percaya, Tuhan menciptakan setiap pribadi seseorang itu berbeda-beda dan karunia seseorang pasti berbeda-beda. Mungkin hingga saat ini,saya tidak tahu apakah tindakan saya seturut dengan Tuhan. Jadi kesimpulannya adalah disini saya berada sekarang ingin mencari jati dirinya saya yang sesungguhnya.Banyak orang diluar sana yang mengatakan kepada saya saya itu mengambil keputusan yang salah, tapi saya berkomitmen penuh untuk berpegang teguh pada Tuhan seperti dalam nast 1 korintus 2:9 (Tetapi seperti ada tertulis; "Apa yang tidak pernah di lihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia". Saya yakin dan saya percaya firman Tuhan yang hidup ini jadi didalam kehidupan saya,bukan sekarang dan bukan saya yang menentukan, tetapi waktu Tuhan pasti yang terbaik Tuhan berikan bagi saya, Amin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 🅖🅞🅓 🅑🅛🅔🅢🅢 🅨🅞🅤

      Hapus
    2. Semangat terus kak wati selalu berdoa jangan pernah putus asa, ingat Tuhan panggil kakak wati ke tempat ini (STT STAPIN ) bukan karena di sengaja tapi karna Tuhan ingin pakai kakak wati lebih dekat dengan Tuhan

      Hapus
    3. 🅖🅞🅓 🅑🅛🅔🅢🅢 🅨🅞🅤

      Hapus
  14. Nama:Krisnawati Gulo
    Syalom...
    Saya ada Sekarang di Stapin itu semua karena Tuhan mau memakai untuk bekerja di ladang nya Tuhan.
    Bagi saya masuk Stapin itu adalah sebuah anugerah Tuhan.
    Banyak cobaan yang harus saya jalani,ketika saya merasa tak ada yang peduli dengan saya,saya mulai putus asa,tetapi Tuhan selalu punya cara untuk menguatkan dan menghibur saya.ketika saya kelas X SMTK, saya bingung dan merasa kalau saya itu salah mengambil jurusan.Karena sebelumnya,semenjak saya kecil hingga masuk sekolah menengah pun,saya masih berharap dan terlalu yakin bahwa cita- cita saya sebagai seorang dokter akan terwujud.Tetapi Tuhan berkata lain kepada saya.Tuhan berkata saya harus belajar lebih dalam tentang kebenaran firman Tuhan.Walaupun terkadang saya tidak tahu apa yang telah saya lakukan dan apa yang telah saya berikan kepada Tuhan. Saya percaya dan terlalu yakin kepada Tuhan itu ada tetapi, ketika saya percaya,saya merasa bahwa cinta saya kepada Tuhan Yesus itu seperti bertepuk sebelah tangan. Walaupun saya merasa kan demikian,saya ingin tetap berjuang mencari dan mewujudkan, bahwa Tuhan Yesus itu ada, Dia itu nyata bagi saya.Memang saya iri,ketika ada orang yang bisa langsung bertemu dengan Tuhan dan bisa bernubuat.Tapi saya terlalu yakin dan percaya, Tuhan menciptakan setiap pribadi seseorang itu berbeda-beda dan karunia seseorang pasti berbeda-beda. Mungkin hingga saat ini,saya tidak tahu apakah tindakan saya seturut dengan Tuhan. Jadi kesimpulannya adalah disini saya berada sekarang ingin mencari jati dirinya saya yang sesungguhnya.Banyak orang diluar sana yang mengatakan kepada saya saya itu mengambil keputusan yang salah, tapi saya berkomitmen penuh untuk berpegang teguh pada Tuhan seperti dalam nast 1 korintus 2:9 (Tetapi seperti ada tertulis; "Apa yang tidak pernah di lihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia". Saya yakin dan saya percaya firman Tuhan yang hidup ini jadi didalam kehidupan saya,bukan sekarang dan bukan saya yang menentukan, tetapi waktu Tuhan pasti yang terbaik Tuhan berikan bagi saya, Amin!

    BalasHapus
  15. Tolong teman-teman tingkat 1 yang belum selesai agar benar-benar mengerjakan tugas ini ya... fokuskan diri untuk mengerjakan tugas ini dengan baik saya akan tetap pantau jadi seriuslah mengerjakannya.

    BalasHapus
  16. Syalom. Puji syukur kita panjatkan kehadirat tuhan dimana saya pada saat ini akan memberitakan firman tuhan kita buka alkitab kita di dalam yesaya 9:5 beginilah bunyi firman tuhan " sebab seorang anak telah lahir untuk kita, lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya di sebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai ", Baiklah Saudara -saudara yang terkasih di dalam kristus! Di dalam kitab ini di katakan bahwa ada seorang anak putra yang lahir yang memiliki lambang kepemerintahan di atas bahunya, kita tahu bahwa di dalam kehidupan kita haruslah ada lambang kepemerintahan Allah yang berkuasa atas kehidupan kita. Dialah tuhan yang membawa kedamaian bagi kita semuanya, dia tidak pernah meninggalkan kita, tetapi kenapa kita sering meninggalkan tuhan di dalam kehidupan kita, itu adalah salah satu pertayaan bagi saudara - saudari yang di kasihi Tuhan, ada baik kita memberikan diri untuk tekun dekat dengan tuhan agar kuasa firman tuhan itu selalu ada dalam diri kita, saya berharap bapak/ ibu saudara yang di kasihi Tuhan, tetaplah engkau menyandarkan firman Tuhan kepada diri bapak/ibu, saudara agar semakin dekat lagi dengan tuhan, dengan rahmatnya dan curahan roh kudus yang selalu senantiasa melingkupi kehidupan kita, saya tutup isi khotbah hari ini dengan penuh hati besyukur halleluya amin 🙏🙏🙏

    Tuhan Yesus Memberkati kita semua



    andisitumeang251@gmail.com


    andisitumeang251@gmail.com

    BalasHapus
  17. MENU
    Kasih dan Damai
    08/02/2019
    Kasih dan Damai
    Baca: Mazmur 16 | Bacaan Alkitab Setahun: Imamat 4–5 ; Matius 24:29-51

    00:00
    Unduh MP3
    Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, . . . Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa. —Mazmur 16:10-11
    Saya selalu takjub menyaksikan bagaimana damai—damai yang berkuasa dan melampai segala akal (Flp. 4:7)—dapat menguasai hati kita bahkan di tengah kedukaan yang mendalam. Baru-baru ini, saya mengalaminya dalam kebaktian penghiburan ayah saya. Ketika deretan kerabat mengungkapkan rasa dukacita mereka, saya merasa lega melihat seorang sahabat di SMA. Tanpa sepatah kata pun, ia memeluk saya dengan erat beberapa waktu lamanya. Bentuk perhatiannya yang tenang itu mengalirkan damai yang baru saya rasakan di tengah duka pada hari yang berat itu. Saya disadarkan bahwa saya tidak benar-benar sendirian.

    Seperti kata Daud dalam Mazmur 16, damai dan sukacita yang Allah berikan bukanlah hasil dari pikiran kita yang sengaja mengabaikan rasa sakit. Damai tersebut merupakan pemberian yang kita terima dan alami saat berlindung pada Allah kita yang baik (ay.1-2).

    Kasih Allah memampukan kita melewati kepedihan dan mengubahnya menjadi damai dan sukacita.
    Kita bisa saja menyikapi kesedihan karena kematian seseorang dengan cara mengalihkan perhatian. Kita pikir kepedihan takkan terasa jika kita mengabaikannya. Namun, cepat atau lambat kita akan sadar bahwa segala upaya untuk menghindari kepedihan justru membuat kita semakin menderita (ay.4).

    Sebaliknya, kita dapat berpaling kepada Allah, dengan mempercayai bahwa hidup yang sudah Dia berikan itu—meski ada kepedihan—tetap baik dan indah, meski kita tidak mengerti sepenuhnya (ay.6-8). Kita bisa berserah kepada tangan kasih-Nya yang dengan lembut menopang kita di dalam kedukaan dan memberi kita damai serta sukacita yang tak bisa direnggut oleh maut sekalipun (ay.11).

    @rezarizkysigalingging.com

    BalasHapus
  18. Kebahagiaan Orang Yang Diampuni Dosanya
    Mazmur 32 : 1 -11
    13.08.2020

    Ricky Fernando Girsang

    Jika hidup kita terus melakukan dosa terus menerus maka mungkin Tuhan tidak akan mengampuninya dan marah sekali, tapi dengan kita berserah dan mengakui dosa-dosa kita kepada Tuhan Yesus maka dosa-dosa kita akan diampuni serta hidup kita di dunia akan lebih tenang dan berbahagia, dengan berjanji dengan diri kita sendiri dan yang terutama berjanji dengan Tuhan Yesus tidak akan mengulanginya lagi. Percayalah dengan kita berserah kepada Tuhan maka hidup kita akan berkelimpahan. Karena Tuhanlah tempat persembunyian kita bukan dunia. Amen

    ricky.fernando84@yahoo.com

    BalasHapus
  19. Nama;Teguhmarasal pasaribu

    Yeremia 33;3
    Berserulah kepada-ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan
    kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.
    Firman ini sangat luarbiasa dalam hidup saya dan saya percaya saudaraterkasih juga merasakan nya,sebab kalau hanya kekuatan kita tampa campur tangan Tuhan?hasilnya pasti mengecewakan dan tidak adakepastian ap yang kita cari dan harapkan dalam hidup ini.
    Sebab itu saudara dan saya percayalah,apa permasalahan,pergumulan,dan yang tidak mungkin bagi manusia bersama Yesus pasti mungkin.Karna di dalam Tuhan tiada yangmustahil dan yang terbaik buat semuayang Dia kerjakan,Amin.Tuhan Yesus memberkati

    BalasHapus
  20. Shalom saudara terkasih,
    Firman Tuhan pada hari ini saya ambil dalam kitab
    "1 Korintus 10:13"

    Sebelum nya saya bertanyak apa kah saudara pernah merasakan mempunyai masalah?
    Pasti ya

    Tetapi ingat lah Ada pelangi di balik hujan.

    Hidup manusia di dunia ini tidak selalu penuh dengan kebahagian, kesuksesan, ke indahan, akan tetapi ada kalanya kehidupan manusia seperti roda berputar, mengalami penderitaan, kesedihan, kegagalan dan lain nya,
    Pada inti nya tidak selalu ada sukacita dalam hidup dan ada kalanya masalah datang dalam hidup manusia.

    Seperti kisah Ayub

    Ayub adalah seorang yang benar dan saleh di hadapan Allah. Tetapi yesus mencobai ayub dengan membuat anak anak nya meninggal secara mendadak karena penyakit kulit dan semua harta nya lenyap, tetapi ayub tetap percaya.

    Begitu lah kita saudara jika anda dalam masalah tetap dan percaya lah Tuhan Yesus selalu bekerja dalam hidup saudara,
    Seperti dalam kitab Matius 7:7.


    Dan intinya kita harus tetap percaya dan selalu berdoa Tuhan tak pernah tidur,
    Dan jadi lah pribadi yang takut akan Tuhan,

    Itu saja yang saya sampai kan kira nya Tuhan yesus memberkati kita semua
    Amin


    BalasHapus
  21. Timotius Toni Simanjuntak
    Tingkat:1
    Tugas: membuat Khotbah
    Bahan Khotbah :"𝙺𝙰𝚂𝙸𝙷 𝚈𝙰𝙽𝙶 𝚂𝙴𝙹𝙰𝚃𝙸"
    "𝙆𝙖𝙨𝙞𝙝 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙎𝙚𝙟𝙖𝙩𝙞" Kita pasti tau "Kasih", Kasih itu adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia, perasaan itu akan timbul apabila manusia tersebut mempunyai rasa memiliki dan menyayangi. Kasih juga bisa dikatakan hubungan keterkaitan antara manusia tersebut dengan sesuatu. Tetapi itu semua hanyalah pengertian duniawi atau pengertian manusia belaka. Menurut Alkitab, Kasih itu berasal dari Tuhan, yaitu Yesus Kristus. Dalam Alkitab pada Korintus 13: 4-7 mengatakan:𝙆𝙖𝙨𝙞𝙝 𝙞𝙩𝙪 𝙨𝙖𝙗𝙖𝙧; 𝙆𝙖𝙨𝙞𝙝 𝙞𝙩𝙪 𝙢𝙪𝙧𝙖𝙝 𝙝𝙖𝙩𝙞; 𝙞𝙖 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙘𝙚𝙢𝙗𝙪𝙧𝙪. 𝙄𝙖 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙢𝙚𝙢𝙚𝙜𝙖𝙝𝙠𝙖𝙣 𝙙𝙞𝙧𝙞 𝙙𝙖𝙣 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙨𝙤𝙢𝙗𝙤𝙣𝙜. 𝙄𝙖 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙢𝙚𝙡𝙖𝙠𝙪𝙠𝙖𝙣 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙨𝙤𝙥𝙖𝙣 𝙙𝙖𝙣 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙢𝙚𝙣𝙘𝙖𝙧𝙞 𝙠𝙚𝙪𝙣𝙩𝙪𝙣𝙜𝙖𝙣 𝙙𝙞𝙧𝙞 𝙨𝙚𝙣𝙙𝙞𝙧𝙞. 𝙄𝙖 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙥𝙚𝙢𝙖𝙧𝙖𝙝 𝙙𝙖𝙣 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙢𝙚𝙣𝙮𝙞𝙢𝙥𝙖𝙣 𝙠𝙚𝙨𝙖𝙡𝙖𝙝𝙖𝙣 𝙤𝙧𝙖𝙣𝙜 𝙡𝙖𝙞𝙣. 𝙄𝙖 𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙗𝙚𝙧𝙨𝙪𝙠𝙖𝙘𝙞𝙩𝙖 𝙠𝙖𝙧𝙚𝙣𝙖 𝙠𝙚𝙩𝙞𝙙𝙖𝙠𝙖𝙙𝙞𝙡𝙖𝙣, 𝙩𝙚𝙩𝙖𝙥𝙞 𝙞𝙖 𝙗𝙚𝙧𝙨𝙪𝙠𝙖𝙘𝙞𝙩𝙖 𝙠𝙖𝙧𝙚𝙣𝙖 𝙠𝙚𝙗𝙚𝙣𝙖𝙧𝙖𝙣. 𝙄𝙖 𝙢𝙚𝙣𝙪𝙩𝙪𝙥𝙞 𝙨𝙚𝙜𝙖𝙡𝙖 𝙨𝙚𝙨𝙪𝙖𝙩𝙪, 𝙥𝙚𝙧𝙘𝙖𝙮𝙖 𝙨𝙚𝙜𝙖𝙡𝙖 𝙨𝙚𝙨𝙪𝙖𝙩𝙪, 𝙨𝙖𝙗𝙖𝙧 𝙢𝙚𝙣𝙖𝙣𝙜𝙜𝙪𝙣𝙜 𝙨𝙚𝙜𝙖𝙡𝙖 𝙨𝙚𝙨𝙪𝙖𝙩𝙪. Dan yang pastinya, 𝙠𝙖𝙨𝙞𝙝 𝙞𝙩𝙪 𝙏𝙞𝙙𝙖𝙠 𝙗𝙚𝙧𝙠𝙚𝙨𝙪𝙙𝙖𝙝𝙖𝙣, itulah kasih yang sejati. Tuhan Yesus adalah salah satu contoh terutama yang telah memberikan KasihNya yang sangat besar terhadap setiap orang. Dengan Tubuh dan darahNya Ia telah menebus setiap dosa yang telah kita perbuat, Ia menebus setiap kesalahan yang kita perbuat . Betul betul tubuhNya yang suci dan kudus itu diberikanNya dan dipersembahkanNya ganti semua 𝙙𝙤𝙨𝙖(kesalahan) setiap orang. Dari hal tersebut juga Tuhan Yesus mau, ataupun menyarankan agar kita dapat menyebarkan atau memberikan 𝙠𝙖𝙨𝙞𝙝 kepada setiap orang . Juga karena hanya 𝙠𝙖𝙨𝙞𝙝lah yang dapat mendamaikan, menyejukkan,menyegarkan hati setiap orang. Layaknya 𝙠𝙖𝙨𝙞𝙝 Yesus yang telah lebih dulu Ia berikan kepada setiap orang. Kasihilah dirimu,sesamamu,dan Kasihilah Allah. Pesan penting bagi kita semua: 𝙈𝙄𝙇𝙄𝙆𝙄𝙇𝘼𝙃 𝙆𝘼𝙎𝙄𝙃 𝙔𝙀𝙎𝙐𝙎,𝙆𝘼𝙍𝙀𝙉𝘼 𝙄𝙏𝙐 𝘼𝘿𝘼𝙇𝘼𝙃 𝙃𝘼𝙇 𝙔𝘼𝙉𝙂 𝙏𝙀𝙍𝙐𝙏𝘼𝙈𝘼 𝙙𝙖𝙣 𝘽𝙀𝙉𝘼𝙍 𝘿𝙄 𝙈𝘼𝙏𝘼 𝙏𝙐𝙃𝘼𝙉.

    demikianlah sedikit khotbah yang bisa saya bagikan God Bless You all!

    BalasHapus
  22. NAMA : Agus tinus laser
    T : 1


    TUHAN ITU
    PENUH KASIH

    HALELUYA. .........


    Kali ini saya membawa Firman TUHAN dengan Tema " Allah penuh kasih".

    oke jika kita renungkan di dalam kehidupan ini pasti pernah terbesit di dalam diri kita bahwa kita merasa putus asa, menyerah, tidak berdaya, dan masih banyak lagi.
    tetapi saya akan mengajak kita semua agar mengertidan merenungkan Firman TUHAN yang terdapat dalam Matius 11: 28

    oke saya minta saudara dara untuk merenungkan Firman yang berkuasa ini......mungkin kita sering putus asa sebagai contoh ketika kita merasa tidak berguna atau merasa bahwa tak ada jalan lain sama hal nya ketika ada saudara atau anak kita ketika sakit dan tidak banyak orang yang menduakan TUHAN ada yang pergi ke dukun dan merasa itu bisa menyelamatkan kan nya,dan membuat TUHAN kecewa dan cemburu, nah bukan kah itu sebuah kesalahan besar....?
    nah mari kita baca dalam ayat 28 "Marilah kepada-Ku semua, yang letih lesu dan berbelanja berat, aku akan memberi kelegaan kepadamu.

    nah saya minta mari lah kita setiap yang mendengar renungkan lah dan bersandar lah hanya kepada TUHAN manusia bisa saja mengecewakan dan menyakiti kita tapi saya minta kepada saudara jika kita mengandalkan kan TUHAN kita akan di beri kepastian kedamaian kesejahteraan jika saudara meminta minta lah hanya kepada TUHAN, TUHAN itu sangat dekat kog TUHAN hanya sejauh Doa jika kita meminta mintalah dengan ketulusan seperti anak kepada bapa begitu jugalah kita, kiranya senantiasa kita selalu dingat beri hikmat dalam hidup ini agar kita tahu mana kehendak ALAH yang baik dan benar sehingga tidak terhalang berkat yang dari TUHAN.

    hanya ini lah Firman tuhan yang dapat Saya sampaikan kira nya melalui Firman TUHAN ini kita semakin di kuat kan dan di teguh kan sehingga kita tidak goyah, Dan hendak lah kita bukan saja hanya sebagai pendengar Firman TUHAN tetapi juga menjadi pelaku Firman TUHAN.

    TERIMAKASIH
    GOD BLESS


    NAMA : Agus tinus lase
    TTL : 08-08-2020
    SIBOLGA

    BalasHapus
  23. Syalom saudara-saudara yang terkasih didalam Kristus. Pada kesempatan kali ini kita akan merenungkan firman Tuhan yang akan menguatkan dan meneguhkan kita.
    Hari-hari ini,ketika kita memulai hari kita,apakah yang harus kita lakukan terlebih dahulu?
    Kebanyakan orang tidak tahu cara memulai hari-hari nya bahkan,kebanyakan dari kita menyesali keputusan yang telah kita bangun pada diri kita.
    Dalam Amsal 23:12 berbunyi
    "Kalau engkau berkata: "sungguh, kami tidak tahu hal itu!"
    Apakah Dia yang menguji hati tidak tahu yang sebenarnya? Apakah Dia yang menjaga jiwamu tidak mengetahuinya,dan membalas manusia menurut perbuatannya?"
    Saudara-saudara jika kita ada hingga sampai sekarang ini,apakah yang telah kita lakukan dan berikan kepada Tuhan?
    Sudah sejauh mana sih kita mengenal Tuhan?
    Saudara-saudara yang terkasih didalam Kristus, akhir-akhir ini saya merasakan hal demikian dalam hidup saya.Saya terus bertanya kepada Tuhan dengan berdoa dan berlutut dibawah kaki tuhan. Marilah saudara-saudara,kita awali hari-hari kita dengan menyapa Tuhan setiap pagi hari dan meminta tuntunan Tuhan dalam kehidupan kita setiap waktu.
    Percayalah saudara-saudara apa yang kita awali dengan Tuhan akan berujung pada kebahagiaan. Tetapi apa yang kita awali dengan kekuatan kita sendiri akan berujung penyesalan. Selalu ada kemenangan di hati saudara. Tuhan Yesus Memberkati.

    BalasHapus
  24. Jika saya bertemu dengan Tuhan saya akan bertanya bersama siapakah saya akan melayani Tuhan di pelayanan nanti?(jodoh)
    Nama: Zeanya Sonia
    Tingkat: I

    BalasHapus
  25. jika saya bertemu Tuhan saya akan bertanya tentang apapun, karna yang saya tau bahwa Tuhan itu baik Dia akan memenuhi semua yang saya perlukan
    Nama: Zefanya Sonia
    Tingkat: I

    BalasHapus
  26. jika saya bertemu dengan TUHAN
    saya akan bertanya TUHAN jika sekiranya Engkau memberi aku kekuatan apakah Engkau mau mengampuni setiap jiwa yang aku selamatkan walaupun belum sepenuhnya bertobat...?

    BalasHapus
  27. Jika saya bertemu dengan Tuhan saya akan bertanya? Dengan cara apa aku Tuhan harus selalu mengucap syukur kepada mu , sementara segala yang ku perlukan selalu engkau sediakan bagiku!
    andisitumeang251@gmail.com

    BalasHapus
  28. NAMA : Agus tinus lase Tingkat : 1

    jika saya bertemu TUHAN saya akan bertanya apakah aku bisa menjangkau lebih jauh jiwa jiwa...?

    BalasHapus
  29. nama : agus tinus lase

    jika saya bertemu TUHAN ,saya akan bertanya. TUHAN bolehkah aku memberitakan kabar baik keseluruhan dunia....?

    BalasHapus
  30. Jika saya berjumpa dengan Tuhan, maka saya akan bertanya: Tuhan saya harus ngelakuin apa hari ini dan saat kedepannya?

    BalasHapus
  31. Jika saya berjumpa dengan Tuhan makan saya akan bertanya:apa kerinduan Tuhan yang Tuhan inginkan terjadi dalam diri dan hidup saya?

    BalasHapus
  32. Shalom, jika saya bertemu Tuhan saya akan bertanya kepada Tuhan tentang
    1. Apakah saya bisa mendapat kan kesembuhan pada kedua telinga saya??

    2. Akankah hidup saya layak untuk Tuhan??

    3. Apakah keluarga saya dapat Tuhan pulihkan menjadi keluarga yang dlu yang berjalan dengan Tuhan?

    4. Tuhan apakah yang akan terjadi pada masa depan saya, apakah saya masih bisa merasakan kasih sayang dari keluarga saya?

    5. Akankah Kedepan saya bisa melayani Tuhan dengan orang pilihan Saya atau Tuhan (Jodoh)??

    6. Apakah saya bisa bertemu dengan Ayah saya jika kelak nanti saya kembali kepada Tuhan??

    Nama : Risnawati sidabutar
    Tingkat :1

    Good bles you😊😉

    BalasHapus
  33. NAMA : agus tinus lase
    tingkat : 1

    jika saya bertemu TUHAN, saya akan bertanya .
    TUHAN dengan cara apa aku membalas kasih mu yang begitu besar ENGKAU berikan kepadaku.....?

    BalasHapus
  34. Tuhan yesus baik minta jawaban joshua cari jodoh

    BalasHapus
  35. Jika saya bertemu Tuhan, maka saya akan bertanya: Apakah saya sudah mengasihimu dengan segenap hatiku

    BalasHapus
  36. Tuhan pasangan ku orang apa sih?
    Tuhan aku mau melayani Tuhan di kota manado bisa kah?
    Mama papa ku sudah bahagia kah Tuhan?
    kenapa ya Tuhan banyak orang yang suka memperbesar masalah?
    Tuhan aku rindu loh memperluas bakat menari ku
    bisakah umurku mencapai 100 tahun Tuhan?
    Tuhan jika sudah berkeluarga nanti aku mau anak kembar laki laki bisa kah?
    apakah kedepan nanti aku bisa jadi seorang pengkhotbah terkenal?
    Tuhan aku gak suka sama orang yang banyak mengomentari apakah itu salah?
    dia yang sudah Kau persiapkan untuk ku, seperti apa sih Tuhan?

    BalasHapus
  37. Joshua merasa senang ketemu TUHAN mau merasa peluk sama TUHAN

    BalasHapus
  38. Jika saya bertemu Tuhan maka saya akan bertanya: Tuhan apa langkah yang benar jika saya sedang mengalami masalah yang membuat saya khawatir terus menerus?

    BalasHapus
  39. Jika saya bertemu Tuhan maka saya akan bertanya: ᴛᴜʜᴀɴ ᴋᴇɴᴀᴘᴀ sᴀʏᴀ ᴛɪᴅᴀᴋ ᴘᴇᴅᴜʟɪ ᴅᴀɴ ᴛɪᴅᴀᴋ ᴍᴀᴜ ᴛᴀʜᴜ ᴀᴘᴀ ʏᴀɴɢ ᴛᴇʀᴊᴀᴅɪ sᴀᴍᴀ ᴛᴇᴍᴀɴ sᴀʏᴀ?

    BalasHapus
  40. 𝙹𝚒𝚔𝚊 𝚜𝚊𝚢𝚊 𝚋𝚎𝚛𝚝𝚎𝚖𝚞 𝚃𝚞𝚑𝚊𝚗, 𝚖𝚊𝚔𝚊 𝚜𝚊𝚢𝚊 𝚊𝚔𝚊𝚗 𝚋𝚎𝚛𝚝𝚊𝚗𝚢𝚊: 𝚃𝚞𝚑𝚊𝚗 𝚔𝚎𝚗𝚊𝚙𝚊 𝚙𝚊𝚍𝚊 𝚜𝚊𝚊𝚝 𝚒𝚗𝚒 𝚜𝚊𝚢𝚊 𝚖𝚊𝚜𝚒𝚑 𝚎𝚐𝚘𝚒𝚜?

    BalasHapus
  41. 𝕵𝖎𝖐𝖆 𝖘𝖆𝖞𝖆 𝖇𝖊𝖗𝖙𝖊𝖒𝖚 𝖉𝖊𝖓𝖌𝖆𝖓 𝕿𝖚𝖍𝖆𝖓, 𝖒𝖆𝖐𝖆 𝖘𝖆𝖞𝖆 𝖆𝖐𝖆𝖓 𝖇𝖊𝖗𝖙𝖆𝖓𝖞𝖆: 𝕿𝖚𝖍𝖆𝖓 𝖐𝖊𝖓𝖆𝖕𝖆 𝖘𝖆𝖞𝖆 𝖒𝖆𝖘𝖎𝖍 𝖒𝖊𝖓𝖌𝖆𝖓𝖉𝖆𝖑𝖐𝖆𝖓 𝕶𝖊𝖐𝖚𝖆𝖙𝖆𝖓 𝖘𝖆𝖞𝖆 𝖘𝖊𝖓𝖉𝖎𝖗𝖎?

    BalasHapus
  42. Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya

    BalasHapus
  43. NAMA : agus tinus lase

    jka saya bertemu TUHAN, saya akan bertanya
    TUHAN boleh kah aku semakin dilayakkan....?

    BalasHapus
  44. NAMA :agus tinus lase

    jika saya bertemu TUHAN. saya akan bertanya, TUHAN apakah jodoh ku nanti seseorang yang mau menderita ikut bersama aku menjadi penginjil....?

    BalasHapus
  45. Jika saya bertemu Tuhan maka saya akan bertanya: Tuhan kapan aku menjadi berkat bagi orang lain?

    BalasHapus
  46. Risnawati sidabutar

    7. Tuhan apakah saya berada di tempat yang benar di tempat ini? (STT STAPIN majalengka)

    8. Tuhan siapa kah jodoh saya?

    9. Tuhan apakah kepribadian saya sudah layak??

    10. Tuhan ini kerinduan saya hanya ingin dekat dan lebih dalam mengenal mu, apa kah kerinduan saya bisa lebih dekat kepada mu???

    11. Tuhan apa kah saya bisa bertemu dengan orang tua saya (Mama) jika saya nanti sukses??

    12. Tuhan mengapa saya masih memiliki rasa yang suka menyendiri??

    13. Tuhan mengapa saya sering sekali merasa bahwa diri saya tidak ada harga dan arti di hadapan semua nya???

    14. Apakah saya masih bisa Tuhan melihat kebahagian yang dulu ada dan kini??

    BalasHapus
  47. Tuhan kenapa yah hari hari ini aku jadi lebih suka diam?
    Tuhan aku mau mencapai IP terbaik bisa kah?
    Tuhan aku mau ketemu mama ku boleh gk?
    jadi pribadi yang gak mengurusi urusan orang lain bagus gak sih Tuhan?
    suatu saat nanti aku mau menciptakan banyak lagu yang dapat benar benar memberkati orang
    Tuhan kenapa yah aku gak bisa menahan tangisan?
    setiap hari aku harus bisa menikmati hari ku dengan baik
    Tuhan kenapa yah aku susah untuk meyakinkan orang lain?

    BalasHapus
  48. NAMA : agus tinus lase

    jika saya bertemu TUHAN, saya akan bertanya, TUHAN boleh gak aku merasakan hangat nya pelukan MU jika aku kesepian pada saat rindu dengan keluarga ku....?

    BalasHapus
  49. Kalau saya ketemu Tuhan saya akan bertanya apakah saya masuk surga atau neraka Tuhan?
    Kalau saya ketemu Tuhan saya akan bertanya siapakah jodohku?
    Kalau saya ketemu Tuhan saya akan bertanya bagaimana nasib saya ya Tuhan?
    Kalau saya ketemu Tuhan saya akan bertanya apakah yang harus saya lakukan di dalam hidup saya?
    Kalau saya bertemu Tuhan saya akan bertanya siapakah Presiden RI ke-8 Tuhan?
    Kalau saya bertemu Tuhan saya akan bertanya apakah saya akan mempunyai anak?
    kalau saya bertemu Tuhan saya akan bertanya apakah saya akan menjadi orang yang berhasil kah Tuhan?
    Kalau saya bertemu Tuhan saya akan bertanya apakah hidup saya ke depannya?
    Kalau saya bertemu Tuhan saya akan bertanya apakah hidup masih lebih lama lagi?
    Kalau saya bertemu Tuhan saya akan bertanya apakah kehidupan yang selanutnya setelah mati?
    Kalau saya bertemu Tuhan saya akan bertanya apakah yang harus dilakukan sebagi hamba Tuhan yang baik dan benar?




    Nama : Ricky Fernando G
    Tingkat 1

    BalasHapus
  50. 4.Tuhan saya ingin tahu semuanya yg sedang dilakukan dunia
    5.saya ingin Tuhan berdampak menjadi garam dan terang
    6.Tuhan saya ingin sepatu baru

    BalasHapus
  51. NAMA :agus tinus lase

    jika saya bertemu TUHAN, saya akan bertanya, TUHAN boleh gak aku membawa orang tua ku ke Majalengka ketika aku wisuda nanti.....?

    BalasHapus
  52. 7.Tuhan Yesus saya kirimkan hambamu yang baik untuk sponsorin saya kuliah
    8.Tuhan saya ingin tahu semuanya

    BalasHapus
  53. Risnawati

    15. Tuhan risna ingin sekali memberitakan firman Tuhan keliling dunia, dan itu rencana risna dari risna SMA, risna bisa keliling dunia dengan memberitakan firman Tuhan, Apakah boleh Tuhan?

    16. Tuhan apakah risna dapat memulihkan keluarga risna??

    17. TuhAn apa kah risna bisa membayar pengorbanan keluarga risna yang sudah mau membuat / mengantar kan risna ketempat panggilan Tuhan??

    18. Tuhan risna rindu adek2 risna???

    BalasHapus
  54. Tuhan ysus baik joshua mau berdoa untuk teman tingkat semia lulus

    BalasHapus
  55. 9.tuhan hari ini saya belajar
    Tp saya ngk ngerti Tuhan
    10.tuhan lg dimana?
    tuhan lg ngapain?
    Tuhan aq ingin mengunjungi anak panti asuhan

    BalasHapus
  56. Jika saya diizinkan bertemu Tuhan saya akan bertanya banyak hal karena saya tau Tuhan akan jawab pertanyaan saya, saya akan bertanyaa
    -Apa tujuan Tuhan letakkan sarah di seapin
    -apa yang Tuhan mau didalam hidup sarah
    -Tuhan sarah lg bingung , sarah mau lanjut tp orang tua sarah ga ngizinkan , sarah harus gimana Tuhan?
    -Tuhan kenapa sarah mudah tersinggung ?
    -Tuhan bisa gak sarah terus tulus di hadapan mu
    -Tuhan apakah sarah mampu melewati sampai 4 tahun
    -Tuhan sarah lg rindu keluarga sarah
    -Tuhan bisa gak sarah punya hati yang besar ,agar mudah mengampuni sesama sarah
    -Tuhan kenapa ya sarah sering jatuh hanya karena perkataan orang ?
    -Tuhan sarah rindu banget buat sarah bisa dekat lg sama Tuhan
    -Tuhan ,boleh gak sarah anggap Tuhan itu bapa sarah?
    -Tuhan , boleh gak yaa sarah Tuhan pakai dengan karunia ?
    -Tuhan sarah pingin melayani di anak" muda , bisa gak ya Tuhan ?
    -kalau seandainya Tuhan liat sarah lupa menyembah ,Tuhan marah gak ya sama sarah ?
    -Tuhan bisa gak ya sarah nanti jd wl yang terkenal??
    -Tuhan bisa gak ya sarah bawak keluarga sarah untuk dekat dengan Tuhan ?
    -Tuhan sarah sering ngerasa ga layak, dan ga mempunyai kekuatan Tuhan , apakah sarah mampu Tuhan melewatinyaa?
    -Tuhan sarah mau Tuhan terus peluk sarah,boleh gak?
    -Tuhan sarah mau liat senyum Tuhan
    -Tuhan sarah mau kepekaan itu bisa sarah miliki?
    -Tuhan kok akhir"ini sarah sering ngerasa sarah ga dihargain?
    -Tuhan kok sarah sering kesal tapi gatau apa yang di kesalkan ?
    -Tuhan kok berat ya menjalani hari tanpa Tuhan
    -Tuhan aku mau Tuhan jamin masa depan teman" ku loh Tuhan
    -Tuhan aku mau adik adikku juga melayani Tuhan ?
    -Tuhan aku mau Tuhan terus jadi tempat aku mengadu sama Tuhan
    -Tuhan kenapa sih aku diciptain gendut??
    -Tuhan kenapa Tuhan ciptain aku manis ?
    -Tuhan kenapan Tuhan ciptain sarah punya kepribadian yang welcome sama orang lain?
    -Tuhan kenapa kaka tingkat ku engga sama seperti aku?
    -Tuhan kenapa covid ini masih engkau luaskan ?
    -Tuhan apakah kota perdagangan bisa dimenangkan?
    -Tuhan kenapa akhir" ini Tuhan sering ingatkan kota perdagangan ?
    -Tuhan bisa gak roh ketundukan itu menjadi milik sarah?
    -Tuhan boleh gak sukacita itu selalu mengalir dalam diri sarah?
    -Tuhan boleh gak sarah tetap merasakan kedamaian didalam Tuhan?
    -Tuhan sarah rindu satu tingkat sarah itu semua satu hati loh?
    -Tuhan sarah mau , sarah sama sendy tetap dekat Tuhan boleh gak Tuhan?
    -Tuhan sarah pingin tingkat 1 ini jadi berkat ,boleh ga Tuhan?
    -Tuhan sarah mau tetap jd putrinya Tuhan boleh ga Tuhan
    -Tuhan sarah pingin sarah berdampak pagi orang lain
    -Tuhan sarah mau karunia memberi itu tetap ada di diri sarah
    -Tuhan sarah rindu engkau pakai luar biasa
    -akhir akhir ini , sarah cuma mau ketulusan dan kemurnian itu jd milik sarah , boleh gak Tuhan .
    -Tuhan sarah rindu papa sarah berubah , sarah mau bikin dia merasakan cinta Tuhan yang luar biasa yang itu sarah rasakan juga , boleh gak Tuhan??
    -Tuhan sarah rindu keluarga besar sarah di pulihkan , bisa kan Tuhann??
    -Tuhan bisa gak ya Tuhan bawa sarah jumpa sama oppung doli/boru , sarah rindu banget sama mereka Tuhan?
    -Tuhan sarah rindu dan pingin bikin kkr di perdagangan ,bisa gak ya Tuhan??
    Tuhan sarah tauu, sebelum sarah bertanya Engkau pasti uda tau apa yang mau sarah tanyakan , tapi sarah hanya mau Tuhan itu lebih dekat dengan sarah , sarah mau sarah bisa ngomong langsung dengan Tuhan tanpa ada perantaraan , maaf Tuhan kalau Tuhan sering ngomong sama sarah tapi sarah ga sampaikan itu , karna sarah takut itu bukan Tuhan yang ngomong, tapi sarah mau belajar Tuhan .

    BalasHapus
  57. Risnawati

    19. Tuhan siapakah sponsor risna di tempat ini?? Karna risna belum ada yang mensponsorin😢

    20. Tuhan apakah bangsa kami dapat pulih dari virus Corona??

    21. Tuhan apakah saya dapat menjadi Tiang2 doa bagi bangsa dan negara saya, dan keluarga saya?

    22. Tuhan apakah risna bisa mendapat kan jodoh risna yang takut akan Tuhan ( Hamba Tuhan)???

    BalasHapus
  58. Tuhan tolong joshua medoakan kesehatan

    BalasHapus
  59. 11.Tuhan saya ingin mengajak ngobrol anak-anak geng

    BalasHapus
  60. Tuhan aku pengan corona selesai
    Tuhan aku mau teman teman ku dijakarta sekolah di SEAPIN juga
    Tuhan aku mau presiden Indonesia nanti orang yang mengaku bahwa Engaulah Tuhan
    Tuhan aku mau jakarta tidak ada orang jahat
    Tuhan aku mau ketenangan dalam hati
    Tuhan aku mau hidupku jauh dari masalah

    BalasHapus
  61. 12.tuhan apakah papa ku sehat?
    13.Tuhan bagaimana keadaan kampung saat ini!
    14.Tuhan gimana kabar keluarga ku?
    15.Tuhan mengapa banyak gereja yg meributkan tentang pengajaran MU?

    BalasHapus
  62. 23. Tuhan risna masih sering terimajinasi imajinasi hal hal yang aneh Tuhan, Tuhan pulihkan pikiran risna?

    24. Tuhan apa Tujuan atau misi dan visi Tuhan dalam hidup risna

    25. Tuhan kepada risna masih sering merasa bingung???

    26. Tuhan risna apakah risna bisa sembuh?

    27. Tuhan apa kah risna bisa merasakan kasih Tuhan Mujizat dari Tuhan??

    28. Tuhan risna Sangat Rindu Ziarah ke makan Ayah risna apakah
    Tahun ini Risna bisa ziarah??

    29. Tuhan saya rindu pulang kampung apakah tahun ini risna bisa pulang?

    30. Tuhan risna pengin berkumpul dengan Teman2 lama risna???

    BalasHapus
  63. Nama : yono yohanes

    Tuhan aku rindu dekat di hadiratmu aku minta pengampunan mu aku sering jengkel aku sering kwatir gelisah dan tidak pokus karena terlalu memikirkan duniawi mulai hari ini aku mau sungguh sungguh dekat dengan mu dan diam di hadiratmu aku mau menyerahkan hidup ku secara total Tuhan aku pengen seperti orang lain di berkati bisa bawa firman bisa berdoa memimpin pujian aku juga Tuhan pengen bisa menyembuhkan orang sakit dan bisa membawa keluarga ku supaya mereka di selamatkan Tuhan berikan aku karunia dan talenta yang luar biasa agar aku bisa menyenangkan Tuhan dan aku juga mau di pakai oleh Tuhan untuk membawa jiwa jiwa khususnya suku suku Sunda yang selama ini mereka belum tahu siapa itu Yesus Tuhan pakai saya untuk menyampaikan injil ke pelosok pelosok daerah Jawa Barat agar mereka semua di menangkan

    BalasHapus
  64. 16.Tuhan bagaimana biaya pendaftaran ku di kampus?
    17.Tuhan hari ini aq puasa
    Aq ingin Tuhan tersenyum
    18.Tuhan Tuhan tiap malam aq selalu mimpi-mimpi aneh
    19.Tuhan berikan aq hikmat untuk mengetahui apa arti karunia yg telah kamu berikan bagi ku
    20.Tuhan aq ingin mengetahui semua bermain alat musik

    BalasHapus
  65. Bagaimana saya dapat mengatasi dosa dalam hidup keKristenan saya?
    Bagaimana saya dapat menginjili teman-teman dan keluarga saya tanpa menyinggung atau membuat mereka menjauh?
    Bagaimana saya dapat mengalami sukacita dalam kehidupan Kristen saya?
    Apakah salah jika menjadi orang Kristen secara diam-diam demi mempertahankan hidup?
    Bagaimanakah supaya saya bisa menguasai pikiran saya?
    Bagaimana saya bisa menjadi saksi Kristus yang efektif di dunia yang terhilang ini?

    BalasHapus
  66. 21.Tuhan. Mengapa sih belajar harus pakai hp?
    22.Tuhan aq ingin punya gitar yg bagus yg harga nya 1 jt keatas
    23.Tuhan aq ingin HP yg paling canggih
    24. Tuhan aq ingin bisa mengemudi mobil
    25.Tuhan aq ingin ke Yerusalem
    26.Tuhan aq ingin ke Mesir
    27.Tuhan aq ingin ke Korea
    28.Tuhan aq jumpa sama Akong yang ada di Medan
    29.Tuhan bawa ku keliling dunia
    30.Tuhan kirimkan makanan

    BalasHapus
  67. NAMA : agus tinus lase

    jika saya bertemu TUHAN saya akan bertanya....

    1.) TUHAN boleh gak aku melihat senyuman orang tuaku bersama nanti saat wisuda....?

    2.) TUHAN boleh gak aku menumpang tangan dan mendoakan sehingga orang itu sembuh...?

    3.) TUHAN boleh gak aku mendoakan orang agar ia di pulihkan oleh kuasa MU.....?

    4.) TUHAN bisa gak melihat ada suatu hal yang baru dalam keluarga ku.....?

    5.) TUHAN bisa gak aku membawa damai bagi setiap orang yang susah hati....?

    6.) TUHAN boleh gak aku melihat senyuman MU ketika aku membawa banyak jiwa kepada MU....?

    7.) TUHAN boleh gak eku melihat adek aku yang kedua menjadi hambamu bekerja dilarang nya TUHAN....?

    8.) TUHAN boleh gak engkau ubahkan hati adek ku yang kedua agar ia bisa ke STAPIN ini sehingga ia bekerja diladang nya TUHAN....?

    9.) TUHAN aku punya kerinduan boleh gak adek ku kedua bisa bersama aku melayani MU ...?

    10.)TUHAN boleh gak Engkau nyatakan kasih MU bagi setiap mereka yang hati nya terluka dan hancur agar mereka di pulihkan dan menjadi berkenan bagi MU.....?

    11.)TUHAN apakah aku bisa menyembuhkan orang orang yang sakit oleh Mujizat yang dari pada MU.......?

    12.) TUHAN boleh gak engkau melembutkan hati hamba yang keras ini...?

    13.) TUHAN boleh gak Engkau ingat kan kami agar kami selalu bersyukur kepada MU......?

    BalasHapus
  68. Nama: yono yohanes
    Tingkat :1

    Tuhan aku mau di pakai sama Tuhan aku mau hidup ku di ubahkan Tuhan aku mau menjadi seorang penginjil yang luar biasa seperti paulus yang bisa menobatkan ribuan orang Tuhan aku mau di penuhi oleh roh Kudus dan Tuhan aku pengen membawa jiwa jiwa suku Sunda agar mereka bertobat dan mau di baptis Tuhan aku ingin selalu dekat dengan engkau

    BalasHapus
  69. Tuhan yesus baik mengasihi manusia

    BalasHapus
  70. Risna

    31. Tuhan risna mau buka gereja??

    32. Tuhan risna mau ketempat yang rindu Tuhan?

    33. Tuhan risna mau risna bisa menjadi pemimpin yang setia kepada Tuhan?

    34. Tuhan apakah risna bisa menjadi anak yang dapat berubah menjadi anak yang Takut akan Tuhan?

    35. Tuhan aku mau ke tempat mu Yerusalem?

    36. Tuhan aku mau jika aku sukses nanti aku bisa membangun gereja dan panti asuhan?

    37. Tuhan aku mau membantu anak jalanan?

    38. Tuhan aku mau jadi contoh buat kedua adik2 ku dan orang di sekeliling ku?

    39. Tuhan risna mau risna pintar?

    40. Tuhan risna mau risna bisa mendapat ipk yang tinggi?

    41. Tuhan risna mau risna bisa membuat hati orang abang risna senang?

    BalasHapus
  71. Kalau sendy ketemu tuhan ,ini yang mau sendy tanya :

    1. Tuhan sendy boleh mkan ayam geprek ga???
    2. Tuhan sendy boleh liat muka tuhan ga??
    3. Tuhan sendy pengen bernubuat?
    4. Tuhan sendy ko masi ada rasa kesal ya sma orang?
    5. Tuhan kenapa sendy masi susah memaafkan seseorang ya
    6. Tuhan sendy pengen ketemu tuhan di mimpi boleh ga ya?
    7.tuhan nnti sendy pengen bikin gereja kya hillsong gitu sendy sma ka remon mau bkin greja bgtu ,, boleh ga ya?
    8. Tuhan suka marah ga dama sendy?
    9. Sendy boleh ga ya tuhan khotbah tapi ga formal ngomonganya , sendy ga bisa formal soalnya tuhan?
    10. Tuhan sendy boleh suka sama kating ga ? Klo ga boleh jg gpp tuhan :)
    11. Tuhan sendy boleh pulang ga ya ke timika ,, sendy kange keluarga sendy??
    12. Tuhan boleh ga nnti malam sendy pas tidur sendy mimpi ktmu tuhan???
    13. Tuhan sendy pengen bicara sama tuhan boleh ga?
    14. Tuhan sendy pengen punya karunia ...
    15. Tuhan sekarang kabar papi nya sendy gimana ya?
    16. Tuhan sendy pengen kerja di freeport tuhan..
    17. Tuhan sendy boleh ga punya rumah kaya chef renatta??
    18. Tuhan sendy pengen jadi kaya ka remon bisa masak..
    Kya chef
    19. tuhan sendy pengen doain orang yang sakit..
    20. Tuhan sendy pengen bisa khotbah , wl, main drum , tamborin..
    21. Tuhan sendy pengen merubah nanda jadi lebih baik lagi..
    22. Tuhan sendy pengen menyembuhan keluarga sendy
    23. Tuhan Sendy pengen bisa bernyanyi..
    24. Tuhan sendy pengen punya cafe kopi.. khusus kopi
    25. Tuhan sendy pengen kerja di starbuck
    26. Tuhan sendy pengen ke tembagapura lagi
    27. Tuhan boleh ga sendy ke luar negeri??
    28. Tuhan tolong sendy suapaya sendy bisa lancar berbasa inggris..
    29. Tuhan sendy pengen khotbah di sion
    30. Sendy pengen bkin gereja yang khusus anak muda ..
    31. Tuhan nanti siapa ya yang jadi suami sendy?
    32. Tuhan mamah sendy kira kira menyesal ga ya punya sendy?
    34. Tuhan mamah sendy benci ga ya sama sendy?
    35. Tuhan nanti sendy hidup sampe umur berapa ya?
    36. Tuhan sendy pengen punya camera canon buat vlog boleh ga tuhan?
    37. Tuhan sendy setelah kuliah di STAPIN sendy masi boleh kuliah sekuler ga ya?
    38. Tuhan sendy kepengen punya usaha toko baju distro sma cafe kusu coffe ajaa boleh ga tuhan?
    39. tuhan sendy pengen bisa doain orang, temen temen keluarga sendy yang punya masalah.
    40.tuhan percaya ga kalo sendy cantik?
    41. Tuhan aku pengen bisa jadi pemimpin
    42. Tuhan sendy kenapa ya susah skali mengatur kata kata sendy yang baku?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 41. Tuhan sendy pengen membanggakan keluarga
      42. Tuhan kapan ya sendy bisa ketemu tuhan ?
      43. Tuhan, bantu sendy buat jadi pribadi yang rendag hati
      44. Tuhan kenapa sendy gampang marah ya ?
      44. Gimna ya tuhan supaya sendy ga selalu cepat marah
      45.gimna ya tuhan cara nya biar slalu bersabar?
      46. Tuhan sendy knp masi suka lemon dalam belajar
      47. Tuhan kenapa sendy suka ngantuk
      48. Tuhan tolong sendy supaya sendy tidak ngantuk terus
      49. Tuhan sendy mau punya talent ,, trs pintar , cerdas, kaya ka sematri
      50. Tuhan sendy bingung mau tanya tanya apa lagi
      51. Tuhan kalo nanti sendy masuk surga , sendy pake baju apa,?
      52. Tuhan nanti di surga sendy bisa ketemu mami nya sendy ga tuhan?
      53. Tuhan nanti sendy meninggal kira2 umur berapa ya?
      54. Tuhan nanti kalo sendy sudah tua cucu sendy ada berapa ya?
      55. Tuhan sendy pengen memberkati orang ..
      56. Tuhan sendy pengen bisa berguna bagi bnyk orang
      57. Tuhan sendy pengen pintar kya bang yoslan.
      58. Tuhan sendy pengn suatu saat sendy bisa pergi ke luar negeri yang ada saljunya
      59. Tuhan sendy pengen jadi anak yang sukses boleh ga tuhan?
      60.tuhan sendy pengen bawa keluarga sendy ke ISRAEL

      Hapus
  72. 14.) TUHAN boleh gak Engkau bawa aku keliling dunia untuk melihat luar biasanya ciptaan mu

    BalasHapus
  73. 31. Tuhan berikan saya toleransi
    32.Tuhan saya ingin bergaul dengan MU saja
    33.Tuhan jadikan lah aq seorang yg memimpin besar
    34.Tuhan berikan aq buah-buahan yg enak dan segar
    35.Tuhan aq ingin tahu menjahit

    BalasHapus
  74. 1 aku rindu janji mu
    2 aku rindu kesetian mu
    3 aku rindu curahan mu
    4 aku sayang engkau
    5 aku rindu kasih mu
    6 aku rindu janji mu
    7 aku rindu pengharapan mu
    8 aku rindu anugrah mu
    9 aku rindu kasih setia mu
    10 aku sungguh lebih dekat dengan mu
    11 aku merindukan kasih mu
    12 aku merindukan kampung ku
    13 aku merindukan nubuat mu
    14 aku merindukan ajaran mu
    15 aku merindukan pelayanan mu
    16 aku merindukan kehormatan dari pada engkau
    17 aku merindukan keluarga ku
    18 aku merindukan anugarah mu
    19 aku merindukan hadirat mu
    20 aku merindukan curhan mu
    21 aku merindukan kuasa mu
    22 aku merindukan pengaharapan mu
    23 aku merindukan papa ku
    25 aku merindukan mama ku
    26 aku merindukan adek ku ronaldo
    27 aku merindukan adek ku sari ansyah
    28 aku merindukan adek ku dicki
    29 aku merindukan adek ku anggi
    30 aku merindukan adek ku yechika
    31 aku merindukan adek ku claura
    32 aku merindukan tulang ku
    33 aku merindukan nantulang ku
    34 aku merindukan pak tua ku
    35 aku merindukan mama tua ku
    36 aku merindukan kebenaran mu
    37 aku merindukan kuasa mu
    38 aku merindukan ante ku
    39 aku merindukan bapa uda ku
    40 aku merindukan.keluarga besar ku
    41 aku merindukan hamba mu merta
    42 aku merindukan masa depan ku
    43 aku merindukan curahan mu
    44. Aku merindukan pengaharapan mu
    45 aku merindukan keberanaran mu
    46 aku merindukan anugerah mu
    47 aku merindukan surga mu
    48 aku merindukan kebesaran mu
    49 aku merindukan kuasa mu
    50 aku merindukan kebenaran mu
    51 aku merindukan hadirat mu
    52 aku merindukan engkau
    53 aku merindukan peyembahan mu
    54 aku merindukan mujijaf mu
    55 aku merindukan kuasa mu
    56 aku merindukan kekutan mu

    BalasHapus
  75. Tuhan memberkati joshua baik ,kesehatan cari jodoh

    BalasHapus
  76. Tuhan yesus baik memberkatimu joshua merasa senang

    BalasHapus
  77. Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: “Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?” Jawab mereka: “Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi.” Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” Kata Yesus kepadanya:

    BalasHapus
  78. Pengenalan akan pribadi-Nya inilah yang ditanyakan oleh Yesus kepada para murid-Nya. Dia bertanya ketika mereka berada di Kaisarea Filipi, sebuah kota yang dibangun oleh Raja Filipus untuk menghormati Kaisar Romawi. Pertama-tama, Yesus menanyakan pendapat orang-orang luar tentang siapa diri-Nya. Dia menyebut diri-Nya sebagai Anak Manusia, seorang pribadi misterius yang dinubuatkan dalam Dan. 7 yang mendapatkan kekuasaan yang besar. Sejauh para murid mendengar dan menangkap, orang-orang luar menganggap Yesus sebagai Yohanes Pembaptis yang telah dibunuh oleh Herodes Antipas (Mat. 12:1-12), atau Nabi Elia yang dinantikan kedatangannya, atau Nabi Yeremia yang banyak mendapatkan perlawanan dari para pemimpin Yahudi pada masanya, atau sebagai penerus dari salah satu nabi.

    BalasHapus
  79. Pengenalan akan pribadi-Nya inilah yang ditanyakan oleh Yesus kepada para murid-Nya. Dia bertanya ketika mereka berada di Kaisarea Filipi, sebuah kota yang dibangun oleh Raja Filipus untuk menghormati Kaisar Romawi. Pertama-tama, Yesus menanyakan pendapat orang-orang luar tentang siapa diri-Nya. Dia menyebut diri-Nya sebagai Anak Manusia, seorang pribadi misterius yang dinubuatkan dalam Dan. 7 yang mendapatkan kekuasaan yang besar. Sejauh para murid mendengar dan menangkap, orang-orang luar menganggap Yesus sebagai Yohanes Pembaptis yang telah dibunuh oleh Herodes Antipas (Mat. 12:1-12), atau Nabi Elia yang dinantikan kedatangannya, atau Nabi Yeremia yang banyak mendapatkan perlawanan dari para pemimpin Yahudi pada masanya, atau sebagai penerus dari salah satu nabi.

    BalasHapus
  80. Tuhan yang mengasih teman semua tingkat 1 luar biasa

    BalasHapus
  81. Tuhan yesus baik mendoakan banyak mahasiswa tingkat1 60 orang

    BalasHapus
  82. Tuhan yesus baik tingkat 1 masiswa 60 orang

    BalasHapus
  83. Tuhan yesus joshua bisa pake bahasa roh

    BalasHapus
  84. Tuhan yesus membekarti joshua saling mengasihi sesama

    BalasHapus
  85. Tuhan yesus baik mengasihi teman tingkat 1 luar biasa

    BalasHapus
  86. tuhan apakah mama sehat?
    apakah opung ku sehat?
    apakah papa ku sehat?
    apakah adik ku sehat?
    bagaimana sekarang maria sekolahnya Tuhan?
    Tuhan bagaimana pelayanan tamborin di Gpi pulomas??
    Tuhan aku rindu melayani Tuhan lewat whorsip leader

    BalasHapus
  87. 36.aku mau menerima semua janji mu Tuhan
    37.aku mau melangkah bersama Mu
    38.selidiki aq
    39.kemurahan
    40.kebaikan
    41.kesetiaan
    42.pengharapan
    43 iman
    44.kasih setia
    45.taat
    46.apakah semuanya bisa ku miliki Tuhan
    47.tuhan siapa yg merusak dunia ini?
    48.tuhan mengapa aq sering kecewa
    49.tuhan mengapa setiap manusia selalu ingin berbuat jahat terhadap sesamanya?
    50.tuhan kapan yah aq jalan jalan keluar kampus?

    BalasHapus
  88. Risna

    42. Tuhan risna mau mempunyai 9 karunia dari pada Tuhan.

    43. Tuhan risna ingin sekali memberitakan firman Tuhan sampe keliling dunia?

    44. Tuhan risna ingin menjumpai mama risna di palembang

    45. Tuhan risna ingin mengetahui bermain alat musik?

    46. Tuhan risna pengin memiliki alat musik sendiri

    47. Tuhan boleh kan risna menjadi hamba mu yang tetap setia?

    BalasHapus
  89. nama : agus tines lase

    +) TUHAN boleh gak aku menjadi seseorang yang di Pakistan oleh MU dengan luar biasa...?

    +) TUHAN boleh gak TUHAN tambahkan hikmat itu kepadaku....?

    +) TUHAN buat lah orang yg aku sayang selalu tersenyum.....?

    +) TUHAN biarkan lah aku selalu mengatakan hal hal baik

    +) TUHAN aku ingin membahagiakan orang tua ku

    BalasHapus
  90. Tuhan yesus mendoakan teman tingkat 1 supaya lulus semua nama bona , togu,wati,agus,timo,yono ,sandi,krisna,riki

    BalasHapus
  91. 51.tuhan berikan aq perasaan yg bisa merasakan hadiratmu
    52.tuhan td kami melakukan doa,dan aq mendengar pesan Mu datang melalui hamba Mu
    53.Engkau memberkati aq
    54.melindungi aq
    55.menyembuhkan ku
    56.mengangkat ku bukan jd ekor tetapi menjadi kepala
    57.allah yang besar
    58.Engkau yg terutama Tuhan
    59.ku memuliakan namAMu
    60.kumeninggikan Nama Mu
    61.sungguh besar pengorbanan Mu bagi ku
    62.ku ingin Bapa melihat wajah Mu
    63.Engkau gunung batu ku
    64.Pertahananku
    65.kutak dapat hidup diluar kasih Mu

    BalasHapus
  92. Orang luar sering menyebut kita sebagai orang Nasrani karena kita menjadi pengikut Yesus dari Nazaret. Sementara kita sendiri lebih sering menyebut diri sebagai orang Kristen (Kis. 11:26), artinya pengikut Yesus Kristus. Sebagai pengikut berarti kita berjalan bersama dan di belakang Yesus Kristus. Karena berjalan bersama-Nya, kita diharapkan makin hari makin mengenal Tuhan Yesus secara pribadi.

    BalasHapus
  93. Selanjutnya, Yesus bertanya kepada kedua belas rasul yang telah dipanggil dan terus mengikuti-Nya: “Menurut kalian, siapakah Anak Manusia ini?” Pertanyaan ini ditujukan kepada mereka semua. Namun, hanya Simon Petrus yang menjawab, bisa jadi mewakili teman-temannya, “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup.” Mesias adalah gelar dan sebutan yang lebih dari sekadar nabi menurut kata orang-orang luar. Mesias adalah Sang Terurapi, Kristus, yang berasal dari keturunan Raja Daud dan diyakini akan mengembalikan kejayaan kerajaan Daud. Dia lebih berkuasa daripada kaisar di Roma. Sebab, Dia adalah Anak Allah yang hidup, seperti pengakuan para murid setelah mereka mengalami pertolongan Yesus dalam angin badai (Mat. 14:33).

    BalasHapus
  94. Jika saya bertemu Tuhan maka saya akan bertanya:

    1.Tuhan boleh gak kita maen bola kaki bareng
    2.Tuhan boleh gak kita mancing bareng
    3.Tuhan boleh gak kita ketawa bareng
    4.Tuhan boleh gak kita sedih bareng
    5.Tuhan boleh gak kita nangis bareng
    6.Tuhan boleh gak kita melayani bareng
    7.Tuhan boleh gak kita makan bareng
    8.Tuhan boleh gak kita kerja bareng
    9.Tuhan boleh gak kita istirahat bareng
    10.Tuhan boleh gak kita makan bakso bareng
    11.Tuhan boleh gak kita makan sate bareng
    12.Tuhan boleh gak kita makan lontong bareng
    13.Tuhan boleh gak kita makan soto ayam medan bareng
    14.Tuhan boleh gak kita makan donat bareng
    15.Tuhan boleh gak kita makan ayam geprek bareng
    16.Tuhan boleh gak kita makan ayam goreng bareng
    17.Tuhan boleh gak kita makan mie bareng
    18.Tuhan boleh gak kita makan bubur ayam bareng
    19.Tuhan boleh gak kalo Tuhan yang aku jadiin Jodoh aku
    20.Tuhan boleh gak kita terbang bareng
    21.Tuhan boleh gak kita berenang bareng
    22.Tuhan boleh gak kita camping bareng
    23.Tuhan boleh gak kita susah bareng
    24.Tuhan boleh gak kita senang bareng
    25.Tuhan boleh gak, klo Tuhan izinin aku balik ke masa lalu dan disalib bersama Tuhan
    26.Tuhan boleh gak aku balik ke masa lalu dan jadi temannya Rasul Paulus
    27.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan menjadi temannya Rasul Yohanes
    28.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi temannya Rasul Simon Petrus
    29.Tuhan boleh gak aku menjadi salah satu penulis Firman mu di Alkitab
    30.Tuhan boleh gak aku balik ke masa lalu jadi temannya Rasul
    Matius
    31.Tuhan boleh gak aku balik ke masa lalu dan menghapus perang Dunia 1
    32.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi teman sepelayananmu
    33.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi temannya andreas
    34.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi temannya Musa
    35.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi temannya Harun
    36.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi temannya Daud
    37.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi temannya Daniel
    38.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi temannya Nabi Yeremia
    39.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi temannya Zefanya
    40.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi temannya Nabi Elia
    41.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi temannya Nabi Natan
    42.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi temannya Adam
    43.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi temannya Abraham
    Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi anaknya Abraham
    44.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi anaknya Ishak
    45.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi temannya Esaui
    46.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi temannya Yusuf
    47.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi anaknya Yakub
    48.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan Kau pakai aku sebagai Nabi orang Israel
    49.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi Raja orang Israel
    50.Tuhan boleh gak aku kembali ke masa lalu dan jadi Kepala suku Yehuda

    BalasHapus
  95. Sabda Yesus itu menjadi kenyataan hingga saat ini. Gereja yang didirikan-Nya di atas dasar Santo Petrus tetap bertahan hingga hari ini. Kendati Gereja tidak terbebas dari aneka tantangan dan masalah, janji Yesus tetap tergenapi: Dia akan tetap menyertai dan alam maut tidak akan menguasainya. Para penerus Santo Petrus memiliki peran penting dalam menyatukan seluruh Gereja dan memimpin penziarahan iman. Kita patut berbangga dan bersyukur menjadi pengikut Yesus Kristus dalam Gereja Katolik yang telah didirikan oleh Yesus Kristus sendiri. Namun, lebih dari itu, kita masing-masing dihadapkan pada pertanyaan sendiri: “Menurut kamu, siapakah Aku ini?” Simon Petrus menjawab bukan berdasarkan teori atau hafalan, melainkan dari pengalaman imannya, pengalaman kebersamaan dengan Tuhan Yesus. Semoga kita juga dapat merumuskan jawaban atas pertanyaan Tuhan Yesus ini berdasarkan pengalaman iman dan relasi personal kita dengan-Nya.

    BalasHapus
  96. 66.sumber kehidupan
    67.nyatakan pekerjaan Mu Bapa dalam hidupku
    68.jd kan aq saksi Mu Bapa
    69.pakailah aku Bapa sebagai alat Mu
    70.Tuhan aku ingin melihat kedepan yang akan terjadi

    BalasHapus
  97. Jawaban Simon Petrus dibenarkan oleh Yesus sendiri. Bahkan Yesus menegaskan bahwa Simon bisa menyatakan hal demikian karena Allah Bapa sendiri telah menyatakan hal itu kepadanya. Di sini tampak keistimewaan Simon Petrus dibandingkan kesebelas murid yang lain. Maka tidak mengherankan bila kemudian Yesus menyatakan dua hal berkaitan dengan Simon Petrus. Pertama, Dia hendak mendirikan Gereja-Nya di atas dasar Petrus, si batu karang (Yun: petra). Yesus menjamin bahwa alam maut tidak akan menguasai Gereja yang didirikan-Nya tersebut. Kedua, Simon Petrus diberi kunci Kerajaan Surga, sebuah kuasa dan wewenang besar sehingga juga memiliki kuasa untuk mengikat dan melepaskan secara khusus. Di tempat lain kuasa demikian juga diterimakan kepada semua rasul (Mat. 18:18). Dari pernyataan Yesus ini, kita melihat pentingnya peran Simon Petrus dalam Gereja yang didirikan oleh Yesus sendiri.

    BalasHapus
  98. Risna

    48. Tuhan risna mau risna pintar dan lancar dalam bahasa inggris atau bahasa lain nya Tuhan

    49. Tuhan boleh tidak risna keluar negeri dengan bahasa risna lancar

    50. Tuhan risna pengin satusatu keluarga Sinabutar kumpul

    51. Tuhan Risna mau nanti kakek risna panjang umur

    52. Tuhan apakah risna bisa menjadi tiang doa doa bagi teman teman Risna

    53. Tuhan risna mau risna bisa dan pintar dalam pengetahuan

    54. Tuhan apakah risna bisa menghilangkan hati yang keras?

    55. Tuhan risna apakah risna bisa membawa orang2 yang risna sayang bersama untuk melayani Tuhan

    56. Tuhan apakah risna bisa menjadi ibu gembala yang tetap melayani Tuhan dengan setia

    57. Tuhan risna mau bertemu dengan ayah Risna apa kah bisa?

    58. Risna pengin sekali bebas dari segala yang menjadi beban pikiran risna apa kah bisa Tuhan.

    59. Tuhan apakah risna bisa menjadi orang terkenal yang membawa nama Tuhan

    60. Tuhan apa kah risna bisa menjadi hamba yang bisa menyembuhkan orang yang sakit??

    BalasHapus
  99. Tuhan yesus mendoakan kakak tingkat 4 supaya lulus dan wisuda

    BalasHapus
  100. 71.Tuhan ku mengasihi Mu
    72. Bapa pegang tangan ku
    73.Bapa ku ingin melihat senyum Mu
    74.Tuhan apakah Engkau mengenal aku?
    75 Tuhan apakah Engkau tahu yang kuperluka?

    BalasHapus
  101. Jawaban Simon Petrus dibenarkan oleh Yesus sendiri. Bahkan Yesus menegaskan bahwa Simon bisa menyatakan hal demikian karena Allah Bapa sendiri telah menyatakan hal itu kepadanya. Di sini tampak keistimewaan Simon Petrus dibandingkan kesebelas murid yang lain. Maka tidak mengherankan bila kemudian Yesus menyatakan dua hal berkaitan dengan Simon Petrus. Pertama, Dia hendak mendirikan Gereja-Nya di atas dasar Petrus, si batu karang (Yun: petra). Yesus menjamin bahwa alam maut tidak akan menguasai Gereja yang didirikan-Nya tersebut. Kedua, Simon Petrus diberi kunci Kerajaan Surga, sebuah kuasa dan wewenang besar sehingga juga memiliki kuasa untuk mengikat dan melepaskan secara khusus. Di tempat lain kuasa demikian juga diterimakan kepada semua rasul (Mat. 18:18). Dari pernyataan Yesus ini, kita melihat pentingnya peran Simon Petrus dalam Gereja yang didirikan oleh Yesus sendiri.

    BalasHapus
  102. nama : agus tinus lase

    +) TUHAN aku rindu biar berahasa Roh
    +) TUHAN aku rindu orang tua ku
    +) TUHAN apakah aku bisa mengasihi musuh ku....?
    +) TUHAN apakah aku bisa menjadi seorang evangelist yang luar biasa oleh kemuliaan MU......?
    +)TUHAN aku ingin pergi ke Israel
    +) TUHAN aku ingin pergi ke Yerusalem
    +)TUHAN aku ingin menikmati kasih mungkin lebih lagi
    +) TUHAN apakah aku bisa menjadi terang ditengah kegelapan....?
    +)TUHAN apakah aku bisa menjadi garam dunia.....?
    +)TUHAN aku ingin menjadi pedoman yang baik bagi semua orang
    +) TUHAN aku ingin tau siapakah jodoh ku nanti
    +) TUHAN ajari aku agar aku tidak cuek kepada perempuan
    +) TUHAN ajari aku agar bisa mencintai mungkin lebih dalam

    BalasHapus
  103. 57 tuhan andy mau keluarga andy sehat selalu
    58 tuhan andy ingin lagi dekat dengan mu
    59 tuhan andy mau cita cita andy cerah seperti yang engkau sediakan
    60 tuhan andy mau kuasa roh kudus mu ada dalam hidup andy
    61 tuhan andy rindu kehadiran mu
    62 tuhan andy rindu jamahan mu
    63 tuhan andy rindu mujizat mu
    64 tuhan andy rindu kebenaran mu
    65 tuhan andy rindu kesetiaan mu
    66 tuhan andy rindu surga mu
    67 tuhan andy rindu engkau di hidup ku
    68 tuhan andy rindu roh kudus mu ada dalam hidup andy
    69 tuhan andy rindu kuasa firman mu
    70 tuhan andy rindu kebenaran mu tercurah dalam hidup andy
    71 tuhan andy rindu kekudusan yang engkau berikan
    72 tuhan andy hanya bisa besekutu dengan mu
    73 tuhan andy bersyukur atas apa yang engkau berikan
    74 tuhan andy adalah orang berdosa
    75 tuhan ampunilah dosa dosa andy
    76 tuhan andy hanya berharap pada mu
    77 tuhan andy sangat merindukan firman mu
    78 tuhan andy ingin merendahkan hati
    79 tuhan andy hanya bisa bergumul dengan engkau
    80 tuhan andy hanya berharap jadikanlah andy sebagai hamba yang setia
    81 tuhan andy butuh roh kudus mu ada dalam diri andy
    82 tuhan andy bahagia ketika andy di terima sebagai anak mu
    83 tuhan jadikan lah andy sebagai pelayan mu
    84 tuhan ini lah hidup andy yang penuh dengan noda kegelapan
    85 biarlah engkau yang memperbaharui hati andy
    86 tuhan andy senang ketika nanti ya andy engkau panggil dan bersama sama dengan engkau di surga nanti
    87 tuhan andy sangat bersyukur
    88 tuhan andy sangat bangga bila dekat dengan mu
    89 tuhan andy bahagia dengan mu tuhan
    90 tuhan andy senang bila bertemu dengan engkau nanti ya
    91 tuhan pakailah andy lebih dahsyat lagi .
    92 tuhan pakailah andy lebih hebat lagi
    93 tuhan andy berharap bila andy bisa melayani andy engkau pakai lebih hebat lagi untuk membritakan firman mu
    94 tuhan andy sayang sama keluarga andy
    95 tuhan andy bersyukur dengan apa yang engkau berikan
    96 tuhan andy hanya bisa memohon ampunan dari engkau
    97 tuhan ampuni kesalahan andy
    98 tuhan berikan andy hikmat mu
    99 tuhan karunia lah andy sesuai dengan kebenaran mu
    100 tuhan andy butuh topangan tangan mu buat andy selalu bangkit untuk melayani mu

    BalasHapus
  104. Tuhan aku mau jadi berkat bagi keluarga dan orang lain agar saya bisa menjadi terang bagi mereka Tuhan aku mau seperti mu Yesus di sempurna kan selalu berikan hikmat kepada saya agar saya bisa memahami dan rindu selalu dekat dekat mu dan mengalami perjumpaan dengan mu baharui setiap saat di dalam kebenaran Firman mu dan bisa melakukan kehendak mu setiap saat setiap waktu aku mau mempersembahkan hidup ku ke pada mu biar roh Kudus memenuhi hidup ku aku mau hidup baru dan meninggalkan kehidupan yang lama

    BalasHapus
  105. Tuhan saya ingin bertanya knp waktu tidak bisa berjalan mundur ?
    Tuhan saya igin bertanya apakah saya dapat berubah ?
    Tuhan saya ingin bertanya kemanakah jalan angin biasanya?
    Tuhan saya ingin bertanya apakah saya bisa melakukan yang terbaik untuk hidup saya?
    Tuhan saya ingin bertanya apakah saya harus mengikuti kata hatiku?
    Tuhan saya ingin bertanya apakah mereka (orang lain) bisa dipercaya?
    Tuhan saya ingin bertanya apa yang harus dilakukan bagi orang yg belum percaya?
    Tuhan saya ingin bertanya apa yang harus dilakukan jika doaku belum terkabul?
    Tuhan saya ingin bertanya apa yang harus dilakukan apabila aku tersesat?
    Tuhan saya ingin bertanya apa yang harus dilakukan jika orang sudah mulai menyimpang?
    Tuhan saya ingin bertanya apa yang harus dilakukan jika pikiran ku sudah tak sejalan denganMu?
    Tuhan saya ingin tahu Kau berada dimanakah?
    Tuhan saya ingin bertanya apakah saya masih Kau terima?


    BalasHapus
  106. 41. Bagaimana suasana jakarta sekarang?
    42. Bagaimana suasana Manado sekarang?
    43. Tuhan aku rindu melayani di dunia anak anak?
    44. Sudah baimana keadaan anak anak murid ku dijakarta ya?
    45. Tuhan aku mau punya hp lagi

    BalasHapus
  107. 76. Tuhan aku ingin seperti Daud memiliki keberanian
    77.Tuhan aku ingin seperti Bapak Jokowi
    78.Tuhan aku ingin jalan jalan di bawah aquarium

    BalasHapus
  108. Injil Matius menceriterakan saat Yesus bertanya pada murid muridNya, menurut kata orang, siapa Dia, dan apa jawaban dari murid-muridNya.
    Injil Matius
    16:13 Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?"
    16:14 Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi."
    16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"
    16:16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"
    16:17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.

    BalasHapus
  109. 61. Tuhan boleh gak nanti pas risna wisuda semua keluarga risna datang berkumpul??

    62. Tuhan boleh gak keluarga risna merasakan damai dari pada mu?

    63.Tuhan boleh tidak nanti adik adik risna sama seperti risna menjadi hamba Tuhan.

    64. Tuhan boleh tidak nanti kalau risna lulus risna mau mengadakan KKR di tempat orang yang rindu akan engkau,

    65. Tuhan boleh tidak nanti kalau risna sudah lulus jemaat risna banyak

    66. Tuhan boleh tidak nanti kalau risna lulus dan mempunyai jemaat yang banyak Tuhan yang mencukup kan

    67. Tuhan boleh tidak nanti kalau risna mempunyai Jamaat yang banyak Tuhan yang selalu menopang risna untuk memimpin

    68. Tuhan risna pengin sekali kami semua tingkat satu menjadi satu hati yang selalu mengasih boleh tidak??

    69. Tuhan risna mau kami semua tingkat satu tetap bertahan dalam proses panggilan mu

    70. Tuhan risna mau kami semua nya hanya menyenangkan Tuhan boleh tidak??

    BalasHapus
  110. Setiap orang yang beragama tentunya pernah mendoakan kerabatnya yang sakit agar cepat sembuh.

    Namun, jika kerabat yang sedang sakit berada jauh dari kita maka bagaimana kita menjenguknya?

    Kita dapat mendoakan kerabat kita yang sakit dari rumah.

    Nah bagaimana doa mendoakan orang sakit dari jauh itu?

    Mendoakan orang sakit merupakan suatu bentuk rasa peduli.

    Tidak ada salahnya kita mendoakan orang sakit.

    Setiap orang yang beragama tentunya pernah mendoakan kerabatnya yang sakit agar cepat sembuh.

    BalasHapus
  111. Tuhan yesus mendoakan krisna sempuhkan

    BalasHapus
  112. Tuhan yesus mendoakan krisna dalam nama yesus sempuhkan telingga krisna sempuhkan

    BalasHapus
  113. Tuhan Yesus Kristus, Engkau adalah penguasa atas hidup kami.

    Semua yang kumiliki, adalah milikmu, dan aku sangat mencintai-Mu.

    BalasHapus
  114. 51.Tuhan aku pengen tau pelukanmu rasanya gimana
    52.Tuhan aku pengen tau hadirat-Mu rasanya bagaimana
    53.Tuhan aku pengen melihat engkau senyum bareng dengan aku
    54.Tuhan berjalan bersamamu gimana rasanya
    55.Tuhan gimana rasanya jika kita berdua memiliki hubungan yang sangat dekat
    56.Tuhan aku pengen rasain gimana rasanya di dalam sorga bersamamu
    57.Tuhan aku pengen tau gimana sih rasanya Dimuliakan bersama-Mu
    58.Tuhan aku pengen tau gimana sih rasa makanan kekal yang berasal dari-Mu
    59.Tuhan aku pengen tau gimana sih rasanya megang tanganmu
    60.Tuhan aku pengen tau gimana rasanya senyummu

    BalasHapus
  115. Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus, “Simon, anak Yohanes (Bar Yona), apakah engkau mengasihi Aku lebih daripada mereka ini? Jawab Petrus kepada-Nya, “Benar Tuhan, Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya, “Peliharalah anak-anak domba-Ku.” Kata Yesus lagi kepadanya untuk kedua kalinya, “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Jawab Petrus kepada-Nya, “Benar Tuhan, Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya, “Gembalakanlah domba-domba-Ku.” Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya, “Apakah engkau mengasihi Aku?” Dan ia berkata kepada-Nya, “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya, “Peliharalah domba-domba-Ku. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi kalau engkau sudah tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat tidak kaukehendaki.” Hal ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah. Sesudah mengatakan demikian Ia berkata kepada Petrus, “Ikutlah Aku.” (Yoh 21: 15-19)

    BalasHapus
  116. Semalam-malaman Petrus dan para murid yang lain mencoba menangkap ikan di Danau Tiberias, tanpa hasil sedikit pun. Menjelang pagi, seseorang yang berdiri di pantai yang belum mereka kenali memberi nasihat di mana seharusnya Petrus dan kawan-kawannya menebarkan jala mereka. Sebuah mukjizat lagi terjadi … jala mereka sarat dengan banyaknya ikan, tetapi jalan tidak koyak. Murid yang dikasihi Yesus mengenali bahwa yang berdiri di pantai itu adalah Yesus, lalu berkata kepada Petrus, “Itu Tuhan” (Yoh 21:7). Setelah mengenakan pakaiannya, Petrus pun terjun ke danau dan berenang ke pantai disusul oleh perahu, karena jaraknya ke pantai tidak jauh, cuma sekitar 100 meter saja.

    Sesudah sarapan Yesus bertanya kepada Petrus, Apakah engkau mengasihi Aku?” (Yoh 21:15). Kata dalam bahasa Yunani untuk “mengasihi” di sini adalah agapao, yang mengandung arti “cukup untuk menyerahkan nyawamu bagi-Ku?” Petrus menjawab: Benar Tuhan, Engkau tahu bahwa Aku mengasihi Engkau.” Di sini Petrus menggunakan kata philio untuk “mengasihi”, artinya afeksi yang menyentuh hati. Yesus bertanya kepada Petrus dengan pertanyaan yang sama. Mengapa? Apakah Yesus mencoba untuk menunjukkan kepada Petrus bahwa kasih Petrus kepada-Nya tidak berada dalam tingkat yang sama dengan kasih-Nya bagi Petrus? Petrus percaya kepada Yesus dan bahkan mengasihi-Nya, namun karena dia juga manusia seperti kita maka kasihnya kepada Yesus juga tumbuh secara bertahap.

    BalasHapus
  117. Lanjutannya
    51.Tuhan kalo sarah ga lanjut , gimana?
    52.Tuhan perhatiin sarah ga ya setiap hari?
    53.Tuhan liat sarah gak setiap hari ?
    54.Tuhan dengarkan sarah gak setiap sarah curhat?
    55.Tuhan liat sarah ga waktu sarah di jatuhkan
    56.Tuhan liat sarah ga waktu di ejek
    57.Tuhan liat sarah gak waktu sarah nangis di kamar mandi?
    58.Tuhan tau gak waktu sarah menutup kesedihan dengan senyuman ?
    59.Tuhan liat sarah ga waktu sarah dituduh yang bukan sarah lakukan?
    60.Tuhan liat sarah gak waktu sarah di jauhi ?
    61.Kenapa Tuhan ga bela sarah waktu sarah di tuduh?
    62.kenapa Tuhan biarkan mereka nyakiti sarah
    63.kenapa Tuhan luaskan mereka memaki sarah ?
    64.kenapa Tuhan luaskan sarah di bentuk?
    65 . Kenapa sarah begitu lemah?
    66. Kenapa sarah selalu sok kuat depan umum?
    67.kenapa sarah ga bisa untuk terus sukacita?
    68.kenapa Tuhan beri proses yang berat buat sarah?
    69.apakah masa depan sarah nanti indah?
    70. Apakah sarah bisa banggain orang tua ?
    71.apakah Tuhan sayang sarah?
    72.apakah Tuhan tau sarah sering sedih ?
    73.apakah sarah ini orang yang berharga dimata Tuhan
    74.apakah Tuhan itu mengerti setiap tetesan air mata sarah?
    75.kenapa Tuhan suruh saya mengampuni orang yang uda nyakitin sarah?
    76.mengapa banyak yang benci sarah?
    77.kenapa asal sarah tanyaTuhan ga jawab?
    78. Kenapa sarah dibenci padahal sarah ga jahat sama orang lain?
    79.kenapa Tuhan izinkan sarah di kampus ini ?
    80. Kenapa Tuhan suruh sarah harus selesaikan sampai akhir?
    81.sebenarnya apa rencana Tuhan buat hidup sarah?
    82.kenapa sarah yang harus diutus dari keluarga sarah?
    83.apakah nanti adek sarah juga ke seapin?
    84.nanti kalo sarah uda lulus apa yang mau Tuhan kerjakan buat hidup sarah?
    85. KenapanTuhan biarkan sarah berjuang sendiri?
    86.kenapa sarah selalu ngerasa Tuhan jauh dari sarah?
    87.sarah ngerasa Tuhan tinggalkan sarah
    88.apakah sarah nanti jadi orang sukses?
    89.apakah sarah itu bakal jadi orang yang luar biasa?
    90.apakah saya di jaga Tuhan?

    BalasHapus
  118. Tuhan saya belajar mengampuni
    Tuhan saya meu belajar menghargai
    Tuhan saya mau belajar mengasihi
    Tuhan saya mau belajar menerima orang yang pernah membenciku
    Tuhan saya mau hidup sepertiMu

    BalasHapus
  119. Tuhan yesus joshua mau membaca buku

    BalasHapus
  120. Risna

    61. Tuhan apakah risna bisa sembuh?

    62. Tuhan risna ingin menjadi hamba yang tetap tekun apakah boleh?

    BalasHapus
  121. Menurut saya perpustakaan itu adalah tempat kita menambah wawasan yang lebih luas yang tidak pernah kita tau sebelumnyaa

    BalasHapus
  122. Kesaksian imam ayub menjadi taruhan antara Allah dengan iblis

    BalasHapus
  123. Tanggapan joshua perpustakan itu luar biasa telat minjam buku bayar

    BalasHapus
  124. Pepustakaan itu bagi saya tempat membaca buku, dan untuk menambah ilmu dan wawasan saya tentang apa yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya. Dengan adanya perpustakaan Di SEAPIN/STAPIN, saya seorang mahasiswa dapat mengerjakan tugas materi yang diberikan dosen kepada saya, dan hal yang lebih menyenangkan lagi tempat perpustakaan ditempat saya kuliah ini tempatnya nyaman sejuk dan staf yang bertugas di perpustakaanpun sangat luar biasa melayani setiap pengunjung yang datang ke perpustakaan dan apabila pengunjung yang tidak mengerti apa yang di butuhkan pengunjung peran staf yang bertugas sangat dapat mengarahkan pengunjung untuk dapat mencari sesuatu yang dibutuhkan oleh pengujung.

    BalasHapus
  125. Perpustakaan adalah tempat kita belajar yaitu tempat kita membaca dan mengerjakan tugas serta tempat kita mencari teman yang baru.

    BalasHapus
  126. Perpustakaan bukan hanya gudang ilmu, melainkan tempat untuk menghilangkan rasa bosan, rasa suntuk atau stres.

    BalasHapus
  127. perpustakaan adalah tempat dimana menambah ilmu dan wawasan yang dimana fasilitas yang memadai sehingga membuat merasa betah jika berkunjung ke perpus
    sehingga mempermudah mengerjakan tugas tugas tugas yang ada .

    pelayanan nya pun terlihat baik

    BalasHapus
  128. Perpustakaan adalah tempat Ilmu atau gudang ilmu..karna disana berbagai macam buku yang kita bole cari...
    Disitu kita dapat menggali ilmu ..untuk pengetahuan kita

    BalasHapus
  129. Perpustakaan adalah tempat mahasiswa mencari ilmu

    BalasHapus
  130. Pertanyaan dari bapak yono
    Cara menghilangkan rasa kuatir ??

    BalasHapus

Posting Komentar